24 December 2020

Beberapa Penyakit yang Ditandai dengan Sesak Napas pada Anak


penyakit yang ditandai dengan sesak napas pada anak


Beberapa kali membaca artikel teman-teman yang masih memiliki anak di bawah usia 3 tahun. Lalu ingatan kembali pada bertahun-tahun ke belakang, ketika anak-anakku masih batita gitu. Banyak pengalaman yang sama rupanya yaaa..

Iya banget nih, sebagai orang tua tentu kita wajib menjaga kesehatan anak-anak, apalagi si bocah masih berusia di bawah 3 tahun. Pasti pada setuju deh, adaaaa aja yang dialami si kecil pada tahapan usia ini.

Dalam menjaga kesehatan tentu penting untuk si kecil mendapatkan makanan bergizi yang mampu meningkatkan imunitasnya. Terutama dalam kondisi saat ini ya, ada begitu banyak macam penyakit yang mungkin dialami oleh si kecil, salah satunya yaitu sesak napas. 

Sesak napas merupakan kondisi ketika seseorang mengalami kesulitan untuk bernapas sehingga tidak mendapatkan pasokan oksigen yang cukup ke paru-paru. Sesak napas pada anak dapat diketahui dengan nafas bayi bunyi.

Sesak napas pada anak merupakan kondisi yang perlu diwaspadai karena bisa jadi merupakan tanda penyakit serius yang membutuhkan perawatan segera. Selain membahayakan penyakit sesak napas juga mampu mengganggu aktivitas dan waktu istirahat bagi si kecil. 


Gejala Sesak Napas pada Anak


Beberapa penyakit yang mungkin diderita si kecil jika memiliki gejala sesak napas yaitu : 


1. Bronkiolitis


Penyakit ini terjadi dikarenakan infeksi yang dapat menimbulkan peradangan dan penyumbatan pada saluran pernapasan kecil di dalam paru-paru. Bronkiolitis biasanya lebih rentan terjadi pada anak-anak dan bayi. 

Gejala awalnya dapat berupa batuk kering terus-menerus, hidung bayi mampet, dan demam. Saat bronkiolitis sudah parah, gejala bisa berupa lesu, mengi, kulit membiru, dan nafas bayi bunyi.



2. Pneumonia


Penyakit ini bisa disebabkan oleh bakteri atau virus. Pneumonia ini merupakan penyakit yang sering diderita oleh balita di Indonesia dan menjadi penyebab kematian kedua para balita. 

Gejala pneumonia hampir mirip dengan bronkiolitis yaitu batuk, mengi, hidung bayi mampet, nyeri dada, nyeri perut, nafsu makan menurun, hingga napas cepat. 



3. Asma 


Penyakit pernapasan ini  biasanya diturunkan dari orang tua bayi. Asma merupakan penyakit kronis yang ditandai dengan peradangan dan penyempitan saluran pernapasan. 

Bagi bayi penderita asma akan jauh lebih rentan terhadap iritasi dimana jika terjadi akan terjadi penyempitan dan membuat anak sulit untuk bernapas



Beberapa contoh penyakit tersebut menjadi informasi penting untuk kita semua para bunda agar lebih waspada lagi terhadap kesehatan si kecil. Jika si kecil mengalami sesak napas, maka lebih baik segera lakukan pengecekan agar dapat mengetahui apa penyebab dari yang diderita si buah hati dan mencegah penyakit yang lebih  parah lagi.. 

19 comments:

  1. Yup, sedini mungkin harus cepat diketahui ya untuk mencegah penyakit yang lebih parah. Berbahaya memang kalau si kecil sesak nafas, apalagi kalau masih bayi yang belum bisa ngomong kalau dirinya sakit, orang tua yg harus waspada dg kondisi si kecil.

    ReplyDelete
  2. memang perlu di waspadai :) terima kasih mba buat infonya, apalagi anak kecil kan belum bisa ngomong dengan jelas ya

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah, semua anak2 bunda ketika bagi bsgigu juga cucu2 bunda terhindar dsfi kstiga enyakit tsb di atas. Btw penyakit no.1 bunda baru tau lho. Sekilas baca kurain bronkhitis tp ternyata bronkiolitis itu penyakit yg menimbulkan peradangan pd paru2. Tambah pengetahuan buat bunda.

    ReplyDelete
  4. Iyaa Mba, namanya anak2 kicik tuh adaaa aja ya, gejala penyakit yg bikin emak ngerasa makbyaaarrr
    Aku juga inget2 pengalaman anakku pas kecil, beberapa kali ada gejala penyakit juga. langsung ga pake ba bi bu aku bawa ke klinik dokter deket rumah.

    ReplyDelete
  5. Pneumonia tuh memang sering dialamin anak anak. Dan ini kasian juga kalau anak jadi nggak nyaman. Makasih sudah berbagi mba

    ReplyDelete
  6. Serem banget. Semoga kita semua dijauhkan dari penyakit, dan diberi kekuatan jika ternyata takdir berkata lain. Aku panik juga, walau bukan anak-anak, pagi2 kadang aku susak sesak napas. Apa jangan2 covid ya, yaAllah jangan sampe deh. Broke banget :'(

    ReplyDelete
  7. Yup, idem sama MBK uniek, kalau anak udah batuk trus bikin susah nafas, aku bawa ajalah ke dokter, biar tahu lebih jelas penyebabnya apa dan bisa segera mendapatkan obat yang tepat sasaran sehingga juga jadi lebih cepat sembuh

    ReplyDelete
  8. We have to be fully aware about all of those symptoms diseases that are closely connected to the respiratory system, especially during this pandemic

    ReplyDelete
  9. Jadi ingat temanku saat kuliah dulu mbak yang mempunyai penyakit bawaan sejak kecil. Kalau sesak napasnya kambuh suka gak bisa tidur. Emang kita sebagai ibu harus benar2 memperhatikan kesehatan anak sejak dini agar tidak mengalami berbagai kondisi yang berlarut2 hingga dewasa, salah satunya sesak napas ini.

    ReplyDelete
  10. anakku asma mba, hafal bgt gejalanya batuk dan sesak, emang sih ya kalau skrg malah jd lebih panik karena ada covid, dan sakit pernafasan itu mirip2 gejalanya

    ReplyDelete
  11. 3 penyakit ini memang rentan menyerang bayi dan anak-anak, semoga anak-anak kita semua dijauhkan dari penyakit-penyakit ini ya

    ReplyDelete
  12. Wah jadi tahu nih terutama yang pertama baru tahu banget hehe... makasih ilmunya supaya lebih aware lagi kepada kesehatan anak2..

    ReplyDelete
  13. Uda serem banget aja kalau anak bayi sakit.
    Apalagi kaitannya dengan pernapasan.
    Semoga dengan pencegahan dari awal, bisa menyembuhkan penyakit terkait sesak napas pada anak.

    ReplyDelete
  14. paling cemas kalau anak sakit disertai gejala sesak napas, apalagi anak-anak yang belum lancar bicaranya akan sulit mengutarakan ya mba.

    ReplyDelete
  15. ini nih yang perlu diwaspadai mba, terlebih di masa pandemi seperti sekarang ya mba. duh mudah mudahan kita dan anak anak kita semua diberikan kesehatan. makasih atas sharing nya mba

    ReplyDelete
  16. Penyakit apapun kalau yang mengalami anak kecil suka gak tega mbak. Sakit batuk pilek yang sampe susah nafas aja lihatnya kasihan banget. Apalagi Sesak Nafas.

    ReplyDelete
  17. sedih banget kalo gejala sesak napas ini menyerang anak-anak. mereka pasti terganggu sekali ya.. apalagi sekarang ada corona virus yang juga menyerang paru-paru dengan pneumonia salah satu gejalanya :(

    ReplyDelete
  18. iya nih, aku pun dulu kecil pernah kena pneumia. Sedih banget rasanya. Semoga keluarga makin melek kesehatan

    ReplyDelete
  19. Betul, Mbak Unik. Semasa Balita cucuku mengidap asma. Ketika kambuh, napasnya sesak dan berbunyi. Tapi kata dokter asma ringan. Dianjurkan sering berenang. Sekarang usianya 11 tahun. Asmanya sudah sembuh.

    ReplyDelete