24 April 2024

Badan Sehat di Usia 40 Tahun ke Atas, Susah atau Mudah?

 


Pernah membaca atau mendengar istilah life begins at forty? Kok bisa ya ada terminologi seperti itu. Sebenarnya usia 40 tahun itu masuk kategori usia apa?

Bagi yang punya beberapa grup chat, terutama grup sekolah dan keluarga, yang anggotanya sebagian besar sudah berusia di atas 40 tahun, pernah menyimakkah apa topik utama perbincangan di dalam grup? 

Yups... Sebagian besar berisi tips kesehatan, jus buah dan sayur apa yang tepat untuk kondisi badan tertentu, minyak angin apa yang wanginya tidak bikin eneg, makanan apa saja yang harus dihindari, dan lain sebagainya. Eh, apa mungkin itu hanya grup chatku saja ya? 😁


Kondisi Fisik Usia 40 Tahun ke Atas

Terlepas dari apa saja isi chat yang lebih mengarah pada 'komunikasi kesehatan' tadi, sebenarnya ada hal-hal penting yang perlu mulai kita pikirkan ketika sudah memasuki usia 40 tahun.

Ada yang memasukkan usia 45-59 tahun sebagai usia pra lansia, sedangkan di kategori usia produktif, tercatat angka 15-64 tahun masuk usia produktif. Nah, harus gimana coba tuh sudah hampir masuk kategori lansia tapi kok masih harus produktif?

Pada rentang usia 40 hingga 60 tahunan, rerata orang Indonesia memiliki tanggung jawab ke atas dan ke bawah. Di satu sisi sudah memiliki keluarga sendiri, namun masih punya orangtua yang harus menjadi tanggung jawabnya juga.

Di sini kita tidak akan membincang tentang persoalan finansial. Hanya saja, latar belakang kehidupan rata-rata masyarakat Indonesia yang masuk ke dalam 'sandwich generation' tadi, membuat faktor kesehatan menjadi hal yang penting untuk diperhatikan ketika masuk usia 40 tahun.

Seperti apa sih kondisi fisik usia 40 tahun ke atas?


1. Uban Mulai Muncul

Salah satu penanda paling kelihatan dalam perjalanan usia muncul pada uban yang tiba-tiba hadir tanpa permisi di kepala kita. Walaupun tidak semua orang berusia 40an beruban, tanda-tanda inilah yang paling sering ditemui.


2. Rambut Rontok

Selain perkara uban yang sudah mulai muncul satu dua helai, permasalahan rambut masih ada lagi tuh. Rambut mulai banyak yang rontok.

Rontok sih biasa yaa... bagi usia di bawah 40 tahun pun ada yang mengalami permasalahan ini. Namun, bagi perempuan usia 40 tahun ke atas, perubahan hormon pada tubuh yang terjadi menjelang menopause bisa menyebabkan kerontokan yang cukup parah dibanding hari-hari biasanya.




3. Ingatan Mulai Menurun

Wah, kalau sudah mulai masuk pembahasan tentang ingatan, rasa-rasanya diriku sudah harus mulai waspada nih. 

Biasanya ketika memasuki usia 40 tahun ini, mulai terjadi penurunan kemampuan dalam hal ingatan. Bisa jadi mudah lupa saat janjian, lupa meletakkan barang, atau sekadar 'tadi dia bilang apa ya?'. 

Stress nggak sih kadang-kadang saat merasakan hal ini? Fenomena ini bukan berarti perempuan 40an rentan pikun ya, hanya saja perubahan hormonal pada tubuh perempuan sangat berpengaruh pada otak yang selama ini sudah bekerja keras hingga puluhan tahun.


4. Muncul Garis Halus di Wajah

Ini dia yang paling menjadi momok perempuan : keriput. Padahal sebenarnya pengertiannya lebih pada garis-garis halus yang mulai muncul di beberapa bagian wajah. Biasanya sih di sekitar mata dan mulut. 

Munculnya garis-garis halus pada wajah ini bisa berbeda-beda terjadinya pada tiap perempuan. Bisa saja saat awal usia 40an, sudah ada yang mulai memiliki tanda-tanda ini. Eh tapi itu Kak Sophia Latjuba kok masih kempling yaaa hihihiii...

Ada banyak faktor yang memicu munculnya garis-garis halus tersebut, mulai dari kurangnya kadar air dalam tubuh, pola hidup yang kurang sehat, hingga tingginya beban hidup. 



Sehat di Usia 40an, Mungkinkah?

Tanda-tanda fisik yang disebutkan di atas hanyalah sebagian saja. Ntar kalau banyak-banyak malah bikin stres. Memasuki usia 40 tahun bukan lah momok. Bilangan usia hanya sekadar angka, seperti kata-kata orang bijak itu. Yang penting 'budget skincare'nya, ehhh... 

Bukan. Tidak semata-mata kepemilikan skincare yang menjadi modal utama hidup sehat dan tampilan segar. Ada beberapa hal terkait pertanyaan usia 40 tahun masuk kategori apa. Tinggal kitanya saja yang mampu menanamkan mindset kuat sebagai berikut:


1. Usia 40 Tahun, Usia yang Istimewa

Bagi saudara-saudaraku kaum muslim, usia 40 tahun bisa dikatakan sebagai usia yang istimewa. Ingat kan jika Rasulullah SAW diangkat menjadi nabi ketika berusia 40 tahun. Hal ini bisa kita pandang sebagai tonggak kemapanan diri. Kita teladani semua hal baik dari beliau. 



2. Usia 40 Tahun, Usia Dewasa yang Masih Produktif

Jadi ingat, ketika masih usia belasan hingga 20 tahunan, emosi tuh rasanya siap meledak kapan saja ketika berkonflik. Entah karena asupan kalori dan stamina masih prima, usia muda ini memang rawan bergejolak. 

Ketika memasuki usia 40 tahun, rata-rata orang mulai mereda kadar emosionalnya. Di satu sisi orang dengan usia 40 ini masih aktif mencari nafkah, di sisi yang lain, kontrol emosi sudah mulai terkendali. Orang akan lebih menghargai kondisi emosi yang stabil, tidak mudah meledak-ledak seperti ini ketika diajak bekerja sama. 


3. Usia 40 Tahun, Teladan Bagi Generasi di Bawahnya

Pengalaman adalah guru yang paling berharga, termasuk ketika kita bisa memaknai kesalahan dan kegagalan di masa lalu. 

Di saat seseorang memasuki usia 40 tahun, pengalaman hidup itulah yang bisa diolah menjadi masukan yang berharga untuk generasi berikutnya. Apa saja yang membuat diri kita gagal di masa lalu, bisa diantisipasi dengan hal-hal positif yang berbeda dari apa yang kita lakukan di masa lalu.


Baca juga : Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Untuk Usia di Atas 45 Tahun


Jika mindset tersebut sudah mengakar dalam diri, perlu dukungan langkah-langkah nyata nih untuk menjaga badan tetap sehat di usia 40 tahun ke atas. Ya dong, kalau enggak sehat, gimana mau produktif dan menjadi teladan kan?

Untuk tetap sehat, ada beberapa hal yang bisa dilakukan, seperti menjaga gaya hidup sehari-hari yang sehat, pola makan yang baik, hingga olahraga yang teratur. 


Nah, jika sudah memahami mindset dan apa saja tips yang bisa dilakukan, menurut kalian hidup sehat di usia 40 tahun ke atas tuh susah atau mudah?


20 komentar:

  1. Selain uban udh mulai muncul, kerutan udh mulai keliatan. Segala hal yg tadinya bagus jadi kendur. Ahaha. Rambut aku rontok jg nih. Kebiasaan buruk aku suka begadang.. begadang nonton drakor πŸ˜‚

    BalasHapus
  2. Langsung cek rambut ak nih mbak hehehe bener kayanya nih udah ada yang muncul rambut warna lain hihihi. Aku masih PR untuk konsumsi makanan tanpa gorengan nih, masih suka banget soalnya enak

    BalasHapus
  3. Uhm reminder bagiku Mbak karena beberapa tahun lagi masuk club 40s. Kudu jaga kesehatan dan rajin olahraga biar tidak keok di masa tua. Kalau udah 40+ lalu ada wrinkle ya wajaar, namanya proses penuaan, yg penting dikurangi dengan pemakaian skincare yg cocok.

    BalasHapus
  4. Menurutku mudah, yang butuh memang komitmen terhadap diri hehe, alhamdulillah aku memulai olahrga usia 44 dans etahun ini senang karena badan lebih sehat rasanya hehe

    BalasHapus
  5. Mungkin banget bisa tetap sehat di usia 40 tahun ke atas. Pengalaman saya, penting banget untuk paham 'alarm tubuh'. Supaya menjaga tubuhnya bisa lebih maksimal disesuaikan dengan kondisi masing-masing.

    BalasHapus
  6. Garis halus nih yang mulai muncul di wajah, langsung pas ngaca "oh gini toh rasa umur 40th" padahal cita-cita pengin kayak Song Hye Kyo biar tetap sehat dan kinclong di usia 40th. Sebenarnya sih asal kitanya konsisten dan memang komit dengan apa yang dilakukan, pasti dengan usia 40th akan tetap sehat ya.

    BalasHapus
  7. Pola hidup perlu ditanamkan dari jauh2 hari sejak muda dl ya.. jadi ketika umur matang di 40 tahun lebih mudah untuk menjaga kesehatan

    BalasHapus
  8. Yg susah itu konsisten sih mbak padahal udah sadar pentingnya tapi ya itu nanti mulai kluar malesnya trs beraat untuk mulai lagi. Apalagi kalo ga ada temen utk daling mengingatkan dan menyemangati

    BalasHapus
  9. Yg susah itu konsisten sih mbak padahal udah sadar pentingnya tapi ya itu nanti mulai kluar malesnya trs beraat untuk mulai lagi. Apalagi kalo ga ada temen utk daling mengingatkan dan menyemangati

    BalasHapus
  10. Ada yg bilang usia 40 itu usia emas. Dalam arti penuh makna
    Tapi buat saya biasa aja
    Kecuali emang berbagai penyakit mulai muncul nih
    Cuma enjoy aja
    Kalau bukan saya sendiri yg membahagiakan diri, mau siapa lagi...

    BalasHapus
  11. Ketika usia 40 thn itu sudah mulai banyak alarm tubuh ya, Mak. Harus mulai konsisten menjaga kesehatan dan merawat diri nih. Biar usia 40 thn nanti kita tetap sehat dan cantik. Bismillah ya. Insya Allah bisa.

    BalasHapus
  12. Satu sisi uban juga bisa jadi muncul karena faktor genetik ya karna dulu pas belum 40 juga udah ubanan. Ketika udah di usia 40 tahunan, minimal gerak gerakin badan biar tetap sehat juga. Dan tak berdoa agar Allah berkahi usianya. Makasih remindernya mba

    BalasHapus
  13. Nah begadang ini kadang bablas kalau banyak deadline
    Sudah diatur sedemikian rupa, tetep aja molor selesaikan
    Makanya semoga next gak bakalan begadang lagi kalau bener bener tahun depan sudah 40 tahun ++

    BalasHapus
  14. Huweeehh lansgung cek ada kerutan di wajah dan ternyata udah mulai muncul garis halus huhu #oles skincare.
    Usia 40 konon katanya merupakan usia di mana ya itulah jati diri kita dan akan membawa kita ke masa depan selamanya kek gitu.
    Makanya aku tu berusaha gimana caranya hidup lebih baik, di samping bersyukur masih dikasi kesempatan hidup di usia skrng, jd kudu menjaga kesehatan sbg rasa syukur kyk misal jaga makanan, olahraga dll.

    BalasHapus
  15. Mata mulai rabun, badan cepat capek, kmrn tuh udah mulai sehat karena olahraga tapi kemudian drop karena pikiran....sekarang lagi mencoba menata pikiran

    BalasHapus
  16. Tetap sehat di usia 40+, pasti bisa dong mbak. Mulai ada penurunan fungsi optimal tubuh itu pasti, tapi kita juga tetap berupaya untuk menjaga supaya penurunannya tidak drastis dan cepat.

    Soal mudah lupa, saya juga sering mengalami. Dari dapur ke ruang tamu, sampai ruang tamu tengak-tengok dan mikir, "aku tadi ke sini mau ambil apa ya?"

    BalasHapus
  17. Jadi pengingat juga yaa.. ka Uniek.
    Bahwa segala sesuatu yang ada di dalam diri kita ini gak selamanya bertahan. Tentu kalau uda memasuki masanya, sunnatullah-nya akan berjalan. Sadar banget dan kudu bisa mengatasinya dengan semakin rajin bergaya hidup sehat dan olahraga.

    BalasHapus
  18. alhamdulillah tahun ini usiaku 40 tahun dimana 2 minggu sebelum ulangtahun ditandai dengan sakit ISPA dan GERD yang mengharuskan aku dirawat. makanya penting ya jaga kesehatan dengan lifestyle yang sehat juga

    BalasHapus
  19. Setuju banget dengan tulisannya. Usia 40+ ini ajaib banget. Semua yang selama ini lupa bahwa penting, mulai kerasa penurunan fungsinya. Kudu banget deh nerapin pola hidup sehat. Dari olahraga, makanan-minuman sehat, istirahat, dan semuanya Buar selalu fit dan sehat ya.

    BalasHapus
  20. Pasti bisaaaaa tetep sehat walaupun udah 40 tahun, aku kenal beberapa orang yg udah hampir 50an tapi tetep cantik dan bugar.. yang penting ttp semangat, perhatikan asupan makan dan rajin olahraga yaaa maaaaak

    BalasHapus