22 August 2019

Menjaga Kesehatan dengan Panduan SehatQ

SehatQ untuk menjaga kesehatan
Kelebihan berat badan?

Iya banget. Semakin lama kurasakan kok badanku ini bertambah berat aja yaaa... Ingin mengingkarinya, tapi kok kenyataan membuatku menyadari bahwa saat ini ada banyak hal yang harus kuwaspadai. Terutama yang berkaitan dengan kesehatan.





Emang ngerasain apa sih kok sampai waspada gitu?

Kupikir ketika usia memasuki kepala 4, otomatis kondisi tubuh memang akan menurun ya. Udah enggak selincah dan sesehat jaman masih muda. Perasaan nih makan dikit aja kok ya jadi daging semua.

Tapi ternyata itu semua hanyalah justifikasi diri sendiri saja. Di luar sana, banyak sekali perempuan berusia 50an dan 60an yang kondisi fisiknya jauh lebih baik dibandingkan dengan diriku. Aaahh malunyaaa...

Yang paling mengganggu dengan kondisi kesehatan yang tidak ideal itu adalah pemilihan baju. Iyaaa... makin banyak saja baju lama yang sebenarnya favorit banget, kini sudah tidak bisa dipakai lagi. Ini pertanda apa, saudara-saudaraaaa....?? πŸ˜“

Terima ataupun tidak, aku memang harus mengakui bahwa saat ini kondisi tubuhku sudah tidak fit seperti dulu. Kelebihan berat badan membuat banyak aktivitas harian tak senyaman dahulu ketika berat badanku masih masuk kategori ideal, yaitu ada di bawah angka 70an.

Wooww... udah segitu ternyata ya angka yang tertera di timbangan. Pantesan, kalau lihat timbangan rasanya stress banget.

Beberapa hal yang kurasakan terkait dengan kelebihan berat badan ini:

  • baju mulai terasa kekecilan
  • tidak nyaman saat duduk karena lemak berlebih di pinggang
  • mudah terengah-engah saat berjalan terlalu lama
  • mudah mengantuk
  • bawaannya mager melulu 

Ngeselin banget kaaann ketika harus menghadapi berbagai gangguan yang timbul seperti kutulis di atas itu. Apalagi saat ingat baju favorit yang jaman dulu sering banget dipakai. Kesel banget, sekarang kok udah nggak cukup lagi. 

Trus, nyerah aja gitu dengan kondisi badan yang seperti ini?


Memetakan Kondisi Kesehatan Pribadi


Terkait dengan kondisi tubuhku, tadinya sih bodo amat. Halah gapapa gemuk asalkan badan sehat, gitu sih pemikiranku. Tapiii... sebenarnya mana ada sih gemuk yang sehat ya. Kelebihan berat badan selalu mengandung resiko tersembunyi yang kita sendiri mungkin tak tau, tapi orang lain pasti bisa memprediksinya. 

Jangan tersinggung dulu ya teman-teman yang sekiranya memiliki kelebihan berat badan. Tulisan ini lebih mengarah ke diriku sendiri yang memang sudah ada di dalam fase mengalami gangguan kesehatan.

Aku pun menyadari ancaman penyakit yang bakalan muncul di dalam diriku jika tidak segera berusaha untuk mengendalikan berat badan. Secara genetik aku memiliki kecenderungan diabetik. Almarhum bapak mengidap penyakit diabetes di akhir hayatnya. Saat ini kakak sulungku yang perempuan telah positif terkena diabetes akut, bahkan telah beberapa kali mengalami kondisi kritis terkait dengan penyakit ini.


Selain itu, beberapa tahun berselang aku pernah mengalami gangguan pernapasan dan jantung. Tiba-tiba saja aku sering merasa sesak napas dan ngos-ngosan ketika berjalan agak lama. Hal ini sangat mengganggu.


Namun ketika kuperiksakan ke dokter penyakit dalam, bahkan hingga dilakukan pemeriksaan intensif ke organ jantung, tidak ditemukan kelainan apa-apa. Saat itu dokter hanya menyatakan mungkin aku kecapekan saja.

Aku sih tidak percaya begitu saja ya, soalnya aku enggak merasa melakukan aktivitas yang berlebihan. Jadi darimana bisa capek kalau tidak melakukan aktivitas yang berat kan?

Dari situlah kemudian lama-kelamaan kesadaran akan pentingnya kesehatan mulai 'menghantui' pikiran. Jangan-jangan memang sudah harus mengoreksi gaya hidup, pola makan dan aktivitas fisik ya.


Upaya Memperbaiki Kesehatan 


Apa sih sebenarnya yang bisa dilakukan seseorang ketika berat badan sudah mulai menjadi masalah?

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mulai mengurangi berat badan. Salah satunya adalah pengaturan pola makan atau diet jenis tertentu. Ada banyak sumber makanan yang bila dikonsumsi berlebihan akan memiliki dampak negatif pada tubuh, di antaranya adalah karbohidrat dan makanan yang mengandung gula.

Aww awww... sebagai fans gorengan garis keras, tentu saja hal ini membuat hatiku tergetar dengan sempurna. Duh, apa jadinya ya hidupku tanpa mendoan dan bakwan. Sungguh keluhan yang amat unfaedah ya gaes. πŸ˜€πŸ˜€

Seringnya gitu deh, udah tau sumber ketidakberesan pada kesehatan tubuh kita sendiri tapi teteuuppp aja keukeuh nggak mau meninggalkannya. Seperti rasa pada mantan yang tak kunjung ingin dilupakan padahal dia mah enggak ingat kita sama sekali. *curcolan orang dikutip ini mah πŸ˜‚

Konsultasi kepada ahli gizi bisa banget kita lakukan ketika ingin memperbaiki pola makan. Sulit nggak sih mencari tau tentang ahli gizi gini?

Enggak lah. Coba tengok saja SehatQ.com yang merupakan platform yang bisa membantu kita saat ingin menemukan dokter ahli gizi yang tepat ataupun dokter spesialis apa saja yang terkait dengan masalah kesehatan yang ingin kita konsultasikan. 

Saat ini, aku memang belum terpikir untuk diet ketat agar berat badan kembali ideal. Soalnya kalau salah dalam memilih jenis diet dan tidak tau bagaimana seharusnya diet yang benar, malah bisa kacau nanti metabolisme tubuh.




Dari beberapa literatur yang kubaca, ada beberapa olahraga ringan yang bisa dilakukan untuk mengurangi berat badan, yaitu jalan sehat, bersepeda, renang dan menari. Aku sih sebenarnya belum terlalu antusias untuk mengurangi berat badan. Pengin sehat aja gitu.

Maka beberapa minggu ini aku mulai bersemangat untuk melakukan olahraga yang sangat kugemari sejak kecil. Berenang...yeayyy... maen aer gaes... Udah kayak bocah aja ya kesenengan kalau nemu air melimpah ruah.

Berolahraga memang membutuhkan ketekunan, tidak hanya sekali dua kali saja lalu kita bisa memetik hasilnya. Oleh karena itu, pemilihan jenis olahraga yang kita sukai tentu akan berpengaruh pada ketekunan dan kedisplinan dalam melakukannya.

Apalagi kalau punya teman yang bisa diajak berolahraga bersama, tentunya akan lebih menyenangkan lagi. Alhamdulillah ada teman blogger yang saat ini juga lagi senang berenang, jadi aku ada teman nih saat melakukan aktivitas berenang.

Berhubung sudah puluhan tahun tidak melakukan olahraga yang satu ini, aku memulainya dengan pola yang santai dahulu. Asalkan selama minimal 2 jam aku berenang tanpa banyak beristirahat, kuanggap kalori yang kukeluarkan sudah lumayan lah yaaa..



Memantau Kesehatan melalui SehatQ


Banyak hal yang harus kita perhatikan ketika kita ingin mulai disiplin menjaga kesehatan. Salah satunya adalah panduan kesehatan yang bisa kita percaya.

Gimana caranya mencari panduan ini, apakah harus membuka banyak buku dan menyambangi klinik secara teratur?




Seperti yang sudah kutulis di atas tadi, kita bisa memercayakan panduan kesehatan melalui platform SehatQ. Ada banyak menu yang bisa kita buka satu persatu terkait dengan aneka pengetahuan maupun problem solving seputar masalah kesehatan.

Coba deh buka webnya, kita bakalan disuguhkan dengan tampilan antar muka yang sangat bersahabat, bahkan bagi orang awam sekalipun. Kadang ya kita tau ada nama penyakit tertentu yang saat itu sedang diperbincangkan banyak orang, tapi detailnya seperti apa kita nggak ngerti dengan pasti. Bisa tuh masuk ke direktori penyakit dengan aneka jenis penyakit yang bisa kita cari tau lebih lanjut. Benar-benar dari A sampai Z, ada pilihan alfabet A hingga Z yang bisa kita klik.

Bagi yang ingin tau tentang penggunaan dan efek samping obat? Ada tuh, tersaji secara sistematis juga dengan metode A hingga Z. Misalnya bagi yang pernah bermasalah dengan jantung, pasti sudah familier ya dengan obat tipe Dopamine. Nah, search saja huruf D dan scroll ke bawah, nanti klik pada bagian Dopamine. Kita akan mendapatkan penjelasan tentang apa itu Dopamine, aturan pakai dan efek sampingnya.

Dalam kasusku yang ingin memiliki tubuh yang sehat, aku bisa memaksimalkan menu MySehatQ, terutama di bagian Health Tools. Ada kalkulator Body Mass Index (BMI) dan kalkulator Persentase Lemak Tubuh.

BMI mengacu pada indeks sederhana pada orang dewasa yang diukur dari perbandingan tinggi dan berat badan. Semakin tinggi BMI yang kita miliki, maka akan semakin rawan terkena gangguan penyakit.

Ini dia hasil pengukuran BMI yang kulakukan dengan memasukkan data pribadi berupa tinggi dan berat badan:



Tuuhh kan... aku disarankan untuk mengurangi berat badan karena BMI-ku ada pada level Overweight. Huhuhuuu... pengin nangis darah, apa daya darahku sudah habis dihisap Edward Cullen. *super halu...

Makin menguatkan semangat untuk sehat nih setelah membaca 'vonis' dari fitur MySehatQ tadi. Ada 2 rekomendasi yang diberikan oleh SehatQ terkait dengan BMI tadi, yaitu rekomendasi diet dan rekomendasi olahraga.

Terkait dengan rekomendasi olahraga, senang banget dong ketika aku disarankan untuk menjalankan olahraga ringan seperti jalan cepat, bersepeda, berenang dan menari. Yes... aku bisa memilih berenang plus jalan cepat, yang paling mudah untuk kulakukan.

Adapun rekomendasi diet yang disarankan adalah mengurangi makanan yang tidak sehat, seperti makanan cepat saji, makanan olahan yang mengandung pengawet, dan minuman manis.

Diet sehat yang bisa diterapkan harus terdiri dari: 
  • buah-buahan dan sayuran
  • kentang, roti, nasi, pasta, dan makanan bertepung lainnya dalam jumlah yang cukup dan tidak berlebihan
  • makanan yang mengandung susu
  • daging, ikan, telur, kacang-kacangan dan sumber protein non-dairy (bukan susu) lainnya
  • kurangi makanan yang tinggi lemak dan gula

Owhh.. bike lah... Mahalnya nilai kesehatan akan terasa memang ketika kita jatuh sakit. Mumpung badan masih sehat dan bisa beraktivitas, aku harus berusaha dengan sekuat tekad nih untuk rutin berolahraga, sekecil apapun kalori yang bisa dikeluarkan. Daripada enggak gerak sama sekali ya.

Oya, bagi teman-teman yang ingin menggunakan platform SehatQ untuk memantau kesehatan keluarga, bisa juga loh memanfaatkan fitur tanya dokter yang tersedia. Berbagai pilihan dokter yang tepat, juga jadwal praktek mereka di berbagai rumah sakit bisa kita pilih. Bahkan untuk janjian konsultasi pun bisa loh dilakukan melalui SehatQ ini.




Jika ingin kepoin dulu media sosial SehatQ agar bisa tahu terlebih dahulu apa saja keuntungan mengakses menu-menu di SehatQ, teman-teman bisa langsung meluncur ke akun-akun di bawah ini ya:


Instagram: 
https://www.instagram.com/sehatq_id/ 

Twitter: 
https://twitter.com/sehatq 

Facebook: 
https://www.facebook.com/SehatQIndonesia/?ref=bookmarks

44 comments:

  1. Memang sekarang zamannya sudah canggih nih ya Mbak, kita bisa memantau kesehatan lewat smartphone

    ReplyDelete
  2. Memudahkan banget nih ya Mbak dengan adanya website yang satu ini.

    ReplyDelete
  3. Saya jadi penasaran nih Mbak saya websitenya. Langsung cus cari di google nih

    ReplyDelete
  4. aku sangat terbantu sama sehatQ ini mbak, soalnya kalau ada gejala penyakit tertentu, kalau nanya sama orang jawabannya suka serem2, kalau ke dokter, males ngantrinya :) wkwkwkk jadi enak konsul online dl sama praktisi kesehatan di sehatQ

    ReplyDelete
  5. wah, bisa pantau kesehatan dari sehatq.. asiikk banget.
    kalau aku skrg malah lg kepingin naikin berat badan.. semenjak anak aktif bisa lari kesana kemari, kayakya daku merasa kurusan..

    cek dulu di sehatq ahh, perlu naikin bb atau engga.. makaciw infonya mbaa..

    ReplyDelete
  6. btw, kok aku gak nemu kalkulator BMI nya sebelah mana.. hehehe.. gak jeli ni aku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masuk ke tab MySehatQ dulu mba, ntar pilih Health Tools. Ada beberapa tools yang bisa dipilih ntar di situ, mulai dari Kalender Imunisasi, Kalkulator BMI, Kalkulator Prosentase Lemak, dll.

      Delete
  7. ah iya bener mba, segala jenis penyakit lengkap dari A sampai Z dibahas di website sehatQ lho.. pembahasannya pun cukup mudah dimengerti

    ReplyDelete
  8. Asyik banget ya sekarang udah ada aplikasi yang bisa bantu mantau kesehatan kita. Supaya lebih terkontrol. Kapan2 mau coba lihat juga ah appsnya.

    ReplyDelete
  9. Jadi makin aware dengan kesehatan dengan asisten untuk kontrol kesehatan via website ini ya kak.. mudah banget

    ReplyDelete
  10. Betul banget, harus dipantau ya tanda-tanda tubuh..aku juga mulai sesak bajunya huhu, kudu senam atau jalan kaki lebih rajin nih mba..

    ReplyDelete
  11. Download aplikasi Sehatq ini tuh serasa punya asisten kesehatan pribadi yah, seneng deh jadi kalau ada apa2 ga terlalu khawatir.

    ReplyDelete
  12. Seruuuu...! Jaga kesehatan jadi makin assoy geboy dgn SehatQ ini ya Mbaaa
    Super LOVE!
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  13. Kmrn aku sempat cek kesehatan, dan ada 2 item hasil yg patut kuwaspadai nih. Hasil konsul ddg dokter sih kurang OR adlh salah satu kuncinya dan berenang adalah yg direkomendasikan Bu Dokter kmrn. Hm....mau renang lagi aah..

    ReplyDelete
  14. hahaha, saya minum aja bisa jadi lemak dong, padahal dulu lengan saya itu kayak orang kurang gizi, tulang di leher bisa buat tempat sabun, kuruuussss banget.

    Padahal udah makan sebanyaknya, lah mengapa sekarang jadi bengkak gini huhuhu :D

    Tapi senang juga sekarang banyak cara ya buat tahu masalah kesehatan, saya baru tahu sih SehatQ ini.
    Bagus banget sebagai penunjang di zaman milenial ini

    ReplyDelete
  15. Aku langsung cari tahu BMI-ku, kak...
    Dan alhamdulillah...masih tergolong ideal.

    Fyuuh~
    Sebel juga kalo timbangan teh...gak mau diajak kerjasama. Baru makan mie, langsung doonk geser ke kanan.
    Huhuuhuu~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Olahraga ini yang masih jadi PR.
      Sejak pindah rumah, belom mulai senam lagi.

      **gak bisa renang soalnya kak Uniek, dan renang gak bikin aku keringetan.
      Hahha....hobinya cari keringet.

      Delete
  16. Aplikasi ini banyak banget yang review.. Aku jadi kepo pengen coba download juga deh.. Kelihatannya informatif sekali aplikasinya.. XD

    ReplyDelete
  17. Keren banget sehatq ini. Kita jadi bisa update info kesehatan di gawai dan bisa chat langsung dokternya ya

    ReplyDelete
  18. Bener banget nih, SehatQ bikin kita jadi lebih tahu dan faham tentang kesehatan. Artikel-artikel bergizinya sangat nambah wawasan. Lengkap banget. Dari obat, penyakit, hingga nyari dan booking dokter bisa dilakukan di SehatQ. Referensi untuk seluruh keluarga deh ya. :)

    ReplyDelete
  19. Aku baru tau banget ada aplikasi SehatQ ini, sekarang udah serba canggih dan praktis yaa kita bisa tanya seputar kesehatan dengan mengakses SehatQ

    ReplyDelete
  20. Aku juga pakai sehatQ buat booking DSA anak ku mba, padahal susah banget loh dihubungi nya DSA ku ini

    ReplyDelete
  21. Sekarang di zaman yang serba canggih ini semuanya semakin dimudahkan yang termasuk memiliki asisten kesehatan ini juga

    ReplyDelete
  22. Ini aplikasi keren banget dan baru dpt dari sini, secara aplikasi lain aja udh ada di HP aplikasi kesehatan yg bisa online chat lgsung ke dokter nya

    ReplyDelete
  23. Mbaaaaa, makasih infonya yaaa.. Asik ada SehatQ yang bisa mendampingi hidup sehat dan memberi pengetahuan tentang kesehatan melalui smartphone.

    ReplyDelete
  24. Wah kece ini, karena SehatQ bikin kita jadi punya asisten buat ditanya-tanya soal esehatan kita ya mba. Banyak manfaatnya pastinya, seenggaknya kita diingatkan jaga bodi tetep sehat.

    ReplyDelete
  25. Aku mau dong renang, kalo seminggu 4 kali selama ini aku udah jalan cepat. Dulu sih sama gowes, tapi sejak engkel kaki sakit lagi jadi berkurang nyepedanya.

    Aku pun suka baca artikel di SehatQ, membantu juga kalo pengen tahu informasi kesehatan yang benar. Karena banyak kan yang suka share di grup WA dan belum tentu benar gitu.

    ReplyDelete
  26. Kadang umur itu emang gak bohong ya mbak, aku pun di usia 35 tahun suka berasa jompo banget ini. Apalagi kemarin habis hunting foto bareng seharian dan berasa capeknya padahal waktu awal tahun masih strong, hahahahaa

    ReplyDelete
  27. Salut deh sama mbak uniek atas semangatnya untuk tetap sehat. Dibantu SehatQ jadi makin mudah ya

    ReplyDelete
  28. Fitur aplikasi sehatQ lengkap banget ya mbak, pernah punya aplikasi yang sejenis tapi gak selengkap ini. Siap siap install ah, kayaknya butuh yang begini deh. Thanks infonya mbak

    ReplyDelete
  29. wah asik juga ya SehatQ ini, lebih lengkap. kupikir sama kayak web sehat/dokter yang lain gitu.

    ReplyDelete
  30. Memang benar saat usia lebih susah turunin berat badan yang berakibat pada kurang lincah tidak selincah sewaktu abg.

    Sehatq solusi menjaga kesehatan

    ReplyDelete
  31. huhu kalo ngomongin soal BB, naik setelah menikah sampai 10 kg lho mba aku wkwk. Skrg PR nya lg nyari tempat berenang yg ramah wanita, terutama yg berhijab. Dan adanya website SehatQ ini super membantu banget ya, jd langsung pararel kepo

    ReplyDelete
  32. Enak ya zaman sekarang banyak website yang memuat info kesehatan. Tapi tetep kudu berhati2 pilih website yang kredible dan gak bikin hoax kesehatan. Kalau SehatQ ini dijamin aman krn pengelolanya tahu informasi yg tepat ya mbak, ada dokter2 pula di forumnya

    ReplyDelete
  33. sekarang gak perlu khawatir ya kalau butuh informasi kesehatan karena sudah ada SehatQ aplikasi yang udah kayak dokter pribadi dirumah

    ReplyDelete
  34. Tulisannya seperti menyindirku wkwk.. aku juga kelebihan berat badan nih dan mudah capek. Udah berusaha diet tapi susah yaaa...

    ReplyDelete
  35. Langsung inget lagu yang liriknya gini" bajuku dulu tak segini.... " hihihi
    Warning buat aku juga nih buat selalu jaga kesehatan, ngintp2 deh web SehatQ biar bisa hidup lebih sehat lagi

    ReplyDelete
  36. Platform yang okee ya mba Uniek untuk tau lebih banyak tentang seluk - beluk yang dapat dipercaya untuk urusan kesehatan

    ReplyDelete
  37. Panduan kesehatan yang layak jadi referensi ya ini mba, jad ngga perlu khawatir infonya justru tidak kredibel, melalui sehatq ini InshaAllah lebih kredibel yan mbak.. semangat hidup sehat!

    ReplyDelete
  38. Website ini kalo aku kasih rate, 9/10 deh. Lengkap bangeeeet deh. Dari penyakit, obat, sampe janjian dengan dokter. Kudu jadi rujukana keluarga Indonesia deh

    ReplyDelete
  39. *ngaca*
    bb naik terus, turun gak pernah T-T
    udah semakin susah nyari baju wwkwkkkk
    belajar di SehatQ deh biar kesehatan diri ini terjaga

    ReplyDelete
  40. Kebetulan sekali beberapa waktu lalu saya bahas soal SehatQ juga di blog
    Terbantu bagi saya yang selalu cari info seputar melahirkan dan perawatan bayi

    ReplyDelete
  41. Jadi praktis banget ya buat tanya2 seputar kesehatan dan konsultasi. Paling bermanfaat itu fitur yg bisa book janjian dengan dokter sih, jadi bisa atur waktu juga beb

    ReplyDelete
  42. Sehat sehat selalu ya bu uniq. Apakabar semarang nih..😁

    ReplyDelete