23 July 2019

Bijak Memilih Kredit Tanpa Agunan Online


Beberapa orang temanku yang sedang merintis usaha terkadang mengeluhkan tentang sulitnya mendapatkan suntikan dana dari bank. Berbagai prosedur rumit harus mereka lalui dan end up dengan tidak lolos verifikasi dan sebagainya. Mungkin mereka belum tau kali ya tentang KTA Online.

Apa itu KTA Online?


Makin berkembangnya teknologi dan makin tingginya demand masyarakat akan kecanggihan finansial, tak ayal lagi segala kemudahan dalam beraktivitas menjadi tujuan utama. Tak terkecuali dalam hal mencari pinjaman.

Banyak usaha kecil bermunculan, salah satunya ya seperti temanku tadi. Katanya sih udah enggak pengin jadi karyawan lagi. Penginnya sih jadi pengusaha meskipun kecil-kecilan. Ah, salut banget deh aku padanya. Kapan ya aku bisa nyusul gitu jadi wirausahawan? *malah curcol

Apa saja sih jenis usaha kecil yang bisa dikerjakan dari rumah dan potensial untuk dijadikan pendapatan banyak orang? Usaha rumahan kan kini udah banyak ya yang bisa menembus pasar internasional.

Jika teman-teman mencari data para pengusaha rumahan yang sudah tembus ke pasar internasional, di berbagai web ada banyak contohnya. Ada yang pengusaha jenang, keset kartun (untuk lap kaki), kerajinan tas berbahan enceng gondok, pengrajin batik, dan banyak lagi lainnya.

Bagi yang tidak bisa bekerja di sektor formal alias jadi karyawan kantoran, ide bisnis ada di mana saja. Tinggal kitanya saja yang harus jeli menangkap peluang dan menuangkan ide-ide kreatif agar bisa bersaing di pasaran.

Balik lagi ke soal modal ya, terkadang para pengusaha kecil ini kebingungan bagaimana menyuntikkan dana yang lebih besar untuk usahanya. Masak mau jual rumah nih? Atau gadaikan harta benda?

Saat ini ada pinjaman yang bernama Kredit Tanpa Agunan Online. Mudahkah mendapatkan pinjaman melalui cara tersebut?



Kredit Tanpa Agunan Online


Bagi yang sama sekali masih awam tentang KTA Online, baiklah aku beri sedikit gambaran ya.

KTA merupakan pinjaman bagi perseorangan yang bisa turun tanpa harus menyediakan agunan terlebih dahulu. KTA diberikan oleh bank atau lembaga keuangan kepada calon debitur yang memenuhi persyaratan.

Melalui KTA, nasabah bisa mendapatkan pinjaman atau kucuran dana tanpa harus menyediakan jaminan atau agunan seperti sertifikat rumah, BPKB kendaraan atau lainnya.

Prosedur untuk mendapatkan pinjaman tadi bisa saja bervariasi. Yang paling mudah dilakukan adalah melalui cara online. Calon peminjam bisa langsung membuka web, memasukkan jumlah uang yang akan dipinjam dan menentukan seberapa lama pinjaman itu akan dilunasi. Nantinya calon peminjam ini akan melihat berapa besar harus melakukan pembayaran cicilan setiap bulannya.

Cara ini banyak ditempuh ketika ingin mengetahui berbagai pilihan pinjaman tanpa agunan secara online tersebut. Ada beberapa kredit tanpa agunan yang akan muncul di web ketika kita memasukkan data detail yang mencakup besarnya pinjaman yang akan diajukan, berapa lama cicilannya, serta kondisi finansial yang terkait dengan usaha yang sedang kita lakukan.

Aplikasi pinjaman dapat langsung diakses melalui web yang menyediakan jasa KTA Online ini. Isi saja data-data yang dibutuhkan, nanti akan muncul lembaga keuangan mana yang bisa membantu memberikan pinjaman tersebut. Bunga yang muncul pun rata-rata cukup kompetitif, jadi calon debitur bisa memperkirakan nantinya setiap bulan ada perputaran kas seberapa banyak dalam menyikapi hal tersebut.

Salah satu web yang bisa membantu kita untuk mencari pinjaman tanpa agunan online tadi adalah cekaja.com. Melalui cekaja.com kita akan mendapatkan kemudahan untuk membandingkan pinjaman KTA bunga murah secara online dengan praktis dan proses mudah. Hanya dengan menyerahkan syarat-syarat yang diperlukan, calon peminjam bisa langsung mengajukan aplikasi untuk pinjaman ini.

Mudah kan?





Prosedur Pengajuan Pinjaman Tanpa Agunan secara Online


Sebenarnya hampir setiap bank ataupun lembaga keuangan yang lain memiliki fasilitas KTA tadi. Hanya saja kadang calon debitur tidak bisa datang ke kantor untuk menyerahkan persyaratan pinjaman.

Oleh karena itu melalui cara online di web cekaja.com kita dapat mengirimkan syarat-syarat yang diperlukan. Adapun syarat utama untuk mendapatkan pinjaman adalah harus Warga Negara Indonesia (WNI) yang ditunjukkan dengan bukti kewarganegaraan dan berusia minimun 21 tahun, maksimum 55 tahu.

Penghasilan per bulan minimal 2.5 juta per bulan, namun standar ini tentu saja akan berbeda jika bertempat tinggal di luar wilayah Jabodetabek. Adapun dokumen yang harus disiapkan adalah:

  1. Fotokopi KTP, kartu keluarga dan surat nikah (apabila sudah berkeluarga) 
  2. Fotokopi NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) pribadi/SPT PPh 21 
  3. Cetak rekening tabungan 3 bulan terakhir 
  4. Asli surat keterangan kerja dan slip gaji (untuk karyawan dan professional) 
  5. Tagihan kartu kredit terakhir (jika memiliki) 
  6. Salinan SIUP, TDP, dan NPWP perusahaan (untuk perusahaan/wiraswasta) 
  7. Salinan izin praktik profesional (dokter, pengacara, atau profesional lain) 
  8. Salinan laporan keuangan (untuk perusahaan/wiraswasta) 
  9. Materai

Tentunya ingin tau juga kan bank apa saja yang memiliki fasilitas KTA . Ini dia daftar bank yang menyediakan fasilitas tersebut:
  • KTA Bank Mandiri 
  • KTA BNI 
  • KTA BCA 
  • KTA DBS 
  • KTA ANZ 
  • KTA BII Maybank 
  • KTA Bank Bukopin 
  • KTA Citibank 
  • KTA HSBC 
  • KTA Commonwealth Bank 
  • KTA CIMB Niaga 
  • KTA BTN 
  • KTA Bank Permata 
  • KTA Standard Chartered Bank 
  • KTA CTBC Dana Cinta 
  • KTA Bank Danamon 
  • KTA Amar Bank 
  • KTA Panin Bank

Cukup banyak kan bank yang bisa dituju untuk pengajuan kredit tanpa agunan ini. Jadi tak perlu khawatir lagi, kemungkinan mendapatkan pinjaman lumayan tinggi kan. Asalkan nanti memenuhi persyaratan, pinjaman sudah di depan mata nih.


Ketika berburu informasi melalui cekaja.com, calon peminjam akan lebih leluasa dalam menentukan waktu pengajuan, karena tidak bergantung pada jam operasional kantor cabang bank. Selain itu keuntungan utamanya adalah:

  • Hemat waktu : calon peminjam hanya perlu waktu yang singkat untuk membuka web tanpa harus pergi kemana-mana. 
  • Bisa mempelajari banyak produk : dalam waktu yang cukup sebentar calon peminjam bisa melihat berbagai jenis produk KTA dari aneka bank. Sebagai calon nasabah, bisa mempelajari lalu menimbang produk mana yang paling tepat sesuai kebutuhannya. 
  • Membandingkan bunga : calon peminjam bisa membandingkan besaran bunga dari masing-masing penyedia KTA dari berbagai bank. Informasi ini bisa mendasari calon peminjam dalam  memilih KTA yang paling sesuai.



Bijak Memilih KTA Online


Kemudahan fasilitas online yang ditawarkan oleh cekaja.com tadi membuat para pengusaha kecil yang berniat untuk mengajukan pinjaman jadi kian dimudahkan. Perbandingan berbagai keunggulan produk KTA bisa menjadi pertimbangan sebelum memutuskan untuk mengajukan pinjaman.

Namun yang perlu diingat, adanya kemudahan ini jangan membuat kita terlena dan sembarang mengajukan pinjaman lho yaaa... Perlu dipertimbangkan untuk keperluan apa kita melakukan pinjaman tersebut. Jangan sampai kita terjebak dalam aktivitas meminjam ke bank namun hanya untuk keperluan bersenang-senang dan konsumtif saja.

Yang paling mendasar untuk kita jadikan pertimbangan adalah kesiapan melakukan pembayaran cicilan KTA tersebut. Jangan sampai terlambat per bulannya dalam melakukan cicilan, nanti beban ke belakangnya akan makin bertambah.

Sesuaikan kebutuhan pinjaman dengan kemampuan diri. Oleh karena itu, saat mengisi simulasi data di web, masukkan jumlah penghasilan sesuai dengan kenyataan yang ada agar nantinya tidak ngos-ngosan saat harus melakukan pembayaran atas pinjaman yang telah diajukan.




Setelah buka-buka https://www.cekaja.com/kredit-tanpa-agunan/ tadi kira-kira para calon peminjam potensial bakalan pilih yang bank mana ya? Coba dong share pengalamanmu mengajukan KTA Online di kolom komen yaaaa...tingkiuuuu...

79 comments:

  1. Wah sekarang memang mudah banget nih ya Mbak kalau mau pinjam uang itu

    ReplyDelete
  2. Kalau ada yang seperti ini memang membantu banget ya Mbak untuk meraih apa yang kita inginkan

    ReplyDelete
  3. Kalau ada ini jadi nggak perlu bingung lagi nih ya. Jadi, lebih mudah juga

    ReplyDelete
  4. Untuk syaratnya juga nggak terlalu sulit nih ya Mbak dan uang sudah langsung ada di depan mata

    ReplyDelete
  5. Wah ini jadi buat yang sudah bisa dikatakan sukses gitu ya Mbak, bisa meminjam banyak uang hehe

    ReplyDelete
  6. Sekarang mudah banget ya pinjam uang, tinggal kita harus hati-hati pilih aplikasi dan pinjam uang untuk hal produktif kayak modal usaha

    ReplyDelete
  7. Terus terang aku blm punya pengalaman ttg KTA online nih..tp membaca post ini jadi tertarik juga..akan kyinfokan ke kerabatku yg sempat rasan2 butuh modal nih..

    ReplyDelete
  8. Untuk modal usaha, bisa dimaklumi kalo harus pinjam KTA. Tapi memang wajib teliti, bijaksana dan disiplin bgt ya Mak. Untunglah ada cekaja yg bs bantu rekomen macam² KTA

    ReplyDelete
  9. Belum pernah sih mba, tapi bagus juga ya dengan adanya cekaja ini, jadi memudahkan orang untuk pinjam uang di tempat yang kredibel.
    Secaraaaa, zaman now yang abal-abal yang mencekik itu banyak, kalau bisa di cek dari cekaja, jadinya meminimalisir drama kelilit hutang yang nggak kira-kira

    ReplyDelete
  10. Aku belum pernah sih kredit tanpa agunan gini. Tp kalau emang butuh, perlu cari yg aman dan yg udah terdaftar dan diawasi sama OJK biar gak deg2 banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul, untuk konfirmasi ulang perlu kita cek di web OJK nama bank yang memberikan KTA tadi. Yang di cekaja[dot]com sih udah ada di OJK semua.

      Delete
  11. Ak kok masih takut ya mba pinjaman onlien gini, banyak kabar beredar kalo data kita di hp kesedot semua

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang perlu diperhatikan, saat instal aplikasinya, berikan ijin akses hanya pada kamera dan audio saja, bukan ke file2 yang ada di smartphone.

      Delete
    2. Nah...ini perlu digarisbawahi nih.. jangan sampai data kontak dll pun ikut terakses...walhasil bisa disalahgunakan ya..

      Delete
    3. Oh gitu ya kadang aku asal yes yes aja ih kalo pas instal aplikasi.

      Delete
  12. Kepepet pasti kita alami. Kredit tanpa agunan merupakan solusi agar permasalahan Kita selesai. Perhatikan bunga dan besaran cicilan jangan sampai kita keberatan membayar

    ReplyDelete
  13. Bener deh mbak.. kudu bijak banget milih KTA Online ini...kudu ati2.. dan disiplin membayar klo memang memilih utk pinjam.

    ReplyDelete
  14. Saya belum pernah mengajukan KTA Online mbak. Tapi buat yang darurat ini pasti bermanfaat. Apalagi melalui cekaja.com kita akan mendapatkan kemudahan untuk membandingkan pinjaman KTA bunga murah secara online dengan praktis dan proses mudah. Hanya dengan menyerahkan syarat-syarat yang diperlukan, calon peminjam bisa langsung mengajukan aplikasi untuk pinjaman ini. Tentu akan membantu sekali ini...asal tetap bijak sebelum memtuskan mengambil KTA Online-nya

    ReplyDelete
  15. Wah syarat KTA di cekaja lumayan mudah juga ya mba Uniek. Dan yg penting ini aman yaa

    ReplyDelete
  16. Minjem online saat ini menjadi salah satu solusi buat yang butuh modal. Terutama yang malas ribet ngurus syarat minjem ke bank konvensional. Tapi tetep harus cek juga legalitas nya, udah aman dan legal apa belum. Cek Aja nih udah pasti legal statusnya di OJK ya mbak

    ReplyDelete
  17. CekAja sangat bisa diandalkan ya Mba, sebagai referensi kalo ada yang mau cari KTA Online. Tapi memang wajib banget buat disiplin dan berhati2 dlm transaksi hutang piutang
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  18. Nggak perlu lagi deh gunakan cek aja karena emang terbukti bagus dan satu sisi juga keberadaanya telah diakui negara. Memang harus bijak mba untuk gunakan agunan online :)

    ReplyDelete
  19. Jadi angin segar nih mbak buat para pebisnis awal yang ingin memulai usaha, gak usah repot atau bingung dalam soal modal.Kini ada KTA yg terpercaya bisa support semuanya πŸ™

    ReplyDelete
  20. wah, pengusaha kecil atau yang mau mulai merintis usaha, boleh banget nih dicoba pakai KTA. Banyak lagi ya bank yang nyediain fasilitas tersebut. Hidup pengusaha!

    ReplyDelete
  21. Pas nih kebetulan ada tetanggaku yang butuh modal usaha, karena dia resign dan suaminya diphk, katanya mau buka usaha aja di rumah tapi gak punya jaminan karena sertifikat rumah ama bpkb kendaraan masih dijadikan jaminan bank, kukasih tahu KTA online ini ah..

    ReplyDelete
  22. selma ini belum pernah kredit sih takut banget nyicilnya gimana Tpi ini kredit tanpa agunan merupak solusi untuk setiap masalah sih kak. Harus memperhatikn bunganya yah kak.

    ReplyDelete
  23. Sekarang mudah banget ya pinjem modal secara online namun perlu digaris bawahi juga kita harus bijak saat pinjam agar tidak bermasalah nantinya.

    ReplyDelete
  24. Sekarang mamin mudah kalau pinjam uang apalagi sudah banyak KTA yang onlen. Emang godaan tapi sekaligus sangat bermanfaat buat yang butuh duit banget. Tetep kudu berhati2 dan pastikan udah terdaftar di OJK ya mbak :D

    ReplyDelete
  25. Makin mudah mengajukan kredit yaa tapi emang bener musti bijak. Cek ricek dulu syarat ketentuan, sistem pembayaran, bunga, pinalti, jangan sampai di luar kemampuan.

    ReplyDelete
  26. waktu itu pernah tahun 2014an suami pinjem KTA begini emang prosesnya cpet banget dibanding sama proses pada umumnya ribettt yang kudu survey segala wkwkwk

    ReplyDelete
  27. Saya blm pernah punya pengalaman pinjam online spt yg sdg on skrg ini..jd ga bs kasih insight sih..palingan ya hrs ekstra hati-hati aja ya..

    ReplyDelete
  28. Enak nih mba kaau ada website khusus yang bantu mencari dan membandingkan kredit agunan yang paling pas buat kita

    ReplyDelete
  29. Semakin mudah aja ya sekarang kalau lagi butuh suntikan dana. Bisa tanpa agunan dan online lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cekaja ini bikin acara pilih2 jadi lebih praktis ya karena semua info tentang KTA yang ada udah tersedia

      Delete
  30. Salah satu kendala untuk berbisnis itu modal awal ya yang susah didapatkan. Melalui KTA setidaknya bisa membantu para UKM asalkan disiplin & digunakan dengan bijak dananya

    ReplyDelete
  31. Walaupun KTA ini sekarang bisa diajukan secara online, kita harus tetap bijak ya mbak, cari tahu informasi sebanyak banyaknya tentang perusahaan penyedia dan juga pertimbangan lainnya sebelum memutuskan untuk menggunakan KTA online.. bijak dalam segala hal, apalagi soal KTA Online.. harus banget bijak

    ReplyDelete
  32. KTA makin mudah diakses ya skrg.
    Semoga yg mau minjem online kayak gini tau persis konsekuensinya sebelum "deal" minjem. Kita sebagai konsumen harus pintar sebelum menggunakan layanan apapun sebelum ada hal kurang mengenakkan, misalnya waktu telat bayar

    ReplyDelete
  33. Sekarang serba mudah dan murah, apalagi untuk pinjaman online tanpa agunan ya mbak. Kemarin sempat share ke tetangga yang mau ngajukan pinjaman online karena di awal masuk sekolah dan membutuhkan untuk pendidikan anak. Semoga nanti bisa lebih membumi jadi orang-orang yang belum paham gadget pun bisa menikmatinya mbak. Aku suruh coba search di cek.aja dulu sekalian promosi hehe.

    ReplyDelete
  34. Iya banget, kudu cermat dan teliti banget dalam minjem dana sacara online ini. Soalnya makin banyak. Mana nawarinnya juga banyak via SMS. Kudu nyari yang bener-bener terpercaya. Biar ke kitanya nyaman. Gak manis di awal pahit di akhir.

    ReplyDelete
  35. Sekarang ini Kredit Tanpa Agunan Online sudah banyak dan mudah juga. Tapi tetap ingat kalau pinjam itu karena butuh kaya buat modal usaha dan lainnya. Pantang deh kalau buat jajan doang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak balik modal kalo pinjem KTA buat jajan doang mah ya Jiah, mending nonton drakor hihihi

      Delete
  36. Praktis banget yaa, kak Uniek...
    Tanpa agunan dan bisa dapat pinjaman.
    Semoga bisa lancar melunasinya kembali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku beberapa kali baca-baca artikel di CekAja (dot) com.
      Artikelnya banyak sekali manfaatnya, gak hanya mengenai dana pinjaman online aja.

      Delete
  37. Yang pasti kita harus bener bener mengelola dana pinjaman itu sebaik mungkin ya. Jangan sampai untuk kebutuhan yang tidak penting, tapi sampai mengambil pinjaman dari KTA ini.

    ReplyDelete
  38. temenku kemaren sempet sharing soal CekAja mba. aku jadi makin paham nih tentang CekAja, dan main penasaran sama KTA Onlinenya. maklum deh punya usaha emang kadang suka nggak ketebak kebutuhannya. terutama saat di musim musim bisnis lagi sepi hehe

    ReplyDelete
  39. Sekarang minjem duit pun bisa lewat online. Bisa jadi referensi buat mereka yang tinggal jauh di pelosok dan aksesnya jalannya susah.

    ReplyDelete
  40. untuk freelancer yang ga punya slip gaji gimana ya syaratnya? apa nunjukin invoice?

    ReplyDelete
  41. Saya belum pernah siy mbak pinjam2 online, malah sebisa mungkin belajar nggak jangan berhutang, biar hidup nyaman nggak ada rasa dikejar setoran. Tapi seandainya terdesak pastinya cari yg paling aman dan terpercaya.

    ReplyDelete
  42. Wah, bisa dengan mudah pinjam online ya. Selain meminjam, kita pun harus bijak dalam menggunakannya:)

    ReplyDelete
  43. Memilih aplikasi pinjaman harus hati-hati ya. Harus yang sudah terdaftar di OJK. Kalo aku mending berusaha menahan diri dari berutang.

    ReplyDelete
  44. saat hendak mengajukan pinjaman, harus benar-benar dipikirkan untuk apa tujuannya yaa, dan baiknya tujuannya bukan untuk keperluan konsumsi, melainkan untuk mmodal usaha :)

    ReplyDelete
  45. di balik kemudahan meminjam dana secara online ini, kita tetap harus bijak dalam mengajukan pinjaman yaa agar gak ngos-ngosan saat membayarnya nanti

    ReplyDelete
  46. Sekarang banyak kemudahan yaa untuk peminjaman dana... Tapi kita tetep kudu cermat memilih penyedia peminjaman online, pastikan sudah terdaftar di OJK. Selain itu kita kudu bijak pemakaiannya, yang pasti bukan untuk kebutuhan konsumsi.

    ReplyDelete
  47. Sekarang makin banyak pinjaman online gini, mudah disetujui dan tanpa jaminan pula, untuk ada cek aja jadi bisa memeriksa semuanya agar lebih aman dan krrledibel ya

    ReplyDelete
  48. Pinjaman KTA online memang membantu UMKM yang butuh modal, tapi enggak punya agunan. Meski tetap harus bijak juga menentukan batas pinjaman sesuai dengan pendapatan usahanya tiap bulan

    ReplyDelete
  49. Alhamdhulilah sekarang cari modal usaha lebih mudah dengan adanya KTA ya mbak tp tetep harus bijak dan hati2 bgt jangan sampe akhirnya kesulitan nyicilnya

    ReplyDelete
  50. Ini beda sama fintech-fintech itu ya mbak? Kok kayaknya resmi, soalnya daftar bank nya juga bank-bank besar yang sudah familiar namanya.

    Kemudahan ini memang harus dimanfaatkan dengan baik dan bijak ya mbak, pokoknya yang namanya hutang itu tetap kalau bisa dihindari, nggak bisa dihindari ya diminimalisir

    ReplyDelete
  51. Baru tahu aku soal info ini. Sebenarnya semakin memudahkan yang butuh dana, ya, tapi harus punya perhitungan ke depan biar bisa bayar cicilannya

    ReplyDelete
  52. Baru tahu ada KTA online Mbak. Membantu banget ya buat yang nyari modal..apalagi ini yang di cekaja udah Bank bonafid semua

    ReplyDelete
  53. Beberapa waktu lalu sempat ragu sama pinjol karena suka denger hal yang buruk. Kalo ada info gini, bisa bermanfaat nih dan ga takut dengan pinjaman online

    ReplyDelete
  54. Aku masih punya PR besar untuk pilah pilah dana kredit yang endingnya enggak menyulitkan diri sendiri pastinya. Nah ini tanpa agunan kayanya lebih bersahabat ya mbak pinjamannya

    ReplyDelete
  55. Langsung nyimak syarat-syarat pengajuan dana. Kebetulan ada teman yang butuh informasi ini :)

    ReplyDelete
  56. sekarang makin mudah aja mencari pinjaman online ya. cocok banget nih buat yg mau buka usaha. dan tentu nya harus bijak juga dlm mengajukan pinjaman.

    semoga para pelaku usaha bisa terbantu dengan ada pinjaman online ini

    ReplyDelete
  57. Makin gampang ya pinjam uang tapi semoga orng juga makin melek soal keuangan jd ga mudah memutuskan pinjam klo ga urgent2 krn kadang krn mudah pinjamnya orng jd boros

    ReplyDelete
  58. Ini penting banget memilih Kredit Tanpa Agunan dengan bijak karena orang suka salah penafsiran.

    ReplyDelete
  59. Aku pengen banget punya usaha rumahan :') Bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah tapi tetap bisa ngopeni rumah. Memang kudu bijak dan hati-hati soal pinjaman seperti ini, selama bukan untuk biaya konsumtif.

    ReplyDelete
  60. Aku dulu pernah dpt pinjaman bebas anggunan dari bank, tp prosesnya ya lumayan. Asik banget nih ada platform untuk mengajukan KTA. Mau coba ah.

    Eh, tp bisnis apaan yaaa

    ReplyDelete
  61. Jadi inget beberapa bulan lalu dapat sms tagihan hutang salah satu customerku. Kirain penipuan macam mama minta pulsa. Ternyata benar, kata dia namanya dipinjam buat hutang online. Dan ga tahu sistemnya gimana, hp dia bisa diakses sama pemberi hutang. Semua data bisa diambil dari hpnya. Termasuk semua kontak di hp di sms sama pemberi hutang tiap hari! Tapi yang lebih ngeri ribanya itu mbak. Ya ampun, ribanya bisa melebihi pokok hanya hitungan hari. Kalau mau usaha, bener kata mentorku, jangan hutang, cari investor yang jujur dan mau membimbing saja. Ga mudah memang, tapi lebih aman.

    ReplyDelete
  62. Dengan cekaja kita jadi bisa membandingksn plus minus kta dari setiap bank ya...jadi praktis tanpa harus ke mana-mana...

    ReplyDelete
  63. Wah, prosesnya mudah ya.

    Tentu juga biar mudah pula untuk segera mencicil pinjaman. Jadi, rekam peminjaman kita tetap baik. Siapa tau pagu pinjaman jadi diperbesar dan bisa buka bisnis baru.

    ReplyDelete
  64. Ada banyak pilihan bank yang memberikan fasilitas KTA ya, baru tahu bank BNI juga bisa. kalau tanpa angunan gitu suku bunga pinjamannnya tinggi gak sih mbak?

    ReplyDelete
  65. Iyes, memang harus bijak mba, jangan buat gaya hidup karena mudah bisa bahaya kalau ga bijak. Jadi harus kalau terpaksa pinjam yang sesuai kemampuan dan kebutuhan ya

    ReplyDelete
  66. Aku pas awal usaha kemaren terpaksa mau ga mau pake online gini buat modal sebentar. Ngeceknya di cek aja pas cari referensi.


    Alhamdulillah tpi dah lunas

    ReplyDelete
  67. Nah, memilih KTA Online ini yang harus pintar, apalagi ada banyak pilihan bank serta bunga yang berbeda. Meski tetap aja kemampuan peminjam membayar cicilan tiap bulan, juga jadi pertimbangan

    ReplyDelete
  68. Sekarang mau minjem duit gampang ya, jadi inget tahun 2009 mau cari pinjaman KTA susaaaahh banget.

    ReplyDelete
  69. Kmrin juga sempat nih buka aplikasi cekaja,, bnyak tawaran yg menarik ya,, hrs tahan2 ini aku mah, punya kartu kredit

    ReplyDelete
  70. Bener banget. Jangan sampai ya kemudahan dapet dana tanpa agunan online bikin kita susah nantinya. Kudu teliti pisan...

    ReplyDelete
  71. wwoooo ternyata cekaja itu fungsinya begitu yah. Seru juga ya, bahkan untuk loan aja bisa dibandingin melalui web ini.

    ReplyDelete
  72. Banyak juga yang harus dipersiapkan ya mba dalam meminjam uang, apalagi via online tapi dimudahkan sih makin ke sini. Tapi kita juga perlu waspada sebagai peminjam. Cek udah kedata belum di OJK. Siap mba Uniek

    ReplyDelete