11 September 2020

Ananda Omesh Berbagi Tips Pertahankan Bisnis di Saat Krisis

 
Gimana sih kondisi bisnis di saat krisis gini yaa.. Seperti yang kita ketahui pandemi Covid saat ini menimbulkan dampak luar biasa di berbagai sendi kehidupan.



Banyak orang kehilangan pekerjaan karena produksi secara global menurun. Berbagai perusahaan berusaha mengendalikan neraca keuangan dengan mengurangi jumlah karyawannya. Para pemilik usaha baik yang skala besar maupun kecil merasakan hantaman badai finansial di saat pandemi Corona ini.

Jadi teringat pada diri sendiri dong. Udah seberapa usaha yang kulakukan untuk mewujudkan kemandirian finansial melalui bisnis milik pribadi?

Duh lah, kayaknya kok segitu-segitu aja loh bisnis pribadi yang sempat kutekuni. Semangat rasanya menukik drastis karena berpikir kok kayaknya orang pada turun minatnya untuk membeli barang di luar bahan pangan.

Iya sih, itu perasaanku saja. Padahal di luar sana, masih banyak orang yang membutuhkan berbagai macam produk di luar kebutuhan pokok. Hanya saja kok tetap secara emosional perasaanku tadi terus muncul. 

Makanya, pas banget deh ketika hari Rabu lalu tanggal 9 September 2020 di akun instagram @homecreditid ada talkshow terkait dengan bisnis. Ngerasa kok cocok dengan kondisi yang sedang terjadi saat ini, bahkan sesuai dengan apa yang kualami.




Yang unik nih, narasumbernya hadir dengan segala kegokilan yang selama ini melekat padanya. Siapa coba yang enggak kenal dengan Ananda Omesh. Omesh yang memulai debutnya dulu di tahun 2004 lewat variety show Extravaganza, kita kenal secara umum sebagai presenter, artis dan komedian.

Tapi belum banyak yang tahu jika ternyata di balik gemerlap dunia panggung tersebut, Omesh juga memiliki banyak bisnis. Salah satu bisnisnya adalah Tigrehood, penyedia apparel dan riding gear. Di masa pandemi gini, kebayang kan bagaimana bisnisnya ini harus struggle.

Iya lah, orang lebih memilih untuk mengalokasikan pengeluarannya untuk memperoleh persediaan bahan makanan. Stok yang satu ini menempati urutan teratas dalam skala kebutuhan. Di masa pandemi, dengan segala ketentuan #workfromhome dan #belajardirumah, mana ada coba orang yang sengaja belanja baju dan peralatan pendukung motoran.

Omesh merasakan betapa turun omset yang didapat dari Tigrehood, nggak main-main loh, turun bisa sampe 75 persen. Ngeri sekaleeee... Bahkan bisnis clothing-nya ini dengan sangat terpaksa harus tutup selama 2 bulan.

Tema bincang-bincang di @homecreditid ini sebenarnya cukup berat, namun karena diberi tajuk FunTalk plus narsumnya emang slebor, rasanya nggak bosen aja mengikuti acara ini hingga selesai. Sepanjang Instagram live bareng Omesh dan host Bernard, aku sampai ngakak-ngakak melihat kelucuan dua orang tersebut.




FunTalk #AyoMajuBersama Ananda Omesh


Lini Bisnis yang Dimiliki Ananda Omesh


Banyak orang mungkin sudah tahu ya jika Omesh ini juga memiliki bisnis kue seperti artis-artis lainnya. Omesh barengan Irfan Hakim memiliki Bandung Kunafe, produk oleh-oleh kekinian khas Bandung. 

sumber : bandungkunafe.com

 
Omesh juga memiliki bisnis clothing Tigrehood yang menyediakan apparel kekinian serta riding gear. Bahkan dia juga punya talent management yang diberi nama ANOM Indonesia. Tak ketinggalan bisnis kekinian ala anak muda berbentuk podcast, Omesh menjalankan Podkesmas (Podcast Kesehatan Masyarakat). Podcast yang dibawakan ala anak tongkrongan dan membahas banyak hal di balik layar, telah dinikmati oleh jutaan pendengar. 

Duh dek Omesh, sungguh kau anak muda harapan bangsa deh. Kreatif  dan penuh aura positif gitu loh jika melihat sepak terjang Ananda Omesh di berbagai bidang usaha.



Motivasi Bisnis Ananda Omesh


Jika saat ini banyak sekolah mulai menerapkan sesi enterpreneur sejak dini, menurutku itu langkah yang tepat ya. Ada kan ya beberapa Sekolah Dasar menjalankan Enterpreneur Day. Murid-muridnya diajari untuk berjualan, mulai dari jualan kuliner, alat-alat tulis dan barang-barang lainnya sesuai dengan kondisi si anak.

Omesh gemar berjualan sejak sekolah lho. Apa saja deh dia jual, yang penting dapet duit. Kebiasaan yang dilakukannya sejak sekolah itu membentuk jiwa bisnis yang dibawanya hingga kini. Menurut pendapatnya, jalan untuk mendapatkan uang yang lebih banyak untuk mencukupi kebutuhan ya lewat bisnis. 

Makanya nggak heran ya jika Omesh sampai bisa memiliki beberapa lini bisnis seperti yang kusebutkan di atas tadi. Jiwa bisnisnya rupanya telah terasah sejak masa sekolah dulu. So, nggak usah malu ya kalian yang hobi bawa dagangan ke sekolah, kampus atau kantor. Bukankah 9 dari 10 pintu rejeki itu berasal dari perniagaan, ya kaaan... 



Jangan Terjebak Passion


Ketika Omesh menyatakan bahwa kita nggak boleh terjebak passion dalam bisnis, aku kaget dong. Bukannya selama ini orang lebih kuat motivasi menjalankan bisnis ketika memiliki passion dalam hal tertentu?

Ternyata oh ternyataaaa... passion itu bisa menjadi seperti bensin loh. Membakar semangat iya, namun seringnya bikin kita lupa kendali. Menurut Omesh, rata-rata orang berpikiran asalkan sudah sesuai passion, mengeluarkan dana yang tak jelas perkiraan nanti akan balik atau tidak, udah deh hajar aja. Kan seneng tuh passionnya tersalurkan. 

Untuk menyelaraskan passion dengan bisnis, butuh banyak belajar, terutama menggali lebih dalam lagi ilmu bisnis dan manajemen. Omesh bahkan memiliki niat untuk mengambil S2 bisnis agar makin mantap memahami pembukuan dan strategi bisnis. Salut ya Omesh dengan keseriusan menjalankan bisnis dan tekad untuk terus belajar ini. 



Pertahankan Bisnis di Saat Krisis


Omesh pun tak segan berbagi tips untuk menjadi enterpreneur. Menurutnya, untuk menjadi seorang pengusaha, seseorang harus pandai mengelola instingnya. Insting bisnis ini terkait dengan kemampuan menangkap kesempatan yang hadir di saat tertentu. Istilahnya bisnis yang pas di waktu yang tepat gitu lah.

Seorang enterpreneur juga harus sanggup melakukan inovasi. Apalagi jika menjalankan bisnis di luar perdagangan kebutuhan pokok, seorang enterpreneur dituntut memiliki loncatan pemikiran untuk menjalankan bisnisnya secara out of the box. 

Yang tak kalah pentingnya lagi, seorang enterpreneur juga tak boleh bosan untuk belajar. Ya belajar dari kesalahan sebelumnya, ya belajar lebih dalam lagi tentang manajemen bisnis, pun tak ketinggalan menentukan strategi bisnisnya. 

Bagi yang baru akan memulai usaha di saat pandemi ini, Omesh menitipkan pesan agar konsep usaha dipikirkan dengan sebaik-baiknya. Eksekusi konsep tersebut sembari tidak lupa lakukan perhitungan dengan sebaik-baiknya. Jangan sampai bisnis yang dijalankan ini sudah habis-habisan, namun konsepnya kurang matang. Yang ada malah modal habis semua tanpa ada kesempatan untuk melanjutkan bisnis.


Waktu satu jam bareng Ananda Omesh dalam FunTalk #AyoMajuBersama @homecreditid ini nggak terasa loh. Selain host dan narsumnya sama-sama kocak, berbagai games seru digelar. Pertanyaannya terkait dengan hal-hal yang dibahas selama talkshow tadi. 

Sebenarnya aku bisa jawab semua tuh pertanyaannya, hanya saja sepertinya memang ada jeda beberapa detik dari tayangan di tempatku dengan live instagramnya. Sebelum pertanyaan diajukan kok sudah ada yang bisa jawab loh hehehe.. Ya sudah nasib deh karena kena lag beberapa detik, gak bisa ikut cepet-cepetan menjawab pertanyaan.

Nggak sabar loh nungguin hari Rabu mendatang, bakalan ada topik menarik apa lagi ya yang bakal ditayangkan oleh @homecreditid. Kalian jangan sampai ketinggalan topik-topik menarik di sana loh, teman. Pantengin ya di akun instagram Homecreditid setiap hari Rabu pukul 19.00  

93 komentar:

  1. Sebisa mungkin masa krisi pasti para pelaku bisnis untuk mempertahankan usahanya. Boleh juga nih tipsnya.

    BalasHapus
  2. Wah omesh serius bener jalanin bisnis smpe mau lanjut s2 segala yaa patut ditiru tuh semangatnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya..nggak cuma mengandalkan aji mumpung saja, tapi bener2 all out usahanya. Salut deh!

      Hapus
  3. Wah omesh ini bener-bener multi talented banget ya mbak dan yang jelas tidak mudah menyerah yang merupakan koentji sukses...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju. Masih muda, kreatif, aktif juga, kayaknya orangnya ramah juga ya, keren wes pokoknya

      Hapus
  4. Baru tahu kalau Bandung Kunafe itu kerjasamanya Irfan Hakim sama Omesh. Kirain punya Irfan doang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah aku juga baru tau ini MBak...sekarang banyak artis yang buka usaha bareng ya...

      Hapus
  5. Salut sama Omesh yang tetap kreatif dan semangat di masa sulit, semoga kita juga tetap semangat ya Mbaak..everything will be great, aamiin..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg susah itu emang mempertahankan semangat apalagi di Masa sulit kek gini ya mbak. Semoga semua pelaku usaha tetep sabar dan semangat selalu rejeki sudah ada yg atur kewajiban kita berusaha maksimal :)

      Hapus
  6. Aku kaget di point yg jangan terjebak passion itu. Ada benernya sih ulasan omesh disitu...

    Semoga kita semua tetap semangat ya fi masa sulit ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terlalu kejebak fashion kadang jd berada di zona nyaman atau malah merasa tahu segalanya jadi gak berani keluar dari tempurung dan khawatir berinovasi #imho

      Hapus
    2. Haha sama kak aku juga tertohok banget nih.

      Hapus
  7. Bener banget mbak di era pandemi gini omset barang barang yang bukan barang pokok menurun. Aku ngalamin sendiri karena usahaku di bidang furniture. Omset turun hampir separuh. Jadi penasaran nih aku sama acara live Homecredit nanti coba stalking akh siapa tahu bisa dapet tips tips manjur ningkatin penjualan di masa pandemi ini.

    BalasHapus
  8. Betul juga kata omesh ya mbak kadang atas nama pastiin kita jadi jor2an padahal perhitungan bisnis tetap harus bener. Semoga kita2 ketularan semangat bisnisnya omesh ya

    BalasHapus
  9. Sepakat makanan di urutan teratas bisnis pas pandemi gini. Dakuw yang andelin jasa juga terseok mbak. Beralih dodol Markam hehe. Dududu, jadi pingin pantengin juga nih kak omesh

    BalasHapus
  10. Salut ya dg Omesh. Aktif dan kreatif! Banyak tips keren yg dibagikan di funtalk ini ya..jadi pengen nyimak funtalk berikutnya deh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, aku juga kagum deh sama anak anak muda yang kayak Omesh gak banyak lho yang bisa begini.Mantap banget. Inspiratif

      Hapus
  11. Sharingnya omesh bermanfaat banget nih, pas dengan kondisi sekarang, jadi pengen ikut hari Rabu lusa ah, penasaran.

    BalasHapus
  12. masuk akal sih ya mba tentang terjebak passion. bisa jadi kita malah seneng beli beberapa hal dengan alasan "modal" hmm

    BalasHapus
  13. Memang konsep usaha itu penting banget agar tidak melenceng jauh nantinya saat eksekusi. Dan ternyata jangan mengandalkan passion untuk bisnis ya, wah baru tahu tentang tips ini. Banyak tips kece dari Omesh ini ya mbak, jadi pengen tahu talk show berikutnya dari Home Credit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya, aku juga baca pelan2 pas bagian ini. Maksudnya gmn to? Oh ternyata, meskipun passion kita kalau sudah dijadikan bisnis ya harus menetapkan perhitungan bisnis, biar ga rugi..gitu ya..

      Hapus
  14. Di masa pandemi seperti ini kita emang dituntut kreatif, salut sama Omesh. Aku juga lagi belajar bisnis nih, terutama soal pembukuan yang emang dari dulu kurang telaten

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ih gak nyangka omesh yang kayaknya komedian tapi bisa pny usaha yang kreatif gt

      Hapus
  15. Terkenal banget nih Kak Omesh sebagai MC yg cerdas, sekarang juga menggeluti bisnis ya, ilmunya bakal bermanfaat banget untuk berbisnis selama menghadapi pandemi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga baru-baru tahu tentang bisnis yang beliau geluti. Tigrehood, penyedia apparel dan riding gear ini misalnya ya .... saya tahunya beliau "anak moge" rupanya hobinya dimanfaatkan untuk bisnis juga ya.

      Hapus
  16. Aku salut sama orang yang bs punya banyak bisnis kyk gini. Tapi kalo lg pandemi gini juga tantangannya ga mudah yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya salut sama Omesh ya. Bisnis ya banyak. Dan butuh effort juga buat survive

      Hapus
  17. waaa menarik banget nih pembahasannyaaa, mau aku share ke temen temenku juga ah yang lagi punya bisnis juga di kondisi pandemic kaya gini nih

    BalasHapus
  18. Belajar dari pengalaman org tu emang paling oke sih, kita ga perlu mengalaminya sendiri tapi kita bisa menyerap ilmunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. btw aku pernah beli kuenya Omesh loh, kunafe, emang unik sih dan rasanya enak, bukan cuma digadang2 kue artis doank :)

      Hapus
  19. Waah seru banget nih bahasannya ada tipsnya juga, salut juga yaa sama perjuangan dan semangatnya Ananda Omesh

    BalasHapus
  20. Aku dengerin Podkemas, hihi..
    Emang luar biasa Ananda Omesh ini...semua dijabanin.
    Dan unikbanget brand clothingnya, TigreHood, hihii....plesetan semua namanya yaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, juara dia bisnisnya, lucu2 pula namanya..
      Patut diacungkan jempol buat bisnis artis satu ini, bisnis masa depan yaa.

      Hapus
  21. serunya ya bisa dapat sharing ilmu yang bermanfaat di saat pandemi ini tentang bagaimana mempertahankan bisnis, pasti bermanfaat banget, pastinya memang harus kreatif sih

    BalasHapus
  22. Aku tuh baru ngeh ya kalau si Omesh tuh bisnisnya banyak banget dan cara dia untuk tetap survive bagus banget. Disaat sekarang ini memang butuh banget suntikan semangat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya aku juga baru tau nih, taunya doi artis doank. Eh ternyata bisnisnya banyak dan bermacam-macam.

      Hapus
  23. Wah ternyata Omesh jg menggeluti bisnis ya? Bagus sih soalnya kyknya dunia panggung gk abadi ya katanya jd dia punya tabungan buat masa depan. Kalau baca artikel seperti skrng pengen jg nih mbak punya bisnis gtu semoga ada jalan utk modalnya hehe, pengennya sih bisnis makanan :D

    BalasHapus
  24. Salah satu seleb idola deh Omesh ini. Gak neko-neko dan pandai memanfaatkan keadaan. Dengan terjun di dunia bisnis ini. Kudu pada dicontoh nih tips-tips Omesh oleh para pelakuk usaha supaya bisa bertahan bisnisnya.

    BalasHapus
  25. Ga nyangka Omesh orangnya nggak mudah menyerah dan kreatif juga..seneng liatnya bis ajadi sumber inspirasi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Padahal biasanya dia itu guyonn aja ya mbak pembawaannya...

      Hapus
  26. Ilmu baru nih, jualan sesuai passion bisa seperti bensin lepas kendali. Nice. Bisnis juga harus tau ya kapan rem dan ngegasnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ternyata gak selamannya "baik" ya kalau sesuai passion. Justru keenakan krn merasa ranahnya, mungkin bisa jd gak berkembang.
      Tp kalau baru mulai usaha yang sesuai passion ini kyknya yang paling tepat #imho

      Hapus
  27. waa bener nih. terjebak passion. selama ini hanya mikir terjebak passion dan blm sanggup untuk keluar dari zona nyaman.

    BalasHapus
  28. Aku suka lho liat Omesh ini *hahaha malah bahas Omes nya*. Dia smart, lucu, baik dan ramah menurut aku Mba. Ternyata orangnya kreatif juga ya. Dia dulu penyiar radio gitu gak sih Mba? Luwes bgt kalo jadi host

    BalasHapus
  29. Kl bicara doal Ananda Omesh bunda akan tertegun sejenak karena kagum mafih muda punya semangat berbisnis gak tanggung2. Salut. Tp kl bicara soal di masa pandemi ini bunda sendiri ngalamin dan tanpa malu2 jualan via grup dan zemakin semangat ketika tau hasilnya bikin addicted mau jualan terus. Kenapa hrs malu kl ini memang menguntungkan dibalik menyenangkan. Bravo ufk mereka yg mau berbisnis dgn serius d9i masa pandemi ini.

    BalasHapus
  30. Omesh keren bangettt!
    Inspiring nih talk show-nya.
    Kapan2 mau mau pantengin juga ahh IG HomeCredit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah aku juga langsung meluncur ke IG Home Credit. Penasaran juga siapa narsum berikutnya yang bakal diajakin fun talk.

      Kisah Omesh mengelola bisnisnya memang inspiratif banget, bisa jadi panutan kaum milenial

      Hapus
  31. Setuju banget Mba Uniek, saya pernah nulis nih tentang jangan terlalu terjebak passion, kayak Steve Jobs.
    Jadi si Jobs itu aslinya nggak terlalu suka dunia IT, dia lebih suka seni, dan yoga ya kalau nggak salah.

    TaDia senang dengan profesinya itu, tapi nggak kaya-kaya, sampai akhirnya dia diajak rekannya itu buat kembangin apple, eh siapa sangka malah jadi kaya raya dari sesuatu yang bukan passionnya.

    meskipun, passion itu juga penting banget saat kita baru menentukan mau bisnis apa dan mungkin kita bingung :D

    Btw keren ih tipsnya Omesh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. di apple steve jobs malah bisa "nyeni" loh, mbak, dengan fokus pada produk2 yang sekarang digandrungi pasar. pada akhirnya, bisa aja passion dan pekerjaan dikolaborasikan, ya :D

      Hapus
  32. aku suka banget dengan semua tema IG Live Home Credit, selalu powerfull dan bermanfaat banget terutama disaat seperti ini. Apalagi nih soal usaha begini, duh pas banget rasanya.

    BalasHapus
  33. Wah tadi berarti ya Mba Uniek, aku klewat nih. Omesh termasuk host yang kece, main filmnya juga oke dan keren. Senanngya bisa menyimak langsung yo Mba.

    BalasHapus
  34. Ternyata passion juga kalau terlalu banget gak bagus ya mbak. Apa-apa harus sesuai passion padahal skenario terindah sudah direncanakan oleh maha kuasa ya kita manusia berikhtiar.

    BalasHapus
  35. Ternyata Omesh juga seorang entrepreuner. Bisnisnya banyak aja. Jadi makin kagum saya dengan Omesh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga baru tahu Omesh punya bisnis yang moncer. Tips nya juga oke ya mbak, jadi penasaran pengen nonton IG live Homecredit

      Hapus
    2. Sosok papah muda yang kreatif dibidang hiburan dan pebisnis , saluuuttt
      Sukses selalu ya Omeessh

      Hapus
  36. Wah mantap ya mbak ilmu2 dari Omesh. Btw, jadi ingat soal passion selaras dengan wejangan dr. Tirta tuh. Katanya kalau belum punya duit nggak usah ngimpi jalanin kerjaan sesuai passion. Tapi cintailah apa yang sedang kita kerjakan. Begitu uang udah sisa-sisa, baru boleh ngembangin bisnis yang ngikut sama passion kita.

    Dan intinya memang bisnis itu sama kaya hal lain ya. Kalau mau sukses ya harus belajar dan kerja keras bin cerdas.

    BalasHapus
  37. Memang dalam menjalani usaha apalagi di tengah pandemi harus semakin giat dan inovatif. Passion penting tetapi kontinuitas lebih utama.

    BalasHapus
  38. Omesh memang multitalenta deh. Host gokil abis, main film kece, doyan belajar, punya beberapa bisnis juga. Sosok yang bisa jadi inspirasi keren buat para generasi muda. Terus tips-tips bisnisnya juga oke punya, Mbak. Tentu Omesh punya alasan kuat mengapa memilih bisnis itu, lebih dari satu malah. Yup sepakat sama kalimat "jangan sampai terjebak passion" yang memang kadang melenakan, jadi banyak excuse, dll. Semoga pandemi segera mereda dan berakhir, roda bisnis kembali berjalan normal. Semangat Omesh! Semangat semuanya!

    BalasHapus
  39. dari dulu suka sama si Omesh ini, selain orangnya lucu, juga kreatif, ulet dan baik banget orangnya, acara sharingnya rutin ya mba setiap hari rabu?

    BalasHapus
  40. Mulai bisnis itu gampang, yang gak mudah adalah mempertahankannya. Ini yang jadi PR banget ya Mbak. Asyik tuh bisa nambah ilmu kaya gini

    BalasHapus
  41. Aku baru tau juga kalau Omesh punya bisnis lain selain di dunia entertaiment. Omesh juga kena dampak pandemi ya harus nutup dulu. Pantesan aja udah dari kecil dia belajar bisnis ya jadi skr pun melanjutkan. Masih ada episode lainnya hari Rabu ya, nonton ah nanti

    BalasHapus
  42. Wah aku baru tahu nih Abang Omesh punya bisnis. Kirain fokus ke dunia hiburan aja. Keren euy semangatnya. Pantang menyerah menjalankan bisnis di tengah pandemi. Berharap banget, semoga pandemi Corona segera berakhir. Aamiin Ya Allah.

    BalasHapus
  43. Salut dengan deretan bisnis yang digeluti Omesh. Jaman sekarang kalau terlena dengan penghasilan alamat masa depan tak menentu. Apalagi saat pandemi ini, tiba2 semua terasa stuck dan berhenti...harus mikir supaya bisa mendapatkan penghasilan ditengah pandemi...anak muda harus kreatif ya mbak agar masa depannya terjamin.

    BalasHapus
  44. waaa sedih aku ketinggalan nih pas pembcaranya Ananda Omesh, kemaren aku ngikutin pas yang jadi pembicaranya Willgoz hehehe, mau meluncur ke IGTVnya aja aaah

    BalasHapus
  45. Wah keren banget Omesh ya,meskipun aku baru aja tahu tentang dia tapi kagum banget dengan kegigihan nya, inspiratif sekali. Jadi ikutan semangat bacanya Mbak.

    BalasHapus
  46. Aku juga nonton mbak IG Live HomeCredit bareng Omesh, nih orang kocak habis ya haha. Salut dengan tips nya yang berusaha untuk tetap konsisten menjalankan bisnis

    BalasHapus
  47. Dimasa krisis seperti sekarang bisnis memang terancam banget ya, harus punya kiat dan strategi khusus agar bisnis tetap bertahan. Beruntung banget yang biaa dapet inspirasi dr Omesh

    BalasHapus
  48. Setuju banget sama Omesh tentang jangan terpaku passion dan pesan buat terus belajar. Dua ini bener-bener kuncian biar nggak terjebak ego pas ngejalani bisnis di tengah pandemi ya Mbak....

    BalasHapus
  49. padahal sering dengerin podcast nya omesh di pokesmas tapi baru tau ternyata domesh punya bisnis yaaa, emang deeeh bapak satu ini gigih sekali dan tipsnya boleh banget ini ya diterapin untuk mereka yang punya bisniiiis

    BalasHapus
  50. Kalau selama ini sering kita lihat/baca perihal menjalankan bisnis sesuai passion, Omesh malah bilang jangan terjebak passion yaa..hmm bener juga sih~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya banyak yang salah mengartikan nih. Passion boleh, tapi harus diimbangi ilmu bisnis sebagai penyeimbang.

      Hapus
    2. Oalah gitu.. hmm iya ya, passion ditambah ilmu bisnis yang mumpuni jadinya makin joss! Makanya yaa Omesh sampai mau lanjut kuliah S2 yang ada kaitannya dengan bisnis :)

      Hapus
  51. Inspiratif banget ya... Di balik gayanya yang slengek'an ternyata dia pebisnis andal bahkan punya banyak lini bisnis

    Oh ya, soal passion itu, kapan hari juga sempat baca trit soal itu, bener juga.. kalau ngandelin passion doang belum tentu menghasilkan.

    BalasHapus
  52. Menarik banget bincang2 sama omeshnya yaa.. aku baru tahu kalau omesh itu banyak juga bisnisnya.
    aku setuju jangan terjebak passion, ya boleh tp realistis dulu aja :P

    BalasHapus
  53. Menarik banget ya bincang bisnis yang saling menguatkan saat pandemi, justru saatnya lebih kreatif ya mba supaya bisa naik kelas begitu pandemi usai.

    BalasHapus
  54. Nara sumbernya beneran fun dan kocak yah, jadi walo temanya berat pasti gak berasa bosen mendengarnya. Iya nih, banyak sekali usaha yang terpuruk di masa pandemi ini, semoga kita semua bisa bangkit kembali yaah

    BalasHapus
  55. Nggak nyangka, Ananda omesh yang laris dan pastinya sibuk banget di dunia hiburan, masih sempat memiliki dan menjalankan bisnis juga. Bahkan berniat lanjut studi untuk memperdalam ilmu bisnis. Keren banget anak muda ini

    BalasHapus
  56. Mempertahankan usaha di tengah pandemi ini tuh memang harus dengan strategi yang tepat. Mengikuti perkembangan yang ada juga bagus untuk bisnisnya, seperti pemasaran lewat digital.

    BalasHapus
  57. Cateeet. Bagus nih programnya. Keren juga Ananda Omesh ya. Salah satu bisnis keluarga yg aku kelola bareng suami, lumayan jatuh udah sejak sebelum pandemi. AKu ngerasain banget kudu tetep semangat membangun kembali. Pas pandemi jebul rombongan kancane. Mau nangis, kok ya banyak temannya.

    BalasHapus
  58. Entah kenapa image omesh kalo di kepalaku adalah komedian. Jd kalopun dia ngehost atau sharung kaya gini, bawaannya itu ih pasti acaranya bakal seru dan fun. Ternyata mbak uniek juga ngerasa sama ya. Hihihi

    BalasHapus
  59. Acara bincang bincang yg berfaedah ini ya mbak...
    Pas buat yg punya bisnis atau ingin memulai berbisnis

    BalasHapus
  60. Nggak nyangka ya, naluri bisnis omesh oke juga. Dibalik sikap dan wajah kocaknya bisa serius juga ternyata. Keren...inspiratif

    BalasHapus
  61. Omes ini di tv sm di foto gini rada beda ya aura mukanya. Wkkw.

    Tp bener bih semua tipsnya

    BalasHapus
  62. Ternyata untuk sukses dimulai dari Hal2 kecil Juga ya mba Aku baru Tau ini kisahnya omesh,, penasaran kpingin ikutan tema minggu depannya apalg

    BalasHapus
  63. Wuih, mantap banget biss ikut bincang-bincang bermanfaat bareng omesh... Makasih sharingnya ya mbak...

    BalasHapus
  64. Musim pandemi seperti sekarang semua sektor bisnis pasti terkena imbasnya. Sepanjang apa yang saya baca dari tips diatas memang efektif sekali apalagi berkaitan dengan tips untuk mempertahankan bisnis. Tapi tentunya itu tidak akan mudah dan perlu perjuangan yang super keras.

    BalasHapus
  65. Aku belum bisa mencerna tentang poin "Jangan terjebak passion". Bukannya justru karena passion yg bikin kita tau detil apa2 tentang yang akan kita hadapi ya Mba, jadi kita bisa memperkirakan sejauh apa kita bisa survive dan bagaimana kira2 mengatasi masalah yg mungkin akan datang.

    Tapi next time aku pengen mendalami poin ini. Secara aku juga baru belajar usaha

    BalasHapus
  66. inget pelajaran kewirausahaan waktu SMA penting banget memang, aku juga diajarin mama jualan waktu SD sampe sekarang seneng jualan :D

    BalasHapus
  67. Setuju sih, kalo buka usaha bukan dagangan kebutuhan pokok itu harus pintar 2 cari peluang dan lebih kreatif di masa sekarang biar bisa bertahan

    BalasHapus
  68. Namanya seusai dengan isi acaranya ya..fun meski temanya berat...Coba ah ntar hari Rabu pantengin...

    BalasHapus
  69. Dari SD aku juga udah suka jualan sendiri, siapa tahu bisa ketularan bisnis suksesnya Omesh hihi.

    Sekarang ini memang masa yang sulit buat pebisnis, ngga sedikit yang banting setir ke bidang bisnis lainnya supaya pemasukan tetap jalan.

    BalasHapus
  70. Seneng banget deh Mak kalo ada artis yang nggak cuma manggung doang tapi juga ikutan mengedukaksi masyarakat layaknya yang dilakukan Omesh ini. Semoga lebih banyak artis yang ikut mencontoh juga ❤️

    BalasHapus
  71. aku setuju dengan omesh nih, jangan terjebak passion kalau mau berbisnis. karena kalau terjebak passion, bisa berabe urusannya. soalnya kita berbisnis kan mau nyari untung, enggak hanya sekadar mewujudkan passion kita

    BalasHapus