18 Desember 2022

Autonomous Vehicle Pertama di Indonesia ada di The Breeze, BSD City

 

Apa yang terlintas di benakmu ketika disebutkan autonomous vehicle alias kendaraan tanpa awak atau pengemudi? Berasa aneh nggak sih, mosok ada gitu kendaraan bisa jalan sendiri. Emangnya mobil di film James Bond atau Mission Impossible yang bisa dikendalikan menggunakan remote? Kalian baru akan ngeh setelah membaca tulisan ini yang membahas tentang first autonomous vehicle at Green Office Park, BSD City, Tangerang.

Autonomous vehicle (AV) telah beberapa saat diperkenalkan di Indonesia. Bahkan pada saat gelaran event G20 Summit di Bali bulan November lalu, AV ini menjadi salah satu daya tarik tersendiri, diperkenalkan sebagai moda transportasi berkonsep green mobility yang sudah ada di Indonesia.



Autonomous Vehicle Pertama di Indonesia





Autonomous vehicle ini pertama diperkenalkan pada bulan Mei 2022, saat Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar, mencoba mobil tanpa awak ini di kawasan BSD City. Beliau mendampingi  Menteri Perhubungan dan Kepala Badan Otorita Ibukota Baru IKN dalam rangka peresmian sekaligus peluncuran  Autonomous Vehicle pertama di Indonesia.

Beliau menyatakan bahwa Autonomous Vehicle (AV) ini merupakan inovasi dalam perkembangan teknologi. Diharapkan ke depannya AV akan menyederhanakan sistem transportasi di kawasan Pemerintah Kabupaten Tangerang.

Inovasi munculnya autonomous vehicle ini tak lepas dari peran serta Sinar Mas Land sebagai pengembang kawasan BSD City yang dengan tegas menyatakan komitmennya untuk terus berkontribusi dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). 

Komitmen tersebut dibuktikan dengan dilakukannya berbagai inovasi untuk mengembangkan konsep kota pintar berenergi hijau yang lebih ramah lingkungan. Sinar Mas Land turut mengambil bagian untuk menggerakan ekonomi digital serta peralihan ke energi terbarukan dengan melakukan transformasi BSD City menjadi integrated smart digital city. 

Terkait transformasi ini, Sinar Mas Land melengkapi township ini dengan infrastruktur digital dan pengembangan fasilitas berwawasan lingkungan. Maka dikembangkan ekosistem Digital Hub sejalan dengan pembangunan sarana dan prasarananya. Dalam ekosistem ini, Sinar Mas Land menghadirkan inovasi digital terkini, salah satunya autonomous electric vehicle (AV). 

Inisiatif ini merupakan kelanjutan dari kemitraan strategis antara Sinar Mas Land dan Mitsubishi Corporation. Kemitraan tersebut didukung pendanaan dari JICA, Mitsubishi Corporation bersama dengan MACNICA Inc. yang telah berhasil melakukan uji coba tahap pertama autonomous vehicle di kawasan BSD City.



Navya Autonom Shuttle, Bus Otomatis Pertama di Indonesia


Lebih lanjut yuk kita kenalan dengan si autonomous vehicle ini. Mobil tanpa awak tersebut berasal dari Perancis dengan merk dagang Navya dan masuk ke Indonesia dengan varian Arma. Bisa saja kita menyebutnya Navya Arma gitu yaaa... Navya Arma memiliki penggerak listrik dan battery pack berkapasitas 33 kWh yang dapat bertahan selama 9 jam. 


autonomous vehicle navya arma

Bus otomatis tanpa awak dan bertenaga listrik itu berdimensi 4,7m x 2,1 m dengan kapasitas penumpang 15 orang. Formasi untuk penumpangnya terdiri atas 11 orang duduk dan 4 berdiri. Meski tanpa pengemudi, aman kok karena sudah dilengkapi dengan sabuk pengaman.

Navya Arma dilengkapi dengan beragam sensor mulai dari pemanfaatan GPS (Global Positioning System), sensor LIDAR (Light Radar) yang digabungkan dengan kamera resolusi tinggi untuk big data analysis. Data tersebut kemudian akan diproses oleh komputer yang memiliki spesifikasi tinggi yang tertanam di dalam mobil.

Autonomous vehicle ini mempunyai kemampuan akselerasi, navigasi, hingga dapat mendeteksi kondisi lingkungan di sekitarnya, termasuk menghindari halangan dan melakukan pemberhentian otomatis meskipun tanpa pengemudi.

Uji coba tahap pertama Navya Arma dilakukan bulan Mei hingga Juli lalu. Selanjutnya uji coba dilanjutkan di kawasan BSD Green Office Park (GOP) pada 27 Agustus 2022 hingga 5 Januari 2023 mendatang.



First Autonomous Vehicle at Green Office Park, BSD City


Kehadiran teknologi ini sejalan dengan visi hijau kawasan Green Office Park (GOP) di BSD City yang telah tersertifikasi sebagai Green Mark District pertama di Indonesia dari Building Construction Authority (BCA) Singapura. Seluruh gedung perkantoran yang dibangun di dalamnya juga telah mendapat sertifikasi sebagai green building dari Green Building Council Indonesia (GBCI). 



Oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi kehadiran teknologi autonomous vehicle ini dinilai mampu mewujudkan transportasi masa depan bagi pembangunan kota pintar yang sustainable di Indonesia. 

Lebih lanjut lagi, Chief Digital Tech Ecosystem & Development Sinar Mas Land, Irawan Harahap mengatakan bahwa erkembangan ekosistem kendaraan listrik tanpa awak ini memperkuat semangat untuk mewujudkan komitmen Sinar Mas Land dalam menjawab solusi akan kendaraan yang rendah emisi karbon serta mendorong kehidupan yang berkelanjutan. Inovasi autonomus vehicle ini hadir dengan beragam fitur yang smart technology. Teknologi smart transportation ini bakal menjadi alternatif moda transportasi baru dalam melayani mobilitas masyarakat. 


autonomous vehicle sinar mas land


Kecanggihan fitur yang dimiliki AV ini juga merefleksikan gaya hidup yang akan coba dihadirkan oleh Sinar Mas Land di BSD City dalam transformasi kota mandiri sebagai smart integrated digital city, khususnya di ekosistem Digital Hub yang sarat dengan kegiatan teknologi digital. 



Bagaimana Cara Naik Autonomous Vehicle?




Bagi yang ingin mencoba gimana rasanya naik bus otomatis pertama di Indonesia, bisa langsung datang ke lobby utama The Breeze, BSD City. Datang saja pada hari Selasa hingga hari Minggu, mulai pukul 10.00 hingga 17.00 WIB.

Masyarakat umum dapat mencoba naik autonomous vehicle ini secara gratis tanpa dikenakan biaya tambahan apapun. Calon penumpang cukup hanya melakukan pendaftaran dan mengisi survei sebelum dan sesudah menikmati kendaraan, melalui aplikasi OneSmile yang tersedia di Apple App Store maupun Google Playstore. 

Anak-anak boleh ikutan naik AV kah?

Jika ingin mengajak anak-anak untuk merasakan sensasi naik kendaraan listrik tanpa awak ini, pastikan mengikuti ketentuan tinggi badan anak minimal 120 cm. Harus didampingi oleh orangtua yaaa... enggak boleh naik sendirian.





First Autonomous Vehicle at Green Office Park, BSD City ini dapat dicoba sampai tanggal 21 Desember 2022, selanjutnya akan dipamerkan di dalam area The Breeze mulai 22 Desember hingga 4 Januari 2023. 

Tunggu apa lagi, tinggal beberapa hari lagi lho kesempatanmu untuk nyobain naik mobil tanpa awak ini. Segera ke BSD Green Office Park aja untuk nyobain Autonomous Vehicle pertama di Indonesia!



28 komentar:

  1. Aku penasaran banget ini pas tahu ada mobil tanpa supir. Betapa inovasi terus berkembang seiring berkembangnya jaman. Pengen naik itu bus yang namanya aja bagus banget

    BalasHapus
  2. Masyallah, aku baru tahu mba autonomous vehicle ini kece banget ya. Ga perlu sopir lagi. Itu yang pertama niak deg degan ga ya hihihi πŸ˜‚. Pasti canggih banget ya bis kecil ini karena udah dilengkapi banyak sensor.. Aku jadi penasaran jual juga ga ya mobil buat pribady yang konsepnya kyak gini. Ga usah pake supir lagi πŸ˜‚

    BalasHapus
  3. Yang di sekitar BSD masih bisa dong ya hari ini mencoba Autonomous vehicle ini. Keren ya .... mungkin kalau pertama kali naik rasanya aneh, tanpa sopir dan jalan sendiri hihi.

    BalasHapus
  4. anakku pasti happy dan ngerasa seneng banget buat nyoba bus listrik ini

    BalasHapus
  5. Bisa naik Autonomous vehicle ini kek masih terpana, kok bisa ya Indonesia udah di tahap itu!

    A.V ini memang punya kemampuan akselerasi, navigasi, hingga dapat mendeteksi kondisi lingkungan di sekitarnya, termasuk menghindari halangan dan melakukan pemberhentian otomatis meskipun tanpa pengemudi. So sangat mudah buat digunakan

    BalasHapus
  6. aku kalau ngomongin mobil otomatis gini ingatnya malah sama drakor start up waktu suzy bikin mobil otomatis sama dosan. hihi. semakin canggih ya sekarang teknologi mobil ini entah gimana ke depannya nanti kemajuannya

    BalasHapus
  7. Masha Allah lucu banget ya kendaraannya. Molly ingin naikinnya, keknya bisa untuk yg pakai kursi roda juga. Semoga bisa ada di mana-mana..

    BalasHapus
  8. Sempet baca2 dan dapet infonya di medsos. Aku penasaran banget pengen nyobain autonomous vehicle juga.
    Tapi ngga boleh bawa nak bayi ya kalo minimal tinggi anak 120cm?
    Masih gratis kan nyoba nya?

    BalasHapus
  9. Tau autonomous vehicle ini beberapa waktu yang lalu mbak, sempat mbatin..pasti yang naik deg-degan banget ahahaha. Bener-bener canggih ya..bagus banget desainnya, unyu, gemesin

    BalasHapus
  10. Keren! Turut bangga bahwa di negara kita sudah ada kendaraan berteknologi tinggi, bisa berjalan tanpa ada pengemudi. Bisa mendeteksi kondisi sekitar, mengatur kecepatan dan berhenti secara otomatis.

    BalasHapus
  11. Senang ya melihat negara kita semakin maju, dan banyak kemudahan. Salah satunya dengan adanya kendaraan tanpa kemudi ini.

    BalasHapus
  12. Pengeen cobain Autonomous vehicle harus ke BSD yaa ....kereen iih jadi mengurangi polusi hemat energi... gusti yeni

    BalasHapus
  13. Navya Arma, cantik banget namanya seperti nama anak-anak masa kini, hehe. Keren banget sih ini teknologinya, benar-benar tanpa awak seperti MRT gitu, ya? Gimana Mbak rasanya naik ini, deg-degan kah?

    BalasHapus
  14. Inovasi dari Sinar Mas Land ini keren abis ya mbak
    Bisa membuat autonomous vehicles pertama di Indonesia
    Aku jadi pengen nyoba bagaimana naik bis listrik tanpa awak

    BalasHapus
  15. Pengen merasakan sensasinya. Harus ke BSD dulu tapi ya ...
    Terbayang naik kendaraan tanpa pengemudi itu kaya dalam film hehehe

    BalasHapus
  16. Keren & canggih banget ini kendaraan tanpa awak, cobain sini yuk mbak kalau ke Jakarta. Padahal adanya di GOP tempat kerja suamiku nih malah dia sendiri gak tau :-D
    Lumayan lah ukurannya ya muat 15 orang untuk angkut penumpang. Serasa bukan di Indonesia jadinya

    BalasHapus
  17. Wah keren ya kendaraan tanpa awak, ini berkat kemajuan teknologi ya jadi lebih efektif buat ngangkut orang

    BalasHapus
  18. Berarti di indonesia banyak yang menjadikan menulis sebagai pekerjaan nyatanya yang bikin ISBN

    BalasHapus
  19. Zaman semakin canggih ya, Bun. Banyak inovasi² seperti moda tranaportasi demi bumi semakin sehat.

    Semoga nanti di Semarang ada mobil listrik ya, Bun. Pingin nyobain. Hihihi

    BalasHapus
  20. Saya tuh langsung ngebayangin itu sensornya gimana ya? Dan kalau ada trafic atau macet gimana. Keren banget deh. Jadi mau cobain deh ke the breeze bsd

    BalasHapus
  21. Bentuknya kiyut banget..
    Rasanya gak percaya kalau ini bis pertama yang tanpa awak. Salut banget.. sama Autonomous Vehicle at Green Office Park, BSD City.

    BalasHapus
  22. Deg-degan juga yaa naik bus tanpa supir tapi pasti jadi pengalaman mengesankan, akhirnya telah tiba waktunya robot masuk dalam kehidupan kita sehari-hari

    BalasHapus
  23. Pas baca baru ngeh ini deker rumah. Jadi pengen bawa bontot utk cobaini

    BalasHapus
  24. Mobil yang dulunya cuma ada di film sekarang bisa dinaikin semua orang. Keren Sinar Mas Land. Kebetulan tante tinggal di BSD dan udah coba naik.
    Disana ada berapa unit AV mba?

    BalasHapus
  25. Awalnya kagum tau kalau ini bus listrik, makin kagum ternyata ini tuh jenis bus listrik tanpa awak ya. Keren banget Sinarmas land. Moga bisa menyebar ke kota lain juga hehehe

    BalasHapus
  26. itu kalau ditengah jalan kebelet pipis, gimana tuh ngasi tau yang nyupir, kan tanpa awak tuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu kan seputaran BSD aja, kak. Rutenya dekat2 ajah.

      Hapus