18 Januari 2022

Bantu UMKM dan Ikuti JNE Content Competition 2021


jne content competition 2021


Setiap kali membincang tentang UMKM, sudahkah teman-teman mengetahui apa sebenarnya itu UMKM?

Aku pun selama ini ya udah latah aja ikutan menyebut teman yang punya jualan sebagai UMKM. Jika merujuk pada pengertiannya di Wikipedia, UMKM tuh bisnis yang dijalankan oleh individu, rumah tangga atau badan usaha dalam skala kecil.

Tadinya jadi pemilik bisnis kecil bisa jadi karena 'terpaksa', harus berhenti dari pekerjaan kantoran yang semula menjadi sumber utama pendapatan keluarga. Dari keterpaksaan itu, lambat laun dengan makin banyaknya dukungan terhadap UMKM, maka pemilik usaha ini semakin berkembang.

Apa sih yang bisa kita lakukan untuk membantu UMKM ini?



Membeli Dagangan Kuliner dari UMKM


Yang paling kerasa sejak pandemi menerpa tuh adanya rasa was-was dan ogah keluar rumah. Baik untuk belanja ataupun melakukan aktivitas lainnya.

Makin marak dong aplikasi belanja online. Kita bisa membeli apa saja, bahkan belanja sayur mayur pun bisa dilakukan secara online. 

Lalu apa kabarnya yang pemilik usaha kecil yang tidak punya aplikasi belanja?

Tak usah khawatir yaaa... jualan melalui akun media sosial pun sudah bisa. Berawal dari share ke teman-teman sendiri, ntar lama-lama bisa meluas ke banyak orang lainnya. Berbekal testimoni positif dari teman, bukannya tidak mungkin loh dagangannya bisa laris ke seluruh penjuru tanah air. 

Beberapa dagangan dari pemilik UMKM yang pernah kucobain bakalan kuceritakan di bawah ini yaaa...




RENDANG PELANGI


Dari sekian banyak jenis masakan Nusantara, salah satunya yang sangat saya gemari adalah rendang. Apa saja yang dimasak rendang, pasti saya sukaaa... 

Ga perlu aneka lauk untuk menyertainya, nasi putih panas disantap bersama dengan rendang saja sudah cukup lho menurutku. Setuju?

Berproses sebagai orang yang lebih gemar makan daripada masak, maka paling cocok untuk menikmati rendang ini ya beli aja lah. Ga kebayang deh misal harus memasaknya sampai berjam-jam huhuhuuu... mendingan ngetrip ke supermarket aja kalau daku. 😁

Makanya happy banget nih begitu dapat info bahwa teman blogger di Gandjel Rel ada yang bikin rendang dan menjualnya dengan jenama Rendang Pelangi. Yuuk sini kupamerin yaa...


Waktu itu aku nyobain yang rendang ayam suwir. Walaupun bukan daging sapi, tapi kelezatannya tetap sama loh. Rempah khas yang biasa ada di masakan rendang, berpadu dengan rasa pedas dan lembutnya suwiran daging ayam, sukses bikin nambah nasi tuh. Hahaha... gagal diet lah pokoknya.

Mba Rohani Panjaitan selaku pemilik Rendang Pelangi memulai usahanya pada Mei 2020. Diawali dari kondisi sang suami yang sakit, Mb Hani mencoba untuk memiliki usaha sendiri yang bisa jadi sumber pemasukan. Selain itu, putranya juga memiliki keahlian di tata boga. Jadi pas banget kiranya Mb Hani dan putranya bisa berkolaborasi untuk bisnis kuliner di masa depan. 

Rendang Pelangi memiliki beberapa varian yang bisa banget dicobain, teman. Ada rendang daging sapi, rendang paru sapi, rendang kerang, rendang ayam suwir dan rendang jengkol. 

Rendang Pelangi - rendang jengkol

Uhuuyy... siapa penggemar kancing Levi's alias jengki niiih... bisa banget kalau mau order Rendang Pelangi. Pemesanan bisa melalui akun instagram @anirohanipanjaitan atau langsung ke wa.me/6281914468905 




SAMBAL TELUR ASIN


Siapa yang penggemar sambal nih?

Buat aku pribadi, makan tuh rasanya kurang lengkap loh kalau nggak ada sambalnya. Segala jenis sambal aku suka, mulai dari sambal terasi, sambal tomat, sambal kemiri, sambal dabu-dabu dan berbagai jenis lainnya.

Yang unik nih akhirnya kutemukan via instagram, ada sambal yang dibuat dari telur asin. Waahh... mantap yaa.. Udahlah aku nih senang telur asin, senang sambal pula. 


Gimana tuh ya olahan sambal dipadu dengan telur asin?

Waktu pertama mau nyobain, kukira bakalan just so so aja.... Eh ternyataaa... pedasnya mantap loh. Gurihnya telur asin terasa pas banget dengan tingkat kepedasan dari sambal ini.

Misal tak punya lauk lainnya di rumah, sambal telur asin ini udah enak gitu aja dinikmati bersama dengan nasi hangat. Jadi cocolan bareng lalapan juga mantap. 

Duh laahh... jadi mbayangin lagi kan enaknya sambal telur asin ini. Dimakan barengan nasi, tempe dan tahu goreng aja udah nikmat. Glek... pengin pesan lagi deh.

Aku tahu tentang produk unik ini dari Mb Frida, owner dari akun instagram @sambalreseplawas. Teman-teman yang dari luar Semarang bisa juga loh kalau mau nyobain dan pesan langsung ke Mb Frida melalui akun instagram tadi.

Sambal Telur Asin, foto milik @sambalreseplawas

Varian lainnya juga ada nih. Bagi penggemar petai, sudah ada juga sambal telur asin petai. Alamaakkk... kebayang bakalan habis berapa banyak nasi nih untuk menikmati kelezatan sambal ini. πŸ˜…

Bagi penggemar sambal bawang, saat ini Mb Frida juga sudah menyediakan untuk kita semua. Tinggal pilih aja deh mana jenis sambal yang kita suka. Cuuzz pesan ya ke @sambalreseplawas. 




JNE Content Competition 2021



Selama ini kalian sudah support bisnis kecil yang dilakoni oleh para pemilik UMKM kah? 

Selain membeli dagangannya, kita semua bisa banget loh mendukung perkembangan UMKM dengan cara lainnya. Ikutan promo menjadi salah satu hal kecil yang bisa kita berikan sebagai dukungan.

Pas banget nih, saat ini JNE sedang mengadakan JNE Content Competition 2021. JNE sebagai penyedia jasa logistik terpercaya, telah bekerja sama dengan banyak UMKM terkait dengan proses pengiriman barang. Dukungan nyata diberikan oleh JNE dengan mengadakan helatan ajang kompetisi ini. 

Sebelumnya aku sudah pernah menulis tentang kompetisi tersebut di sini :  Dukung UMKM dan Ikuti JNE Content Competition 2021



Untuk detail lombanya, teman-teman bisa baca link artikelku sebelumnya nih. Yang menariknya nih, kompetisi tersebut diperpanjang hingga 31 Januari 2022. Yeaayyy masih ada kesempatan loh untuk teman-teman semua ikutan. 

Hayuk buat karya tulisan, foto, video maupun desain terbaik kalian dan submit ke link lomba ini : https://bit.ly/JNEContentCompetition

Kalau pengin tahu hadiahnya seberapa, ini dia kukasih contekannya lagi ya. Di artikelku sebelumnya sudah ada sih. Gapapa ya, sini kubagikan lagi informasinya. 

Writing Competition 

Karyawan 
Juara 1 Rp 3.000.000
Juara 2 Rp 2.000.000
Juara 3 Rp 1.000.000

Wartawan/Jurnalis
(Kategori Feature News Cetak)
Juara 1 Rp 10.000.000
Juara 2 Rp 7.000.000
Juara 3 Rp 4.000.000
(Kategori Feature News Online)
Juara 1 Rp 10.000.000
Juara 2 Rp 7.000.000
Juara 3 Rp 4.000.000
(Kategori Hard News Cetak)
Juara 1 Rp 7.000.000
Juara 2 Rp 5.000.000
Juara 3 Rp 3.000.000
(Kategori Hard News Online)
Juara 1 Rp 7.000.000
Juara 2 Rp 5.000.000
Juara 3 Rp 3.000.000

Blogger/Umum
Juara 1 Rp 5.000.000
Juara 2 Rp 3.500.000
Juara 3 Rp 2.000.000



Photo Competition 

Karyawan 
Juara 1 Rp 3.000.000
Juara 2 Rp 2.000.000
Juara 3 Rp 1.000.000

Umum
Juara 1 Rp 5.000.000
Juara 2 Rp 3.000.000
Juara 3 Rp 2.000.000



Video Competition 

Karyawan 
Juara 1 Rp 3.500.000
Juara 2 Rp 2.500.000
Juara 3 Rp 1.500.000

Umum
Juara 1 Rp 10.000.000
Juara 2 Rp 6.000.000
Juara 3 Rp 4.000.000



Design Competition 

Karyawan 
Juara 1 Rp 3.000.000
Juara 2 Rp 2.000.000
Juara 3 Rp 1.000.000

Umum
Juara 1 Rp 9.000.000
Juara 2 Rp 6.000.000
Juara 3 Rp 4.000.000


Tunggu apa lagi, yuuk kita bantu UMKM dan ikuti JNE Content Competition 2021. Hadiahnya loh bikin ngiler beraaattt... Segera submit karyamu yaa... Best luck... 

35 komentar:

  1. Molly lagi ikutan challengenya jne content competition, semoga bisa menang nih artikel molly tentang umkm palembang. doain yaa,

    BalasHapus
  2. sekali tepuk dua lalat ya mba, selain ikut lomba juga ngebantu UMKM :)

    BalasHapus
  3. keren juga nih hadiahnya menarik banget bisa bantu umkm juga ngelatih kreatifitas juga ya

    BalasHapus
  4. waaa ternyata JNE lagi ngadain contest yaa, asik banget nih hadiahnya menggoda hihihi, jadi pengen ikutan jugaaak hihihi

    BalasHapus
  5. saya termasuk orang yang setia menggunakan jasanya JNE apalagi aklau udha urusan kirim barang ke luar kota yang di atas 10 kg udah pasti dong ke JNE. Dan banyak sekarang UMKM juga terbantu dengan keberadaan JNE ini, mereka bsia mengirimkan barangnya ke konsumen lewat JNE

    BalasHapus
  6. saya termasuk orang yang setia menggunakan jasanya JNE apalagi aklau udha urusan kirim barang ke luar kota yang di atas 10 kg udah pasti dong ke JNE. Dan banyak sekarang UMKM juga terbantu dengan keberadaan JNE ini, mereka bsia mengirimkan barangnya ke konsumen lewat JNE

    BalasHapus
  7. Kalo aku sih jg skrng lebih suka belanja di umkm2 khususnya yg dari tmn2 dekat gitu mba , anw hadiah kompetisi nya keren bgt 😍😍

    BalasHapus
  8. Menarik menarik yaa...dagangan UMKM ini.
    Inovasinya sudah bagus dan kini saatnya di dukung oleh blogger handal seperti kaka Uniek untuk digital marketing bekerjasama dengan JNE.

    Juara banget.

    BalasHapus
  9. Wiiih seruuu! πŸ₯Ί Pengen ikutan deh lombanya hadiahnya lumayan banget buat nabung

    BalasHapus
  10. duh, makanannya bikin ngiler banget deh.. ini kompetisinya keren sih, soalnya bisa membantu UMKM dengan hadiah yang menarik banget..

    BalasHapus
  11. setuju mba salah satu cara untuk mendukung umkm dengan membeli jualannya, wlpun mungkin kita kurang cocok tapi sesekali saja untuk mencoba dan tahu

    BalasHapus
  12. Menarik banget nih bisa bantu promoin umkm skalian ikutan lomba jne ya.. smoga menang ya, tar aku ikutan jg ah

    BalasHapus
  13. Wow, urusan pengiriman produk jualan UMKM memang JNE menjadi andalan sejal dulu. Apalagi kalau makanan seperti sambal ini kan mesti lekas sampai ya. Ketepatan waktu adalah yang utama, ditambah lagi dengan ongkos kirim yang terjangkau, bakalan membantu meningkatkan penghasilan pelaku UMKM.

    BalasHapus
  14. Ya ampun hadiah kompetisinya..menggiurkan banget euy.. Yang bikin seneng sebenarnya dengan ikut lomba ini kita sekaligus bantu bangkitnya UMKM di masa pandemi ya...

    BalasHapus
  15. Sambel telur asinnya sangat menggoda bun. Saatnya umkm di Indonesia bangkit supaya ekonomi Indonesia segera bangkit dari keterpurukan akibat pandemi.

    Bantu, beli dagangan teman salah satu cara mudah supaya umkm bangkit.

    BalasHapus
  16. Molly juga udah ikutan nih lomba jne. Semoga rezeki bisa menang hadiahnya. Aamiin yaa rabbal alamin

    BalasHapus
  17. Wah bagus ya mba nama makanannya rendang pelangi. Aku juga penggemar rebdang juga soalny orang padang hihihi πŸ˜‚. Ngomong ngomong ini lomba JNE hadiahnya gede gede ya mba terus ada banyak jenis lombanya dari lomba blognya sampai lomba foto ada juga ya. Lengkap. Bisa kitabilih sesuai skill kita ya

    BalasHapus
  18. Duh rendang pelanginya bikin ngiler, jadi pingin pesan juga, biasanya yang homemade ini enak banget. Yuk Semangat dukung UMKM terus berkembang karen UMKM inilah yang banyak membantu memperkuat pondasi perekonomian karena langsung bersentuhan dengan masyarakat. Pingin ikutan lomba JNE ah selain hadiahnya keren juga bisa mendukung UMKM Indonesia agar tetap eksis di masa pandemi.

    BalasHapus
  19. Kece bangeett ini terobosan ala JNE!
    Bener2 bisa men-support UMKM Indonesia ya Mbaaa
    karena memang ekonomi bangsa makin kuat, klo UMKM berdaya dan berjaya!

    BalasHapus
  20. rendang jengkol.... jadi pengen cobain nih rendang jengkolnya rendang pelangi.

    Masih ada waktu beberapa hari nih buat ikutan lomba blog JNE ini, tapi aku belum ada ide mau nulis apaan

    BalasHapus
  21. aku malah salfok sama hadiah dari lomba ini lho mba, lumayan banget lho, selain bisa bantu umkm di sekitar lingkungan rumah, eh bonusnya jika beruntung bisa dapat tambahan uang heheheh

    BalasHapus
  22. Mba, sama kayak aku tuh suka ama rendang. Enak deh rendang tuh dimakan kapan saja. Dan kayaknya banyak yang suka makan rendang

    BalasHapus
  23. Dukungan yang tulus dari sahabat dan pelanggan setia ini tentu sangat dibutuhkan bagi para pelaku usaha UMKM. Dan semoga JNE Competition ini akan selalu mengambil tema yang mendukung perkembangan dan pertumbuhan para pelaku usaha kecil dan menengah.

    BalasHapus
  24. Rendang memang makanan yang menggugah selera dan lezat banget. Mau ayam atau daging sapi, bahkan jengkol sekalipun, kalau dimasak rendang pasti enak.

    Terus sekarang sekarang lebih nikmat lagi, makan rendang gak perlu repot masak lama di dapur, tinggal order ke Rendang Pelangi.

    BalasHapus
  25. wah, menarik nih lomba dan misinya juga bagus yah. Btw ini kayaknya samaan kita, aku juga pernah nikmati ikan beledang pelangi, hehehe. dengan membeli produk UMKM tentulah mnejadi salahsatu support kita buat mereka naik kelas

    BalasHapus
  26. Rendang Pelangi dan ada yang varian jengkol? Wah, ini sih cocok banget buat orang rumah yang kurang suka daging. Makin oke nih UMKM di Indonesia. Cita rasanya gak kalah dari negara lain

    BalasHapus
  27. Wahh mantap banget kompetisi dari JNE ini ya mbak Uniek
    Lombanya banyak macamnya, hadiahnya juga banyak
    Kapan lagi bantu UMKM bisa dapat hadiah gini

    BalasHapus
  28. Ya Allah, menu rendangnya menggoda banget euy... Rendang jengkol, favoritku banget... Btw, gimana itu si jengkol bisa dikasih nama kancing Levi's? Apa karena kancing Levi's tu segede jengkol? Wkwkwk....

    BalasHapus
  29. Betul juga ya, dengan mempromosikan jasa antar, maka akan semakin tergerak UMKM yang berjualan juga via online. Membuka jalan rejeki juga ya.

    BalasHapus
  30. Ya Allah mbak aku ngiler lihat foto rendang sama sambal telur asinnya. Bener2 inovatif lho soalnya aku belum pernah lihat ada yang jual rendang jengkol kemasan sama sambal telur asin tadi. Noted pingin ikutan lomba blog JNE juga nih

    BalasHapus
  31. Wah, aku termasuk yang suka ngelarisin dagangan temen UMKM nih. Selain mengembalikan kekuatan perekonomian nasionl, kayanya bantu teman dalam usahanya juga bikin kepuasan tersendiri. Ternyata ada kompetisi bareng JNE juga ya? jadi pengen ikutan niih

    BalasHapus
  32. Sambel resep lawas itu yang bikin penasaran. Ada sambal bawang dan telur asin juga. Eh bener nih bisa kirim ke luar kota? packing aman yah? kirimnya pakai JNE ... cus lah cek dulu ke IGnya.

    BalasHapus
  33. JNE emang selalu bantu UMKM untuk berkembang dan cabangnya banyak banget, tarifnya murah pula. Moga bisa ikut lombanya, kebetulan ada teman yang saya pengen promosikan UMKMnya

    BalasHapus
  34. Udah lama gak makan jenki nih, lihat rendangnya bikin lapar dan pengen nyobain. Nanti aku kepoin produknya ah. JNE ini kurasa udah lama mendukung pelaku UMKM secara lewat membership bisa menguntungkan

    BalasHapus
  35. hayo mba nulis tentang rumah raisya ku sapa tau kepilih jadi umkm favorit hahahah
    tadinya mau curhat cerita ikutan lomba, tapi ndak sempat akuuu

    BalasHapus