27 Oktober 2021

Menuju Bahagia Bersama Kang Maman dan Mice

 
"Nikmat itu bisa dirasakan bukan hanya oleh orang-orang yang memiliki harta berlimpah. Tapi, juga oleh mereka yang mampu menutupi kekurangan-kekurangannya tanpa pernah berkeluh kesah di hadapan orang lain."
~ Bahagia Bersama, hal. 34



Sering rasa malu menyergap diri ketika dalam segala kemudahan yang ada di tangan, masih saja hobi berkeluh kesah. Mana ngeluhnya dijadikan bahan postingan di media sosial pula...

Membaca quote di atas tadi, lalu permenungan pun terasa menerjang perasaanku. Mengapa ya jika ada yang bilang bahagia itu sederhana, tapi nyatanya selalu ada celah untuk merasa tidak bahagia?

Rupanya rasa tidak bahagia itu lah sumber permasalahannya. Aku menemukan banyak hikmah tentang cerita bahagia dari buku berjudul Bahagia Bersama, kolaborasi Kang Maman Suherman dengan Mice Cartoon Indonesia. 

Sudah pernah kutuliskan sedikit saat launching bukunya nih di sini, bisa langsung diklik yaaa...


Seringkali melihat postingan orang lain di media sosial, terbersit pikiran, kok hidupnya enak banget ya. Segala macam dia punya, keluarganya bahagia, hartanya berlimpah. Kita tak pernah tahu jika mungkin saja di balik postingan itu ada segunung nestapa yang telah dilaluinya.

Begitu juga ketika melihat tetangga selalu tampak rukun, suami istri terlihat saling menyayangi dan berbagi senyum di pagi hari. Sibuk menilai sang tetangga pamer bahagia, padahal tinggal tengok saja ke dalam keluarga sendiri, sudah melakukan hal-hal yang membahagiakan pasangan sendiri atau tidak. 

Yah, begitulah, rumput tetangga selalu lebih hijau. Padahal belum tentu juga mereka tidak punya permasalahan. 



Quote di atas ini ada pada halaman 35 buku Bahagia Bersama karya Kang Maman dan Mice. Nyeesss rasanya saat membaca kutipan tersebut. Ternyata memang hanya diri kita sendiri lah yang bisa menentukan kadar bahagia yang tercipta dari dalam diri. Bukan gara-gara orang lain.

Berbagai pengalaman hidup disampaikan oleh Kang Maman dalam buku ini. Salah satu yang terasa banget sisi humanisnya yaitu ketika Kang Maman menceritakan pengalamannya hendak memetik buah jambu di rumah orang lain yang dilewatinya. Saat itu beliau sama sekali tidak punya uang, letih setelah berjalan jauh dari Gondangdia (Jakarta Pusat) hingga ke Cililitan (Jakarta Timur) dan sangat lapar.

Kebetulan waktu itu sedang bulan puasa dan Kang Maman tidak punya uang sama sekali untuk membeli makanan berbuka puasa. Oleh si pemilik rumah yang jambunya hendak dipetik tanpa ijin tadi, justru Kang Maman dijamu dengan sangat ramah. Nasi beserta lauk didapatkan oleh Kang Maman, bahkan beliau dipersilakan menjalankan shalat Magrib oleh si pemilik rumah yang ternyata non muslim.

Aaahh... indah dan hangat sekali rasanya membaca tentang kebaikan ini. Aku percaya masih banyak orang baik di muka bumi. Apakah itu termasuk kita, Kawan?



Berbagi, Memberi, Menyantuni


Selain tulisan yang bernas dan penuh quote yang menyejukkan hati, buku Bahagia Bersama juga menampilkan kartun khas karya Mice. Meskipun tiap kisah hanya diwakili oleh beberapa gambar saja, namun nilai kehidupan yang ingin disampaikan bisa secara mudah dipahami. 



Pada halaman 53 nih contohnya, digambarkan situasi ketika berada di sebuah warung makan. Sosok Mice Cartoon membayar makanannya beserta makanan yang disantap oleh orang lain yang dilihat dari penampilannya seperti pemulung. Hal ini dilakukannya dengan diam-diam, tanpa mengharapkan ucapan terima kasih.

Alhamdulillah masih bisa berbuat baik. Suatu ungkapan dari lubuk hati terdalam, mewakili ucapan bijak yang kurang lebih berbunyi : saat tangan kananmu melakukan kebajikan, jangan sampai tangan kirimu mengetahuinya.

Malu. Jadi malu luar biasa ketika melihat gambar kartun ini. Merasa belum bisa seperti ini. Semoga selain diriku, orang lain telah dengan tulus melakukan kebaikan tanpa harus menceritakannya ke orang lain. Ingat lhooo... tangan kiri saja jangan sampai tahu. 

Buku Bahagia Bersama ini disusun oleh Kang Maman dan Mice tanpa intervensi sama sekali dari pihak JNE. Berbagai contoh kebaikan yang mendatangkan kebahagiaan didapatkan oleh Kang Maman dengan mengadakan interview langsung ke pihak karyawan JNE maupun direktur.

Semangat berbagi, memberi dan menyantuni yang selalu ada dalam ruh JNE tak lepas dari prakarsa pendirinya alm. Bp. Soeprapto Suparno yang tak pernah putus diteladani oleh generasi berikutnya. Semua karyawan pun jadi memiliki etos kerja yang tinggi berkat virus kebaikan yang ditularkan oleh pemimpinnya. 

JNE memiliki prinsip keseimbangan hidup antara bisnis dengan akhirat. Banyak support yang telah diberikan oleh JNE kepada masyarakat di saat pandemi. Berbagai pengiriman dengan jumlah sangat banyak, rata-rata paket kiriman bantuan yang bisa ratusan atau ribuan kilogram beratnya, bisa terkirim tanpa biaya. Duh laah.. apa enggak rugi ya?

Lalu balik lagi pada prinsip kebahagiaan. Orang-orang baik yang begitu bahagia bukan karena ngotot mempertahankan hak dan memenangkan haknya. Tapi sebaliknya, ia malah memberi, berbagi dan bahkan menyantuni orang lain. 

Kalau dia mampu, dia tidak mengambil, melainkan memberi dan membagikannya.

Orang mampu adalah orang yang paling sedikit kebutuhannya. Dan, ketika berlebih, ia membagikannya kepada orang lain.

Orang mampu sadar betul, tiap hakikat rezeki dan hartanya kelak akan ditanya, "Dari mana dan digunakan untuk apa?"



Bahagia Bersama 
Penulis : Kang Maman
Kartunis : Mice Cartoon
Penerbit : PT. Grasindo, 2021
ISBN : 9786020528380
Tebal : 194 halaman

41 komentar:

  1. Buku ini pelajaran banget buat kita agar bisa berbagi dan bahagia bersama orang lain, keren dan bagus banget pesan yang disampaikan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku pun penasaran sama buku ini..banyak inspirasi yang bisa kita dapat ya.. Padahal baru baca reviewnya.. baca bukunya sendiri pasti makin wow nih..

      Hapus
  2. Wah pantes gambar ikustrasinya ngga asing, ternyata mice ilustratornya yaaaa.. seru nih kayanya bukunY, jadi penasaran mau cari di tokbuk online aaaah

    BalasHapus
  3. JNE ini punya value corporation yg mantappp banget ya Mba
    Terasa sekali kok, di tiap layanannya
    dan Kang Maman berhasil meramu dgn sengat ciamik!

    BalasHapus
  4. aku tu suka banget loh sama bukunya mice tuh, ilustrasinya bagus trus jg ceritanya simple tp ngena di masyarakat. jadi penasaran sama yg ini

    BalasHapus
  5. Aku tuh paling menyerengit kalau baca update gini:" Alhamdulillah sudah bisa menyantuni.." dengan kalimat panjang lain yang mengisyaratkan dia orang baik dan murah hati.

    Sebenarnya sih dia maksudnya baik, mungkin juga menginspirasi orang lain, tapi tak memenuhi syarat quote bijak: Ketika tangan kanan memberi, usahakan tangan kirim di tempat gelap..." :)

    Buku Kang Maman ini bagus banget untuk dibaca

    BalasHapus
  6. Bahagia itu NULAR ya mbaaa
    aku baca review buku ini aja, auto bahagia.... ndahniyo baca bukunya langsung :D
    Keren banget JNE, Kang Maman dan Mice
    Inspiring semuaaaa!

    BalasHapus
  7. Baca buku ini dan tahu bahwa JNE itu penting mementingkan dunia dan akhirat. Luar biasa sekali. Tak banyak perusahaan yang melakukan ini. Baca buku ini pilihan sekali

    BalasHapus
  8. Quotenya jleb banget mbak, jadi pengingat diri juga supaya gak banyakan ngeluh apalagi di sosmed ya. Tulisan kang Maman itu ringan tapi mendalam banget ya. Intinya bersyukur aja ya dan berbagi

    BalasHapus
  9. AKu penasaran pengen tahu isi bukunya lengkap nih mbak..hehe..Kayak e kok asik banget..apalagi kartun gini lebih nyenengin lagi bacanya..

    BalasHapus
  10. Bukunya bikin pembaca bahagia. Banyak juga hikmah yang bisa didapat. Bacaan yang gak bikin kening berkerut. Tapi, bisa untuk direnungi isi bukunya

    BalasHapus
  11. Banyak hikmah dari membaca buku ini ya mba. Jadi pengen baca secara keseluruhan isi bukunya deh. Kang Maman emang piawai banget membuat buku menjadi buku yang inspiratif dan penuh pelajaran kehidupan

    BalasHapus
  12. Buku inspiratif namun sekaligus memghibur nih kayaknya ya. Berbagi kebahagiaan dengan orang-orang di sekitar. Kepengen baca deh. Belom nemu aja nih. Kudu beli online deh kayaknya.

    BalasHapus
  13. Semangat berbagi, memberi,menyantuni dibagikan JNE lewat tulisan Kang maman dan kartun khas Mice, pasti menarik ini. Setuju jika mampu itu tidak mengambil tapi memberi dan membagikan...duh buku bahagia bersama yakin bakalan menyentuh hati kita

    BalasHapus
  14. baca quote di awal tulisan ini sudah bikin aku pengen baca buku ini mbak
    apalagi penulisanya kang Maman
    pastinya cerita bukunya bagus dan bikin bahagia pembacanya ya mbak

    BalasHapus
  15. Jadi kepo juga pengen baca bukunya nih, kayaknya seru, boleh juga kan dibaca oleh anak-anak, buat edukasi selaigus hiburan

    BalasHapus
  16. Banyak cerita inspiratif di buku Bahagia Bersama. Semua ceritanya berkesan. Luar biasa sekali perjuangan JNE.. Semoga berbaginya turun temurun sampai kapanpun

    BalasHapus
  17. Kebayang isi bukunya pasti menginspirasi dan memotivasi untuk selalu berbuat baik. Meskipun tampak kecil, tapi enggak ada yang tahu kebaikan tersebut menjadi amal yg sebesar apa

    BalasHapus
  18. "Orang mampu adalah orang yang paling sedikit kebutuhannya. Dan, ketika berlebih, ia membagikannya kepada orang lain", berasa ditampar begitu baca quote ini. Selama ini masih sering mikir makin banyak kebutuhan maka makin mampu. Padahal, sebenarnya kebutuhan kita tetap, keinginannya saja yang terus bertambah. Heuheu, maluu. Sungguh mencerahkan.

    BalasHapus
  19. Orang mampu adalah orang yang paling sedikit kebutuhannya. Dan, ketika berlebih, ia membagikannya kepada orang lain. Beuh, berasa ditampar sama quote ini. Selama ini selalu berpikir bahwa makin mampu maka kebutuhan akan makin banyak. Padahal, sebenarnya hanya keinginan saja yang terus bertambah. bahkan gak ada habisnya.

    BalasHapus
  20. 3 quote yang mbak Uniek tulis pakai 3 warna font berbeda itu cukup menohok ya mbak.
    Orang yang banyak memberi memang biasanya selow aja hidupnya, krn yakin memberi tuh gak akan bikin dia merugi, justru sebalinya kyk akan banyak hal2 baik yang menghampiri yaa
    Aku udah baca bukunya jg, btw.

    BalasHapus
  21. Baca judulnya ada nama kang Maman aku auto nostalgia ini duu dan bdlum sempet foto bareng huhu

    BalasHapus
  22. Wow...asli ini buku keren abis. Quote yang membangun dan inspiratif.Kang Maman tidak diragunakan lagi karyanya

    BalasHapus
  23. Kisah-kisah inspiratif di dalam buku Bahagia Bersama bikin siapa aja yang baca jadi semangat untuk ikut melakukan kebaikan juga. Masya Allah, makasih atas kolaborasi karyanya yaa JNE, Kang Maman, dan Mice :)

    BalasHapus
  24. Quotenya paling pas banget ini yaa, kak Uniek.
    Kita kerap mengabaikan rasa bahagia padahal kehadirannya bisa dari hal-hal sederhana yang ada di sekitar kita aja gitu ya..

    BalasHapus
  25. Saya termasuk penyuka karya-karya Kang Maman. Saya punya beberapa bukunya, salah satunya adalah Trilogi Kang Maman dan isinya semacam kumpulan qoute yang sangat memotivasi.
    Yang unik dari buku ini adalah adanya komik. Bagus juga ini jadi hadiah buat anak, anak-anak kan sukanya baca komik?
    Eh, saya juga suka sih baca komik, hahaha.

    BalasHapus
  26. Waahh...Mice..pantesan kok kayak gak asing dengan karakter kartunnya. jadi kepo nih mo baca kelanjutan bukunya.

    BalasHapus
  27. bukunya memberi pencerahan dan inspiratif. Pembaca jadi dapat pandangan berbeda plus ngga bosan ngebacanya karena ada karikaturnya dong

    BalasHapus
  28. Kang maman tuh emang juara yah,aku ngefans banget nih,karena selalu memberikan hal2 yang bermanfaat dalam karya2nya.

    BalasHapus
  29. Bahagia bersama Maman Suherman suntikan inspiratif untuk selalu bahagia dan jangan lupa bahagia. Berbagi, memberi danmenyantuni punya kekuatan untuk mengantarkan kebahagiaan, tana perlu menunggu kaya materi.

    BalasHapus
  30. JNE memiliki prinsip keseimbangan hidup antara bisnis dengan akhirat. Banyak support yang telah diberikan oleh JNE kepada masyarakat di saat pandemi >> ini keren banget karena manfaatnya terasa hingga akhirat nanti ya

    BalasHapus
  31. Betah banget baca buku bergambar, jadi gak bosen, apalagi jalan ceritanya bagus kaya buku kang maman ini.inspiratif sekali

    BalasHapus
  32. Keren banget kak ! Inspiring sekali . Kisah2nya pun sangat menginspirasi dan semoga nular utk bisa terus berbuat kebaikan

    BalasHapus
  33. Bukunya keren dan menginspirasi siapa aja yang baca, kolaborasi keren dari JNE dan Mice nih!

    BalasHapus
  34. Wah baru tahu nih saya ada buku keren. Quote² nya sangat membangun dan inspiratif.secara kang Maman tidak diragunakan lagi karyanya

    BalasHapus
  35. Tulisan Kang Maman memang bagus dan memiliki karakter. Gaya story tellingnya enak dibaca. Pernah baca buku Re, menyentuh sekali. Jadi pingin punya buku ini juga

    BalasHapus
  36. sepertinya kisahnya sangat insiratif dan banyak quote yang bermanfaat. Apalagi penulisnya kang Maman dengan sentuhan ilustrasi dari MIce. Pasti super berkualitas

    BalasHapus
  37. Wah.. sangat inspiratif sekali! saya sangat suka sama statement, "Orang mampu adalah orang yang paling sedikit kebutuhannya. Dan, ketika berlebih, ia membagikannya kepada orang lain" jadi ingin beli buku kang maman dengan ilustrasi MICE jg nih

    BalasHapus
  38. saya salah satu pengguna setia JNE dan saya suka terenyuh lihat para kurir JNE yang antar barang sampai ke rumah kita itu kadang udah sore, betapa amanahnya mereka tanggung jawab dengan kerjaan. JAsa mereka jarang terlihat ya mba, dan saya happy ada orang yang mengangkat kebaikan mereka dalam sebuah buku gitu

    BalasHapus
  39. Bukunya menarik ya mba, banyak pesan positifnya, apalagi dikemas khas dan menyegarkan.

    BalasHapus
  40. Took a few minutes pas mulai baca di awal. Quotes nya bikin mikir dan jleb! Buku yang bagus dan menarik. MEnyentuh.

    BalasHapus