07 Juli 2021

Hindari Kesalahpahaman Customer dan Pekerja di Café dengan Ip Camera CCTV

 


IP Camera CCTV adalah device yang sangat dibutuhkan pada café. Mengapa demikian? 

Asal kita tahu ya, di tempat makan dan outlet usaha apa saja, beberapa hal yang butuh perekaman memang bisa terjadi. Misalnya seperti kecurangan karyawan, pencurian, atau kesalahpahaman antara customer dan pegawai. 

Jadi, agar semua masalah dapat menemukan titik terang, kita bisa memastikan untuk menggunakan kamera yang satu ini sebagai alat pengintai tambahan. Bagi yang belum tahu, IP adalah singkatan dari Internet Protocol. Jadi IP Camera adalah jenis kamera video digital yang biasa digunakan untuk pemantauan keamanan dan dapat mengirim dan menerima data melalui jaringan komputer dan internet.




Jika Sebuah Café Tidak Dilengkapi Ip Camera CCTV, Apa yang Terjadi? 

IP camera CCTV adalah benda yang sangat penting, maka kita juga harus memahami risiko jika tidak ada kamera ini di café. Misalnya, kejahatan yang terjadi ketika café sudah tutup dan minim pencahayaan. Jika memakai kamera biasa maka detail gambar tidak akan terlalu jelas. 

Selain itu, apabila tidak menggunakan kamera pengintai, maka kesalahpahaman antara pegawai dengan pelanggan bisa terjadi. Mulai salah menu, salah order, dan sebagainya. Jika ada kamera, setidaknya klaim sepihak akan bisa berkurang kemungkinannya. 




Step by Step Memilih Kamera Terbaik untuk Café


Bagaimana cara memastikan bahwa kamera tersebut baik? 

Tentunya, dari kualitas serta performa masing-masing unit. Namun, jika teman-teman belum mengetahui apa saja keunggulan dari sebuah kamera CCTV, maka pastikan untuk melakukan beberapa langkah berikut. 



● Kenali Kebutuhan Café


Setiap café memiliki kebutuhan masing-masing. Ada café dengan konsep indoor, dan ada pula yang konsepnya outdoor. Tak hanya itu, ada tempat yang sistemnya buka 24 jam non-stop, namun di sisi lain sebagian resto atau tempat makan lain hanya buka pada siang hari saja. Bahkan, ada juga yang buka hanya pada malam hari. 

Jadi, gunakan CCTV yang bisa dipakai baik itu pada lingkungan luar maupun dalam ruangan. Plus jangan lupa untuk membeli produk kamera pengintai yang bisa tetap maksimal kinerjanya ketika malam hari dan minim pencahayaan. 




● Lakukan Survei Jenis CCTV yang Terbaik 


Survei untuk melihat spesifikasi CCTV terbaik memang wajib dilakukan, baik secara online maupun offline. Bagaimana tidak, kita tentu menginginkan keamanan tetap terjaga meskipun tidak sedang berada di café. 

Namun, jika spesifikasi kamera kurang mendukung, misalnya hanya bisa menampilkan gambar hitam putih, tentu akan menjadi masalah tersendiri bukan? 




● Pilih yang Memiliki Desain Wireless


Desain wireless sekarang adalah syarat mutlak memiliki CCTV yang tidak merepotkan. Solusi untuk menghindari permasalahan sistem wiring di café adalah dengan memilih CCTV wireless

Sebaiknya, pastikan paket CCTV yang terpasang memang memiliki sistem paling handal dan terupdate dari segi teknologi. Salah satu indikatornya adalah sudah tidak memakai kabel lagi. 

Dengan demikian, masalah keamanan tetap terjamin tanpa kita harus repot mengurus tentang perkabelan. Sistem wiring ternyata sangat mengganggu café jika tidak diatasi oleh ahlinya. Lebih aman jika kita  menggunakan CCTV wireless saja. 




Seri ColorVu dari Hikvision Sebagai Kamera CCTV yang Recommended


Produk seri ColorVu Hikvision menjadi andalan bagi setiap orang untuk bisa meminimalisir risiko apa saja yang terjadi pada outlet usaha. Misalnya sebagai berikut. 

1. Memiliki Informasi Warna Sesungguhnya

  • Kita akan bisa melihat apa saja warna asli dari video rekaman yang dihasilkan. Ini adalah karena kamera seri ColorVu dari Hikvision memiliki kemampuan untuk offer warna yang akurat. 
  • Kemudian kita juga akan melihat kinerja luar biasa dari kamera ini, karena memiliki kemampuan bisa memberikan detail meskipun saat diletakkan malam hari dan pada lingkungan dengan low lightness

ip camera hikvision


2. Detail Lebih Banyak

  • Apabila dikomparasikan dengan kamera hitam putih, CCTV ini memiliki keunggulan yakni bisa merekam secara jelas baik informasi warna maupun detail kejadian secara maksimal. 

3. Pengalaman Visual yang Lebih Baik

  • Kecerahan yang dimiliki sangat seimbang 
  • Perenderan akan lebih realistik dengan sistem Aperture super F1.0 yang dilengkapi pula dengan sensor lanjutan

Banyak sekali hal-hal yang bisa direkam baik ketika siang hari maupun malam hari. Karena itulah, kita sebaiknya selalu memantau kondisi café 24/7. Bahkan, jika café sedang tidak buka 24 jam sehari, tetap saja penggunaannya harus non-stop. 

Ini adalah upaya konkrit yang bisa dilakukan untuk melindungi unit bisnis. CCTV dari Hikvision akan membantu kita dalam memaksimalkan sistem perekaman secara sempurna dan komprehensif. 

Kita bisa mengambil kesimpulan jika produk ini memang sangatlah bisa diandalkan untuk memantau sebuah café, baik itu café outdoor maupun yang berkonsep indoor. Tentunya, selalu ada cara untuk memaksimalkan keamanan. Salah satunya adalah dengan menggunakan ip camera CCTV yang sangat populer dan bisa memberikan banyak manfaat tersebut. 

Setelah mengetahui aneka manfaatnya, apakah teman-teman yang memiliki cafe ataupun tempat usaha lainnya berminat untuk memiliki seri ini juga? 

Ayo segera beli dan pastikan café dan tempat usahamu lebih aman dari kesalahpahaman dengan customer maupun risiko lainnya. 



----------------------------------------

Referensi: 
  • https://tekno.kompas.com/read/2016/02/15/12410007/Pasang.CCTV.Anda.Bisa.Belajar.dari.Kasus.Kopi.Maut.Mirna.?page=all
  • https://mti.binus.ac.id/2018/04/04/pemanfaatan-cctv-berdasarkan-etika-dan-hukum-di-indonesia/
  • https://interactive.co.id/blog/cctv-tidak-sekedar-memonitoring-lingkungan-sekitar-6.html 

39 komentar:

  1. Duh, apa yang terjadi kalau di cafe tidak ada CCTVnya nih. Ehem bisa kecolongan dong.

    BalasHapus
  2. CCTV nih memang perlu banget buat memantau apa yang terjadi dan meminimalisir tindak kejahatan. Canggih yaw.

    BalasHapus
  3. PENTING BANGEETT Mbaaa
    Pokoke di semua cafe, minimarket, dll SANGAT PENTING dipasang IP camera CCTV

    Kadang, konsumen jg butuh lho, CCTV ini.
    Contohnya, aku kpn hari blonjo di minimarket, duitku 100 ribu, ehh ambek kasirnya diarani duitku 50K :D

    Alhamdulillah, aku auto nyadar.
    Misal, kasirnya ngeles, aku pasti bilang "BISA TOLONG PUTARKAN CCTV TRANSAKSI KITA BARUSAN?"

    BalasHapus
  4. Sebuah cafe wajib banget punya CCTV, bahkan menurutku, gerai usaha apapun harus ada, minimal di dekat kasir untuk berjaga-jaga akan kemungkinan buruk. Better safe than sorry

    BalasHapus
  5. Bener banget, cafe seharusnya ada cctv agar bisa memantay dr kejauhan terutana jika owner lg ga di kota yg sama

    BalasHapus
  6. pakai 1 di atas kasirpun cukup ya kalau pakai cctv merk yang ini

    tapi memang kalau di market gede butuh cctv yang warnanya tajam dan jelas
    biar bisa kelihatan dan gak salah paham kalau ada masalah

    BalasHapus
  7. CCTV merupakan perangkat yang penting dalam sebuah usaha jual beli atau (baca: toko) termasuk cafe, karena bisa membantu pemilik untuk mengawasi area usaha kita, selain itu buat keamanan dan juga bahan evaluasi.

    BalasHapus
  8. Dengan adanya cctv segala aktivitas di tempat kerja memang bisa dipantau dengan biak ya. Apalagi kalau cctv nya koneksi dengan wireless. Bisa terhubung langsung dengan smartphone ya

    BalasHapus
  9. Ya ampun kemana saja aku ini. Baru tahu aku mbak CCTV wireless, hmmmm. CCTV di rumahku karena selain rumah aku juga buka layanan jasa jadi bolak balik orang masuk pagar rumah biar terkontrol. Kemarin sempat putus kabel CCTV, haduuuh....

    Thankiss mbak unik infonya ya

    BalasHapus
  10. jangankan di cafe ya.. kayaknya sekarang di rumah pun butuh cctv. boleh juga nih rekomen nya Seri ColorVu dari Hikvision, detail lebih bagus, jadi kitanya juga lebih jelas lihat visual dari rekaman cctv nya ya mba..

    BalasHapus
  11. CCTV memang sangat penting. Apalagi kalau punya usaha. Beberapa kali kalau terjadi sesuatu, video di CCTV bisa membantu

    BalasHapus
  12. naah..pas banget nih buat teman2 yg punya cafe, apalagi klo rame ya..perlu banget ada CCTV seperti ini, meminimalkan gangguan bukan?

    BalasHapus
  13. Untuk cafe penting banget punya IP Camera CCTV untuk memantau situasi dan menjaga hal-hal yang tidak diinginkan. Enaknya lagi IP Camera ini bisa diakses dari gadget ya makanya butuh koneksi internet.
    CCTV Wireless untuk di cafe lebih praktis jadi ga usah instalasi kabel2 lagi ya. Pilihannya percayakan aja ke merek Hikvision yang punya beerapa keunggulan

    BalasHapus
  14. Kalau udah pasang cctv di kafe atau tempat jualan gitulah, rasanya agak tenang. Semacam punya partner yg bantu jaga tempat usaha dari kesalahpahaman dg konsumen hingga tindak kriminal.

    BalasHapus
  15. keren banget cctv kaya gini. ga cuma kafe, di sekolah atau di rumah juga bisa pasang nih mbak. Penasaran sam aharganya nih

    BalasHapus
  16. CCTV saat ini gak hanya untuk dunia usaha yaa, kak..
    Tapi memang ini yang paling utama siih..
    Tetanggaku pada pasang CCTV doonk.. Alasannya merasa ada yang membantu mengawasi ketika sedang di luar rumah.

    IP Camera CCTV menghilangkan kecemasan sang pemilik usaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. CCTV di kota-kota besar uda jadi barang yang wajib ada yaa... Selain mengurangi kecurigaan juga bisa menjadi alat barang bukti yang kuat dan bisa dipertanggungjawabkan kalau ada tindak kriminal.

      Hapus
  17. Betul, CCTV yang pakai wireless simpel bangett. Pemasangannya pun.

    Banyak model di Hikvision ya, Bun. Tadi sempet lihat2.

    BalasHapus
  18. Aku pernah cari-cari nih buat di kantor alhamdulillah sudah dapat, sebetulnya dari dulu butuh buat di rumah juga sih...Tapi belum ada rezeki hehe... ini saya catat deh. Tks infonya.

    BalasHapus
  19. Dulu pernah mau padang CCTV di rumah tapi nggak jadi sampai sekarang. Padahal bermanfaat sekali CCTV. Apalagi di tempat kerja ya mba

    BalasHapus
  20. Bagi para pengusaha kafe atau rumah makan memang penting banget ya harus pasang CCTV. Saat ini bukan hanya tempat usaha saja yang pasang CCTV. Rumah-rumah warga juga ada yang pasang CCTV. Aku baru tahu kalau ada CCTV Hikvision setelah baca postingan ini. Terima kasih sharingnya, Mbak Uniek.

    BalasHapus
  21. CCTV memang lebih baik yang berwarna karena beberapa kali melihat aksi pencurian terekam CCTV tapi sulit dikenali pelakunya karena CCTV yang kurang jelas....
    Thank You mbak, di rumah sempat pasang CCTV tapi di lepas lagi karena gambar juga kurang jelas kalau gini jadi tau mana CCTV yang berkualitas...

    BalasHapus
  22. Jadi ngeh kalau ada seri Colorvu yang berwarna gini, tadinya aku pikir ya cukup hitam putih aja.... Ternyata full color menawarkan manfaat lebih buat bisnis ya....

    BalasHapus
  23. Ini memang penting banget karena keamanan itu krusial yaaa. Jadinya segala sesuatunya bs lebih tenang dan feel secure.

    BalasHapus
  24. Makin canggih sekarang mah CCTV tuh,bisa dipantau dimana saja pula by hp.
    Nah kalo cafe udah wajib banget demi keamanan dan kenyamanan semuanya nih.
    Jadi meski owner lagi jelong2 tetep bisa terkontrol dengan baik kegiatan di cafenya yaa

    BalasHapus
  25. pastinya penting sih cctv ini jadi kalo ada kejadian gak terduga kita bisa cek semuanya melalui cctv ya, jadi safe untuk semua pihak

    BalasHapus
  26. Dulu mikir kalau tempat kerja ada cctv-nya tuh kaya gimana gitu. Jadi gak leluasa karena merasa diawasi. Padahal hidup juga gitu sebenarnya

    Nah kalau di kafe atau tempat jualan makanan dan minuman, lebih baik memang ada cctv ini sih. Bisa bantu banyak hal termasuk saat salah order dan lainnya

    BalasHapus
  27. soal CCTV di kafe ini aku kok malah jadi inget sama kasus kopi sianida waktu dulu mbak... CCTV memang berperan penting banget untuk hal2 krusial baik internal karyawan dan jg dengan customer

    BalasHapus
  28. kamera CCTV ini memang bener - bener penting yaaa kegunaan dan manfaatnya mbaaa. Aku lagi ikir- pikir punya jugaaa

    BalasHapus
  29. kurasa kalau ada bisnis cafe, penting untuk pasang cctv yaa mba. untuk ngawasin juga yaa kalau ada apa2.. biar owner juga bisa memantau meskipun lagi gak ada di cafe

    BalasHapus
  30. cctv itu memang penting buat tempat usaha ya mbak uniek, termasuk buat bisnis cafe
    buar tetap aman dan nggak bikin salah paham ke karyawan

    BalasHapus
  31. Setuju sih kalau di Cafe atau punya bisnis lain penting ada CCTV. Buat pengawasan juga dan kalau terjadi sesuatu bisa cepet dilacak.

    BalasHapus
  32. Setuju banget meski saat cafe lagi nggak beroperasi pun CCTV harus tetap nyala ya buat antisipasi kalo terjadi sesuatu yang nggak diinginkan. Recomended nih CCTV yang satu ini.

    BalasHapus
  33. Tempat-tempat cafe,reatoran memang butuh banget CCTV, jangankan itu tempat ramai, tempat yang tidak terlalu ramaipun butuh CCTV ya kayak rumah tinggal, kos-kosan.

    BalasHapus
  34. aku maaauuuu buat di rumaahh, hahahaha #kepo

    BalasHapus
  35. Iya sih kalau ada CCTV kesalahpahaman lebih mudah dibuktikan dan tentunya lebih objektif. Penting banget memang di tempat usaha untuk pasang CCTV.

    BalasHapus
  36. CCTV ini salah satu perangkat paling penting di cafe untuk memantau setiap pergerakan di area publik. Jadi kalau ada sesuatu yang nggak diinginkan lebih mudah ditrackback.

    BalasHapus
  37. Iya nih CCTV sangat penting tapi lebih penting lagi kamerannya harus bagus gambarnya soalnya jadi ujung tombak untuk pengamanan dan pastinya untuk menghindari kesalahpahaman juga.

    BalasHapus
  38. dengan adanya banyaknya CCTV yang dipasang, semoga tidak ada lagi kasus seperti kopi dianida di cafe.

    BalasHapus