20 Oktober 2021

Menuju Smart Hospital, RSUD Wongsonegoro Semarang Makin Nyaman Bagi Pasien

 
rsud wongsonegoro semarang

Selama ini siapa yang masih beranggapan kalau rumah sakit milik pemerintah itu identik dengan tidak profesional, tempatnya kumuh dan pelayanan buruk?

Dulu aku pun beranggapan yang sama meskipun belum pernah secara langsung mengalami perlakuan buruk dari rumah sakit pemerintah. Hanya dengar-dengar saja keluhan dari banyak orang, gerundelan di berbagai grup dan percakapan di media sosial.

Sungguh tak menyangka ketika tahu sendiri bagaimana fasilitas dan kemudahan pelayanan yang diberikan oleh RSUD KRMT Wongsonegoro, rumah sakit daerah Kota Semarang. Dibikin kagum beneran loh...

Yuuk sini kuajak pelesiran dikit ke RSUD Wongsonegoro yang berada di daerah Ketileng, Semarang. Kalau orang Semarang memang lebih familier menyebutnya RS Ketileng untuk lebih mudahnya. πŸ˜‰



Kondisi Fisik Terkini RSUD Wongsonegoro Semarang


Sempat terbayang kondisi ketika saat melahirkan putriku tahun 2004 di rumah sakit ini. Udah lama banget yaa.. 17 tahun sudah berlalu. Sekarang sudah bedaaa banget kondisi bangunan fisik RSUD Wongsonegoro Semarang.

Rumah sakit ini berdiri sejak tahun 1990 dan terus berkembang hingga saat ini. Tahapan perkembangan RSUD Wongsonegoro dari tahun ke tahun bisa dibaca secara detail di web rsud.semarangkota.go.id pada bagian sejarah ini. Bagaimana rumah sakit tersebut dimulai dari awal hingga mencapai tipe B seperti saat ini, bisa secara lengkap dibaca di sana. 

Jika biasanya orang akan menilai dari fasilitas terbaik, mari kita coba tengok dulu bagaimana RSUD Wongsonegoro melayani pasien kelas 3. Apa yang ada di bayangan teman-teman tentang ruang inap kelas 3, sempit, berdesak-desakan, kumuh, gelap dan tidak nyaman?

Mari sini kuajak ke Gedung Nakula dan Sadewa, gedung ruang inap kelas III milik RSUD Wongsonegoro Semarang. 


Ketika melihat ruangan ini, memang tampak tidak terlalu luas, namun kebersihan dan kenyamanannya tak diragukan lagi. Sangat memadai dan 'memanusiakan' penunggu pasien. Salut dengan hal ini. 

Di sini disediakan tempat duduk panjang lengkap dengan sofa sederhana agar si penunggu tidak nelangsa. Iya sih, kebayang kan bagaimana kondisi penunggu pasien yang harus selalu siaga tapi tidak mendapat pelayanan yang baik. Bisa-bisa malah ikutan sakit nantinya. 


Terlihat kan dari video ini juga. Saat melihat fasilitas pelayanan rawat inap di gedung ini, ga nyangka banget loh kalau ruangan ini untuk pasien rawat inap kelas III. Biasanya kan berdesakan dan penunggunya harus gelosoran di lantai untuk duduk maupun rebahan mengistirahatkan badannya sementara waktu. 

Kalau kelas tiganya aja kayak gini, gimana coba versi VIPnya. πŸ˜‰

Saat pertama kali memasuki gedung rumah sakit pun sudah dibikin kagum loh. Lobbynya terasa lapang dan megah, sudah kayak mall gitu. 

rsud wongsonegoro semarang

Sudah tak tampak lagi kesan suram ketika memasuki area rumah sakit seperti anggapan orang pada umumnya. Kondisi yang bersih dan menyenangkan seperti ini amat membantu pasien dan keluarga secara psikis sih menurutku, bener kan?

Untuk mendaftar berobat pun sekarang amat mudah. Setelah melakukan pendaftaran online melalui aplikasi (nanti akan kubahas secara detail di bawah) maka pasien bisa melakukan pendaftaran ulang melalui Anjungan Pendaftaran Mandiri yang ada setelah melalui pintu masuk utama Gedung Amarta.

Tak perlu khawatir misal belum terbiasa, ada petugas yang akan membantu kita saat di anjungan pendaftaran ini. Saat melintas di berbagai tempat, kulihat banyak petugas keamanan yang standby dan siap membantu pengunjung yang sekiranya butuh pertolongan. 

Pas banget aku mengalami sendiri nih saat longak-longok mencari denah RS untuk menuju ruangan tertentu, ada petugas yang menghampiri dan bertanya hendak kemana diriku. Langsung ditunjukkan letak lift dan nanti berhenti di lantai berapa. Tingkiuuu ya pak satpam. πŸ™





Inovasi RSUD Wongsonegoro Semarang Menuju Smart Hospital


Kemajuan teknologi digital sangat mempengaruhi perkembangan di berbagai sektor kehidupan, tak terkecuali di bidang kesehatan. Rumah sakit diharapkan bisa segera siap untuk menghadapi era digitalisasi menuju Smart Hospital 4.0.

Yang dimaksud dengan smart hospital adalah konsep rumah sakit yang berfokus pada optimalisasi pelayanan pasien di rumah sakit melalui sistem teknologi informasi berbasis internet dan mendukung konektivitas peralatan medis maupun non medis, sehingga dapat memberikan pelayanan yang berkualitas dan dapat memuaskan bagi pasien. Penggunaan perangkat pintar yang saat ini hampir semua orang punya, bakalan menjadi trend terkini dalam masyarakat ketika hendak berobat ataupun butuh perawatan intensif di rumah sakit.

Nggak ada lagi tuh berdesakan dan antri berjam-jam untuk mendapatkan pelayanan dari pihak rumah sakit. Sejak dari rumah, kita sudah bakalan tahu berapa jumlah pasien dokter yang akan kita datangi, jadi bisa memutuskan tetap datang ke RS hari itu atau mau geser ke lain hari. 

RSUD Wongsonegoro Semarang telah menerapkan hal ini terkait dengan pelayanan kepada pasien. Sangat mudah untuk bisa mengetahui jadwal praktek dokter, ketersediaan bed di rumah sakit, hingga mendaftarkan diri untuk berobat.

Ada beberapa aplikasi smartphone yang bisa diunduh dan dipergunakan untuk kemudahan pelayanan RSUD Wongsonegoro Semarang, di antaranya:
  1. MY RSWN : aplikasi pendaftaran online untuk masing-masing pasien
  2. SI RAJARANAP : aplikasi yang memuat data-data pasien rawat jalan dan rawat inap
  3. SI RINDU : aplikasi yang memuat tentang sistem informasi harian terpadu, bisa menjadi panduan bagi keluarga pasien untuk memantau perkembangan kondisi si pasien secara real time
Yuk coba kita ulik salah satu aplikasi tersebut. Kali ini aku mau coba share tentang aplikasi MY RSWN yang langsung berkaitan dengan data pribadi kita. Kebetulan aku pernah punya pengalaman berobat di sana, jadi ntar bakalan kutunjukkan bagaimana tampilan dataku di aplikasi tersebut.


MY  RSWN

Semua kemudahan yang akan diperoleh oleh pasien RSUD Wongsonegoro bisa diakses melalui aplikasi khusus yang telah dikembangkan untuk kepentingan pasien lama ataupun calon pasien baru. Jika kita buka playstore maka akan tampak beberapa aplikasi yang disediakan oleh RSUD Wongsonegoro Semarang.


Dari beberapa aplikasi buatan RSUD Wongsonegoro, MY RSWN ini yang bisa kita gunakan ketika hendak melakukan pendaftaran. Pilih MY RSWN dan klik Install pada smartphone kita. 


Tampilan halaman depannya akan terlihat seperti gambar di atas ini. Tampak beberapa pilihan, mulai dari pendaftaran reguler, pendaftaran eksekutif hingga pendaftaran telemedicine pun ada. Jika sudah melakukan pendaftaran ini, nantinya begitu sampai RS tinggal klik menu check in Sudah tertera nomer booking di pilihan paling atas.

Praktis banget dan ga perlu ribet menghubungi petugas jika sudah bisa melakukan pendaftaran mandiri begini. Namun jika belum bisa, no worry lah, petugas tetap siaga untuk membantu kok. 

Yuk kita coba lihat bagaimana tampilan kolom pendaftarannya.



Langkah-langkah pendaftaran online:
  1. Pilih menu Pendaftaran Reguler atau Pendaftaran Eksekutif. 
  2. Pilih apakah kita pasien lama atau baru.
  3. Jika pasien baru, maka akan ada data-data yang harus diisi dulu. Di sini contohnya menggunakan akun MY RSWN milikku yang ada catatan rekam medis, jadi langsung keluar nomor CMnya.
  4. Untuk kolom Jenis Pasien, tinggal diisi kita berobat di sana dengan pembayaran sebagai pasien umum (bayar sendiri) ataupun menggunakan asuransi/BPJS. Bila menggunakan BPJS harus ada nomor surat rujukan dari fasilitas kesehatan tingkat pertama. 
  5. Klik bagian klinik apa yang hendak dituju.
  6. Pilih tanggal periksa dan jam periksa sesuai jadwal yang tersedia. 
  7. Akan muncul lembaran Verifikasi yang memuat data tanggal, jam, jenis poli dan dokternya. Tinggal klik TIDAK atau OKE untuk mengakhiri proses pendaftaran.
Udah... sesimpel itu dong. Berikutnya sesuai tanggal yang telah kita pilih, tinggal ke RSUD Wongsonegoro saja dan melakukan check in. Simple banget kan?

Yup, teknologi ada dan dikembangkan memang untuk meringankan tugas manusia. Mari biasakan untuk mengikuti perkembangan ini dengan memanfaatkan aplikasi yang telah disediakan. Tak perlu lagi repot-repot ngantri kan untuk mendaftar lagi. 

Oya, aku sempat penasaran loh apakah catatan medisku di masa lampau bisa keluar juga di aplikasi ini. Soalnya kan dulu aku periksa kehamilan anak kedua di tahun 2009, cukup lama sebelum kelahiran aplikasi ini. Eh ternyata tetap ada loh catatannya. 


Tampak pada riwayat rawat jalan tersebut nama dokter dan klinik yang kudatangi saat itu. Wuiiih... mantap bener nih pendataan RSUD Wongsonegoro, Semarang. Salut untuk bagian entry data dan programmer-nya. Hebaaat....

Ketika hendak mencari bed kosong pada fasilitas rawat inap, kini tak perlu repot harus telpon sana-sini dan ngantri. Aplikasi MY RSWN sudah menjawab semua kebutuhan pasien. Silakan ikuti langkah berikut ini untuk lebih jelasnya:

Cukup klik pada menu INFO BED, semua data bed yang masih available akan ditampilkan secara real time. Penanganan pasien yang membutuhkan perawatan langsung di rumah sakit bisa segera diputuskan tanpa harus tertunda-tunda lagi. 


Selain praktis daftar menggunakan aplikasi, saat datang ke RS pun kondisi fisik bangunannya sudah oke banget. Ruang tunggu di bagian rawat jalan kini sudah sangat bersih dan menyenangkan. Tak ada lagi berdesak-desakan dan kegerahan. Ruangannya luas banget. Baik rawat jalan reguler maupun eksekutif semuanya tertata rapi. 



Sudah tidak jamannya lagi kan bilang kalau rumah sakit pemerintah tuh tidak terurus dan kurang profesional. Bagi siapa saja yang membutuhkan perawatan kesehatan, silakan direkomendasikan ke RSUD KRMT Wongsonegoro Semarang ini. Berbagai peralatan lengkap untuk rumah sakit kelas B plus ruang yang nyaman semoga membantu para pasien lekas sembuh.

Saat ini dengan makin kondusifnya situasi di Kota Semarang, jam berkunjung kembali diberlakukan. Tentu saja dengan aturan yang masih ketat. Pasien boleh dikunjungi dengan syarat penjengukan sebagai berikut : 
  1. Pengunjung harus berada dalam kondisi badan yang fit, tidak sedang flu, demam, dsb
  2. Anak-anak di bawah usia 14 tahun tidak diizinkan berkunjung karena daya tahan tubuh yang masih rendah.
  3. Pengunjung tidak diperkenankan merokok, duduk/tiduran di tempat tidur pasien dan harus segera meninggalkan ruang perawatan setelah jam berkunjung selesai.
  4. Menunjukkan bukti sudah vaksin dengan surat keterangan vaksin/ kartu vaksin / aplikasi peduli lindungi.
  5. Jam berkunjung : 16.00 - 17.00 WIB


RSUD KRMT Wongsonegoro Semarang

Alamat : 
Jl. Fatmawati no. 1 Semarang

Link download aplikasi : 

Instagram:

Facebook:












Bahan bacaan : 
  • https://persi.or.id/white-paper-kesiapan-rumah-sakit-menghadapi-era-digitalisasi-menuju-smart-hospital-4-0/
  • https://www.kompasiana.com/young.kompasiana.com/5bc9977ec112fe77d71f7de6/pentingnya-mengembangkan-smart-hospital-di-indonesia
  • https://www.meditransglobal.co.id/mengenal-konsep-smart-hospital-dan-regulasinya/
  • http://rsud.semarangkota.go.id/ 

71 komentar:

  1. Sekarang RS memang makin nyaman dan sudah digital, ya. Sangat memudahkan dan membantu pasien untuk mendapatkan perawatan yang memadai.

    BalasHapus
  2. Wiihhh, itu lobbynya nyaman banget, keliatan ko tampak bersih dan memang mengedepankan teknologi menuju smart hospital. Adanya ke 3 aplikasi di RSUD Wongsonegoro makin membantu para pengunjung dan ga perlu lagi desak2an seperti image sebelumnya RSUD.
    Makin canggih dan praktis dah, btw aplikasi SI RINDU lucu namanya iih, dan fungsinya juga oke banget bisa memantau pasien.

    BalasHapus
  3. Wah ruang inap kelas 3 tebengannya pakai kayu, istimewaaa.. Biasanya cuma selambu aja sehingga pasien dan penunggu suka saling intip2an satu sama lain, haha..

    Beberapa Rumah Sakit ada yang menerapkan sistim digital untuk prndaftaran jadi gak perlu datang shubuh hanya sekadar ambil nomer antrian

    Keren RS sekarang semoga setelah ini sistim pengambilan obat makin baik soalnya bagian ini yang bikin lama

    BalasHapus
  4. Senangnya kalau fasilitas kesehatan semakin baik dan ramah manusia tanpa kelas atau kasta dan golongan. Semoga tidak ada lagi istilah orang miskin dilarang sakit (daripada sakit ga bisa berobat karena harganya mahal)
    Interior rumah sakit dan fasilitasnya memang bagus ya

    BalasHapus
  5. Keren banget RSUD KRMT Wongsonegoro Semarang ini, memang ya beberapa bahkan banyak RSUD sekarang berbenah.

    Saya lahiran anak kedua di RSUD juga di Surabaya, duh ruang operasinya kek di drama Korea gitu, masih baru dan canggih dan nyaman banget.

    Peraturannya juga ketat banget, jadi sebagai pasien kita nyaman dan cepat sembuh.
    Petugasnya juga ramah-ramah.
    Apalagi kalau daftarnya bisa online, memudahkan banget.

    Sama dengan RSUD KRMT Wongsonegoro Semarang ini, jadi nyaman banget, jadi cepat sembuh pasiennya mah kalau senyaman ini :)

    BalasHapus
  6. Ini kok canggih tenan tho Mbaaa
    Kayake RS-RS elit di Sby belum se-canggih ini lhoo
    aplikasi yang disediakan oleh RSUD Wongsonegoro Semarang, bener2 memudahkan pasien dan siapapun yg mau ke sana ya.
    Ciamik!

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah RSUD Wongsonegoro kini semakin nyaman dan praktis.

    Ada sofa panjang di sisi tempat tidur di kamar inap kelas 3, itu sudah bagus banget mbak. Yang jaga bisa berbaring kalau ngantuk. RS pemerintah (besar) di Jakarta, tempat bapak mertuaku dirawat selama 3 bulan sebelum meninggal, gak ada sofa, adanya kursi buat duduk saja :D Tapi itu tahun 2019 sih. Mungkin sekarang sudah lebih baik kayak di RSUD Wongsonegoro ini.

    Sekarang fasilitas kesehatan milik pemerintah memang udah bagus-bagus ya. Kelas puskesmas saja di tempatku sini gedungnya menjulang bagus banget udah kayak RS swasta, fasilitasnya pun lengkap.



    BalasHapus
  8. Nyaman beneran ini mba, RSUDnya. Aku lihat penataan dan kebersihan kamarnya. Karena rumah sakit penting banget kamarnya nyaman, selain pelayanan lainnya tentunya

    BalasHapus
  9. Aku termasuk yang jarang ke rumah sakit, ya alhamdulillah sih ya jadinya suka clueless untuk memilih rumah sakit bagaimana yang nyaman. RSUD Wongsonegoro ini mumpuni banget ya untuk titelnya sebagai rumah sakit umum, fasilitas dan kenyamanannya udah menyamai rumah sakit swasta, maju terus deh perbaikan fasum di semua sektor

    BalasHapus
  10. Syukurlah makin banyak RS dengan mengadaptasi teknologi terbaru. Fasilitasnya Oke, semoga dibarengi dengan servicenya yang excellent. Dan bisa melayani orang-orang sapa pun

    BalasHapus
  11. Aku takjub nih. Data tahun 2009 pun masih ada. Itu kan lebih dari 10 thn yl. Hebat nih data base RSUD Wongsonegoro Semarang. Tapi tetep sih ya berdoa semoga tetap banyak yg sehat...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Data tahun 2008 juga ada, tetapi data yg terekam masih sedikit karena masih awal pengembangan sistem komputernya

      Hapus
    2. Iyo mas, aku nyari dataku yang tahun 2004 pas aku melahirkan di sana belum ada hihihi... PR nih mas, ayo ndang diupload. :)

      Hapus
  12. Bagus banget RS Wongsonegoro tempatnya nyaman dan udah berkembang jadi smart hospital. Untuk pelayanannya juga sudah terdigitalisasi bisa memdaftar via online dan ada fitur untuk tahu perkembangan pasien juga. Semoga RS lain bisa meniru RS Wongsonegoro ini

    BalasHapus
  13. Pendaftaran melalui aplikasi sangat mbudah dan jadi tahu info bed yang tersedia juga nih, langsung keliatan ya. Yang menarik juga kalo ada yang membutuhkan perawatan langsung di rumah sakit bisa segera diputuskan tanpa harus tertunda-tunda lagi, hanya lewat aplikasi. Canggik ke RSUD jaman now yaa Mba Uniek.

    BalasHapus
  14. Sama dong mbak aku mikirnya dulu gitu, belum lagi nakesnya yang jutek. eh ternyata sekarang udah banyak perubahan ya termasuk pakai konsep IT juga nih kaya di RSUD Wingsonegoro.
    Dengan adanya smart hospital memudahkan semua ya baik petugas juga pasien

    BalasHapus
  15. Alhamdulillah kalau fasilitasnya semakin nyaman ya mba.
    semoga pasiennya juga mendapatkan pelayanan terbaik..

    BalasHapus
  16. Wah, ini sih RSUD sekelas RS swasta ternama di Jogja nih. Tempatnya bersih, fasilitas untuk kelas 3 aja rapih gitu. RSUD Wingsonegoro juga udah bisa pakai pendaftaran online ya? canggih banget dan pastinya memudahkan buat pasien terutama yang kontrol rutin ya.

    BalasHapus
  17. Ih happy banget ya inovasi ya makin memudahkan banget untuk pasien..apalagi ruang perawatan kelas 3 aja begitu yg pernah aku rasain kelas 3 emang uwel2an mba..semoga terus meningkatkan pelayanannya juga

    BalasHapus
  18. Bener banget sekarang RSUD Wongsonegoro udah berubah banyak. Kemarin aku sampai bingung mau masuk ICU lewat mana, karena beda dengan yang lama. Perbaikan fisik gedung juga diiringi dengan pelayanan pada pasien ya mbak. Ada aplikasinya dan bahkan sampai 3 banyaknya. Lengkap nih fasilitas pelayanan untuk pasien

    BalasHapus
  19. Wah,keren banget RSUD Wongsonegoro Semarang, diliat dari ruangannya terkesan modern dan bersih, sudah dilengkapi aplikasi juga ya untuk memudahkan pelayanan, moga diikuti RSUD lainnya ya

    BalasHapus
  20. Ini sih bukan Rumah Sakit mba, tapi Rumah (menuju) Sehat!
    Soale, baru masuk aja, psikis pasien udah terobati lho.
    Semoga makin mantulll!

    BalasHapus
  21. Zaman sekarang mashaAllah yaa..
    Rumah Sakit sudah menuju digitalisasi semua.

    Aku saat sedang bingung mencari kamar kosong untuk rawat inap anakku juga merasa terbantu sekali dengan aplikasi online. Sehingga tanpa perlu masuk rumah sakitnya dan panik, bisa tetap terpantau.
    Plus tahu perkiraan biaya rawat inap dengan fasilitasnya sekalian.

    Alhamdulillah.
    Kini RSUD Wongsonegoro Semarang pun memudahkan pasien dan pengunjung yang memiliki kepentingan.

    BalasHapus
  22. Wah aku lihat ruang kelas 3 aja berasa udah mewah dan nyaman gitu ya mbak? Kalau RS nyaman begini pastilah yang dirawat maupun yang jagain merasa lebih tenang. Senang dengan kemajuannya baik fasilitas maupun ITnya, sukses RS Wongsonegoro

    BalasHapus
  23. Sekarang hampir semua rumah sakit mulai berbenah mbak. Di daerahku justru yang memiliki fasilitas lengkap adalah RSUD, sama satu rumah sakit swasta yang memang sudah punya nama. Pelayanannya juga sudah oke, ramah2 dan tempatnya terawat. Semua serba komputerisasi ya mbak.

    BalasHapus
  24. Apik banget kamarnya mba. Pasti jauh dari 17 tahun yg lalu ya mba Uniek. Ikut seneeeng. Fasilitas kesehatan itu perlu kayak gini, bagus. Rumah sakit pemerintah moga makin banyak merata, seperti RSUD KRMT Wongsonegoro Semarang

    BalasHapus
  25. Memang selama ini rumah sakit pemerintah imejnya jelek, kumuh, serba lamban dengan petugas jutek. Alhamdulillah tidak semua begitu ya. Contohnya RSUD KRMT Wongsonegoro ini, sudah fasilitasnya bagus, gedung bersih dan main digital juga. Itu kan bikin pasien jauh lebih nyaman ya

    BalasHapus
  26. Ruang rawat inap kelas 3nya sudah tampak nyaman ya mbak karena ada kursi panjangnya. Saya tuh tiap kali menginap di rumah sakit, nungguin siapa gitu pasti mikir "kenapa sih gak disediakan kursi yang nyaman" tanpa harus duduk di bawah. Bahkan pernah nungguin mama di kelas I tapi tetep aja gak ada kursinya, apa takut dipakai ngrumpi ya? hihhi

    BalasHapus
  27. keren pisaaan RSUD yang satu ini mba. Semakin lengkap dan semakin nyaman untuk semua yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. btw berarti RS ini punya banyak dokter kereeen ya mba dan fasilitasnya juga menjamin kenyamanan para pasien ya

      Hapus
  28. Wah kalau Rumah Sakit nyaman begini pastinya tingkat kesembuhan pasien tinggi ya mbak..senang lihat rumkitnya bersih banget gitu

    BalasHapus
  29. Wah sudah saatnya sih memang untuk Smart Hospital. Apalagi utk gmana tau jumlah bed yang ada agar tidak missed utk pasien covid ya

    BalasHapus
  30. Sekarang RS semakin aman dan nyaman yaa.. apalagi sekarang udah serba digital, makin mantap deh pelayanannya

    BalasHapus
  31. Mbak, anak kita sebaya persis ya, 17 tahun dan 12 tahun...
    Btw, aku suka banget lihat fasilitas dan layanan RSUD Wongsonegoro Semarang ini. Kalau RS-nya seperti ini pasien bakal cepat sembuh pasti.
    Dan konsep smart hospital ini beneran menarik. Ga perlu antri seharian jadi waktu bisa dipakai kegiatan produktif lainnya

    BalasHapus
  32. Baru denger soal smart hospital ini. Tapi salut banget dengan inovasi yang ditawarkan kepada pasien. Kalau bisa menghemat waktu nunggu/antre sih bakal membantu banget, yaa.

    BalasHapus
  33. Wuih, keren deh RSUD Wongsonegoro Semarang ini. Semakin high tech ya serba digital nih mulai pendaftaran, data pasien hingga kondisi secara riil. Fasilitasnya lengkap dan dari fotonya sih kelihatan nyaman banget ya. Semoga makin maju dan sukses aamiin.

    BalasHapus
  34. Wow iri banget nih. di kota saya belum terlalu mengedepankan Smart Hospital. padahal kalau sistemnya seperti RSUD Semarang, kayanya yang sakit bakal nyaman banget ya, Intinya Smart Hospital bakal bikin Nakes dan Pasien tidak dibuat ribet yak...

    BalasHapus
  35. Aku tuh mikir rumah sakit ini di mana kok nggak familiar namanya, ternyata rumah sakit Ketileng ya aku baru tahu nama aslinya. Makin apik RSUD nya semoga pelayanan juga makin prima..

    BalasHapus
  36. keren ya Mbak RSUD nya, kalau semua Rumah Sakit bisa maju seperti ini, pasti orang yang sakit jadi semangat untuk sembuh, semangat untuk pergi berobat karena tempatnya nyaman dan memudahkan pasien maupun keluarga saat urus Adm, dll nya.

    BalasHapus
  37. Wah rumah sakitnya keliatan nyaman dan bersih ya. Hebat sih rumah sakit sekarang udah manfaatin teknologi biar pasien jadi gak ribet

    BalasHapus
  38. Kebersihan dan kenyamanan memang faktor yang penting banget, apalagi puas dengan pelayanan yang diberikan, mulai dari masuk sampai keluar rumah sakit.. Dengan adanya aplikasi seperti ini jadi bisa mantau dan update info perkembangan apakah masih tersedia atau tidak hanya melalui smartphone.. Keren banget sih

    BalasHapus
  39. Keren ya kalau RSUD sudah menggunakan smart hospital seperti di RS Swasta besar Indo lainnya. Semoga semua RSUD bisa mengikuti jejak RSUD Wingsonegoro agar semuanya lebih terjadwal rapi dan adminstrasi yg simple sehingga tidak memusingkan pasien

    BalasHapus
  40. Wah, takjub deh liat kamar inap kelas 3 nya. Biasanya kayak di bangsal gitu kalo kelas 3 trus berenam. Jadi kurang nyaman untuk yang sakit sama yang nunggu. Kalo ini keren banget. Sistem online juga pendaftarannya ya. Top banget ..

    BalasHapus
  41. Daftar di aplikasi ini membuat praktis ya, d RS hermina sini juga udah daftar via online jd udah tahu urutan ke berapa bisa ngira ngira jam pergi ke RS

    BalasHapus
  42. Cukup bagus ya situasinya sebagai rumah sakit yang masih tipe B. AKu senang kalau rumah sakit sudah punya aplikasi untuk ambil urut antrian gini. Supaya pasien yang datang jauh-jauh tidak perlu menunggu lama untuk mengantri.

    BalasHapus
  43. Gak enak banget kalau sakit itu yaa..
    inginnya sakit dapat perawatan yang terbaik dan fasilitas bagus. Alhamdulillah RSUD KRMT Wongsonegoro Semarang sudah menyediakannya untuk pasien.

    BalasHapus
  44. Alhamdulillah ya mbak, rumah sakit negeri sekarang sudah terjaga kebersihan dan kenyamanannya. Seperti RSUD Wongsonegoro ini. Kelihatan banget apik ya mbak di kelas 3 aja sudah bagus begitu, apalagi kelas di atasnya. Barakallah.

    Di kotaku juga sekarang tak hanya RSUD yang diperbaiki segala fasilitasnya, puskesmas juga sekarang sudah lebih baik lagi dan mulai bisa daftar lewat online. semoga diikuti dengan pelayanan yang lebih baik lagi dari para dokter dan perawatnya.

    BalasHapus
  45. Senang ya kalo banyak instansi pemerintah salah satunya RSUD yang makin melek teknologi. Tapi memang masyarakat juga perlu menyesuaikan diri.

    BalasHapus
  46. Kamar kelas 3nya bagus mba, kalo di Surabaya seperti di kamar kelas 1 di RS Swasta. Ada sofa buat penunggunya ya?

    Seneng deh kalau RSUD fasilitas kamarnya bisa bagus gini, bikin pasien rawat inap lebih nyaman. Penunggunya juga nyaman, ngga pakai gelar-gelar tiker lagi.

    Terus penting juga bisa akses lewat aplikasi, jadi ngga ada ceritanya pasien nungguin lama proses administrasi, apalagi sampai ngga dapet kamar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mbak, pemandangan miris suka sedih lihat para penunggu di rumah sakit tuh.. kena mental banget, huhu

      Hapus
  47. Iya emang ngaruh banget tuh interior RS apalagi ruang tunggu kalau pas kita sakit dan mau periksa.
    Wah bagus nih RS-nya sudah punya aplikasi jadi bisa cepat dapat info segala hal ttg RS dari sana juga ya.
    Eh ternyata rumah sakit pemerintah tooo, guudd, semoga rumah sakit lain juga bisa menyusul dan dapat memberikan pelayanan yang ebih baik lg kepada pasien2 ya mbak.

    BalasHapus
  48. Aku seneng banget baca ini mba. Gambaran rsud lusuh dan jadul jadi hilang. Apalagi udah ada beberapa aplikasi di smartphone. Memudahkan pasien yang mau periksa atau dirawat

    BalasHapus
  49. Selalu males duluan kalau mau ke RSUD karena alasan antri dan karyawan yg mohon maaf kurang ramah. Tapi RSUD Wongsonegoro mematahkan anggapan itu ya. Apalagi dengan penggunaan aplikasi untuk akses info dan pendaftaran jadi lebih mudah dan cocok di saat pandemi begini.

    BalasHapus
  50. Kelas III saja senyaman itu ya Mbak. Yaa... termasuk nyaman dan bagus sekali lah kalau dikomparasi dengan kelas III di tempat lainnya. Banyak pendukung RS yang menandakan kalau ini benar2 smart hospital

    BalasHapus
  51. Aku baca lagi ke atas, serius ini RSUD yang notabene rumah sakit pemerintah..ya ampun mkeren banget ini
    Serius RSUD Wongsonegoro praktis karena sudah ada digitalisasi di sistemnya dan nyaman bikin pasien cepat sembuh pastinya

    BalasHapus
  52. Wiwin | pratiwanggini.net30 Oktober 2021 06.45

    Dulu iya, rasanya "enggak banget deh" kalo musti ke RSUD. Tapi sekarang memang sudah pada bebenah. Dari segi fasilitas dan pelayanan sudah pada jauh lebih baik. Kalo ga gitu kalah saing nanti dengan RS swasta. Apalagi sekarang udah jamannya digital, musti menyesuaikan dengan mengikuti perkembangan teknologi untuk memudahkan berbagai pelayanannya.

    BalasHapus
  53. wah cakep banget mbak rumah sakitnya. nggak kalah sama rumah sakit swasta ini mah. mana sekarang sudah ada aplikasi ya biar lebih mudah saat pengurusan administrasi. semoga aja rumah sakit di sini juga nanti bisa begini

    BalasHapus
  54. Wah RSUD nya bagus banget, tertata rapi dan yang paling penting, sudah terintegrasi dengan sistem digital, sehingga memudahkan pasien untuk mendapatkan informasi rawat inap dan kunjungan ke poliklinik. Semoga makin banyak RSUD yang berbenah dan memudahkan masyarakat untuk mengakses informasi seputar layanan rumah sakit.

    BalasHapus
  55. Kondisi RSUD Wongsonegoro Semarang yang sekarang sudah sangat canggih dan membantu kemudahan bagi para pasien dan keluarganya.
    Alhamdulillah,
    ketika memaksimalkan sebuah teknologi, pelayanan pun jadi semakin meningkat.

    BalasHapus
  56. wah senangnya Rumah Sakit KRMT Wongsonegoro Semarang sudah menjadi smart hospital
    Dengan smart hospital ini pelayanan pasien jadi lebih efisien ya mbak Uniek
    Pasien pun bisa mudah dan nyaman dalam menerima pelayanan di rumah sakit

    BalasHapus
  57. Suasana rumah sakitnya terutama bagian ruang pasien terlihat nyaman ya. Lihat foto kamar kelas 3 cukup bersih nyaman meski kelas 3. Jadi inget sebelum pandemi pernah jenguk orang sakit, dia pakai BPJS. Kamar kelas 3 seperti bangs al yang cuma disekat. Sedih. Mungkin karena itu awal pemerintah terapin BPJS kali ya. Semoga semua RS bisa baik pelayanannnya, kelas apapun pasien itu.

    BalasHapus
  58. Waah.. keren nih RSnya kayak mall.. Jadi kalo sakit ga tambah parno ya Mbak.. Mirip dengan rumah sakit swasta yang bayarnya mahal.

    Aku dulu pas lairan ngindari rs pemerintah, soalnya ya imagenya itu udah suram gitu. Apalagi pelayanannya, galak-galak staffnya, huhu. Tapi alhamdulilah sekarang makin banyak instansi pemerintah yang berbenah. Semoga berkah dan Allah mudahkan.

    BalasHapus
  59. wuih rumah sakit pemerintah tapi sistemnya canggih gini. Udah bye deh antri sejak Shubuh bahkan sebelum itu hiks. Bersih pula, mantap. Semoga makin maju sistem kesehatan tanah air.

    BalasHapus
  60. Kota semarang ini memang sejak dahulu Menjadi tempat rujukan buat pasien ya mbak, yang biasanya rs lain sudah Angkat tangan disini masih bisa teraelamatkan. Ini beneran terjadi sama beberapa keluargaku lho mbak. Keren banget pokoknya

    BalasHapus
  61. Kalau kondisi rumah sakitnya seperti ini, pasien pasti cepat juga ya pemulihannya. Karena istirahatnya bisa nyaman. Adaptasi teknologinya juga keren. Sehingga dapat mempercepat layanan.

    BalasHapus
  62. wah cakep dan bersih banget smart hospital rsud wongsonegoro semarang ini. kamar inap kelas 3 juga kece banget dan keliatan nyaman!
    asyik ya sekarang rs juga ada model smart2 gini

    BalasHapus
  63. alhamdulillah kalau RSUD semakin banyak yang berbebenah dan ga kalah keren pelayanannya dengan RS Swasta, semoga semakin lancar kedepannya yaa

    BalasHapus
  64. Ulasannya keren, terima kasih mbak. berasa bangga jadi salah satu staff IT di RSWN

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waahh baru ngeh ternyata Mas Martin tuh di RSWN yaa.. tau gitu pas ke sana kapan hari langsung tanya2 ke njenengan yaa :)

      Hapus
    2. Hehe iya, aku taunya juga telat mbak. Pas sudah selesai baru dikasih tahu temanku. Btw aku turut senang akhirnya RSWN menggandeng blogger Semarang

      Hapus
    3. Sedikit menambah informasi mbak, aplikasi sirajaranap bukan untuk pasien, tetapi untuk dokter. Supaya dokter bisa tahu jumlah/daftar pasien yg sudah mendaftar online (rawat jalan) dan daftar pasien rawat inap yang harus divisite. Harapannya dokter bisa mendapatkan informasi jumlah/daftar pasien sebelum berangkat ke kantor. Di aplikasi ini dokter juga dapat melihat jumlah/daftar pasien rajal yang sudah dilayani atau pasien rawat inap yang sudah divisite. Selain untuk dokter aplikasi ini juga digunakan oleh kepala instalasi rawat jalan, rawat inap dan case manager yang juga memantau, misalnya ada pasien rawat inap yang belum divisite, kepala instalasi biasanya akan mengingatkan dokternya.

      Aplikasi sirindu awalnya dibuat untuk pasien covid, karena pasien covid tidak boleh ditunggui. Siapa sih yang nggak cemas kalau saudaranya dirawat dirumah sakit?
      Selain sirindu di android, sirindu yang berada di server rumah sakit akan mengirimkan pesan whatsapp informasi keadaan pasien pada nomor penanggung jawab pasien.

      Kalau tidak salah sirindu sekarang tidak sebatas pasien covid saja. Tetapi semua pasien rawat inap.

      Hapus