11 November 2021

Mengapa Harus Investasi Emas Mulai Sekarang?

 
Dulu sempat bertanya-tanya, mengapa orangtua, termasuk golongan kakek dan nenek kok senang sekali investasi emas. Alasannya jika keadaan darurat, emas siap menjadi solusi secara cepat. Benar kah?


Kadang terpikir dong, apa enggak ribet ya harus mendatangi toko emas untuk membeli dan menjualnya kembali ketika membutuhkan uang. Bukannya lebih mudah menabung di rekening khusus?

Faktanya, baik menabung ataupun menyimpan emas sama-sama memiliki keuntungan. Kita tidak bisa menyepelekan salah satu hanya karena terlihat lebih sulit ataupun ribet. 

Iya, jika dulu menyimpan emas terasa ribet dan rawan resiko, kini kita bisa memandang berbagai kelebihan yang kita miliki ketika memutuskan untuk melakukan investasi emas. Apa saja sih kelebihannya?



Kelebihan Memilih Investasi Emas


Kondisi negara yang tak menentu terkadang menyebabkan laju inflasi meningkat. Ketika kita semula memprediksi kebutuhan biaya pendidikan untuk anak maupun biaya lainnya dalam jumlah tertentu, eh ternyata beberapa tahun kemudian prediksi kita meleset jauh.

Berasa lelah nggak sih mengumpulkan rupiah demi rupiah jika kemudian apa yang kita siapkan itu lalu tergerus laju inflasi, dimana di Indonesia pergerakan inflasi ini terhitung tinggi.

Lalu orang pun mencoba untuk melakukan investasi lain, mulai dari reksadana hingga menabung emas. Apa saja sih kelebihan atau keuntungan dari investasi emas ini?

Ada beberapa keuntungan yang kita dimiliki jika memilih investasi emas, di antaranya  sebagai berikut:


1. Bisa Dijadikan Alat Tukar


Siapa sih yang bisa memprediksi kondisi buruk bakal terjadi, misalnya nih krisis ekonomi. Ada masanya tiap negara mengalami krisis keuangan yang berlangsung dalam waktu tertentu. Memilih investasi emas ada banyak keuntungannya. Ketika sedang terjadi situasi krisis, kita bisa menggunakan emas sebagai alat tukar, terutama ketika situasi keuangan sangat tidak stabil.

Secara umum, emas tidak terpengaruh oleh inflasi. Maka dari itu, banyak orang yang melakukan investasi menggunakan emas. Saat krisis keuangan menyerang, maka harga emas tidak akan terpengaruh.



2. Menjadi dana darurat


Keuntungan lain dari investasi emas adalah bisa digunakan untuk data darurat. Selain emas tidak akan terdampak dari adanya inflasi, emas juga bisa disetarakan. Ketika terjadinya inflasi, emas dan uang tunai dapat disetarakan. 



3. Keamanan lebih tinggi


Keuntungan lain yang dimiliki jika berinvestasi dengan emas adalah mengenai keamanannya. Orang yang berinvestasi emas memiliki tingkat keamanan lebih tinggi daripada investasi lainnya. Dikatakan lebih aman karena mampu terhindar dari sebuah inflasi dan suku bunga yang terbilang tinggi. Fluktuasi emas tidak akan seekstrem fluktuasi investasi saham maupun mata uang kripto.



4. Mudah dicairkan


Berbeda dengan investasi lainnya yang sifatnya cenderung lebih sulit dicairkan, atau bahkan hanya dapat diklaim pada situasi-situasi tertentu saja. Emas yang kita punya bisa kita cairkan kapan saja dibutuhkan.

Investasi emas memberikan keleluasaan bagi pemiliknya untuk mencairkannya dalam bentuk uang tunai secara yang lebih mudah. Waktu yang dibutuhkan juga terbilang lebih singkat. 



5. Melindungi nilai kekayaan


Investasi emas dapat dikatakan melindungi nilai kekayaan. Hal ini karena nilainya yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Harga emas terbilang stabil, bahkan cenderung mengalami kenaikan, sehingga ketika ingin menjualnya kembali, seseorang yang berinvestasi dengan emas akan cenderung mendapatkan nilai yang justru lebih tinggi dari saat membelinya.



6. Dapat dibeli sesuai keinginan


Kelebihan lainnya yang kita miliki ketika berinvestasi dengan emas adalah dapat membelinya sesuai keinginan. Kita tidak harus membeli dalam jumlah yang besar, bisa dimulai dari sedikit-sedikit dulu. 



Saat ini, makin marak penyedia emas yang menawarkan berbagai jenis emas kepada pelanggan. Beberapa kelebihan memiliki emas di atas menjadi pertimbangan utama dalam memutuskan jenis investasi yang satu ini. 

Terkait kondisi pandemi yang telah 2 tahun berjalan ini, ada cara yang lebih praktis dan efisien untuk membeli emas. Kita tak harus datang ke toko offline, namun bisa membelinya melalui voucher.

Loh, katanya beli emas, kok malah beli voucher tuh gimana yaaa...




Voucher Gramasi dari Ultra Voucher


Menyikapi keinginan masyarakat yang makin aware dengan investasi emas ini,  PT Trimegah Karya Pratama Tbk, perusahaan pelopor dan aggregator voucher diskon digital terbesar di Indonesia yang dikenal dengan platform Ultra Voucher, menggandeng PT Untung Omega Bersama (distributor emas UBS) melakukan gebrakan dengan meluncurkan produk voucher gramasi emas.

Selama ini kita mengenal Ultra Voucher dengan berbagai produk voucher yang bisa digunakan untuk membeli beraneka ragam barang. Sebagai pengembangan dan ekspansi bisnisnya,  Ultra Voucher menghadirkan lebih banyak fitur untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang beragam. Nah, kali ini barengan UOB selaku distributor emas UBS menyediakan pelayanan kebutuhan dalam bentuk investasi emas.



“Ultra Voucher sebagai leading platform in rewards and everyday services, akan terus berupaya menghadirkan fitur-fitur yang mendukung gaya hidup masyarakat diantaranya dengan terus berkolaborasi bersama sejumlah mitra terpercaya."
Riky Boy Permata - Direktur Ultra Voucher

Berkaitan dengan animo masyarakat yang tinggi untuk melakukan investasi emas, maka Ultra Voucher menggandeng distributor emas UBS untuk menyediakan voucher gramasi emas. Masyarakat dapat membeli emas sesuai pilihan berapa gramnya melalui Ultra Voucher. 

Tak hanya memudahkan dari sisi kepemilikan saja nih penggunaan voucher gramasi ini. Ketika kita ingin menggunakannya sebagai hadiah juga bisa. Hanya dalam hitungan detik ketika kita hendak memindahkan kepemilikan voucher ini, maka pihak penerima sudah bisa menikmati investasi emas dari voucher gramasi dalam bentuk digital ini. 

Makin tercerahkan dong soal investasi emas melalui kepemilikan voucher gramasi ini. Saat mengikuti launchingnya pada hari Senin tanggal 8 November 2021 lalu, banyak insight yang bisa kudapatkan. Betapa kemajuan teknologi digital sangat membantu memenuhi kebutuhan kita dari segi apapun. 



Narasumber yang hadir sanggup memberikan gambaran yang memadai tentang bagaimana harus berinvestasi emas dan cara mudah untuk melakukannya di masa pandemi ini. Wajar banget jika kemudian bisa digarisbawahi pentingnya berinvestasi emas saat ini. Emas akan terus menjadi instrumen investasi yang tak lekang oleh zaman serta mudah dijual dan relatif lebih aman.

Bagaimana dengan kualitas emas yang bakal kita miliki melalui pembelian dengan voucher gramasi ini?

Tentu kita sudah tahu kualitas produk dari UBS sendiri. Logam Mulia UBS memiliki kadar emas murni 999,9% dan bersertifikat. Saat bincang-bincang ini, jadi tahu dong jika selama 13 tahun, UBS telah memahat mahkota Miss Indonesia yang digunakan dalam ajang tahunan Miss World. Wooww... keren banget yaaa...

Saat membeli emas, biasanya kita terpancang pada pilihan gramasinya, Minimal harus beli sekian gram di toko. Melalui voucher gramasi ini, kita mendapat banyak kemudahan dan keuntungan saat melakukan transaksi emas. Kita bisa memilih gramasi yang kita inginkan dengan menggunakan voucher di aplikasi. 

Aplikasi Ultra Voucher bisa digunakan oleh pengguna smartphone baik melalui platform Android maupun iOs. Nah, bagi pengguna Android, bisa klik link di bawah ini agar bisa langsung install dan merasakan kemudahan membeli emas melalui voucher gramasi. 


Investasi emas melalui gramasi begini lebih menguntungkan bagi pengguna. Beberapa keuntunggannya adalah: 
  • Tidak perlu khawatir apabila suatu saat harga akan naik atau turun. Voucher ini dapat disimpan tanpa mengubah nominal karena konversi voucher yang didapat berdasarkan berat yang tertera tanpa dipengaruhi pergerakan harga emas. 
  • Pengguna juga bisa menjadikannya sebagai hadiah berupa produk investasi emas kepada teman, rekan kerja, rekan bisnis maupun keluarga. Tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhan. 
  • Melalui kepemilikan voucher gramasi emas dari Ultra Voucher, Logam Mulia UBS sesuai nilai voucher dapat langsung dikirim ke rumah tanpa biaya atau ongkos kirim tambahan. Bagi beberapa kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Denpasar, Semarang dan Surabaya yang sudah ada outlet UBS, maka bisa langsung menukarkannya di sana.

Narasumber yang lain yaitu Direktur Utama PT Untung Omega Bersama, Deasy Yani Veronica mengatakan hadirnya Logam Mulia UBS di platform Ultra Voucher merupakan bagian dari kerja sama yang saling menguntungkan bagi kedua belah pihak. Selain memudahkan masyarakat dalam mendapatkan Logam Mulia UBS, kerja sama tersebut berpeluang meningkatkan penjualan perusahaan mengingat jaringan Ultra Voucher yang luas.



"Selama situasi pandemi minat masyarakat untuk berinvestasi itu cenderung naik dan emas menjadi salah satu jenis yang paling aman dan minim risiko. Voucher gramasi emas ini akan menguntungkan untuk digunakan sebagai investasi jangka panjang. Setiap pengguna akan mendapatkan emas sesuai harga disaat melakukan transaksi." 
~ Deasy Yani Veronica, Direktur PT. Untung Omega Bersama

Tuh kaann.. sangat menguntungkan melakukan investasi emas saat ini. Apalagi ketika membelinya kita menggunakan voucher gramasi dari Ultra Voucher. Kita nggak usah repot keluar rumah untuk beli emas di toko. Tinggal instal aplikasi Ultra Voucher dan memilih menu pada fitur “Gold and Investment” yang tertera pada halaman utama, lalu pilih merchant UBS. 

Kita akan diberikan berbagai pilihan gramasi mulai dari 1-25 gram. Semudah itu deh saat ini punya emas, baik mau disimpan sendiri ataupun dijadikan hadiah untuk rekanan, karyawan maupun orang-orang terkasih. 

Selamat berinvestasi. 

63 komentar:

  1. wah sangat bermanfaat, terimakasih infonya kak :D

    BalasHapus
  2. Nah, belakangan ini banyak yang berinvestasi dalam bentuk emas karena lebih mudah dan aman, selain itu bisa untung sampai kedepannya.

    BalasHapus
  3. Aku sudah 5 tahunan ini investasi emas. Asyiknya sekarang sudah makin banyak pilihan ya, apalagi voucher emas ini hal baru tapi bermanfaat

    BalasHapus
  4. Terima kasih infonya, dik.. Jadi tahu tentang voucher gramasi yang ternyata nggak ribet cara memperolehnya pun menukarkannya ya..

    BalasHapus
  5. Memang bener kok pitutur orang tua, klo punya uang lebih baik diinvestasikan dlm bentuk emas ga ada ruginya. Apalagi skrg serba klik aja udh nyampe barangnya. Segampang itu. Hehe

    BalasHapus
  6. Aku dulu juga nabung emas dan alhamdulillah 2 tahun nilainya naik hingga bisa beli rumah

    BalasHapus
  7. Aku beberapa kali patungan kasih akdo emas ke teman yang menikah tapi malah belum pernah beli sendiri hehehe

    BalasHapus
  8. Investasi emas dari dulu emang paling menguntungkan ya mbak. Sempet punya juga dulu dan ngebantu banget pas butuh bisa cepet jualnya. Sekarang gampang banget nih ada cara beli emas pake voucher juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terasa sekali bila cerdas mengelola keuangan, di saat membutuhkan uang dalam bentuk cash, akan mudah diperoleh ketika sudah memiliki tabungan investasi dalam bentuk emas.

      Dan kini bisa dibeli dalam bentuk voucher gramasi ultra voucher.
      Semakin memudahkan.

      Hapus
  9. Wah baru tahu ada sistem seperti itu. Taunya ke toko emas dulu terus baru beli, ternyata bisa di aplikasi. Lebih praktis yah.

    BalasHapus
  10. Iya, nabung emas emang paling menguntungkan. Pengen bisa beli emas lagi, tapi sekarang mahil je

    BalasHapus
  11. Oh ternyata yang kemarin aku lihat di Instagram itu tentang gramasi voucher ya. Kirain beli emas langsung via online gitu, mbak. Inovasi baru dari USB yang kekinian nih, bisa investasi dari mulai 1 gram.

    BalasHapus
  12. Banyak banget ya manfaat investasi emas. Dan sekarang ini masyarakat kita sepertinya sudah banyak yang berinvestasi emas, mungkin sudah mulai paham bahwa investasi emas itu lebih menguntungkan

    BalasHapus
  13. Nah, tadinya banyak org yg mlz invest emas, lantaran (dianggap) kudu beli dalam jumlah segambrenng. Duitnya kagak adaaaaa, kakaaa *nangis
    Tapii, begitu ada pocer gramasi gini, auto hepi dan optimis dong yhaaa

    BalasHapus
  14. Emas merupakan andalan alat investasi para emak-emak. Hal ini merupakan salah satu cara kalau butuh duit cepat ya tinggal jual emas aja

    BalasHapus
  15. Pilihan banyak banget deh untuk memiliki gram emas sehingga bisa di sesuaikan kantong. Semangat investasi

    BalasHapus
  16. Wah, kita semakin dimudahkan kalo mau investasi emas yah berkat voucher gramasi dari ultra voucher. Dulu mah kalo mau beli ribet harus ke toko emas dulu dan milih2 barangnya hehehe

    BalasHapus
  17. Investasi emas itu tak akan lekang waktu ya mba. Jadi memudahkan juga untuk investasi. Inovasi Ultra Voucher ini yang membantu buat investasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener mbak makanya orang2 dulu selalu nyimpan emas kan karena emang mudah dan stabil harganya. Dengan pake vocher gini maki memudahkan kita yg pengen mulai investasi emas ya

      Hapus
  18. Kalau Ada begini maka kedepan kita makin rajin berinvestasi nih. Beli segram segram tahu tahu 100gram

    BalasHapus
  19. Ya ampun pas banget, mbaaa. Aku kemarenan ini lagi tanya temen-temen soal investasi emas ini.
    Soalnya mulai pengen nabung emas untuk investasi jangka panjang dan biaya anak sekolah.
    Keren banget ini USB keluarin voucher emas semacam ini kan. Selain investasi, juga bisa buat kado keluarga atau temen di luar kota

    BalasHapus
  20. Aku juga dari dulu kalau investasi ya di emas saja lebih gampang soalnya. Bagusnya buat investasi jangka panjang sih, tapi lumayanlah jangka pendek juga menjaga nilai uangnya ya...

    BalasHapus
  21. Investasi emas lebih menguntungkan ya mbak, karena harga jualnya makin tinggi semakin bertambah tahun. Bahkan lebih aman. Jadi pengen download aplikasinya, karena kalau nyimpan uang di celengan suka gak disiplin, apalagi kalau banyak diskonan, pengennya belanja dan gak mikir tabungan huhuhu....terimakasih informasinya mbak.

    BalasHapus
  22. Emas ini memang bener-bener simpel untuk dilakukan.
    Bahkan orang-orang yang hanya lulusan SD juga udah nabung emas untuk keperluan di masa depan.

    BalasHapus
  23. Gak akan ninggalin investasi emas selama masih bisa, karena berkat nabung emas beberapa tahun lalu, Masya Allah saat Pandemi bisa beli Rumah, harga emas tinggi hingga nominal penjualan berkali2 lipat dari harga beli. Makin semangat dengan adanya Voucher dari Ultra Violet ini, transaksi jadi lebih mudah juga ya.

    BalasHapus
  24. Waaa suka banget lihat emas, apalagi pas belinya berasa bungah pisan. Sudah fitrahnya perempuan suka sama perhiasan ya Mba. Mau deh moga-moga ada rezekinya bisa beli emas mulai dari kecil aja.

    BalasHapus
  25. Aku juga kalau ada uang lebih enaknya dibelikan emas mbak jadi sewaktu-waktu bisa dijual kalo udah kepepet hehehe

    BalasHapus
  26. Orang tua zaman dulu sering banget kumpulin emas. dapat duit langsung beli emas, padahal ga dipake juga. ternyata mereka tahu kalau simpan emas nilainya tinggi dan ga akan rugi. berkembangnya waktu skr ada voucher gramasi ya.

    BalasHapus
  27. wah baru tau aku ada voucher gini ya, jadi lebih mudah ya ga perlu ribet ke toko emas. aku soalnya biasanya langsung cari emas fisik gitu .

    BalasHapus
  28. Asik banget nih Mba Uniek.
    Pilihan investasi yg tepat bgt, utamanya buat kaum milennial.
    ketimbang duit amblas ngga jelas buat ngopi2 syantiik, kan mending buat invest yak.

    BalasHapus
  29. jadi kalau belinya vocer lebih enak dong ya, misal beli pas mahal eh tau2 murah, kalau ga diapa2in ya tetep wujudnya gramnya itu ya, bukan nominalnya asal ga dijual dulu gitu ya

    BalasHapus
  30. Sebagai orang Jadoel - aku juga lebih suka nabung emas mbak Uniek

    aku bukan orang yang suka investasi di atas kertas karena terbukti kadang suka bodong hiks hiks

    BalasHapus
  31. Terobosan baru di dunia jual-beli emas ya, kak Uniek.
    Ini bagus dan bisa menjadi jalan keluar bagi yang ingin berinvestasi tapi belum punya tempat yang aman untuk menyimpannya. Jadi investasi dalam bentuk voucher gramasi dari ultra voucher.

    BalasHapus
  32. Skrg banyak bgt yg invest emas, aku ingin belajar sih supaya nggak boros trs jajan haha setidaknya mulai dulu ya kakkkk?

    BalasHapus
  33. Dari dulu Mamaku pasti selalu nyuruh aku buat mulai berinvestasi emas dan ternyata sekarang udah ada terobosan baru yaa pake voucher gramasi

    BalasHapus
  34. Saya baru menjalankan investasi emas
    Belum banyak nih
    Masih nyicil
    Semoga ke depannya bisa menumpuk lebih banyak

    BalasHapus
  35. Aku agak kurang paham jadi vouchernya itu mengandung emas atau voucher itu uk ditukarkan dengan emas ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Vouchernya untuk beli emas mba, sudah ada keterangannya di atas untuk beli emas sesuai gramasi atau berapa gram yang kita inginkan.

      Hapus
    2. Jadi makin semangat mau ngumpulin voucher untuk beli emas
      Mba Un sudah dapat berapa voucher nih?
      Hahaha kok aku jadi KEPO ya
      Hmm, apapun itu semoga kelak tabungan emas kita bermanfaat tidak hanya di dunia tetapi jadi sumber pahala kelak di sana

      Hapus
  36. aku juga muali niiih mba... sambil cicil dikit - dikit dalam bentuk perhiasan dan lempengan

    BalasHapus
  37. wah makin melek nih tentang investasi emas nih emang paling mantul ya aman juga ke depannya

    BalasHapus
  38. Aku tertarik juga mbak investasi emas, gara-gara terpapar konten tiktok dong ini jadi mupeng lihat yang invest emas. Lagi mikir aja ini mending invest emas fisik atau emas via aplikasi.

    BalasHapus
  39. Pas awal tahu ada penjualan emas di Ultra voucher, penasaran mau nyoba beli. apalagi ada harga promo. Hayuk Ultra Voucher adain tambahan promo seperti saat awal launcing :D

    BalasHapus
  40. Belakangan ini emas jadi primadona investasi ya, saya pingin jugaaa... tapi memang belum ada uang dinginnya, ehehe. Penyimpanan emas juga berinovasi dari menyimpan emas fisik jadi emas digital atau voucher gramasi spt ultra voucher ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Uang dingin kudu diniatin sih. Kalo saya dr recehan job blog, hehe. Itu lalu saya kembangkan buat invest. Kalo gak gitu, kalo gak diniati, gak bisa punya2 juga. Hehe

      Hapus
  41. aman dong yah karena berdasarkan gramasi dan bukan nominal rupiah jadi ga akan turun nilai nya

    BalasHapus
  42. sekarang makin mudah ya kalau mau investasi emas. tinggal beli aja di ubs. aman dan terpercaya lembaganya.

    BalasHapus
  43. Investasi emas kayak orang tua dulu memang seharusnya jadi pilihan anak-anak muda sekarang. Banyak pilihan terutama emas Antam atau ada yang mini gold juga. Lebih menjanjikan di masa depan karena emas nggak kena dan tak kenal inflasi.

    BalasHapus
  44. Investasi yang dibutuhkan untuk anak muda zaman sekarang. Modal yang ada ditabung dan dijadikan voucher emas lalu nanti gak terasa bisa kumpul sedikit demi sedikit.

    BalasHapus
  45. Yah, investasi emas selalu naik harganya. Jarang Kuningan harga mas turun. Kalo pun turun gak jauh banget , kakek nenek saya dulu juga naik haji dengan nabung mas. Setelah banyak baru dijual

    BalasHapus
  46. investasi emas memang salah satu investasi yang mudah dan aman Mbak, ini makin mudah lagi pakai voucher gramasi dari ultra voucher. kapan-kapan bisa nih coba.selama ini investasi emasnya masih nabung emas di aplikasi sebelah.

    BalasHapus
  47. Unik banget ya investasi emas dengan voucher di UBS ini. Karena dengan berinvestasi emas tanpa menyimpannya di rumah jadi lebih aman yaa. Bisa dicairkan juga jika kita butuh untuk diuangkan.

    BalasHapus
  48. Sebagai yg invest emas, kudu beli voucher ultra deh. Kan enak bs disimpan, apalagi nominalnya tak berubah. Beli gramasi 5 gr yaa tetap segitu meski diklaim bertahun2 kemudian kan? Mantap... Emasnya UBS dong

    BalasHapus
  49. Saat ini investasi emas lagi banyak diminati ya, apalagi saat ini emas lagi naik terus. bisa jadi investasi yang menguntungkan.

    BalasHapus
  50. Keren bgt ada voucher gramasi kek gini, btw emang invest emas kalo didiamkan sangat lama sangat menguntungkan sih

    BalasHapus
  51. Masih belum berani investasi emas.. Soalnya masih tinggal di kost kostan

    BalasHapus
  52. Teringat waktu awal-awal dapat gaji sebagai ASN, ibu saya langsung memberi wejangan, "gaji pertamanya langsung belikan emas, sebagai investasi."
    Alhamdulillah sejak saat itu saya selalu mengupayakan menabung bei emas dengan nilai sesuai dengan sisa gaji.
    Saya merasakan sekali manfaat menabung emas saat keluarga mendapat musibah, maka emas menjadi solusi mengatasi musibah itu tanpa ribet.
    Sekarang makin keren ya sebab ada voucher gramasi ini. Nanti deh saya pelajari baik-baik bagaimana caranya investasi emas dengan membeli voucher ini.

    BalasHapus
  53. Nenek dan ibu ku pun setiap ada uang lebih pasti pergi ke toko emas, membeli emas. Mereka juga mewanti-wanti saya untuk membeli emas kalau ada uang lebih. Tapi nggak saya lakukan hehehe... repot juga mesti bikin tempat penyimpanannya.

    Eh tapi kalau dalam bentuk voucher gramasi gini lebih mudah menyimpannya ya.

    BalasHapus
  54. Investasi emas lebih aman dari kebiasaan konsumtif. Kan males juga menukarkan emas demi beli magic com misalnya. Ya akhirnya tetap saja dalam bentuk investasi emas.
    Ini contoh saya yang pengen beli magic com tapi males ambil dana dari saldo emas. hihihi

    BalasHapus
  55. aku dulu juga berpikir gitu mbak
    heran waktu liat ibuku kok mesti dikit-dikit beli emas, ternyata emang berguna juga untuk dijadikan investasi jangka panjang
    sekarang makin banyak pilihan investasi, sempet terpikir untuk coba emas, tapi belum ambil actionnya nih

    BalasHapus
  56. Alhamdulillah aku udah mulai nabung LM, kalau dipikir emas sebenarnya bukan investasi sih tapi lebih ke-menjaga nilai tukar uang, soalnya harganya yang cenderung stabil naik itu menjaga uang kita dari inflasi, tapi butuh waktu sih untuk merasakan ROI nya. Dan makin melek emas makin tahu kalau produksi LM itu selain dari BUMN ada juga dari pihak lain,, yang kadang juga sebenernya rekanan dari BUMN tersebut.seperti yang diterangkan mba ini

    BalasHapus
  57. Investasi paling disukai banyak ibu ibu ini, aman, pasti untung walaupun kecil, dan bisa nyicil. Ibu saya ngajarin investasi emas , dari nabung, ikut arisan pas dapat beliin emas heheh

    BalasHapus
  58. aku juga mulai investasi emas nih mba. masih sedikit sih, tapi rada nyesal juga pas lagi tinggi kemarin enggak jual

    BalasHapus