31 October 2019

Merawat Kesegaran Kulit Wajah di Usia 40an


Apa sih yang paling meresahkan bagi para perempuan yang telah berusia 40 tahun ke atas?

Mungkin saja aku yang terlalu parnoan ya jika ada yang menyoal tentang kualitas kulit di usia 40 tahun plus plus ini. Padahal di luaran sana masih banyak yang santai aja, nggak pake acara panik ketika ditanya tentang perawatan wajahnya.




Setiap kali berada di depan kaca, udah pasti deh sibuk melihat dari kiri ke kanan, atas ke bawah, mantengin wajah kira-kira garis halus udah kelihatan di sebelah mana. 

Lalu bernapas lega ketika garis halus yang ada dalam imajinasi itu tak kutemukan di wajah.

Hahahaa... deramah macam apa ini, Esmeralda? πŸ˜„


Menerapkan Berbagai Kebiasaan Baik dalam Perawatan Kulit Wajah


Bagi yang masih berusia 20 tahunan atau 30 tahunan, tak ada salahnya untuk mulai merawat kesehatan kulit. Bakalan kerasa banget loh ntar ketika usiamu sudah bergerak ke arah angka 40.

Bagi yang sudah berusia 40 tahun pun tak ada kata terlambat untuk mulai merawat kulit wajah. Semakin dini kita melakukan perawatan, maka hasilnya akan lebih baik.

Umumnya pencegahan lebih efektif daripada pengobatan. Dimana-mana orang berusaha menerapkan prinsip seperti ini. Hal ini berlaku juga bagi perawatan kesehatan kulit. Nggak ada kata repot kalau sudah berkaitan dengan perawatan kulit wajah.

Berbagai kebiasaan baik dengan menggunakan produk skincare yang tepat untuk wajah, kini mulai hype dilakukan oleh banyak orang. Tak hanya yang sudah berusia 30 tahun ke atas saja, yang berusia dua puluhan pun telah mulai peduli terhadap perawatan wajah.

Jangan salah lhooo... penggunaan produk-produk dengan label brightening dan anti-aging bukan dominasi usia 40 tahunan saja. Garis-garis halus dan bintik hitam akibat sinar matahari akan muncul perlahan-lahan, menandai perubahan kecil pada kulit wajah kita, seperti terjadinya pigmen berlebih dan berkurangnya kolagen ketika mulai usia 20 tahun.

Perubahan ini akan perlahan-lahan terus bertambah tanpa si pemilik wajah menyadarinya. Tau-tau pas usia udah masuk di angka 30 atau 40 baru deh kelihatan tanda-tanda penuaan ini.

Bagi yang tidak terbiasa melakukan perawatan wajah, seringnya muncul anggapan ngerawat wajah aja kok sedemikian repotnya yes. Padahal jika masing-masing menyesuaikan dengan ritme kehidupan, melakukan skincaring ini fun fun ajah.

Seperti yang kubaca di situs byrdie.com, ada beberapa kebiasaan baik yang harus diterapkan sebelum memasuki periode dekade kelima di usia kita. Adapun kebiasaan yang terkait dengan perawatan kulit wajah itu adalah :
  1. Rutin menggunakan tabir surya
    Ketika kita harus menetapkan prioritas produk perawatan kulit anti-aging apa yang rutin digunakan tiap hari, maka tak salah lagi jika memasukkan tabir surya alias sunscreen dalam top priority. Tidak ada kata terlambat untuk mulai mengenakan SPF dalam keseharian, apalagi jika kita termasuk orang yang harus terus menerus terpapar sinar matahari.
    Konsistensi adalah kunci terkait penggunaan tabir surya ini. Kita bisa mengoleskan tabir surya dengan minimal SPF 30 setiap harinya. Idealnya sih sepanjang hari ya untuk menjaga kulit agar tampak bercahaya, awet muda, dan sehat. 
  2. Eksfoliasi dua hingga tiga kali seminggu
    Bertambah usia, makin akan kulit wajah akan makin terasa tebal, kusam, dan pori-pori menjadi makin terlihat jelas. Sel-sel kulit mati menumpuk secara perlahan namun terus-menerus. Hal ini membuat kulit mulai terlihat kusam dan teksturnya kasar. Kelebihan pigmen yang terjadi akan disimpan dalam sel-sel kulit mati tersebut, sehingga warna kulit akan terlihat berubah warna atau tidak rata.
    Oleh karena itu, selain rajin membersihkan wajah, lakukan eksfoliasi dua hingga tiga kali seminggu untuk membantu pengangkatan sel-sel kulit mati ini. Eksfoliasi merupakan tindakan pengelupasan sel-sel kulit mati agar tidak makin menumpuk di wajah kita. Langkah ini bisa membantu juga penyerapan produk-produk perawatan yang lain untuk wajah kita, misalnya serum Vitamin C. 
  3. Menggunakan serum Vitamin C
    Para ahli dermatologi banyak yang setuju bahwa antioksidan dalam bentuk vitamin C penting untuk mulai digunakan ketika usia 20-an dan 30-an. Vitamin C membantu mencegah timbulnya bintik-bintik gelap dan mempertahankan kolagen pada kulit.
    Vitamin C adalah zat pencerah kulit yang hebat dengan manfaat mengencangkan, meningkatkan kolagen dan juga memiliki manfaat antioksidan dan perlindungan terhadap sinar ultra violet.
  4. Mengaplikasikan pelembab
    Kulit menjadi lebih kering, mengelupas, dan kusam seiring bertambahnya usia. Itu tandanya semakin bertambah usia, kita harus makin melindungi diri dengan menggunakan pelembab secara rutin. Kelembaban alami wajah sudah 'ngos-ngosan' istilahnya, harus dibantu dengan pelembab dari luar.
    Secara alami hyaluronic acid diproduksi oleh tubuh. Namun seiring pertambahan usia, kita membutuhkan tambahan zat aktif hyaluronic acid dari luar. Fungsinya untuk menghidrasi kulit yang kering, mengurangi keriput, dan tanda-tanda penuaan kulit lainnya. 


Merawat Kesegaran Kulit Wajah di Usia 40an


Ada yang tau aktris cantik Korea bernama Song Hye Kyo? Eleuh eleuuhh... kalau ngeliat kemulusan wajahnya bisa ngebayangin bagaimana sulitnya lalat untuk hinggap di sana. Saking licinnya booo...

Bukan rahasia lagi kalau Song Hye Kyo yang usianya jelang 40 tahun ini punya beberapa tips cantik. Baginya, kulit yang cantik itu adalah kulit yang lembab. So, ketika usia kita sudah berada di titik rawan kelembaban, sudah waktunya mengaplikasikan skincare yang membantu menjaga kelembaban wajah. 

Selain itu Song Hye Kyo juga menyarankan penggunaan serum untuk memaksimalkan kerja skincare lainnya. Serum memiliki manfaat untuk melembabkan, mengontrol kadar minyak di wajah, dan mencerahkan kulit.


1. Serum Vitamin C


Salah satu serum yang berguna untuk mencerahkan kulit adalah serum Vitamin C. Bahagia banget rasanya ketika aku menemukan serum Vitamin C yang cocok banget dengan kulit wajahku. 

Mau tau aku pake serum Vitamin C apa?




Buat aku yang semula taunya hanya pelembab saja untuk merawat kulit, berkenalan dengan produk She Derma from Marizk Serum Vitamin C via instagram @kunikitaofficial tentu saja membuat wawasanku bertambah. Ya gimana kan, tadinya cuma ngerti krim pagi dan malam saja yang khusus ada anti-agingnya untuk merawat wajah.

Ternyata lhooo... kulit juga butuh vitamin C yang memiliki fungsi sebagai berikut :
  1. Antioksidan bagi kulit yang menjaga kerusakan kulit dari efek negatif sinar matahari
  2. Mencerahkan kulit wajah dengan menghambat kerja melanosit, yaitu sel yang memproduksi warna gelap di kulit. 
  3. Melawan penuaan kulit karena vitamin C dapat meningkatkan pertumbuhan kolagen. Kulit jadi kenyal dan kerutan di kulit dapat berkurang.

Nah kan, enggak salah dong aku menjatuhkan pilihan pada serum Vitamin C yang memiliki banyak manfaat, terutama untukku yang sudah berusia 40 tahun jalan nih. Jalannya sudah agak lumayan hehehee...

Oya, sekilas tentang Kunikita, bisa dikatakan mewadahi berbagai brand lokal yang sesuai dengan gaya hidup muslim milenial. Mengusung konsep Healthy - Happy - Halal yang membuat para penggunanya tak was-was ketika menjatuhkan pilihan dari salah satu produk yang ditawarkan di Kunikita. 




She Derma Serum Vitamin C ini memiliki kemasan yang sangat elegan, berwarna kuning keemasan dari bahan plastik yang aman dan tidak mudah pecah. Menggunakan model pump, mudah sekali digunakan untuk mengeluarkan serum yang berupa cairan gel bening dengan aroma lembut.

Serum Vitamin C ini memiliki komposisi bahan yang terdiri dari :
Water, Glycerin, Propylene Glycol, Ascorbyl Glucoside, Glutathione, Tephrosia purpurea seed extract, 1,2 Propanediol USP, Xanthan gum, Diglucosyl gallic acid, DMDM Hydantoin, Fragrance, Hyaluronic acid
Salah satu kandungan yang ada di dalam serum vitamin C tadi adalah Xanthan Gum. Senyawa Xanthan gum dalam produk kecantikan memiliki fungsi meningkatkan elastisitas kulit, menjaga kelembaban, dan membantu meningkatkan kecerahan kulit wajah. Senyawa ini juga mencegah hiperpigmentasi pada kulit.

Xanthan gum sih biasanya terdapat dalam krim malam yang banyak digunakan untuk merawat kondisi kulit wajah ketika kita sedang tidur. Jadi, seneng banget dong akhirnya aku bisa punya serum Vitamin C yang ada kandungan xanthan gum-nya gini. Udah berasa dirawat pagi-siang-malam kan yaaa...




Kemasannya lumayan gede juga untuk ukuran 30 ml, agak kurang compact jika harus dibawa-bawa untuk traveling. Tapi aku sukaaa banget dengan efek yang kurasakan setelah penggunaan.

Gel ini menyerap cepat sekali ke dalam kulit, tidak terasa greasy sama sekali gituh ketika diaplikasikan. Meskipun langsung menyerap, tapi tetap terasa lembab kok di kulit. Bahkan ketika wajah terkena air setelah pemakaian, masih tersisa rasa lembab dari serum yang tadi diaplikasikan. Sukaaa deh pokoknya.

Wanginya lembut kalau menurutku, tidak masalah ketika kuaplikasikan ke wajah. Berasa wangi segar dan bikin mood membaik. Recommended pokoknya untuk penggunaan sehari-hari sebelum pemakaian pelembab dan aneka lenongan harian.



2. Foaming Facial Cleanser 



Segala macam produk skincare pasti memiliki fungsi tertentu. Seperti serum Vitamin C di atas yang memiliki fungsi utama untuk mencerahkan kulit wajah.

Namun perlu diingat, pertama kali ketika hendak mengaplikasikan aneka skincare, jangan lupa untuk membersihkan wajah terlebih dahulu. Yakali totol-totolin skincare di wajah yang kotor, malah bikin kulit wajah makin amburadul kaaan...




Masih sama dengan Vitamin C tadi, aku akhirnya menemukan facial cleanser dengan tekstur yang ringan dan beraroma lembut. Di web Kunikita pilih kategori BIA, ntar bisa kelihatan aneka produk yang ditawarkan oleh She Derma.

She Derma Foaming Facial Cleanser dikemas dalam botol berwarna putih dengan aksen garis dan huruf berwarna Gold. Tampak sederhana namun anggun banget. Kemasannya dari bahan plastik yang bikin kita nggak khawatir ntar pecah atau gimana.

Komposisi yang terkandung dalam She Derma Foaming Facial Cleanser terdiri dari :
Aqua, Potassium cocoate, Carbomer, Glycerin, Cocamidopropyl Betaine, Cocamide DEA, Hydroxyethyl Urea, Hydrolyzed Collagen, Glutathione, Coconut Oil, Olive Oil, Sodium Citrate, Fragrance, DMDM Hydantoin, Salicylic Acid
Pantesan enggak kerasa ketarik-tarik ya wajahku setelah mencuci wajah, ternyata ada kandungan minyak kelapa dan minyak zaitun. Enakeun beneran lhooo setelah membersihkan wajah menggunakan She Derma Foaming Facial Cleanser ini.




Tutupnya bermodel flip, memudahkan penggunaan, tinggal sentil aja bagian ujung tutupnya. Ketika dituang ke telapak tangan, akan nampak cairan bening berwarna kehijauan yang aromanya enaaak banget. Bau khas zaitun sih kalau menurutku.

Cara pakainya adalah dengan menuangkan sedikit cairan ke telapak tangan, basahi dengan sedikit air, lalu busakan. Baru kemudian usapkan ke seluruh wajah dan pijat-pijat perlahan. Sembari mengusap wajah, tercium aroma lembut zaitun yang enak banget untuk dihirup-hirup. Berasa rileks deh ketika mencuci wajah dengan She Derma Foaming Facial Cleanser ini.

She Derma Foaming Facial Cleanser ini tidak menimbulkan sensasi ketarik-tarik setelah selesai mencuci wajah maupun ketika wajah telah kering. Setelah pemakaian selama tiga minggu, berasa kulit terasa lebih lembab dan segar.



3. Fresh Toner


Nah, setelah selesai mencuci muka, ada lagi nih yang bikin wajah jadi makin segar.




Rose water ini paling pas digunakan sebagai toner. Setelah mencuci muka dan sebelum menggunakan skincare, semprotkan rose water ini ke wajah secara merata.

Sensasi segarnya langsung terasa beneran lhooo... aroma lembut mawarnya bikin rileks. Cosme Beauty Fresh Toner Rose Water ini merupakan serum air mawar yang berfungsi untuk melembabkan, menetralisir kulit, menjaga elastisitas kulit, mencerahkan wajah, dan menyamarkan flek hitam.

Fresh toner ini terbuat dari ekstrak Rose dan beauty water (bukan air biasa) yang disuling dengan mesin tanpa dicampur bahan pewarna apapun. 100% organik dan memiliki aroma khas mawar yang lembut.

Ada kandungan allantoin juga di dalam fresh toner ini. Manfaat allantoin antara lain :
  1. Mempercepat proses pertumbuhan sel dan jaringan kulit baru yang lebih sehat, sehingga sel kulit mati dapat tergantikan dalam waktu yang lebih singkat. 
  2. Menghidrasi dan melembabkan kulit. 
  3. Mengecilkan pori-pori kulit. 
  4. Menyamarkan bekas luka, kemerahan, dan bekas jerawat. 
  5. Mendinginkan kulit dan mencegah iritasi. 
  6. Mengurangi rasa gatal dan mencegah kulit kering/mengelupas. 
  7. Membuat kulit terasa lebih lembut dan bersih. 
  8. Mempercepat penyembuhan luka, ruam kulit, biang keringat, atau kulit mengelupas.

Ketika kurasa kulitku panas tersengat matahari saat ikutan trip bersama teman-teman blogger, beberapa kali Rose Water ini kusemprotkan ke wajah. Efek dingin langsung terasa. Jadi adeeemm gitu rasanya. Tentu saja tetap harus menggunakan tabir surya ya untuk efek perlindungan kulit yang lebih paripurna.

Gimana sih cara menggunakan Fresh Toner Rose Water ini ?




Mudah sekali cara menggunakan Rose Water ini. Buka tutup botol yang terbuat dari plastik bening. Lalu semprotkan dari jarak sekitar 15 cm dari wajah. Buliran Rose Water yang sejuk dan harum itu akan langsung mengenai wajah dan memberikan sensasi sejuk seketika.

Oya, satu fakta unik tentang Rose Water ini, ternyata bisa digunakan juga sebagai Hair Mist. Aku udah nyobain lhooo... Rambut jadi wangi dan lembut ketika dibelai. Coba aja deh.


-----------------------


Jadi, itu tadi pengalamanku menggunakan produk She Derma Serum Vitamin C, She Derma Foaming Facial Cleanser, dan Cosme Beauty Fresh Toner Rose Water. Ketiga produk ini bisa ditemukan di web Kunikita maupun di instagaram @kunikitaofficial.

Memiliki usia lebih dari 40 tahun bukan berarti harus spaneng saat melakukan perawatan wajah. Santai dan bergembira saja lah. Nikmati kesegaran kulit setiap kali melakukan perawatan. Anggaplah treatment yang kita lakukan ini merupakan penghargaan kepada diri sendiri.

Merawat tubuh yang merupakan titipan ini adalah salah satu wujud rasa bersyukur. Benar kan?


Jalan-jalan pun terasa nyaman jika kulit wajah telah terlindungi 

Nah, bagi teman-teman yang sudah usia 40 ke atas, ataupun masih 20 atau 30 yang nantinya juga bakalan 40 juga (mbulet amat siyyy kalimatnya), sudah melakutan perawatan kulit wajah apa aja nih?

24 comments:

  1. Merawat kulit itu memang sangat penting banget dan wajib dilakukan ya Mbak.

    ReplyDelete
  2. Terimakasih banyak atas informasinya Mbak, wajib dicoba nih hehe.

    ReplyDelete
  3. Sepertinya bagus banget ya Mbak, jadi ingin mencoba juga nih hehe.

    ReplyDelete
  4. Ternyata manfaat dari allantoin ini banyak banget ya Mbak.

    ReplyDelete
  5. Rekomendasi banget ya Mbak, kulit jadi langsung terasa segar. wajib dicoba nih.

    ReplyDelete
  6. Keren banget ya usia 40++ blm ada garis halus di wajah. Produk skin carenya boleh dicoba, nih

    ReplyDelete
  7. Saya mungkin salah satu yang tetap santuy dengan kondisi kulit wajah. Saya sudah memasuki usia 40 tahun ini. Tapi saya beneran cuek saja dengan kondisi penuaan. Saya tidak melakukan perawatan apapun. Kenapa? Ya karena saya tidak punya. Itu saja. Dalam hati ya pengen juga seperti para sosialita sana yang selalu update terkait skincare. Tapi pikiran itu saya buang jauh,update beli beras dan kuota yang jadi kebutuhan primer saja suka masih keteteran.
    Usia 40 tetap saya sukuri. Meski mungkin caranya berbeda.

    ReplyDelete
  8. Mba Uniek keceeeee banget!
    Aku juga mau coba She Derma, moga2 diriku juga bisa kinclong membahana kayak mba Uniek meski usia udah masuk 40++
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  9. Kebetulan Mbak,lagi nyari serum vitamin C nih, baru pakai pembersih, pelembab dan tabir surya aja

    ReplyDelete
  10. Mewarat wajah tuh emang diniatkan buat menghargai diri sendiri. Jangan lupa bahagia juga. Aku dulu gak mikir soal perawatan. Setelah usia 25, mulai kerasa deh. Kudu rajin2 biar usia 40 pun masih kinclong

    ReplyDelete
  11. Saya justru baru mulai rutin melakukan perawatan menjelang kepala 4. Dulu cuek banget karena merasa kulit wajah nyaris gak pernah jerawatan. Padahal masalah kulit wajah gak hanya jerawat, ya.

    Awal rajinnya karena mula khawatir kalau sampai timbul kerutan halus. Jadi pencarian skincare dimulai deh :D

    ReplyDelete
  12. kalau kata dokterku di klinik, pas masih mudah emang kulih normal terlihat baik baik aja, tapi kalau nggak dirawat nanti kelihatan atau muncul fleknya pas udah tua,,

    untungnya untuk yang berusia juga ada solusinya :D

    ReplyDelete
  13. Perawatan wajah itu sangat penting sekali ya, mbak. Apa lagi sudah menginjak usia 25 tahun ke atas itu wajib banget penggunakan skincare rutin.

    Aku penasaran sama serum vitamin C nya nih mbak :)

    ReplyDelete
  14. Aku jg semenjak pake serum lumayan lembab nih wajah... Lbh asyik lg sih perawatan ke skincare ya..hehe

    ReplyDelete
  15. Tabir surya itu wajib banget bahkan sebelum 40-an sih mbak. Hehehe biar nanti gak repot kan di usia segitu kena masalah pigmentation belum lagi kerutan. Hiks-hiks makasih tips nya. Mmuuah

    ReplyDelete
  16. Oooh ini tips buat nanti kalau aku masuk usia 40 kan ya mbak :-D
    EH tapi aku ska Eksfoliasi kulit juga kok di rumah biar muda terus kaya Mbak Uniek

    ReplyDelete
  17. Saya juga pakai produk skincare shederma, suka banget, mba Uniek, kulit jadi lebih cerah, berasa muda lagi hehehe

    ReplyDelete
  18. Kesegarandan kecantikan kulit itu emang harus dirawat ya mba, bukan di edit hehe.. apalagi aku juga nih menjelang usia 40 tahun.. wajib dan kudu banget dirawat, supaya ngga mengalami menuaan dini juga.. yuk ah mulai menghargai dan mencintai diri sendiri dengan senantiasa merawat kulit

    ReplyDelete
  19. Makin bergambahnya usia justri makin kudu perawatan ya mba uniek, aku 30 plus baru kenal skin care sama pake tabir surya huhu telat banget sihnya. Btw suka aku saka fresh toner yang model spray gitu jadi lebih praktis menurutku.

    ReplyDelete
  20. i feel you mba... aku nih makin ngerasa kok makin tambah usia, selain makin jerawatan terus juga garis garis halus cepet banget munculnya. hiks hiks.
    skincare nggak boleh lupa kalau begitu ya. btw, aku jadi penasaran sama skincare yang direview. pengen cobaaa hehe

    ReplyDelete
  21. Tentunya kita juga hepi dan nyaman ya Mbak kalau punya kulit wajah bening dan segar gitu. Jadi memang kudu banget perawatan kulit sedini mungkin. Baik masih berumur 20 atau 30 tahun. Begitupula bila sudah menginjak umur 40an. Btw boleh juga nih rekomendasi produk skincarenya

    ReplyDelete
  22. Geli ngeliatin face tonernya pas nyemprot di mba Uniek wakakak
    aku baru tahu brand ini mba Uniek, untuk usia 40 tahun ke atas kah ya?
    Mau ih ibuku make ini biar kulitnya kenceng terus kayak mba Uniek

    ReplyDelete
  23. pakai Face Toner Rose Water itu kayaknya segar banget ya Mbak, noted nih perawatannya :)

    ReplyDelete
  24. Memasuki usia 40, kulit wajah terutama memang mengalami banyak perubahan. Buat aku yang tak terlalu peduli dengan perawatan wajah sekarang menyesal jadinya. Hiks. Makanya akhir-akhir ini jadi rajin nih berburu berbagai review produk perawatan wajah. Memang agak terlambat sih peduli dengan kulit wajah, tapi mau gimana lagi. Makasi atas saran produknya ya, Mbak

    ReplyDelete