28 August 2019

Ini Dia Gitar yang Cocok untuk Gaya Musik Metal



gitar bass
sumber : pinterest.co

Gitar adalah salah satu alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik yang menghasilkan bunyi dari senar-senarnya. Gitar memiliki berbagai macam jenis yakni gitar akustik, gitar elektrik, gitar dua belas senar, gitar archtop, gitar baja, gitar resonator, gitar double neck, gitar klasik, gitar flamenco, dan gitar gass. Dari semua jenis gitar ada salah satu gitar yang memiliki suara bass untuk musik rock yang membuat lagu menjadi lebih dahsyat yaitu Gitar Bass. 

Baca juga tentang musik kesukaan di sini yaaa..

Gitar bass merupakan alat musik elektrik dawai yang bekerja untuk memperbesar suara. Gitar bass mempunyai suara yang khas dengan suara musik rock dan metal yang bisa menaikan emosi pada lagu. Nada yang terdapat pada gitar ini bertujuan untuk mengatur ketukan nada yang akan menghasilkan alunan musik agar terdengar lebih tegas. 

Mengenai tentang sejarah gitar bass ini sudah hadir pada abad ke-15 di wilayah Eropa dengan bentuk yang tergolong besar. Pada tahun 1900 gitar bass mulai di modifikasi karena ukurannya yang cukup memakan tempat dengan mengubah ukuran fisiknya.

Sementara itu di tahun 1920 Lloyd Loar bekerja untuk perusahaan alat musik Gibson untuk menciptakan sebuah double bass elektrik dengan didukung program pengecilan untuk alat musik ini. Ditahun 1930 inovasi pada alat ini masih dikembangkan oleh Paul Tutmarc yang mendesain ulang alat ini dengan bentuk yang lebih simple dan terus dilakukan pengembangan hingga menjadi bentuk yang dikenal hingga sekarang ini.

Nah, selain bentuk pada gitar bass ini, bass juga dievolusi pada jumlah senar, di tahun 1959 jumlah senar bass terdapat 6 senar, sementara itu di tahun 1964 jumlah senar bass ada 5 senar, dan di tahun 1968 senar bass di evolusi menjadi 4 senar.


gitar bass
sumber: wikihow.com

Gitar Bass memiliki bahan kayu yang berbeda dan dapat mempengaruhi suara yang dihasilkan. Bahan yang sering digunakan seperti kayu keras, kayu lunak, atau buatan. Kayu keras pada gitar bass seperti bahan perkusi akan menghasilkan suara perkusi sedangkan kayu lunak dengan bahan basswood memiliki karakter ‘warm’ yang dapat menghasilkan suara yang lebih lembut. Lalu ada kayu buatan terkenal dengan bahan grafit yang mempunyai suara konsisten karena memiliki bahan dasar alami.

Instrumen bass yang terdapat pada Gitar bass ini memiliki beberapa jumlah senar. Berikut ini jenis-jenis senar yang terdapat pada gitar bass.


Gitar Bass 4 Senar 


gitar bass
sumber : pinterest.com

Gitar bass dengan 4 senar memang yang paling umum digunakan oleh kalangan musisi dan paling standar dengan konfigurasi tuning open string yakni, E A D G ( dari rendah ketinggi). Bass akustik dan Kontra bass biasanya paling banyak menggunakan 4 senar ketika memainkannya.



Gitar Bass 5 Senar 


gitar bass 5 senar
sumber : pinterest.com

Gitar bass ini sama seperti bass sebelumnya (4 senar), hanya saja gitar bass ini memiliki tambahan senar B dengan konfigurasi tuning open string: B E A D G. Bass yang terdapat pada guitar bass ini berguna untuk menjangkau nada yang lebih rendah dari bass (4 senar)



Gitar Bass 6 Senar 


gitar bass
sumber : pinterest.com

Sama seperti sebelumnya (5 senar) bass ini mempunyai tambahan dengan senar C tinggi dibawah senar pertama G. Konfigurasi tuning open string yakni B E A D G C . Bass yang mempunyai 6 senar biasanya dapat menjangkau nada yang lebih rendah dan lebih tinggi dari bass standar yang sering digunakan.



Gitar Bass 7 Senar 


gitar bass
sumber : Shopee

Jenis gitar bass ini mempunyai lebih dari 6 senar yang jarang dijumpai, sama seperti sebelumnya (6 senar) hanya saja terdapat tambahan senar F tinggi dibawah senar G. Konfigurasi tuning open string: B E A D G C F. Bass dengan 7 senar ini mempunyai nada tinggi yang bisa ter “ekploitasi”.



Gitar Bass 8 Senar 



gitar bass
sumber : guitarsquartz.net

Gitar bass 8 senar ini mempunyai konfigurasi tuning yang sama dengan standar 4 senar. Namun, di setiap senar nya digandakan dengan nada satu oktaf lebih tinggi.



Gitar Bass 10 Senar 



gitar bass
sumber : ubuntusalam.com

Jenis bass ini memiliki konfigurasi tuning open string yang sama seperti bass (5 senar). Hanya saja di setiap senarnya digandakan dengan senar nada satu oktaf lebih tinggi.



Gitar Bass 12 Senar



gitar bass
sumber : musicradar.com

Jenis bass yang satu ini mempunyai konfigurasi yang sama seperti bass standar 4 senar. Tetapi, di setiap senar dirangkap 3 dengan 2 senar tambahan satu oktaf lebih tinggi, dan 1 senar dengan oktaf lebih tinggi yang ditambah 1 senar lagi.


Buat teman-teman yang menggemari gitar bass dan lebih condong ke gaya musik metal, gitar mana nih yang cocok dengan seleramu? Bagi pembaca blog ini, semoga artikel ini bermanfaat yaaa...

No comments:

Post a Comment