07 February 2020

Bengkel Baik, Booking Bengkel Motor Via Aplikasi


Pernah nggak sih merasakan sebal ketika pengin cepat-cepat servis motor tapi antriannya mengular panjang sekali? Been there. πŸ˜” 




Sekarang kan udah jamannya praktis ya, kita maunya semua serba cepat. Waktu amatlah berharga, setiap menit yang berlalu merupakan waktu produktif kita yang harus dimanfaatkan dengan maksimal. Tentunya tak mau dong membuang waktu hanya untuk antri ke bengkel ketika hendak servis motor.

Aku sendiri pernah merasakan segimana nggak enaknya harus antri di bengkel. Servisnya palingan enggak lama lah, setengah jam sampai satu jam kelar. Masak ya nunggunya harus berjam-jam kan, ga asyik banget.

Iya sih, bisa aja motornya taruh di bengkel dan kita pergi kemana dulu gitu untuk menyelesaikan urusan lain yang sama pentingnya. Tapi kan jadinya ntar dobel kerjaan, kudu bolak-balik lagi ke bengkelnya. Huahhh... malesnyaaaa....

Aku jadi kepikiran nih ya, sekarang kan semua-semua sudah terbantu dengan kecanggihan teknologi. Hendak bepergian, pengin belanja, mau jajan, hendak berkirim barang, semua sudah ada aplikasi via smartphone yang sangat membantu. Nah, problem servis motor pun pastinya ada solusinya.


Aplikasi Bengkel Baik di Smartphone


Permasalahan harus pergi ke bengkel tanpa tau sudah ada berapa orang yang mengantri di sana itulah yang terus menghantui pikiranku. Masak ya sih enggak ada orang yang mampu mencari solusinya dan mengembangkan aplikasi khusus untuk membantu para pengguna jasa bengkel.

Akhirnya penantianku terjawab sudah. Ada nih salah satu aplikasi di smartphone yang memudahkan proses kita untuk booking servis motor di bengkel. Oiya, khusus untuk sepeda motor ya, teman.


bengkel baik aplikasi untuk booking servis motor di bengkel


Bengkel Baik baru saja launching di Semarang nih, teman. Sebagai warga Semarang aku tentu bangga dong ada aplikasi yang dikembangkan oleh putra daerah dan bisa membawa manfaat bagi masyarakat di sekitarnya.

Terkait dengan kebutuhan kaum milenial atau siapa pun yang ingin praktis dan tidak buang-buang waktu, kurasa tepat sekali menggunakan aplikasi yang satu ini. Hanya modal instal aplikasi via smartphone, kita sudah mendapatkan kemudahan dalam melakukan booking antrian di bengkel.

Emang segimana praktisnya sih kok sampai aku berani nulis begitu, udah nyobain kah?

Udah dooogg... aku udah punya nih aplikasinya di smartphoneku.



Begitu tau ada fasilitas booking servis motor seperti ini, jiwa milenialku pun meronta-ronta. Hehehe... bukan anak milenial sih, mamak milenial boleh juga dong kekinian. Segala kemudahan yang menjadi imbas dari kemajuan teknologi memang amat dibutuhkan untuk beraktivitas. Tak terkecuali dalam hal booking servis motor.

Pas banget motor tuaku butuh diservis. Tarikannya udah lambat dan terasa berat ketika sedang dikendarai. Bukan hanya karena harus menopang berat badan yang lumayan, namun memang sudah agak lama rupanya aku belum membawa sepeda motor merah tahun 2008 ini ke bengkel.

Pas banget ada aplikasi Bengkel Baik ini. Nggak pake lama dong langsung install di hape dan memanfaatkan fitur yang ada. Seperti yang bisa dilihat di gambar atas, seperti itu penampilan aplikasi Bengkel Baik.

Penasaran dengan apa saja yang ada di Bengkel Baik? Yuukk ikuti dulu langkah instalasi aplikasi tersebut ya.



Bagi pengguna smartphone berbasis Android, bisa langsung lho search aplikasi Bengkel Baik. Tampilannya akan seperti gambar di atas yang sebelah kiri. Berlogo tangan yang sedang memegang peralatan, memberikan gambaran bahwa aplikasi ini siap membantu kita dalam perawatan motor yang akan dibawa ke bengkel pilihan.

Langkah instalasi app Bengkel Baik:
1. Masuk ke Playstore dan cari Bengkel Baik.
2. Setelah klik tombol Install, kita akan diarahkan untuk mengisi data berupa nomor handphone.
3. Masukkan kode verifikasi yang dikirimkan ke nomor seluler kita.




Semudah itu deh instal aplikasi ye kan di smartphone. Setelah proses instal beres, siap deh booking bengkel yang letaknya terdekat dengan lokasi tempat tinggal kita. Aplikasi Bengkel Baik ini akan memberikan informasi bengkel mana saja yang telah masuk ke dalam jaringannya. Nanti kita bisa pilih mana yang terdekat dengan domisili kita.

Nggak pake lama dong aku langsung nyobain. Kupilih salah satu bengkel yang lokasinya paling dekat dengan rumah. Kalau dilihat di aplikasi, saat ini baru ada 5 bengkel yang masuk ke jaringan Bengkel Baik. Semoga aja ke depannya makin banyak bengkel yang masuk ke aplikasi, agar makin banyak pilihannya.

Aku pilih bengkel ini nih :



Ketika kita klik icon Bengkel, maka aplikasi Bengkel Baik akan membuka peta kota Semarang dengan berbagai titik yang telah ditandai sebagai bengkel yang masuk ke jaringannya. Klik aja masing-masing titik tersebut untuk mencari detail informasi seputar bengkel tersebut.

Aku pilih Autofit Semarang yang letaknya hanya sekitar 2,7 kilometer dari tempat tinggalku. Setelah membuka sekilas keterangan Autofit, lalu aku klik DETAIL. Maka tampilan berikutnya akan menunjukkan alamat detail dari bengkel tersebut.

Ada icon lonceng di kiri bawah yang bertuliskan Booking. Nah, kita bisa pesan jadwal servis sesuai keinginan. Selain itu, manfaatkan pula berbagai voucher yang disediakan oleh aplikasi ini.

Ada beberapa sih, mulai dari voucher subsidi oli, ada juga voucher potongan Rp. 25.000 untuk servis motor yang ringan. Voucher inilah yang kupilih untuk servis motor yang kulakukan di bengkel Autofit.




Sesuai tanggal booking yang telah ditentukan, kubawa motorku ke Autofit untuk servis. Nantinya aku akan minta servis standar dan penggantian oli. Meskipun jarang kugunakan untuk bepergian jarak jauh, namun seingatku sudah agak lama aku tidak mengganti oli mesin. Jangan-jangan faktor ini yang menyebabkan laju motorku terasa tidak nyaman.


Bengkel Autofit sepertinya termasuk bengkel favorit nih. Antrian motornya lumayan banyak. Rata-rata yang servis di sana tuh motor cowok yang gede-gede.

Sembari menunggu motor mendapat giliran, ternyata ntar kita bisa menikmati kopi ataupun teh sesuka kita. Ruang tunggunya pun lumayan nyaman. Bisa sambil main Free Fire lah. *gaya bats kayak mudeng ajah




Beberapa kelebihan yang kurasakan terkait servis via aplikasi ini adalah:

1. Biaya servis lebih murah.
Biasanya aku servis motor tuh abisnya sekitar 50 hingga 60 ribu. Di Autofit ternyata hanya 40 ribu rupiah, lumayan banget kaaann... Bisa buat tambah belanja sayuran. πŸ˜‰

2. Kualitas Terjamin
Awal hendak booking servis ini aku agak meragukan ntar gimana kualitas pelayanan bengkelnya. Ternyata selepas servis, motor jadi enak banget dibawanya. Tarikannya kenceng dan dan berasa ringan banget, enggak kayak sebelumnya.

Berarti beneran nih bengkel-bengkel yang masuk ke dalam jaringan Bengkel Baik ini sudah terjamin standar kerjanya. Senang sekali deh bisa merasakan kemudahan booking servis motor dan mendapatkan pelayanan yang baik.

3. Ruang tunggu nyaman.
Seperti yang sudah kutulis di atas tadi, ketika menunggu giliran servis, tak terasa udah nyampe aja jatahnya. Ruang tunggunya luas, bersih, ada free kopi dan teh juga. Jempol deh.

Sembari nunggu motor selesai diservis, kita biaa memainkan game yang ada di aplikasi juga. Ntar kalau menang dapet poin yang bisa ditukarkan dengan voucher ataupun potongan harga di Kopi Baik.



Setelah motor selesai diservis, proses pembayaran pun berjalan lancar. Alhamdulillah, voucher servis Rp. 25.000 yang kuunduh bisa juga diaplikasikan. Lumayan lah, dari 40 ribu jadinya kan tinggal bayar 15 ribu aja. Ngirit kaaann... πŸ˜‰


Gimana, tertarik untuk mencoba booking servis motor melalui Bengkel Baik? 

46 comments:

  1. Hahhh servis motor 15 ewu doang. Muraaah. Iyaa ya kalo mau servis kendaraan itu yg kebayang ya ngantrinya bikin males. Kayaknya harus rekomendasikan aplikasi ini ke bojo deh.

    ReplyDelete
  2. Lebih murah ya mbak kalau servis motor via aplikasi bengkel baik. Harus ke Semarang nih ya aku kalau mau servis motor. Asik sekali kalau ruang tunggu saat servis motor itu nyaman dan bersih terus dapat free teh atau kopi gitu.

    ReplyDelete
  3. AKu sering banget habis servis seminggu, motor rusak lagi. Kesel. Ada garansi jadi enggak was-was lagi.

    ReplyDelete
  4. Keren ya sekarang ini mau ngebengkel aja sudah bisa pesan dulu via aplikasi, semakin dimudahkan saja kita ini.

    ReplyDelete
  5. wah jaman digitel makin lama makin keren ya mbak, ga usah ngantri lagi kalau mau servis jadi kalau sibuk bisa booking via aplikasi :)

    ReplyDelete
  6. Kok seruuuuu sih iniii
    AKu mauuuk donlot ahh
    Biar urusan perbengkelan makin simpel!
    Aahh, super love it!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Etapiii kayaknya blum masuk Surabaya nih Mba
      Bisikin ke owner Bengkel Baik dooong, supaya segera beroperasi di Sby juga :)

      Delete
  7. Pernah mbak sampai ngantuk2 gitu nunggu antrian ke bengkel. Nah enak nih kalau bisa booking online lewat aplikasi kaya gini makin rajin ke bengkel deh :)

    ReplyDelete
  8. Kebetulan waktunya motorku service & ganti oli nih, bisa booking online dulu supaya gak lama antrinya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Abis itu jalan-jalaaan yaa, kak Liaa...
      Aku boncengiin.
      Suka seneng kalau di bonceng sama motor.

      Delete
  9. Ya ampyuun..zaman now ya, mau ke bengkel pun bisa booking, sesuatu banget sih..caiooo BENGKEL BAIK....

    ReplyDelete
  10. Bengkel pun udah ada applikasi ya. Lama2 banyak jasa publik cukup kita akses lewat app. Mau shopping, nyalon, berobat dst

    ReplyDelete
  11. wah enak nih bisa daftar duluan via aplikasi. suamiku kalo servis motor lamaa banget nunggu antriannya.

    ReplyDelete
  12. Wah seru nih skrg bengkel aja uda ada aplikasinya. Makin gampang urus macem2 deh 😊

    ReplyDelete
  13. Saya kalau ke bengkel sendiri paling buat ganti oli atau cuci mobil. Paling suka kalau bengkelnya seperti ini. Ada ruang tunggu yang nyaman. Soalnya saya gak paham otomotif. Kalau suami yang ke bengkel, dia suka sambil lihatin mekanik benerin mobil atau motor. Kalau saya kan mending menunggu di ruang tunggu dan tau beres

    ReplyDelete
  14. Saya mauuuu banget nih, sebagai mamak permotoran (meski sekarang nggak mobile kayak dulu sih) saya butuh aplikasi yang memudahkan kayak Bengkel Baik gini.

    Secaraa, saya benci antri, dan saya gagap permotoran sebenarnya, kalau ada aplikasi kayak gini kan bisa lebih memudahkan banget :)

    ReplyDelete
  15. Nama aplikasinya sedehana tapi pas banget. Soalnnya beenran baik karena harganya lebih murah ya mba

    ReplyDelete
  16. Nah iya banget aku adalah yang paling malas asli kalau ke Bengkel lamanya minta ampun duh akhirnya ada yang begini juga wkwkkw asli yah zaman now serba mudah

    ReplyDelete
  17. Waah orang indo mah emang pinter2 deh aslinya

    ReplyDelete
  18. Waaah ini recommended banget mbak. Baru tahu ada servis lewat aplikasi. Pasti lebih memudahkan kita sebagai pelanggan ya mbak, tak perlu repot hrs ngantri lama sampai ngantuk2....jadi pengen donlot aplikasinya nyobain booking servis seperti ini.

    ReplyDelete
  19. Sekarang serba pakai aplikasi, ya. Tetapi, keren sih ini. Jadi memudahkan kalau mau booking. Apalagi potongan harganya lumayan banget

    ReplyDelete
  20. Maksudnya ini abis download nanti kita akan dirujuk ke bengkel terdekat dengan rumah ya? Sudah pasti dapat slot gak tuh? Kalo ya enak banget ya ini jadi praktis, gak wasting time. Sebelnya gitu ya kalo ke bengkel biasa kita nunggu bisa berjam2, ditinggal gak bisa.
    Semoga ada seperti ini di Jabodetabek dan servis mobil

    ReplyDelete
  21. Aku jadi pengen kasih tau ke teman-temanku yang punya kendaraan, kalau sekarang sudah ada aplikasi untuk booking bengkel.

    ReplyDelete
  22. Ya ampun memang era teknologi org dimanja banget ya dengan beragam aplikasi. Salah satunya Bengkel Baik ini. Bengkelnya bs dijangkau dari jarak jauh. Xixixi

    ReplyDelete
  23. Beruntung banget ya kita yang hidup di jaman sekarang. Serba dimudahkan dengan adanya aplikasi seperti Bengkel Baik ini. Ini baru ada di Semarang ya mbak? Murah banget euy servis motor cuma 15rebu..

    ReplyDelete
  24. Wah...sekarang jasa bengkel pun sudah ada aplikasinya ya, Mbak? Berkat teknologi digital, semua kebutuhan kita bisa terpenuhi dengan lebih mudah dan praktis.

    ReplyDelete
  25. Mba, aplikasi ini sudah bisa terhubung dengan seluruh bengkel di Indonesi atau tertentu saja ? Ngebantu sekali

    ReplyDelete
  26. Aku baru tau ada aplikasi bengkel baik, bermanfaat banget sih ya untuk orang yang awam banget urusan mekanik kayak aku

    ReplyDelete
  27. Wah benar-benar zaman sekarang hidup lebih praktis ya karena sampai mau service motor pun ada aplikasinya. Keren deh apalagi tarifnya lebih mudah via aplikasi ya Mbak.

    ReplyDelete
  28. Iyaa...jadi lebih irit.
    btw, kalau tukang servisnya diminta dateng ke rumah, bisa gak yaa...?
    Soalnya motorku mogoknya uda sampe tahap akut, kak...hiiks~

    ReplyDelete
  29. lah, astagaaaaa,, makin keren aja,, skrg mau cari bengkel pun bisa booking

    wah asik buat yang mu service bulnana ini gak perlu antri2 ya mbak?

    ReplyDelete
  30. Wuih keren. Baru tahu ada aplikasi ini. Bikin nyervis kendaraan jadi makin mudah. Kudu tahu nih suamiku. Tak suruh coba-coba, barangkali saja di sini pun sudah tersedia.

    ReplyDelete
  31. Wahhh... manusia zaman now dimudahkan banget ini Mbakkk. Jadi enggak harus ngabisin banyak waktu nongkrongin di bengkel, antre giliran.

    ReplyDelete
  32. Baru Semarang atau kota lain bisa tercover bangkel baik mba ? Praktis sih ini...jd booking dari rumah, trus sampe lokasi tingggal nyerahin moto biar dibenerin

    ReplyDelete
  33. Paling sebel itu kalau diajak ke bengkel oleh suami, lamaaaa banget minggunya karena selalu penuh. Kalau ada layanan Bengkel Baik seperti ini malah bisa tahu ya jam layanannya jadi nggak perlu antri lama.

    ReplyDelete
  34. Inget kemarin nyervis motor sama bayi. Duh, lama banget. Berasa bete. Kalau begini enak ya mba.. Baru tau loh aku. Makasih infonya yaa

    ReplyDelete
  35. Ga terlalu antre berarti ya mbak? Ini pasti dapat slot kan ya? Secara suka lama kalau gini di bengkel huhuhu mati gaya. Kalau ga kelamaan nunggu kan jadinya bisa ngatur waktu

    ReplyDelete
  36. Wah para motorbiker maupun yang serng bawa mobil, terutama emak2 nih, kudu punya aplikasi ini ya mbak. Supaya kalau pas ada kerusakan kendaraan gak terduga bisa secepatnya cari bengkel yang direkomendasikan, jd gak panik duluan hehe

    ReplyDelete
  37. Uirit tenan Mbak, jadi pengin nyoba. Sebenernya deket rumahku banyak bengkel sih, tapi emang antrinya itu yang gak nahan. Kalau kayak gini kan lebih enak ya,bisa menyesuaikan dengan jadwal juga.

    ReplyDelete
  38. Murah banget servisnya Mbaa. Wah ada lewat aplikasi pula yak jaman now. Makin dipermudah aja nih. TRus bisa menikmati kopi atau pun teh sesuka kita juga, hahaha maooo

    ReplyDelete
  39. Wah, ini penting nih diinfokan ke Punto. Soalnya dia kalau udah jadwalnya ke bengkel mesti lama banget. Soalnya bengkel langganan itu kan mesti datang langsung dan suka antri. Kalau ada aplikasi yang bisa booking duluan, tak perlu buang waktu lama lagi untuk antri nih

    ReplyDelete
  40. emoga di bogor juga ada nih, baca servis terjamin dengan biaya murah angsung deh jiwa emak meronta, pengennn. Lumayan kan ya, bisa menghemat pengeluaran serviss motor :)

    ReplyDelete
  41. Iriiii, soalnya di Solo belum ada. Semoga jaringan Bengkel Baik meluas, sampai seluruh Indonesia, biar ibu-ibu macam saya ngga digetok kalo pas sekedar ganti oli. Hihi.. Secara udah ada biaya standarnya kaan.. Ngga ketepu lagi dah.

    ReplyDelete
  42. wah udah punya poin 260. Poinnya bisa ditukerin apa tuh mbak?

    Saya juga males kalau harus ngantri servis. Makanya urusan servis motor saya serahkan ke suami hehehe....

    Keren ini aplikasinya. Semoga segera ekspansi ke Malang, biar bisa nyobain juga, lumayan kalau bisa dapat voucher 25 ribu

    ReplyDelete
  43. Wah sanggat membantu nih ada aplikasi gini. Jadi bener-bener menghemat waktu service. Semoga jaringan layanan ini makin luas ya, dan banyak bengkel yang terdaftar.

    ReplyDelete
  44. Waa kalau cuma bayar 15rb an aja aku mau juga doong. Haha. Aku kalau ke bengkel pasti minimal banget 50rb. Beruntung nih warga Semarang.Semoga nanti ada di Bandung juga ya.

    ReplyDelete