11 Agustus 2021

Tips Memilih Apartemen yang Cocok untuk WFH Sambil Staycation

 
Bekerja dari rumah atau work from home (WFH) dalam waktu lama memang bisa membuat kita jenuh dan bosan. Terlebih lagi ditambah pemberitaan soal kasus Covid-19 yang masih terus tinggi juga jadi andil dalam membuat banyak orang merasa cemas dan stres. 

tips memilih apartemen untuk wfh sambil staycation

Kombinasi rasa jenuh, cemas dan stres bisa mengganggu kesehatan mental dan juga fisik kita, sekaligus menurunkan produktivitas kerja.

Salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah dengan staycation di apartemen sekalian WFH. Dengan begini kita bisa bersantai sekaligus bekerja dengan suasana baru, ruangan baru, pemandangan baru yang akan bantu menyegarkan pikiran, meningkatkan mood serta fokus kerja. Tenang, harga sewa apartemen harian saat ini tergolong terjangkau kok, cocok untuk disewa beberapa hari untuk bekerja sambil staycation.

Nah, jika tertarik WFH sambil staycation di apartemen, berikut ada tips yang perlu diperhatikan saat memilih apartemen agar momen staycation kita tetap nyaman dan aman serta kerjaan pun tetap beres sesuai deadlinenya.



1. Perhatikan lokasinya


Apartemen umumnya dibangun di lokasi yang strategis, seperti dekat bandara, pusat bisnis, pusat perbelanjaan dan sebagainya. Namun kita tetap harus memperhatikan lokasi apartemen yang ingin disewa. Hal ini karena akan mempengaruhi suasana, harga sewa hingga kemudahan untuk dicapai dengan transportasi umum atau kendaraan pribadi.

Ada banyak pertimbangan yang bisa kita pikirkan sebelum menentukan apartemen mana untuk pilihan staycation sekaligus untuk WFH. Beberapa contoh di antaranya adalah sebagai berikut.
  • Lokasi apartemen berada di zona hijau virus corona sehingga kita bisa lebih aman dari potensi terpapar virus tersebut
  • Lokasi apartemen dekat dengan kantor, jadi jika sewaktu-waktu harus ke kantor untuk urusan mendesak, kita tinggal jalan kaki
  • Lokasi apartemen dekat dengan jalan besar agar mudah dijangkau dan juga mudah jika ingin kemana-mana
  • Lokasi apartemen dekat dengan mal atau pusat perbelanjaan jadi bisa mudah jika ingin makan atau ketemuan dengan orang setelah selesai kerja (tetap taat prokes yaaa...)
  • Lokasi apartemen dekat dengan stasiun kereta atau halte bus



2. Perhatikan fasilitasnya


Agar bekerja tetap nyaman dan liburan pun tenang, kita juga harus memperhatikan fasilitas di apartemen yang ingin disewa. Pastikan unit yang disewa punya meja dan kursi untuk bekerja  dan juga punya wifi dengan sinyal yang baik. 


Meski kita masih bisa mengandalkan hotspot pribadi, namun jika ada wifi gratis tentu akan lebih menyenangkan bukan? Setelah selesai bekerja, ntar kita bisa streaming acara favorit tanpa takut kuota data habis. 

Selain itu kita juga bisa memperhatikan fasilitas apa-apa saja yang bisa dipakai untuk bersantai, seperti kolam renang, gym atau pusat kebugaran dan sebagainya. 




3. Bandingkan harga


Meski biaya sewa apartemen harian beragam, namun kita harus tetap membandingkan harga sewa per hari untuk mendapatkan apartemen terbaik. Kita bisa memilih sewa apartemen untuk kamar privat saja atau sewa satu unit agar lebih nyaman saat bekerja. 

Sebenarnya sih akan lebih baik jika kita memilih satu unit apartemen karena lebih privat, tidak bertemu orang lain dan eksklusif untuk kita sendiri. Kan belum tentu ya jika barengan dengan orang lain bisa cocok satu sama lain. Maunya kan happy, ntar malah jadi berabe kalau sering konflik. πŸ˜‰

Setelah itu gunakan website booking apartemen harian seperti traveloka untuk membandingkan harga secara lebih cepat dan efisien. 

Kita tinggal memasukkan kota atau daerah yang diinginkan, tanggal staycation dan jumlah orang yang akan ikut. Setelah itu kita tinggal pilih mana yang sesuai dengan keinginan (tipe apartemen, lokasi, harga dan fasilitas), lalu lakukan pembayaran dan cuuz deh kita langsung menuju apartemen di hari yang dipesan tadi.




4. Jangan ragu cari paket diskon


Jika kita mencari apartemen yang bisa disewa untuk tempat WFH sementara secara online, jangan ragu untuk mencari promo maupun paket diskon yang ditawarkan oleh berbagai situs maupun pemilik langsung apartemen.

Mulai dari potongan harga, cashback hingga paket spesial untuk menginap beberapa hari juga bisa dipertimbangkan. Dengan begini biaya staycation bisa lebih hemat, bukan?



Nah itulah tadi beberapa tips yang bisa diperhatikan jika teman-teman ingin mencari apartemen untuk staycation sekaligus bekerja remote. Mencari suasana baru bisa bantu kita atasi kejenuhan karena terlalu lama WFH di rumah. Kita bisa pilih apartemen terbaik sesuai selera dan nikmati waktu bekerja sekaligus bersantai di apartemen yang disewa. 

Jika teman-teman tinggal di Jakarta, ada banyak sekali apartemen yang bisa disewa harian. Salah satunya adalah apartemen Sunter Park View yang ada di Jakarta Utara. Dekat dengan banyak mal dan tempat makan happening di Jakarta Utara plus dekat dengan jalan raya maupun tol, apartemen ini bisa jadi pilihan menarik untuk staycation. 

apartemen sunter park view via traveloka

Pilihan apartemen lainnya pun ada banyak di Traveloka, kalian tinggal cari-cari mana yang sesuai keinginan.

Satu lagi nih yang tak kalah penting. Jangan lupa juga untuk menerapkan protokol kesehatan dengan baik dimanapun kalian berada ya. Selamat mencoba staycation!

59 komentar:

  1. Staycation menjadi hobi baru sejak pandemi karena jenuh terus WFH di rumah aja, bener banget nih ada baiknya memperhatikan tempatnya juga, terima kasih, Mbak.

    BalasHapus
  2. WiFi sih paling penting. Kan WFH isinya zoom ini zoom itu xD
    Trus kalo bisa menurutku nih sewanya di lantai bawah aja biar ga perlu keluar masuk lift. Kan di lift itu lalu lalang banyak orang ya, jadi biar ga rempong ganti baju setiap habis pake lift, mending sekalian di lantai bawah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah betul banget nih..sat ini, tanpa WiFi serasa keblasuk di hutan belantara yaa..hehe..

      Hapus
  3. Wuhh enak deh itu
    Kerja sambil staycationnn

    Aku kmrn nyobain bbrp kali di hotel murah di Kota ku
    Enaknyooooo

    Tapi gak kuat sering-sering mbaak
    Sayang juga duitnya hihihi

    BalasHapus
  4. Nah..bandingkan harga ini perlu banget ya..jangan sampai karena malas cari2 info kita jadi keblondrok..hehe.. Thx tips2nya ya..

    BalasHapus
  5. Whuaaa, staycation cantik bisa sambil wfh di tempat yang nyaman banget adalah pilihan, melepas penat dan rasa jenuh di rumah aja. Bisa menjadi solusi nih apartemen agar mendapatkan hawa menyegarkan dan semangat baru lagi.

    Memperhatikan tips2 di atas pun perlu diperhatikan, ahaa kalo au biasanya nyari yang promoooo, eeaa. Staycation smart!! Noted banget Apartemen Sunter Park View..

    BalasHapus
  6. sekarang mencari apartemen memang jangan asal pilih ya mbak unik. salah satunya adalah masuk ke zona apa apastemen tersebut. syukurnya kita bisa mencarinya lewat applikasi traveloka

    BalasHapus
  7. Menarik nih, biar WFH tetap terasa beda bisa sesekali pindah ke apartemen ya. Nanti aku coba info kakakku ah yang tinggal di jakarta

    BalasHapus
  8. Duh kalo bisa dapet apartemen yang cocok buat WFH sekaligus staycation kayak gini..seneng banget pasti..Begitu bosen pas kerja langsung deh cari tempat asik di apartemennya buat refresh ya...

    BalasHapus
  9. Noted banget nih mba tips nya. Apalagi saat pandemi kayak gini sebisa mungkin apartemen yang dipilih harus benar-benar nyaman dan fasilitas nya sangat mendukung kegiatan kita yang lebih banyak di rumah aja

    BalasHapus
  10. Baca postingan ini maka aku jadi berharap semoga akan ada apartemen di Kendal. Setuju banget lah kalau mau sewa apartemen harus membandingkan harga terlebih dahulu dan harus pas lagi ada promo diskon aja agar harga sewa apartemen lebih terjangkau.

    BalasHapus
  11. Pilihan tepat emang kalau banyak Rizki buat cari apartemen nih ya mbak, biar ada suasana baru nggak bosen wfh dan jadi berasa staycation

    BalasHapus
  12. Banyak paketan ya mbaaa, di Traveloka. Udah lama nggak menyambangi Travelokaaa. Pandemik jadi waswas. . Nanti klo kasus melandai banget, pengin deh staycation. Belum pernah di apartemen, kayaknya ini menarik. Buat pengalaman 😁

    BalasHapus
  13. Pasti asyik nih ya jika dapat apartemen yang nyaman, fasilitas komplit juga buat wfh sambil staycation. Bisa cari-cari dulu di Traveloka, lihat foto dan bandingin harganya, aku juga seringnya begitu biasanya haha. Membantu banget kalo memang gak bisa liat secara langsung ya.

    BalasHapus
  14. Iya lebih murah menginap di apartemen ya dibandingkan hotel dan sekarang fasilitas apartemen juga tak kalah lengkap paling kurang menu sarapan saja ya hehe

    BalasHapus
  15. Lhaaa, ini kok ide yg brilian banget tho mbaa
    bener juga, kalo WFH dan staycation di apartment kan bisa ganti suasana ya.
    bisa merileks-kan pikiran.
    engga buthek lagi.
    anak2 kalo PJJ juga hepi, karena ada pemandangan baruuuuu
    boljug nih buat dicoba

    BalasHapus
  16. Staycation salah satu solusi untuk mengatasi jenuh yah mbaaak,
    Selain mengandalkan promo, emang wifi faktor penting yah mbaaak,

    Dan kalo bisa sih deket mall aja jadi kalo mau pesen makanan lebih gampang, segala ada hahaha

    BalasHapus
  17. apartemen sama hotel untuk staycation apa bedanya sih mbak? terus plus minusnya apa ya? di palembang belum ada apartemen.

    BalasHapus
  18. Aku kemarin juga sempat terpikir buat gini nih, staycation sekaligus WFH, biar ga bosen ya di rumah terus, wkwk.

    BalasHapus
  19. kalau saya memilih apartement lebih prefer ke fasilitas buat anak, dan memilihnya lantai ga tinggi-tinggi amat, soalnya takut ketinggian euy!

    BalasHapus
  20. Boleh juga nih idenya. Kerja sambil liburan tipis2 dan cari suaasana baru ya mbak. Lebih tenang juga suasananya. Makasih idenya mbak

    BalasHapus
  21. Tempatnya elegan dan murah itu pasti banyak yg suka, belum lagi klu tempat yg cukup strategis ya. Aku yg salah satunya yg suka. Hihihi

    BalasHapus
  22. Salah satu ketertarikan saya dengan apartment memang di fasilitas. Biar pun unit yang dimiliki kecil, tapi asik juga kalau fasilitasnya komplit. Apalagi saat WFH begini. Bisa menikmati fasilitas meskipun gak ke mana-mana

    BalasHapus
  23. boleh juga idenya mbak, saya belum pernah menginap di apartemen saat liburan soalnya, nanti kapan2 kl pandemi usai mau coba ah

    BalasHapus
  24. Fasilitas oke dan harganya cocok di kantong hepi banget pasti bemuin hotel yang begini mba. Lokasi juga sih bener, yang perkotaan atau pedesaan selera sih ya.

    BalasHapus
  25. Aku paling suka cari-cari penginapan atau apartemen melalui aplikasi booking hotel termasuk Traveloka, jadi lebih mudah cari perbandingan harga :)

    BalasHapus
  26. Mnginap di apartemen memang akan selalu berasa staycation. Nuansa menginap di hotel sangat terasa. Dan malahan lebih bagus, lebih berwarna dan lebih dinamis kalau di apartemen.

    BalasHapus
  27. Wooo bisa ya booking staycation di apartemen utk harian gitu. Boleh juga tuh, bosen aku kerja di rumah mulu. Pemandangannya jemuran lagi, jemuran lagi. Pengen liat view yg cakepan dikit biar inspirasi mengalir. Apalagi kalau bisa dapat banyak promo, pasti lebih asyik

    BalasHapus
  28. Duh jadi pengen staycation di apartemen deh. Memang ketimbang hotel lebih asik diapartemen ya lebih hommy karena biasanya dilengkapi dapur. Tapi di banjarmasin belum banyak apartemen tersedia

    BalasHapus
  29. Naikin imun banget sih kalau bisa WFH sambil staycation di apartemen senyaman itu. Apalagi di masa pandemi gini biasanya diskon bertebaran.

    Asyiknya kalau di apartemen bisa masak sendiri juga, lebih hemat untuk pengeluaran harian.

    BalasHapus
  30. Asyik banget kalau bisa WFH sambil staycation di apartemen, apalagi banyak diskon bertebaran di Traveloka.
    Enaknya kalau di apartemen juga bisa masak sendiri, lebih hemat buat pengeluaran harian

    BalasHapus
  31. Sesungguhnya memang suasana sangat mempengaruhi kinerja ya mba Uniek. Aku sendiri ngerasa kalau ada suasana baru bikin mood lebih terbangun dan ide kaya mengalir begitu lancar hihihi

    BalasHapus
  32. Selain buat tempat tinggal apartment juga bisa di sewakan untuk stay vacation keluarga apalagi ada kolam renang. Anak-anak pasti suka

    BalasHapus
  33. wah, ini sih puas banget nginepnya. ga bikin kantong jebol. fasilitas kamarnya juga kaya hotel. pasti nyaman nih liburan sambil wfhnya.

    BalasHapus
  34. Semuanya penting banget ya mbak, kalau saya fasilitas agar tetap betah berada didalamnya pun kerja jadi enjoy juga

    BalasHapus
  35. Jadi inget waktu zaman suka traveling kalau cari cari hotel aku juga suka pakai aplikasi karena memudahkan banget ya..

    BalasHapus
  36. Menginap di apartemen memang akan selalu berasa staycation. Nuansa menginap di hotel sangat terasa. Dan malahan lebih bagus, lebih berwarna dan lebih dinamis kalau di apartemen.

    BalasHapus
  37. Asiik pisan kalo nginep di Apartemen, suasananya yg bikin beda dengan hotel, interiornya yg ku suka juga, terutama ada buat masak2 di dapur itu yg bikin betah.
    Biasanya kalo ada temen dr luar kota, ku suka ngambil unit bisa ngobrold,kerja room melepas kangen.
    Cucok juga buat Wfh,makin nyaman bak rumah sendiri.

    BalasHapus
  38. Nah aku paling suka untuk caei diskon banding2in semuanya harga biar bisa dapat harga ternaik, tapi yaa cari yang reviewnya bagus juga kan ya

    nginep di apartemen biar betah cari yang suasananya nyaman juga. nyaman itu yang tahu hati kita eaaaaaaaaaaaaaa

    BalasHapus
  39. Kalau untuk stay cation sembari WFH, Wifi bisa dibilang poin penting juga ya kak, soalnya sebagian apartement kan suka ga nyediain wifi ya. hiks

    BalasHapus
  40. Oh iya, sekarang tuh lagi banyak tawaran stay cation yang harganya menggoda. Hehhee..memang bosen banget di rumah. Dan paling asik ganti suasana begini.. Apalagi kalau menyewa apartemen Sunter Park View.

    Semakin bahagia hati menikmati fasilitas apartemen Sunter Park View.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Traveloka andalan banget untuk memilih apartemen dengan best deal.
      Aku juga suka menggunakan Traveloka saat membutuhkan segala sesuatu yang berhubungan dengan travelling.

      Hapus
  41. Belum Pernah nih nginep di apartemen, kuncinya bagaimana ya nanti wkwkwkkw
    tapi sepertinya lebih privat dari pada hotel ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kuncinya ya biasa aja sih mas, hehehee... maksudnya gimana tuh. Klo privat sama aja dengan hotel, beda fasilitas aja sih.

      Hapus
  42. Oh ya sebelumna aku fans template blog ini, bagus mbak. perasaan duu saya buka cepet, sekarang agak melambat apakah internet saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. oiya kah lambat? Ini saya coba pake bbrp gadget langsung 2 detik udah kebuka sih. Coba ya saya cek2 lagi. Thanks infonya.

      Hapus
  43. Ide bagus nih ya WFH di apartemen, bisa kerja sambil rileks juga. Kalau dirumah terud juga pasti jenuh

    BalasHapus
  44. Gara-gra pernah staycation di apartemen aku jadi pingin tinggal di apartemen :-D
    Tapi di masa pandemi ini memang harus pilih-pilih lokasi staycation juga ya termasuk apartemen supaya aman. Sesekali gpp staycation biar ga bosen di rumah terus.

    BalasHapus
  45. boleh nambahin tipsnya gak mbak, pastikan kondisi saluran air di apartemennya lancar juga ya. Lebih nyaman di apartemen emang wfh atau staycation karena bisa hemat urusan makan karena biasanya ada dapurnya juga kan bsia masak sendiri

    BalasHapus
  46. Kalau tips milih apartment pertama itu pastinya letak yg strategis ya mba dah gitu fasilitas dan keamanan

    Kpingin jiga deh punya apartment yg ini buat invest

    BalasHapus
  47. Fasilitas ini emang sangat membius , apalagi rapi dan bersih. Kami kalo liburan apalagi ke Jakarta, lebih milih apartement, nah ini sangat diingat anak. Jadi maunya kalo nginep ya nyarinya apartement apalagi plus kolam renang oke. Duh, bikin ngiler

    BalasHapus
  48. Fasilitas oke dan harga cocok maka langsung gasken deh! Iya juga ya perlu banget suasana baru biar makin fresh nih, staycation di apartemen asyik juga ya

    BalasHapus
  49. Jujur kalau lihat apartemen tuh mupeng banget pengen punya, tanpa harus sewa. Karena ngerasa kalau apartemen lebih private dan tenang vibesnya. Semakin hari emang cuma butuhnya ketenangan aja kayaknya haha. Semoga kesampaian punya apartemen kece kayak di Sunter Park View.

    BalasHapus
  50. seru kayaknya kalo sambil kerja sambil staycation yang tadinya penat itu-itu aja jadi bikin semangat ya mak
    aku kalau apartemen sukanya yang model family jadi banyak kamarnya ga desek2an satu kamar
    wfh lancar dan fresh pikiran

    BalasHapus
  51. Dulu suka banget tinggal di apartemen mbak. Apalagi kalau apartemen itu lebih bebas dibanding kosan. Nah, salah satu yg hatus diperhatikan adalah jarak kentempat kantor lebih dekat atau tidak.

    BalasHapus
  52. Auto ngebayangin nyamannya tinggal di apartemen selama WFH, etapi takutnya keenakan malah rebahan mulu hehe.

    BalasHapus
  53. Setuju banget sm point perhatiin fasilitasnya ini mba. Krn kdg bagus aja gak cukup. Hihi.. Aplg klo hrganya terjangkau.

    BalasHapus
  54. Setuju mb, staycation menjadi salah satu cara atasi kejenuhan dan merefresh pikiran. Yang penting memilih apartemen yang lokasinya aman dan menerapkan protokol kesehatan dengan baik. Tidur sejenak tanpa memikirkan tumpukan cucian di rumah cukup menyenangkan.. Hihi..

    BalasHapus
  55. Dapetin apartemen yang pas, baik sesuai selera, harga, lokasi dan kenyamanan, serasa mendapatkan jodoh yg tepat.
    Atau seperti, makan dengan menu favorit semua dan makanannya tandas ndak bersisa. Eh, kalau apartemen, bakal ditinggali dan jadi home sweet home banget yak ^^

    BalasHapus