25 October 2019

Bebas Demam Berdarah dengan Cara yang Mudah




Siapapun bisa saja jatuh sakit meskipun jika ditanya pasti tidak ada seorang pun yang menginginkannya. Terlebih lagi jika harus terserang penyakit yang cukup berbahaya seperti demam berdarah. Demam berdarah merupakan salah satu penyakit yang mematikan dan perlu diwaspadai. Selain itu, penyakit ini juga bisa menyerang siapapun tak peduli bagaimana kondisinya.

Untuk mencegah terjadinya demam berdarah, sudah ada banyak website kesehatan yang menjabarkan cara-cara yang bisa kita lakukan berkaitan dengan pengobatan demam berdarah. Ada berbagai macam langkah yang bisa kita baca dari sumber-sumber berita kesehatan itu.

Tak ada salahnya kan jika untuk memudahkan ingatan, kita bahas aja yuk paling tidak dua hal mudah yang bisa kita lakukan guna mencegah terjadinya demam berdarah di rumah kita sendiri. Berikut ini beberapa diantaranya:


Gunakan Kelambu Saat Tidur 


Penyakit demam berdarah paling banyak disebabkan oleh nyamuk yang menggigit tubuh manusia. Potensi kejadian penyakit demam berdarah akan semakin tinggi apabila ada banyak nyamuk yang hidup di rumah kita. Untuk itu, kita perlu mewaspadai kehadiran nyamuk di rumah terutama saat tidur.

Ketika tidur, kita tentu akan terganggu dengan adanya nyamuk di sekeliling kita. Kenapa bisa gitu? Nyamuk bisa menimbulkan bunyi yang berisik dan menyedot darah sewaktu kita tidur. Saat itulah potensi kejadian penyakit demam berdarah akan semakin tinggi apabila nyamuk tersebut membawa penyakit bersamanya.

Agar lebih nyaman saat tidur, maka kita bisa mencoba menggunakan kelambu saat tidur. Kelambu bisa melindungi diri kita dari nyamuk secara efektif saat tidur. Tidur kita akan lebih berkualitas dan terhindar dari penyakit demam berdarah.



Bersihkan Pekarangan Rumah 




Sebagai penyebab utama penyakit demam berdarah, nyamuk perlu diberantas dengan segera. Agar bisa memberantas nyamuk secara efektif, kita perlu mengetahui terlebih dahulu dimanakah nyamuk tersebut berdiam diri dan siap menyerang kita. Salah satu lokasi yang paling disukai oleh nyamuk adalah pekarangan rumah yang berantakan.

Nyamuk sangat suka tinggal di pekarangan rumah yang berantakan karena jarang dijamah oleh manusia. Apabila di pekarangan rumah kita terdapat ilalang atau tumbuhan liar, maka tempat tersebut bisa menjadi tempat bersembunyi paling nyaman untuk nyamuk.

Agar tidak ada nyamuk yang bertebaran di pekarangan rumah, maka sebaiknya rutinlah bersihkan pekarangan rumah Anda. Rapikan pekarangan rumah dengan mencabut tanaman liar yang bisa menjadi sarang tempat tinggal nyamuk.

Tutup juga genangan yang ada di pekarangan rumah untuk meminimalisir berkembang biaknya nyamuk penyebab demam berdarah.

Gimana, mudah kan cara hidup sehat untuk bebas dari demam berdarah? Nggak repot kok dibandingkan dengan harus melakukan pengobatan ketika sudah terjangkit demam berdarah.






Referensi : https://www.goapotik.com/produk/psidii-kapsul-isi-50

33 comments:

  1. Demam berdarah ini memang salah satu penyakit yang cukup berbahaya juga ya Mbak.

    ReplyDelete
  2. Nyamuk memang harus segera diberantas untuk mencegah terjadinya demam berdarah.

    ReplyDelete
  3. Nyamuk memang suka tinggal di tempat yang kotor dan genangan air ya Mbak.

    ReplyDelete
  4. Kita memang sangat perlu mewaspadai akan serangan dari nyamuk penyebab demam berdarah tersebut.

    ReplyDelete
  5. Selalu menjaga kebersihan area dekat rumah juga dapat mengurangi risiko terjadinya demam berdarah.

    ReplyDelete
  6. Iya Mbak, ternyata demam berdarah tidak bisa dianggap sepeleh karena bisa juga mengakibatkan kematian.

    ReplyDelete
  7. Boleh percaya boleh tidak, saat ini di kampung saya, hanya di rumah kami yg memiliki kelambu. Tahu gak ketika ada orang datang dan melihat kelambu kami pasang, mereka malah menertawakan. Katanya masih pake yg gituan? Pake ini dong pakai itu dong, sambil nyebut obat nyamuk yg suka wara Wiri iklan nya di tv...
    Ah dinyinyiri apapun, kami enjoy saja. Ngapain nurut sama mereka? Kelambu sampai sekarang saya punya stok yang baru. Jaga jaga kalau ada teman atau saudara hehehe. Soalnya kami tinggal di kampung, di halaman banyak pohon juga jadi emang banyak nyamuk

    ReplyDelete
  8. Mbaa, aku trauma ama demam berdarah karna anakku pernah sakit demam berdarah. Sedih banget mba liatnya. Padahal d rumah kami sudah zlalu agar ruangan bersih. Makasoh remindernya ya mba

    ReplyDelete
  9. Ini memang penyakit silence killer ya. Nyamuknya suka air yang tergenang meski airnya nggak kotor.

    ReplyDelete
  10. Peerku sekarang kuras kolam renang belakang kamar anak2 nih. Soalnya lagi banyak bgt nyamuk setelah hujan kapan hari.

    Bener banget kelambu itu penting, ini lagi nabung buat beli lagi buat kasur keduanya anak2. Mayaaan harganya buat yg kasur dewasa kan, hiks.

    Tp demi menghindari nyamuk penyebab demam berdarah

    ReplyDelete
  11. Aku pas SMP pernah kena demam berdarah stadium 3, Mak.
    Aduuuh itu badan rasanyaaaaaa ga enak blasss
    semoga ALLAH senantiasa menjaga dan lindungi kita semua yaaa
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  12. Setuju, cara yg mudah sekali untuk menghalau penyakit demam berdarah. Jadi tidak hanya mengandalkan fogging dan bubuk abate.

    ReplyDelete
  13. Demam berdarah ini termasuk wabah juga ya, jika satu orang di lingkungan tersebut ada yang kena, maka besar kemungkinan yang lainnya juga ada yag bakal kena. Dalam hal membersihkan genangan air di halaman itu harus serentak di semua rumah. Yuk cegah demam berdarah dengan mudah.

    ReplyDelete
  14. Nah ini, musim hujan sebentar lagi datang. Biasanya mulai rentan muncul nyamuk-nyamuk yang salah satunya aedes aegypti. Harus mulai aware jaga kebersihan lingkungan dan daya tahan tubuh juga

    ReplyDelete
  15. hewan yang paling bikin sbeel, nyamuk.. smpe klo di rumah nggak pernah ada yg boleh buka pintu lama2.. harus lgsg tutup.. saking sebelnya...

    antisipasi kedatangan nyamuk dirumahku luar biasa mbakkk

    ReplyDelete
  16. Serem banget sih DBD ini kalau telat ditangani bisa bahaya dan belum lama ini youtuber Mak Beti baru kena DBD dia sampai turun 10 kg dalam waktu singkat.

    ReplyDelete
  17. Awal awal aku berkeluarga masih sering mengenakan kelambu mbak, namun akhir akhir ini sudah tidak mengenakan lagi huhu.. mungkin ada baiknya untuk memulai mengenakan kelambu lagi untuk mencegah terkena DBD ya mbak.. mulai juga membersihkan pekarangan rumah nih.. duh banyak PR nya juga.. semangat!

    ReplyDelete
  18. Baru aja nih dengar nyamuk terbang. Musim hujan harus makin waspada. Bersih-bersih dan rajin ganti air yang menggenang.

    ReplyDelete
  19. Musim kemarau panjang seperti saat ini rawan penyakit malaria dan demam berdarah ya mbak. Apalagi ada gantungan baju berserakan, atau genangan air pembuangan limbah....pasti membuat nyamuk-nyamuk ini betah bersarang dan menyebar penyakit. Hidup bersih dengan membersihkan dalam rumah dan sekitar rumah tentunya menjadi cara mencegah penyebaran nyamuk yang membawa penyakit ya mbak.

    ReplyDelete
  20. Penyakit ini dulu pernah booming di sosmed yah mba soal DBD, tp meskipun skrg jrng lagi didengungkan ad baiknya ttp mewaspadai DBD aplg skrg udah mau musim hujan

    ReplyDelete
  21. Wah iya, udah masuk ke musim hujan biasanya suka banyak nyamuk demam berdarah ya. Dan iya, 2 cara di atas bisa tuh dipakai buat menghalau nyamuk. Dan tentu dengan gerakan 5M juga.

    ReplyDelete
  22. Kelambu saya sudah rusak, nih. Pengen beli yang baru tetapi bingung pilihnya yang biasa atau yang sudah mengandung semacam obat antinyamuk da masih bingung dengan jenis kedua.
    Saya juga takut dengan demam berdarah, soal nyamuk entah mengapa sekarang bertambah banyak yang masuk rumah, padahal musim kemarau gini. Sepertinya butuh lemari baru untuk menyimpan barang yang ditaruh di tempat terbuka di dalam rumah, biar rapi dan mudah dibersihkan.
    Di pekarangan belakang sedang rimbun tanaman sirih, kayaknya musim hujan nanti harus dirapikan dan dipindah sebagian ke pekarangan depan karena terlalu rimbun di belakang. Terima kasih tipsnya.
    Oh ya, saya iongin juga nanam tanaman yang bisa menangkal nyamuk.

    ReplyDelete
  23. Mencegah deman berdarah dengan selalu menjaga kebersihan lingkungan memang lebih baik dari pada harus menghadapi penyakit demam berdarahnya ya, Mbak

    ReplyDelete
  24. dulu waktu nenek masih ada, saya suka tidur dengan nenek karena tempat tidur nenek berkelambu. memang cukup efektif tidur tidak diganggu nyamuk.

    sekrang di rumahku nih banyak nyamuk, tapi nyamuk kebun mbak. sebab belakang rumahku tu selokan pembuangan air yang gak ditutup gitu. jadi kadang kalau udah musim hujan tiba, suka resah takut DB

    ReplyDelete
  25. So true, Mba. We have the same problems at the office as well and we have to do a lot of fuming to avoid this disease

    ReplyDelete
  26. Mbak duh saya kok jadi ingat rumah nenek ya pas dengar kelambu. Dulu kami tidur suka pakai kelambu untuk menghindari nyamuk masuk.

    ReplyDelete
  27. Kak Unieeek...
    Kami pernah mengalami ini kak...satu gang perumahan tu yang kena DB ada 5 rumah. Dan semuanya anak kecil.
    Bikin miris yaa...
    Ya Allah~

    Mulai beberes dan gak biarin air tergenang lama.

    ReplyDelete
  28. Sebenarnya kalo langkah 3M dilaksanakan, insyaallah bebas demam berdarah ya mba. Cuma kalo dari satu RT, ada 1 rumah yang penghuninya kena bisa merembet juga sih. Harus rajin bersih-bersih lingkungan memang ya mba

    ReplyDelete
  29. Aku pernah diajarin bikin perangkap jentik nyamuk dr botol aqua gitu mba. Bahannya cuma botol aqua gede,guntingg lakban, streples.
    Sayang aku belum paham banget caranya jd ga bs share

    ReplyDelete
  30. Eh kalau kena demam berdarah minum jus jambu bisa membantu kesembuhan, itu benar tidak sih? Ponakanku pernah kena soalnya dan disarankan tetangga minum jus jambu itu. Tapi memang sih pencegahannya ya mending basmi nyamuknya ya.

    ReplyDelete
  31. Semangat bebersih untuk terhindar dari demam berdaraaaaah!

    Semangaaatse :D

    ReplyDelete
  32. Abis musim kemarau, datang musim hujan. Kita harus menghindari nyamuk ini nih. Bebersiiiih time. :D

    ReplyDelete
  33. Nah hal simpel tapi penting banget buat dibiasain kan ya mbak, lawan DB!

    ReplyDelete