25 Januari 2023

Suka Duka Punya Printer Sendiri di Rumah

 
 
punya printer sendiri di rumah


Apakah teman-teman punya printer sendiri di rumah? Jika iya, boleh dooogg nanya, sudah pernah mencoba untuk mengganti cartridge printer sendiri atau belum?

Eeyyaaa.... yang belum pernah ganti cartridge printer sendiri gapapa loh kalau mau ngaku. Enggak dosa kok. Aku termasuk yang beruntung nih bisa mengganti sendiri cartridge pada printer yang kumiliki di rumah. 

Dulu saat masih ngantor, sehari-hari kerjaannya selalu berhubungan dengan komputer dan printer. Makanya, boleh dong jika kali ini aku mau berbagi sedikit tentang pengalaman saat mencoba untuk mengganti cartridge printer di rumah. 

Meskipun era paperless sudah semakin menyatu dengan denyut nadi kehidupan, keberadaan printer di rumah tetaplah sangat berjasa dalam membantu fleksibilitas kami sekeluarga, misal nge-print tugas atau dokumen lainnya. Tidak perlu ribet keluar rumah dan mengantri di tukang fotokopian. Berkat keberadaan printer sendiri di rumah, nge-print apapun bisa dilakukan di jam-jam krusial, misalnya tengah malam. 

Pernah kejadian tuh anak sulungku hendak daftar kepengurusan HMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan) di kampusnya. Semula formulir pendaftaran hanya dibuat versi online saja. Ternyata saat jelang tenggat waktu pengumpulan formulir, ada informasi bahwa form tersebut harus dicetak dan dibawa besok paginya ke kampus. Hadeh hadeeehh... mana sudah hampir tengah malam tuh kejadiannya. Coba aja bayangin kalau tidak punya printer sendiri, besok paginya harus gedubrakan nyari tempat fotokopian yang bisa sekaligus nge-print dokumen. 



Mengganti Cartridge Printer Sendiri


Ternyata setelah lama tidak utak-atik printer seperti jaman di kantor dulu, kejadiannya tidak semulus yang kuharapkan. Saat aku mulai mencoba untuk mengganti cartridge-nya, lho lhoooo... kok ternyata tidak semudah yang kubayangkan.

Perjuangan yang sebenarnya baru saja dimulai. Salah satu masalah yang cukup serius untuk dihadapi adalah ketika hendak mencoba membersihkan dan merawat printer tersebut. 

Ketika sudah tiba waktunya untuk mengganti cartridge, rada-rada bingung dong. Ini di sebelah mana ya tombol untuk mengeluarkan cartridge lamanya? Longak-longok samping kiri dan kanan, kok tidak ketemua juga. 

Dah lah, akhirnya pasrah pada mbah gugel, nyari dong informasi seputar printer sesuai tipe yang kumiliki di internet. Ealaahh... ternyata di situ to. Tinggal buka aja bagian bawah di atas papan alas printer. Cartridge lama pun bisa dikeluarkan. Akhirnya…

Etapi tidak berhenti sampai di situ aja loh. Saat aku mencoba untuk memasukkan cartridge baru ke dalam printer, ternyata tidak mudah juga. Duh haduuhh, aku harus berjuang untuk memasukkannya dan akhirnya berhasil setelah beberapa kali mencoba. Haduh, benar-benar merepotkan.

Nah, setelah berhasil memasukkan cartridge baru ke dalam printer, aku mencoba untuk mencetak dokumen dan voila... ternyata hasil print-nya malah jelek, hahaha... Aku harus terus-menerus berurusan dengan kertas macet dan hasil cetakan yang membuat kertas terlihat menjadi “kotor”, alias tintanya bocor ke sana ke mari. Warnanya tidak sesuai dengan input digital yang kumasukkan. Sebagian kualitas tintanya ada yang terlihat samar-samar. 

Mumet deh ah soal printer ini. Harus cari-cari referensi dulu nih untuk mencoba memecahkan masalah tersebut. Setelah ubek-ubek informasi di mesin pencarian, dapet juga beberapa sumber bacaan artikel yang bisa membantuku memecahkan masalah-masalah tadi.

Awalnya, kupikir ada kemungkinan cartridge barunya yang rusak atau printer-ku yang rusak. Namun, setelah melakukan beberapa pengecekan dan mencari informasi di internet, akhirnya ketemu deh solusi sebagai berikut:
  1. Cek bagian nozzle printer. Solusi pertama yang kucoba adalah dengan membersihkan nozzle printer. Akhirnya ketahuan kalau nozzle printer-ku tuh kotor dan tersumbat. Setelah membersihkan nozzle printer, hasil cetak menjadi lebih baik. Tapi masih ada error juga tuh saat mencetak.

  2. Cek juga pengaturan printer. Ketemu juga akhirnya kalau di bagian setting/pengaturan di dalam printer ada yang harus diubah agar printer dapat mengenali cartridge baru yang digunakan. Ikuti petunjuk yang ada di internet untuk mengubah pengaturan tersebut.  Akhirnya, setelah melakukan dua hal tersebut, error saat mencetak hilang dan hasil cetak menjadi sangat baik.

  3. Model printer juga mempengaruhi tinta. Waktu baca-baca artikel di internet, ternyata printer itu ada yang inkjet dan ink tank. Nah, si ink tank ini sering juga disebut sebagai printer infus. Mudahnya sih, inkjet itu versi yang lebih jadul ya, hehehe.

Kalau punya budget lebih, kusarankan beli yang ink tank/infus saja, soalnya sudah ada teknologi spill-free. Jadi, wadah tinta akan menutup otomatis saat kita mengisi penuh. Kita juga bisa memantau apakah tintanya sudah mau habis atau tidak dari luar, karena wadahnya cukup transparan. Fitur ini ada di printer Canon Series PIXMA ya, kalau merk lain aku kurang tahu.




Selain itu, jika kita ingin membeli printer baru, sebaiknya kita juga harus hati-hati. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membeli printer baru adalah:
  • Membandingkan spesifikasi dan fitur dari berbagai jenis printer. Bacalah ulasan dari pengguna lain tentang printer yang akan dibeli.
  • Mempertimbangkan harga dan biaya perawatan printer.
  • Jika kita bisa merawat printer dengan baik dan hati-hati dalam membeli printer baru, kita dapat menghindari masalah yang sering terjadi dan menikmati hasil cetak yang baik.

Jadi, saat teman-teman mengalami masalah yang sama saat mencetak setelah mengganti cartridge printer, coba bersihkan dulu bagian nozzle printer dan pastikan pengaturan di dalam printer sudah benar. Jangan lupa untuk selalu merawat printer kalian yaaa... Sebaiknya cari info sebanyak mungkin sebelum teman-teman memutuskan untuk membeli printer baru.

40 komentar:

  1. Kebutuhan akan printer sekarang juga urgent sampai di rumah pengin sediain sendiri daripada ribet bolak-balik ke tempat print, ya. Mantep banget memang canon untuk kebutuhan cetak di rumah, bagus juga hasilnya. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus
  2. Menurutku lebih banyak sukanya kalau punya printer sendiri. Tinggal cara maintenencenya aja yang harus diperhatikan. Soalnya printer kalau lama nggak dipakai pun bisa ada masalah, pun kalau keseringan juga nggak bagus.

    BalasHapus
  3. Iya, mbak
    Buat aku printer itu penting banget
    Anak anakku homeschooling
    Untungnya aku pilih printer Canon
    Minin drama deh

    BalasHapus
  4. Wah, makasih banyak infonya, Kak. Saya dari dulu juga paling puyeng kalau harus ganti cartridge n rawat printer sendiri di rumah. Hiks.

    BalasHapus
  5. Hahaha aku tim yang punya printer sendiri tapi males banget perawatannya. Akhirnya kalo pas mau dipake kadang entah tintanya yang habis atau cartridgenya yang kering wkwkwk

    BalasHapus
  6. Ribet emang kalau pas tinta abis atau catridge udah rusak. Tapi punya sendiri jauh lebih nggak repot dibanding harus pergi ke rental

    BalasHapus
  7. Dulu pas kuliah nih aku pake suntik sih waktu ngisi tinta soalnya printer modifan. Tapi ya gitu harus sigap kalau ada yang kesumbat atau ngga lancar

    BalasHapus
  8. Ah seperti.membaca pengalaman sendiri saya dengan printer..memang kita perlu tahu sebelum menggunakan

    BalasHapus
  9. Rasanya saya pernah coba ganti tinta printer sendiri. Hanya entah sudah berapa tahun yang lalu hehehe. Dan kebetulan sekarang mulai ada kebutuhan untuk ganti juga, jadi sepertinya harus belajar lagi dari awal. Tapi punya printer sendiri di rumah memang manfaat sih Mbak. Di era semi digital ini, nyatanya urusan print mengeprint masih laris dibutuhkan. Jadi kebayang kalau harus keluar rumah bolak balik ya untuk keperluan ini.

    BalasHapus
  10. Sesungguhnya, aku gak pernah berhasil mengganti cartridge printer, kak Uniek..
    Dulu waktu kerja pake yang suntikan dan itu juga belepotan.
    Huhu..gak bakat ngulik gadget.

    Tapi pingin banget mandiri, jadi aku coba ikuti saran kak Uniek di atas..
    Haturnuhun kak Un..

    BalasHapus
  11. dulu banget waktu mahasiswa, saya bisa ganti carttridge, kayaknya sekarang udah lupa haha..mantap ya mba kalau pake infusan, apalagi pake canon..makin moncer deh kalau print-print

    BalasHapus
  12. Aku juga punya printer tapi ga bisa ganti tinta. Sepertinya aku perlu belajar ganti tinta juga ini. Khawatir kejadian butuh nge print tengah malam dan aku ga bisa kan gaswat, wkwkwk.

    BalasHapus
  13. kalau printer Canon mah hasilnya cling, di kantor juga pakai tipe ini, biasanya setelah ganti cartridge saya tes dulu hasilnya dan lakukan sesuai tahapan yang ada di notifikasi printer

    BalasHapus
  14. Iya nih, banyak banget keuntungan punya printer di rumah tp banyak dukanya jg, mana kalau lagi mandet dan nggak tahu mau diapain, pusying say

    BalasHapus
  15. Saya ada printer di rumah, tapi masalah ganti mengganti cartridge saya serahkan urusannya pada kaum laki-laki aja wkwkwk

    BalasHapus
  16. Aku ada printer jg d rumah...sangat mmbantu diri ini spya tdk keluar² u/ print...apalagi klo malam dn tmpt fotokopianny lmyan jauh...printer sngt mmbantu sekali...

    BalasHapus
  17. Setuju banget mbak punya printer sendiri itu memudahkan banget. Alhamdulillah punya printer model inkjet meskipun agak esmosi kalau tinta habis. Harus pakai perasaan banget waktu ngisinya karena nggak tau udah penuh belum.

    BalasHapus
  18. hahaha bener banget ini kalau urusan printer masalahnya mesti di tinta, sebel banget kalau belepotan sama tinta karena susah ilang. tapi punya printer di rumah pasti bakalan memudahkan banget karena gak perlu jauh-jauh kalau mau print

    BalasHapus
  19. printer ini termasuk barang wajib buat akuu beberapa tahun kemarin. soalnya saat pandemi soal2 anak masih dikirim dan harus dicetak, jadilah butuh banget printer. dan tentu sering banget ganti cartridge sendiri, ahaha. tapi memang printer aku masih yang jadul sih, jadi lumayan mudah mengganti tinta printernya :)

    BalasHapus
  20. Buatku wajib banget punya printer. Pokok aku tuh hobi ngeprint mulai gambar sampai tulisan-tullisan, haha, belum bisa papaerless aku tuhhh. Dan senangnya sejak pakai printer infus jadi makin mudah merawatnya. Semakin sering dipakai juga printer semakin awet karena catridge cenderung tidak bermasalah kalau rutin dipakai.

    BalasHapus
  21. Lhaaa..baca ini pas sepagi hingga sesiang tadi suamiku nguprek printernya. Gara-gara si printer masih bisa buat ngeprint tapi ga bisa buat scan. Aku sampai diminta bantu2 pas dia berusaha memasang hasil bongkarannya. Bantu megangin senter doang sih mbak hehehe. Pas masih pakai printer yang sebelumnya, aku kadang ngganti cartridge. tapi sejak pakai yng infuss , jadi suami deh yang ngurus tinta dan segala macem.

    BalasHapus
  22. Printerku juga Canon Pixma mbak. Model inkjet. Kalau tinta abis tinggal refil. Ada 4 tank tintanya. Awet paketnya lebih dari 5 thn. Pandemi kemarin 2021 tiba-tiba ga bisa scan lagi, ga mau nyambung ke laptop. Ngeprint juga ga bisa padahal tinta masih ada. Aku bawa ke toko tempat aku beli, diperiksa hasilnya katanya udah rusak, mesti beli baru. Padahal enak banget itu pakenya. Dari ngeprint, fotocopy, sampai scan semua bisa di situ. Sayang banget mau dibuang, karena barangnya besar, masih bagus, ga lecet, cakep pula tampilannya. Berasa kayak ga rusak. Bingung juga sih kenapa tiba-tiba rusak. Padahal selama pandemi itu jarang banget dipake. Dan sebelumnya masih aman,bagus-bagus aja.

    BalasHapus
  23. Aku pernah ganti ketrij heheu sendiri. Trus setelah nikah blm punya printer lagi nih mba. Udah sempat pengin beli kan anak2 bentar lagi butuh banget printer. Selama ini print ke bapak fotocopy dkt rumah..oh ya seingat aku pixma 400 apa deh kayaknya dulu aku punya

    BalasHapus
  24. Aku juga pake canon sih. Biasanya juga ganti cateidge sendiri. Apalagi klo pas jarang dipake udah deh kering banget jadi harus nguprek dulu hehe

    BalasHapus
  25. Iya sebenarnya bisa ngeprint di tukang fotokopi dekat rumah ya tapi namanya anak sekolah suka mendadak ada tugas malam-malam dan kudu diprint, jadinya lebih baik punya printer sendiri biar praktis dan nggak mumet..

    BalasHapus
  26. hehehe seru ya mba suka dukanya. Aku selalu punya printer di rumah karena banyak kebutuhannya dan juga biasanya printer sekaligus scanner dan copier

    BalasHapus
  27. Kirain salah satu dukanya sering diminta ngeprintin surat ma RT wkwkwk.
    Iya nih masang catridge emang kadang susah eh pas ddah dipasang gak keluar tintanya atau warnanya aneh.
    Perlu kesabaran untuk nyobain berulang supaya dapat hasil yang bagus baru deh bisa dipakai.
    Terus terang aku masih pilih printer yang standar2 aja soalnya nyari yang murah dan gampang didapatkan tintanya hehe :D

    BalasHapus
  28. Waktu punya CV General Supplier dulu aku juga alami ini, suka duka punya printer sendiri di rumah. Hahaha.

    Percis banget sama tulisan Mba Un di atas. 11-12!

    Andalanku, wis podo, belajar otodidak di YouTube.
    Paling happy kalau ketemu solusi dan berhasil dieksekusi.
    Langsung deh histeris: " I did it!"

    BalasHapus
  29. Sebagai pengajar penting sih punya printer buat ngeprint materi atqu soal2 latian kadamg juga print worksheet buat keumala tp udh setaun ni printerku rusak dan biaya benerinnya lumayan mbak beberapa x nyoba benerin sendiri gagal je. Nanti aku coba cara mbak uniek deh

    BalasHapus
  30. Aku di tempat kerja dulu sampai katam urusan ganti cartridge printer. Di rumah juga ngalamin hal sama, awalnya santai sih karena printer merk sama. Eh begitu ganti merk, harus belajar lagi dong, mbak. Tapi printer di rumah udah model yang infus itu, dan lebih enak emang jadi praktis

    BalasHapus
  31. Aku belom pernah ganti Cartridge printer sendiri. Dulu di tempat kerja, teman yang masang. Terus karena mehong banget, akhirnya beli yang infus itu. Paling isi ulang tinta yang itu sih

    BalasHapus
  32. Punya printer dirumah perluu penting tapi sebelnya kalau lama ga dipake tinta kering. Beli tinta asli mahal kalau isi ulang murah sih tp.aku sukanya gotong2 bawa ke.toko cartride makk..

    BalasHapus
  33. Saya gak punya printer mbak, udah pernah minta dibelikan sama suami biar kalau ada tugas anak lebih muda tapi dia biasa numpang ngeprint di kantor. Tapi jadi nambah wawasan nih soal mesin printer

    BalasHapus
  34. Keberadaan printer sangat membantuku untuk "bebikinan". Biasanya aku ngeprint gambar-gambar untuk anak, untuk diriku sendiri, untuk dijadikan kesibukan lah. Pernah cartridge bermasalah, lalu aku coba ganti sendiri. Kemudian printerku malah rusak, keluar asap hahahaha. Printer Canon Series Pixma sudah kuintip-intip sejak lama, nih. Ada rencana untuk beli printer baru. Semoga segera terlaksana.

    BalasHapus
  35. Saya inget dulu zaman masih kuliah juga sering ganti cartgride sendiri waktu mau ngeprint. Paling sering habis isinya saat ngeprint karya tulis. Sekarang sih udah ganti infus printernya

    BalasHapus
  36. Printerku merk Canon juga tapi belum pernah coba ganti catride sendiri selalu mengandalkan tukan service printer. Apalagi sejak printerku bermasalah makin tidak bisa jadinya.

    BalasHapus
  37. di rumah kami pakai printer buat urusan kerjaan dan belajar. Penting banget sampe kudu stok catridge dan kertas.

    bagian paling mendebarkan kalau tinta habis atau ada yang nyangkut di dalam printer, hahaha. Ada aja mainan bocah yang masuk ke dalam tempat kertas. Kudu dikorek-korek.

    BalasHapus
  38. Nah ini kisah sedihku bersama printer-printerku :(
    terakhir yang dibeli malah yang tercanggih dan ... rusak begitu aja HUUUAAAA (nangis kejer)

    iya mbak Uniek kalau ga ada printer dunia udah sempit banget rasanya, tiga anak sekolah kuliah, dan ga ada printer? Ke laut ajalah!

    BalasHapus
  39. huhuhuhuhu aku selalu saja merasakan apa yang kau rasakan mba, dan ini ada 2 printer di rumah yang satu masih bisa utk nyecan, yang satu lagi udh ga tau apakah tintanya udah kering, karena ga selalu dipakai ngeprint.. Padahal ada printer sangat membantu sekali ya..

    BalasHapus
  40. Aku dari jaman kuliah sampai sekarang belum menikmati punya printer sendiri di rumah tapi makin lama sadar juga kalau punya printer di rumah sekarang tuh perlu banget dja pengennya yg awet

    BalasHapus