09 April 2020

6 Alat Musik Tradisional Indonesia yang Sudah Dikenal Masyarakat Dunia

Sadarkah kau Kawan jika Indonesia ini sangat kaya akan budaya? 

Yuuk daripada sedih berkepanjangan, kita obrolin aja yuk tentang aneka ragam kekayaan budaya di negeri tercinta ini. Bakalan tak ada habisnya deh, termasuk jika kita bahas tentang kesenian masing-masing daerah.


sumber foto : gpswisataindonesia.info



Kita punya banyak sekali bentuk kesenian, mulai dari tarian, pertunjukan, musik, sampai alat musik. Ya, kita akan membahas tentang alat musik. Indonesia ternyata punya puluhan alat musik tradisional yang tersebar di berbagai daerah. 

Meski kini zaman sudah modern, beberapa alat musik itu masih dimainkan sampai sekarang. Bahkan alat musik kita ini sudah dikenal luas lhooo oleh masyarakat dunia. 

Mau tahu alat-alat musik kita yang sudah mendunia? Berikut pembahasannya. 


1. Tifa 


sumber : romdecade.org


Tifa adalah alat musik pukul khas dari wilayah Maluku dan Papua. Bentuknya mirip dengan kendang yang dilubangi di bagian tengahnya. Tifa sendiri terdiri atas banyak jenis, antara lain tifa dasar, tifa bas, tifa jekir, dan tifa jekir potong. Banyak turis membawa pulang tifa ketika mereka berkunjung ke dua tempat itu. 



2. Angklung 


sumber : rajinlah.id

Angklung adalah alat musik multitonal yang sangat unik dan hanya ada di Indonesia. Alat musik asal Jawa Barat ini dibuat dari bambu yang disusun sedemikian rupa. 

Cara memainkannya pun mudah, cukup digoyangkan, namun bisa menciptakan suara yang mengesankan dari benturan antara pipa. Angklung bahkan sering dimainkan dalam konser-konser mewah. 

Daerah lain juga punya angklung, antara lain angklung Bali, angklung Banyuwangi, angklung Gubrag, dan lainnya. 



3. Gamelan 


sumber : wikipedia.org

Gamelan sudah sangat mendunia selama bertahun-tahun dan kerap dimainkan dalam berbagai konser atau acara seni di luar negeri. Gamelan adalah seperangkat alat musik tradisional Jawa yang terdiri atas beberapa instrumen, mulai dari kendang, bonang burung, bonang penerus, demung, saron, hingga rebab. 

Semua itu membentuk satu kesatuan dan akan menghasilkan alunan suara yang luar biasa indah dan menenangkan. Gamelan juga bisa ditemukan di Madura, Bali, dan Lombok dalam beragam bentuk dan ukuran. 



4. Kecapi 


sumber : romdecade.org


Alat musik petik kecapi asal Jawa Barat ini memiliki asal-usul panjang. Pembuatan instrumen ini cukup rumit dan memakan banyak waktu, pemilihan bahan kayu dan senarnya harus dilakukan dengan seksama. 

Ada dua jenis utama kecapi, yaitu kecapi parahu yang berbentuk mirip perahu dan kecapi siter yang bentuknya lebih sederhana dari kecapi parahu, di mana bagian sisi atas dan bawahnya berbentuk trapesium. 



5. Kolintang 


sumber : pinterest.com


Kolintang adalah alat musik khas masyarakat Minahasa, Sulawesi Utara, dan pernah memecahkan rekor dunia pada tahun 2009 silam dimana tercatat ada 3011 orang yang memainkan alat musik bambu bersama 1223 pemain kolintang. 

Kolintang adalah alat musik perkusi yang terdiri atas beberapa gong kecil dari logam. Kayu pemukulnya unik karena bercabang dan perlu keterampilan khusus untuk memainkannya. 



6. Sasando 



sumber : romdecade.org


Berikutnya ada sasando, alat musik khas masyarakat Rote, Nusa Tenggara Timur, yang sudah ada sejak abad ketujuh. Ini adalah alat musik petik (dawai) yang bentuknya sangat unik. 

Sasando terdiri atas sebuah tabung panjang di tengah. Bagian tengah sasando berbentuk melingkar dari atas ke bawah. Dawai-dawainya direntangkan di tabung dari atas ke bawah yang sudah diberi ganjalan. 

Dari jauh sasando terlihat seperti kerang atau bawang. Alat musik ini bisa menghasilkan suara yang aduhai. 



Sebenarnya masih banyak alat musik tradisional kita yang sudah dikenal masyarakat dunia dan bahkan dimainkan di luar negeri. Nah, kita sebagai generasi penerus sudah seharusnya ikut melestarikan eksistensinya. Jangan sampai deh generasi muda justru tidak bisa memainkan alat musik tradisional dari daerahnya.

Kalau kamu bisa mainkan alat musik yang mana, Kawan?

39 comments:

  1. Tifa kayaknya yg paling simpel ya Mak.
    Tapiii buat memainkan secara profesional sih, daku kagak bisa :(
    Daku BANGGA sama BUDAYA Indonesia bangetttt!

    ReplyDelete
  2. aku udah liat secara langsung semua alat musiknya. beberapa lihat di museum waktu karya wisata. negara kita emang keren ya punya banyak alat musik tradisional yang unik :)

    ReplyDelete
  3. sudah sering dengar nama ke enam alat musik tersebut, tapi hampir semuanya baru kutau bentuknya lewat postingan ini, mbak. hihi. Thanks for sharing yaaa :)

    ReplyDelete
  4. Aku bisa gendang sih mba tapi ga pake irama hehehe...

    Alat musik tradisional tuh selain bunyi ya yg khas bentuknya juga unik2 yaa kece2...
    Jd bisa buat pajangan jugaak

    ReplyDelete
  5. Mbak Uniek, satu lagi namanya saluang. Itu dari Sumatera Barat. suaranya khas kalau di lagu lagu minang gitu. Pertama kali dengar pas ada sinetron Siti Nurbaya yang Gusti Randa yang main. aku langsung jatuh cinta sama suaranya.

    ReplyDelete
  6. dulu waktu sekolah menghapal nama-nama alat musik, gimana cara mainnya dan asal daerahnya. Sekarang bisa lihat kalau ada acara-acara literasi atau even seni.

    ReplyDelete
  7. Sasando aku belum pernah pegang apalagi mainkan. Kalau yang lainnya sudah pernah nyoba, sejak zaman sekolah sampai kerja sempat satu dua nyoba-nyoba mainin, meskipun kalau sekarang ya udah lupa, wkwkwk. Ingetnya transferan aja.

    ReplyDelete
  8. Dulu zaman sekolah SMP, pernah ikut ekstra seni musik kolintang, ya lumayan lah bisa main meski kalau diulang sekarang banyak lupanya :)

    ReplyDelete
  9. Banyak orang indonesia yang Harus Tau alat musik ini. Karena sekarang sudah masuk jaman modern, mungkin kalau tidak ada yang mewarisinya. mungkin dikemudian hari akan hilang dimakan waktu.

    ReplyDelete
  10. Angklung dan Gamelan sunggu sudah sangat mendunia :D

    ReplyDelete
  11. Alhamdulillah aku tahu ke-6 alat music yang disebut di atas. Etapi, aku belom pernah lihat langsung Sasando deh. Tahunya ari tv dan internet. Di sini kayaknya gak ada yang bias. Jadinya gak pernah lihat. Kepengen deh bias lihat langsung. Unik banget ya bunyi dan bentuknya.

    ReplyDelete
  12. aku pernah nonton yang orang Amerika segerombolan buat acara gamelan gitu, seru juga, dan membuktikan bahwa gamelan adalah alat musik terunik dan teranggun ya

    ReplyDelete
  13. Apalah aku yang nggak bisa main alat musik. Dulu pernah bisa pakai kulintang, tapi sekarang udah lupa..
    Bangga deh Indonesia karya akan kekayaan budayanya

    ReplyDelete
  14. Aku ga bisa semua Mbak..Tapi suami dan anak sulugku bisa gamelan. Banyak alat musik tradisional Indonesia yang terkenal di dunia yaaa

    ReplyDelete
  15. Aku jadi penikmat alat musik tradisional, mba Un.

    Sering takjub dan terharu jika ada yang bisa memainkan alat musik tradisional dengan sempurna, dari hati.

    Apalagi kalau memainkannya lengkap dengan mengenakan busana tradisional juga.
    Perfect combo!


    ReplyDelete
  16. Kalau saya suka alat musik angklung
    Pernah sekali coba mainkan di rumah mertua karena adek ipar punya
    Lumayanlah hahaha

    ReplyDelete
  17. Wow, sasando dari pulau Rote juga sudah mendunia? Aku belum pernah lihat aslinya. Tahu alat musik ini dari uang kertas. Kalau ga salah uang 5000 zaman dulu.

    ReplyDelete
  18. angklung banyak banget yang pakai ya mba, malah bulan lalu aku cari di youtube cara belajar angklung eh yang muncul anak2 dari luar Indo yang lagi pada main angklung.

    ReplyDelete
  19. Aku angklung sama gamelan aja Maak yang bisa, dulu pernah belajar eskul waktu sekolah. Ahh seruu pisan seneng, apalagi kalo pas pentas hahhaaa..huhuy..

    ReplyDelete
  20. seneng banget dan bangga ya ternyata banyak alat music indonesia yang sekarang udah diakui dunia, semoga alat music yang lain bisa nyusul diakui juga hihihi

    ReplyDelete
  21. anak aku paling suka gamelan mbak, pas di kraton Jogya dia main, syukurlah anak saya suka kesenian daerah tanpe perlu saya paksa hahahaa

    ReplyDelete
  22. Bangga alat2 musik tradisional ini sudah dikenal sampe ke manca negara seperti gamelan yang sangat fasih sekali dimainkan sama orang bule di sana :)

    ReplyDelete
  23. Kayla dulu pernah ikutan ekskul gamelan sama angklung mbak,
    memang sebaiknya sekolah2 banyakin ekskul musik tradisional kayak gini yah, biar seimbang gitu lho

    ReplyDelete
  24. Pernah melihat alat musik ini di beberapa pameran. Tapi kalau untuk memainkannya, aku ga ada yg bisa, mba hiks.
    Semoga alat-alat musik ini tetap dipelajari oleh anak-anak di daerah asalnya ya. Tetap lestari keberadaan alat berkesenian asli Indonesia ini.

    ReplyDelete
  25. Aku suka bgd sama suara angklung mbk, unik gitu. Rasanya tenang gitu kalau denger suara angklung, trus secara otomatis berasa lagi tinggal di desa, duduk duduk di teras rumah sambil menikmati semilir angin. Syahdu beneeer. Ah memang bener yak, Indonesia memang kaya raya.

    ReplyDelete
  26. Benee banget, harusnya anak2 muda dan anak kecil sudah harus dikenalkan alat musik daerah ini. Supaya mereka tau dan bisa memainkannya. Ak hanya bisa maen angklung dan kolintang aja hihihi

    ReplyDelete
  27. Aku baru liat yang namanya sasando kak, kalau bukan tulisan kakak aku nggak tau tuh. Makasih loh infonya kak, ditunggu info2 menariknya yah

    ReplyDelete
  28. Dari dulu lihat orang main angklung seneng gitu. Denger suaranya juga enak. Belum kesampaian mau belajar.

    ReplyDelete
  29. wah ada gamelan.. kesukaan anakku itu mbaa uniek. kebetulan deket rumah ada sanggar gamelan dan anakku srneng bgt main kesana. hihi..

    ternyata gamelan sudah dikenal masyarakat dunia yaa..

    ReplyDelete
  30. Aku waktu sekolah pernah belajar gamelan, nyesel juga gak dilanjut waktu itu. Aku terobsesi punya angklung mbak, akhirnya beli juga deh buat belajar anak-anak di rumah

    ReplyDelete
  31. Waktu SMA aku belajar gamelan mba, dari gong sampe saron cuman kendang sama rebab yang ga belajar..seru sih bisa main ini hahaha

    ReplyDelete
  32. Senang pernah bisa main angklung, gamelan dan tari. Itu kecapi saya ga bisa banget padahal kesenian khas Cianjur ada kacapisuling. Hehehe malu...

    ReplyDelete
  33. Tifa juga dijadikan oleh-oleh bagi turis, ya. Aku dulu tau namanya karena kerasa beda dari nama-nama ala Indonesia.

    ReplyDelete
  34. Dari beberapa alat musik diatas, angklung dan gamelan yang paling sering saya lihat dibeberapa KBRI di negara negara yang pernah saya datangi..biasanya orang luar suka dengan alat alat musik tersebut dan mau mempelajarinya lho.. mereka semangat banget dan kita layak untuk bangga ya mbak

    ReplyDelete
  35. Alat musik khas daerah di Indonesia ini unik-unik yaa, kak..
    Kalau ga salah, Ada festival ya yang rutin diadakan tiap tahun dan banyak wisatawan asing yang menonton.

    ReplyDelete
  36. Semakin bangga dengan Indonesia gak hanya kaya akan tempat eksotik tp juga di dunia musik ad alat musik khasnya

    ReplyDelete
  37. Jadi bangga sebagai orang Indonesia yang punya beragam kebudayaan dan alat musik tradisional.

    ReplyDelete
  38. Kolintang udah sering dipake di film2 bule dan jd mata pelajaran di sekolah mereka ya

    ReplyDelete
  39. Aku nggak bisa semuanya mba Uniek wkwkwk
    sedih ya, kurang tradisional aku. Dulu aku bisa gitar sekarang putul hehehe
    pengen belajar juga aku, main alat musik tradisional.

    ReplyDelete