17 Desember 2022

Smartphone Apa yang Bisa Jadi Andalan Traveler dan Food Blogger?

 
zenfone 9

Mengabadikan peristiwa istimewa dalam hidup kini tak lagi sulit untuk dilakukan. Kalau dulu, orang harus punya kamera segede gaban untuk bisa memotret. Jika tak punya, bisa menyewa tukang foto untuk memotret peristiwa penting yang kita jalani.

Pertanyaannya, apakah kamera gede dan tukang foto itu harus kita bawa-bawa kemanapun? Misal nih mau traveling ke tempat yang jauh dan memiliki medan cukup sulit, tentunya persyaratan di atas sudah tidak sesuai dengan jamannya lagi.

Orang makin mudah jeprat-jepret dan merekam moment spesial mereka cukup menggunakan smartphone saja. Tidak berat, tidak memenuhi tas, ringkas dan bisa dimana saja mengeluarkan gawai tersebut setiap kali ada hal-hal istimewa yang ingin kita abadikan. 

Tapi apakah semua jenis smartphone dapat memenuhi kebutuhan ini, terutama untuk orang-orang yang membutuhkan hasil rekaman terbaik untuk profesi yang mereka jalani?




Smartphone Andal untuk Si Traveler


Beberapa kali ikutan trip ke berbagai daerah, bahkan tak jarang masuk ke medan yang cukup ekstrim, membuatku berpikir, itu gilak juga ya para traveler dan fotografer yang kemana-mana nenteng kamera segede gaban. Apa ga takut resiko gear-nya terpental-pental selama perjalanan?

Iya sih pasti udah dilindungi dengan tas khusus, hanya saja kok rasanya tetap berat banget boooo... Bawa beban tubuh aja udah berat banget rasanya ketika harus melewati jalan yang mendaki, apalagi harus membawa kamera yang berat juga.

Nah, masalahnya kalau bawa smartphone doang, apa iya hasilnya ntar bisa bagus?

Pada tahun 2019 aku pernah nge-trip bareng dengan Mbak Raiyani, seorang traveler dan fotografer yang sering mengadakan open trip ke berbagai negara. Kemampuan fotografi beliau udahlah ga usah diragukan lagi. Kalian bisa tengok-tengok akun instagramnya di @raiyanim, bakalan lihat banyak banget foto perjalanan yang kadar keistimewaannya bikin ternganga-nganga. 

Mbak Ray ini sering juga memenangi lomba foto. Hasil foto dan pencapaiannya dalam lomba bisa kalian tengoh di akun instagramnya. Beberapa kali aku lirak-lirik akun Mbak Ray jika sedang kangen nge-trip. Ngebayangin kapan punya rejeki dan kesempatan untuk ikutan trip yang di-handle olehnya. 

Pada saat jalan bareng di Lampung beberapa tahun lalu, sempat minta tolong difotoin Mbak Ray menggunakan smartphone lawasku yang udah beberapa tahun menemaniku kemana-mana.  Hasilnya seperti ini:


Meski bukan produk baru, hasil foto menggunakan smartphone ASUS ini cantik juga kan. Tebaran buih putih dari air terjun terlihat jelas. Bahkan keberadaan pelangi di ujung kiri bawah saja bisa tertangkap dengan sempurna. 

Nah, bisa dapet moment munculnya pelangi ini ada ceritanya tersendiri loh. Rombongan trip kami waktu itu sampai harus ngos-ngosan demi mencapai Air Terjun Tirai yang berada di Kecamatan Air Naningan, Kabupaten Tanggamus, Lampung Selatan.  Medan yang harus kami tempuh bukanlah jalan datar nan mulus. Harus melalui jalanan berkelok-kelok dan naik yang cukup bikin terengah-engah.

Kebayang ga sih gimana rasanya melalui medan seperti itu dengan membawa kamera yang berat? Bersyukur banget tidak harus terbebani dengan perangkat berat tapi bisa dapet foto secakep di atas.

Lah iyaa.. yang motretin aja udah kelas fotografer profesional. Gimana enggak bagus? Bahkan hanya dengan menggunakan smartphone yang kumiliki saat itu, Mbak Ray yang diminta tolong untuk jepretin pun bisa mengabadikan moment istimewaku itu dengan sangat luar biasa. 

Mungkin kalau aku sendiri yang harus memotret dalam kondisi terburu-buru dan lelah gitu belum tentu mendapatkan best shot seperti foto tadi. Lensa kamera smartphonenya bisa jadi sudah oke, namun tremor akibat kelelahan bisa-bisa bikin jepretan jadi agak goyang.



Lalu kutanya dong pada Mbak Ray, misal nih saat melakukan perjalanan hanya mengandalkan smartphone aja bisa nggak sih. Kan keder yaa kalau misal harus bawa kamera besar gitu untuk orang awam.

Mbak Ray pun memberikan saran, misal ketika traveling hanya bawa smartphone aja, pilihlah yang bisa menghasilkan foto dengan kualitas yang bagus dengan kemampuan lensa kamera yang variatif.  Untuk menghindari kemungkinan goyang-goyang saat mengambil foto ataupun video, ya pilih aja yang ada stabilizer. 

Butuh juga smartphone dengan daya tahan batere yang lama mengingat perjalanan ke wilayah-wilayah pelosok tuh bisa jadi bakalan sulit ketemu colokan listrik. 

Waahhh... memangnya ada ya smartphone yang bisa memenuhi semua persyaratan di atas?

Pencarianku bertemu dengan salah satu smartphone flagship dari ASUS yang baru saja launching pada tanggal 17 November 2022 yang lalu. Kelebihan yang dimilikinya yang membuatku kesengsem ada pada perbandingan ukuran body smartphone dengan kemampuannya. Biasanya kan kalau pengin fitur dan kemampuan yang andal, si smartphone bakalan bohay body-nya. 



Nah ini nih... si-baru-aja-launching-tapi-udah-bikin-mupeng yang bernama ASUS Zenfone 9 ini punya ukuran yang mungil dan ergonomis, mudah dan nyaman untuk dibawa kemana-mana. Dalam tubuh mungilnya itu terbenam fitur-fitur yang powerful.  

Saat traveling penginnya bisa menghasilkan rekaman gambar dan video yang sempurna. Salah satu performa yang menjadi andalan Zenfone 9 ini terletak pada sistem kamera terbaru. Zenfone 9 sudah menggunakan kamera belakang dual camera dan kamera depan yang sama-sama pro-grade




Kamera utamanya memiliki resolusi 50MP dan menggunakan sensor flagship dari SONY IMX766. Kamera ini bisa membidik obyek dengan aperture hingga F1.9, sedangkan kemampuan merekam videonya bisa mencapai kualitas 8K dengan kecepatan 24fps. Wah waaahh... kece pol tenan. Kemampuan ini jauh melampaui smartphone lain yang baru bisa merekam video dalam kualitas 4K dengan kecepatan 60fps.

Menghasilkan foto dengan kualitas bagus kini bukan masalah lagi. Bagi traveler pro seperti Mbak Ray, atau bahkan emak-emak awam gadget seperti diriku ini, asalkan udah bawa Zenfone 9, tak ada lagi masalah yang bakalan muncul terkait kualitas foto. Bye bye foto suram. 





Smartphone Berteknologi Gimbal bagi Food Blogger


Foto dan video bukan hanya dominasi para traveler yang telah menjelajah berbagai belahan bumi. Bagi food blogger kebutuhan akan gawai yang memiliki fitur canggih pun tak terelakkan lagi.

Beberapa waktu lalu saat berbincang dengan Iis, pemilik blog dan akun medsos @hm_zwan, fakta bahwa di balik munculnya foto dan video yang selalu dihasilkannya, ada ribuan keribetan yang harus dihadapi. Terutama jika menggunakan smartphone yang kurang mumpuni. 



Untuk hasil yang bagus tidak sekedar video jadi seadanya, saya butuh smartphone yang punya kemampuan baik dalam merekam video. Seperti fitur video yang jernih. Ada fitur yang bisa membuat hasil video stabil, nggak goyang. Trus untuk foto, kualitas lensanya juga bagus.
(HM Zwan - food blogger)


Coba deh kalian intip akun instagram @hm_zwan, bakalan ngiler sejadi-jadinya melihat berbagai video masak yang dibuatnya. Jauh sebelum Iis dikenal sebagai food blogger pro, aku sudah mengagumi berbagai jepretannya. Dia sih bilang hanya menggunakan peralatan sederhana. Cuma pake hape kok mbak, begitu dulu ujarnya.


Salah satu foto makanan di akun ig @hm_zwan


Sejak awal Iis mulai memotret masakan rumahan yang dibikinnya, aku sudah suka dengan style fotografinya. Properti yang digunakannya pun masih terbatas, tidak sebanyak sekarang. Maklum laahh.. sekarang akun HM Zwan udah kebanjiran endorse berbagai peralatan masak. Beraneka piranti masak dan pecah belah yang dimilikinya telah makin beragam.

Saat ini, di akun instagram HM Zwan lebih banyak video daripada fotonya. Tak kalah dengan foto-foto hasil jepretannya, video yang diunggahnya pun berkualitas bagus. Bening dan sharp

Printilan fotografi yang digunakannya cukup lumayan. Ada perangkat yang untuk menerima dan memantulkan cahaya (duh aku ga tau namanya), alas foto beraneka ragam, juga penataan sudut rumah yang digunakan untuk menghasilkan foto dan video.

Waahh repot juga ya kalau orang sepertiku yang tidak mengkhususkan diri untuk bikin video masak trus harus punya segala macam kayak HM Zwan gini. Paling ya mengandalkan cahaya ilahi aja deh ketika videoan.

Yes, selain pencahayaan yang cukup, pemilik akun HM Zwan ini juga menyarankan untuk punya gawai yang mumpuni. Jika terbiasa dengan smartphone, sebaiknya pilih yang punya fitur untuk menstabilkan video.

Biasanya untuk video yang stabil, butuh gimbal tersendiri yang dipasangkan dengan smartphone kan... Menurutku masih repot ah. Kudu bawa-bawa gimbal saat ingin bikin video makan di warung makan gitu kan kayaknya gimana yaaa... Ntar dikira jumawa sama pengunjung yang lain hahaha... Jadi insecure deh.

Trus jadi inget lagi deh sama si Zenfone 9 yang sudah kubahas di atas tadi. Dia kan bisa merekam videonya bisa mencapai kualitas 8K. Pasti dalemannya ada yang mendukung tercapainya kualitas video sampai setinggi ini.

Ternyata pada Zenfone 9 terdapat teknologi 6-Axis Hybrid Gimbal Stabilization yang membuat kamera utamanya mampu merekam video dengan tingkat stabilitas yang jauh lebih tinggi. Bahkan di saat kita mencoba merekam dengan satu tangan atau sambil jalan, itu kan bakalan timbul goyangan. Teknologi gimbal di Zenfone 9 mampu mengimbangi goyangan tersebut.

6-Axis Hybrid Gimbal Stabilization menjaga rekaman bebas blur dan guncangan, bahkan ketika kita bergerak. Fitur ini akan memantau setiap gerakan Zenfone 9 ke berbagai arah, lalu menggunakan informasi ini untuk menyesuaikan posisi lensa secara real-time. 

Dengan kemampuan ini, kamera utama Zenfone 9 akan merekam objek apapun tanpa distorsi optik atau ‘ghosting’. Ditambah algoritma anti-guncangan dalam system Electronic Image Stabilization (EIS) akan mengeliminasi lebih banyak lagi dampak dari gerakan-gerakan yang tak diinginkan. Makanya, video yang dihasilkan pun akan selalu super smooth dan bebas goyangan. Udah kayak video profesional deh.
.



Mengapa Harus Zenfone 9


Dari tadi membahas Zenfone 9 melulu deh, emang punya 'kesaktian' apa aja siiyy...




Mau lihat dulu aaahhh ada warna apa saja nih si Zenfone 9. Ternyata produk smartphone terbaru ini hadir dalam 4 warna : MoonLight White, Sunset Red, Starry Blue, dan Midnight Black. Misal ada rejeki, aku pengin banget punya yang Starry Blue. Huhuuu... warnanya cakep dan elegan. Cocok untukku kaaannn... *cocok apanya, Angeline Jolie? πŸ˜€πŸ˜‚

Jika ingin membahas apa saja kelebihannya, sini yuk kita pilah satu per satu.


1. Ringkas dan Mudah Digunakan dengan Satu Tangan

Pernah nggak sih berasa belibet ketika buru-buru mau njepret peristiwa yang berlangsung cepat, yang mungkin tidak akan terulang lagi, misal pas di jalan tiba-tiba ngeliat ada mobil mewah yang sudah lama kita kagumi namun belum mampu terbeli. *bukan curhat loh ini.

Udah lah buru-buru, harus ambil di dalam tas, habis itu masih repot juga harus menggunakan 2 tangan untuk mengoperasikannya. Padahal saat itu hari sedang hujan, jadi satu tangan masih memegang payung. Waahh udah deh, moment istimewa dalam sekian detik yang berharga lewat sudah.

Beda kalau bisa punya Zenfone 9 yang body-nya ringkas. Smartphone ini dirancang untuk mengoptimalkan penggunaan satu tangan dan kemudahan penyimpanan di saku. Jadi ketika kita butuh mengeluarkannya cepat-cepat, tak akan ada lagi kesulitan. Tubuh Zenfone 9 yang mungil tak akan memenuhi saku ketika disimpan di dalamnya.




Panjangnya kurang dari 14,8cm dan lebar kurang dari 7cm, dengan tekstur permukaan yang indah sekaligus lebih kukuh untuk digenggam. Tak akan ada lagi insiden smartphone licin dan terlepas dari telapak tangan ketika hendak buru-buru digunakan.

Zenfone 9 dilengkapi ZenUI 9 (user interface) yang memberikan performa yang lebih cepat dan mulus, sekaligus lebih pintar, yang sudah disesuaikan untuk penggunaan satu tangan yang lebih mudah. Dengan antarmuka ini, Zenfone 9 lebih mudah dinavigasi, dilengkapi dengan tool Edge untuk menemukan aplikasi favorit dengan lebih cepat.


2. Kamera Resolusi Tinggi, Lengkap dengan Teknologi 6-Axis Hybrid Gimbal Stabilization

Zenfone 9 memiliki kamera belakang dual camera dan kamera depan yang sama-sama pro-grade. Nah, fitur yang paling diantisipasi penggemar dari sistem kamera baru ini adalah teknologi 6-Axis Hybrid Gimbal Stabilization yang dibenamkan pada kamera utamanya.

Kamera utamanya memiliki resolusi sebesar 50MP dengan dilengkapi sensor flagship dari SONY IMX766 dengan aperture sampai F1.9 dan mampu merekam video 8K dengan kecepatan 24fps. Teknologi 6-Axis Hybrid Gimbal Stabilization membuat kamera utama Zenfone 9 mampu merekam video dengan tingkat stabilitas yang jauh lebih tinggi, bahkan mengimbangi guncangan yang terjadi jika kita mencoba merekam video dengan satu tangan. 



6-Axis Hybrid Gimbal Stabilization menjaga rekaman bebas blur dan guncangan, bahkan ketika kita bergerak. Fitur ini akan memantau setiap gerakan Zenfone 9 ke berbagai arah dan menyesuaikan posisi lensa secara real-time

Dengan kemampuan ini, kamera utama Zenfone 9 akan merekam objek apapun tanpa distorsi optik atau ‘ghosting’. Ditambah algoritma anti-guncangan dalam system Electronic Image Stabilization (EIS) akan mengeliminasi lebih banyak lagi dampak dari gerakan-gerakan yang tak diinginkan. Hasil videonya akan terlihat mulus kayak hasil karya videografer profesional. 

Kamera kedua di belakang memiliki lensa ultra-wide beresolusi 12MP dengan sensor SONY IMX363 dengan aperture sampai F2.2 dan mampu merekam video 4K pada kecepatan 60fps dengan EIS dan pengoreksi distorsi yang real-time. Kamera kedua ini mampu mengambil gambar makro dengan fokus sampai jarak 4cm. 

Mantap banget yaaa... selama ini aku masih kesusahan nih mengambil foto makro jika jaraknya terlalu dekat. Biasanya minimal 10 cm gitu lah baru bisa bekerja secara sempurna lensanya.

Adapun kamera depan menggunakan sensor SONY IMX663 dengan aperture sampai F2.45 dan mampu merekam video 4K dengan kecepatan 30fps atau FHD dengan kecepatan 60fps yang disertai teknologi EIS. 

Membuat video dengan kamera depan pun kini tak kalah cakepnya. Selama ini sering kesal dengan hasil rekaman video ketika harus menggunakan kamera depan. Biasanya kualitasnya buram dan terlihat seperti tersendat-sendat.



3. Performa Tinggi

Zenfone 9 memiliki performa yang bagus berkat prosesor flagship terbaru Snapdragon® 8+ Gen 1 Mobile Platform yang lebih powerful. Chip terbaru ini mampu mencapai CPU clock speed sampai 3.2 GHz, menghasilkan performa CPU dan GPU 10% lebih tinggi namun dengan efisiensi CPU 30% dibandingkan sebelumnya.

Untuk meminimalisir potensi bottleneck, Zenfone 9 dilengkapi LPDDR5 RAM sampai 16GB dan UFS3.1 storage. Ponsel ini pun sudah mendukung konektivitas Wi-Fi paling ngebut Wi-Fi 6E untuk menghasilkan konektivitas yang lebih stabil, lebih cepat, bahkan pada kondisi crowded



4. Baterai Berkapasitas Besar dan Isi Ulang Lebih Cepat

Zenfone 9 menggunakan baterai berkapasitas 4300mAh untuk penggunaan seharian lebih. Smartphone ini ‘meminjam’ teknologi STP (Specific Tab Process) dari ROG Phone 6 untuk pengisian baterai yang lebih adem dan cepat, sehingga Zenfone 9 bisa menggunakan adaptor HyperCharger 30W untuk pengisian ulang yang lebih cepat.

Kelebihan dalam hal baterai ini sesuai untuk kita yang sering mobile dan tingkat penggunaan smartphone-nya cukup tinggi. Pergi kemana-mana kini tak perlu khawatir lagi bakalan nyari-nyari colokan melulu. Kita bisa tetap terkoneksi dan bekerja menggunakan smartphone secara optimal. 



Sebelumnya pernah mendapatkan tips untuk menghemat baterai seperti ini. Beneran loh dipraktekkan. Jadinya malah ribet karena semua kelebihan fitur yang disediakan oleh smartphone harus dimatikan demi menghemat daya.

Coba kalau pakai Zenfone 9, tidak perlu ribet-ribet lagi kan menonaktifkan semua fitur yang ada di smartphone. Ya udah jalan aja semua secara maksimal. Bukankah smartphone itu digunakan agar kita tetap smart dalam kondisi tersulit sekalipun, ye kaan...??



5. Visual Terbaik

Layar Zenfone 9 sebesar 5,9 inci sudah menggunakan layar AMOLED yang mendukung refresh rate hingga 120Hz yang secara otomatis bisa berpindah ke 60, 90, dan 120Hz tergantung pada aplikasi atau konten yang sedang ditampilkan serta waktu respon 1ms. Dengan kecepatan luar biasa ini, pengguna akan merasakan user experience yang lebih smooth saat mengakses berbagai aplikasi dan konten pada Zenfone 9.




Layar Zenfone 9 telah dikalibrasi untuk menghasilkan kualitas gambar terbaik. Untuk kemudahan mengakses konten di luar ruangan, layar ini sudah memiliki tingkat brightness sampai 800 nits (100% APL) dan peak maximum brightness 1100 nits. Kombinasi antara layar yang cepat, jernih, dan kaya warna serta bisa dilihat di luar ruangan yang terang sekalipun, akan memberikan pengalaman menikmati konten dalam tampilan terbaiknya.



6. Audio Jernih

Tak hanya urusan layar nih yang mantap, sektor audio juga digarap dengan tak tanggung-tanggung oleh ASUS. Untuk menjadikan Zenfone 9 sebagai sarana hiburan yang bisa diandalkan, ASUS sampai menggandeng pakar sound di Dirac Research, Swedia.

Kerjasama yang sudah dijalin sejak project ROG Phone 3 dilanjutkan di ponsel ini, untuk menghasilkan kualitas audio yang impresif dari dua speaker linier yang disupport oleh smart amps dari Qualcomm AqsticTM dan jack audio 3.5mm yang menggunakan Qualcomm Aqstic DAC terbaru.




Bagi penggemar olahraga, sembari beraktivitas bisa tetap mendengarkan lagu-lagu favoritnya dengan kualitas audio yang mumpuni. Ga ada lagi suara kresek-kresek yang bakalan bikin telinga sakit dan hati merintih perih. *duh laaahhh...

Yang hobi nonton drakor ataupun streaming-an film lainnya, nonton menggunakan Zenfone 9 juga bakalan seru nih. Buatku yang gemar nonton film action, yang biasanya efek audionya dahsyat, bakalan makin mantep deh. 



7. Aman Digunakan dalam Kondisi Apapun

Kecanggihan berbagai fitur dan performa Zenfone 9 juga diimbangi dengan ketangguhan dalam perlindungannya. Zenfone 9 telah masuk ke jajaran ponsel paling durable di jajaran produk ASUS. Tidak hanya karena layarnya diproteksi Corning Gorilla Glass Victus, tapi Zenfone 9 juga sudah tersertifikasi IP68 yang artinya sudah anti air dan debu.




Dengan sertifikasi IP68 ini, Zenfone 9 tetap nyaman digunakan sesuai aktivitas kita masing-masing di berbagai medan dan situasi.

--------------------------------------


Setelah melihat berbagai kelebihan Zenfone 9 ini, kalian para traveler dan food blogger mupeng ga siiihh pengin menjadikannya sebagai gawai andalan? Buat kalian yang mau beli Zenfone 9, udah bisa kalian dapatkan melalui partner dan channel pembelian resmi produk ASUS antara lain Erafone, Tokopedia, ASUS Exclusive Store, ASUS Online Store.

Buktikan sendiri performa dan ketangguhan si mungil ini ketika digunakan untuk merekam gambar dan video dalam medan yang sulit : di tempat yang minim cahaya, atau justru yang terlalu terang, ataupun ketika sedang menempuh perjalanan di medan yang ekstrim. 

Aku pun jadi pengin banget bisa punya Zenfone 9 ini untuk mendukung semua aktivitas ngeblog dan pembuatan konten berupa foto dan video. Semoga semesta merestui.


Artikel ini diikutsertakan dalam ASUS Zenfone 9 Blog Writing Competition di Blog Widyanti Yuliandari


47 komentar:

  1. Bagi seorang travel blogger dan food blogger, memiliki smartphone andalan seperti ASUS Zenfone 9 ini akan sangat membantu ya mbak
    Bisa tetap membuat konten kece praktis dgn smartphone aja

    BalasHapus
  2. Waah Iya mbak kalau traveling di medan yang bahaya pakai kamera ngeri juga ya. Tapi kalau ada handphone sekelas kamera seperti Zenfone 9 yang bisa bikin foto cakep jadi mupeng.

    By the way foto uni Rai memang cakep-cakep ya. Moto pakai hp pun hasilnya bisa wow..

    BalasHapus
  3. Sejak Zenfone 9 rilis di Indonesia, aku udah ngimpiin pengen punya ini juga mbak. Butuh juga buat ngereview skincare, apalagi sekarang kalau kalau ulasan skincare tuh brand mintanya bikin video. Kl tangan tremor mulu kan jelek videonya.

    BalasHapus
  4. Saat ini kamera smartphone sudah setara canggihnya dengan DSLR. Plusnya salah satunya pocketable, bisa enteng aja dibawa kemana mana bahkan masuk saku. Kualitas dan efek juga sudah oke banget nih Asus Zenfone 9.

    BalasHapus
  5. Wah, ternyata handphone Asus Zenfone 9 ini sudah menjadi andalan travelers untuk merekam jejak dan mengabadikan perjalanan mereka dengan indah dan memuaskan. Hasil fotonya tajam dengan kecanggihan teknologi seperti disebutkan di atas. Ga nyangka banget ya padahal bentuknya kelihatan simple dan ukurannya keci;/ ga terlalu besar atau lebar. Praktis banget digunakan. Semoga bisa kebeli suatu hari nanti aamiin.

    BalasHapus
  6. Suka banget insight nya untuk memaksimalkan smartphone saat sedang travelling atau bikin konten.

    Aku jadi inget pesan salah satu blogger bahwa yang terpenting adalah memahami gear yang digunakan serta rajin berlatih.

    Untuk menghasilkan konten yang bagus gak mungkin instan, kudu ada perjuangan dan membawa ASUS Zenfone 9 ke dalam poket. Sin mungil yang gesit ini siap menjadi pendamping setia seorang konten kreator.

    BalasHapus
  7. Saya ingat tukang foto dulu yang sering bawa tas besar untuk bekerja. Bahkan, ada yang sampai bawa tiang penyangga segala. Sekarang yang begituan lewat ya, Mbak. Apalagi sudah ada Zenfone 9 dengan gimbal mutakhir. Tinggal slipkan di kantong, beres semua.

    BalasHapus
  8. ASUS Zenfone 9 ini memang cocok banget buat para traveler dan content creator ya. Sukses untuk lombanya, Kak.

    BalasHapus
  9. Wah Zenfone 9 hasilnya kece juga ya Mbak. Yang foto di air terjun sampai kukira hasil DSLR lho. Fitur dan speknya benar2 mumpuni untuk traveler dan food blogger

    BalasHapus
  10. Zenfone 9 ini juara banget untuk produksi berbagai konten ya, Mbak.. Kameranya plus gimbalnya bikin video dan foto makin ciamik pasti. Dududu, semoga tahun ini ada rezeki buat meminang Zenfone 9. Aamin

    BalasHapus
  11. Zenfone 9 ini juara banget untuk produksi berbagai konten ya, Mbak.. Kameranya plus gimbalnya bikin video dan foto makin ciamik pasti. Dududu, semoga tahun ini ada rezeki buat meminang Zenfone 9. Aamin

    BalasHapus
  12. ZenFone 9 emang bikin mupeng sihh, apalagi fitur stabilizernya yang mirip iphone dan bahkan lebih baik dari itu kabarnyaa, huhu gimana nih jadi bingung, jual ip beli zenfone apa ya?hahah

    BalasHapus
  13. Keren sih emang, buat traveling bisa diandalkan banget ini. Apalgi yang repot bawa bocah-bocah travelingnya

    BalasHapus
  14. Kalau nonton konten yang bagus tuh seneng yah..
    Tapi kerasa effortnya sang pembuat konten dari mulai setting prop sampai gear yang digunakan.
    Kudu banget memilih gear terbaik seperti ASUS Zenfone 9. Semua speknya oke punya, sehingga gak perlu nambah apa-apa lagi, uda ready to use.

    BalasHapus
  15. Pokoknya sekarang kalau liburan enggak usah ribet bawa kamera DSLR cukup bawa hp ini aja ya....dijamin gambarnya wooke

    BalasHapus
  16. Iyaaaa aku juga pas pergi dekeeeeut aja padahal kalau bawa camera mirrorless yg enteng, udah mikir2 hihi, plus bawa anak2 masih kecik. Ini mah pakai hp udah ada yg hasilnya cakep ya mba. . Jadi pengin punya deh, andalan banget bisa dibawa2 ringan tapi speknya mantap

    BalasHapus
  17. Hihi kok sama kayak pemikiranku ya mbak, kalau seleb sih travelling bawa badan aja, dia punya tim dokumentasi yang siap bawaain segala peralatan untuk bikin foto maupun video berkualitas tinggi. Lha kita (saya) ini siapa, segala perlengkapan mesti bawa sendiri.

    Zenfone 9 ini keren banget ya spesifikasi dan fitur-fiturnya, udah dapat sertifikasi anti air dan debu pula.

    BalasHapus
  18. Pas banget lagi cari rekomendasi android yang kece gambarnya, hpku ini udah 5 tahun dan saatnya diganti. Ukuran ZenFone 9 ini pas ya digenggam, nggak besar atau kecil dari sisi spek bagus, baterainya besar. Emang kalau traveler tuh butuh yang ringkas dan praktis di bawa-bawa ya.

    BalasHapus
  19. Setuju banget karena dari review yang ada. Smartphone ini digadang gadang bisa disejajarkan dengan merek hp terbaik saat ini.

    BalasHapus
  20. Ngiler banget sama ZenFone 9 sejak dari awal rilis. Look at the camera, though. Baca-baca review juga kualitas kameranya udah semacam mirrorless kamera

    BalasHapus
  21. Betul nih ponsel andalan para content creator. Speknya juga gahar karena udah pake chipset Snapdragon gen 1 8+

    BalasHapus
  22. Zenfone 9 ini emang mumpuni banget sih ya, apalagi soal kamera. Liat beberapa orang yg update hasil video, foto dari kamera hp ini, beuh cakeup banget mba. Aku pake zenfone 6 aja merasa masih oke, lah ini lebih oke lagi

    BalasHapus
  23. Aamiin semoga semesta merestui ya, mbak Uniek
    Dambaan para traveler dan food blogger ini Zenfone 9, dengan segala kualitas performa yang mumpuni. Aku juga mauuu

    BalasHapus
  24. Ponsel inceran content creator nih ini. Saya aja naksir. Stabilizernya itu ya yang bikin bagus konten apapun yang dibikin. Penting itu ada spek gimbal menyatu di ponsel.

    BalasHapus
  25. Zenfone 9 ini kelihatannya memang perfect macth untuk content creator yang selain dari sisi kepraktisan juga dari kualitas dan spesifikasinya apalagi klo yang mobile dan harus gercep dalm proses creating content

    BalasHapus
  26. aah, mbak Raiyani memang keren banget yaa mbak. fotonya bagus banget itu pelanginya keliatan jelas, airnya juga. aah, sesuka itu sama fotonya aku, ahaha.

    iya bener kalau traveling mending bawa yang ringkes aja, tapi kadang galaunya tuh, kamera smartphone DOFnya gak seoke kamera. Asus Zenfone 9 ini kayanya udah canggih banget tapi yaa, bisa jadi solusi untuk tetap bisa mengambil gambar yang kece tapi gak bawa2 gembolan berat, ahaha

    BalasHapus
  27. kecil-kecil cabe rawit dong ya asus zenfone 9 ini soalnya ukurannya mungil tapi banyak banget kelebihannya terutama buat yang suka fotografi dan bikin video

    BalasHapus
  28. Keren bnget sih spek ya, berharap bis segera punya hape secanggih ini jg biar kontenku makin kece jg

    BalasHapus
  29. Wah iya nih belakangan mbak HM Zwan suka bikin video reels mirroring ke tiktok. Paling suka konten masaknya.
    Asyik kalau HP mengandung ((MENGANDUNG)) eh udah ada fitur kek gimbal gini, jd memegang tangan satu pun video tampak stabil, begitu juga saat memvideokan dari atas kendaraan yaa.

    BalasHapus
  30. Wow, kameranya bikin ngiler deh mbak ukurannya pun imut banget sepertinya aman tuh masuk di saku atau di dompet saat jalan-jalan, betul-betul impian traveler ini mah.

    BalasHapus
  31. Zenfone nggak perlu diragukan lagi ya mba. Apalagi punya baterai yang berkapasitas tinggi. Hasil fotonya bagus dan detailnya juga tampak

    BalasHapus
  32. dulu ... aku traveling bawa DSLR. Sampe harus bawa tas khusus, memang rempong tapi ya demi hasil foto yang OK. Sekarang traveling bawa zenfone 9 sepertinya sudah cukup yah. Bisa buat foto video dengan kualitas yang sharp, enteng, praktis, dan ukurannya itu lho kok kayaknya lebih handy dibanding smartphone lain.

    BalasHapus
  33. Smartphone sekarang kameranya sudah bagus-bagus. Jadi bisa banget dibawa traveling. PR-nya harus diimbangi dengan kemampuan, teknik motret yang bagus juga

    BalasHapus
  34. Smartphone sekarang kameranya sudah bagus-bagus. Jadi bisa banget dibawa traveling. PR-nya harus diimbangi dengan kemampuan, teknik motret yang bagus juga

    BalasHapus
  35. Kalau sudah memiliki ASUS Zenfone 9 ini, apapun aktivitasnya, bakalan seru deh. Mau bikin vlog kulineran juga seneng karena hasil videonya bagus, enggak goyang dan lensanya jernih.

    BalasHapus
  36. Resolusi 50MP? πŸ˜† waduuhh, ASUS selalu tau caranya bikin kita mupeenggg sama aneka gadgetnya yahhh
    Karena emang kreator konten ketolong bgt dgn spesifikasi ASUS yg ciamik

    BalasHapus
  37. Bagi food blogger dan travel blogger, smartphone seperti Zenfone 9 ini emang pas ya mbak
    Membantu banget bikin konten video yang cakep cakep

    BalasHapus
  38. Wihhh dengan teknologi Axis Hybrid Gimbal Stabilization yang dimiliki Asus Zenfone 9 ini, untuk bikin video nggak bakal goyang dong ya. Terlebih masih dilengkapi ZenUI 9 dengan user interface bakal memiliki performa canggih dan sempurna. Yang bikin gemes tuh ukurannya imut, gak bakal bikin tangan jadi tremor

    BalasHapus
  39. andalan banget kalau jadi food blogger itu kamera hape yang bisa untuk mengambil gambar makanan yang menggugah selera ya mba Uniek. Aku juga mau nih Zenfone 9

    BalasHapus
  40. Kukira ASUS hanya fokus ke laptop saja, ternyata sekarang ngeluarin smartphone baru, ya. Asyik! Bisa balik lagi ke ponsel ASUS nih. Apalagi sekarang teknologinya lebih canggih. Yuk, bisa,yuk! Beli Zenfone 9 nya!

    BalasHapus
  41. Iya sepertinya lebih nyaman dan aman bawa ponsel ya untuk traveler untuk memotret soalnya tidak menyolok dan lebih ringan bobotnya apalagi di keramaian. Hasil jepretannya pun mumpuni kayak Zenfone 9 ini

    BalasHapus
  42. Satu kata PENGENNNN ...semoga bisa kesampaian memiliki th ini suami dpt jatah hp baru semoga bisa ambil zenfone 9

    BalasHapus
  43. Jadi mupeng jg pengen beli Zenfone 9. Aww.. kalo punya something yg bs serba multitasking tuh rasanya langsung pengen nabung buat punya. Utamanya hasil jepretannya itu loh. Mantep banget

    BalasHapus
  44. Resolusinya manteb tenan ya mbak. Emang pas ni buat para content creator dam traveler. Jd ga perlu bawa2 kamera gede blm lagi lensanya. Ribet wes apalagi klo bawa anak2.ringkes kalo pake hape

    BalasHapus
  45. memang oke banget ya mba dan pas buat jadi gawai andalan kita - kita ya. Performancenya oek dan fiturnya pun banyak yang bisa membantu para content creator. Gotta have one!

    BalasHapus
  46. Ga hanya travel blogger dan food blogger yang butuh hp yang speknya seperti zenfone 9. Emak2 macam saya yang hobi foto anak2 di rumah juga butuh hp dengan kamera canggih seperti asus zenfone 9

    BalasHapus
  47. Meskipun HP Android sudah sangat bagus sekarang tapi masih banyak yang pakai iPhone buat bikin vlog, mungkin karena efek brand kali ya

    BalasHapus