02 April 2016

Kopdar Maksimal di Acara Blogger



"Seneng amat sih kopdaran dengan sesama blogger?"

Terkoneksi dengan teman-teman blogger dari seluruh penjuru tanah air (bahkan dengan yang tinggal di luar negeri sekalipun) merupakan suatu kebahagiaan tiada terkira. Bayangkan aja ya, kita yang terpisah jarak sedemikan jauh masih bisa saling terkoneksi. Melalui tulisan.

Ya, dengan tulisan yang kita posting di blog lah kita membuka pintu silaturahim dengan sahabat-sahabat blogger kita di belahan bumi manapun. Saat tulisan kita tersaji dan kemudian ditanggapi, di waktu itulah uluran pertemanan terurai.

Kadang di kesendirian pun hati terasa meriah karena banyak teman blogger di luar sana yang siap membaca tumpahan isi hati maupun sedikit informasi yang kita bagi. Pernah merasakan hal seperti ini kan? Bahkan saat kita sedang seorang diri pun kita masih bisa bersuka ria menikmati indahnya persahabatan di blogosphere.

Lantas apakah silaturahim secara tatap muka menjadi tidak penting?

Jelas sama pentingnya dong. Menyadari keterbatasanku yang tidak bisa sewaktu-waktu bertemu dengan sahabat-sahabat bloggerku yang tinggal sekota, maka ada berbagai pertimbangan yang kuambil saat memutuskan untuk mengikuti acara blogger.

Ya, pada saat-saat tertentu di Semarang ada event blogger seperti launching produk baru dari suatu brand, gathering blogger yang bersponshorship, ataupun pelatihan ngeblog. Tidak semua acara tersebut diselenggarakan di hari libur. Nah, di sinilah letak kesulitan yang kualami. Sebagai karyawan yang masih harus bekerja 6 hari seminggu, tentu saja aku harus selektif saat memilih untuk mengikuti suatu acara yang membutuhkan kehadiran blogger.

Apa saja sih pertimbangan seorang pekerja full time mengikuti acara off line blogger ?
  • Tambahan ilmu ngeblog yang tidak setiap saat bisa kudapat. Belajar seputar dunia blogging memang bisa dilakukan dimana saja dan melalui media apa saja. Namun ada juga banyak hal yang baru bisa kita dapatkan saat bertemu langsung dengan ahlinya. Banyak pertanyaan yang selama ini tersimpan bisa kita sampaikan ke ahlinya dan mencari jawaban / solusi seputar hal-hal tersebut.
  • Bila semua kegiatan offline blogger diikuti tentunya akan berdampak pada performa kerja di kantor. Kan harus ijin tuh ya bila acara blogger tersebut dilaksanakan pada hari kerja. Asas ekonomi dan asas manfaat harus dimaksimalkan saat memutuskan untuk mengikuti acara tertentu. 
  • Ada kalanya hadir di event blogger memang demi mencari sesuap nasi ;) Namun tak selalu seperti itu ya. Bahkan pada event tak berbayar sekalipun aku bakalan mengusahakan untuk hadir karena acara tersebut potensial menghasilkan pertemanan dan bertemu dengan relasi-relasi baru. 
  • Tak dapat disangkal lagi, salah satu hal yang paling menyenangkan saat mengikuti event blogger adalah kopdarnya. Moment inilah yang paling ditunggu-tunggu. Bertemu dengan teman-teman baik dan saling berbagi kisah merupakan kebahagiaan yang tak bisa diukur dengan sejumlah materi. Kopdar maksimal lah pokoknya kalau pas acara blogger ini. 
Kalau sobat-sobat blogger lainnya apa saja sih pertimbangannya untuk mengikuti acara offline blogger? Share yaaaa.... thks

23 komentar:

  1. setujuuuu, acara blogger merupakan sarana kopdar maksimal dan bisa narsis secara berjamaah ya mbak

    BalasHapus
  2. Ya kangen ketemu Blogger kece kayak dirimu de el el dong mba😁😊jujur kopdar terdekat ku ya ama komunitas di Semarang yang seru,kompak banget plus ngangenin. Hayuuk bikin acara meriah dan berilmu lagi mbak seperti pelatihan infografs

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mumet kalau infografis Jeng, yg lainnya aja deh ya hihihii.. Semoga kapan2 bisa ada kesempatan kopdar lagi di Semarang yaaaa

      Hapus
  3. Sekarang kopdarnya diagendakan Sabtu Siang ya Mak Nik, biar yang kerja bisa gabung. Jadi ijinnya pas ada event brand aja ;)

    BalasHapus
  4. kalo gw, pengen ketemu mbakyu uniek yang lucunya ga abes2..getuhhhh... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hih, aku kan kalem, ga bisa ngelucu. Anda meriang ya? :p :D

      Hapus
  5. Kalau saya pertimbangannya me time, krn biasanya hadir di event blogger saat wiken/ hari libur, anak2 nitip ma ayahnya. Lalu, liat eventnya bermanfaat tdk kyk nambah ilmu, nambah relasi hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget Mba, materi event yg bermanfaat itu juga yg menjadi pilihan utama.

      Hapus
  6. Harus, wajib sih kopdar itu. Kayak me time sama temen2 yg biasanya cuma cuap2 di dunmay, hihii... apalagi dg mba Uniek, yg suka bikin gaduh, hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oalaaahh...antenge koyok ngene kok dibilang bikin gaduh sih Mba. Mungkin salah orang kali Mba Wati inget2nya? :)

      Hapus
  7. Dan aku entah kapan bisa kopdar dengan dirimu, Mbak Un
    Pingin banget (*sebelum aku mati)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yeee.. kan pas Blognus di Jogja dulu sudah ketemu.

      Hapus
  8. Tambah ilmu iya, kopdarnya juga penting mba.
    Kadang aku malah berharap bisa menjalin kedekatan yang lebih lagi dengan blogger lain.
    Maksutku agar bisa berkawan lebih akrab lagi, menjalin persahabatan, persaudaraan lebih dari sekedar sesama blogger

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini di Semarang rata2 pertemanannya udah kayak saudara mba. Jadi klo pas ketemuan gitu yg dibahas udh macem2 deh selain masalah ngeblog juga.

      Hapus
  9. Kopdar memang menyenangkan karena banyak manfaatnya
    Salam hangat dari Jombang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuhuuu...ditunggu rawuhnya utk kopdar di Semarang ya Pakdhe.

      Hapus
  10. Sayangnya di Madiun jarang banget ada event untuk bisa kopdaran dengan sesama blogger.
    Dek Un... kapan bisa kopdaran nih kita?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lha Mba Ren sibuk banget sih sampe mo ketemuan aja ga bisa ya heheheee

      Hapus
  11. Jogja juga lagi banyak nih. Insya Allah aku nggak pilih2 event, berbayar, dibayar maupun gratis, kalau bisa aku pasti datang, terutama jika anak2 masih di sekolah atau sdh dirumah semua jadi aku ayem. In between aku gak mau, krn anak2 aku antar jemput sendiri. Aku sudah komit no.1 keluarga krn suami jauh, masa mau ngeyel dikasih kesempatan terus. Kasihan anak2, udah bapaknya jauh, ibunya ngevent terus. Pernah sih akhirnya anak2 aku panggilkan taksi krn acaranya blm selesai, padahal mrk capek hbs kegiatan sekolah juga. :(

    BalasHapus
  12. Hihi setujuuu,abis kopdar jd segerr dan siap eksyeen..

    BalasHapus
  13. Bebebrapa waktu yang lalu juga kopdar sih blogger se kota ja seneng tambah teman dan imu pengetahuan ^^

    BalasHapus