12 June 2020

Cara Meluruskan Rambut Secara Alami dengan Mudah




Rambutmu keriting atau bergelombang? Pengen punya rambut lurus? 

Meluruskan rambut yang keriting atau bergelombang dengan alat pelurus rambut atau pergi ke salon merupakan cara yang paling mudah dan singkat. Namun, mungkin ada sebagian dari kalian yang masih merasa takut dan khawatir jika ingin meluruskan rambut menggunakan alat pelurus ataupun obat-obat kimia pelurus. 

Hal itu tentu beralasan, alasannya bermacam-macam ada yang takut nantinya gagal, sehingga rambutnya malah menjadi rusak. Selain itu bahan kimia yang berbahaya juga dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Jika masih khawatir dengan hal-hal demikian, coba yuk lakukan cara meluruskan rambut secara alami. Selain mudah ditemukan, murah dan menyehatkan, cara meluruskan rambut secara alami ini juga sangat mudah dipraktikkan. 

Tidak perlu membutuhkan bantuan orang lain apalagi harus pergi ke salon. Yang perlu diingat, waktu yang dibutuhkan untuk meluruskan rambut secara alami akan lebih lama jika dibandingkan dengan cara meluruskan rambut dengan alat pelurus rambut atau obat-obat pelurus rambut. Penggunaan bahan-bahan alami tidak akan menimbulkan efek samping sama sekali bagi rambut ataupun tubuhmu. Kuncinya adalah rutin dan sabar melakukan perawatan. 

Berikut ada beberapa cara meluruskan rambut secara alami dengan mudah sebagaimana yang dijelaskan pada laman Realfood.co.id


1. Lidah Buaya 


Lidah buaya memang dari dahulu dikenal sebagai produk kecantikan alami yang ampuh. Kandungan yang ada di dalamnya berkhasiat untuk meluruskan rambut. 


luruskan rambut secara alami dan mudah


Cara pengaplikasiannya, ambil satu batang lidah buaya dan ambil gelnya. Rebuslah gel tersebut, panaskan hingga mencair. Tunggu beberapa saat hingga dingin. Jika sudah dingin oleskan pada batang rambut. Diamkanlah selama 30 menit. Setelah itu bilaslah rambutmu dengan shampoo bilas hingga bersih. 

Lakukanlah secara rutin 1-2 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 


2. Santan Kelapa 


Selain lidah buaya, santan kelapa juga dapat digunakan untuk meluruskan rambutmu yang keriting atau bergelombang. 

Meluruskan rambut dengan cara alami dan mudah

Caranya: siapkan satu buah kelapa tua, kemudian parutlah daging kelapa yanag tadi sudah dibersihkan. Peras parutan kelapa hingga menghasilkan santan kental. Campurkan santan kental tadi dengan 1 sdm jeruk nipis lalu aduk hingga rata. 

Diamkan campuran tadi dalam kulkas selama 2 jam hingga mengental. Jika sudah, oleskan santan kelapa yang telah mengental pada selurub bagian rambut dan kulit kepala. Sisir juga rambutmu agar santan kelapa merata. Lalu bungkus rambut dengan shower cup (jika ada) dan tunggu hingga mengering. Setelah itu bilaslah dengan air bersih. 

Lakukan perawatan ini secara rutin seminggu sekali agar hasil yang didapatkan maksimal. 


3. Susu Murni 


Cara meluruskan rambut secara alami dengan mudah

Selain 2 bahan alami diatas, bahan alami lain yang dapat digunakan untuk meluruskan rambut yaitu susu murni. Susu murni terkenal dengan nutrisinya yang dapat menyehatkan tubuh. Selain itu, nutrisi susu juga dapat bermanfaat untuk kesehatan rambut, sehingga susu murni juga dapat digunakan untuk membantu meluruskan rambut yang keriting maupun yang bergelombang. 

Cara pengaplikasiannya yaitu: siapkan satu gelas susu dan setengah cangkir air. Campurkan kedua bahan tersebut lalu aduklah hingga merata. Tuangkan pada botol semprot. Lalu semprotkan pada rambut dari kulit kepala hingga ujung rambut. Diamkan selama 1 jam. Kemudian sisir. Setelah itu bilaslah dengan shampoo dan bilas hingga benar-benar bersih. Kemudian keringkan dengan handuk. Lakukan perawatan ini dengan rutin untuk mendapatkan hasil maksimal. 


4. Minyak Zaitun dan Telur 


Minyak zaitun dan telur juga berkhasiat dalam berbagai masalah kesehatan dan kecantikan, tak terkecuali masalah rambut. Campuran minyak zaitun dan telur dipercaya mampu membantu meluruskan rambut secara alami. 

cara meluruskan rambut secara alami dengan mudah

Cara pembuatannya cukup mudah. Mulailah dengan menyiapkan 2 butir telur dan 1 sdm minyak zaitun kemudian campurkan keduanya, aduk hingga merata. Jika sudah oleskanlah pada seluruh bagian rambut hingga kulit kepala. 

Diamkan selama 2 jam agar campuran minyak zaitun dan telur meresap sempurna ke dalam akar rambut. Jika sudah mengering, bersihkan dengan shampoo dan bilas menggunakan air hingga bersih. Lakukanlah perawatan ini secara rutin seminggu sekali agar hasilnya maksimal. 


5. Yoghurt dan Telur 


Selain menggunakan minyak zaitun, campuran yoghurt dan telur juga diyakini dapat meluruskan rambut secara alami. 

cara meluruskan rambut secara alami dengan mudah

Caranya: siapkan 3 butir telur, ambil putih telurnya saja. Tambahkan 3 cangkir yoghurt. Campurkan keduanya aduklah hingga merata menjadi pasta. Lalu oleskan pasta pada seluruh bagian rambut hingga kulit kepala. 

Diamkan selama 20 menit hingga meresap dan mengering. Jika sudah, bilaslah menggunakan shampoo kemudian bilas dengan air hangat hingga bersih. 



6. Pepaya 


cara meluruskan rambut secara alami dengan mudah

Kandungan-kandungan mineral dalam papaya diyakini mampu untuk meluruskan rambut secara alami dengan mudah dan efektif. Caranya: haluskan papaya kemudian oleskan pada seluruh bagian rambut hingga kulit kepala. Tunggu hingga 30 menit. Setelah itu bilas menggunakan shampo dan air bersih hingga bersih. 



Nah, paling suka yang mana nih dari keenam bahan di atas tadi? Silakan lakukan perawatan rutin menggunakan bahan-bahan yang lebih kalian suka sebagai cara untuk meluruskan rambut secara alami. Selamat mencoba yaaa.... 

39 comments:

  1. Uwah...boleh juga, nih.

    Cuman kl yang pakai telur, gimana ya biar ga bau amis?


    Pernah dulu pakai telur buat rambut, baunya ga hilang-hilang.

    ReplyDelete
  2. jaman kerja dulu aku pernah dilurusin ke salon :-D tapi gak bertahan lama ternyata. Enak lurusin pakai bahan alami aja ya, pingin nyobain lidah buaya & minyak zaitun

    ReplyDelete
  3. aku beberapa tahun lalu lagi rajin banget pake lidah buaya, niatnya biar rambutnya tebel soalnya rambut aku tipis banget hehehe. tapi semenjak lidah buayanya ga numbuh lagi jadi susah carinya huhuhu

    ReplyDelete
  4. Kayaknya yang paling gampang dan enggak lengket atau bau gak enak gitu, yang lidah buaya ya, Mbak.. hehe.
    Perlu dicoba nih buat yang pengen rambutnya lurus. Kalau aku udah lurus, sih.. :D

    ReplyDelete
  5. kata orang-orang santan kelapa beneran bisa, mau coba tapi ragu. Udah pernah coba belum mbak? hihi soalnya pengin lurus alami, rambut saya keriting

    ReplyDelete
  6. Wah ternyata ada banyak bahan alami yg bisa dipakai utk luruskan rambut ya..Ah jd ingat guyonan jadul : cara luruskan rambut dg kacang ijo, yaitu ikatkan tiap butirnya ke ujung rambut. Kebayang gak? Hahaha..maaf..cm becanda yaaa...

    ReplyDelete
  7. Pepaya dan lidah buaya masih sering saya lihat dipakai oleh masyarakat sekitar rumah. Tapi hasilnya beneran bagus lho. Rambut anak-anak yg ikal jadi makin lurus.

    ReplyDelete
  8. Wah ternyata rambut keriting bisa diluruskan juga ya... Kalau ikalnya dari kecil kayaknya agak susah juga ya tapi.. Aku pernah di rebounding dulu balik lagi ke asal..nah engga tau nih kalau pakai yang di atas tapi skrg sdh ga minat ngelurusin rambut lg sih hehe..

    ReplyDelete
  9. Waktu kecil rambutku lurus kayak Fakhira, eh malah dimacem-macemin, dikepang pake daun singkonglah, pake getah pohon pisanglah, ealaah rambut jadi keriting deh sampai sekarang, mau cobain ah pake gel lidah buaya tadi, kali aja bisa lurus lagi kayak waktu kecil hehe

    ReplyDelete
  10. nah susu murni ini emang terbukti, dulu sebelum berhijab rutin masker dengan fresh milk asli, rambut jadi lebih lurus dan rapi.

    ReplyDelete
  11. Buat artikel mengembangkan rambut tipis doonk, kak Uniek.
    Hiiks~
    Tapi lidah buaya ini memang manfaat bagus banget yaa...sama kuning telur yang bisa menguatkan akar-akar rambut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pas jaman anak-anak kecil dulu rajin banget ngolesin rambut anak-anak pakai minyak zaitun. Efeknya bikin rambut berkilau dan hitam juga...
      MashaAllah~
      Sekarang uda engga, hehehe...jadi luntur itemnya.

      Delete
  12. Aku pribadi prefer rambut yang apa adanya. Kalau dirawat, rambut gimana pun bisa cantik, kan? Tapi, tips di atas juga bisa untuk perawatan rambut sebagai hair mask alami kayaknya, ya.

    ReplyDelete
  13. banyak jugaa ya mba caranyaaa...aku mah kayaknya ngga bisa lurus karena asli keriting hehehe

    ReplyDelete
  14. Di deket rumah ada yang tanam lidah buaya
    Kalau mau ambil, bayar dulu haha
    Tapi lumayam daripada ke pasar

    ReplyDelete
  15. Ternyata lidah buaya bisa juga untuk meluruskan rambut. Baru tahuu. Rata2 simpel, sih, caranya. Tinggal menyesuaikan bahan apa yg mudah didapat di sekitar rumah ya, Bund.

    ReplyDelete
  16. Aku sering denger lidah buaya bermanfaat bgt untuk ketebalan rambut.
    Ngurangin kerontokan gitu.
    Untuk nglurusin rambut, baru ini lhooo dapat tipsnya
    Thanks Mak Uniek :D

    ReplyDelete
  17. Aku lebih suka lidah buaya, mba. Kalau susu murni kok sayang banget ya, hehe.
    Masalahnya rambutku sudah lurus nih Mba, aku malah pengin bergelombang gitu. Kalau pakai alat memang perawatan rambutnya harus lebih ekstra agar tetap terjaga kesehatannya.

    ReplyDelete
  18. Mbak, aku aru tau loh yg bahan susu dicampur dengan air putih biasa ternyata bisa menyehatkan dan meluruskan rambut kita hehehe. Ternyata caranya disemprot gitu ya secara merata. Kalau lidah buaya dan santan aku sih tau. Boleh juga dipraktekkan nih kpn2 meluruskan rambut pakai susu :) TFS ya.

    ReplyDelete
  19. Aku dulu paling suka pakai Lidah buaya. Mau rambut lurus karena ngerasa yang bergelombang ini kurang cantik. Lalu bosan dan akhirnya menerima apa adanya, hahaha

    ReplyDelete
  20. Saya tuh gak tahan bau amis telur dan apek santan atau minyak kelapa, mbak hahahha...

    Palingan saya duLu kalo rawat rambut di rumah ya pake lidah buaya.

    ReplyDelete
  21. Wah buat bisa ya lurusin rambut. Jadi penasaran kalau rambut Abang dan Pak Suami yg rambutnya kribo dilurusin kayak apa ya? Hahaha.. saya yang ada dimakan semua itu, mba drpd buat masker rambut agar rambut jadi lurus.

    ReplyDelete
  22. Yang mana yang paling ampuh nih mbak? Bisa di coba kapan-kapan deh, anak aku kribo tapi dia si bisa menikmati keunikan rambutnya sih...

    ReplyDelete
  23. Saya pernah coba yang pakai santan mbk, jadi halus banget sih, tapi karena nggak telaten ya tetep aja bergelombang😂

    ReplyDelete
  24. mba yang pake susu aku baru tahu, tapi kayaknya enak diminum aja susunya, nanti kalo kesemutan gimana yah, hahaha

    ReplyDelete
  25. Aku pakai beberapa bahan di atas untuk penyubur rambut bukan pelurus. Ternyata ada manfaat untuk meluruskan rambut juga ya...Bagus nih
    Karena rambutku sudah sangat lurus jadi ga pernah kepikiran ngelurusin..

    ReplyDelete
  26. Dua langkah mudah ini ya mba. Rambut jadi lurus sekaligus sehat karena sekalian perawatan rambut secara alami..

    ReplyDelete
  27. Wah, boleh juga ini tipsnya. Rambutku bagian depan bergelombang. Mau ngelurusin dari dulu nggak sempet senpet.. Bagian depan aja si hahaha. Mau nyoba dulu yang lidah buaya,

    ReplyDelete
  28. Pas banget nih lagi cari resep biar rambut jinak untuk Nailah, rambutnya kering jadi kribo hehe resepnya mudah didapat nih mau kucoba ah terima kasih cintaaa

    ReplyDelete
  29. Kalau aku paling sering pake lidah buaya untuk menyuburkan rambut. Apalagi rambut aku sering rontok, nah pake lidah buaya ini membuat rambut cepat tumbuh dan tetap lebat. Bonusnya rambut terlihat lebih lurus dan menjadi hitam mengkilat

    ReplyDelete
  30. Wah, baru tahu kalau ada cara alami meluruskan rambut. Ini hasilnya permanen atau tidak? Kebetulan rambut saya lurus, jadi ga bisa praktik. Hihi..mksh infonya mb

    ReplyDelete
  31. Jujur nih rambut saya tuh ikal dan kering, tapi tak pernah berusaha meluruskannya. Nikmatin saja.
    Tapi bisa nih saya rekomnedasikan ke teman yang pingin lurusin rambutnya

    ReplyDelete
  32. Jadi pengen nyobain soalnya selama ini aku ngelurusin rambut pakai ya pakai ke salon sama smoothing gitu

    ReplyDelete
  33. Wah baru tau nih bisa meluruskan rambut dengan bahan-bahan alami tersebut... Karena rambut saya lurus dulu sukanya malah dibuat ikal, hihihi...

    ReplyDelete
  34. Ini jg berlaku buat rambut lurus yg gampang mekar keknya ya mba? Bs dicoba nih. Makasih banget ya tipsnyaa

    ReplyDelete
  35. Keponakanku ada yang rambutnya kriwul dan pernah direbonding segala. Dan sekarang mbalik kriwul lagi. Hahaha. Mungkin perlu kukasih tau cara-cara alami ini, ya. Mungkin dia masih minat ngelurusin rambut :D

    ReplyDelete
  36. Kecuali lidah buaya, semua bahan itu blm pernah kucoba utk rambut hehe :D
    Eh tapi baru tahu kalau efeknya bisa meluruskan rambut, kirain buat kyk menghitamkan dan melembutkan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama. Aku juga baru tahu kalau bisa meluruskan
      Mau coba ah siapa tahu bisa lurus rambut keritingku.
      Sekali kali lurus mungkin heboh ya hahaha

      Delete
  37. aku baru ngeeeh lho mba kalau ternyata pepaya juga bisaa ya dipakai untuk meluruskan rambut.. luara biasaa memang

    ReplyDelete