25 Agustus 2020

Inspirasi Ruangan Kekiniaan Saat Merenovasi Rumah

Merenovasi bagian rumah disebut menjadi cara termudah untuk mengatasi kejenuhan saat tinggal di suatu hunian. Dibanding berpindah rumah atau ke hunian lainnya, proses renovasi tergolong lebih murah secara budget


samanea hill


Tidak hanya sekadar menambah lantai atau menambah kamar, belakangan ini proses renovasi juga menyasar ke pembuatan area-area atau ruangan-ruangan untuk memberikan kesan estetik pada hunian. Biasanya pembuatan ruangan ini lahir dari ide dan kreativitas dari para pemukimnya untuk memunculkan nuansa yang berbeda pada huniannya. 

Nah, membincang tentang ruangan estetik seperti apa yang populer dan banyak diadopsi dalam proses renovasi, berikut ini adalah sejumlah contohnya.  



Ruangan Estetik yang Populer & Banyak Diadopsi Saat Renovasi Rumah


Toilet Kering 


Kata siapa toilet tidak ada yang 'kekinian'? 

Mengadopsi konsep toilet kering seperti pada hotel bintang lima, cafe atau coffee shop industrial adalah jawabannya. Konsep toilet kering secara sederhana diimplementasikan dengan memisahkan area mandi dan area kakus (kloset). Tujuannya yakni meminimalkan area basah dari cipratan air agar potensi terpleset karena licin berkurang. Pemisahan kedua area tersebut membuat toilet kering sangat aman untuk kaum lansia dan anak kecil. 


sumber : pinterest.co.uk/pin/172403491973694052/


Tidak hanya itu, tujuannya yakni untuk meminimalkan tingkat kelembaban toilet yang berdampak pada berkembang biaknya bakteri dan jamur sehingga memunculkan bau tidak sedap. Dalam pembangunan toilet kering, usahakan pisahkan kedua area tersebut dengan kaca atau sekat kain yang terbentang hingga bagian lantai. 



Inner courtyard 


Inner Courtyard bisa dikatakan sebagai ruangan kekiniaan yang sering dilirik oleh generasi milenial. Selain terlihat estetik dan memiliki banyak fungsi, inner courtyard sangat berperan untuk membuat rumah lebih maksimal dari pencahayaan alami dan sirkulasi udaranya. Tidak hanya cantik, rumah akan terjamin kesehatannya dibanding desain konvensional tanpa area ini. 

Jika kalian berpikir area ini hanya bisa diaplikasikan pada rumah dengan luasan besar, keliru banget doonkk.... Coba lihat saja proyek perumahan terbaru bernama Samanea Hill di Bogor. Perumahan Samanea Hill yang dirancang oleh maestro arsitektur Andra Matin ini diketahui merupakan hunian minimalis dengan luasan mulai dari 36 m2. 




Di dalam unit perumahan Samanea Hill tersebut, terdapat inner courtyard minimalis yang dapat digunakan menjadi area bersantai keluarga. Melihat contoh perumahan Samanea Hill, tentu ada kesempatan bagi kita pencinta hunian minimalis agar dapat memiliki ruangan hype yang satu ini. 



Roof Terrace 


Khusus bagi kalian yang sedang melakukan renovasi peningkatan lantai rumah, pertimbangkan untuk membuat ide ruang yang satu ini. Roof terrace atau sering disebut rooftop merupakan area tambahan pada bagian atap yang bersifat terbuka. Tinggal melakukan pengecoran di bagian atap, kita sudah bisa mendapatkan area untuk merancang roof terrace di rumah. 


sumber foto : pinterest.co.uk/judithsharpe/roof-terraces/


Roof terrace dapat dibentuk secara menyeluruh (menutup seluruh bagian atap) atau hanya bagian-bagian tertentu. Fungsinya pun beragam, dari area menjemur cucian, kebun mini, tempat bersantai, atau tempat sight seeing lingkungan sekitar.


Nah, jika teman-teman sedang mencari inspirasi ruangan kekinian saat ini dalam merenovasi rumah, bisa banget tuh dipilih mana yang paling sesuai dengan kata hati. 

17 komentar:

  1. Seru banget punya rumah yang ada roof terrace nya kan kak, bisa sambil santai-santai juga kalau cape jemur kain haha. Duh rumah impian banget deh ini pokoknya.

    BalasHapus
  2. aduh mba liat roof topnya kok bawaannya pengen barberque sambil main gitar nyanyi2 sama keluarga ya hahahaa nyaman banget ngeliatnya :)

    BalasHapus
  3. Wow ini mah pilihan rumah jaman now yang minimalis sederhana, simple elegant yaaa. Banyak banget perumahan2 baru di deket komplekku modelnya lucuk2 begini.

    Nah, keknya kalo mo renov, ku lebuh tertarik yang roof terrace, biar bisa mojok sambil memandang gunung.

    BalasHapus
  4. Yang Mbak Uniek tulis ini kok sesuai dengan kata hati saya ya ...kita sehati kayaknya, Mbak. Suka sama semunya, terutama pakai roof terrace. 😍

    BalasHapus
  5. Lihat foto-fotonya jadi ingin cepet-cepet merenovasi rumah hehehe.
    Bagus-bagus modelnya ya, minimalis tapi terlihat nyaman dan asri.

    BalasHapus
  6. Duh rumah impian nih ada roof terace nya kan asyik lihat pemandangan sekitar dari atas rumah, semoga saja ada rezeki tak terduga nih hehe.....

    BalasHapus
  7. Ya ampun roof terracenya itu nyaman banget. Impian saya nih punya ruangan nyaman seperti ini di rumah sendiri. Semoga suatu saat bisa tercapai. Aamiiin

    BalasHapus
  8. Pengen banget punya roof top terrace gitu kalau punya rumah asik banget kayaknya buat nongkrong bareng keluarga atau mengadakan acara barbeque hehe.

    BalasHapus
  9. pengen sih aslinya, tapi pie ya, rumah ku kan perumahan kecil, teru halaman juga udah aku sempitin untuk memperluas dapur,, tapi nyari konsep minimalis saja kalo gitu nanti ya mba

    BalasHapus
  10. Duh makin kepengen jadinya segera merenovasi rumah. Apalagi lihat roof terrace itu. Nyaman dan kece banget. Semoga uangnya lekas terkumpul deh. Gak sabar banget punya spot bagus kayak gitu di rumah. :D

    BalasHapus
  11. Aku juga pengen nih mbak renovasi rumah tapi maunya yg ada foyer gitu kaya rumah rumah di UK hahaha

    BalasHapus
  12. Sekarang desain rumah lebih simple tapi fungsional dan mengedepankan kenyamanan ya mbak Uniek

    BalasHapus
  13. Asyik juga rumah di Samanea Hill udah dirancang atapnya tanpa genteng gitu jadi kalau mau ditingkat rumahnah tinggal nambah aja ya. Aku sih maunya kaya di drakor aja lah buat duduk-duduk pakai roof terace gitu :)

    BalasHapus
  14. setuju mba, sejak pindah ke rumah baru, aku pun memaksimalkan ruang dirumah untuk banyak fungsi dan minim kerepotan mba.

    BalasHapus
  15. impian banget ya mbak ada inner courtyard dan roof top nya, apalagi buat yg WFH, wahh pas banget.

    BalasHapus
  16. Waah...cakep banget inspirasi rumah zaman sekarang.
    Berasa anak-anak bahagia banget kalau bermain di halaman rumah dan rooftop.

    BalasHapus
  17. Dari dulu kalau punya rumah pengen banget yang ada roof terrace jadi atap dibuat mendatar supaaya bisa dijadikan teras diatasnya. Semoga segera ada rezekinya Aamiin

    BalasHapus