Featured Post

#UsiaCantik dan Mengapresiasi Diri Sendiri

Bu, sekarang umur Ibu sudah berapa?   Pernah sesekali waktu anak keduaku nanyain umur model petugas sensus begitu. Iya sih, jawabnya me...

06 January 2016

Mengapa Ngeblog Menjadi Aktivitas yang Populer?


Udah baca blog Mba A belum? Di sana ada info bagus seputar kesehatan loh?

Eh eeehh... pernah mampir ke blog Neng X, gilak desainnya gahol bingiiittt...
Enak nih kalau lagi stress, buka aja blog milik Mba Uniek, dijamin tambah stress... *yang ini iklan berbayar pada diri sendiri yak, mohon maklum ;)

Pernah nggak sih dalam pergaulan kekinian yang dimana-mana sudah seperti wajib 'melek gadget', teman-teman blogger mengalami bincang-bincang antar sesama seputar dunia blogging seperti contoh di atas? Pastinya pernah dong yaaaa... sesama blogger kan hobi bertandang ke rumah maya satu sama lain. Wacana soal blog si A, B, C dan lain-lain tentunya tak mudah lekang dari ingatan begitu saja. 

Apa saja sih sebenarnya yang perlu ditulis dalam blog?

Sebelum membahas soal content (yang sepertinya berat banget untuk dibahas oleh seorang blogger tleser macam pemilik blog ini), tau nggak sih teman apa itu ngeblog? Jangan-jangan udah ngalor ngidul bahasannya eeehhh ternyata ada yang belum familiar nih dengan blog.

Dari situs homebusiness.about.com nemu ini nih :

Blogging is the act of posting content on a blog (a web log or online journal) or posting comments on someone else's blog

Dunia blogging memang tidak bisa lepas dari penerbitan artikel di weblog milik kita sendiri maupun aktivitas kita bertandang ke weblog milik orang lain. Weblog -lebih populer disebut dengan BLOG- merupakan bentuk aplikasi web yang berisi tulisan-tulisan yang biasanya dimuat dengan urutan terbalik, postingan yang terbaru berada di awal halaman.

Blogging atau ngeblog kian lama kian populer karena menyajikan tulisan yang dilengkapi dengan fasilitas interaktif di kolom komen. Selain itu, artikel yang terkandung di dalamnya bisa mendukung pencarian terhadap objek atau subjek tertentu di search engine. Apa saja yang ingin kita tulis bisa saja nangkring di halaman pencariannya bila kata kuncinya tepat. Kalau soal 'nangkring' ini lebih baik berkonsultasi dengan pakar SEO (Search Engine Optimation) saja ya, soalnya penulis artikel ini lebih hobi nangkring di dipan :)

Kemudahan piranti online pun kian mendukung kepopuleran blog. Aneka ragam gadget terkini bisa dengan mudah mengakses blog. Untuk mencari topik tertentu tinggal ketikkan saja kata kuncinya di search engine, maka berbagai artikel yang terunggah di dunia maya bakalan bisa kita temukan. Aktivitas bergelut dengan informasi di dunia maya ini memang semakin mudah. Tanpa perlu beranjak, asalkan kuota internet masih cukup, maka kita bisa asyik berseluncur menemukan aneka informasi menarik sesuai minat.

Di situlah akhirnya ngeblog pun makin menjadi aktivitas yang populer. Para blogger (orang yang melakukan aktivitas ngeblog) yang rajin meng-update postingannya memiliki kesempatan besar untuk dikunjungi orang bila menyajikan informasi menarik di blognya. Tak hanya berita terkini, trend fashion terbaru, pernak-pernik crafting maupun sekedar curcolan berbau politik pun bisa menarik perhatian pembaca loh.

Apa saja sih yang bisa ditulis dalam blog? Banyaaaakkk.... Blog merupakan media untuk menulis, menampilkan gambar, maupun menyajikan karya audio visual yang editornya adalah pemilik blog itu sendiri. Apapun yang terlintas di pikiran dan ingin dibagikan, ya tinggal unggah saja di blog. Bahkan pada tataran tertentu, blog seseorang sudah berada di daftar kunjung blogger lain. Jadi setiap kali ada postingan terbaru, blogger tersebut bisa langsung capcus membacanya dan berkomen ria dalam situasi diskusi yang hangat. Kehangatan diskusi interaktif yang hampir tidak dimiliki oleh media satu arah lainnya.

Teman-teman tertarik untuk sharing informasi melalui blog? Ngeblog sekarang kian populer loh, semua orang bisa melakukannya. Tak harus memiliki komputer ataupun laptop, via smartphone saja sudah bisa.

Tulis, tulis, dan terus tulis yuuukk... sedikit informasi yang kita sampaikan melalui blog siapa tau bermanfaat bagi orang lain.


3 comments:

  1. Ngeblog itu penting banget deh buatku secara nggak banyak teman ngobrol, jadi bisa mencurahkan pikiran. Sementara aku males gabung2 di group chat, bising.

    ReplyDelete
  2. Blog mrpkn aktivitas soc-med yang palg aku sukai. Kalo gak posting tulisan, aku bs baca tulisan orang lain yang gak sekedar update status singkat n cenderung galau, tapi lebih banyak inspiratif. Memang benar, aktivitas blogging, daya tariknya di memposting tulisan dan blogwalking. :)

    ReplyDelete
  3. Makasih sharenya mbak. lagi blogwalking. salam kenal.

    ReplyDelete