Featured Post

#UsiaCantik dan Mengapresiasi Diri Sendiri

Bu, sekarang umur Ibu sudah berapa?   Pernah sesekali waktu anak keduaku nanyain umur model petugas sensus begitu. Iya sih, jawabnya me...

23 November 2015

Potrat Potret Berakhir Baper? Pasti Nggak Pakai Zenfone 2 Laser

Pernah nggak sih mengalami baper (terbawa perasaan) saat memotret sesuatu atau seseorang? Bapernya tuh gara-gara hasil bidikan kita tak sesuai dengan yang diharapkan. Waktu kita bidik sudah oke, kok kenyataannya hasil foto yang muncul malah hancur lebur? 

Apalagi nih ya untuk seorang blogger sepertiku yang butuh banget kehadiran foto untuk memperkuat artikel. Coba deh sobat blogger bikin artikel ratusan kata tanpa ada foto, lalu baca berulang-ulang, bagaimanakah kira-kira? 

Postingan tanpa foto?? TIDAAAAKKK....

Ya..yaaa... foto di atas memang lebay ;)  Tapi beneran loh, postingan satu halaman penuh di blog bila tidak dilengkapi dengan ilustrasi apapun, rasanya hampaaaaa sekali saat 'menyantap'nya. Blogger-blogger sekarang malah sudah pada canggih-canggih loh, infografis yang keren dan informatif pun sudah banyak di-attach di dalam postingan blog. Sayang sekali, kayaknya cuma aku seorang nih yang tak sanggup bikin :(

Untuk melengkapi postingan blog, aku lebih sering menggunakan foto-foto saja. Media yang kugunakan untuk mengambil foto pun bervariasi, mulai dari smartphone hingga kamera DSLR. Nah, ini niiih... yang soal DSLR, jangan beranggapan bahwa aku pinter motret loh yaaaa... Beneran, aku hanya bisa puter-puter tombol diafragma, speed dan beberapa setting manual lainnya. Dari ratusan foto yang kuambil via DSLR, palingan cuma satu dua saja yang beres, lainnya wassalam.... sediiihh banget rasanya kalau begini. 

Gimana nggak baper coba kalau begini caranya? Udah dibawa berat-berat, riweuh setting ini itu (berkesan udah profesional aja deh motretnya), eeee...begitu lihat hasilnya : FAILED. Aaaakkk.... Sebenarnya ada sih settingan automatic-nya, namun hasilnya menurutku sih ya begitu-begitu saja. 

Pake manual failed, pake automatic ga puas, lalu mau loe gimanaaaa??? 


Moment yang terlewatkan gara-gara gagap gadget


Dari sekian pengalaman memotret yang pernah teman-teman alami, kira-kira ada nggak sih masa-masa dimana mendapatkan hasil memotret seperti ini ?

hasil foto yang fokusnya berlarian entah kemana :(

Perasaan sebelum menekan tombol shutter kedua gitaris ini baik-baik saja. Lantas kenapa ya di hasil fotonya muka mereka jadi seperti ini. Fyuuuhh.... berkali-kali kujepret dapetnya malah lebih parah lagi.

<<<TAMBAH BAPER>>> Oke bhay....

Beberapa kali moment penting terlewatkan saat aku ingin meng-capture-nya, seperti ini contohnya :

hasil jepretan yang sudah tidak membutuhkan komen lagi :'(

Waktu itu ceritanya sedang ingin menulis artikel tentang warung angkringan kekinian yang makin menjamur di seluruh penjuru kota. Maunya sih memotret mas kasir yang sedang melayani transaksi pembayaran sekaligus menyajikan wedang roti hangat yang saat itu kupesan. Namun apa yang terjadi? Foto di atas jelas sama sekali tidak menceritakan apapun. Gagal total. Padahal foto itu ya kuambil dengan menggunakan smartphone loh, bukan DSLR. Harusnya lebih gampang, kok ya tetap failed sih :(


Butuh memotret dengan cepat dan tepat


Berdasarkan problem memotret seperti yang telah kusebutkan di atas, saat ini kebutuhan yang paling utama untukku adalah mendapatkan gadget yang bisa support aktivitas fotografi. Nggak muluk-muluk sih harapannya, cuma pengin memotret dengan hasil yang bisa diandalkan.

Selama ini sudah bertanya kesana kemari tentang teknik fotografi, terutama yang berkaitan dengan penggunaan kamera DSLR. Tetapi kok ya kemampuanku tampaknya hanya sampai segitu-segitunya saja. Berasa boros hati dan boros tenaga deh kalau seperti ini caranya. Baca-baca artikel fotografi ya sudah kulakukan, belajar dari para master foto pun beberapa kali kulakukan, mengamati foto-foto keren yang bertebaran di Instagram pun tiada henti kulakukan. Kok fotoku tetap tidak ada peningkatan kualitas.

Gimana baper tidak to be continued kalau caranya begini???

Ada nggak sih kamera, atau smartphone saja deh... yang bisa memenuhi kebutuhanku untuk potret-memotret ini? Paling tidak yang hasilnya cukup pantas lah disajikan sebagai pelengkap postingan blogku, bukan yang kabur seperti di atas tadi.


Asus Zenfone 2 Laser, solusi memotret bebas baper


Bukan kebetulan bila akhirnya pada tanggal 19 November 2015 yang lalu aku bisa hadir di ballroom Ritz Carlton Pacific Place Jakarta. Di tempat tersebut aku datang sebagai tamu undangan Asus untuk mengikuti Zenfestival 2015.


Asus memang luar biasa. Sekian ratus orang diundang dan dijamu untuk menyaksikan peluncuran produk baru berupa Zenfone 2 Deluxe, Zenfone 2 Laser, Zenfone Max, dan Zenfone Selfie. Gadget-gadget baru yang handal di masing-masing kelas.

Asus sepertinya tau benar problematika yang dihadapi oleh seorang emak blogger seperti diriku ini. Yang selalu ingin menyertakan foto bagus dan berkualitas tinggi di setiap postingan blog. Kepengin punya foto bagus tapi tak perlu repot putar-putar berbagai tombol pengatur kamera.

Mr. Jerry Shen, ASUS CEO, hadir di panggung kehormatan sebagai orang pertama yang menyambut dengan hangat para tamu undangan Zenfestival 2015. Beliau menyampaikan bahwa dari sekitar 13 juta  unit Zenfone yang terjual di Asia Tenggara sejak tahun 2014, Indonesia memiliki pengaruh yang cukup signifikan. Indonesia menyumbang penjualan lebih dari 5 juta unit Zenfone. Bahkan di Indonesia, Asus Zenfone merupakan 'Top Two Brand in Smartphone Market Share'. Keren kaaann....


Pemaparan secara detail dilakukan oleh para petinggi ASUS, mulai dari Mr. Jerry Shen yang membahas dengan seksama Zenfone 2 Deluxe, dilanjutkan oleh ASUS Vice Presiden Mr. Bryan Chang yang mengupas tuntas Zenfone 2 Laser. Masih disusul oleh Mr. Alvin Chou, ASUS Associate Vice President yang menyampaikan berbagai teknologi andalan Zenfone Max. Hadir pula ASUS Design Center Director Mr. Daniel Alenquer yang mengulik Zenfone Selfie.

Saat Mr. Bryan Chang asyik menjelaskan tentang Zenfone 2 Laser, hatiku sudah mulai kebat-kebit, sibuk sekali berkata pada diri sendiri : kayaknya ini deh soulmate ngeblog yang kucari-cari :)

Gimana nggak akan terpikat kalau ASUS menghadirkan teknologi fotografi pada kamera melalui yang satu ini :

modifikasi foto dari sumber : Asus Indonesia

Dengan teknologi laser auto-focus, gambar yang dihasilkan menjadi jernih luar biasa. Laser di smartphone ini mampu mengukur jarak bidikan dalam kecepatan cahaya. Focusingnya cuma 0,03 detik lhoooo.... mantep bener.

Untuk menguji kemantapan dalam mencari gadget anti baper, berburulah aku di Demo Zone. ASUS mempersilakan semua peserta Zenfestival untuk mencoba smartphone yang tadi diperkenalkan. Tak mau kehilangan moment dong, aku pun mencoba semua Zenfone tersebut. Peserta lain pun ternyata tak kalah semangatnya denganku.



Dari mencoba Zenfone 2 Laser secara langsung, bener-bener baru percaya deh kalau piranti canggih ini memiliki kelebihan sebagai berikut :
  1. Pengguna bebas memilih mana Zenfone 2 Laser idamannya, mau yang berlayar 5 / 5,5 / 6 inci silakan sesuaikan dengan selera saja.
  2. Desain premium yang dihadirkan oleh Zenfone 2 Laser ini bisa kita miliki dengan budget yang terjangkau bagi pengguna yang memiliki anggaran terbatas. 
  3. Fitur Laser Auto-Focus membuat pengambilan fokus gambar lebih cepat dan presisi. Kita tak perlu lagi takut kehilangan moment berharga yang ingin kita abadikan.
  4. ASUS PixelMaster Camera membuat Zenfone 2 Laser mampu menangkap gambar dan video hingga 400% lebih terang saat cahaya minim.
  5. Prosesor Qualcomm Snapdragon menciptakan keseimbangan antara performa multimedia dengan efisiensi energi.
  6. Permukaan smartphone telah dilindungi oleh lapisan anti gores terbaru Corning Gorilla Glass 4. Daya tahan saat terjatuh 2 kali lebih baik dibandingkan versi sebelumnya, mereduksi kemungkinan layar pecah hingga 85%, dan 2.5 kali lebih kuat dibandingkan dengan versi Gorilla Glass 3.
  7. Dibenamkannya Bluelight Filter membuat para penikmat video streaming tidak lekas lelah saat melihat ke layar terus menerus dalam waktu yang lama.
  8. Kamera depan juga disediakan dengan resolusi yang cukup tinggi yaitu 5MP dengan aperture f/2.0. Selain beresolusi tinggi, kamera depan ini juga mendukung autofocus yang baik. Bahkan bagi penikmat selfie bisa berasyik ria dengan kamera depan yang memiliki sudut yang lega hingga 85 derajat. Obyek yang bisa ditangkap saat berfoto menjadi lebih banyak. Mantep tep teepp.... deh pokoknya :)
Asyik sendiri di Demo Zone Zenfestival 2015 - courtesy : Bai RUindra

Beneran nih... yakin dengan Zenfone 2 Laser?

Yup... kalau sudah ada smartphone yang sekaligus bisa menyelamatkan moment-moment berhargaku, kenapa kudu repot lagi baper saat potrat potret. Bukannya mengambil gambar kini semudah menyentuh lapisan Corning Gorilla Glass 4 di Zenfone 2 Laser?

Goodbye baper...  Kini sudah ada teknologi canggih laser auto-focus yang bisa menjadi teman setiaku dalam pengambilan gambar untuk mempercantik postingan blogku. Tinggal bidik saja target foto yang dituju, langsung unggah dong via Zenfone 2 Laser yang juga mumpuni jaringan 4G nya untuk mengakses blog. Ngeblog dan motret kini bisa jadi satu paket.

I do hope this lovely Zenfone 2 Laser will come to me... cross my fingers for that.

Zenfone 2 Laser
See What Others Can't See

53 comments:

  1. Iya nih, bener banget. Kalau hasil foto gak sesuai keinginan jadi bikin baper. Kan kalau di upload jadi gak maksimal. Moga dapat yaaaa Zenfonenya, nnt kita selfi2 bareng :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin...semoga jurinya baik hati ya Pi ngasih Zenfone 2 Laser atau notebook ke aku. Kudu pake tag #melas atau nggak nih? ;)

      Delete
  2. Sekarang smartphone udah canggih-canggih ya, apalagi brand2china yang ngasih spek tinggi tapi harga lebih murah dari brand yang udah terkenal.
    Keren juga ada laser auto focusnya, ngambil foto gak ngeblur-ngeblur lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kelebihan utamanya memang di laser auto-focusnya, bikin termehek2 pengin punya smartphone keren ini nih ;)

      Delete
  3. Aku juga sering mengalami hal serupa, padahal udah mencet tombolnya pas dan kamera nggak goyang masih aja kabur hasilnya. Moga kita semua dapat zenfonenya ya Mbak, aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin...iya nih Ihwan, berasa baper banget kan ya klo hasil foto kita malah kabur hasilnya. Mau banget punya Zenfone 2 Laser nih.

      Delete
  4. Aku ngakak sek deh deleng ekspresimu :p

    Tapi beneran loh sekarang ngerasa kalau pakek henpon lebih multifungsi. ASUS cucoklah dimiliki. Ngileeeeeeerrrr. Pinjeeem dooonkkk henponnyah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Taro, bawa smartphone kemana2 kayaknya udah memenuhi syarat ya. Bisa motret dan ngeblog langsung saat itu juga.

      Delete
  5. keren, kalau punya yang ini kemana-mana cuma bawa HP aja, kagak perlu repot=repot bawa yang lain hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget Sandi, jadi lebih praktis kan yaaaa

      Delete
  6. iiihhh keren nih bunda Zenfone lase 2 nya
    jadi baper lho, pengen Asus :3

    ReplyDelete
  7. Hiks...pengeeenn.... *pengen ketawa liat foto yg paling atas... wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaa...yg atas itu iklan berbayar lho mba :))

      Delete
  8. Eh hasilnya malah kayak orang kliyengan yak, hihiii

    Keren deh ASUS, ngundang blogger segitu banyaknya dikumpulin jadi satu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba, ASUS top banget loh ngundang segitu banyak orang.

      Delete
  9. wkwkwkwkwk, tp ide tulisannya unik, good luck ya mak

    ReplyDelete
  10. Waduh, kereeen banget mbak.
    Ngumpulin duit dulu ah

    ReplyDelete
  11. Iya bener Uniek...kelemahan kamera dslr itu gede banget jadi gak asyik kalo ditenteng kemana mana.. makanya kalo ada hape yg bisa gantiin fungai dslr itu..sesuatu banget ya buat blogger spt dirimu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, doain aja ya beruntung kebagian Zenfone 2 Laser ini aamiin....

      Delete
  12. jadi pengen punya asus zenfone ini mbak...hape yg bener2 sempurna...

    ReplyDelete
  13. Foto jadi blur gitu karena settingan speednya terlalu lambat mbakyu. Kalau dibawah 1/100 sec suka gitu kalau obyeknya goyang dumai.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya aku kan ga bisa motret mba, biar dikasih teori apapun tetep aja ga bisa hihihii... makanya butuh smartphone yg bisa bantu aku buat motret dg gampang dan pasti bagus hasilnya

      Delete
  14. Mbak Uniek, yakin lah pasti Asus Zenfone 2 laser oke banget gambarnya, jadi kepingin ganti hape, aaamiiin

    ReplyDelete
  15. juaraaaaa..foto2nya bikin aku ngikik sejenak :)
    tapi emang iya seh... kalau foto jelek itu berasa banget buat disimpen kenang2an :"(
    pengen nyobain asus zenfone ini ahh..belum pernah pegang asus

    ReplyDelete
  16. Mbak.. ASUS Zenfone 2 Laser ini ada kayaknya dalam promosi Matrix Plan, hehe tapi sama apa nggak dengan yang dimaksud kayaknya aku juga baper deh HaHaHaHa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hindari baper dengan Zenfone 2 Laser *ngiklan banget yak hahahahaa

      Delete
  17. Produk ASUS memang bandel, mak. Aku nih Zenfone4 segitu udah layarnya pecah dibanting2 anak-anak, plus kesiram berkali-kali. Masih aja jagoan. Pengen ganti sama hempon ini atuhlaaaaah. Pengen potrat potret yang cakeuuup. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yg ini udah pake pelindung anti gores Gorilla Glass 4 mak, waktu di Demo Zone malah dicoba dijadiin talenan buat ngiris2 sayur gak pa2

      Delete
  18. Tidaaaaaaakkkkk....Judulnya jadi bikin baper juga wkkwwk....Pengen yang laser ini juga aku mba... *maruk* XD

    ReplyDelete
  19. Aku masih cinta sama pocket kamera, tapi kalu dikasih zenone kece ini, ya... nggak nolak, hehehe

    ReplyDelete
  20. Bagus fotonya
    Komplit ulasannya
    Salam sayang dari Jombang

    ReplyDelete
  21. Duhhhh jadi ngiler pinginnn zenfone 2 laser...
    Postinganmu yang membuatku baper.... BerasA Pengen zenfone 2 lasER.

    ReplyDelete
  22. Kalau motret pakai ponsel juga bisa secepat kilat dianggap ke fb. Biar kekinian. Hihu

    ReplyDelete
  23. Selamat ya mbak... hadiah zenfonenya nyangkut jg jadi pemenang... ☺

    ReplyDelete
  24. Selamat ya mbak... hadiah zenfonenya nyangkut jg jadi pemenang... ☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Fania, selamat juga untukmu ya :*

      Delete
  25. Jadi pake yg seri brp ni? Aku jg pake asus zenfone 2 laser yg 5,5 inch. Mmg mntap utk para blogger. Membantu bgt jg klw post tulisan, krn lyr 5,5 inch gk bikin skit mata. Tp aq beli sndri, gk dpt hadiah atau ikutan event. hihihi

    ReplyDelete
  26. Jadi pake yg seri brp ni? Aku jg pake asus zenfone 2 laser yg 5,5 inch. Mmg mntap utk para blogger. Membantu bgt jg klw post tulisan, krn lyr 5,5 inch gk bikin skit mata. Tp aq beli sndri, gk dpt hadiah atau ikutan event. hihihi

    ReplyDelete