Featured Post

#UsiaCantik dan Mengapresiasi Diri Sendiri

Bu, sekarang umur Ibu sudah berapa?   Pernah sesekali waktu anak keduaku nanyain umur model petugas sensus begitu. Iya sih, jawabnya me...

15 August 2015

Minuman Favorit



Apa minuman favorit sobat semua?

Air segar kayak foto di atas itu? Hehehehe... lebih baik jangan ya. Bukan karena kandungan bakterinya loh yang kumaksud, namun perjalanan mau dapet air segarnya itu yang bakalan bikin encok dan pegal :)  Yakali udah jadi 'pembesar' gini masih disuruh kelayapan naik-naik ke puncak gunung lagi. Kalau seratus tahun yang lalu sih enteng surenteng mau kemana-mana. Modal ransel, sedikit makanan dan sedikit uang udah bisa asyik masyuk belepotan debu dan daki model begitu :)

Jadi, apa maksud foto di atas?

Nggak... nggak ada maksud apa-apa... duh jangan suka berburuk sangka dong, temans *please selesaiin baca ampe akhir artikel ya jangan di-skip hahahaa....

Menyoal minuman favorit, aku jadi ingin tau apa kira-kira yang menjadi pilihan sobat semua. Rata-rata angin nih ya, palingan pada jawab teh, kopi, wedang jahe, wedang uwuh, bandrek dan sebangsa gitu lah. Soalnya kalau jawab kuah lodeh ataupun kuah tom yum ya agak menakjubkan juga. 

wedang coklat
Dulu jaman masih kuat kelayapan ke dataran tinggi, kopi adalah minuman favorit yang tak terbantahkan. Paling enak duduk-duduk di tengah dinginnya udara pegunungan sambil wedangan dengan bergelas-gelas kopi tubruk yang panas. Kadang saking dinginnya hawa saat itu, kopi panas itu asal disruput aja, panasnya sudah tak terasa lagi. Baru besoknya bakalan ketauan deh kalau kopi tadi malam asli panas banget karena lidah lecet. Seriiiiingg banget kejadian kayak gitu. Tapi herannya kok ya diulang dan diulang lagi :)

Sebenarnya masih suka banget sama kopi sampai saat ini, hanya saja karena kondisi organ tubuh sudah lebih 'piyayi' (suka deg-degan maksudnya), maka sekarang wedang coklat lah yang kupilih untuk menggantikan kopi. Mantep banget loh saat cuaca dingin gitu, di kantor menyeduh coklat dan kemudian meminumnya sambil ditiup pelan-pelan. Heaven deh.... 

Kalau pas lagi enggak males, aku biasa beli bubuk coklat macam merk Windmolen atau Van Houten. Ntar tinggal ditambah gula sebelum diseduh dengan air mendidih. Pahit-pahit enak deh rasanya. Bagi yang doyan susu bisa ditambahkan juga kok untuk membuat wedang coklat ini. Tapi buatku, campuran bubuk coklat dan sedikit gula ini yang paling top. Nggak eneg sama sekali. 

Apabila malas sedang melanda, sekarang udah banyak juga kan bubuk coklat yang lengkap dengan gulanya dalam kemasan sachet. Merknya bermacam-macam, bahkan di minimarket ataupun warung kelontong sudah ada kok. Tinggal tuang isi sachet-nya, tambahkan air panas dari dispenser, jadi deh. Pesanku satu nih, ntar pas mengaduk wedang jangan kayak yang ada di foto itu. Jangan ditiru ya hehehee.... *kayaknya ga sengaja kena sotosop deh, masak piyayi ngaduk wedang kok pake drei :)

teh poci ginasthel

Selain coklat, favoritku yang lain adalah teh. Hampir semua teh aku suka, terutama yang beraroma jasmine. Kalau pas lagi ngider ke warung kucingan kadang ada juga yang menyediakan teh poci. Asyik banget loh, sembari makan dan ngobrol, teh bisa kita tuangkan ke dalam cangkir dan menambahkan gula secukupnya. Paling sip kalau gulanya menggunakan gula batu. Proses wedang teh panas menjadi ginasthel (legi panas kenthel = manis panas pekat) dapat kita nikmati melalui moci ini. Moci itu maksudnya aktivitas minum teh poci.

Gimana, syedeeepp kan menikmati minuman favorit dengan cara-cara yang kita sukai. Hayuk sini share apa minuman favoritmu, kali aja terketuk pintu hatiku untuk berganti haluan ke minuman nikmat lainnya :)

43 comments:

  1. Minuman favku tetap cuko pempek mbak Uniek *ngakakkejengkang*

    ReplyDelete
  2. Aku kebiasaan minum kopi.. Pernah kuboba berhenti ngopi malah badan jadi lemes.. Mungkin saatnya kini cari solusi pengganti kopi..wedang cokelat menarik juga tuh utk dicoba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku terpaksa banget berhenti ngopi Mba... suka rindu gitu ngopi2 heboh kayak dulu lagi. Apa daya.....

      Delete
  3. Coklat panas .... minumnya pas ujan2... mantab :)

    ReplyDelete
  4. Aku udah insyaf minum kopi item, perutnya yg kagak kuat. Sekarang sih milih teh sepet dengan gula dikit. Makin kentel makin markotop deh ^_^

    ReplyDelete
  5. Sedang mengurangi ngopi nih, diganti jus buah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, aku loh udah hampir ga pernah ngopi

      Delete
  6. Tosh mbak Uniek. Paling suka kopi tubruk. Tapi bukan kopi addict sih. Cuman suka aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba...aq wes hampir ga pernah ngopi lagi sekarang :)

      Delete
  7. Ooh .. kirain wedang coklat itu pake jahe Mak hehehe. Dalam pikiran saya, minuman yang pake kata wedang itu ada jahenya.

    KAlo wedang coklat yang dalam tulisan ini .... wiih ... pasti lezatooo

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheeee...wedang itu artinya minuman panas Mak Niar

      Delete
  8. coklat panas is numero uno, mbakk.. apalagi coklatnya kental banget trus gak terlalu manis.. endeeuuss

    ReplyDelete
  9. Minuman favoritku sejauh ini masih air putih, mak. Entah ya, belum ada yg lain. E, kecuali sih, kalau lagi kumpul2 sm teman, baru deh cobain lainnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihii...aq blm bisa pisah sama wedang nih Mba Ria, kudu nyesep yg panas2 mulu. Klo air putih panas rada gimana soalnya nih rasanya :)

      Delete
  10. air putih yang menjadi minuman favoritku :)
    kalau lagi hujan sih ya kopi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kopi memang sedap ya, sayangnyaaa.... ihiks... sekarang suka deg2an klo kebanyakan

      Delete
  11. teh pocinya mau tapi gak mau pakai ula aku ya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ula apaan Lia? gula ya maksudnya? sini siniiii yuk moci bareng

      Delete
  12. Kalau ada teman yang baru balik dari Indonesia yang sering aku tagih tuh teh poci, bajigur sachet, wedang jahe sachet juga kopi2 instan ala-ala Indonesia itu. Kalau kebagian oleh2, minumnya akan dihemat-hemat :D setengah sachet dengan air sedikit banget dan diseruput sambil merem melek :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Nufus mau kukirimin? sini japri alamatnya

      Delete
  13. Itu ngaduknya pake apaan mak Uniek?
    Aku nyoba minum kopi pertama kali waktu kuliah, jantung deg2 an, abis itu nggak pernah minum kopi lagi. Enakan teh atau cokelat aja :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aq dulu pecandu kopi Mba Li...tapi sekarang udah ga kuat :) Paling cuma minum kopi sedikit aja, lebih sering ngeteh dan nyoklat.

      Delete
  14. Minuman favoritku apa, ya? Air putih kayaknya, sih. Murah meriah :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahah klo air putih sih wajib diminum semua umat ya mak :D

      Delete
  15. Woo samaa, aku juga penggemar wedang anget, terutama teh anget mbaa
    Aku wong nggunung, wit bayi minum teh nasgithel hehehe

    ReplyDelete
  16. Aku sukaa sama kopi mbak, tp ngeteh juga.. pokoknya lg mood yg mana aja sih..hehe

    ReplyDelete
  17. Widiiih... Aku juga suka cokelat panas :)

    ReplyDelete
  18. Kalau saya paling suka sama kopi tanpa kafein, enak tapi tidak berbahaya bagi tubuh kalau dikonsumsi dalam jangka panjang. Hehehe

    Salam kenal dari www.ifantastis.com - blogger wonogiri

    ReplyDelete
  19. ciye piyayii.....aku fokus ke dreinya itu lho..wakakak
    kalo soal poci aku kok ngrasa sekalipun udah dikasih gula batu tetep aja pait buanget yo bulik?

    ReplyDelete
  20. kok bisa sama ya penyuka cokelat van houten juga wedang2 yang mbak Uniek sharing...toos sik mbak hahaha

    ReplyDelete
  21. Minuman favoritku sih selalu.... white coffe. Slurrrrp. :D

    ReplyDelete
  22. Aku suka wedang coklat dan teh manis de Uniek... catet yaa.... ntar kalo aku ke semarang bikinkan aku wedang coklat juga hehehhe

    ReplyDelete
  23. Maauuuu wedang coklatnyaaaa... Huhuuuu

    ReplyDelete
  24. Udah pernah nyobain cokelat bubuk gaweane wong blitar belum? Enaaak lhoo. . . :D

    ReplyDelete
  25. Aku suka nya minum lemon panas dengan gula sedikit

    ReplyDelete
  26. minuman favorit saya kopi mbak ^_^ tapi yang kopi tanpa ampas.. eh, suka air sejuk juga mbak. itu lho..air yang gak terlalu dingin, tapi juga gak biasa.. #banyakmaunya

    ReplyDelete
  27. yg anget2 sih slain coklat, saya sukanya bajigur :D

    ReplyDelete