17 April 2020

ZenFone 6 Twilight Silver




Mupeng pengin punya smartphone kategori flagship besutan ASUS?

Yeaayy... akhirnya ASUS resmi mengumumkan kehadiran smartphone flagship ZenFone 6 dengan warna terbarunya : Twilight Silver. Smartphone premium ini telah hadir dengan tampilan yang lebih elegan. Performanya tetap sangat powerful plus dilengkapi dengan fitur Flip Camera, sebuah inovasi terbaru ASUS yang menandakan era baru fotografi mobile

Bahkan oleh ASUS Regional Director Southeast Asia, Jimmy Lin, dikatakan bahwa ZenFone 6 merupakan smartphone paling inovatif yang pernah diproduksi oleh ASUS. Tidak hanya hadir dengan Flip Camera yang spesial banget digunakan dalam dunia fotografi, ZenFone 6 juga ditenagai oleh Qualcomm Snapdragon 855 yang powerful serta baterai 5000mAh.

Tidak ada smartphone lain seperti ZenFone 6

Flip Camera merupakan sebuah solusi yang inovatif untuk dua permasalahan besar pada sebuah smartphone premium, yaitu keberadaan notch pada layar serta kamera depan yang selalu hadir dengan resolusi dan kualitas lebih rendah dari kamera utama. Modul kamera yang digunakan di ZenFone 6 sendiri terdiri dari sensor kamera utama Sony IMX586 dengan resolusi 48MP serta sensor kamera ultrawide beresolusi 13MP yang mampu mengambil gambar hingga 125°

Flip Camera pada ZenFone 6 ditenagai oleh motor elektrik khusus yang dapat membalikkan modul kamera utama sejauh 180°. Motor elektrik yang digunakan memiliki gerakan dengan tingkat presisi yang sangat tinggi. Selain dapat berfungsi sebagai kamera selfie, pengguna juga bisa mengambil gambar dari berbagai sudut posisi modul kamera di ZenFone 6. Fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk mengambil gambar secara lebih kreatif dan profesional. 

ZenFone 6 menggunakan layar 6,4-inci tanpa notch dan dilengkapi dengan teknologi NanoEdge Display, sebuah teknologi yang memungkinkan bezel tampil sangat tipis. Layar tersebut juga dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 6 untuk proteksi maksimal. Sementara soal performa, ZenFone 6 ditenagai oleh Qualcomm Snapdragon 855 Mobile Platform yang mampu menghadirkan performa CPU 40% lebih tinggi dan performa rendering grafis 20% persen lebih baik dari generasi sebelumnya. 

Agar dapat menemani penggunanya seharian, ZenFone 6 dilengkapi dengan baterai berkapasitas super besar yaitu 5.000mAh. Kapasitas baterai tersebut tidak hanya mengukuhkan ZenFone 6 sebagai smartphone flagship dengan baterai terbesar saat ini, tetapi juga membuatnya tampil sebagai perangkat serba bisa, memiliki performa tinggi, daya tahan baterai panjang, serta kamera berkualitas tinggi. 



Unggul dalam Tampilan Visual  


Untuk menghadirkan pengalaman visual tanpa batas yang sebenarnya, ZenFone 6 hadir dengan layar berukuran 6,4-inci berteknologi NanoEdge Display yang memiliki screen-to-body ratio hingga 92%. Desain tanpa notch membuat tampilan visual lebih lega, membuat pengguna lebih bisa menikmati konten yang disajikan, baik itu konten dari aplikasi ataupun web.




Layar ZenFone 6 merupakan layar cinema-grade dengan tingkat reproduksi warna pada color space DCI-P3 sebesar 100%, memastikan kualitas visual yang kaya dan lebih hidup. Ditambah dengan tingkat kecerahan hingga 600nits, pengguna ZenFone 6 dapat menikmati konten dalam berbagai kondisi bahkan saat di luar ruangan.

Layar tersebut dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 6 yang tahan gores dan telah lolos berbagai pengujian ketahanan ekstrem lainnya. 



Performa Ekstrem & Baterai Gahar 


ZenFone 6 ditenagai oleh Qualcomm Snapdragon 855 Mobile Platform, sebuah prosesor mobile terbaru yang hadir dengan konfigurasi octa-core berkecepatan hingga 2,8GHz dan menggunakan arsitektur berbasiskan pemrosesan 7nm. Dikombinasikan dengan RAM sebesar 8GB, ZenFone 6 mampu menghadirkan performa yang sangat kencang dan dipastikan dapat menjalankan aplikasi Android paling berat tanpa masalah. 

Qualcomm Snapdragon 855 sendiri mampu menghadirkan performa CPU 45% lebih tinggi serta performa rendering grafis 20% lebih kencang dibandingkan prosesor mobile generasi sebelumnya. Didukung dengan baterai berkapasitas besar 5.000mAh, ZenFone 6 dapat menemani penggunanya selama dua hari non-stop. 



Flip Camera yang unik 


Salah satu keunggulan utama ZenFone 6 terdapat pada modul Flip Camera yang dapat berfungsi sebagai kamera utama dan kamera depan sekaligus. Inovasi tersebut juga memungkinkan ZenFone 6 untuk tampil tanpa notch karena modul kamera depannya sekarang merupakan kamera utamanya. Dengan demikian, foto selfie menggunakan ZenFone 6 akan memiliki kualitas setara dengan kamera utama yang mengusung sensor beresolusi 48MP. 

Modul kamera pada ZenFone 6 terdiri dari dua sensor kamera, yaitu sensor kamera utama menggunakan Sony IMX586 beresolusi 48MP dengan apperture f1/7.9, serta sensor kamera ultrawide beresolusi 13MP. Kamera utamanya sudah dilengkapi dengan teknologi Quad Bayer untuk pengambilan gambar lebih sempurna saat kondisi gelap, serta teknologi autofocus 2x1 OCL PDAF untuk fokus lebih akurat dan cepat. Sementara kamera ultrawide pada ZenFone 6 sudah dilengkapi dengan teknologi anti-distorsi.




Modul Flip Camera di ZenFone 6 dibuat menggunakan liquid metal (amorphous alloy), sebuah bahan khusus dengan bobot 20% lebih ringan dari stainless steel namun empat kali lebih tangguh. Sebagai pengaman tambahan, sebuah G-Sensor ditempatkan pada modul kamera untuk mendeteksi akselerasi sehingga modul Flip Camera dapat kembali ke posisi aman jika ZenFone 6 terjatuh. 

Modul Flip Camera ditenagai oleh stepper motor khusus yang sangat presisi dan memungkinkan modul ini untuk bergerak sejauh 180°. ASUS juga menyediakan mode free angle yang memungkinkan pengguna ZenFone 6 untuk mengambil gambar dengan posisi sudut kamera antara 0° hingga 180°. Mode pengambilan gambar ini memberikan kebebasan lebih kepada pengguna untuk menciptakan foto yang lebih kreatif. Selain itu, ZenFone 6 juga telah hadir dengan berbagai mode pengambilan gambar seperti Auto Panorama dan Motion Tracking. 



Lebih Cepat dan Simpel 


ZenFone 6 menggunakan sistem antarmuka ZenUI 6 yang berjalan pada Android Pie. ZenUI 6 hadir dengan tampilan yang lebih simpel dan mudah digunakan. ZenUI 6 mengedepankan konsep tampilan yang hanya dibutuhkan oleh pengguna, serta telah dilengkapi dengan Dark Mode, yaitu mode tampilan gelap yang membantu penglihatan pengguna agar tidak cepat lelah ketika menggunakan ZenFone 6 dalam kondisi gelap. 

Antarmuka yang sudah didesain ulang juga menghadirkan animasi yang lebih halus serta mendukung penggunaan untuk satu tangan dengan tampilan yang ditempatkan secara khusus sehingga dapat dijangkau oleh jari pengguna. 

ZenFone 6 dilengkapi dengan teknologi OptiFlex yang membuat aplikasi dapat dibuka dan dijalankan lebih cepat. OptiFlex dapat mempelajari aplikasi mana saja yang sering digunakan oleh pengguna dan aplikasi tersebut disimpan secara khusus pada memori sehingga dapat dijalankan lebih cepat kapan saja. Selain itu terdapat juga mode Private Listening yang memungkinkan pengguna untuk memutar pesan suara dan berinteraksi dengan Google Assistant hanya melalui earpiece, sehingga tidak akan terdengar oleh orang sekitar. 





Dukungan Android 10 


ZenFone 6 yang hadir di Indonesia telah mendukung sistem operasi Android 10 terbaru. Sistem operasi Android 10 di ZenFone 6 juga dilengkapi dengan sistem antarmuka ZenUI 6 terbaru yang memiliki desain lebih simpel serta kinerja lebih baik dari versi sebelumnya. 

Sistem operasi Android 10 di ZenFone 6 telah tersedia dan bisa diunduh langsung oleh pengguna di Indonesia melalui FOTA. Pengguna ZenFone 6 juga dapat melakukan upgrade sistem operasi secara manual tanpa melalui FOTA. Semua kebutuhan untuk upgrade sistem operasi dapat diunduh melalui situs resmi ASUS.


Mau tau spesifikasi lengkapnya? Yuukk intip tabel di bawah ini:


20 comments:

  1. Racunnn betulll dah nih Asus :D
    Kameranya keren banget tuh di plap flip hihihi

    Mau komporin paksu ah, dia pecinta Asus soalnya, pas juga lagi butuh hape.
    Udah berkali-kali selalu pakai HP Asus, jadinya lebih familier dan kagok kalau ganti merk :)

    ReplyDelete
  2. Baru beli hp baru , liat review ini asli bkin ngiler...hmmm nyesel baru baca deh

    ReplyDelete
  3. hape ASUS tu kameranya jempolan deh, aku pernah pinjem punya temen soalnya :) tapi sampai sekarang nggak pernah kesampaian punya hahahaa

    ReplyDelete
  4. Keren banget nih hp. Kameranya bisa muter, ya. Jadi pingin pegang sendiri, deh.

    ReplyDelete
  5. Dari dulu pengen banget punya gadget ASUS gak hpnya gak laptopnya dua2nya bikin mupeng, lihat storagenya besar banget bisa nampung banyak aplikasi dan foto2 keren

    ReplyDelete
  6. Aduduu...asli bikin pengen banget nih. Fitur kameranya tuh yg paling bikin ku pengen nyobain. Hm,inguk2 tabungan dulu aah..

    ReplyDelete
  7. Daku langsung kepincut donk Mbak sama tampilannya Zenfone 6 ini, pemilihan warna untuk desain gawainya bagus bgd. Suka. Jadi pengen punyaaaaa

    ReplyDelete
  8. warna silvernya terlihat elegan ya, mbak. seperti biasa aku selalu terpesona dengan fitur kameranya asus zenfone. pernah lihat hasil jepretan di hape adekku dan memang memukau!

    ReplyDelete
  9. cakep banget nih hpnya. Merk asus yang baru saya pakai baru laptopnya aja. HP Zenfone 6 nya kameranya mupeng :)

    ReplyDelete
  10. Kalau baca spesifikasi macam tabel yang paling bawah aku pasti ga mudeng kudu tanya suamiku tapi kalau dijabarin seperti mba uniek ulas barulah mudeng oh ternyata Hp asus ini begini makanya kusuka dengan review diblog bantu banget..

    ReplyDelete
  11. Asli ini spek Zenfone 6 bikin ngecess banget, duh pengenlah punya hape canggih dengan kamera keren yang bisa dipake bikin foto cakep dan video kece, intipin harganya, ah

    ReplyDelete
  12. Wah, wah gak ada matinya Asus ini.. Baru sebulan lalu launching laptop, sekarang smartphone.

    Eh, saya suka inovasi flipnya. Nggak tau, tiap kali beli HP yang saya lihat selalu kameranya dulu. Processornya apa nomor sekian haha

    Kisaran harganya belum ada info ya mbak Uniek? Penasaran aja, harga smartphone sekarang lagi banting-bantingan hehe

    ReplyDelete
  13. Wah ngawe-ngawe minta dibeli ini Zenfone. Semoga aku bisa punya ini ya mbak Uniek

    ReplyDelete
  14. Artikel racuuun ini mbak, saya khawatir anakku baca terus merengek minta digantiin handponenya dengan zenfone 6 ini. Apalagi kalau dia lihat kameranya, wuiih...

    ReplyDelete
  15. Cakeep beneerrr, Asus Zenfone 6 Twilight.
    Warnanya dan designnya menggoda.
    Kalau masalah speknya, Asus sudah terbukti terbaik di kelasnya.

    ReplyDelete
  16. Warnanya bagus banget. Aku kepincut.
    Ini ASUS memang gilak banget ya inovasinya. HP ku yang ini saja aku masih suka banget, ini malah sudah ada yang baru lagi lagi dan lagi. Baterainya, duh, yang suka males ngecas HP kudu punya ini. Haha.

    ReplyDelete
  17. Saya punya asus beberapa kali, 2 kali. Abis itu gak beli lagi haha.. harganya juga lumayan soalny. Sekarang pindah ke anaknya Oppo 🀭

    ReplyDelete
  18. Uh zenfone baru cakep banget ya, warnanya kece. Suamiku nih penyuka asus dan zenfone

    ReplyDelete
  19. Belum lama ini, aku kesengsem sama henpin yang yg layarnya flip. Sekarang kepincut sama henpon yang punya kamera flipp. Jannnn. Dan btw, liat bodynya si asus ini menterenge poolll, helegaaan.

    ReplyDelete
  20. Aku salut sama Asus yang sudah mengeluarkan produk ini
    Jujur saja bikin saya pengen di tengah kondisi hape saya sekarang yang kameranya udah rusak

    ReplyDelete