27 Juli 2017

Benarkah Obat Herbal Berperan dalam Peningkatan Kualias Kesehatan?



 Apaaa... jamu? Beneran bisa menyembuhkan?

Ah teman, taukah kau jika obat herbal telah digunakan sejak lama oleh masyarakat luas dan dikenal dengan sebutan “jamu”? Iya, berbagai macam jamu kini telah banyak tersedia di sekitar kita. Menjaga kesehatan dan memberikan perawatan pada tubuh yang sedang mengalami masalah bisa banget dilakukan oleh obat herbal ini.

Pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang jamu perlu terus dilakukan oleh pemerintah, akademisi, dunia usaha dan masyarakat yaitu dengan saintifikasi jamu dalam hal ini penelitian berbasis pelayanan kesehatan. Berkaitan dengan upaya mensosialisasikan penggunaan, pengembangan, dan pemanfaatan obat herbal di bidang kesehatan, serta pentingnya herbal sebagai peningkat daya tahan tubuh pada penyakit degenerasi, bertempat di Auditorium Pascasarjana Universitas Udayana, Kota Denpasar, Bali, Sabtu (22/7), PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul, Tbk bekerja sama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana Bali, Ikatan Dokter Indonesia, dan Ikatan Apoteker Indonesia mengadakan seminar herbal bertajuk “Manfaat Obat Herbal Menuju Indonesia Sehat”.



Seminar yang diikuti oleh 300 peserta ini berasal dari kalangan akademisi, industri, peneliti mahasiwa, dan masyarakat umum di Bali dan sekitarnya. Hadir sebagai pembicara: Irwan Hidayat (Direktur PT Sido Muncul, Tbk), Prof. dr. Edi Dharmana, M.Sc. Ph. D, Sp.Park (Imunolog Peneliti Herbal, Guru Besar Universitas Diponegoro Semarang), Ondri Dwi Sampurno, M.Si, Apt (Deputi Bidang Pengawasan Obat Trandisional, Kosmetik, dan Porduk Komplemen BPOM RI), Dr. dr. Ina Rosalina Sp. A(K), Mkes, MH.Kes (Direktur Pelayanan Kesehatan Tradisional Kemenkes RI), Prof. Dr. dr. Nyoman Kertia, Sp.PD-KR (K), Dr. dr. Made Jawi M.Kes, dan Prof Dr. dr. IPG Adiatmika, M.Kes. 

Materi yang akan disampaikan dari masing-masing pembicara adalah Industri Herbal Berbasis GMP, Uji Manfaat Tolak Angin, Kebijakan Obat Asli Indonesia, Kebijakan Pengobatan Tradisional dan Komplementer di Indonesia, Terapi Herbal dalam Praktek Klinik, Uji Pre Klinik dan Uji Klinik Obat Herbal, serta Herbal dan Fisiologi Tubuh.




Secara khusus Direktur Sido Muncul Bp. Irwan Hidayat menyampaikan bahwa melalui seminar herbal seperti ini diharapkan dunia kedokteran memiliki wawasan yang luas mengenai perkembangan industri jamu, penelitian-penelitian yang dilakukan, juga penggunaan jamu untuk pelayanan kesehatan.

Seminar Herbal yang dilakukan Sido Muncul ini merupakan seminar ke-36 kali dalam mensosialisasikan penggunaan obat herbal. Seminar telah diadakan di kota-kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Bogor, Bandung, Semarang, Ungaran, Banjarmasin, Yogyakarta, Medan, Lampung, Pekanbaru, Padang, Palembang, Solo, Bali, Makassar, Surabaya, Jombang, Batam, dan Magelang. Di beberapa kota, seminar telah dilakukan lebih dari satu kali.


2 komentar:

  1. Bisa saja, asal dibarengi pola hidup sehat. :D

    BalasHapus
  2. Produk sidomuncul udah jadi andalan keluarga sejak aku masih kecil. :)

    BalasHapus