31 Agustus 2020

Peresmian Gedung Vokasi Undip oleh Presiden Joko Widodo - Wujud Nyata Kepedulian Sinar Mas


Pernahkah membaca atau mendengarkan obrolan tentang situasi pendidikan saat ini? Ada yang bilang, sekolah tinggi-tinggi kok ya akhirnya jadi buruh aja. Bahkan sampai ke pendapat yang paling jleb sekali, sudah menghabiskan banyak biaya kok selesai kuliah bingung mau kerja apa dan di mana. 




Tentu kita familier ya dengan kondisi dan obrolan seperti ini. Banyak di antara mereka yang kuliah mengalami kebingungan saat jenjang pendidikannya berakhir. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor, di antaranya kurangnya kompetensi diri dalam menghadapi tantangan industri saat ini. 

Sebagian besar masyarakat secara serius membincang tentang persaingan global dan tantangan revolusi industri 4.0. Namun apa ikhtiar yang dilakukan untuk mencapai kesiapan berkompetisi di dalamnya, terutama bagi para lulusan kampus di negara kita? 

Salah satu upaya serius untuk meningkatkan kemampuan lulusan perguruan tinggi dilakukan melalui penyusunan kurikulum dan riset bersama industri, komitmen penyerapan lulusan hingga penguatan fasilitas belajar mengajar. Pemerintah pun tak tinggal diam, upaya mengembangkan pendidikan vokasi pun dilakukan. 

Adakah di antara teman-teman yang masih awam dengan istilah vokasi? Menyitir dari Wikipedia, pendidikan vokasi dimaksudkan sebagai pendidikan tinggi yang menunjang pada penguasaan keahlian terapan tertentu, meliputi program pendidikan Diploma (diploma 1, diploma 2, diploma 3 dan diploma 4) yang setara dengan program pendidikan akademik strata 1. Lulusan pendidikan vokasi akan mendapatkan gelar vokasi/gelar ahli madya. 


sinar mas bantu gedung sekolah vokasi undip


Terkait dengan hal tersebut di atas, pada tanggal 26 Agustus 2020 yang lalu Presiden Joko Widodo meresmikan dibangunnya Gedung Sekolah Vokasi Undip di Semarang. Pengembangan pendidikan vokasi ini didukung penuh oleh Sinar Mas dan mitra swastanya. 

Peresmian dilakukan secara virtual oleh Presiden Joko Widodo dari Istana Negara, Bogor. Presiden didampingi oleh Menseskab Pramono Anung, Mendikbud Nadiem Makarim dan Managing Director Sinar Mas ketika menandatangani prasasti gedung sekolah vokasi ini. 




Presiden menekankan betapa pentingnya kualitas sumber daya manusia dalam menghadapi ledakan bonus demografi di kemudian hari. Indonesia harus menyediakan peluang kerja sebanyak-banyaknya, meningkatkan kapasitas SDM yang lebih produktif, lebih kompetitif, dimana pendidikan vokasi menempati posisi penting dalam pengembangan SDM. 

Managing Director Sinar Mas, G. Sulistiyanto menilai keberadaan kampus dengan konsep bangunan hijau ini adalah simbolisasi komitmen sivitas akademika dalam menjawab tantangan zaman. Generasi muda membutuhkan situasi kuliah yang ramah lingkungan dan energi, sekaligus humanis. 

“Kebutuhan sumber daya manusia berlatar belakang pendidikan vokasi sesungguhnya tinggi. Hanya saja, kuantitas angkatan kerja kejuruan memang terbatas, dan mereka yang memiliki kemampuan sesuai kebutuhan industri lebih sedikit lagi jumlahnya.”
 ~ G. Sulistiyanto, Managing Director Sinar Mas 


Gedung Sekolah Vokasi ini telah mulai dibangun sejak 12 Maret 2019. Berdiri di atas lahan seluas 4.900 meter persegi, gedung tersebut dirancang untuk memenuhi kebutuhan berbagai ruangan dalam proses belajar mengajar pendidikan vokasional antara lain ruang kuliah berteknologi 4.0 seperti digital class room, video conference, studio produksi bahan kuliah MOOC (Massive Online Open Course), ruang perpustakaan dan arsip digital, serta laboratorium. 

Apa yang ditekankan oleh pihak Undip sendiri terkait dengan pembangunan Gedung Sekolah Vokasi ini? 

Melalui sambutannya dari Semarang, Prof. Yos Johan Utama, SH., M.Hum selaku Rektor Undip memberikan pernyataan sebagai berikut : 

“Sekolah vokasi merupakan salah satu strategi yang sangat kita harapkan dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia. Oleh karena itu sinergi antara Universitas Diponegoro sebagai lembaga yang menyelenggarakan pendidikan tinggi berkualitas dunia, bekerjasama dengan industri merupakan bagian dari upaya kita untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia kita yang betul-betul andal dan layak kerja di tingkat nasional maupun global.” 

Jika selama ini belum banyak orang yang secara serius memperhatikan tentang pentingnya sertifikasi profesi, maka secara komprehensif di Gedung Sekolah Vokasi ini disediakan ruangan untuk Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) dan Vocational Development Center (VDC). Dua unit LSP dan VDC ini menyiapkan lulusan Sekolah Vokasi Undip agar benar-benar siap memasuki tantangan dunia kerja di luar sana. 

Saat ini makin marak generasi muda yang langsung terjun di dunia enterpreneurship. Hal ini mendapat perhatian yang tak kalah pentingnya di dalam konsep pendirian Gedung Sekolah Vokasi Undip. Disediakan lounge entrepreuneurship hasil kerja sama Undip dengan GK Plug and Play sebagai salah satu akselerator yang telah mendunia. Diharapkan nantinya akan lahir para pebisnis muda yang andal lulusan dari sekolah vokasi ini. 

Ingin tahu seperti apa detail gedung ini? 




Gedung Sekolah Vokasi terdiri dari 4 lantai, bersertifikat green building internasional dari Green Building Council. Wujud nyata dari adopsi sistem green building, gedung ini menggunakan panel surya pada bagian atapnya yang mampu mencatu daya sebesar 25 KVA sebagai sumber penyediaan listrik gedung. Keberadaan panel surya ini sekaligus dapat dijadikan sebagai teaching industry di bidang renewable energy. 

Selain itu, gedung tersebut dilengkapi pula dengan pengolahan limbah cair (water recycle system), material gedung ramah lingkungan, desain pencahayaan dan ventilasi yang memadai sehingga dapat menghemat energi, serta terdapat sebaran biopori untuk peresapan air hujan. 

Sekolah Vokasi Undip ini memiliki 11 program studi S1 Terapan yang tergabung dalam 4 Departemen, yaitu Departemen Teknologi Industri, Departemen Sipil dan Perencanaan, Departemen Informasi dan Budaya, serta Departemen Bisnis dan Keuangan. Dengan daya tampung sekitar 7.000 mahasiswa, Gedung Sekolah Vokasi Undip siap mewujudkan visinya untuk menjadi pusat pendidikan vokasional yang unggul bertaraf Internasional. 

“Saatnya Vokasi Juara” 



Bangga banget dong tentunya diriku sebagai alumni Undip menyikapi dukungan dari pemerintah serta bantuan Hibah Gedung dari Sinar Mas ini. Undip sebagai rujukan salah universitas favorit telah ikut serta mewujudkan link and match antara kampus dengan industri. Ke depannya, sudah tak ada lagi lulusan Undip yang kebingungan selepas kuliah mau ngapain atau kerja dimana. Lulusan Undip sebisa mungkin produktif dan kompetitif, tidak menambah jumlah pengangguran terdidik di Indonesia.




Yang lulusan Undip mana suaranyaaaa….?? Kita dukung ya upaya almamater kita untuk mencetak lulusan pendidikan tinggi dengan kemampuan bersaing yang andal di kemudian hari.

32 komentar:

  1. Aku dong alumnus Undip, haha. Bangga dan senang dengan pembangunan sekolah vokasi ini, Mak. Biar dek adek makin siap terjun ke ranah industri tanpa gagap dan ga perlu merasuk ke lahan pekerjaan lulusan jurusan lainnya kayak beberapa temanku yang nyasar hehe. Semoga tambah lancar dan sukses sekolahnya, Undip makin berjaya dalam melahirkan lulusan yang kompeten dan bermanfaat buat masyarakat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waini...semoga PT lainnya juga punya fasilitas ini ya biar merata gituh...ikutan pinter dan canggih kayak alumni Undip ;)

      Hapus
  2. Bagus ya adanya sekolah vokasi ini. Soalnya banyak juga anak-anak yang mau terjun langsung. Jadi bisa nambah ilmu sesuai minat mereka

    BalasHapus
  3. Ya ampyuun, Mbaaa, aku baca opening-nya kok makjleebbb
    Iya, banyak banget daku ketemu ojekers dan mereka sering sambat hal serupa.
    Semogaaaa program hibah Sinar Mas ini bermanfaat buat banyak orang yaaa

    BalasHapus
  4. Bagus sekali kegiatan UNDIP dan sinar Mas, semoga berhasil mencetak generasi siap kerja ya supaya SDM Indonesia makin berdaya saing dalam kancah global. :)

    BalasHapus
  5. Mewujudkan link and match antara kampus dan industri..bagus banget ini
    Lihat gedung Vokasi UNDIP yang sekeren itu, hibah dari Sinar Mas..wah, salut untuk semua pihak yang berperan mewujudkannya. Semoga bermanfaat untuk menghasilkan lulusan yang bisa bersaing di kemudian hari

    BalasHapus
  6. Nah, kadang memang setelah kuiah selesai, terus bingung soal kerjaan, mau kerja dimana. Bagus sekali ada sekolah vokasi ini. Aku bukan lulusan UNDIP, tapi dulu pernah daftar PMDK di UNDIP dan gak keterima hahaha

    BalasHapus
  7. Undip serius ya dengan pendidikan vokasi, alhamdulillah karena memang dibutuhkan.

    Asyiknya sekarang ada D4, setara S1. Anakku yang sulung di pendidikan vokasi. Kalau dulu bagian dari Unhas, sekarang berdiri sendiri sebagai institusi negeri, tidak di bawah Unhas lagi.

    BalasHapus
  8. Gedungnaya aja udah bagus. Semoga aja melahirkan banyak lulusan berkualitas. Mampu bersaing secara global

    BalasHapus
  9. Senang sih ada upaya peningkatan kualitas pendidikan dengan dibangunnya sekolah vokasi macam ini ya mbak uniek. Sukses untuk Undip 😁

    BalasHapus
  10. Aku bertemen sama banyak lulusan Undip nih...wkwkwk Selamat buat peresmiannya...semoga makin bermanfaat dan makin banyak juga lulusan yang berkualitas..

    BalasHapus
  11. Bagus nih programnya sinarmas bareng undip...
    Jadi inget dulu zaman masih kerja sempat bikin riset untuk pemilihan jurusan sekolah vokasi di kabupaten bandung...

    BalasHapus
  12. Keren ya. Beneran nggak main-main dukungan Sinar Mas terhadap pendidikan Indonesia. Semoga semakin banyak perusahaan-perusahaan besar yang tergerak mendukung pendidikan di Indonesia.

    BalasHapus
  13. okea bangeeet ya mba.. aku suka dengan segala upaya untuk memajukan pendidikan dan ketrampilan rakyat Indonesia

    BalasHapus
  14. Zaman berubah yang dikarenakan orang-orang selalu berubah. Mau gak mau instiusi pendidikan harus mengikuti ya Mbak. Dan Undip menjawabnya dengan tepat. Jempol

    BalasHapus
  15. UNDIP dulu impianku banget bisa masuk sini tapi mama dan papaku malah maunya ke swasta di Jakarta saja. Programnya bagus sekali ini jadi bisa membuat semangat lagi untuk terus belajar.

    BalasHapus
  16. Oooooh jadi maksud vokasi tuh begitu ya, pendidikan setara S1 jenjang Diploma.... :D Canggih banget ya pembelajarannya pakai teknologi 4.0 dan pastinya para mahasiswa makin semangat belajarnya. Fasilitasnya sudah lengkap sekali nih. Semoga kualitas anak bangsa bertambah baik dengan hadirnya gedung vokasi Undip ini.

    BalasHapus
  17. Sebagai lulusan diploma, aku juga turut senang melihat Undip bisa meresmikan gedung vokasi ini dan langsung diresmikan oleh bapak presiden Jokowi

    BalasHapus
  18. Aku pertama kali tahu ttg jurusan Vokasi dr teman lesku yang mahasiswa Vokasi UI. Undip sekarang berarti udah ada ya mbak.
    Wah jd ini gedungnya berkat bantuan dari pihak swasta khususnya Sinarmas ya mbak?

    BalasHapus
  19. wow! ada ruangan khusus buat Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) dan Vocational Development Center (VDC) ya di gedung vokasi undip ini.

    BalasHapus
  20. Thanks you Mr Jokowi. I hope is usefull and followed the others

    BalasHapus
  21. Hibah gedung dari Sinar Mas buat Undip pastinya berguna banget untuk lulusannya suaya lebih produktif lagi. Pembangunannya udah dipikirkan banget ya ramah lingkungan sampai dilengkapi pengolahan limbah

    BalasHapus
  22. Waah bagus banget ya mbak adanya vokasi di Undip ini. Eh aku baru dengar istilah vokasi juga barusan di artikel ini. Jadi anak-anak punya keahlian khusus dan siap kerja gitu ya mbak. Salut buat Sinar Mas yang menghibahkan gedung vokasi ke Undip.

    BalasHapus
  23. Kerjasama yang luar biasa ini..
    Semoga gak hanya Undip yang punya standart bagus dan gedung keren begini...tapi merambah ke kampus-kampus negeri di kota-kota besar lainnya.

    BalasHapus
  24. Sekolah vokasi skrg jg lagi trend di Jogja. Mencetak lulusan yg lebih siap menjadi praktisi di dunia kerja.

    BalasHapus
  25. semakin lengkap pilihannya ya mba dan vokasi ini termasuk yang banyak dicari juga ya mba, yang penting bisa mengenyam pendidikan lebih tinggi.

    BalasHapus
  26. Sekolah vokasi itu sekolah kejuruan ya mbak? Ini wujud nyata CSR nya Sinarmas ya mbak

    BalasHapus
  27. kini jurusan vokasi lebih banyak dipilih karena lebih bisa menjawab kebutuhan industri drpada lulusan S1 yg lebih berkutat pada teori semata. Semoga dengan adanya gedung ini proses belajar jadi lebih gajor aja

    BalasHapus
  28. Wih keren yah yang resmikan langsung pak Jokowi. Mantap! πŸ‘πŸ‘

    BalasHapus
  29. Gedungnya sangat bagus ya. Semoga dapat memberikan kualitas SDM yang lebih baik lagi. Karena fasilitas yang ada sangat memadai banget :)
    Keren sampai diresmikan oleh Presiden :)

    BalasHapus
  30. Saya baru baca dan tahu mengenai Vokasi ini, Mbak Uniek. Makanya keren ya, sekarang ada sekolah Vokasi. jadi semakin meningkatkan kemampuan para lulusan kuliah, sehingga semakin kompeten dan mampu bersaing du dunia kerja.
    Karena tidak bisa dipungkiri persaingan semakin ketat. Maka yang "Paket Lengkap" yang akan dicari perusahaan.

    BalasHapus
  31. Dengan program vokasi ini lulusan universitas jadi lebih siap kerja ya. Jadi teringat zaman kuliah dulu, keknya kenyang teori deh kalo nggak pecicilan nyari peluang sendiri :D

    BalasHapus