05 June 2020

9 Alasan Memilih ASUS ExpertBook B9450


Beberapa waktu yang lalu, di akun media sosial, khususnya instagram dan twitter, aku posting tentang seri laptop terbaru dari ASUS, yaitu ExpertBook B9450. Laptop dengan segmen bisnis ini digadang-gadang sebagai laptop paling ringan, ringkas, tapi tetap memiliki performance yang luar biasa.

asus expertbook b9450

Beneran begitu?

Sempat ngikutin lho launching laptop baru ini di Metro TV tanggal 2 Juni 2020 pukul 20.05. Ikutan terkagum-kagum melihat spesifikasi laptop bisnis premium ini. Harganya yang 'lumayan' tak lain dan tak bukan mewakili kemampuan dahsyat laptop ini dijadikan 'senjata' andalan para pebisnis.

Nah, apa saja tuh alasan untuk memilih ASUS ExpertBook B9450 sebagai device andalan dalam kegiatan sehari-hari? Yuukk kita kupas satu-satu. Kata rang-orang itu kan tak kenal maka tak sayang toh. πŸ˜‰



9 Alasan Memilih ASUS ExpertBook B9450


1. Ringan dan Ringkas


Pada tanggal 2 Juni 2020 ASUS kembali menghadirkan laptop baru yaitu ExpertBook B9450, laptop bisnis yang dirancang inovatif plus memiliki tampilan paling ringkas dan ringan di dunia. Dengan tujuan mempermudah aktivitas para pebisnis, ExpertBook B9450 dirancang sebagai laptop yang mudah dibawa bepergian dan dapat menemani bekerja seharian. Digunakan dimanapun dan kapanpun udah oke banget lah.



Tentu kita tau bahwa pebisnis profesional saat ini dituntut untuk dapat bekerja secara mobile. Jadi nggak heran jika mereka membutuhkan laptop yang nggak cuma powerful tetapi juga ringkas serta ringan. 

Coba deh bayangkan jika seseorang harus sering melakukan perjalanan bisnis tapi laptopnya segede gaban. Encok boooo...  Kehadiran ExpertBook B9450 ini membuat para pebisnis tidak lagi direpotkan dengan beban berlebih. 

ASUS ExpertBook B9450 merupakan laptop bisnis paling ringan di dunia dengan bobot hanya 870 gram. Selain itu, ExpertBook B9450 juga memiliki dimensi yang sangat ringkas dengan bodi lebih kecil dari kertas A4 dan tidak lebih tebal dari baterai AA. Semua itu merupakan hasil mahakarya para ahli di ASUS yang berhasil memadukan desain dengan bahan terbaik yang pernah digunakan di sebuah laptop bisnis. 

Agar dapat tampil ringan namun tetap kokoh, ASUS ExpertBook B9450 menggunakan bahan khusus yaitu magnesium lithium. Bahan tersebut lebih ringan dari berbagai bahan yang digunakan di laptop lainnya, seperti magnesium aluminium dan aluminium alloy. 

Keunggulan magnesium lithium adalah materialnya yang ringan dan memiliki tingkat kepadatan hanya 1,51 gram/cm3. Jika dibandingkan dengan magnesium aluminium yang memiliki tingkat kepadatan 1,81 gram/cm3 atau alluminium alloy yang memiliki tingkat kepadatan 2,69 gram/cm3, magnesium lithium memiliki bobot per-gram yang lebih ringan ketimbang dua bahan tersebut. Itulah mengapa ExpertBook B9450 dapat tampil sebagai laptop bisnis paling ringan di dunia. 


Proses pembuatan bodi ExpertBook B9450 juga tidak sembarangan. Keseluruhan proses pembuatannya melalui 21 tahap manufaktur sehingga menghasilkan bodi yang tidak hanya kokoh namun juga presisi dan detail. ExpertBook B9450 juga menggunakan desain fair-faced concrete yang dibentuk sangat presisi. Desain tersebut tidak hanya membuat ExpertBook B9450 semakin kokoh namun juga terlihat premium dan istimewa. 

Keseluruhan bodi ExpertBook B9450 juga dibuat menggunakan metode CNC milling serta telah dilengkapi dengan lapisan khusus pencegah korosi. Menggunakan metode Micro-Arc Oxidation (MAO) Composite Coating pada bodi magnesium lithium, membuat ExpertBook B9450 terhindar dari efek korosi dan oksidasi jangka panjang. ExpertBook B9450 pun tampil semakin tangguh. 

Selain ringan, ASUS ExpertBook B9450 juga merupakan laptop bisnis yang sangat ringkas. Ukuran bodinya lebih kecil dari kertas A4 dan memiliki ketebalan yang tidak lebih dari baterai AA. Bodi ringkas ExpertBook B9450 hadir berkat inovasi yang dihadirkan oleh para ahli di ASUS, sehingga laptop ini tetap dapat digunakan dengan nyaman namun lebih ringkas dari kompetitornya. 

Satu factor yang membuat ExpertBook B9450 lebih ringkas adalah bezel layar yang sangat tipis. ExpertBook B9450 mengadopsi NanoEdge Display, yaitu teknologi yang memungkinkan layar memiliki bezel ultra-tipis. Ukuran bezel ExpertBook B9450 sendiri hanya 32,0x20,3cm yang tentu saja lebih kecil dari sebagian besar laptop sekelasnya yang menggunakan layar 14 inci. 

Berkat bezel ultra-tipis tersebut, ExpertBook B9450 memiliki screen-to-body ratio hingga 94%. Ditambah dengan ketebalan hanya 1,49cm, ExpertBook B9450 dapat dengan mudah dibawa bepergian bahkan menggunakan tas berukuran kecil sekalipun. Bye bye ransel segede bantal. 😁



2. Nyaman Digunakan dalam Jangka Waktu Lama


ExpertBook B9450 memiliki desain dan fitur khusus yang memungkinkan penggunanya tetap nyaman meski dalam penggunaan jangka panjang. Desain ErgoLift kembali diterapkan untuk produk ASUS terbaru ini. ErgoLift merupakan desain yang memungkinkan bodi utama dan keyboard ExpertBook B9450 terangkat saat digunakan dan membentuk sudut 5 derajat. Posisi keyboard tersebut membuat pengguna ExpertBook B9450 lebih nyaman ketika mengetik sekaligus menghadirkan rongga udara ekstra di bagian bawah laptop ini. 

desain ergolift asus expertbook b9450


Rongga udara yang dihasilkan dari ErgoLift memiliki dua fungsi. Pertama adalah memastikan aliran udara pada sistem pendinginan tetap optimal sehingga setiap komponen di ExpertBook B9450 dapat bekerja optimal sepanjang waktu. Sementara fungsi kedua adalah rongga tersebut membuat speaker yang berada di bawah bodi ExpertBook B9450 dapat tampil lebih kencang dan jelas. 



Desain ErgoLift di ExpertBook B9450 berbeda dengan yang digunakan di laptop ASUS pada umumnya. Kali ini, layar ExpertBook B9450 dapat dibuka hingga 180 derajat sehingga memudahkan kita untuk berbagi tampilan layar dengan mudah dan cepat. 

Keyboard dan touchpad merupakan alat kontrol utama di ExpertBook B9450. Untuk itulah ASUS menghadirkan berbagai inovasi pada keyboard dan touchpad yang kali ini khusus dirancang untuk meningkatkan produktivitas ketika bekerja. 

Selain nyaman untuk mengetik, keyboard ExpertBook B9450 memiliki fitur spill resistant. Keyboard ExpertBook B9450 mampu bertahan ketika terkena tumpahan air sehingga membuat ExpertBook B9450 lebih tangguh dari laptop pada umumnya. 



Selain itu, keyboard ExpertBook B9450 juga telah dilengkapi dengan backlight yang dapat diatur tingkat kecerahannya melalui tombol shortcut yang ada di keyboard bagian atas. Selain tombol untuk mengatur kecerahan, terdapat juga berbagai tombol shortcut untuk mempermudah penggunaan. Beberapa di antaranya adalah tombol shortcut untuk men-capture layar, membuka aplikasi MyASUS, logout dari akun Windows yang sedang digunakan, serta menonaktifkan webcam

ExpertBook B9450 merupakan salah satu laptop yang telah mendukung fitur Link to MyASUS. Fitur baru di dalam aplikasi MyASUS ini memungkinkan penggunanya untuk mengkoneksikan smartphone yang sedang digunakan sehingga berbagai aktivitas di smartphone langsung dapat dilihat di layar ExpertBook B9450. 

Link to MyASUS juga memiliki fitur file transfer untuk mengirim file dari dan ke smartphone tanpa harus menggunakan kabel data, screen mirroring untuk mengontrol smartphone secara langsung lewat layar ExpertBook B9450, dan screen extender yang memungkinkan tampilan layar ExpertBook B9450 dapat dihadirkan di smartphone. Kita dapat menjawab panggilan telepon dan membaca semua pesan yang masuk ke dalam smartphone tanpa harus menyentuhnya.  



3. Daya Tahan Baterai 24 Jam


Untuk pebisnis yang aktivitasnya padat, perangkat pendukung kerja seperti laptop pun juga butuh yang memiliki ketahanan baterai tinggi. Tentu bakalan buang-buang waktu kalau harus bolak-balik nge-charge kan. 


Waktu adalah hal yang paling berharga dalam bisnis. Kini dengan ExpertBook B9450 pengguna tidak perlu lagi harus meluangkan waktu untuk mencari terminal listrik. Bekerja seharian bisa dilakukan tanpa harus terhubung ke sumber listrik. 

Semua itu berkat kemampuan baterai ExpertBook B9450 yang mampu bertahan hingga 24 jam, membuat setiap kegiatan bisnis Anda semakin lancar. ASUS ExpertBook B9450 hadir dengan dua varian baterai. Varian yang menggunakan baterai 33Wh dapat bertahan hingga 12 jam penggunaan, sedangkan varian yang menggunakan baterai 66Wh dapat bertahan hingga 24 jam penggunaan. Meski memiliki kapasitas baterai yang besar, ExpertBook B9450 tetap tampil sebagai laptop yang sangat ringan dengan bobot kurang dari 1 kilogram. 

Daya tahan baterai yang panjang pada ExpertBook B9450 merupakan perpaduan dari berbagai teknologi terkini, mulai dari prosesor hingga layar. Para ahli di ASUS juga telah berhasil melahirkan inovasi dengan memaksimalkan setiap ruang di ExpertBook B9450 agar dapat diisi oleh baterai. Dengan demikian, ExpertBook B9450 tetap mampu tampil sangat ringkas meski memiliki kapasitas baterai yang sangat besar. 

Inovasi ASUS pada ExpertBook B9450 tidak hanya samapai disitu. Laptop bisnis ini juga hadir dengan layar khusus berteknologi Panel Self Refresh (PSR). Teknologi ini memungkinkan layar pada ExpertBook B9450 mengkonsumsi daya jauh lebih rendah dari layar standar yang digunakan di laptop pada umumnya. Tau kan ya kalau layar tuh salah satu komponen dengan konsumsi daya paling tinggi di sebuah laptop. 

Layar berteknologi PSR dilengkapi dengan memori khusus yang terintegrasi. Berkat memori tersebut, setiap tampilan statis pada layar dapat diproses tanpa melalui chip grafis sehingga konsumsi daya dapat dikurangi hingga ke angka 1 Watt, sedangkan pemrosesan tanpilan layar menggunakan chip grafis dapat memakan daya hingga 3 Watt. Layar berteknologi PSR sangat cocok untuk pengguna yang sering menjalankan aplikasi bisnis dan kantoran seperti Microsoft Office, serta membuka dokumen PDF dan gambar statis. 

Faktor lain yang paling mempengaruhi kemampuan ExpertBook B9450 sehingga dapat bertahan seharian adalah berkat prosesor 10th Gen Intel Core terbaru. Prosesor generasi terbaru dari Intel ini hadir dengan optimalisasi yang lebih baik dari generasi sebelumnya sehingga mampu tampil lebih kencang namun tetap hemat daya. Ini semua berkat cTDP (configurable Thermal Desain Power) sebesar 10 hingga 25 Watt, membuat daya tahan baterai lebih panjang berkat konsumsi dayanya yang rendah. 

ASUS ExpertBook B9450 hadir dengan dua varian prosesor 10th Gen Intel Core. Varian yang menggunakan Intel Core i5-10210U hadir untuk pengguna dengan kebutuhan standar, sementara pengguna yang membutuhkan performa lebih dapat memilih ExpertBook B9450 yang mengusung prosesor Intel Core i7-10510U.



4. Prosesor Terbaru dan Memori yang Besar


Menurut teman-teman, laptop andalan tuh yang seperti apa sih?

Kalau menurut pendapatku, laptop andalan tuh tidak hanya sekadar tangguh, ringkas, dan ringan, tetapi juga memiliki performa kencang sehingga tidak ada pekerjaan dan proses bisnis yang terganggu saat menggunakannya. ASUS ExpertBook B9450 tampil dengan hardware berteknologi terkini sehingga dapat memastikan seluruh kegiatan bisnis dapat berjalan tanpa hambatan.

ASUS ExpertBook B9450 ditenagai oleh prosesor Intel Core 10th Gen terbaru yang hadir dengan performa lebih baik dari generasi sebelumnya. Prosesor generasi terbaru dari Intel tersebut tidak hanya powerful tetapi juga hemat daya, serta telah dilengkapi dengan berbagai fitur modern, seperti dukungan terhadap Wi-Fi 6 (802.11ax) dan Thunderbolt 3. 



Prosesor 10th Gen Intel Core yang digunakan di ExpertBook B9450 tampil dengan cTDP sebesar 10 hingga 25 Watt, membuat daya tahan baterai lebih panjang berkat konsumsi dayanya yang rendah. ASUS ExpertBook B9450 hadir dengan dua varian prosesor 10th Gen Intel Core. Varian yang menggunakan Intel Core i5-10210U hadir untuk pengguna dengan kebutuhan standar, sementara pengguna yang membutuhkan performa lebih dapat memilih ExpertBook B9450 yang mengusung prosesor Intel Core i7-10510U. Kedua prosesor tersebut menggunakan konfigurasi 4 core dan 8 thread sehingga sangat mumpuni untuk menunjang kegiatan sehari-hari. 

ASUS ExpertBook B9450 merupakan salah satu laptop yang menjadi bagian dari Project Athena yang digagas oleh Intel. Project Athena merupakan sebuah inisiatif dari Intel untuk menghadirkan standar baru di dunia komputasi mobile. Laptop yang merupakan bagian dari Project Athena harus memenuhi standar kualifikasi khusus dari Intel, mulai dari fitur, performa, responsivitas, hingga daya tahan baterai. 

Tujuan Project Athena adalah menghadirkan laptop dengan standar mobilitas tinggi untuk pengguna di seluruh dunia. ASUS ExpertBook B9450 telah memenuhi standar untuk menjadi bagian dari Project Athena. Selain didukung prosesor 10th Gen Intel Core yang memiliki performa tinggi serta hemat daya, ExpertBook B9450 juga didukung oleh memori berkapasitas besar yaitu hingga 16GB yang mendukung fitur dual channel, serta dua buah media penyimpanan menggunakan NVMe PCIe x4 SSD dengan kapasitas hingga 2TB. Kombinasi komponen tersebut membuat ExpertBook B9450 memiliki performa dan responsivitas kencang, serta daya tahan baterai yang panjang sesuai dengan visi Project Athena.



5. Memiliki Ketangguhan Berstandar Militer


ASUS ExpertBook B9450 didesain untuk pebisnis yang sangat mobile dan ketangguhan adalah hal yang tidak bisa dikompromi karena laptop ini harus dapat diandalkan sepanjang waktu. Untuk memenuhi ekspektasi tersebut, ExpertBook B9450 hadir dengan sejumlah fitur yang membuatnya semakin tangguh. Ketangguhannya pun teruji karena ExpertBook B9450 telah menerima sertifikasi lolos uji ketahanan berstandar militer AS (MIL-STD 810G).


Tidak hanya sampai disitu, ExpertBook B9450 juga telah lolos dalam serangkaian uji ketangguhan ektrem. Sebanyak 21 jenis pengujian ekstrem telah dijalani oleh unit ExpertBook B9450, seperti uji durabilitas engsel, uji durabilitas port, uji tekanan ekstrem pada bagian layar, uji durabilitas keyboard, uji jatuh dari ketinggian tertentu, uji getaran, hingga uji penggunaan di ketinggian serta suhu ekstrem. ExpertBook B9450 pun dinyatakan lolos semua pengujian tersebut. 

ASUS ExpertBook B9450 dilengkapi dengan mekanisme khusus yang membuat laptop bisnis ini tetap terlindungi bahkan dari kejadian yang tidak terduga seperti tumpahan air dan terjatuh. Struktur internal ExpertBook B9450 dilengkapi dengan kontruksi pelindung ekstra yang memastikan setiap engsel, port, dan bagian rentan lainnya terlindungi. 

Komponen sensitif seperti motherboard juga dilengkapi dengan peredam getaran, serta struktur dengan desain grid pada rangka ExpertBook B9450 memperkokoh keseluruhan bodinya. Keyboard dengan fitur spill-resistant atau tahan terhadap tumpahan cairan juga melengkapi ketangguhan ExpertBook B9450. Laptop ini tidak akan rusak seketika saat minuman secara tidak sengaja tumpah ke bagian keyboard-nya. Tidak hanya data bisnis Anda yang berharga dapat terselamatkan, ExpertBook B9450 pun tetap masih bisa digunakan. 

ExpertBook B9450 menggunakan bodi berbahan magnesium lithium yang diproduksi melalui teknik CNC milling dengan 21 tahap manufaktur, membuat bodinya tidak hanya kokoh tetapi juga memiliki detail yang presisi. Bodinya juga dilapisi menggunakan metode Micro-Arc Oxidation (MAO) Composite Coating sehingga terhindar dari kerusakan fisik akibat oksidasi dan korosi.



6. Fitur Pendukung Video Conference Terbaik


ASUS ExpertBook B9450 dihadirkan sebagai laptop bisnis premium khusus untuk para pebisnis yang mobile dan dinamis. Dirancang khusus untuk bekerja secara mobile, ExpertBook B9450 dilengkapi dengan fitur video conference terbaik sehingga para pebisnis tetap dapat menjalankan bisnis di manapun dan kapanpun. 


Dunia bisnis yang sangat dinamis menuntut setiap pebisnis untuk lebih cepat dalam merespon setiap dinamikanya. Untuk itulah dibutuhkan perangkat yang tidak hanya kencang dan mudah dibawa bepergian, tetapi juga mampu mengakomodasi kegiatan bisnis saat berada di luar kantor seperti video conference. 

ASUS ExpertBook B9450 dirancang khusus untuk mengakomodasi hal tersebut karena telah dilengkapi dengan berbagai fitur yang dapat membuat sesi meeting online lebih produktif dan tanpa gangguan. Menurut data dari Westuc, sebanyak 54% karyawan di perusahaan besar secara berkala melakukan video conference. Sayangnya, video conference masih memiliki banyak kendala khususnya dari segi perangkat yang digunakan. Beberapa kendala tersebut adalah masalah pada privasi dan keamanan, audio yang kurang baik, serta masalah pada konektivitas. ExpertBook B9450 memiliki solusi atas semua permasalahan tersebut. 

ASUS ExpertBook B9450 memiliki kamera yang tidak hanya berkualitas, tetapi dilengkapi dengan berbagai fitur. Kamera yang digunakan di ExpertBook B9450 adalah IR camera dengan resolusi HD yang sangat mumpuni untuk kegiatan video conference. Selain itu, kamera tersebut juga telah mendukung fitur Windows Hello facial recognition sehingga dapat digunakan sebagai sarana keamanan ekstra. 

Bagi pengguna yang menginginkan keamanan dan privasi ekstra, ExpertBook B9450 juga telah hadir dengan fitur webcam shield. Fitur tersebut membuat kamera di ExpertBook B9450 dapat ditutup secara fisik untuk menjaga privasi. 

ASUS ExpertBook B9450 juga hadir dengan speaker yang telah mendapatkan sertifikasi dari Harman / Kardon. Selain memiliki kualitas suara yang sangat baik, speaker pada ExpertBook B9450 juga telah dilengkapi dengan fitur Smart Amps Chip. Fitur tersebut memungkinkan speaker dapat mengontrol frekuensi suara secara cerdas sehingga mencegah kerusakan fisik pada speaker. 

ExpertBook B9450 juga hadir dengan mikrofon yang dirancang khusus untuk kegiatan video conference. ExpertBook B9450 memiliki empat mikrofon yang ditempatkan secara khusus dan dilengkapi dengan 360-degree far field yang memungkinkannya untuk merekam suara lebih jelas. Mikrofon di ExpertBook B9450 dilengkapi dengan fitur noise cancelling yang memungkinkan suara di sekitar dapat diredam sehingga tidak mengganggu sesi video conference yang kita lakukan.



7. Konektivitas Modern yang Canggih


Salah satu keunggulan ExpertBook B9450 adalah hadir dengan fitur konektivitas yang super lengkap namun tetap dalam balutan bodi yang sangat ringkas. Tidak hanya opsi konektivitas modern yang menggunakan interface USB Type-C, legacy port seperti USB Type-A dan HDMI tetap hadir di ExpertBook B9450. 


Tidak hanya itu, ExpertBook B9450 juga dilengkapi dengan konektivitas melalui ethernet (LAN) yang dapat dilakukan menggunakan adapter khusus melalui port Micro HDMI. ExpertBook B9450 sendiri telah dilengkapi dengan chip mac address permanen sehingga laptop ini telah mendukung penggunaan dalam skala enterprise dimana setiap laptop perusahaan harus memiliki physical address agar mudah di-manage dan dikenali. 

ExpertBook B9450 dilengkapi dengan dua port Thunderbolt 3 yang hadir menggunakan interface USB Type-C. Thunderbolt 3 merupakan port berteknologi terkini yang tidak hanya dapat digunakan untuk melakukan transfer data. Thunderbolt 3 di ExpertBook B9450 memiliki fungsi lain, yaitu sebagai 4K display output serta fasilitas pengisian daya. 

Thunderbolt 3 juga membuat ExpertBook B9450 dapat dihubungkan dengan berbagai perangkat modern. Sebagai contoh, pengguna yang menginginkan performa grafis lebih kencang dapat mengubungkan ExpertBook B9450 dengan perangkat kartu grafis eksternal seperti ROG XG Station 2 melalui port Thunderbolt 3. 

Selain memiliki port yang sangat lengkap untuk sebuah laptop berukuran sangat ringkas, ExpertBook B9450 juga hadir dengan teknologi konektivitas nirkabel paling modern. Sebuah modul Wi-Fi 6 (802.11ax) hadir di ExpertBook B9450 untuk memastikan penggunanya tetap dapat terkoneksi dengan kecepatan tinggi. Wi-Fi 6 (802.11ax) merupakan teknologi Wi-Fi terbaru yang akan menggantikan Wi-Fi 5 (802.11ac). Teknologi nirkabel terbaru ini hadir dengan kecepatan transfer data yang lebih tinggi serta koneksi yang lebih stabil. Selain Wi-Fi 6 ExpertBook B9450 juga dilengkapi dengan Bluetooth 5.0 sebagai sarana konektivitas ke berbagai perangkat nirkabel lainnya.



8. Sistem Pendingin Paling Canggih


ExpertBook B9450 merupakan laptop dengan performa terbaik di kelasnya yang dilengkapi dengan sistem pendingin inovatif yang memastikan kinerja tetap stabil sepanjang waktu. Performa yang stabil merupakan fitur wajib bagi sebuah laptop bisnis dimana penggunanya dituntut untuk dapat produktif dan merespon dengan cepat setiap saat. 

ASUS ExpertBook B9450 yang telah dilengkapi dengan sistem pendingin khusus mampu memastikan semua komponen di dalamnya selalu bekerja secara optimal. Dengan demikian, penggunanya akan selalu dapat bekerja dengan nyaman dan tenang. 

Salah satu tantangan tim pengembang ASUS adalah bagaimana menghadirkan sistem pendingin yang mumpuni ke dalam bodi ExpertBook B9450 yang sangat mungil. Untuk itulah berbagai inovasi dihadirkan ke dalam sistem pendingin untuk laptop bisnis paling ringan di dunia ini. 


Sistem pendingin yang digunakan di ExpertBook B9450 adalah Advanced Thermal Module. Sistem pendingin tersebut hadir dengan dimensi 25% lebih kecil dari sistem pendingin laptop pada umumnya namun tetap mempu memberikan performa pendinginan yang mumpuni. Menggunakan sistem pendingin ini, ASUS ExpertBook B9450 tetap dapat mempertahankan performanya secara optimal sepanjang waktu serta tampil dengan bodi yang tipis, ringkas, dan ringan. 

Terdapat tiga kelebihan utama dari Advanced Thermal Module yang digunakan di ExpertBook B9450. Pertama, sistem pendinginnya menggunakan tilted heatsink design, dimana heatsink yang digunakan hadir dengan desain khusus sehingga dapat mengalirkan udara secara optimal. 

Kelebihan kedua adalah struktur sistem pendinginnya, dari heatpipe, heatsink, hingga case untuk kipas, merupakan satu bagian dan bukan terdiri dari beberapa bagian yang disambung. Menggunakan desain tersebut dapat meningkatkan performa pendinginan khususnya pada proses pelepasan panas dari komponen pendingin. 

Kelebihan ketiga adalah setiap sirip (fin) yang ada di heatsink dibuat menggunakan bahan alluminium alloy. Bahan tersebut memiliki performa pelepasan panas yang sama dengan tembaga yang banyak digunakan di laptop pada umumnya, namun memiliki bobot yang lebih ringan. 

Salah satu yang membuat ExpertBook B9450 berbeda dengan laptop lainnya adalah kehadiran lapisan anti panas di bagian dalam bodinya. Lapisan tersebut hadir membungkus komponen utama ExpertBook B9450 sehingga sebagian besar panas yang dihasilkan dapat disalurkan melalui sistem pendinginnya. 

Lapisan anti-panas ini tak lain adalah graphite sheet yang dipasang di bawah keyboard dengan fungsi utamanya adalah mencegah panas berlebih untuk menyebar ke bagian keyboard. Graphite sheet yang digunakan di ExpertBook B9450 pun lebih lebar dan menutupi hampir seluruh bagian di bawah keyboard. Menggunakan teknik tersebut, panas dari setiap komponen dapat disalurkan dengan baik dan tidak menyebar ke bagian keyboard dan sekitarnya, sehingga pengguna ExpertBook B9450 akan tetap merasa nyaman saat bekerja.



9. Sistem Keamanan Andal

ASUS ExpertBook B9450 hadir dengan serangkain fitur keamanan kelas enterprise, yang artinya telah memenuhi standar korporasi besar. Dimulai dari keamanan privasi pengguna, ExpertBook B9450 sudah mendukung fitur Windows Hello sehingga penggunanya tidak perlu lagi mengetikkan password untuk masuk ke dalam sistem. Dua opsi login menggunakan sistem biometrik pun disediakan di ExpertBook B9450, yaitu melalui fingerprint sensor dan facial recognition sensor


Bergerak ke keamanan data, ExpertBook B9450 memiliki fitur yang memungkinkan pengguna laptop ini untuk mengunci BIOS dan SSD-nya menggunakan sistem proteksi password. Jika diaktifkan, pengguna yang ingin mengubah pengaturan BIOS atau mengakses data di SSD harus memasukkan password terlebih dulu sebelum dapat benar-benar mengaksesnya. 

ExpertBook B9450 juga memiliki fitur ekstra yang tidak dapat ditemukan di laptop mainstream. Pertama adalah fitur USB Storage Block yang memungkinkan pengguna ExpertBook B9450 tidak dapat menghubungkan USB flash disk atau penyimpanan eksternal lainnya tanpa izin dari administrator. Hal tersebut dikarenakan USB flash disk dapat berisi malware yang bisa menyebar melalui jaringan internal perusahaan. 

Fitur lainnya adalah Secure File Shredder. Sesuai dengan namanya, fitur ini memungkinkan pengguna untuk menghancurkan file digital hingga tidak dapat dipulihkan menggunakan metode apapun. Fitur ini berguna agar peretas tdiak bisa memulihkan dan mengakses data yang telah dihapus. 

Sebagai sebuah laptop bisnis premium, ExpertBook B9450 juga telah mendukung sistem manajemen IT kelas enterprise. Hadir dengan sistem operasi hingga Windows 10 Pro, ExpertBook B9450 dapat diatur untuk terhubung ke jaringan intranet perusahaan secara cepat dan aman, serta kapanpun dan dimanapun. 

Dukungan terhadap aplikasi ASUS Control Center dan ASUS Business Center juga membuat tim manajemen IT dengan mudah melakukan control dan manajemen terhadap ExpertBook B9450, bahkan dari jarak jauh. 

ASUS ExpertBook B9450 dibangun di atas fitur Trusted Platform Module. Fitur tersebut memungkinkan data dalam perangkan serta aktivitas datanya diproses melalui sistem enkripsi. Di dalam ExpertBook B9450 terdapat sebuah chip khusus yang berisikan RSA encryption key unik yang hanya tersedia dan dapat digunakan oleh satu perangkat saja. Dengan demikian data yang dienkripsi di ExpertBook B9450 tidak akan bisa dibaca atau diakses di perangkat lainnya.


Sudah cukupkah kesembilan kelebihan tadi menjadi alasan para pebisnis untuk memilih ASUS ExpertBook B9450? 

Di saat pandemi seperti saat ini, ASUS tergerak untuk memberikan produk terbaiknya untuk segmen bisnis agar roda ekonomi tetap bergerak dengan pesat, tak terganggu dengan keterbatasan gerak. Performa yang mumpuni dari ExpertBook B9450 ini diharapkan dapat menunjang kinerja para pebisnis untuk tak pernah patah semangat menemukan solusi bisnisnya, bahkan di masa-masa paling sulit sekalipun. 

Yes banget lah untuk ASUS, Bang Joe Taslim pasti juga setuju.... *karena mas Anang sudah terlalu mainstream 😁

44 comments:

  1. Nyaman digunakan dalam waktu lama ini saya alami banget. Sejak beli tahun 2009 lalu, sampai sepuluh tahun kemudian, laptop Asus masih bisa saya pakai. Mungkin karena saya beli di Taiwan langsung
    Andai saja tidak dicuri maling bersama elektronik lain di rumah, laptop Asus itu pasti masih ada dan saya pakai. Semoga saya bisa mendapatkan gantinya, meski entah kapan
    Semoga saja ada rezekinya. Saat ini ngeblog masih pakai Asus tapi baru dari hp nya aja yg mampu kebeli hehehe

    ReplyDelete
  2. Saya juga pakai Asus Mba, tapi bukan yang expertbook sih hahaha
    Tahu nih tipe apa yak? lupaahh hahaha.

    Btw, Asus ini beneran menguasai pasar banget loh sekarang, baik di online maupun offline.

    Saya kemaren memutuskan beli Asus, karena ke manapun melangkah, ada Asus di mana-mana.

    Pun juga di dunia online, kita bisa dengan mudah menemukan produk Asus, bisa baca speknya, kelebihannya dan semacamnya.

    Keren banget deh, apalagi inovasinya selalu berkembang, mengisi semua kebutuhan konsumen.
    Laaf lah sama Asus, terutama Asus Expertbook B9450 ini :)

    ReplyDelete
  3. Wooow baterai sampai 24 jam dan ringan pula bobotnya? Canggih bgt sih Asus. Ini para bos2 pasti suka banget sama laptop ini karena gak perlu mikirin colokan mana colokan hehehe

    ReplyDelete
  4. Aku nonton review Laptop Asus Expertbook B9450 ini di channel YouTube Gadgetin, kaget harganya luar biasa. Tapi untuk kelas bisnis cocok sih, kan mereka sering mobile ya. Jadi butuh laptop dengan body tipis, ringan bobotnya ya nggak ada sekilo karena bahannya pakai magnesium lithium.

    ReplyDelete
  5. Kalau beli ini sepaket sama mas2nya di foto itu nggak? Soal design, ASUS memang juara deh. Aku pakai yang tertipis di Ind saat itu, beli dah lama banget, sangat awet.

    ReplyDelete
  6. Tidak perlu sering cas baterai sehingga menanggung kerja kita di saat kita lagi kerja

    ReplyDelete
  7. Asus memang gak lelah berinovasi ya, selalu ada aja varian terbaru yang kece. Varian ini cocok banget untuk profesional karena ada jaminan data terjaga dengan enkripsi.

    ReplyDelete
  8. You have all the excellent reasons to choose for this prime product. Now it depends on what you need and your budget

    ReplyDelete
  9. Speknya sungguh bikin pembaca terpukau.
    Kerennya pake banget. Aku yakin niih...target marketnya para pengusaha muda yang aktif dan produktif.

    ReplyDelete
  10. Dengan spek yang luar biasa begitu, kebayang ya gimana nyamannya para pebisnis melakukan semua aktivitas yang berkaitan dengan laptop. Semoga bisa kebeli suatu hari nanti.

    ReplyDelete
  11. Saya langganan ini pakai asus. Terbukti tahan banting memang. Dulu pernah pakai yang touch screen lupa tipe berapa. Lalu sekarang ganti tapi merknya masih asus.

    ReplyDelete
  12. perfect banget laptopnya! dari berbagai sisi memang cocok banget untuk pebisnis. lah, emak-emak macam aku ini juga mupeng apalagi karena desain ergolift, tahan kalau kena air, dan kapasitasnya yang juara.

    ReplyDelete
  13. Sepertinya segala keunggulan laptop masa kini ada di Asus Expert b9450 ini ya Mbak. Mulai dari prosesor, daya tahan batre, desain dan lainnya.

    ReplyDelete
  14. Mudah2an ada rejeki punya laptop ini
    Lagi butuh laptop memori gede buat work from home bojo 🀭🀭

    ReplyDelete
  15. Waaah... ASUS jago banget emang bikin orang mupeng. Jadi pengen upgrade laptop nih kalau kaya gini. Tipis, spek nggak main-main, desain kece, fitur tambahan bikin ngiler.. haduuh. Apalagi yang microphone buat web conference. Tahu aja yang dibutuhkan selama pandemi.

    Mbaaaak.. piye iki aku jadi pengen tumbas..

    ReplyDelete
  16. Wah ini laptop yang sangat cocok buat para pebisnis muda yang harus pakai laptop kemana-mana, ringan dan eye catching

    ReplyDelete
  17. Wuih ada fitur video conference nya?pas banget sama kenutuhan kita saat ni yg banyak video conference ya mbak. Body nya juga langsing n cantik gitu. Laptpp idaman banget

    ReplyDelete
  18. Laptop terkece sih menurutku karena bisa dibuka sampai 180 derajat. Bahkan kena tumpahan air aja gak masalah, ya ampun jadi ingat laptopku dulu yang kena rembesan air.

    ReplyDelete
  19. Fitur video conference sangat pas untuk kondisi saat ini ya mbak, saat kita harus lebih sering berkomunikasi secara virtual.

    Meskipun saya belum bisa memiliki laptop keren ini, namun udah cukup puas dengan menggunakan laptop Asus juga tapi keluaran lama, hehe.

    Sudah bertahun-tahun dan masih bagus, buat gantian saya dan anak saya. Perasaan Asus setiap ngeluarin seri baru pasti ada fitur-fitur baru dengan performa lebih keren :)

    ReplyDelete
  20. Wuih, enteng, batere awet, tahan dalam berbagai jenis tantangan, canggih, layar oke, la kok bagus semua. Cuma di aku yang belum masuk harganya nih. Ngumpulin cuan lagi lah.

    ReplyDelete
  21. Asus cepet banget ya inovasinya buat merespon kondisi saat ini. Kalau soal ukuran dan ketebalan kan mungkin masih dibilang okelah, tapi dia termasuk yg oke buat video confrence yg mana di masa2 saat ini dibutuhkan bgt

    ReplyDelete
  22. ASUS pancen e mantabh poll.
    Ini juga seseruan blog walking, ditemenin ASUS.
    Ringkes, ringan, tapi joss joss joss ^^

    ReplyDelete
  23. Saya juga pake ASUS mbak. Alhamdulillah cocok. Keren ya yang seri ini. Bateri 24 jam, wah bikin ayem tuh, gak khawatir lagi kehabisan saat di pakai, dengan semua keunggulannya pasti banyak yang tertarik pakai ASUS.

    ReplyDelete
  24. Wow! Komplit abis! Ini mah beneran cocok banget mengakomodir kebutuhan para pebisnis handal yang nggak mau sedetik pun waktunya terbuang gara-gara urusan laptop. Sampai bingung ya menelisik di mana kekurangan ASUS Expertbook B9450 ini. Apalagi faktor keamanan betul-betul dijadikan perhatian. Kalau nonton film, ada aja tuh tokoh antagonis yang memasukkan virus ke laptop lawan dengan menempelkan flashdisk atau mau mencuri data menggunakan flashdisk, kan? Di sini, jangan coba-coba deh, ya.

    ReplyDelete
  25. Bobotnya ringan banget ya gak sampai sekilo. Gak ribet kalo ditenteng kemana. Lagian kekuatan baterenya kece banget bisa tahan 24 jam. Duh jadi mupeng nih sama laptop ASUS yg ini.

    ReplyDelete
  26. kalau ada duit mau banget dah beli ini barang, tapi kalau modal pas2an kira2 apa rekomendasi dari mb uniek

    ReplyDelete
  27. Aduhai bikin mupeng gini ya secara laptop aku dari jaman anak pertama sampai anak ketiga masih tebel berat gitu merk asus juga. Baca ini hmmm pengin deh nabung dulu

    ReplyDelete
  28. penasaran nih saya sama harga laptop ASUS-nya. Apakah seharga motor? hihi. Saya sendiri lagi pengen punya laptop juga nih, mbak soalnya bosan ngeblog pakai hape melulu kalau di rumah. Mungkin merk ASUS ini bisa jadi pertimbangan saya

    ReplyDelete
  29. Aduh mba, ngiler. Semoga ada rejeki dapet laptop ini yaa. Suka deh yang ringkas tapi performanya canggih begini

    ReplyDelete
  30. Cakep emang ya laptop asus ini. Punyaku juga asus tapi beda tipe. Hehe. Terpercaya lah kalo udh pake asus, gak gampang rusak walau bertahun2 juga

    ReplyDelete
  31. Wuih... fiturnya keren buanget. Tapi dengan fitur begitu pasti mahal harganya,wkwkwk. Orang-orang kayaknya banyak yang pakai ASUS ya... jadi tertarik deh untuk pakai juga.

    ReplyDelete
  32. Ya laptop kalau panas akan mempengaruhi kinerja dan cepat rusak. Sedih. Makanya suka matiin dulu sebentar lalu di pasang lagi.

    ReplyDelete
  33. Kalau baca review dengan segala kelebihannya ini rasanya sudah kebayang harganya yang pasti premium hehehe. Yang paling saya taksir itu ukuran dan bobotnya yang cocok banget dibawa traveling. Semoga suatu saat ada rezeki untuk beli Asus Expertbook b9450 ini. Aamiin.

    ReplyDelete
  34. banyak banget ternyata ya keunggulannya, kalau aku butuh yang baterai tahan lama dan pastinya ringkas alias ringan dan tipis lah karena sering mobile, kan ribet ya kalau harus nyari listrik mulu dan colok sana colok sini buat ngecharge dan tahan panasnya itu karena kalau di rumah gini stay at home kadang kerja di depan laptop bisa sampai 15 jam per harinya, luv banget sama designya mungil dan tipisnya itu

    ReplyDelete
  35. Ya Allah baca ini jadi pingin nambah laptop lagi, Asus Expertbooj B9450 ya Mbak, berapaan ini mbak Uniek... tfs ya

    ReplyDelete
  36. dari segala aspek kece banget ini laptopnya ya. memang asus sudah terbukti dengan laptopnya yang awet2 ya mbak. tapi aku curiga sama harganya hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asus memang kece ya mbak, desain tips speknya juga mantap ..
      Pas buat ngeblog

      Delete
  37. Asus rajin launching produk baru ya Mbak. Rasanya hampir tiap tahun lho ada. Dan selalu mengandalkan disain tipis, ringan, dengan komposisi spesifikasi handal. Kalau dibandingkan sekarang, betapa laptop dulu beratnya koyok watu kali. Abot tur kandel, haha.. Syukurlah teknologi sekarang mengerti kebutuhan manusia, termasuk inovasi brand Asus yang gak ada matinya

    ReplyDelete
  38. saya bukan pebisnis tapi kok tertarik ya
    secara memang butuh yang ringkas, bisa masuk dalam tas kerja
    serta tenu baterai yang tahan lama
    kan kadang ribet bawa2 laptop kemana2 gitu

    ReplyDelete
  39. Makin inofatif aja yah Asus. Rajin banget update seri terbarunya. Ini keknya cocok buat semua kalangan yah. Mau bisnisman, traveler, pengguna personal dan lain-lain. Good jobs Asus. πŸ˜ŽπŸ‘

    ReplyDelete
  40. Daya tahan baterainya keren banget sampai 24 jam! Mau ngetik sambil maraton drama asyik ya pakai laptop Asus ini!

    ReplyDelete
  41. Baterainya tahan 24 jam. Wow sekali Mb. Ringkes, baterai awet, spesifikasinya Processor dan RAMnya dahsyat. Harganya pasti juga sebanding ya Mba Hihi

    ReplyDelete
  42. Pengen ganti Leptop lagi nih jadinya mbak kalau lihat dari performa Asus yg tipe ini, eh ringannya juga yg dipertimbangkan karena enak dibawa kemana saja

    ReplyDelete
  43. Aku jd penasaran sama laptop ini. Tapi dilema karena udh 8 tahun masih loyal dengan satu brand. Trus ngebayangin mesti beradaptasinya lagi. Oh dilemaaa..

    ReplyDelete