Featured Post

#UsiaCantik dan Mengapresiasi Diri Sendiri

Bu, sekarang umur Ibu sudah berapa?   Pernah sesekali waktu anak keduaku nanyain umur model petugas sensus begitu. Iya sih, jawabnya me...

27 February 2015

Mencari Tau Seputar Rebook dan Refund Tiket Lion Air

credit
Panasnya pemberitaan beberapa saat yang lalu membuatku penasaran untuk mencari tau seputar rebook dan refund tiket Lion Air.  Ya iya lah aku bisa memahami bagaimana perasaan orang yang sudah terlanjur pesan dan membayar tiket pesawat untuk suatu penerbangan, eh... kok ternyata ada aral melintang. Ya bisa saja karena kesalahan maskapainya atau mungkin juga ndilalah jadwal perjalanan kita berubah.

Kondisi seperti ini memang nyebelin banget. Tiket yang udah keburu dibeli bisa terbuang percuma kaaaannn... Mana kita harus beli tiket baru lagi jika maskapai penerbangannya tak punya kebijakan seputar rebook dan refund. Aku sih tadinya kurang begitu paham dengan hal-hal yang berkaitan dengan Lion Air. Dulu pas bulan Februari 2014 aku pernah terbang ke Jakarta saat menghadiri acara Srikandi Blogger, ya pakai Lion Air sih. Cuma kan tidak mengalami pembatalan jadwal penerbangan.

Lion Air memang sedang mendapat sorotan nih. Maskapai tersebut mendapat komplain besar-besaran dari para konsumennya gara-gara delay parah menjelang Imlek yang lalu. Ya siapa sih coba penumpang yang enggak marah atas kejadian ini.  Tidak sedikit yang memutuskan untuk minta refund tiket yang sudah mereka beli ke pihak maskapai.

Nah, sebenarnya bagaimana alur proses refund maupun rebook ini?

Aku mencoba mencari tau seputar rebook dan refund tiket Lion Air ini ke beberapa web terkait. Daaaan... sebenarnya kita dapat melakukan refund ke pihak maskapai langsung ataupun melalui layanan agen maskapai Lion Air tempat kita membeli tiket. Beberapa hal yang bisa kudapat berkaitan dengan hal itu adalah :

1. Rebook Tiket 

Rebook tiket adalah kondisi dimana kita sudah bayar tiket sesuai pesanan tetapi harus ganti dengan jadwal penerbangan baru. Untuk me-reebook tiket ada beberapa ketentuan dari Lion Air, yaitu:
a. Rebook hanya berlaku untuk penerbangan kelas ekonomi dan kelas bisnis.
b. Rebooking dapat dilakukan minimal di kelas yang setara.
c. Proses rebook harus dilakukan di kantor Lion Air atau Lion Air agent.
d. Akan dikenakan kewajiban untuk membayar selisih harga antara harga tiket penumpang dan harga tiket agent.
e. Selisih harga antara tiket yang lama dengan harga tiket yang baru harus dibayarkan. Misalnya untuk tiket lama harga 650 ribu dan untuk tiket yang baru 750, maka kita harus membayar biaya tambahan 100 ribu. Hal ini juga berlaku jika kita memesan tiket dengan kelas yang lebih tinggi dari kelas sebelumnya. 
Selain selisih tadi juga akan ada cancellation fee dengan ketentuan:
  • Pembatalan tiket yang dilakukan lebih dari 48 jam sebelum keberangkatan akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp. 50.000 
  • Jika pembatalan lebih dari 24 jam tetapi belum sampai 48 jam, maka akan dikenakan cancellation fee sebesar 50% dari basic fee
  • Jika pembatalan dilakukan dalam waktu 24 jam sampai 2 jam sebelum keberangkatan, maka  akan dikenakan cancellation fee sebesar 80% dari basic fee
  • Jika pembatalan kurang dari 2 jam sebelum jadwal keberangkatan, maka akan dikenakan cancellation fee sebesar 90% dari basic fee
  • Bagi balita di bawah usia 2 tahun tidak dikenakan biaya administrasi ataupun cancellation fee dalam bentuk apapun. 

2. Refund Tiket 

Refund tiket adalah kondisi dimana kita membatalkan penerbangan yang telah dipesan. Untuk proses refund kita akan dikenakan biaya sesuai dengan waktu pembatalan. Ketentuannya adalah sebagai berikut:
a. Jika melakukan pembatalan di atas 48 jam sebelum keberangkatan akan dikenakan refund fee sebesar 50% dari basic fee.
b. Jika melakukan pembatalan di antara 48 jam sampai 2 jam sebelum keberangkatan akan dikenakan refund fee sebesar 80% dari basic fee.
c. Jika melakukan pembatalan 2 jam sebelum keberangkatan atau ketika proses check in sudah dibuka, kita akan dikenakan refund fee sebesar 90% dari basic fee.
d. Untuk balita dengan usia di bawah 2 tahun tidak dikenakan biaya apapun.
Untuk detail yang berkaitan dengan proses refund ini bisa ditelusur lebih lanjut di web maskapai maupun agen-agennya yaaaa.... Ini diriku sekedar mencoba mencatat informasi dasarnya saja, siapa tau ada yang memerlukan.

3. Jangka Waktu Pengembalian Refund 

Sepertinya tidak ada keterangan pasti tentang pengembalian refund ini, karena pihak agen Lion Air sendiri tidak dapat memberi kepastian. Namun biasanya pihak Lion Air pusat akan memproses refund tiket antara tiga sampai empat minggu dari proses pembatalan tiket yang dilakukan, sehingga pencairan uang refund tiket akan diberikan paling lambat 4 minggu setelah hari pembatalan.

Semoga saja ke depannya nggak ada lagi kejadian delay yaaa... Meskipun tiket bisa direfund tapi kan kerugian materi maupun moril yang harus dihadapi para penumpang berkaitan dengan keterlambatan perjalanan ini jauh lebih besar. 

18 comments:

  1. Delay kayaknya emang udj jd trade mark lion, tapi mudah2an setelah ini ngga terjadi lagi. Aku percaua laaah... Lion pasti bisa memperbaiki diri. :)

    ReplyDelete
  2. iya semoga ga ada delay lagi :") soalnya kasian yang misalnya keluarga sakit atau gimana jadi tertunda :")

    tapi jadi tau cara refundnya euy

    ReplyDelete
  3. Waah...jangka waktu pengembalian cepat juga. Hanya empat minggu.

    Moga ngga delay2 lagi ya, Lion. :)

    ReplyDelete
  4. Ambil hikmah positifnya aja dari setiap masalah yang terjadi. Artikelmu banyak memberikan info berharga mak :)

    ReplyDelete
  5. mantep nih informasinya...
    mudah2an ada perbaikan pelayanan ya dr maskapai ini...

    ReplyDelete
  6. Membantu sekali buat yg mau refund nih mbak uniek. Selama ini aku belum pernah refund tiket. Tapi rebook pernah akibat kesalah diri sendiri :)

    ReplyDelete
  7. Sharingnya komplit nih. Moga aja nggak ada delay lagi di masa datang ya. Aku dulu pernah juga terbang bersama Lion air tapi lancar aja siih...jadi blm pernah mengalami rebook atau refund tiket. Tfs ya mba Uniek :)

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. info yang menarik. makasih..
    untungnya so far belum ngalamin delay separah itu.

    Pernah sekali delay, di dubay, bbrp jam doang sih, konfensasinya dapat makan sepuasnya :D

    ReplyDelete
  10. aku juga bolak balik refund dan rebook tiket lion, tidak ada masalah bagian itunya, kecuali memang delay yang sering sekali. Smg Lion dpt memperbaiki diri. TFS mak.

    ReplyDelete
  11. jadi ingat para artis, kalo ke kota saya, mereka sukanya naik pesawat beberapa jam sebelum hari H jam J. Kalo delay2 kayak situasi yang lagi marak akhir2 ini ... kayak apa itu kacaunya acara mereka ya Mak ...

    Tapi jangankan artis ya, kita saja merasa rugi kalo sampe delay hehehe

    ReplyDelete
  12. Jaman masih LDR an ma ortu Lion Air sering jadi pilihanku juga karena murah hehe. Moga semakin memperbaiki pelayanan ya Lion Air :)

    ReplyDelete
  13. Satu hal yang selalu kuingat dari Lion Air adalah landingnya yang selalu gruduk-gruduk bikin ngerem-ngerem ini kaki :)) Tapi memang murah sih hehehe

    ReplyDelete
  14. saya juga pernah akan rebook tiket sewaktu ketinggalan pesawat, tapi kok harganya mihil banget [bukan maskapai Lion kala itu], akhirnya mending pilih beli tiket baru deh. #irit

    ReplyDelete
  15. Hmmm...aku dah agak kapan nih mak hehee..tapi infonya penting bangeet..

    ReplyDelete
  16. terima kasih telah berbagi info....
    infonya sangat bermamfaat.....
    salam kenal dan salam sukses..
    .

    ReplyDelete