02 Desember 2022

Memaknai Hari Ulang Tahun

 
hut jne ke 32

Selama ini apa yang terlintas di benakmu ketika membincang tentang ulang tahun, kawan? Apakah hingar bingarnya pesta, ucapan ulang tahun bertubi-tubi, hingga kewajiban traktiran bersama teman dan keluarga?

Seperti sudah membudaya saja ya ketika seseorang sedang menghadapi pergantian tahun yang berkaitan dengan hari kelahirannya, maka orang-orang di sekitarnya malah minta ditraktir. Sebenarnya, apa makna ulang tahun yang bisa kita petik dan jadikan sebagai pembelajaran hidup?



Makna Ulang Tahun


Menurut Wikipedia, ulang tahun diartikan sebagai hari hari kelahiran seseorang. Dalam beberapa kebudayaan, ulang tahun seseorang biasanya dirayakan dengan adanya pesta ulang tahun bersama keluarga dan/atau teman. 

Hadiah pun akan diberikan pada orang yang merayakan ulang tahun. Ketika seseorang ulang tahun, perlakuan istimewa akan diterimanya sepanjang hari tersebut.

Hanya sebatas itu sajakah arti ulang tahun? Jika dalam budaya kalangan tertentu ada perayaan ulang tahun, ada juga yang menganggap bahwa perayaan ulang tahun adalah bid'ah, sesuatu yang tidak sesuai ajaran agama.

Kali ini bukan kontroversi seputar boleh tidaknya merayakan pesta ulang tahun, namun lebih kepada perenungan arti bertambahnya usia. Bagi seseorang yang berulang tahun, secara tidak langsung jatah hidupnya makin berkurang, ya kan? Tentunya akan beda pula pemaknaannya ketika kita membahas makna ulang tahun untuk organisasi atau perusahaan.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memaknai ulang tahun:

1. Ulang tahun sebagai sarana untuk muhasabah


Muhasabah memiliki arti introspeksi atau evaluasi diri. Bagi individu ataupun perusahaan yang sedang berulang tahun, saat-saat seperti ini memang tepat digunakan untuk melihat kembali perjalanan hidup, apa yang sudah dicapai dan apa yang masih harus terus diperbaiki. 



2. Ulang tahun sebagai pengingat diri seberapa banyak sudah berbagi


Jika ulang tahun identik dengan perayaan atau pesta, mari kita pikirkan juga bagaimana jika moment ini digunakan untuk berbagi kepada sesama. Yuk kita ingat-ingat, saat merayakan ulang tahun apakah terlintas dalam benak untuk berbagi?

Insya Allah dengan berbagi kepada sesama ini, selain menebarkan kebaikan, tindakan yang kita lakukan ini akan menumbuhkan kebahagiaan pula. Bahagia bagi yang berbagi, bahagia pula bagi yang menerima.






3. Ulang tahun sebagai tanda syukur atas semua karunia yang sudah diterima


Terkadang orang lebih sering mengingat kesusahan yang dirasakannya tanpa mengingat sudah berapa banyak karunia yang diberikan oleh Allah kepadanya. Meskipun ada yang tidak merayakan ulang tahun, paling tidak saat-saat hari lahir ini bisa digunakan sebagai pengingat tentang seberapa banyak nikmat yang telah didapatkan sejak lahir hingga saat ini. Dengan cara seperti ini, Insya Allah kita tidak akan menjadi orang-orang dalam golongan kufur nikmat. 


4. Ulang tahun yang makin memperkuat diri


Coba kita lihat selama satu tahun ke belakang, apa saja yang sudah dilalui dan apa saja yang telah tercapai. Perlu dilihat juga seberapa banyak kita mampu bertahan terhadap hantaman gelombang kehidupan.

Sampai saat ini, detik ini, apa yang sudah kita lakukan sehingga kita mampu bertahan? Hal inilah yang bisa kita jadikan bahan muhasabah dan menilai kelebihan yang dimiliki. Dari kelebihan itulah kita bisa belajar untuk menjadi makin kuat. 





Memaknai Ulang Tahun ke-32 oleh JNE 


Seperti yang sudah kutulis di atas, tidak hanya orang secara pribadi saja yang butuh memaknai ulang tahun. Suatu organisasi ataupun perusahaan pun perlu melakukan refleksi diri ketika merayakan ulang tahunnya. Hal ini juga dilakukan oleh JNE sebagai salah satu perusahaan jasa logistik yang telah berdiri sejak 32 tahun silam.


ulang tahun ke 32 jne


JNE didirikan pada 26 November 1990 oleh Alm. H. Soeprapto Soeparno dengan komitmen sebagai perusahaan ekspres dan logistik nasional yang akan berkontribusi secara nyata terhadap kemajuan perekonomian bangsa dan negara. Kontribusi JNE tersebuh diwujudkan dalam berbagai langkah bisnis sesuai dengan tagline “Connecting happiness” dalam berbagi manfaat ke banyak pihak.

Pada peringatan ulang tahunnya yang ke-32 tahun ini, JNE mengusung tema ”Bangkit Bersama” yang memiliki makna Progress, Pertumbuhan, Pergerakan dan Perjalanan. JNE memaknai dan merayakan perjalanannya yang telah lebih dari 3 dekade ini dengan terus bergerak. Dulu awalnya hanya memiliki karyawan sedikit,  kini telah berkembang menjadi lebih 50.000 orang Ksatria dan Srikandi (sebutan untuk karyawan JNE) dari berbagai suku serta bahasa. Selain itu JNE juga didukung lebih dari 8.000 jaringan yang terus bertumbuh dan memberikan manfaat terbaik demi terciptanya Indonesia Bangkit. JNE ingin terus menebar manfaat dengan bergerak bersama UMKM, pelanggan dan mitra agar siap menghadapi tantangan dan Bangkit Bersama dalam perjalanan untuk mengantarkan kebahagiaan. 

Selama 3 dekade lebih JNE telah menjadi bagian dari ekosistem dunia usaha dan berperan penting dalam perekonomian nasional. Maka dalam perayaan ulang tahun kali ini, M. Feriadi Soeprapto, selaku Presiden Direktur JNE tak lepas bersyukur atas pencapaian yang telah diraih oleh JNE. Beliau berharap dengan bertambahnya usia yang ke-32, JNE mampu mewujudkan visi sebagai perusahaan logistik terdepan di negeri sendiri yang berdaya saing global

Tema HUT JNE Bangkit Bersama memiliki makna untuk menggelorakan dan menebarkan energi positif dan optimisme untuk Indonesia. JNE mengajak masyarakat, pelanggan, mitra dan stakeholder untuk terus maju dan adaptif dalam berkarya. Diharapkan kerja sama ini bisa menjadi sarana berinovasi dalam beragam program kolaborasi untuk memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara.
 
Rangkaian acara dalam menyambut puncak HUT JNE diwujudkan dengan berbagai kegiatan yang menebar kebahagian. Contohnya nih, shopping bareng yatim dan dhuafa dari 20 yayasan yatim piatu yang ada di Jabodetabek dan dilakukan juga di cabang JNE sesuai dengan filosofi Berbagi, Memberi, dan Menyantuni. Ada juga lomba foto, lomba video, khataman pembacaan Al-Qur’an, acara tasyakuran dan potong tumpeng, serta berziarah ke makam pendiri JNE Alm. H. Soeprapto Soeparno. 

Tak ketinggalan pula diluncurkan beragam kuis dan giveaway untuk seluruh masyarakat. Aktivitas ini dapat diikuti oleh semua orang melalui akun sosial media JNE seperti Games Si Joni, giveaway produk lokal bersama UMKM unggulan. Untuk mengikuti berbagai informasi menarik, kalian bisa cek langsung di sini ya : https://jnewsonline.com/

Bagi member JNE Loyalty Card (JLC) pada periode 21 - 30 November 2022 dapat menukarkan sebanyak 32 poin menjadi e - voucher ongkir Rp. 32.000, serta ada promo diskon ongkos kirim sebesar 32% pada 26 - 27 November 2022 untuk kiriman service Regular ke seluruh tujuan di Indonesia. 

Selain program promo ongkos kirim, JNE pun berkolaborasi dengan Tab Space asal Bandung, yaitu studio komunitas seniman disabilitas untuk mendesain merchandise khusus HUT JNE ke 32 tahun. Kolaborasi tersebut merupakan bentuk kepedulian JNE dalam memberikan dukungan agar seniman disabilitas memiliki ruang berkarya dan Bangkit Bersama untuk menunjukkan kemampuan karya-karya terbaik mereka sehingga dapat dikenal di masyarakat. 

Acara puncak HUT JNE ke-32 dilaksanakan secara hybrid di Taman Yatim Piatu Tunanetra (Yatuna) Soeprapto Soeparno, Jalan Pusdiklat Depnaker, Jakarta Timur, pada Minggu 27 November 2022 pukul 09.00 WIB hingga selesai. Acara dibuka dengan do’a bersama yang di pimpin oleh Syekh Muhammad Jaber dengan dihadiri Manajemen JNE, mitra serta karyawan, dengan tetap mematuhi pelaksanaan protokol kesehatan.  



Perayaan ulang tahun ke-32 JNE ini bisa disaksikan juga oleh seluruh karyawan nasional melalui Channel Youtube JNE. Acara ini dipandu oleh MC Rico Ceper dan Bella Aprilia Sant, yang diikuti lebih dari 50.000 Ksatria dan Srikandi JNE yang ada di seluruh Indonesia. 

JNE berbagi doorprize dan grandprize sebagai apresiasi kepada karyawan, berupa puluhan sepeda motor.  Hadiah utamanya adalah 2 unit rumah untuk karyawan yang beruntung, wooww... Tak ketinggalan pula ada ribuan hadiah menarik lainnya, dan juga dilakukan pemilihan karyawan terbaik dari pusat dan cabang. Puncak gelaran acara menampilkan bintang tamu Kangen Band yang terkenal dengan lagu Pujaan Hati, Terbang Bersamaku, Cinta Yang Sempurna dan lainnya. 

25 komentar:

  1. Terima kasih kepada JNE yang sudah memberikan jasa dan pelayanannya kepada masyarakat Indonesia selama 32 tahun, semoga makin jaya selalu

    BalasHapus
  2. Semoga dengan bertambahnya usia JNE makin berkembang dan bisa melayani makin banyak lagi pengiriman dan dapat bekerjasama dengan lebih banyak lagi UMKM yes

    BalasHapus
  3. Kalau aku tiap kali ulang tahun selalu ingat hidup gak akan lama lagi, sudah berapa banyak hal baik yang sudah kulakuin. Jadi sedih justru pas hari ulang tahun sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju kak,
      Karena ulang tahun malah jadi reminder, bahwa semakin berkurang jatah kita di hidup di dunia

      Hapus
  4. aaa kece banget nih JNE udah 32 tahun lagi yaaa, umurnya beda setahun nih sama aku hihhihi, selalu kagum sama programnya jne tu yang selalu ngedukum umkm, semoga makin sukses buat jne

    BalasHapus
  5. Makin kesini, ulang tahun selalu jadi moment makin ngerasa harus banyak nambah bekal, udah gak pengen celebration kayak dulu

    BalasHapus
  6. Ulang tahun menjadi momentum untuk lebih bersyukur dan parameter berdaya menjadi lebih baik. Begitu pun yg dilakukan jasa ekspedisi JNE memperingati hari jadinya mengadakan kegiatan yg sifatnya positif

    BalasHapus
  7. Baca ini pas baru banget ulang tahun jadi bikin senyum-senyum. Usia segini mah lebih ke muhasabah kali ya, mengingat stok usia jadi semakin menipis :)

    BalasHapus
  8. Aku udah banyak terbantu oleh JNE. Segala paket yang kubeli atau kukirimkan pakenya jasa mereka.

    Memaknai ulang tahun untuk bertumbuh adalah sesuatu yang bagus. Sekaligus introspeksi ya. Sukses selalu JNE.

    BalasHapus
  9. Wah gak nyangka JNE dan 32 tHun aja ya semoga selalu sukses dan memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggannya apalagi setiap ultahnya selalu menyenangkan karyawan2nya nih

    BalasHapus
  10. Ulangtahun sebagai introspeksi diri alias muhasabah benar kak, karena dari situ bisa ditelaah kualitas apa yang perlu diperbaiki dan ditingkatkan lagi

    BalasHapus
  11. bener banget, ulang tahun tuh biasanya waktu buat instropeksi diri, sekaligus merenungkan apa aja yang udah kita capai selama setahun

    BalasHapus
  12. Waatt.. JNE sudah hampir seumuran aku yaaa.. nggak berasa banget. Dulu malah baru tahu ekspedisi2an gini ya tahun 2010an aja pas online-online muncul, sebelumnya gak paham soal pengiriman dll.

    Keren, bisa bertahan sejauh ini pasti butuh strategi dan effot memelihara dan menjaga kualitas. Bravo JNE!!

    BalasHapus
  13. Setuju bgt bhw salah satu makna ulang tahin adlh bersyukur. Syukur atas semua yg telah kita lewati, atas semua nikmat dan atas semua pelajaran. Selamat 32 th JNE..makin sukses ya..

    BalasHapus
  14. Ulang tahun menjadi momen untuk bertambah syukur. Dan JNE memaknai ulang tahunnya dengan berbagi kebahagiaan dengan berbagai pihak. Termasuk juga kolaborasi bersama Tab Space, keren banget setiap langkah sosial yang selalu memberi kesempatan untuk lebih banyak kalangan.

    BalasHapus
  15. Waw gak kerasa udah 32 tahun aza nih JNE, langgananku untuk kirim paket. Perasaan baru kemarin kita berkenalan ya πŸ˜„ aku suka tuh JNE undang anak yatim dan dukung disabilitas dalam acara ulang tahunnya. Semoga makin banyak menebar manfaat

    BalasHapus
  16. Ulang tahun sebenarnya menandakan usia kita berkurang ya Mbak Uniek maka perlu memaknainya dengan tepat. Kalau mengikuti cara JNE, yang ditiru adalah bagaimana JNE tuh selalu berupaya memberi mafaat bagi sekeliling dan bagi karyawannya ya.

    BalasHapus
  17. Selamat ulang tahun, JNE! Lebih dari 3 dekade JNE sudah memberikan dampak positif untuk banyak orang. Karyawannya pun kini sudah lebih dari 50.000 orang, ya, Mbak. Keren! Semoga kedepannya makin eksis dan tumbuh lebih kuat.

    BalasHapus
  18. masyaa Allah ternyata JNE ini seusia aku yaa.. lebih tua dua tahun dikit hehehe selamat ulang tahun JNE semoga semakin jaya dan semakin memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan

    BalasHapus
  19. Ultah itu pas kecil identik dengan perayaan, pas dewasa identik dengan rasa syukur msh sehat, msh hidup, msh punya ini itu hehe.
    Kalau buat perusahaan kyk JNE kyknya artinya lbh luas lg soalnya berarti kalau bisnisnya makin gede berarti makin banyak tanggung jawabnya ya khususnya buat para pekerja dan juga pelanggannya :D
    Paling seneng kalau JNE ultah tu program2 dan promo2nya banyak :D

    BalasHapus
  20. Asik datang tangan kosong, pulang bawa motor sebagai hadiah doorprize . Asik benar acara JNE

    BalasHapus
  21. Masih banget berharap ada yang inget sama ulang tahunku, meski tau kalau ulang tahun itu gak boleh diucapkan. Hehhee, manusiawi banget yah.. Tapi semakin bertambah usia, semakin paham bahwa ulang tahun adalah momen untuk muhasabah dan melanjutkan berbagai kebaikan yang sudah dilakukan serta memperbaiki hal yang gak perlu dilakukan.

    JNE menjadi pengingat kita semua untuk senantiasa berbuat kebaikan dan berbagi apa yang bisa dilakukan untuk sekitar.

    BalasHapus
  22. Makna ulang tahun beragam, baik bagi pribadi maupun bagi perusahaan. Tema bangkit bersama setelah covid ini sangat sesuai dengan keadaan sekarang. Bangkit untuk menjadi lebih baikm

    BalasHapus
  23. ulang tahun yang penuh warna dan makna ya mba... senang lihat banyak program JNE yang begitu membumi dan kolaborasi dengan banyak pihak

    BalasHapus
  24. Ternyata JNE udah 32 tahun yah? Ga terasa banget lumayan lama juga yah

    BalasHapus