Featured Post

#UsiaCantik dan Mengapresiasi Diri Sendiri

Bu, sekarang umur Ibu sudah berapa?   Pernah sesekali waktu anak keduaku nanyain umur model petugas sensus begitu. Iya sih, jawabnya me...

07 April 2016

[Office Chronicle] Sahabat Sejati Berinternet



"Uniek, ditunggu ya proforma packing list-nya. Segera kirim ke email saya ya."

"Saya tunggu jawabannya segera ya Bu, Bill of Lading-nya mau segera kami cetak."

"Mbak, bisa dicek segera kah draft yang dikirim tadi. Mau kami kejarin ke shipping line-nya biar segera beres dokumennya."

Phewww... saban hari saban waktu entah berapa banyak orang yang memburuku dengan pertanyaan-pertanyaan sejenis di atas. Nggak cuma bos, relasi-relasi kantor pun sedemikan gencar 'mengincarku' selama dokumen mereka belum kubereskan.

Pusiiingg... pusiiingg... Meskipun memang sehari-hari itu pekerjaanku, namun tak setiap saat aku berada di ruangan untuk melakukan pekerjaan administrasi. Berada sebagai single fighter di divisi ekspor membuatku harus pontang-panting dari ruangan ke lapangan. Terutama bila ada jadwal harus memuat barang-barang kiriman nih, widiiiwww.... udah deh ibarat nggak bisa menghela napas barang sejenak. Jalan kesana kemari, ngecek daftar barangnya sudah sesuai dengan order apa belum. Lanjut cek nomor peti kemas yang akan membawa barang-barang tersebut, plus memastikan barang A tidak tertukar dengan barang B saat dimuat ke dalam peti kemas. 

Ada sih sebenarnya petugas lapangannya, namun mempertaruhkan kredibilitas pabrik dalam hal kesesuaian data dan barang kepada orang lain tentu saja tak bisa kulakukan. Kadang hal-hal sepele yang lepas dari pengawasan bisa berakibat fatal. Sekedar tertukar 1 digit nomor peti kemas saja bisa-bisa nanti di negara tujuan barang tersebut tidak diloloskan oleh bea cukai.

Lalu, sekarang mau apa? Ngeluh melulu tak berkesudahan? Minta bos untuk nambah karyawan biar kerjaanku enteng?

Waduh, emangnya siapa diriku ya kok berani-beraninya seperti itu. Meskipun berasa kepayahan kan tetap harus berpikir ke depan, bagaimana caranya pekerjaan beres semua. 

sebenarnya lagi ngapain sih itu si kerudung ungu?

Di kantor sih sebenarnya ada WIFI yang biasa kugunakan untuk koneksi internet. Sebagian besar pekerjaanku memang mengharuskan selalu terkoneksi dengan internet. Cuma masalahnya kalau pas muat barang tuh, jarak dari kantor ke gudang pabrik tempatku mondar-mandir bak mandor kepanasan itu jauuuuuhh sekali. Ngandelin sambungan internet via WIFI kantor sepertinya tidak mungkin.

"Uniek, segera kirimkan proforma yang mau kita ajuin ke buyer ya. Sekarang ditunggu."

Help me... 

Gimana tak harus putar kepala agar kerjaan beres kalau seperti ini caranya. Di satu sisi harus memastikan semua aman terkendali di lapangan, namun di sisi lain urusan administratif via internet juga harus beres secara bersamaan. Nggak ada yang bisa di-pending barang sebentaaaarrr ajah. Hiks. 

tampilan myCare di hapeku
Ngirim data-data sih bisa pake smartphone, cuma ya itu problem koneksinya bo. Bayar kuotanya mihiiiiilll... Sedih dong ya kalau harus mengorbankan kuota internet pribadi untuk kerjaan kantor gini. Soalnya pulsa handphone memang tidak ditanggung kantor. Kantor sudah menyediakan sarana berinternet yang prima, oleh karena itu tidak ada kompensasi untuk pulsa pribadi.

Untungnya nih sejak aku dapet smartphone gretongan yang sudah 4G, problem koneksi di atas bisa terpecahkan. Asus Zenfone Selfie-ku dengan RAM 3gb dan didukung penuh jaringan Indosat Ooredoo menjawab semua tantangan kerja tadi. 

Zenfone Selfie bukannya buat selfie-an aja? Emang bisa bantu kerjaan?

Hellowww... ini bukan endorsement ya, juga bukan review gadget :) Kebetulan saja memang aku menggunakan device tersebut. Hanya mau nunjukin kalau perangkat ber-RAM 3gb yang kuisi dengan simcard Indosat Ooredoo tersebut benar-benar menjadi penolongku. Bak sahabat sejati yang tidak tega sahabat terkasihnya menderita.

Kirim-kiriman email sembari jadi 'mandor' di gudang

Hanya saja nih minus di mataku yang sudah cukup tinggi membuatku kurang nyaman mantengin tulisan kecil-kecil di layar smartphone, meski ukuran layar smartphoneku sudah 5.5 inch. Beruntungnya aku punya pad (yang gretongan juga) yang bisa tethering ke smartphoneku. Meski belum 4G pad-nya, namun wuz wuz-nya 4G IM3 Ooredoo di smartphone sungguh amat membantu kelancaran pekerjaanku.

"Yes, Sir, already sent the invoice along with all related documents to you."

"Okay, Uniek, I'll send the payment soon after checking all docs."

Woke sip, semua urusan beres deh. Berkat sahabat sejati berinternet yang selalu menyertaiku.

Nggak boros emangnya mainan internet pake hape gitu? Salah seorang temanku kantor pernah nyeletuk seperti itu. Dia ngeliat aku mondar-mandir di gudang tapi tetep kirim-kiriman email tiada henti.

Dukungan penuh dari Indosat Ooredoo saat Fun Blogging 9 di Semarang

Nah ini, pasti dia nggak ikutan Fun Blogging deh. Hahahaa... jadi kemana-mana deh ini. Iya, pas ikutan event Fun Blogging di Gedung Indosat Semarang kapan hari aku makin yakin untuk tetap menggunakan provider yang satu ini karena memberi kebebasan penuh saat berinternet. Indosat Ooredoo punya Freedom Combo yang enggak bikin kantong kita jebol.

Sumber : https://indosatooredoo.com


Indosat Ooredoo punya tarif Freedom Combo, dimana selain menyediakan kuota utama seperti daftar di atas itu, ada juga tambahan 10gb untuk 4Gnya. Wohoooo... 10gb mau abis gimana kan kalau cuma buat email-emailan kayak gitu. Enteeenggg.... ;)

Aku dan Shintaries
Pada Fun Blogging tanggal 19 Maret 2016 yang kuikuti tersebut, Indosat mendukung penuh koneksi internet dari para peserta event. Ada yang belum tau mupun ikutan Fun Blogging?

Fun Blogging ini dihelat oleh 3 orang blogger handal Haya Aliya Zaki, Ani Berta dan Shinta Ries. Masing-masing dari mereka membagikan ilmu bermanfaat seputar blogging kepada para peserta.

Buruh kok ngeblog sih?

Yeeee... justru ya sebagai buruh kekinian kudu ngeblog biar nggak anjlok :) *maksa. Sehari-hari rutin berkutat dengan yang itu-itu saja ntar jadi hampa loh jiwa bila tidak diimbangi dengan aktualisasi di bidang yang lain. Lagipula, ngeblog itu meskipun butuh effort tinggi di sela-sela tumpukan berkas yang menggunung, seringkali menyelamatkan kekeringan hati. Nengok sebentar saja ke postingan teman, langsung bikin hati ceria. Lha itu cuma nengok blog orang lain lho, apalagi nengok blog sendiri kan. Bawaannya udah buru-buru pengin update saja. Semangat deh menyelesaikan pekerjaan utama biar ntar ngeblognya enjoy di waktu luang. Yeaaayy...

Balik lagi ke bonus kuota 4G yang 10gb tadi, sampai sekarang aja bolak-balik kugunakan untuk nonton Youtube di sela-sela aktivitas di lapangan juga nggak habis-habis nih kuotanya. Kalau pas lelah gitu ya, ambil posisi di salah satu sudut gudang, leyeh-leyeh sambil menikmati musik-musik asyik dari berbagai penyanyi favorit. Ada Marcel, Blue, Kahitna, KLa, The Corrs, dan lain-lainnya. Mana yang pas pengin aja langsung diklik untuk menghibur diri dan melepaskan penat barang sejenak.

Lha kok enak sih kerja sambil youtube-an?

Ya enak dooongg... Daripada manyun saja duduk sendirian nungguin proses muat barang ekspor selesai, kan mendingan menyegarkan diri dengan cara begini. Jauh dari kantor yang berlimpah WIFI ya tak mengapa. Pan eike udah pake Indosat Ooredoo booooo... Lagu-lagu favoritku bisa tampil mulus tanpa lag, irit pulsa pula berkat Freedom Combo.

Bang Mandor mau ikutan nonton? Sini, yuk siapkan cemilannya ;)

Nonton Abang Marcel nggak pake nge-lag berkat jaringan 4G Indosat Ooredoo

Yang lain penuh batasan, kami beri kebebasan!

14 comments:

  1. keren maaak, komplit artikelnya. semoga sukses ya mak... muaaach

    ReplyDelete
  2. eh, kayunya itu mau dikemanain mak? #kepo

    ReplyDelete
  3. Lengkap bgt ini artikel, aku pake jg indosat mak...IM3.

    ReplyDelete
  4. salut, mbak uniek. Meskipun sibuk sebagai ibu rumah tangga dan ibu pekerja, tetapi tetap bisa menyisihkan waktu untuk ngeblog.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih, mba, disempet2in ;) Makasih ya mba.

      Delete
  5. jadi lebih jatuh cinta ke Indosat kan mbak uniek

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, jadi lebih gampang get connected klo pake Indosat.

      Delete
  6. tsahhh aku mau tuh mbak tabnya :P
    hhhee

    ReplyDelete
  7. koneksi internet cepat memang penting apalagi untuk masalah pekerjaan :D

    ReplyDelete