19 April 2020

Konsultasi Kesehatan Jadi Mudah dengan Aido Health




Di masa pandemi Corona begini, nilai kesehatan menjadi amat penting. Jika dulu punya gaya hidup dan pola makan seenaknya saja, rasanya di saat-saat seperti ini kok jadi parno ya. Takut sakit. Soalnya kalau sakit kan berarti imunitas menurun. 

Nah, virus Corona yang dikenal dengan Covid-19 itu mudah masuk ke tubuh orang yang imunitasnya sedang turun kan?

Tak hanya bagi mereka yang sehat dan tidak memiliki kepentingan untuk periksa kesehatan saja nih kondisi tak nyaman bepergian ini mempengaruhi aktivitas keseharian. Bagi golongan tertentu yang harus rutin memeriksakan diri ke dokter ataupun ke rumah sakit, tentu saja jadi was-was.

Aku sendiri mengalami hal tersebut. Ibundaku yang sudah beberapa tahun ini harus rajin kontrol ke rumah sakit, juga mengalami kebingungan. Rutinitas memeriksakan kesehatan ini bukan karena sakit sih, namun lebih ke perawatan kesehatan di usia lanjut.

Iya juga kan, di saat semua orang disarankan untuk tetap berada di rumah saja, tak heran jika Ibu jadi bimbang harus bagaimana. Sudah pernah menanyakan ke pihak rumah sakit, lalu beliau disarankan agar untuk sementara berada di rumah saja dulu jika memang tidak ada yang urgent.

Lalu harus bagaimana ya bagi penderita penyakit tertentu yang masih membutuhkan konsultasi dengan dokter?




Lebih Sehat Lebih Nyaman bersama Aido Health


Pastinya nggak ada lah ya orang yang pengin sakit. Tak hanya di situasi pandemi Covid-19 seperti ini saja. Di segala situasi pun orang maunya sehat dan segar bugar.

Namun tak semua orang berada dalam situasi beruntung, terbebas dari suatu penyakit tertentu. Bagi mereka yang saat ini tengah menjalani pengobatan, tentunya harus dipikirkan solusi agar perawatan kesehatannya tetap bisa lancar dilakukan tanpa harus keluar rumah.

Bagaimana caranya bisa melakukan perawatan kesehatan tanpa keluar rumah?

Memanfaatkan kemajuan teknologi untuk memudahkan hidup sudah makin jamak sekarang ini. Dalam segala bidang looh... Tak terkecuali di bidang kesehatan. Saat ini berbekal smartphone saja sudah bisa melakukan banyak hal. 

Melalui smartphone yang kita miliki, kita bisa menggunakan berbagai aplikasi yang tersedia. Jika teman-teman merupakan pengguna smartphone berbasis Android, boleh coba nih salah satu aplikasi  kesehatan di playstore yang memudahkan kita untuk melakukan teleconsultation. Bagi pengguna smartphone dengan platform IOs, bisa juga kok download aplikasinya di App store.




Bagai menemukan oase di padang tandus, halaaahh.... lebay ya. Ibaratnya senang sekali lah bisa menemukan aplikasi aido health di smartphoneku. Selama ini hanya sekilas saja mengetahui berbagai layanan konsultasi online. Nggak begitu jelas sih layanan yang diberikan apa saja dan berapa biayanya.

Setelah menelusuri aplikasi yang dengan mudah bisa kita unduh gratis di playstore dan app store ini, akan tampak kredibilitas layanan yang diberikan. Baru kali ini menemukan aplikasi kesehatan dengan harga transparan.

Beneran loh, ketika pertama kali kita akan melakukan konsultasi dan janji temu secara online, kita sudah tahu terlebih dahulu berapa biaya konsultasi yang akan kita bayar nantinya. Jadi tidak semacam menduga-duga tanpa kepastian gitu kan.

Sebelum kutunjukkan bagaimana cara untuk mengunduh aplikasi ini dan menggunakannya, boleh ya teman-teman membaca dahulu prosedur penggunaan aplikasi aido health dalam mendapatkan layanan kesehatan dari dokter dan tenaga medis yang berpengalaman. 

Berikut ini infografis prosedur penggunaan aido health :




Gimana, gampang banget kan ya prosedurnya?



Pengalaman Menggunakan Aplikasi aido health


Kondisi kesehatan seseorang memang berbeda-beda. Ketika pandemi Covid-19 merebak, makin banyak orang yang mati-matian berusaha sehat agar tidak terpapar virus yang membahayakan kehidupan tersebut. Namun di sisi lain, masih banyak saudara kita yang saat ini sedang menderita penyakit tertentu dan jelas saja memiliki masalah baru terkait kesehatannya.

Sudahlah sedang sakit, tertekan pula dengan kondisi ancaman virus yang bakalan mudah menyusup ke badan yang sedang tidak sehat. Solusi untuk melakukan perawatan kesehatan tanpa harus pergi keluar rumah pun amat dibutuhkan.

Seakan menjadi solusi yang telah ditunggu-tunggu, hadirlah aplikasi aido health yang saat ini bekerja sama dengan Rumah Sakit Siloam Lippo Village.




Ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh aplikasi aido health dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada kita, yaitu:

  1. Ada Dokter Koordinator yang bisa menjawab semua pertanyaan kita seputar kesehatan. Melalui dokter koordinator ini pula kita akan mendapat kepastian layanan kesehatan yang menyeluruh, berkesinambungan dan berkualitas tinggi.
  2. Layanan kesehatan datang ke rumah. Melalui aido health pasien yang membutuhkan jasa dokter, perawat, maupun fisioterapis dan rehabilitasi medis akan mendapatkan layanan yang berkualitas. Bahkan jika nantinya mendapat rujukan obat tertentu, obat tersebut akan diantar dengan gratis ongkir. 
  3. Bisa memilih jadwal kedatangan dokter, perawat maupun fisioterapis dan rehabilitasi medis sesuai jadwal yang dipilih.
  4. Aplikasi kesehatan dengan harga transparan. Sejak awal sebelum melakukan konsultasi kesehatan ataupun membutuhkan kedatangan dokter atau tenaga medis, kita sudah diberitahu besaran biaya yang harus dibayar.

Ingin tahu bagaimana urutan dalam mendapatkan pelayanan kesehatan menggunakan aplikasi aido health ini? Yuuk boleh intip urutannya sesuai dengan penggunaan aido health di smartphone-ku berikut ini:


1. Unduh aplikasi  pada smartphone




2. Ikuti panduan layanan kesehatan aido health





3. Mengisi data pribadi 




Setelah sukses mengunduh aplikasi aido health, jangan lupa lengkapi isian data pribadi yang nantinya akan digunakan sebagai data konsultasi dengan dokter di RS Siloam Lippo Village. Ikuti saja tahapan ini dan isi semua kolom yang ada. Jika sudah lengkap isiannya, maka aplikasi ini sudah siap digunakan.


4. Memilih layanan Rawat Jalan Online untuk teleconsultation 




Demi keamanan sesuai prosedur yang telah ditetapkan oleh pemerintah terkait pandemi Corona, kini semua orang diharapkan untuk seminimal mungkin keluar rumah jika tidak mendesak sekali keperluannya. Termasuk dalam kaitannya dengan perawatan kesehatan.

Bagi seseorang yang telah menderita penyakit tertentu, paling mudah memilih layanan konsultasi dokter secara online, atau bisa disebut sebagai teleconsultation melalui aplikasi aido health. Pada layar aplikasi di halaman muka, akan terlihat pilihan Rawat Jalan Online. Klik saja pilihan tersebut. Jika sudah yakin akan melakukan konsultasi, bisa langsung klik tab berwarna biru dengan tulisan Konsultasi Sekarang.



5. Memilih Rumah Sakit & Dokter




Untuk saat ini, layanan teleconsultation baru bisa dilayani oleh RS Siloam Lippo Village. Setelah kita memilih nama rumah sakit, maka akan muncul berbagai nama dokter lengkap dengan riwayat pendidikan dan lama bekerja di rumah sakit tersebut. Semua dokter terdaftar sesuai dengan ijin praktek yang telah dimiliki.

Salah satu contoh yang akan kutampilkan dalam aplikasi ini adalah dokter Denny P. Machmud, SpTHT. Untuk mengetahui jadwal konsultasi yang masih available dengan beliau, klik bagian yang kuberi lingkaran itu ya. Silakan pilih waktu konsultasi sesuai dengan jadwal praktek dokter yang bersangkutan.



6. Konfirmasi Konsultasi dengan Dokter




Setelah menentukan jadwal konsultasi dengan dokter yang diinginkan, maka langkah selanjutnya adalah melakukan konfirmasi. Isi kolom keluhan yang telah disediakan.

Berikutnya kita nanti akan diminta untuk melengkapi isian data termasuk Emergency Contact yang sebaiknya diisi dengan nama selain kita sendiri. Untuk cadangan kan misal kita dalam kondisi tidak mampu untuk melakukan komunikasi secara langsung.

Selanjutnya aido health akan menginformasikan Syarat dan Ketentuan yang berlaku terkait pelayanan konsultasi kesehatan online ini. Jika sudah mantap hendak menggunakan layanan aido health maka klik kolom Saya setuju.



7. Konfirmasi Pembayaran




Untuk melengkapi bagian terakhir dari proses konsultasi kesehatan online via aido health maka kita melakukan pembayaran sesuai dengan jumlah biaya yang telah kita lihat di bagian awal tadi.  Pilih metode pembayaran sesuai dengan kepemilikan akun bank ataupun dompet online yang cocok dengan yang telah disediakan oleh aplikasi ini.

Beres deh. Gampang banget kan prosesnya? Nggak pake ribet. Tinggal klik klik saja dan kita akan mendapatkan jasa konsultasi kesehatan dengan dokter berpengalaman yang telah terpercaya.





Silakan bagi yang membutuhkan jasa konsultasi online dengan dokter ataupun perawatan kesehatan di rumah, bisa banget memanfaatkan pelayanan terpadu dari aido health ini. Bagi pengguna smartphone berbasis android, silakan unduh aplikasinya di link berikut ini :



Be happy, stay healthy....



26 comments:

  1. Selain bisa buat appointment di RS bisa untuk home care juga ya? Bagus-bagus dalam peningkatan pelayanan terhadap masyarakatnya..

    ReplyDelete
  2. Wah kece Mba, membantu banget di tengah pandemi seperti sekarang. Jujur aja jadi takut banget untuk pergi even cuman ke klinik. Pakai aido health bisa jadi pilihan banget. Auto download. Thanks mba

    ReplyDelete
  3. Memang di situasi kayak gini mau pergi ke dokter malah jadi parno sendiri yah mbak, sumber virus di sana soalnya huhu

    Wah, enak banget kalau bisa konsultasi via aplikasi seperti ini jadi lebih nyaman buat kita yah mbak, gak perlu ribet bepergian

    ReplyDelete
  4. Ah, makin seneng aja dijaman sekarang aplagi situasi begini yang ke RS mau konsul ke dokter aja takut. lebih praktis ya app Aido ini, komplit pulaa fiturnya.

    ReplyDelete
  5. Konsultasi online kaya gini sangat membantu apalagi kita di rumah aja dan tidak berkemungkinan ke RS untuk jaga-jaga. Mari deh manfaatkan aido health ini

    ReplyDelete
  6. Membantu banget nih aplikasi layanan kesehatan seperti ini terutama di tengah pandemi begini

    ReplyDelete
  7. untungnya pandemi ini terjadi saat teknologi udah canggih ya mbak, jadi walau ga bisa kemana2 konsultasi kesehatan bahkan sampai beli obat juga bisa online :)

    ReplyDelete
  8. Wah petunjuk cara menggunakannya lengkap sekali mba, saya jadi tertarik menggunakan layanan kesehatan Aido ini, gak ribet lagi caranya

    ReplyDelete
  9. Wih mbak Uniek udah nyobain ya konsultasi pakai Aido, lebih praktis ya mbak kalau ada apa-apa konsultasi online dulu sekarang jadi ga khawatir ke rumah sakit di masa Pandemi begini. Udah sebulan lebih nih suamiku gak ke Siloam Lippo Village hihihi WFH dulu sementara kerjanya

    ReplyDelete
  10. memang udah perlu banget aplikasi seperti ini untuk membantu memantau kesehatan dan berobat. thx infonya mba

    ReplyDelete
  11. Wah ada lagi aplikasi kesehatan yang berkualitas ya.. senang deh sekarang kita makin mudah mengakses bid kesehatan ini..

    ReplyDelete
  12. Dalam kondisi seperti saat ini pandemi sangat cocok ya adanya aplikasi ini. Membantu banget pastinya ya mak

    ReplyDelete
  13. Aplikasi ini sangat berguna untuk konsultasi dengan doktor secara online. Jaga kesehatan terutama stamina agar terhindar dari penyakit wabah covid 19

    ReplyDelete
  14. waa menarik banget nih aplikasi ini, jadi nya praktis dan dalam kondisi kaya gini emag dibutuhkan banget yaa, jadinya membantu banget

    ReplyDelete
  15. Alhamdulillah makin banyak aplikasi yang berbasis kesehatan. Ini bisa menunjukkan bahwa masyarakat makin peduli terhadap gaya hidup sehat.

    ReplyDelete
  16. Aplikasi asyik nih cucok buat saat ini karena sdg PSBB dilarang keluar nih fiturnya juga lengkap ya.

    ReplyDelete
  17. Sekarang saya memang sangat menghindari datang ke rumah sakit atau puskesmas, wah dengan Aido kita bisa konsultasi sama dokter spesialis dari rumah aja ya. Mau install dulu deh

    ReplyDelete
  18. Wah, dengan Aido Health kita bisa tahu terlebih dahulu berapa biaya konsultasi yang akan kita bayar nantinya, ya. Jadi lebih tenang kalau mau konsultasi ke dokter

    ReplyDelete
  19. Aplikasi ini ngebantu banget ya kak di masa sekarang dimana kalau ke RS itu kalau urgent banget keadaanya.

    ReplyDelete
  20. Walaupun konsultai online blm bisa menggantikan periksa ke dokter tapi buat pertolongan pertama aplikasi aido ini membantu sekali ya mbak. APalagi kalau ada yg dirawat di rumah kyk ortu yang udah sepuh atau anak kecil. Kudu install juga nih appsnya.

    ReplyDelete
  21. Aku awalnya heran, kenapa Aido di bagian O nya kak Uniek jadi warna pink...
    Ternyata memang lambangnya Aido yaah..?
    Hiihii...

    Apps yang penting untuk di instal.
    Ini user friendly.
    Mau saranin untuk Ibu dan Mama.
    Haturnuhun.

    ReplyDelete
  22. jadi inget waktu kontrol ke dokter kulit juga gausah datang ke umah sakit aku cuma kirimforoo ke dokternya, makin mudah ya, dengan aido

    ReplyDelete
  23. seneng deh kalau makin banyak platform kesehatan daring yang bener - bener bisa membantu kita menjaga kesehatan ya mba Un

    ReplyDelete
  24. ya ampun lengkap dan detail banget mba. aku jadi pengen coba juga. soalnya dari kemarin telinga kananku agak berdengung mau ke RS kok yo takut. jadi pengen coba aido health liat ulasan mba uniek deh

    ReplyDelete
  25. Ternyata mudah ya mbak pakai Aido Health ini. Ibuku juga sering ke RS untuk terapi sebenernya tapi juga butuh konsultasi. Nah karena Covid 19 ini jadinya, dibatesin gak boleh ke RS lagi kecuali sakitnya udah gak tertahankan .

    ReplyDelete
  26. Senang ya mbak...
    Hidup di era digital seperti ini.
    Semua bisa mudah, termasuk konsultasi ke dokter

    ReplyDelete