02 August 2019

Hindari Makan Serat Berlebih

Sudah cukup seratkah hari ini, teman-teman semuanya?

Makanan berserat sangat dianjurkan untuk menjaga tubuh tetap sehat, mengurangi risiko berbagai penyakit, dan menjaga tubuh tetap ramping bagi para kaum hawa. Serat berasal dari berbagai jenis makanan seperti jagung, kacang-kacangan, alpukat, brokoli, dan masih banyak makanan berserat lainnya.





Tapi, mengonsumsi serat berlebihan ternyata juga memberikan efek yang berbahaya bagi tubuh. Mengonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi memang memiliki banyak manfaat, seperti menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes, kanker usus besar dan payudara.

Para ahli menyarankan, orang dewasa rata-rata membutuhkan sekitar 25 gram untuk perempuan sampai dengan 30 gram untuk laki-laki dan sekitar 20 gram untuk anak-anak. Namun bila kita mengonsumsi serat hingga lebih dari 45 gram per hari, maka serat tubuh tersebut justru bisa berakibat buruk bagi tubuh kita sendiri. 

Mengonsumsi serat yang berlebih bisa berbahaya bagi tubuh. Berbagai penyakit bisa muncul jika kita kelebihan mengonsumsi serat, salah satunya seperti sembelit. Sebenarnya jika orang memakan serat dengan jumlah yang cukup dan sesuai, maka serat bisa membesihkan perut dan kotoran di usus bisa menjadi lebih lunak.

Tapi jika kita mengonsumsi serat lebih dari kebutuhan tubuh, serat justru dapat membuat sembelit atau susah buang air besar. Selain itu, memakan serat berlebih bagi wanita dapat menyebabkan susah hamil. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi serat yang terlalu banyak bisa menurunkan kadar estrogen dan beberapa hormon reproduksi lainnya seperti progesteron, hormon luteinizing, dan follicle-stimulating hormone. 

Serat memang sangat bermanfaat bagi tubuh kita, tapi harus diingat bahwa sesuatu yang berlebihan tentunya akan membawa efek yang buruk. Jadi, sebaiknya perhatikan pola makan dan makanlah sesuai kebutuhan tubuh.




Setelah makan cobalah minum air alkali. Manfaat air alkali yang sangat banyak dapat menjadi pertimbangan kita untuk rajin meminumnya. Ketika mengonsumsi banyak serat maka semua kotoran akan keluar. Namun hal yang paling penting untuk kita perhatikan adalah bahwa sebenarnya usus besar tidak bisa benar-benar bersih. Selalu ada sisa yang terus menumpuk dalam waktu yang lama.

Nah, air alkali yang bersifat basa membantu mengeluarkan semua kotoran yang tersisa di usus besar kita. Jadi, tunggu apalagi, mulailah hidup sehat dengan air mineral, terutama air alkali agar sistem pencernaan kita tetap terjaga.

78 comments:

  1. Nah, ini aku juga mau mulai, mbaaa
    Gaya hidup sehat itu emang kudu BALANCE ya, bukan yg OVER serat gitu
    makasiiii remindernya
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  2. Pristine ini air alkali favorit saya sejak beberapa tahun lalu. Kalau pencernaan lagi bermasalah, udah stok aja Pristine. Untuk sementara waktu konsumsi air putihnya pakai Pristine. Bikin perut jadi nyaman lagi, deh

    ReplyDelete
  3. Segala sesuatu yg berlebih memang bisa berakibat tidak baik ya, Dik.. TFS jadi lebih tahu ttg hal ini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku sdh coba Pristine juga nih.. Dan ternyata memang beda ya.. Jempool..

      Delete
  4. Aku mengakui kurang mengkonsumsi serat, eeaaa...
    Cuma suka kuseimbangin minum air alkali,kalo lagi membutuhkan, kebeneran ku kaya onta minumnya banyak, suka nyetok di bagasi motor.
    Kalo kehausan dijalan tinggal leg..leg.leg..

    ReplyDelete
  5. Apapun yang berlebihan memang nggak baik ya. Aku baru tau kalo kelebihan serat bisa menyebabkan sembelit, kirain malah sebaliknya jadi diare :)
    Pristine ini suamiku suka beli, ternyata bagus ya agar sistem pencernaan tetap terjaga.

    ReplyDelete
  6. Betul banget mba, apapun itu, kalau berlebihan pasti jadi buruk.
    Jadi ingat saya abis makan sayur sepiring gede sendirian, semoga nggak kelebihan serat.

    eh tapi sayurnya sepiring, masih ketambahan piring lainnya sih isi bukan sayur hahahahaha

    Pristine ini jadi favorit keluarga pak su saya, lebih sehat katanya :)

    ReplyDelete
  7. Air alokasi ini bagus ya mbk, manfaatnya buat tubuh luar biasa. Aku selalu usahaun makan banyak serat, nggak banyak banget, secukupnya gitu.

    ReplyDelete
  8. Aku slalu upayakan konsumsi minum air alkali mba. Memang bgaus buat tubuh juga :)

    ReplyDelete
  9. Iya banget deh, kebanyakan makan makanan berserat malah bikin sembelit. Aku sering begini. Bisa ya diimbangi dengan minum Pristine ini

    ReplyDelete
  10. aku jadi mau semangat lagi buat makan makanan sehat, tapi setuju banget sih ngga boleh berlebihaan

    ReplyDelete
  11. pantesan rasa air mineral Pristine ini beda ternyata ada kandungan alkali-nya ya. Memang sih porsi makan antara karbo,serat dan protein kudu seimbang.

    ReplyDelete
  12. Aku suka Pristine. Seger. Botolnya juga suka karena slim, mudah diselipin di saku luar tas

    ReplyDelete
  13. Intinya sesuatu yang berlebihan jatuhnya akan tidak baik, makan serat terlalu banyak apalagi untuk kapasitas orang dewasa pun tidak baik kalau dipaksakan ya

    ReplyDelete
  14. Baru tahu hiks.....ternyata kelebihan serat juga bermasalah pada kesehatan. Harus seimbang dan secukupnya konsumsi serat ya mbak. Waah ternyata pristine bagus ya mbak, kupikir air mineral biasa....jadi pengen konsumsi air mineral pristine....TFS mbak.

    ReplyDelete
  15. MAkan serat itu penting tapi ternyata gak boleh berliebihan juga ya mbak. Apapun yang berlebihan memang gak baik ya seharusnya secukupnya.

    ReplyDelete
  16. ini bener banget Mba Uniek, soalnya aku suka diare kalau makan serat berlebih kadang mulesnya sampai melilit. Btw aku baru tau kalau pristine ini air alkali aku pikir air mineral biasa aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kirian kalau makan serat berlebih bagus ternyata malah mules ya mbak hihih. Minum pristine bisa mengatasinya ya soalnya isinya air alkali

      Delete
  17. Pantesan mbak, suka makan sayur jadi susah BAB, padahal kirain banyak serat bisa menyerap banyak hal ternyata ada resikonya juga sembelit. Aku udaj pernah minum Pristine dan baru tahu kegunaannya.

    ReplyDelete
  18. Ternyata mengonsumsi seraa yang berlebihan juga nggak baik ya Mbak. Ya intinya apa-apa yang berlebihan pasti ada efek negatifnya. Jadi memang harus dikonsumsi secukupnya saja. Btw boleh juga rekomendasinya untuk minum air yang bermanfaat seperti air alkali ini.

    ReplyDelete
  19. Pristine ini bagus buat tubuh dan buat kecantikan lho, kalau saudaraku isi nano spraynya pakai Pristine ini katanya kulit muka jadi lebih segar.

    ReplyDelete
  20. Baru tau nih kalau serat berlebih ga bagus buat hormon progesteron nya .jd menurun n susah hamil...

    ReplyDelete
  21. Baru tau kalau kelebihan serat malah bikin sembelit. Tapi emang sih ya apapun yang berlebihan itu emang ga baik~

    ReplyDelete
  22. Pastinya sesuatu yang berlebihan itu nggak baik
    Makanya tubuh juga butuh keseimbangan dari segala yang masuk ke dalamnya
    Air alkali juga salah satu metode sehat untuk diterapkan

    ReplyDelete
  23. Aku baru tahu lho kalo kebanyakan serat justru ngga bagus bagi kesehatan kita, salah satunya sulit BAB ya huhu.. konsumsi air putih sesuai dengan kebutuhan harian itu memang penting ya.. selain bagus untuk kesehatan kulit tubuh juga untuk kesehatan pencernaan

    ReplyDelete
  24. Wah ternyata enggak baik juga ya banyak makan makanan yang berserat juga. harus diimbangi dengan minum air yang mengandung alkali ya, jadi seimbang deh.

    ReplyDelete
  25. Waduh baru tau aku ternyata kelebihan mengkonsumsi makanan berserat bisa mengakibatkan sembelit dan susah hamil. Tfs yo Mbaa

    ReplyDelete
  26. oh kebanyakan serat bisa berpengaruh ke hormon ya? emang segalanya kudu seimbang. Ga berlebihan di satu sisi.

    ReplyDelete
  27. Yup emang kalo kebanyakan malah bikin susah pup mba. Apalagi kalo di bayi, ga boleh kebanyakan jugaa. Dan kudu diimbangin dengan minum air putih yg cukup.

    ReplyDelete
  28. Suami aku nih mba, Pristine banget. Kalau kemana-mana pasti stok Pristine di mobil. Iya perlu banget ya kita sebisa mungkin jangan terlalu banyak makan makanan yg berserat

    ReplyDelete
  29. Iya bener banget bagaimanapun juga emang tubuh kita ini butuh air... Dan air putih ini harus minimal 1.5liter sehari sesuai kebutuhan kita

    ReplyDelete
  30. Sejak umur 40 tahun lebih, aku tuh berusaha memenuhi makanan berserat sama rutin minum air putih 2 liter sehari. Termasuk minum Prestine, saat ku merasa kekurangan energi :)

    ReplyDelete
  31. Ak jg berasa banget kalo habis berlebihan makan serat, jadi nya mudah sembelit. Dan skrg bersyukur bisa d imbangi dengan minum air Alkali Pristine ini

    ReplyDelete
  32. Tubuh kita butuh serat tapi tidak boleh berlebih juga ya, aku suka minum air Pristine ini juga

    ReplyDelete
  33. Seimbang 4 sehat 5 sempurna ya, termasuk buah sayur berserat tinggi. Kelebihan dan kekurangan sama gak baiknya. Aku juga suka minum air alkali pristine ini, terutama saat hamil gini.

    ReplyDelete
  34. Aku selalu kurang serat cuma harus ya biar fit terus. Btw aku baru tau soal air alkali ternyata banyak manfaat juga ya coba ah

    ReplyDelete
  35. emang sesuatu yang berlebihan itu jadinya malahan kurang baik yah kak, harus bisa menyeimbangkan.. aku juga pengen hidup sehat, mungkin bisa mulai minum Pristine juga niih

    ReplyDelete
  36. oh ternyata kalau terlalu banyak itu bisa sembelit yah, baru tau dong akuuu . dikirain kalau misal sembelit itu ya tandanya kurang makanan berserat

    ReplyDelete
  37. Sebenernya aku masih agak gambling loh mbak sama air alkali itu, itu tuh sebenernya air apa ya, kok bisa ngebantu bersihin usus *terus aku puyeng sendiri haha. Tapi kayaknya beberapa hari sekali memang harus direfresh pake prestine ini ya buat tetep jaga badan sehat

    ReplyDelete
  38. Air mineral termasuk yang paling dibutuhkan tubuh memang bener mba
    kadang aku kalo kekurangan air tuh lemes. Kata mas Hadi prestine emang beda rasanya dengan mineral lain

    ReplyDelete
  39. Serius mba, aku tuh suka skip minum air putih, huhuhu

    Tapi bismillah skrg mulai dirubah kebiasannya. Btw, pristine ini juga bagus lho dijadiin facemist. Jadi tinggal dimasukan ke botol smprot gitu, beberapa beauty blogger yang aku kenal nerapin ini mba.

    ReplyDelete
  40. Wah..jadi mengingat-ingat makanan seratku berlebih gak ya..heheh...Kesimpulannya...kita perlu minum Pristine nih...

    ReplyDelete
  41. Wah bisa kelebihan serat juga dan jadi sembelit ya, ternyata solusinya air alkali, jadi pengen coba ni airnya...

    ReplyDelete
  42. Aku baru tau loh mak Uniek, kalau konsumsi serat yang terlalu banyak bisa menurunkan kadar estrogen dan beberapa hormon reproduksi lainnya seperti progesteron, hormon luteinizing, dan follicle-stimulating hormone.

    Selama ini mikirnya semakin banyak serat semakin baik untuk pencernaan.

    ReplyDelete
  43. Wah ternyata serat kebanyakan juga ga baik to. Baru tau. Emang semuanya harus ada takarannya yaa..

    ReplyDelete
  44. Udah lamaaa penasaran dengan air alkali dan sampai sekarang kok ya belum nyoba juga. Baca tulisan Mba Uniek jadi inget lagi deh. Otewe nyari ah nanti, pengen juga ngerasain banyak manfaatnya :).

    ReplyDelete
  45. Eh ini minuman pilihan kalo lagi traveling, mbak. Rasanya bisa beda itu ternyata ada kandungan alkaline nya ya. Makanan berserat memang nggak boleh kebanyakan ya, yang sedang sedang aja deh

    ReplyDelete
  46. Berlebihan mengkonsumsi serat bikin sembelit? Woo, baru tau nih. Ku pikir karena kekurangan serat. Emang gak baik ya kalo berlebihan tuh..

    ReplyDelete
  47. Berlebihan mengkonsumsi serat bikin sembelit? Woo, baru tau nih. Ku pikir karena kekurangan serat. Emang gak baik ya kalo berlebihan tuh..

    ReplyDelete
  48. Aku suka banget minum Pristine, selain kandungannya yang baik buat tubuh, botolnya juga keren

    ReplyDelete
  49. Segala sesuatu kalau berlebih memang ga bagus ya. Semua harus sesuai dengab porsinya. Btw untuk air alkali, memang benar banyak manfaatnya. Temanku rajin minum air alkali keluhan asam lambungnya hilang.

    ReplyDelete
  50. Lah, kebanyakan serat bisa menyebabkan susah hamil juga, ya. Kok ya medeni banget, ya. Benarlah kalau sesuatu yang berlebihan itu memang tidak baik.

    Aku di rumah juga nyetok air akali juga, Mbak. Memang bermanfaat banget, selain bisa mengatasi tumoukan sampah di dalam usus, minum air alkali bikin daya tahan tubuh lebih bagus. Itu yang kurasakan dan tentunya didukung dengan pola makan dan hidup yang sehat.

    ReplyDelete
  51. Memang apa-apa yang berlebihan itu kurang baik, ya. pantesan sih kalau bayi dikasih makanan berserat malah bikin sembelit karena kebutuhan seratnya lebih sedikit dibanding orang dewasa.
    Aku juga pernah niteni kalau makan sayur tertentu pasti sembelit, jadinya kalau bumerku masak sayur itu aku cuma makan sama kuahnya :D mungkin itu ya, karena seratnya kebanyakan.

    Bismillah.... semoga konsisten minum air putih yang cukup, dan pengen nyoba minum Pristine ;)

    ReplyDelete
  52. Apa-apa itu memang harus selalu seimbang ya mbak ya. Jangan kedikitan dan jangan kebanyakan. Setuju sih aku.

    ReplyDelete
  53. Baru tahu aku mba. Tak pikir klo banyak serat itu trus BAB lancar..ternyata klo over jadinya malah sembelit. Jadi intinya memang apa2 itu, mesti berimbang ya mba..

    ReplyDelete
  54. Banyak yang kasih testi ni soal pristine, ternyata khasiatnya bagus juga ya kita juga jadi rajin minum air putih..

    ReplyDelete
  55. Kalau anjuran minum air alkali ini berapa liter mbak per harinya? Terus ada anjuran diminum pagi hari bangun tidur atau malam hari. Pengen mulai rutin minum, tapi harganya lumayan ya. Jadi mau diselengi air putih biasa.

    ReplyDelete
  56. Masak sih? Kan biasanya vegetarian dan yang mau diet makannya sayur buah terus. Ternyata nggak boleh juga ya, bisa jadi penyakit juga. Memang yang berlebihan dilarang, bagusnya seimbang. Kereen artikelnya.

    ReplyDelete
  57. ini minumanku di rumah mba..memang air dengan pH tinggi sangat membantu menjaga kesehatan kita. AKu minum juga yang pH 9.5. Untuk makanan berserat, harus seimbang juga

    ReplyDelete
  58. Mulai membiasakan diri untuk minum air mineral dengan teratur dan minimal 1L sehari.
    Apalagi kalau perjalanan, butuh banget Pristine untuk memulihkan pencernaan yang kerja terus tapi kurang gerak, hhehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kurang atau berlebihan serat, ternyata gak baik yaa..
      **manggut-manggut

      Minum Pristine sebagai penyeimbangnya...

      Delete
  59. Intinya, mesti makan secukupnya ya mbak, nggak boleh kelebihan. Tapu ya kalo terlalu banyak serat, ntar jadinya lolothen mbak.

    ReplyDelete
  60. Baru tau aku mbak klo makan serat berlebih mlah bkin sembelit fan susah hamil, ah untung aq bdrtahub2 rajin minum pristine 😍

    ReplyDelete
  61. Aku baru tahu loh mbak soal kelebihan serat gini. Kudu banyakin air putih ya biar sehat. PR banget buat aku nambahin minum air putih

    ReplyDelete
  62. Kalau saya malah kurang serat sih Mbak. Kayaknya nggak sampai deh 25 gram sehari. Mau membiasakan dulu nih, kadang suka lupa.

    ReplyDelete
  63. Baru tahu saya kalau kebanyakan serat malah berbahaya
    Dan air putih ini nih seringnya lewat kecuali kalau dingin, pasti udah berkali-kali minumnya

    ReplyDelete
  64. Iya sih apa2 yang berlebihan emang gak bagus ya mbak. Serat baik tapi kalau kebanyakan ya kurang bagus, moso ngunyah serat tok. Minum air putih jg melancarka pencernaan. Yg penting sesuai kebutuhan tubuh ya konsumsinya.

    ReplyDelete
  65. Ohhh ternyata gtu ya. Ya bener juga sih. semua harus pas porsinya baru hasilnya bisa maksimal. Kekurangan serat nggak bagus, tapi kebanyakan juga nggak baik ya

    ReplyDelete
  66. Pristine ini menyegarkan dan menyehatkan, bisa untuk detoksifikasi tubuh. Yang ku suka karena packagingnya langsing, gampang masuk tas.

    ReplyDelete
  67. Aku baru tahu bahaya banyak makan serat secara berlebihan jadi susah punya anak. Tadinya sempat bingung, makan harus berserat agat mudah BAB, terus dokter bilang jangan berlebihan bisa sembelit. Memang ya, yang berlebihan tidak bagus

    ReplyDelete
  68. Wah gitu ya baru tahu Mbk, terlalu banyak makan berserat enggak bagus ya. Btw, kata teman minum pakai kendi bagus juga. Aku belum nyobain sih.

    ReplyDelete
  69. memang musti seimbang sih soal asupan buat tubuh baik serat maupun karbo atau protein dan minum air mineral yang cukup termasuk yang mengandung air alkali.

    ReplyDelete
  70. Aku tuh selalu konsumsi air mineral sehari 8 gelas tetapi kalo makan skg lagi mengurangi kalo kebanyakan makan apalagi nasinya lbh banyak kurang bagus

    ReplyDelete
  71. Kemaren pas belanja bulanan aku akhirnya coba beli lo pristine. Sebeluknya kupikir sama aja ky air mineral pada umumnya. Ternyata yg ini ada kandungan alkali nya ya.

    ReplyDelete
  72. Aku sering minum Pristin ini mb Uniek. Sayangnya ga ada yg bentuk galon gitu ya.

    ReplyDelete
  73. Wah, ternyata yang serba berlebihan memang nggak baik buat tubuh ya.
    Untung ada produk seperti Pristin.
    Yang sembelit pun jadi cepet tuntas tas taaasss ..

    ReplyDelete
  74. selain makanan harus tinggi serat, minum susu yang tinggi akan kalsium namun rendah lemak juga sangat penting untuk tulang dan tubuh kita Susu Rendah Lemak Tinggi Kalsium

    ReplyDelete
  75. Kalau pergi jauh biasanya saya beli pristine jaga jaga kalau aus, dan saya baru tahu kelebihan serat tidak baik buat tubuh

    ReplyDelete