29 Agustus 2020

Sama-sama Tangguh, Pilih Ibook atau ExpertBook B9450?


Sudah ngapain aja nih selama pandemi? Semoga tetap bisa aktif dan bebas berkarya ya. Harapannya sih masa-masa sulit pandemi ini tidak membuat kita melempem dan lemes. Harus tetap tangguh dooongg..


Semua orang tanpa terkecuali harus bisa bertahan dalam kondisi serba sulit ini. Tak terkecuali mereka yang berstatus ibook alias ibu a.k.a mama or sebutan lain sejenisnya untuk para bunda yang banyak disebut orang sebagai makhluk paling tangguh di dunia.

Eits.. ada yang enggak setuju kah dengan pendapat di atas? Okay fine tak masalah. Nanti kalian yang tidak setuju bakalan tercengang setelah membaca apa yang kutulis di bawah ini, bagaimana seorang ibook punya performance yang ga kalah hebat dibandingkan dengan laptop tercanggih saat ini.

Nah loh, ibu kok dibandingin sama laptop, yang nulis ini waras apa kagak siiiyy... Sebelum badai cercaan dan gibahan makin membahana mengalahkan pedasnya ucapan Bu Tejo, let me introduce the most powerful business laptop from ASUS. 

Siapa sih ya yang enggak kenal ASUS, produsen laptop terkemuka di dunia. Sudah bertahun-tahun juga aku menggunakan laptop ASUS dan so far semuanya amat membantu pekerjaanku sebagai blogger dan content writer

Jika tadi aku menyoal tentang ketangguhan, maka semua itu tak lepas dari keprihatinan pada kondisi super sulit yang dialami semua orang ketika pandemi menguasai bumi. Makin banyak orang yang harus berjuang sekeras dan secerdas mungkin untuk bisa bertahan.

Salah satu yang terkena imbas dari keterpurukan ekonomi saat ini adalah para pebisnis. Usaha yang telah dilakukan bertahun-tahun seakan tersapu badai dalam sekejap. Impian untuk mendapatkan kejayaan perlahan-lahan terkikis dengan makin sulitnya mendapatkan bahan baku, keterbatasan gerak, dan sempitnya peluang.

Tak salah kan kalau kemudian kutulis bahwa hanya yang tangguhlah yang bisa melalui ini semua. Bagaikan sosok ibu yang dalam kondisi seperti apapun selalu tegak berdiri untuk memperjuangkan semua yang terbaik untuk keluarganya. 

Filosofi yang sama pun terlihat pada ketangguhan salah satu laptop bisnis besutan ASUS yang telah dirilis pada bulan Juni 2020 silam. Yuk kita bedah satu per satu fitur andalan ASUS ExpertBook B9450 yang mengadopsi dari ketangguhan seorang ibu bagi keluarganya. 



1. Powerful Performance


Salah satu ketangguhan yang ditunjukkan oleh seorang ibu adalah kekuatan yang ada dalam dirinya. Dalam kondisi apapun, seorang ibu akan selalu berusaha tampil kuat dan mengerahkan kemampuan terbaiknya demi melindungi keluarga.

Nggak jauh beda kan jika kita menilik kemampuan yang disematkan oleh ASUS ke dalam laptop bisnis baru andalannya ini.  


Perangkat yang dapat diandalkan tidak hanya sekadar tangguh, ringkas, dan ringan, tetapi juga memiliki performa kencang sehingga tidak ada pekerjaan dan proses bisnis Anda yang terganggu saat menggunakannya.
- Jimmy Lin, ASUS Regional Director Southeast Asia

Masih teringat saat mengikuti launching secara daring pada tanggal 2 Juni 2020 lalu, ASUS Regional Director Southeast Asia, Jimmy Lin mengatakan bahwa ASUS ExpertBook B9450 tampil dengan hardware berteknologi terkini sehingga dapat memastikan seluruh kegiatan bisnis dapat berjalan tanpa hambatan.

Menjalankan keseharian tanpa hambatan tuh ciri-ciri seorang ibu yang tangguh. Jika kita cermati kesamaannya dengan performance ExpertBook B9450, maka dua pengandaian yang bisa dianalogikan terkait kemampuan andal tadi terlihat seperti ini:



 
Yang setuju dengan infografis di atas boleh tunjuk tangan lhooo... Jika perempuan akan kupeluk dan kucium, sedangkan kalau laki-laki ya cukup ucapan terima kasih saja. πŸ˜„

Bisa jadi kalian akan geli melihat perbandingan ini. Tapi misal mau jujur loh yaaa... bakalan sepadan lah ketika membandingkan seorang ibu dengan laptop bisnis kekinian dalam hal daya tahan dan kemampuan multitasking.

Okay, kita bahas lebih lanjut tentang ExpertBook B9450 yaaa... Ada 2 hal penting yang bisa dijadikan standar powerful performance-nya, yaitu : 

  1. Prosesor 10th Gen Intel Core Terbaru

    ExpertBook B9450 ditenagai oleh prosesor Intel Core 10th Gen terbaru yang hadir dengan performa lebih baik dari generasi sebelumnya. Prosesor generasi terbaru dari Intel tersebut tidak hanya powerful tetapi juga hemat daya, serta telah dilengkapi dengan berbagai fitur modern, seperti dukungan terhadap Wi-Fi 6 (802.11ax) dan Thunderbolt 3. Prosesor 10th Gen Intel Core yang digunakan di ExpertBook B9450 tampil dengan cTDP sebesar 10 hingga 25 Watt, membuat daya tahan baterai lebih panjang berkat konsumsi dayanya yang rendah.

    ASUS ExpertBook B9450 hadir dengan dua varian prosesor 10th Gen Intel Core. Varian yang menggunakan Intel Core i5-10210U hadir untuk pengguna dengan kebutuhan standar, sementara pengguna yang membutuhkan performa lebih dapat memilih ExpertBook B9450 yang mengusung prosesor Intel Core i7-10510U. Kedua prosesor tersebut menggunakan konfigurasi 4 core dan 8 thread sehingga sangat mumpuni untuk menunjang kegiatan sehari-hari.




  2. Memenuhi Standar Kualifikasi Intel Project Athena

    ASUS ExpertBook B9450 merupakan salah satu laptop yang menjadi bagian dari Project Athena yang digagas oleh Intel. Project Athena merupakan sebuah inisiatif dari Intel untuk menghadirkan standar baru di dunia komputasi mobile. Laptop yang merupakan bagian dari Project Athena harus memenuhi standar kualifikasi khusus dari Intel, mulai dari fitur, performa, responsivitas, hingga daya tahan baterai. Tujuan Project Athena adalah menghadirkan laptop dengan standar mobilitas tinggi untuk pengguna di seluruh dunia.

    ASUS ExpertBook B9450 telah memenuhi standar untuk menjadi bagian dari Project Athena. Selain didukung prosesor 10th Gen Intel Core yang memiliki performa tinggi serta hemat daya, ExpertBook B9450 juga didukung oleh memori berkapasitas besar yaitu hingga 16GB yang mendukung fitur dual channel, serta dua buah media penyimpanan menggunakan NVMe PCIe x4 SSD dengan kapasitas hingga 2TB. Kombinasi komponen tersebut membuat ExpertBook B9450 memiliki performa dan responsivitas kencang, serta daya tahan baterai yang panjang sesuai dengan visi Project Athena.


2. Ketangguhan Berstandar US Military Grade


ASUS ExpertBook B9450 didesain untuk pebisnis yang sangat mobile dan ketangguhan adalah hal yang tidak bisa dikompromi karena laptop ini harus dapat diandalkan sepanjang waktu. Untuk memenuhi ekspektasi tersebut, ExpertBook B9450 hadir dengan sejumlah fitur yang membuatnya semakin tangguh. Ketangguhannya pun teruji karena ExpertBook B9450 telah menerima sertifikasi lolos uji ketahanan berstandar militer AS (MIL-STD 810G). 




Selain itu ExpertBook B9450 juga telah lolos dalam serangkaian uji ketangguhan ekstrem. Sebanyak 21 jenis pengujian ekstrem telah dijalani oleh unit ExpertBook B9450, seperti uji durabilitas engsel, uji durabilitas port, uji tekanan ekstrem pada bagian layar, uji durabilitas keyboard, uji jatuh dari ketinggian tertentu, uji getaran, hingga uji penggunaan di ketinggian serta suhu ekstrem. ExpertBook B9450 pun dinyatakan lolos semua pengujian tersebut. 

Laptop ini juga dilengkapi dengan mekanisme khusus yang membuatnya tetap terlindungi bahkan dari kejadian yang tidak terduga seperti tumpahan air dan terjatuh. Struktur internal ExpertBook B9450 dilengkapi dengan kontruksi pelindung ekstra yang memastikan setiap engsel, port, dan bagian rentan lainnya terlindungi. Komponen sensitif seperti motherboard juga dilengkapi dengan peredam getaran, serta struktur dengan desain grid pada rangka ExpertBook B9450 memperkokoh keseluruhan bodinya. 




Keyboard dengan fitur spill-resistant atau tahan terhadap tumpahan cairan juga melangkapi ketangguhan ExpertBook B9450. Laptop ini tidak akan rusak seketika saat minuman kita secara tidak sengaja tumpah ke bagian keyboard-nya. Tidak hanya data bisnis yang berharga dapat terselamatkan, laptop pun tetap masih bisa digunakan. 

ExpertBook B9450 menggunakan bodi berbahan magnesium lithium yang diproduksi melalui teknik CNC milling dengan 21 tahap manufaktur, membuat bodinya tidak hanya kokoh tetapi juga memiliki detail yang presisi. Bodinya juga dilapisi menggunakan metode Micro-Arc Oxidation (MAO) Composite Coating sehingga terhindar dari kerusakan fisik akibat oksidasi dan korosi.

Well, semua perlindungan yang diberikan untuk ExpertBook tadi nggak jauh beda lah dengan yang diberikan secara alamiah oleh seorang ibu. Dengan kekuatan matahari, bulan purnama dan doa yang selalu dipanjatkan, seorang ibu akan memberikan perlindungan terbaik bagi keluarga dan anak-anaknya.



Jika kalian begitu risau dengan menanyakan apakah sebuah laptop sudah memiliki perlindungan military grade, maka ketika melihat seorang ibu, udah deehh ga usah diragukan lagi dia masuk grade apa. Secara dunia dan akhirat kemampuan terbaiknya diberikan untuk mendidik dan mengarahkan anak-anaknya ke jalan kebaikan. 

Seorang ibu yang penuh tuntutan agar bisa pintar ketika diajak berbicara, pintar mengajarkan ibadah ke anak-anaknya, bisa memasak, mencuci, membersihkan rumah, mencari nafkah dan mengurus keluarga. Harus cari sertifikat apa cobaaa kan untuk bisa menghargai ketangguhan ibu di segala bidang dan suasana itu? 

Jangankan hanya untuk ketumpahan kopi seperti contoh kekuatan ExpertBook di atas tadi, ketumpahan sejuta problema aja udahlah libas habis tuh. Sosok seorang ibu yang tahan banting memang amat menginspirasi terciptanya laptop yang berstandar military grade ini, setuju?



3. Premium User Experience


ASUS memperkenalkan ExpertBook B9450, sebuah laptop bisnis premium dengan yang hadir khusus untuk para pebisnis yang mobile dan dinamis. Dirancang khusus untuk bekerja secara mobile, ExpertBook B9450 dilengkapi dengan fitur video conference terbaik sehingga kita tetap dapat menjalankan bisnis di manapun dan kapanpun. 

“Dunia bisnis yang sangat dinamis menuntut setiap pebisnis untuk lebih cepat dalam merespon setiap dinamikanya. Untuk itulah mereka membutuhkan perangkat yang tidak hanya kencang dan mudah dibawa bepergian, tetapi juga mampu mengakomodasi kegiatan bisnis saat berada di luar kantor seperti video conference.”
 ~ Jimmy Lin, ASUS Regional Director Southeast Asia

ASUS ExpertBook B9450 dirancang khusus untuk mengakomodasi kemudahan bertatap muka karena telah dilengkapi dengan berbagai fitur yang dapat membuat sesi ‘meeting online’ lebih produktif dan tanpa gangguan. 

Banyak kaum eksekutif secara berkala melakukan video conference. Sayangnya, video conference masih memiliki banyak kendala khususnya dari segi perangkat yang digunakan. Beberapa kendala tersebut adalah masalah pada privasi dan keamanan, audio yang kurang baik, serta masalah pada konektivitas. ExpertBook B9450 memiliki solusi atas semua permasalahan tersebut. 





Kamera dengan Perlindungan Privasi. ASUS ExpertBook B9450 memiliki kamera yang tidak hanya berkualitas, tetapi dilengkapi dengan berbagai fitur. Kamera yang digunakan di ExpertBook B9450 adalah IR camera dengan resolusi HD yang sangat mumpuni untuk kegiatan video conference. 

Selain itu, kamera tersebut juga telah mendukung fitur Windows Hello facial recognition sehingga dapat digunakan sebagai sarana keamanan ekstra. Bagi pengguna yang menginginkan keamanan dan privasi ekstra, ExpertBook B9450 juga telah hadir dengan fitur webcam shield. Fitur tersebut membuat kamera di ExpertBook B9450 dapat ditutup secara fisik untuk menjaga privasi. 


Audio Terbaik. ASUS ExpertBook B9450 hadir dengan speaker yang telah mendapatkan sertifikasi dari Harman / Kardon. Selain memiliki kualitas suara yang sangat baik, speaker pada ExpertBook B9450 juga telah dilengkapi dengan fitur Smart Amps Chip. Fitur tersebut memungkinkan speaker dapat mengontrol frekuensi suara secara cerdas sehingga mencegah kerusakan fisik pada speaker. 

ExpertBook B9450 juga hadir dengan mikrofon yang dirancang khusus untuk kegiatan video conference. Laptop ini memiliki empat mikrofon yang ditempatkan secara khusus dan dilengkapi dengan 360-degree far field yang memungkinkannya untuk merekam suara lebih jelas. Mikrofon di ExpertBook B9450 dilengkapi dengan fitur noise cancelling yang memungkinkan suara di sekitar dapat diredam sehingga tidak mengganggu sesi video conference Anda. 


Okay, jadi penting banget kan ya kemampuan kamera, perlindungan privasi, speaker dan mic yang mumpuni bagi pengguna laptop bisnis. Jika untuk kepentingan menggunakan laptop saja requestnya sudah demikian pelik, gimana coba kita menilai ketangguhan seorang ibu menciptakan bonding menyeluruh dengan keluarga?




Tuuhh lihat kaann.. kemampuan luar biasa loh yang dimiliki seorang ibook. Apa saja bisa di-handle olehnya. Ibu merupakan kamera pertama yang menunjukkan anak pada dunia. Bahkan hingga si anak tumbuh dewasa, si kamera tahan banting dan super automatic ini tetap tak lelah memberikan 'terjemahan' pada realitas kehidupan.

Speaker dan mic-nya juga sangat sangat setel-able, menyesuaikan kondisi hati keluarga. Bahkan kadang ketika ibook sedih pun, masih bisa menyampaikan pesan dengan bahagia agar keluarga tak tahu dia sedang memiliki masalah. Yang penting keluarga bahagia. Gitu kan yaaa.... *ihiks



4. Modern Connectivity


Salah satu keunggulan ExpertBook B9450 adalah hadir dengan fitur konektivitas yang super lengkap namun tetap dalam balutan bodi yang sangat ringkas. Tidak hanya opsi konektivitas modern yang menggunakan interface USB Type-C, legacy port seperti USB Type-A dan HDMI tetap hadir di ExpertBook B9450. 

Tidak hanya itu, ExpertBook B9450 juga dilengkapi dengan konektivitas melalui ethernet (LAN) yang dapat dilakukan menggunakan adapter khusus melalui port Micro HDMI. ExpertBook B9450 sendiri telah dilengkapi dengan chip mac address permanen sehingga laptop ini telah mendukung penggunaan dalam skala enterprise dimana setiap laptop perusahaan harus memiliki physical address agar mudah di-manage dan dikenali. 




ExpertBook B9450 dilengkapi dengan dua port Thunderbolt 3 yang hadir menggunakan interface USB Type-C. Thunderbolt 3 merupakan port berteknologi terkini yang tidak hanya dapat digunakan untuk melakukan transfer data. Thunderbolt 3 di ExpertBook B9450 memiliki fungsi lain, yaitu sebagai 4K display output serta fasilitas pengisian daya. 






Thunderbolt 3 juga membuat ExpertBook B9450 dapat dihubungkan dengan berbagai perangkat modern. Sebagai contoh, pengguna yang menginginkan performa grafis lebih kencang dapat menghubungkan ExpertBook B9450 dengan perangkat kartu grafis eksternal seperti ROG XG Station 2 melalui port Thunderbolt 3. 

Selain memiliki port yang sangat lengkap untuk sebuah laptop berukuran sangat ringkas, ExpertBook B9450 juga hadir dengan teknologi konektivitas nirkabel paling modern. Sebuah modul Wi-Fi 6 (802.11ax) hadir di ExpertBook B9450 untuk memastikan penggunanya tetap dapat terkoneksi dengan kecepatan tinggi.  

Wi-Fi 6 (802.11ax) merupakan teknologi Wi-Fi terbaru yang akan menggantikan Wi-Fi 5 (802.11ac). Teknologi nirkabel terbaru ini hadir dengan kecepatan transfer data yang lebih tinggi serta konektivitas yang lebih stabil. Selain Wi-Fi 6 ExpertBook B9450 juga dilengkapi dengan Bluetooth 5.0 sebagai sarana konektivitas ke berbagai perangkat nirkabel lainnya.

Masih butuh konektivitas yang lebih stabil lagi?




Coba tanya pada ibook yang ada di foto itu, meskipun mukanya sudah menampakkan gejala erupsi level galaksi, apa sih yang tidak bisa dia lakukan untuk memperlancar kehidupan anak-anaknya? Ga sekadar transfer data ataupun performa grafis saja yang bisa dia lakukan. Transfer doa, transfer duit, bahkan peningkatan performa belajar anak aja beres deeehh... 

Masih mau ngebandingin lagi? 


5. Enterprise Grade Security


ASUS ExpertBook B9450 hadir dengan serangkaian fitur keamanan kelas enterprise, yang artinya telah memenuhi standar korporasi besar. Dimulai dari keamanan privasi pengguna, ExpertBook B9450 sudah mendukung fitur Windows Hello sehingga penggunanya tidak perlu lagi mengetikkan password untuk masuk ke dalam sistem. Dua opsi login menggunakan sistem biometrik pun disediakan di ExpertBook B9450, yaitu melalui fingerprint sensor dan facial recognition sensor. 

ExpertBook B9450 memiliki fitur yang memungkinkan pengguna laptop ini untuk mengunci BIOS dan SSD-nya menggunakan sistem proteksi password. Jika diaktifkan, pengguna yang ingin mengubah pengaturan BIOS atau mengakses data di SSD harus memasukkan password terlebih dulu sebelum dapat benar-benar mengaksesnya. 




Laptop bisnis premium ini juga memiliki fitur ekstra yang tidak dapat ditemukan di laptop mainstream. Pertama adalah fitur USB Storage Block yang memungkinkan pengguna ExpertBook B9450 tidak dapat menghubungkan USB flash disk atau penyimpanan eksternal lainnya tanpa izin dari administrator. Hal tersebut dikarenakan USB flash disk dapat berisi malware yang bisa menyebar melalui jaringan internal perusahaan. 

Fitur lainnya adalah Secure File Shredder. Sesuai dengan namanya, fitur ini memungkinkan pengguna untuk menghancurkan file digital hingga tidak dapat dipulihkan menggunakan metode apapun. Fitur ini berguna agar hacker tidak bisa memulihkan dan mengakses data yang telah dihapus. 

Sebagai sebuah laptop bisnis premium, ExpertBook B9450 juga telah mendukung sistem manajemen IT kelas enterprise. Hadir dengan sistem operasi hingga Windows 10 Pro, ExpertBook B9450 dapat diatur untuk terhubung ke jaringan intranet perusahaan secara cepat dan aman, serta kapanpun dan dimanapun. Dukungan terhadap aplikasi ASUS Control Center dan ASUS Business Center juga membuat tim manajemen IT dengan mudah melakukan control dan manajemen terhadap ExpertBook B9450, bahkan dari jarak jauh. 

ASUS ExpertBook B9450 dibangun di atas fitur Trusted Platform Module. Fitur tersebut memungkinkan data dalam perangkan serta aktivitas datanya diproses melalui sistem enkripsi. Di dalam ExpertBook B9450 terdapat sebuah chip khusus yang berisikan RSA encryption key unik yang hanya tersedia dan dapat digunakan oleh satu perangkat saja. Dengan demikian data yang dienkripsi di ExpertBook B9450 tidak akan bisa dibaca atau diakses di perangkat lainnya.



6. Enhanced Cooling System


“Performa yang stabil merupakan fitur wajib bagi sebuah laptop bisnis dimana penggunanya dituntut untuk dapat produktif dan merespon dengan cepat setiap saat.” 

ASUS ExpertBook B9450 yang telah dilengkapi dengan sistem pendingin khusus mampu memastikan semua komponen di dalamnya selalu bekerja secara optimal. Hal ini membuat para penggunanya selalu dapat bekerja dengan nyaman dan tenang.

Salah satu tantangan tim pengembang ASUS adalah bagaimana menghadirkan sistem pendingin yang mumpuni ke dalam bodi ExpertBook B9450 yang sangat mungil. Untuk itulah berbagai inovasi dihadirkan ke dalam sistem pendingin untuk laptop bisnis paling ringan di dunia ini. 




Sistem pendingin yang digunakan di ExpertBook B9450 adalah Advanced Thermal Module. Sistem pendingin tersebut hadir dengan dimensi 25% lebih kecil dari sistem pendingin laptop pada umumnya namun tetap mempu memberikan performa pendinginan yang mumpuni. Menggunakan sistem pendingin ini, ASUS ExpertBook B9450 tetap dapat mempertahankan performanya secara optimal sepanjang waktu serta tampil dengan bodi yang tipis, ringkas, dan ringan. 

Kelebihan utama dari Advanced Thermal Module ini yaitu : 
  1. Sistem pendinginnya menggunakan tilted heatsink design, dimana heatsink yang digunakan hadir dengan desain khusus sehingga dapat mengalirkan udara secara optimal. 
  2. Struktur sistem pendinginnya, mulai dari heatpipe, heatsink, hingga case untuk kipas, merupakan satu bagian dan bukan terdiri dari beberapa bagian yang disambung. Desain ini sanggup meningkatkan performa pendinginan khususnya pada proses pelepasan panas dari komponen pendingin. 
  3. Setiap sirip (fin) yang ada di heatsink dibuat menggunakan bahan alluminium alloy. Bahan tersebut memiliki performa pelepasan panas yang sama dengan tembaga yang banyak digunakan di laptop pada umumnya, namun memiliki bobot yang lebih ringan.  



Salah satu yang membuat ExpertBook B9450 berbeda dengan laptop lainnya adalah kehadiran lapisan anti panas di bagian dalam bodinya. Lapisan tersebut hadir membungkus komponen utama ExpertBook B9450 sehingga sebagian besar panas yang dihasilkan dapat disalurkan melalui sistem pendinginnya. Lapisan anti-panas ini tak lain adalah graphite sheet yang dipasang di bawah keyboard dengan fungsi utamanya adalah mencegah panas berlebih untuk menyebar ke bagian keyboard

Graphite sheet yang digunakan di ExpertBook B9450 pun lebih lebar dan menutupi hampir seluruh bagian di bawah keyboard. Dengan teknik tersebut, panas dari setiap komponen dapat disalurkan dengan baik dan tidak menyebar ke bagian keyboard dan sekitarnya, sehingga pengguna ExpertBook B9450 akan tetap merasa nyaman saat bekerja.

Sama dong dengan posisi ibook yang selalu menjadi 'sistem pendingin' andal bagi keluarga. Dalam kehidupan, nggak hanya laptop panas saja yang bikin kisruh. Suasana hati yang memanas maupun aktivitas anak yang membuatnya lelah maupun terluka pun bakalan terjadi. Pasti itu. 



 
Siapa yang bakal dicari anak ketika dia kelelahan atau terjatuh. Ibuk lah pastiiii... Jika ExpertBook B9450 punya Advanced Thermal Module, ibuk punya Advanced Love Module. Semua solusi kelelahan dan kepanasan udah deehh... pasrahin aja sama ibuk. Dijamin selesai dalam waktu sekejap. 😍


7. Baterai Tahan 24 Jam


ASUS ExpertBook B9450 diciptakan sebagai sebuah laptop bisnis inovatif dengan daya tahan baterai 24 jam. Laptop ini dirancang untuk makin mempermudah seluruh kegiatan bisnis yang kita lakukan. Ciri-ciri laptop bisnis yang paling dibutuhkan tentu saja : mudah dibawa bepergian dan dapat menemani kita bekerja seharian, dimanapun dan kapanpun. 

Waktu adalah hal yang paling berharga dalam bisnis. 

ExpertBook B9450 membuat penggunanya tidak perlu lagi rempong mencari terminal listrik. Siapa pun yang menggunakan ExpertBook B9450 dapat bekerja seharian tanpa harus terhubung ke colokan listrik. 

Kok bisa gitu siiihh... 

Iyesss... Semua itu berkat kemampuan baterai ExpertBook B9450 yang mampu bertahan hingga 24 jam. Semua aktivitas pebisnis pun akan berjalan semakin lancar. ASUS ExpertBook B9450 hadir dengan dua varian baterai. Varian yang menggunakan baterai 33Wh dapat bertahan hingga 12 jam penggunaan, sedangkan varian yang menggunakan baterai 66Wh dapat bertahan hingga 24 jam penggunaan. 




Berat dong yaaa biasanya kalau laptop memiliki baterai gahar gini? Enggak dooongg... Meski memiliki kapasitas baterai yang besar, ExpertBook B9450 tetap tampil sebagai laptop yang sangat ringan dengan bobot kurang dari 1 kilogram. 

Daya tahan baterai yang panjang pada ExpertBook B9450 merupakan perpaduan dari berbagai teknologi terkini, mulai dari prosesor hingga layar. Para ahli di ASUS juga telah berhasil melahirkan inovasi dengan memaksimalkan setiap ruang di ExpertBook B9450 agar dapat diisi oleh baterai. Dengan demikian, ExpertBook B9450 tetap mampu tampil sangat ringkas meski memiliki kapasitas baterai yang sangat besar. 



Selain baterai yang gahar, ExpertBook B9450 juga hadir dengan layar khusus berteknologi Panel Self Refresh (PSR). Teknologi ini memungkinkan layar pada ExpertBook B9450 mengkonsumsi daya jauh lebih rendah dari layar standar yang digunakan di laptop pada umumnya

Tentu sudah banyak yang paham ya jika layar tuh merupakan salah satu komponen dengan konsumsi daya paling tinggi di sebuah laptop. Layar berteknologi PSR dilengkapi dengan memori khusus yang terintegrasi. Berkat memori tersebut, setiap tampilan statis pada layar dapat diproses tanpa melalui chip grafis sehingga konsumsi daya dapat dikurangi hingga ke angka 1 Watt, sedangkan pemrosesan tampilan layar menggunakan chip grafis dapat memakan daya hingga 3 Watt. 

Layar berteknologi PSR sangat cocok untuk pengguna yang sering menjalankan aplikasi bisnis dan kantoran seperti Microsoft Office, serta membuka dokumen PDF dan gambar statis. Uhuuyy... pas banget nih untuk ibu tangguh kayak diriku, yang banyak bekerja menggunakan aneka ragam aplikasi Office serta harus membuka banyak data dan gambar.



8. Desain yang Inovatif


Nah, salah satu andalan dari ExpertBook B9450 adalah desainnya yang inovatif. Hadir dengan desain ErgoLift, memungkinkan bodi utama dan keyboard ExpertBook B9450 terangkat saat digunakan dan membentuk sudut 5 derajat. 




Posisi keyboard tersebut membuat pengguna ExpertBook B9450 lebih nyaman ketika mengetik sekaligus menghadirkan rongga udara ekstra di bagian bawah laptop ini. Rongga udara yang dihasilkan dari ErgoLift memiliki dua fungsi. 

Pertama adalah memastikan aliran udara pada sistem pendinginan tetap optimal sehingga setiap komponen di ExpertBook B9450 dapat bekerja optimal sepanjang waktu. Sementara fungsi kedua adalah rongga tersebut membuat speaker yang berada di bawah bodi ExpertBook B9450 dapat tampil lebih kencang dan jelas. 

Desain ErgoLift di ExpertBook B9450 berbeda dengan yang digunakan di laptop ASUS pada umumnya. Kali ini, layar ExpertBook B9450 dapat dibuka hingga 180 derajat sehingga memudahkan Anda untuk berbagi tampilan layar dengan mudah dan cepat. 

Keyboard dan touchpad merupakan alat kontrol utama di ExpertBook B9450. Untuk itulah ASUS menghadirkan berbagai inovasi pada keyboard dan touchpad yang kali ini khusus dirancang untuk meningkatkan produktivitas ketika bekerja. Selain nyaman untuk mengetik, keyboard ExpertBook B9450 memiliki fitur spill resistant. Keyboard ExpertBook B9450 mampu bertahan ketika terkena tumpahan air sehingga membuat ExpertBook B9450 lebih tangguh dari laptop pada umumnya. 




Selain itu, keyboard ExpertBook B9450 juga telah dilengkapi dengan backlight yang dapat diatur tingkat kecerahannya melalui tombol shortcut yang ada di keyboard bagian atas. Selain tombol untuk mengatur kecerahan, terdapat juga berbagai tombol shortcut untuk mempermudah penggunaan. Beberapa di antaranya adalah tombol shortcut untuk men-capture layar, membuka aplikasi MyASUS, logout dari akun Windows yang sedang digunakan, serta menonaktifkan webcam.



9. Laptop Paling Ringan dan Ringkas di Dunia


Ada satu lagi kelebihan dari ExpertBook yang sengaja kutulis paling terakhir. Soalnya kalau yang satu ini, kayaknya ibook penulis artikel ini ga bisa menandingi hehehe... Duuuuh... 😁



ExpertBook B9450 memang dirancang oleh ASUS sebagai sebuah laptop bisnis inovatif dengan bodi paling ringkas dan ringan di dunia. Ya dengan maksud untuk mempermudah seluruh aktivitas para pebisnis gitu looohh.. mudah dibawa bepergian dan dapat menemani kerja seharian.

“Pebisnis profesional saat ini dituntut untuk dapat bekerja secara mobile, dan untuk itulah mereka membutuhkan sebuah laptop yang tidak hanya powerful tetapi juga ringkas serta ringan.”
~ Jimmy Lin, ASUS Regional Director Southeast Asia. 


Ketika melakukan perjalanan bisnis,  ExpertBook B9450 ini tidak akan merepotkan karena memiliki bobot yang sangat ringan. ExpertBook B9450 akan membuat kegiatan bisnis menjadi lebih mudah.

ASUS ExpertBook B9450 merupakan laptop bisnis paling ringan di dunia dengan bobot hanya 870 gram. Selain itu, ExpertBook B9450 juga memiliki dimensi yang sangat ringkas dengan bodi lebih kecil dari kertas A4 dan tidak lebih tebal dari baterai AA. Semua itu merupakan hasil mahakarya para ahli di ASUS yang berhasil memadukan desain dengan bahan terbaik yang pernah digunakan di sebuah laptop bisnis. 

ASUS ExpertBook B9450 menggunakan bahan khusus yaitu magnesium lithium. Bahan tersebut lebih ringan dari berbagai bahan yang digunakan di laptop lainnya, seperti magnesium aluminium dan aluminium alloy. Material magnesium lithium sangat ringan.  

Proses pembuatan bodi ExpertBook B9450 juga tidak sembarangan. Keseluruhan proses pembuatannya melalui 21 tahap manufaktur sehingga menghasilkan bodi yang tidak hanya kokoh namun juga presisi dan detail. 

ExpertBook B9450 juga menggunakan desain fair-faced concrete yang dibentuk sangat presisi. Desain tersebut tidak hanya membuat ExpertBook B9450 semakin kokoh namun juga terlihat premium dan istimewa. 

Keseluruhan bodi ExpertBook B9450 juga dibuat menggunakan metode CNC milling serta telah dilengkapi dengan lapisan khusus pencegah korosi. Menggunakan metode Micro-Arc Oxidation (MAO) Composite Coating pada bodi magnesium lithium, membuat ExpertBook B9450 terhindar dari efek korosi dan oksidasi jangka panjang. ExpertBook B9450 pun tampil semakin tangguh. 

Bezel super tipis


Satu factor yang membuat ExpertBook B9450 lebih ringkas adalah bezel layar yang sangat tipis. ExpertBook B9450 mengadopsi NanoEdge Display, yaitu teknologi yang memungkinkan layar memiliki bezel ultra-tipis. Ukuran bezel ExpertBook B9450 sendiri hanya 32,0x20,3cm yang tentu saja lebih kecil dari sebagian besar laptop sekelasnya yang menggunakan layar 14 inci. 

Berkat bezel ultra-tipis tersebut, ExpertBook B9450 memiliki screen-to-body ratio hingga 94%. Ditambah dengan ketebalan hanya 1,49cm, ExpertBook B9450 dapat dengan mudah dibawa bepergian bahkan menggunakan tas berukuran kecil sekalipun.

Skip ya untuk perbandingan fitur yang satu ini. Ibook sih memang tidak ringan dan ringkas, tapi tetap fleksibel dibawa kemana aja koookk... Soalnya ibook penulis artikel ini hobi ngebolang dan nongkrong dengan siapa aja. Asalkan ada rejeki dan diijinkan pergi udah deehh... langsung cuuuzzz... πŸ˜ƒ



----------------------

Gimana, berbagai keunggulan yang menjadikan ASUS ExpertBook B9450 tangguh tersebut setali tiga uang kaaan dengan ketangguhan performa seorang ibu dalam menjalankan tugas sehari-harinya. Jika harus memilih, kalian pilih ibook atau ExpertBook cobaaaa... 

*SIAP MENGHADAPI RESIKO JIKA JAWABAN ANDA SALAH

28 komentar:

  1. Mupeng sama ExpertBook B9450 ini, Mak. Prosesor sama memori penyimpanan gede banget...Bakalan wus wus wus buat desain buku. Joss tenan marai pengin :)

    BalasHapus
  2. Asus makin inovatif aja, tambah banyak pilihan laptop yang bagus dari pabrikan Taiwan ini. Sesuai namanya, emang expert ini, cocok buat kalangan expert biar makin expert. :)

    BalasHapus
  3. Duh, kecenya ngga ada obat! Tangguh pulaaaa, setangguh mommy Uniek :D
    Jadi makin mupeng niihhh *intip saldo tabungan*

    BalasHapus
  4. Aku sangat butuh laptop yang murah dan juga ringkas mba. Jadi nggak ribet deh dibawa kemana mana :)

    BalasHapus
  5. Lihat desain dan performanya, keren banget ini Mak. Sebagai ibu aku juga mau punya biar bisa multitasking. Bisa dibawa pelesiran tapi tetap produktif nulis. Mupeng Asus Expertbook :)

    BalasHapus

  6. ASUS selalu inovatif dan juara.
    Apalagi ada series asus expert book B9450 yang ketangguhannya kek Mamak2, yang super strong ya.

    Aku pilih Ibu aja dulu, coz masih ada asus vivobook yang masih baru hahhaa,

    BalasHapus
  7. Lolos uji ketahanan militer standar Amerika? Love banget deh. Pasti kuat nih ASUS nya mbak. Spesifikasinya uwow banget, canggih performance-nya. Mau lah punya satu, tapi sabar nunggu tabungan dulu hehehe. Penyimpanan memorinya cakep bener. Memang cocok buat expert ini laptopnya. TFS.

    BalasHapus
  8. Sebagai ibuk-ibuk aku boleh ga dikasih expert book ini hahaha....Ngeliat speknya ngiler banget sih, tapi ngelihat harganya langsung nangis hehehehe

    BalasHapus
  9. Asli kagum sama laptop ini ringan banget tapi fiturnya raksasa...sesuai dengan harganya pisaaan...i love Asus deh inovasinya selalu mengejutkan..

    BalasHapus
  10. Dari membaca fitur-fitur yang ditampilkan di atas, Asus Expert Book 9 benaran canggih ya Mbak. Teknologi wifi nya yang baru yang super kencang itu jadi daya tarik tambahan menurut saya. Harganya juga premium kalik ya Mbak?

    BalasHapus
  11. Asus laptop favorit akuuu mbaa. Wah keren ya meski batre jago,nggak lebih dr 1 kilo beratnya. Lagi nyari laptop,moga bisa kebelii 😁

    BalasHapus
  12. Aku sih udah kebayang deh ini tangguh banget si ASUS, aku tuh jatuh cinta banget deh sama ASUS karena selain tipis dan ringan juga dia tuh stylish.

    BalasHapus
  13. Setuju dengan yang dibilang Pak Jimmy ini
    Perangkat yang dapat diandalkan tidak hanya sekadar tangguh, ringkas, dan ringan, tetapi juga memiliki performa kencang sehingga tidak ada pekerjaan dan proses bisnis Anda yang terganggu saat menggunakannya.

    ASUS selalu yang terdepan deh dalam teknologi komputer. Ada saja yang terbaru dari ASUS.

    BalasHapus
  14. Design inovatif. dah gitu ringan. Ahh. Bikin pengen beli laptop lagi. Haha. Habisnya inovasi asus makin kesini makin ngeracun

    BalasHapus
  15. eyaampun, kece pisaaan. Udah speechless deh lihat inovasi ASUS ini. Udah susah dikejar laptop lain. Laptopku makin tertinggal aja deh. Yang paling aku suka selalu deh, tahan bantik, kompak, dan tipisnya itu.

    BalasHapus
  16. Ini cocok banget sama ungkapan, "ada harga ada rupa ya!"

    Hitung-hitung curahan hati Mba Un buat pemanasan sebelum menikmati kenyataan.

    Seumur-umur belum pernah pakai laptop dengan military grade ;)

    Semoga...

    BalasHapus
  17. Ya ampun, mupeng banget mbk sama ASUS ExpertBook B9450. Fiturnya, speknya liar biasa sekali. Pingin punya satu, ahai

    BalasHapus
  18. Dih aku memang panik banget dah kalo sampe ketumpahan air, terpercik air aja aku was2 kayanya cocok pake laptop ini ya. Bebas waswas

    BalasHapus
  19. huah salfok sama kekuatannya jadi ingat leptop temenku di kantor cuma kesiram air minum langsung mati total dong baca ini jadi pengen rekomendasiin sih soalnya dia ceroboh udah ganti 2x krn ketumpahan mulu hahaha

    BalasHapus
  20. and then i am choice ASUS ExpertBook B9450 on fitur Trusted Platform Module. i need it mak, hahaha

    BalasHapus
  21. Aah...kak Uniek.
    Kenapa aku jadi terharu saat menghubungkan seorang Ibu dengan laptop ASUS.
    Aku salutnya sama ASUS ini sudah melewati segala macam uji kelayakan. Sehingga konsumen puas.

    BalasHapus
  22. Kalau udah military grade itu udah level tahan banting banget. Kuat dan macho.

    BalasHapus
  23. Wìiiiy keren banget nih paling ringan dan ringkas sedunia. Apalagi baterainya tahan 24 jam. Idaman banget nih laptop ASUS .

    BalasHapus
  24. Wah desainya ok, ringan, bisa mudah dibawa bepergian. Yg penting memorinya besar dan daya tahan batereinya kuat seharian jd kalau kelupaan bawa charger gk nangis hehe

    BalasHapus
  25. Jadi pengeen cepet-cepet punya laptop Asus varian terbarunya ini. Selain performanya bagus, spesifikasinya juga lengkap dan dipercaya bisa peningkatan performa belajar anak, kereeen!

    BalasHapus
  26. Ya ampun, mupeng banget mbk sama ASUS ExpertBook B9450. Fiturnya, speknya liar biasa sekali. Pingin punya satu, ahai

    BalasHapus