21 November 2018

5 Tema Blog Favorit




Banyak di antara kita bingung harus ngapain ketika berada dalam kondisi resah. Resah yang lebih cenderung pada keraguan harus ngapain ketika ada yang mengganjal di hati. 

Tak hanya bagi yang memiliki kebiasaan menulis sih sebenarnya solusi ini kusampaikan. Bagi yang hobi update status di berbagai sosial media, terbuka sekali kesempatan untuk menuliskan apa yang tiba-tiba muncul di pikiran ke dalam bentuk rangkaian aksara yang lebih sistematis.

Iya, tulis aja di blog. Apa saja pengalaman yang kita alami bisa banget dijadikan bahan untuk ngeblog. Berbagai tema tulisan yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, berkorelasi dengan pengalaman hidup yang kita jalani, tumbuhnya keresahan pribadi gara-gara ketimpangan sosial, bisa banget lho dijadikan pemantik awal untuk menuliskannya di dalam blog.

Melalui blog pribadi yang kita miliki, kita bisa menulis apa saja sesuka hati kita. Ya, suka-suka yang bisa dipertanggungjawabkan sejak pertama kali tulisan itu publish untuk umum. 

Apa saja sih tema tulisan di blog yang menjadi kesukaanmu?

Buatku pribadi, beberapa tema tulisan ini yang menjadi kesukaanku. Suka dalam arti ya senang searching blog-blog bertema seperti itu dan kemudian berusaha update blogku sendiri dengan tema serupa.


1. Parenting


Saat menyadari bahwa aku mulai ngeblog di usia yang sudah tidak muda lagi, dengan kondisi telah memiliki putri-putra yang sudah bukan masuk usia 'lagi lucu-lucunya', aku jadi makin bersemangat untuk menuliskan berbagai artikel terkait parenting. Kebanyakan blogger menulis aneka artikel parenting bersama buah hati mereka yang masih bayi ataupun balita.




Menjadi tantangan tersendiri untukku agar bisa menulis seputar dunia anak-anakku dengan versiku sendiri. Anak sulungku kini sudah beranjak menjadi gadis remaja dengan segala seluk-beluk kehidupannya yang bersekolah sekaligus mondok di luar kota. 

Belum terlalu banyak sih artikel yang kutulis tentang dia. Si sholihaku yang satu itu belum terlalu mau membuka pernak-pernik kehidupannya selama tinggal di pondok. Sepertinya dia masih agak keberatan aku menuliskannya di blog khusus yang kubuat untuk anak-anakku.

Ya, seserius itu aku ingin menjadikan blog parenting milikku sebagai rekam jejak pertumbuhan anak-anakku. Teman-teman bisa mampir ke bocahrenyah.com kalau ingin intip tulisan suka-sukaku tentang kedua anakku itu. πŸ˜‰



2. Book Review


Hobiku mengincar buku dan kemudian menimbunnya sepertinya sudah banyak diketahui teman-teman dekatku. Ho oh, bahkan banyak yang sambil bercanda menanyakan buku kapan hari yang kubeli sudah dibuka bungkus plastiknya atau belum.

Memiliki masa kecil dengan kondisi jiwa yang sangat tertutup membuatku gemar melahap apa saja bacaan yang tersedia di rumah. Alhamdulillah, orang tua dan kakak-kakakku hobi beli buku, jadi tersalur deh kegemaran membaca ini.



Keseriusanku dalam menekuni hobi membaca sekaligus ngeblog itu kuwujudkan dengan membuat blog tersendiri dengan niche book review. Bisa loh mampir ke sini : https://buku.uniekkaswarganti.com/

Buku favorit yang senang kureview adalah novel, terutama yang bergenre thriller. Kata orang membaca novel itu untuk hiburan, lha kok malah cari perkara ya baca sambil mikir gitu. πŸ˜ƒ

Namun di blog buku itu nggak sekedar novel aja sih yang kureview. Ada beberapa buku non fiksi juga yang kureview. Tenggelam dalam buku merupakan salah satu me time kesukaanku.



3. Kuliner


Kemampuan memotretku yang masih just so so membuatku belum terlalu pede memotret benda-benda bergerak, misal orang, kendaraan ataupun hewan. Jadilah akhirnya aku suka motretin makanan saja, yang diam pasrah tak bergerak. πŸ˜„




Apalagi dengan kondisi Semarang yang memiliki berbagai kuliner menarik. Uwh... sayang banget deh ketika jajan kok tidak mengabadikan fotonya dan mengunggahnya ke sosial media dan menuliskan reviewnya di blog.

Beberapa tulisan food blogger sering kuintip-intip untuk menumbuhkan ide update blog kulinerku. Iya bener, bahkan aku pun membuat blog khusus untuk menuliskan pengalaman kuliner. Boleh mampir ya ke : https://fingertongue.wordpress.com

Sesekali aku menulis review makanan di blog ini juga sih. Pokoknya suka-suka aja sih, kadang di blog sana, kadang di blog sini.



4. Traveling


Siapa sih yang enggak tertarik untuk jalan-jalan? Bagi yang memiliki waktu terbatas maupun budget minimal pun pastinya pada waktu tertentu pengin piknik juga kaaann...




Aku selalu ngiler setiap kali nengokin blog teman-teman yang mengulas pengalaman jalan-jalan mereka. Saat ini piknikku memang belum jauh-jauh amat. Itupun palingan juga pas liburan bareng anak-anak. Namun berselancar ke berbagai blog traveling membuatku bersyukur, ternyata ada banyak tempat indah yang suatu saat bisa kukunjungi.

Aamiin kan yaaa... teman-teman. πŸ™πŸ™†



5. Fashion & Beauty




Sebagai perempuan pada umumnya, meskipun nggak terlalu gemar berdandan, merawat diri merupakan suatu kebutuhan. Apalagi di usiaku yang sudah kepala 4 ini.

Beberapa kali aku mendapat tawaran untuk mereview skincare. Dari beberapa jenis skincare yang ingin kureview, kok ternyata banyakan skincare anti aging ya hahahaaa... Tauk aja ih tuh orang-orang kalau mukaku memang butuh dirawat biar tetap segar dan nggak tampak tua-tua amat.




Meski enggak terlalu fashionable, aku pun sering longak-longok ke beberapa blog yang mengulas tentang fashion. Cuma masalahnya, mereka tuh langsing, sedangkan aku sendiri langsung. Jadi harus memutar akal juga nih bagaimana caranya biar fashionable seperti mereka namun bisa pas di tubuhku yang jauh lebih berisi dibanding mereka.


Nah itu tadi 5 tema blog favorit yang kujadikan panduan untuk terus update beberapa blog yang kumiliki. Kalau teman-teman punya tema blog favorit apa nih?

 Yuuukk boleh ya share di kolom komen. Tingkiuuu...

32 comments:

  1. Samaaaa. Apalagi soal parenting dan beauty. Sebelum beli produknya wajib cari review dan testimoni para blogger ^_^

    ReplyDelete
  2. Kalo dari sudut pandang pribadi saya.,
    5 tema blog yang menarik adalah :
    1. Game
    2. Anime / Film / Movie
    3. Tekno (Gadget, Android, Komputer, dll)
    4. Mesin
    5. Elektro

    Hehe... ^^v

    ReplyDelete
  3. Alhamdulilah, blogku masuk dalam dua kategori favourite : travelling dan kuliner. ahhhhh

    ReplyDelete
  4. wah mba Uniek bukunya kalau ditimbun bolelah lempar satu ke aku wkwkwkwk aku paling suka traveling, book review sama lifestyle

    nah untuk kemampuan fotografi aku juga masih pengen belajar banget mba :p

    ReplyDelete
  5. Sama nih, Mbak. Aku juga suka semua tema-tema itu. Tapi aku belum suka sama tema parenting. Mungkin kalau udah nikah dan punya anak maka nantinya aku pun akan menyukai dunia parenting.

    ReplyDelete
  6. Benar, Mb
    Menulis di blog bisa ngurangi beban yg mengganjal terus juga bisa interaksi sama pembaca dg lebih mudah
    Kalau untuk tema sih saat ini saya lagi seneng2ny baca yg berbau parenting sebagai referensi jg dalam ngasuh bocil yg masih 19 bulan

    ReplyDelete
  7. Tema blog yg paling aku suka, resep masakan, kuliner, traveling, lifestyle setelah itu ya random.

    ReplyDelete
  8. Mirip aku...tapi aku kurang sabaran nulis review

    ReplyDelete
  9. Tema parenting adalah tema yg paling aku suka

    ReplyDelete
  10. Toss duluuu ah..aku juga sukaaa dengan tema parenting tapi bingung mau share apaaa hehehe..sebenernya banyak sie, tapi dilalahnya kalah dengan jalan-jalan hehehe

    ReplyDelete
  11. Kurang lebihnya sama mbak. Untuk tema parenting aku juga carinya yang nulis pasa remaja krn anaknya udah gak unyu2 lagi :)

    ReplyDelete
  12. Mbak, sepertinya aku melirik watermark yang ada di setiap foto. Itu kece banget! dan blog Mbak Uniek yang khusus mereview buku juga unik. Semua foto diambilnya terbalik. Kayaknya aku harus menemukan ciri khas sendiri ya.

    ReplyDelete
  13. Ada beberapa tema blog yang juga saya favoritkan, Mbak. Saya juga suka nulis tentang parenting, kuliner dan jalan-jalan. Kalau soal kecantikan, hanya bisa sekilas-kilas aja. Pada dasarnya memang gak bisa pakai make-up hihihi

    ReplyDelete
  14. Tema blog yang paling aku suka tuh, Lifestyle, parenting, Traveling, kulineran, Kisah inspirasi, sama Kesehatan.

    Eh beneran mba Niek waktu kecil pendiam ya?

    ReplyDelete
  15. Wah, ternyata mbak Uniek blognya banyak yaa.. Beda niche beda blog. Kapan-kapan saya pengen mampir ah..

    ReplyDelete
  16. Kalau untuk tema blog saya masih campur-campur mba heheh, khusus traveling, beauty dan foto belum menonjol di blog hahaha, yang penting happy aja. Btw yang di traveling di atas itu lokasinya di mana kak?

    ReplyDelete
  17. Kalau blog saya sih gado-gado kak heuheu tapi jujur saya suka tema blog kesehatan, parenting, kecantikan, traveling dan keuangan sih karena disana saya bisa belajar banyak mengenai hal itu.

    ReplyDelete
  18. Kalau saya apaaayah, gado-gado hahaha...

    Ide apa saja yang muncul langsung ditulis tanpa mikir tema. Bandel saya yah...

    ReplyDelete
  19. Kalo aku suka tema traveling, lifestyle, fiksi...tapi tema blog sendiri gado2 sajaaa...haha..

    ReplyDelete
  20. Mbaak, kemampuan fotoku juga masih just so so tapi suka seenaknya foto yang bergerak. Soalnya kadang2 dapat yang bagus, asalkan bekali2 dijepret :D

    Entahlah, saya koq suka model street photography gitu meskipun masih ala-ala. :D

    ReplyDelete
  21. Nomor 1, 3, dan 4 kita toss dulu! Kalau book review juga saya pernah bikin blog khusus ini, tetapi jalan di tempat. Kontennya gak bertambah. Udah berkurang banget kebiasaan saya membaca buku. Kalau review kosmetik juga kadang-kadang aja. Herannya, konten kosmetik yang saya buat termasuk yang paling tinggi pageviewnya. Berarti banyak juga yang cari, ya ^_^

    ReplyDelete
  22. Dari 5 tema blog fav Mba Uniek, ada dua yang sama ama aku, yaitu parenting, travelling, dan kuliner. Kalo fashion and beauty sih suka juga, tapi ya tapi ya gitu, saya juga langsung, gak langsing haha

    ReplyDelete
  23. Kalau buat mom blogger, tema pertama itu agaknya wajib ya hehe. Dari postingan2 tema parenting emak2 blogger lain juga kita bs dapat banyak ilmu.

    ReplyDelete
  24. Kalau aku paking suka bahas traveling, keuangan, dan aplikasi, ini 3 tema favorit aku di blog mbak.

    ReplyDelete
  25. pantesan ya mbak mbak uniek jadi kaya paket komplit gitu,., lha wing bacaane berfaedah semuaa...

    ReplyDelete
  26. Aku suka parenting pas anak2 masih bayek2. Skrng suka baca blog kuliner dan traveling, mamak pengen lbh sering jalan2 soalnya, kali dapat ide hahaha

    ReplyDelete
  27. Hampir miri semua nih pilihan tema favoritnya. Jadi selalu ada PR nulis ya karena temanya banyak wkwk

    ReplyDelete
  28. Tema blog ini bener-bener tergantung suasana hati, aku mba...
    Hhaha~
    Karena aku anaknya moody, jadi jangan baca blog yang berat-berat. Nanti kek Dilan. Suka nanggung kerinduan sorang diri.

    Eaaa...

    ReplyDelete
  29. Aku jg bbrp kali dpt rejeki skincare anti aging dr blogging, haha. Tau kali ya aku jarang ngerawat diri jd akibatnya keliatan lbh tua dr umur sebenarnya. Hoho

    ReplyDelete
  30. Saya juga suka parenting
    Dari artikel parenting saya bisa berkaca dengan bijak

    ReplyDelete
  31. Tema blog favoritnya kurang lebih sama ya, mungkin bedanya traveling karena saya jarang jalan-jalan tapi paling seneng kepoin tulisan traveling di blog temen-temen

    ReplyDelete