28 November 2018

5 Blogger yang Menginspirasi



Berkaitan dengan aktivitas blogging, ada satu hal yang tak bisa ketinggalan untuk dilakukan. Mencari inspirasi. 

Yes. Kebekuan ide tak jarang menghampiri jika referensi kita terbatas. Jadi tak ada salahnya jika blogger 'meguru' kepada blogger lain.

Kemudahan teknologi membuat blogger tak harus bertatap muka saat mencoba belajar dari blogger yang lain. Dengan membaca-baca artikel yang ada di blog favorit, kita bisa menambah wawasan.

Siapa saja sih blogger favoritku?

Sebelumnya aku sudah menulis tentang tema blog favorit. Bisa dibaca di sini ya : 5 Tema Blog Favorit.

Blogger favoritku pun tak lepas dari kelima tema yang sudah kutulis di sana. Mau tau? Halah, mau aja deh pokoknya yaaa... πŸ˜‰πŸ˜ƒ



1. Heni Puspita


Berkaitan dengan tema terfavoritku yaitu parenting, tak salah rasanya jika dari dulu aku suka sekali dengan berbagai tulisan dari Heni Puspita, mom blogger asal Lampung.

Sebelum muncul banyak mom blogger yang kekinian, kehadiran tulisan-tulisan Mba Heni ini sudah lebih dulu menarik perhatianku. Yang dituliskannya bukanlah hal-hal yang terlalu rumit. Malah justru sederhana sekali. 

Seorang ibu yang sederhana dengan segenap perhatian pada tumbuh kembang putra pertamanya saat itu, Rayyan. Ada saja metode pembelajaran yang dibuat Mba Heni untuk merangsang tumbuh kembang motorik Rayyan.



Misalnya seperti gambar di atas ini yang berasal dari postingan Mba Heni tahun 2015. Kesukaan Rayyan pada mobil-mobilan digunakan Mba Heni untuk mengajarkan beberapa suku kata. Masing-masing mobil ditempeli suku kata sesuai flash card yang dimainkan dan dibuatkan garasi. Rayyan tinggal mencocokkan mobilnya dengan flash card yang ada di garasinya.

Kayaknya sederhana banget kan? Tapi yang begini ini aku enggak kepikiran lhooo... Padahal dari hal-hal yang sederhana dan kreatif begini anak jadi belajar dengan senang. Belajarnya anak kan dengan bermain yaaa...

Saat ini aku sedang berburu mom blogger yang menggeluti dunia parenting dengan anak yang sudah remaja. Aku sungguh membutuhkan banyak ilmu terkait dengan perubahan sikap dari anakku yang telah beranjak dewasa. Ada saran aku harus blogwalking ke blog siapa?



2. Stanislaus Hans Danial


Salah satu hobi absurdku adalah mengumpulkan buku resep. Ngumpulin doang tapi nggak pernah nyobain selama bertahun-tahun. 😁 Nggenah po ra?

Melihat berbagai foto makanan rasanya gemas banget. Kok bisa ya bikin plating ataupun pengambilan sudut foto yang pas dan enak banget dilihat.

Bertahun-tahun lalu aku menemukan eatandtreats, blog milik Stanislaus Hans Danial, yang saat ini sudah ngehits banget sebagai food blogger level internasional. Dia beberapa kali review tempat makan di luar negeri juga, kalau ga salah ingat.




Di tangan dingin Hans, bahkan sekedar review mie instan pun terasa amat menyenangkan untuk dipandang-pandang. Hampir semua foto yang diunggahnya di blog sangat aku sukai.

Coba aja nih, kepikiran nggak sih motretin mangkok Soto Betawi dengan angle seperti ini :



Menurutku dia sangat jenius, baik dari ide pengambilan gambar maupun kalimat. Meskipun penguasaan Bahasa Inggrisku masih tergeragap, paling tidak aku lumayan paham apa saja yang berusaha disampaikan oleh Hans melalui tulisan-tulisannya.

Hans sanggup menyampaikan gambaran cita rasa kuliner dengan penekanan sudut pandang yang khas. Diksinya kaya dan  membuat tulisannya sangat enak dibaca.

Hanya saja Hans kurang interaktif dengan pembacanya. Bahkan ada artikelnya yang diserbu spam pun dibiarkan begitu saja. Mungkin Hans terlalu sibuk membuat artikel baru? πŸ˜‰



3. Riawani Elyta


Aku selalu kagum dengan orang yang memiliki multi profesi. Salah satunya ya Mba Riawani Elyta, yang kalau tidak salah seorang abdi negara. Di luar pekerjaan utamanya, berbagai karya dalam bentuk buku sudah banyak ditelurkannya.

Beberapa buku Mba Lyta sudah ada di rak bukuku. Sebagian sudah kubaca, sebagian yang lain masih tertimbun bersamaan dengan buku-buku lain yang secara menggila kubeli namun daya baca tidak berimbang. Apalah aku ini.

Seakan membersamai kepiawaiannya menulis, Mba Lyta ini jozz saat membuat review buku. Bahkan dulu ada yang bilang kalau doi ini termasuk garang reviewnya. Tanpa basa-basi menyampaikan kelemahan buku yang direviewnya.

Menurutku hal itu wajar saja sih meskipun ada sebagaian orang yang kurang berkenan. Namanya kan memberi masukan ya, agar di kemudian hari si penulis makin baik lagi dalam menghasilkan buku-buku baru.

Aku ingin banyak belajar dari Mba Lyta, yang bisa mereview dengan analisa yang tajam. Jadi tidak sekedar menceritakan ulang saja isi buku yang direview, namun mampu menangkap kelebihan dan kelemahan dari buku tersebut.

So far sih kalau aku ngereview buku ya kubilang bagus semua hahaha... Lha gimana, aku sendiri ga bisa nulis kisah fiksi sebagus mereka semua. Gimana caranya mau menunjukkan kelemahannya.

Mba Lyta, aku padamu yooo... πŸ˜‰



4. Ariev Rahman


Kalau blogger yang satu ini kayaknya tak perlu dibahas panjang lebar ya. Hampir seluruh blogger, terutama traveling blogger sudah mengenal nama harumnya. *jadi ini Ariev atau Ibu Kita Kartini?



Ariev yang berasal dari Ungaran (woiy deket sama Semarang nih) setiap kali mudik sudah dihadang oleh fansnya. Ahelaahh...

Iyes, lebaran tahun lalu aku ingin mengulang sesi sharing penulisan traveling bersama Ariev. Sebelumnya aku pernah ikutan kelas Akademi Berbagi, entah tahun berapa, lalu tahun 2018 ini tak ingin melepaskan kesempatan untuk belajar lagi darinya.

Ide untuk mengajaknya sharing ilmu menulis kisah perjalanan ini kusampaikan kepada temanku. Penginnya sih banyak yang ikutan. Tapi berhubung musim lebaran, banyak member komunitas Gandjel Rel yang sedang mudik ke luar daerah. Jadi, kolaborasi dengan komunitas lain amat perlu agar usaha mengundang Ariev tidak sia-sia, biar banyak yang ikut menyimak ilmunya.

Ariev melalu blognya bakpackstory.me tak sekedar menceritakan kisah perjalanan yang biasanya sarat foto dan informasi how to. Percaya atau nggak, aku sering terbahak-bahak saat membaca tulisannya meskipun Ariev sepertinya tidak sedang melucu.

Berbagai sisi perjalanan yang humanis justru yang paling kusuka dari tulisan-tulisannya. Ariev mempunya style menulis yang berbeda.

Keep it up, Ariev. *seakan-akan namaku berubah jadi Uniek Teguh



5.  Agus Mulyadi


Nah yang terakhir ini sebenarnya enggak banget. πŸ˜ƒπŸ˜„

Salah satu pesohor di mojok.co yang blog pribadinya ada di agusmulyadi.web.id ini memiliki keunikan tersendiri. Agus yang lebih mengondangkan dirinya dengan sebutan Gus Mul (akronim dari namanya, bukan sebutan untuk gus gus dari pesantren itu) menghadirkan makna kehidupan melalui potongan-potongan kisah yang sepintas lalu nampak wagu.

Kewaguan yang berbalut kesederhanaan itu membuat simpel permasalahan hidup yang kadang dibikin rumit oleh banyak orang. Di ujung jari Gus Mul, kisah keseharian itu bisa jadi menari-nari dalam benak. Kadang mengundang rasa sebal, namun lebih sering bikin aku tertawa terbahak-bahak.

Terkadang kumerasa jahat, menertawakan kesialan yang dihadapinya. Namun ibaratnya Dono yang jadi lead aktor penderita di tiap episode film yang dibintangi Warkop DKI, Gus Mul menceriakan hariku lewat aneka kekonyolan yang disodorkannya pada pembaca.

Bahkan pernah aku membaca salah satu artikelnya yang ternyata keidean dari komentar orang-orang di youtube. Dari komentar-komentar yang dianggapnya nggasruh tadi dia menceritakan ulang di blognya.

Ya, segampang itu dia bikin tulisan. Itupun sudah sukses membuatku rela membaca tulisan di blognya. Artikel yang dibuat Gus Mul seakan menjadi obat manjur saat hati sedang kelabu memandang polah tingkah orang yang penuh kepalsuan.

Gus Mul tidak pernah palsu. Hanya wagu.


-------------------

Mungkin pilihan blogger yang menginspirasiku bakalan beda dengan pilihan teman-teman blogger yang lain. Coba, sharing di kolom komen dong siapa saja blogger favoritmu. Tingkiuuuu....

24 comments:

  1. Gusmul itu tidak pernah palsu. Hanya wagu.
    Begitu dia sudah sangat terkenal menurutku, Mbak.

    ReplyDelete
  2. Aku baru tau kalo eatandtreats itu juga blogger mbak. Tak kira aktif di instagram tok. Stalking feednya sukses bikin pengen ngunyah terus

    ReplyDelete
  3. Kalo mas Agus saya suka, tulisannya penuh hal jenaka tapi menghibur

    ReplyDelete
  4. Waah, 5 blogger yg sama sekali baru bunda liat namanya. Alanfkah baiknya kali ya bunda juga kenalan sama nlog2 mereka. Yuuuuk...

    ReplyDelete
  5. Aku cuman kenal mba Riawani Elyta, aku juga suka dan sering ikut giveaway buku. emang keren mba yang satu ini buku2nya terbit dan kesibukannya sbg ASN tp terus berkarya

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku jadi tahu nih mba Uniek blogger pria biasanya aku tahunya blogger perempuan semua :p

      Delete
  6. Inget di beberapa tahun lalu mbak Heni aktif banget memang nulis parenting, hanya sekarang lebih fokus ke food kayaknya.
    Kalau Hans, aku follow IGnya, sukak banget lihatnya. Udah follow dari berapa tahun lalu hehehe

    ReplyDelete
  7. Yang daku kenal cuma Mbak Riawani cobak, duh :p. Yang empatnya beneran baru ngenalin. :D

    ReplyDelete
  8. wah jarang bagt mampir ke blognya 5 blogger di atas, makasih infonya mba..buat bahan BW..

    ReplyDelete
  9. Yang terakhir itu aku suka stalking blog nya jugaak, hahahaa

    ReplyDelete
  10. Wah saya malah blum pernah ke blognya gus mul. Baru baca2 tulisan blio di mojok.co. ntar mampir ah. Tfs mbak uniek :)

    ReplyDelete
  11. Jadi Gus Mul punya blog pribadi, kukira hanya nulis di Mojok. Baiklah, mari coba bewe

    ReplyDelete
  12. Sy juga suka baca bukunya mba Riawani ...penulis fiksi produktif

    ReplyDelete
  13. Kikikk tagline gusmul ngga nguatin..ngga palsu hanya wagu..

    ReplyDelete
  14. Penasaran sama yang 4 dan lima. Meluncur ke blog mereka atu atu ah...

    ReplyDelete
  15. Ye jadi tahu blogger-blogger yang menginspirasi dari Mba Uniek.
    Bun RiawanyElyta memang super duper keren.

    ReplyDelete
  16. Wah beberapa aku ga tau nih, kalo mbal riawany tahu dan beberapa punya bukunya. Emang keren deh

    ReplyDelete
  17. Hiksss aku cuma tau blog-nya Stanislaus Eats and Treats di atas, gara2 liat IG-nya dan pernah ketemu langsung di event. Yg lain aku ikutan kepoin ah, kucatat namanya ahhh

    ReplyDelete
  18. Aku taunya Mbak Heni dan Mbak Lyta aja. Kalau Mas Ariev pernah denger namanya. Yg lain msh baru tahu hehe. Sik mbak, aku kepoin jg, khususnya yang Eats dand Treats itu, kok kayaknya bakal nemu makanan enak2 :D

    ReplyDelete
  19. Ada dua yang sama blogger favoritnya dengan yang ditulis aku loh Mbak. Riawani Elyta dan Ariev bacpackstory.me haha toss ah seide juga kita ternyata.

    ReplyDelete
  20. Para bloger yg menginspirasi...

    ReplyDelete
  21. Sya blum ada yang tahu loh mbk, maklumlah msh blogger pendatang baru...

    ReplyDelete
  22. Hulala, aku ke mana saja ya selama ini. Mereka emang top banget. Itu Mas Stanislaus memang jenius ya.. Kepikiran gitu motret dari sisi lain.

    ReplyDelete
  23. dari daftar di atas, 3 blog belum pernah ku kunjungi. Reviewmu menarik dan bikin penasaran. Thanks yoo mbak.

    ReplyDelete