20 May 2020

Mempercantik Artikel Blog dengan Aplikasi Editing Foto

Mengeluarkan kreativitas saat ini sudah bagaikan tak terbendung lagi. Kemajuan teknologi seakan menjadi pendorong bagi banyak orang untuk terus berkarya, menunjukkan kreasinya dalam berbagai bidang. 



Trus, buat aku sendiri yang sehari-harinya bekerja sebagai ibu rumah tangga, emang bisa apa? 

Semoga saja di luaran sana tak banyak orang yang menyepelekan posisi ibu rumahan gini ya. Mungkin ada yang tidak menyadari, bahwa berada di rumah sepanjang hari, mengatasi berbagai urusan keluarga dan selalu menjadi nomer satu di kala masalah di rumah melanda, membuat seorang ibu menjadi makhluk yang paling tau banyak hal. 

Ya yaaa.. bisa sih kalau mau bilang kalimat di atas itu sekadar menghibur diri. Tak apa. Yang penting aku merasa nyaman saja setelah beberapa waktu lalu tidak berstatus sebagai ibu kantoran lagi. 

Ada banyak hal loh yang bisa dilakukan di rumah. Justru ketika efek pandemi Corona ini merebak ke seluruh jagat raya, seorang ibu yang memang sudah kesehariannya di rumah, menjadi orang yang paling tabah menghadapinya. Apalagi bagi ibu yang memang sudah memiliki segudang aktivitas di rumah selain menyelesaikan pekerjaan rumah tangga. 

Salah satunya ya ibu yang menjadi blogger, sama seperti diriku dan jutaan momblogger lainnya. Di saat tugas rumahan sudah kelar, rasanya banyak saja kalimat yang ingin ditumpahkan ke dalam blog. Tapi tak melulu tentang curhat loh. Malah sekarang makin banyak momblogger yang artikelnya udah menembus jutaan pageviews karena mengulas tema-tema yang memang banyak dicari oleh pembaca. 



Niche Blog 


Setiap orang memiliki kecenderungan tersendiri ketika menuliskan sesuatu di blognya masing-masing. Oleh karena itu ada beberapa niche blog yang saat ini muncul. Niche bisa diartikan sebagai tema atau topik bahasan yang mendominasi blog itu sendiri. 

Adapun berbagai niche blog yang umum dipilih orang adalah: 

1. Traveling 


Ketika makin banyak orang mencari referensi suatu tempat wisata, kehadiran suatu postingan artikel di blog di lokasi tersebut bakalan banyak dicari. Udah jamak kan ya sebelum melakukan perjalanan ke suatu destinasi wisata, orang akan mencari terlebih dahulu tentang lokasi tersebut di mesin pencari. 

Nah, para travel blogger lah yang bisa membantu para pencari informasi itu dengan menceritakan pengalamannya selama melakukan perjalanan. 


2. Kuliner 


Hampir sama dengan niche traveling, para blogger yang sering mengulas tempat-tempat makan pun bakalan kebanjiran pembaca ketika dia mampu menyajikan informasi terbaru dari resto yang sedang hits.

Selain itu blogger yang hobi memasak juga bisa mengunggah tulisannya yang terkait dengan resep dan cara pembuatan menu tertentu. Nantinya ketika orang mencari menu tertentu di mesin pencari, artikel yang ditulisnya itu bisa membantu orang tersebut terkait cara memasak dan bahan apa saja yang harus disiapkan. 


3. Parenting 


Berbagai kasus yang sering terjadi dalam tumbuh kembang anak memicu orang untuk sering membuka mesin pencari untuk mencari artikel pembanding. Pun ketika dirasa curhat pada orang lain tidak nyaman, justru mencari solusi melalui bacaan di internet bisa menjadi pilihan yang lebih menyenangkan.

Di sinilah peran blogger dengan niche parenting menyajikan artikel yang bisa menjadi referensi bagi mereka yang membutuhkannya. 


4. Lifestyle 


Gaya hidup masa kini tak pernah lepas dari yang namanya kebaruan. Apa saja dicoba oleh orang-orang kekinian untuk mempermudah hidup serta menikmatinya dengan maksimal.

Blogger yang memilih niche ini bisa menyajikan artikel terkait reviewnya atas produk-produk baru, tempat makan baru, cara belanja online yang mudah, memilih aplikasi apa yang sesuai dengan kebutuhan, dan masih banyak hal lain yang terkait gaya hidup kekinian. Oleh karena itu nggak salah kalau banyak blogger yang memilih niche ini untuk panduan menulisnya. 


5. Kesehatan 


Makin ke sini, makin banyak orang yang kian aware terhadap kesehatan dirinya. Referensi untuk hidup sehat makin banyak dicari nih di mesin pencari. Apalagi dengan adanya kondisi pandemi Corona gini, kian banyak orang yang terus memperbaiki gaya hidupnya agar bisa terus menjaga kesehatan.

Tulisan dari blogger yang memiliki minat di bidang kesehatan pun mendulang pageviews saat ini. Berbagai artikel dengan tema tips menjaga kesehatan dan meningkatkan imunitas tubuh makin banyak dibaca orang. 


6. Fashion 


Padu padan busana dan kecenderungan mode terus bergerak di setiap masa. Tak heran jika orang pun jadi ingin mengikuti trend tersebut.

Blog bertema fashion banyak mengulas tentang aneka jenis outfit yang bisa menjadi pilihan pembacanya. Tentu saja disesuaikan dengan event apa yang akan dihadiri dan keperluan apa ketika mengenakan busana tertentu. 



7. Beauty 


Maraknya produk kosmetika dan skincare baik lokal maupun luar negeri membuat bingung orang awam yang tidak tahu apa saja kegunaan barang tersebut. Aneka artikel dari para beauty blogger bisa menjadi panduan bagi mereka.

Blogger yang memilih niche ini tak segan-segan membeli sendiri barang yang akan direview dan mencobanya, lalu membuat artikel yang menunjukkan berbagai detail produk tersebut agar bisa dijadikan referensi banyak orang.

Tak jarang blogger menerima endorsement juga dari brand saking rajinnya melakukan review produk tertentu. Salut yaaa… 



8. Book & Film 


Selain menjalani keseharian dalam rutinitas, orang pun membutuhkan hiburan ya. Bagi yang tidak bisa sering jalan-jalan ke tempat wisata, hiburan bisa didapatkan dari tempat atau hal yang ada di sekitar saja. Bisa berupa aktivitas nonton film maupun membaca buku.

Agar mendapatkan gambaran tentang film yang akan ditonton ataupun buku yang akan dibaca, artikel-artikel dari para blogger yang rajin menulis review buku dan film bakalan diserbu pembaca. 



9. Techno 


Blogger yang memilih niche techno banyak menyajikan artikel seputar spesifikasi device yang digunakan, bisa berupa smartphone, laptop, desktop, modem dan peralatan teknologi lainnya. Ketika seseorang hendak membeli barang elektronik, rata-rata akan mencari tahu terlebih dahulu tentang spesifikasi dan pengalaman pengguna lainnya. Nah, pada mesin pencari akan kita temukan berbagai artikel dari para techno blogger ini. 


Selain beberapa niche di atas, sebenarnya masih banyak lagi ya niche blog yang lain. Intinya seseorang akan membuat tulisan di blog sesuai dengan minatnya, terlepas tulisan itu masuk kategori organik ataupun berbayar. Yang jelas rata-rata blogger menikmati proses menulisnya. Kalau enggak, ya masak bisa sampai bertahun-tahun nuliiiiiss terus kayak ga ada capeknya. πŸ˜‰ 



Mempercantik Tampilan Artikel 


Nah, gimana dengan aku sendiri, masuk ke niche apa ya blogku? 

Terus terang blogku ini memang menulis banyak hal terkait dengan kejadian sehari-hari terkini. Jadi bisa dibilang masuk dalam kategori lifestyle gitu ya. 

Apa saja sih yang kutulis dalam berbagai postinganku itu? 

Banyak sih, mulai dari isu Corona, rencana launching laptop terbaru, hingga nyobain produk body wash terbaru. Meriah kan yaaa… 

Menulis artikel di blog tentu saja ingin dibaca orang lain ya. Tentunya kalau yang disajikan hanya tulisan saja, mana ada yang bakalan tahan mantengin tulisan itu hingga akhir. Untuk membuat tampilannya menarik, tak jarang blogger memasukkan foto ataupun infografis dalam tulisannya. 

Begitu juga yang kulakukan saat ini. Semisal ya orang lain nggak suka baca blogku, paling tidak aku sendiri enggak empet saat melihatnya. Aku termasuk orang yang model visual gitu soalnya, apa yang menarik di mata ya itu bakalan tahan kupantengin terus. 

Kalau teman-teman blogger lainnya, apakah juga ada yang seperti aku gitu? Trus biasanya bikin tampilan visualnya menggunakan apa selain upload foto mentahan aja? 

Aku sih memang banyak maunya, tapi kemampuan olah gambar ya segitunya aja hehehe.. makanya untuk mengolah foto aku pilih aplikasi editing foto yang mudah untuk digunakan. Apa coba? 

Yups, salah satu yang kugunakan adalah CANVA, aplikasi sejuta umat. Ya kan, siapa sih yang enggak tau aplikasi yang satu ini. Berbagai fitur yang disediakan sangat memadai untuk dijadikan andalan momblogger yang rada-rada gaptek kayak aku gini. 

Sayangnya, masih banyak fitur yang tidak bisa kugunakan karena masih menggunakan aplikasi gratisan saja. Sedih deh, padahal pilihan fitur lainnya kece-kece loh. Nih kutunjukkan ya ketika pengin edit salah satu ilustrasi, eh ternyata masih lock karena masih pake mode free.



Ilustrasi yang masih ada tanda kotak-kotak dan ada watermark Canva tadi menunjukkan bahwa sebenarnya gambar tersebut harus kita beli terlebih dahulu karena dilindungi oleh hak cipta. Masih ada loh teman-teman blogger yang menggunakan foto seperti itu, tentunya kalau secara visual nggak enak banget kan ya dilihat. 

Alangkah lebih baiknya ketika ingin mendapatkan ilustrasi ataupun foto yang premium, kita upgrade aplikasi yang kita miliki menjadi akun berbayar. Aku udah nyobain loh upgrade akun Canva yang kumiliki ke premium. Nggak susah kok, beli aplikasi di google play lebih murah dan gampang banget. 

Mau lihat bedanya setelah upgrade ke akun Canva Premium? 



Tuh kaann… beda banget kan ya. Lebih cantik tanpa ada garis kotak-kotak yang mengganggu pandangan. Yang jelas kita juga udah bantu si pemilik karya untuk mendapatkan haknya melalui apa yang kita bayarkan melalui aplikasi. 

Gimana sih emangnya beli aplikasi di google play, beneran enggak susah? 

Bagi pemilik smartphone berbasis android, emang sudah biasa banget kan ya langganan aplikasi di Google Play, bahkan top up game di Google Play semudah menjentikkan jari. Bagi yang belum mengaktifkan Gopay sebagai salah satu cara pembayaran di Google Play, bisa ikuti ya infografis di bawah ini: 


aktifkan gopay di google play
klik aja infografis ini untuk memperbesar tampilan

Ketika ingin mendapatkan ilustrasi kece yang ternyata masih kekunci, aku bisa memilih untuk masuk kategori premium. Maka kuubah dulu aplikasi Canva menjadi premium. 





Sedangkan untuk membayar pembelian tadi, bisa menggunakan Gopay lhooo... Akunku yang semula setting pembayarannya menggunakan tagihan pasca bayar, bisa kualihkan menjadi Gopay. Lebih fleksibel ya, tidak membebani tagihan kartu pasca bayarku. Apalagi selama Ramadhan banyak promo google play lhooo..

Bukti pembayaran upgrade ke Canva Pro, pilih otentikasi yang Yes, always

Gampang kan? Teman-teman sudah ada yang mencoba beli aplikasi di google play menggunakan Gopay? Boleh bagi cerita pengalamannya dong. Tingkiuuuuu....

32 comments:

  1. Aku pake canva tapi yang versi free. Belum pernah beli di google play pakai gopay, nih. Mungkin nanti suatu saat, ya

    ReplyDelete
  2. Memang untuk editing gambar dan video bagusnya pakai yg pro ya...tapi ya karena masih jarang pakai canva, jadi manfaatin yg gratisan aja dulu...mungkin next

    ReplyDelete
  3. Wah cantik amat tampilan desain canva premium ya, aku masih yang free mau coba ah bayar langganan pakai gopay bayarnya

    ReplyDelete
  4. Aku masih nunaknunuk nih pake Canva..yg free tentu saja, wong baru coba2..hihi.. Thx infonya dik, jadi ini to dibalik blogpost2 mu yg ciamik itu..

    ReplyDelete
  5. CANVA memang paling gampil ya Mba
    Mumpung lagi di rumah aja, momentum yg tepat untuk utak/atik aplikasi editing

    ReplyDelete
  6. Aku baru beli yang premium kemarin, dan bener juga ya nggak muncul kotak-kotak nya. Dulu aku kira itu ornamen, wkwkkk

    ReplyDelete
  7. Aku pun menggunakan Canva kalau untuk editing di desktop dan hp mbak Uniek, apalagi ini user friendly banget dan banyak pilihannya juga sih menurutku. Dan aku pakai yang premium untuk Canva

    ReplyDelete
  8. sejak ada GoPay aku jadi sering subscription beberapa aplikasi dengan menggunakan saldo GoPay yang ada

    ReplyDelete
  9. Noted Mba, mau coba ah bayar pake Gopay, aku biasanya beli di marketplace untuk bbrp apps yg kudu up ke premium biar bisa ke unlock fitur2nya

    ReplyDelete
  10. Wah..baru tau klo mmbayar google pay bisa pake gopay. Kirain susah masukin kode2 CC segala. Thx mbak uniek..pingin ngadep canva ah...asyik sih..variasinya banyak

    ReplyDelete
  11. sayapun pakai Canva walaupun masih yang mode free hehe, tapi sangat senang pakai aplikais ini krna makainya gampang banget buat mempercantik tulisan d blog

    ReplyDelete
  12. Selama ini aku selalu pake yang gratisan sih hihihi..Tapi kalo melihat beda hasil antara yang gratisan n yang berbayar gitu, mungkin suatu saat bisa berubah pikiran. Apalagi cara bayarnya gampil ya, bisa pakai Gopay. Sip..

    ReplyDelete
  13. Aku juga sering pakai canva, buat presentasi juga bisa. Kumplit banget ya canva. Kalo ada yang bagus dan cocok eh ternyata watermark canva. Besok beli ah, memang bagus

    ReplyDelete
  14. Aku pernah pake Canva premium terutama buat kerjaan. Sekarang udah enggak lagi. Nyeseel ga diterusin karena waktu itu lagi promo jadi lebih murah dari biasanya. Apalagi kalau bisa bayar pake Gopay ya

    ReplyDelete
  15. Aku pengguna canva mba tapi belum upgrade ke premium. Kayaknya harus premium deh karena emang bermanfaat banget sih mba

    ReplyDelete
  16. Biasanya saya pakai canva juga, mudah dan simpel namun tetap saja butuh waktu untuk melakukannya. Kadang nggak cukup waktu, nah karena sedang buru-buru jadi udah lama nggak main canva lagi.

    ReplyDelete
  17. Oh ternyata bisa bayar canca premium pakai gopay ya? Lebih praktis ya mbak?
    Selama ini aku masih manfaatin fasilitas gratisanya aja. Kyknya menarik upgrade ke premium supaya desainnya lbh apik

    ReplyDelete
  18. Aku kadang pake canva buat edit video emang namanya jadi blogger tuh harus passion aku juga sering beli sendiri aku review sendiri

    ReplyDelete
  19. Baru Aku Tau lo mba step by step beli d Google play dah gitu praktis byarnya bisa pakai Gopay noted nih bau beli ebook novel bisa Kali y

    ReplyDelete
  20. Pilihan aplikasi edit foto. lumayan ya banyak juga.. Nah apalagi kalo bisa pake yang premium.. bagus ada promo kalo pake Gopay..

    ReplyDelete
  21. Aku baru tahu yang premium.bisa bayarna pake gopay soalnya suka mikirnua bayarna pasti pake kartu krdit mba ahahha

    ReplyDelete
  22. Gopay nih canggih bener dah. Aku pengen nyoba juga buat upgrade canva ah..

    ReplyDelete
  23. Aku donk blm punya gopay.. Haha. Malu deh diriku. Padahal masa begini perlu banget ya. Btw, suka sedih skrg kalo buka canva byk yg berbayar.. Haha

    ReplyDelete
  24. Aku tau Canva tapi belum pernah utak-atik nih, ajarin aku mbak. Ternyata bisa buat edit video juga ya

    ReplyDelete
  25. Oh...canva premium itu bisa diaktifkan menggunakan google Play yaa...
    Hehhe...memang uda pasti terkeren kalau designya pakai canva premium.
    Per-bulan atau selamanya, kak Uniek?

    ReplyDelete
  26. Seneng banget loh setelah nyobain Canva Premium, jadi bisa oprek template yang kece buat isi konten. Masih penasaran juga sih dengan banyaknya settingan untuk template dan fitur lainnya di Canva

    ReplyDelete
  27. Wah jadi bisa beli di go-pay juga ya mau lah dicoba karena kadang-kadang memang ketemu Watermark di kanvas dan ini penting banget untuk bisa bikin tampilan blog kita bagus sesekali investasikan ya

    ReplyDelete
  28. Untuk aplikasi sy mash banyak yg pake free kecuali video show sy beli yg berbayar . Belinya jaman sebelun rame youtube jd masih murah sekarang banyak aplikasi harus langganan ga bisa beli lepas sekali

    ReplyDelete
  29. Asiknya mba Uniek, aku pengen juga daridulu beli yang premium
    kepo dengan dalemnya canva ehehehe ... enak ya ternyata bisa make gopay. Mudah juga ternyata.

    ReplyDelete
  30. Aku belum bisa make canva. Selama ini make grid, swkali nyoba canva tapi malah bingung dah belum pernah nyoba lagi setwlah itu.

    ReplyDelete
  31. Belum pernah pakai GoPay untuk beli aplikasi mba.
    Pakai GoPay baru untuk beberapa layanan dari GoJek.

    ReplyDelete
  32. Aku kalo mau edit foto sukanya pake Canva atau PicsArt mba, tapi masih pake yg free, belum nyobain yang pro. Pernah pake Gopay buat bayar aplikasi baca novel online, ternyata nggak ribet ya.

    ReplyDelete