30 December 2019

Upaya Menjaga Keamanan Website


Pernahkah terpikir gimana caranya melindungi website dari serangan yang tak terduga?

Ya, ada banyak sekali kejadian akhir-akhir ini dimana berbagai website dihack oleh pihak-pihak yang tak bertanggung jawab. Sedih banget dong yaa.. apalagi jika sudah berkaitan dengan website yang digunakan untuk usaha.



Kita aja nih yang blognya banyak digunakan untuk curhat, juga bakalan sedih banget kalau blog kesayangan dibikin mainan oleh orang lain. Huhuhuuu..teganya teganyaaa...

Read More »

26 December 2019

Cara Mengetahui Luas Permukaan Luka Bakar




Dalam melakukan pertolongan pertama pada luka bakar berdasarkan tingkatannya, luas permukaannya pun sangat berperan penting. Pedoman untuk dapat memperkirakan sebesar apa luas permukaan luka bakar dapat dilakukan dengan hukum sembilan (menurut ilmu kedokteran), yaitu membagi daerah tubuh dengan persentase sembilan per daerah tubuh yang terkena luka bakar.

Biasanya, masyarakat secara umum melakukan tindakan pengobatan, yaitu dengan cara mengoleskan salep untuk luka bakar yang dibelinya di apotik. Itu pun harus sesuai dengan anjuran dokter.

Untuk mengetahui, seperti apa hukum sembilan tersebut, yuk simak penjelasannya di bawah ini:

  • Kepala (9%): bagian depan = 4,5%, bagian belakang = 4,5% 
  • Tubuh (36%): dada, perut = 18%, punggung = 18% 
  • Lengan (18%): lengan atas depan-belakang (9%), lengan bawah depan-belakang (9%) 
  • Kaki (36%): tungkai atas depan-belakang (18%), tungkai bawah depan-belakang (18%) 
  • Alat kelamin (1%) 


Adapun cara lain menghitung luas permukaan kulit yang terbakar, yaitu dengan membandingkan luka dan telapak tangan pasien. Pada telapak tangan pasien dianggap memiliki luas luka bakar sebesar 1% dari luas permukaan tubuhnya.


luka bakar


Perhitungan tersebut diperkirakan dengan bersandar pada masing-masing tingkatan luka bakar itu sendiri. Adapun tingkatan luka bakar sendiri ditentukan berdasarkan 2 faktor utama, yaitu luas permukaan tubuh yang terbakar dan lokasinya.

Luka bakar ringan 

⮚ Luka bakar derajat 3 kurang dari 2% luas, keculi pada tangan, wajah, kaki, saluran napas, dan kemaluan.
⮚ Luka bakar derajat 2 kurang dari 15% luas
⮚ Luka bakar derajat 1 kurang dari 50% luas

Luka bakar sedang 

⮚ Luka bakar derajat 3 antara 2%-10% luas, kecuali wajah, kaki, tangan, dan saluran napas
⮚ Luka bakar derajat 2 15%-30% luas
⮚ Luka bakar derajat 1 lebih dari 50%

Luka bakar berat 

⮚ Semua luka bakar yang disertai cedera pada saluran napas, cedera jaringan lunak, dan cedera tulang.
⮚ Luka bakar derajat dua atau tiga pada wajah, tangan, kaki, kemaluan, atau saluran napas.
⮚ Luka bakar derajat dua di atas 10%
⮚ Luka bakar derajat dua lebih dari 30%
⮚ Luka bakar yang disertai cedera alat gerak
⮚ Luka bakar mengelilingi alat gerak

Apabila mengalami luka lama sembuh ataupun ingin luka bakar segera kering, sebaiknya kita konsultasikan secepatnya kepada dokter.

Semoga artikel ini cukup memberikan informasi seputar cara mengetahui luas permukaan luka bakar ya. Harapannya sih kita dihindarkan dari bahaya luka bakar. Namun apabila di sekeliling kita terjadi bencana seperti ini, kita bisa membantu dengan informasi yang kita miliki tentang luka bakar ini. 
Read More »

20 December 2019

5 Tips Backpacker Bersama Keluarga


Halooo... apa kabar teman-teman? Gimana nih rencana liburan tahun baru ini? 

Bagi sebagian besar orang, liburan menjadi sesuatu hal yang sangat disukai serta sangat ditunggu- tunggu. Jelas banget dong ditunggu, karena liburan gini bakalan bikin pikiran jadi lebih segar setelah melakukan pekerjaan yang berat secara terus-menerus di waktu-waktu sebelumnya. 


Tips Backpacker Bareng Keluarga


Jadi nggak salah jika orang-orang kemudian menyempatkan diri untuk bepergian dalam rangka liburan itu, yaahh meskipun cuma dua atau satu hari saja sudah bisa memberikan dampak positif loh. 

Read More »

16 December 2019

Perkawinan Usia Anak di Dalam Masyarakat




Intensitas menanyakan status perkawinan pada seorang bujang terkadang menimbulkan dilema tersendiri. Bisa jadi yang menanyakan hanya bermaksud basa-basi, namun yang ditanya jadi baper. Namun ada pula yang bertanya tentang status perkawinan ini benar-benar bertanya dan beranggapan bahwa pada usia tertentu, seseorang memang sudah harus menikah.
Read More »

15 December 2019

Hanya Ada Dua Pilihan : ROG Phone atau Lainnya


There are only two kinds of gaming phones : 
ROG Phones and others ~ Jimmy Lin




Read More »

14 December 2019

Mendulang Rejeki dari Internet


Kian hari, persaingan kerja makin terasa. Keraaddd bro, gitu sih kata generasi jaman now. 


mencari uang dari internet


Read More »

12 December 2019

Resolusi Sehat 2020




Aahh... masih demen makan gorengan melulu, gimana mau sehat?

Hahaaa.. pernyataan ini masih sering kuterima dari orang di sekelilingku. Sebenarnya bukan salah mereka juga sih. Salahku sendiri yang memang belum bisa lepas dari kenikmatan aneka gorengan hangat yang dimakan bersamaan dengan cabe rawit.

Eh, dirimu juga, Temans? Ahaaa.... *mau bilang toss tapi kok prihatin


Read More »

11 December 2019

Pilihan Produk Asuransi Sesuai Kebutuhan dan Anggaran


Seseorang memang sangat dianjurkan untuk memiliki asuransi supaya lebih tenang ketika mendapatkan resiko yang kurang mengenakkan, misalnya seperti gangguan kesehatan. Asuransi terbaik di Indonesia dapat dijadikan sebagai jaminan hidup seseorang supaya dapat mempersiapkan kehidupan di masa depan yang lebih mapan dengan tingkat keuntungan yang tinggi. 




Read More »

10 December 2019

ASUS dan Adidas Siapkan Proyek Kreatif Bersama

ASUS dan Adidas saat ini sedang menyiapkan kolaborasi karya dalam sebuah proyek kreatif. 

Hah, enggak salah tuh kolaborasi gadget dengan brand sporty gini?


ASUS dan Adidas siapkan proyek kreatif bersama


Read More »

05 December 2019

Mengapa Harus Menginap di Front One Boutique Tugu Muda Semarang?


Gils, Semarang sekarang udah ga jauh beda ya dengan Jakarta!

Sering banget aku menerima keluhan ini dari teman-temanku yang datang ke Semarang. Entah itu mereka yang terbiasa dengan kemacetan Jakarta, ataupun mereka yang lama tinggal di luar negeri dan baru menginjakkan kaki lagi ke Semarang untuk pulang kampung.


Read More »

03 December 2019

Patjar Merah Semarang

patjarmerah Semarang
Anak sekarang ndak suka baca.

Generasi jaman now tuh generasi micin, sedepnya instan.

Mantenginnya aja hape, gimana mau bersosialisasi...




Read More »