05 Juli 2021

S&P 500 Index, Alternatif Investasi Menguntungkan di Saat Pandemi




Dalam kondisi ekonomi global sedang mengalami tren penurunan dikarenakan dampak pandemi dalam kurun waktu 2 (dua) tahun terakhir ini, investasi saham menjadi salah satu alternatif bagi para pemilik modal yang masih ingin mendapat kesempatan memutarkan dananya kembali untuk mendapatkan keuntungan.

S&P 500 Index merupakan sebuah istilah yang digunakan untuk penamaan indeks saham di Amerika Serikat. S&P merupakan singkatan dari Standard and Poor, sebuah lembaga rating saham ternama dari Amerika Serikat. 

Dalam prakteknya, S&P mengeluarkan daftar peringkat utang yang dianggap valid dan akurat sehingga didengar dan dijadikan acuan oleh semua lembaga keuangan di seluruh dunia. S&P 500 Index telah memberikan eksposur tak kurang ke 500 perusahaan terbaik di Amerika Serikat.

Indeks Saham S&P mewakili 80 persen kapitalisasi pasar di Amerika Serikat sehingga sudah dapat dianggap mencerminkan kondisi pasar sebenarnya. 

Indeks saham yang dirilis resmi pada tahun 1957 ini menggunakan bobot kapitalisasi pasar saham dalam perhitungan indeks. Semakin besar market cap suatu saham akan berpengaruh besar ke posisinya di indeks, begitu juga sebaliknya.




Investasi Saham Asing


Ternyata selain menjadi acuan, S&P 500 juga dapat dijadikan alat untuk mendapatkan keuntungan karena berbentuk instrumen investasi. Instrumen indeks yang muncul ini cocok untuk investasi saham bagi pemula karena aman, ada diversifikasi, plus pastinya menguntungkan.

Indeks merupakan kumpulan portofolio dari para sekuritas yang mewakili pasar tertentu sebagai acuan untuk menunjukkan kinerja pasar. Berbagai produk perdagangan yang menjadi aset sekuritas, antara lain: produk agrikultur, mata uang, sumber energi, suku bunga, logam, dan indeks saham.

S&P 500 Index memungkinkan Anda untuk membeli saham perusahaan global sekelas dunia di Amerika, sebut saja beberapa diantaranya Apple, Facebook, McDonald, Starbucks, Nike, Johnson & Johnson, dan masih banyak lagi lainnya. 





Bisa Melakukan Diversifikasi


Selain dapat melakukan pembelian saham perusahaan yang masuk dalam indeks, Anda juga dapat melakukan diversifikasi portofolio di pasar global dimana untuk saat sekarang ini faktor situasi dunia menjadi satu hal yang penting untuk diperhatikan.

Di kondisi pandemi saat sekarang ini, beberapa perusahaan yang bergerak dibidang Kesehatan terutama industri vaksin justru sedang mengalami peningkatan harga sahamnya. Contohnya adalah Pfizer dan Moderna yang mengeluarkan vaksin Covid-19.

Meskipun terdapat 500 saham perusahaan yang masuk dalam indeks S&P 500, namun hanya 10 peringkat tertinggi saja yang ditampilkan di websitenya. Urutan peringkat ini akan terus mengalami perubahan setiap kuartal seiring dengan perubahan kinerja saham dan pasar.





Daftar Saham


Pada tahun 2019, ada 13 bursa efek di Amerika Serikat dimana NYSE (New York Stock Exchange) menjadi yang terbesar, kemudian diikuti oleh NASDAQ yang banyak diisi oleh perusahaan teknologi. 
Berikutnya mengikuti London Stock Exchange dan Tokyo Stock Exchange. Namun, keseluruhan kapitalisasi pasar dari ketiga bursa tersebut masih di bawah NYSE.

Untuk saat ini daftar saham utama yang masuk 10 urutan teratas, antara lain:
  1. Apple (Kode: AAPL)
  2. Microsoft (Kode: MSFT)
  3. Amazon (Kode: AMZN)
  4. Facebook Inc A (Kode: FB)
  5. Alphabet Inc A (Kode: GOOGL)
  6. Alphabet Inc C (Kode: GOOG)
  7. Berkshire Hathaway (Kode: BRK.B)
  8. Johnson & Johnson (Kode: JNJ)
  9. Procter & Gamble (Kode: PG)
  10. nVidia (Kode: NVDA)




Aplikasi Investasi


Perkembangan teknologi informasi khususnya di bidang financial technology (fintech) membuat kita semakin mudah untuk melakukan investasi khususnya di S&P 500 Index. Dari beberapa perusahaan startup yang menyediakan aplikasi ini, salah satu diantaranya adalah Pluang.

aplikasi investasi pluang


Pluang menyediakan berbagai produk investasi selain S&P 500 Index, antara lain: emas, indeks saham global, cryptocurrency dan dolar AS. Untuk saat ini Pluang telah menjalani kerjasama dengan perusahaan teknologi terkemuka di Indonesia untuk menjual produk-produk investasi di aplikasinya.

Nah kalau teman-teman tertarik untuk melakukan investasi S&P 500 Index, bisa loh langsung meng-instal aplikasi Pluang di Google PlayStore atau Apple Store.

Selamat berinvestasi....



-------------------------------

Referensi:
  • https://help.pluang.com/knowledge/apa-itu-pluang

50 komentar:

  1. naaaah.. buat yang mau investasi, harus mengerti dulu yaaa S&P Index ini mba. Mba un pakai platform ini juga untuk investasi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. speaking of learning the ropes on investment, aku pernah datang ke beberapa perusahaan Fintech yang bergerak di bidang terkait dan dengarkan penjelasan details mereka

      Hapus
  2. waduh ini kayaknya perlu pelajari banyak banget ya kalo mau investasi buat saya yang masih awam gini masih banyak istilah yang belum dimengerti nih

    BalasHapus
  3. aku masih asing banget nih soal saham kaya ginii hihi, tapi ada temenku yang emang mainannya kaya gini udah dari pertama kali kenal, mau aku share tulisan ini ke dia aaah, terima kasih infonya yaaa

    BalasHapus
  4. Tiga nama saham yang selalu terbaik mah udah nggak perlu diragukan lagi. Apple tuh misalnya selalu di atas ya sahamnya. Kayaknya harus download Pluang untuk lebih tahu tentang investasi saham. Makasih mba

    BalasHapus
  5. Aku masih nelajar invest2 saham kyk gini sih. Baru berani invest reksadana di lapak sebelah hehe... Makasih infonya ya kak.

    BalasHapus
  6. meski pandemi, tetap harus ingat investasi juga ya Mbak.
    apalagi sekarang makin banyak cara untuk bisa berinvestasi ya :)

    BalasHapus
  7. aku juga lagi belajar hal2 kayak gini nih mbaa.. awalnya adik iparku duluan yang main. trus karena dia udah mulai lihai, aku sekarang minta diajari sama diaa

    BalasHapus
  8. Investasi bisa gambling yaa, kak Uniek.
    Dan ketika untung, memang pasti kudu siap ada masa-masa yang tidak menguntungkan.
    Hi return, hi-risk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belajar investasi ini penting yaa...
      Bisa bermanfaat karena bisa diaplikasikan langsung dan mencoba hal baru itu menyenangkan.

      Hapus
    2. Menarik sekali...
      Salah satu teman ada yang sudah mulai belajar investasi dan kini sering berbagi tips untuk memulai investasi.
      Ini dunia baru yang seru untuk dipelajari.

      Hapus
  9. Wah terima kasih infonya mbak, jujur aku nggak begitu paham soal investasi begini. πŸ˜‚ Ada aplikasinya juga ya jadi lebih praktis.

    BalasHapus
  10. Aku baru mau belajar ttg investasi nih, kek nya hrus cari tau dulu ttg aplikasi ini deh hehe

    BalasHapus
  11. Meskipun belum paham betul secara keseluruhan, aku pun udah ada rencana pengen memulai berinvestasi nih Kak
    Thanks for sharing infonya yaa

    BalasHapus
  12. Wah, kok seruuu ini Mba
    Memang kita semua kudu mau dan siap invest ya
    Apalagi, kondisi pandemic kayak gini.

    Alhamdulillah, ada Pluang yg menyediakan berbagai produk investasi ya Mba
    Ternyata, selain S&P 500 Index, ada instrumen lain: emas, indeks saham global, cryptocurrency dan dolar AS.

    Kece beraatt!

    BalasHapus
  13. Sebelum memulai investasi bener-bener harus dipahami dulu ya mbak. Aku sering kena iklannya Pluang tuh gara-gara sering cari info ttg investasi buat konten klienku. Sekalian belajar lah ya. Hehe.

    BalasHapus
  14. Aku buta banget soal investasi nih pdahal sering diajakin pasangan buat join πŸ˜‚ tapi keren sih ada aplikasinya.

    BalasHapus
  15. Udah beberapa tahun terakhir ga main saham lagi, budgetnya sudah buat anak-anak sekolah dulu...hehe..

    BalasHapus
  16. Dengan adanya Pluang, investasi jadi lebih mudah. Sudah ada juga rekomendasi mana yang terbaik lagi untuk dipilih buat berinvestasi

    BalasHapus
  17. Waah jadi mudah ya mau dapat untung dari investasi. Selama ini yg tertanam di pikiran itu investor saham kudu kaya & stress banget lamtai bursa kayak di film2 heheee

    BalasHapus
  18. wah ternyata Apple, Microsoft dan Amazon masih merajai ternyata soal saham di S&P 500.Lagi tertarik juga ikutan saham kayak gini pengen cobain ah

    BalasHapus
  19. Aku belum pernah nih beli2 saham gini. Kyknya menarik juga ya, gak cuma saham perusahaan dalam negeri tapi busa juga nyoba2 inves saham perusahaan asing. Iya ya saham perusahaan yang berhubungan ma alkes dan famasi lg ok. TFS infonya mbak.

    BalasHapus
  20. Skrg banyak bgt yg mulai berinvestasi, tp tetep harus paham sistemnya gimana ya kak jgn main invest aja tp gak paham apalagi di tmpt yang salah.. thanks ya kak infonya jujur akupun masih awam bgt soal investasi gini hehe

    BalasHapus
  21. investasi banyak banget manfaatnya yaa, Mba. Saya masih maju mundur nih mau investasi saham soalnya belum tahu banyak tentang ini

    BalasHapus
  22. S&P 500 ini aku masih penasaran nih, lagi coba pelajari dulu dan masih belum benar-benar paham. Tapi memang, saat ini perlu pada mulai investasi ya karena tabungan saja sudah gak terlalu work di masa sekarang

    BalasHapus
  23. banyak juga produk investasi dari Pluang, termasuk emas. Emang meski masa pandemi nggak boleh lupain investasi untuk masa depan ya mba.

    BalasHapus
  24. di aplikasi ini bisa sortir saham yang syariah ga kak? kebetulan aku belum coba nih aplikasinya, kayaknya menarik jugaa..

    BalasHapus
  25. Pengen invest di Amazon nih bagus masa depannya hehe
    Cuman yaa gitu kebutuhan sendiri harus terpenuhi dulu biar hidup lebih seimbang

    BalasHapus
  26. Aplikasi SAP ini bagus ya buat yang main saham. Saya walau sudah baca masih nggak ngerti soal index saham, Mba... xixixi... mungkin kalau praktek langsung bisa paham pengertiannya apa.

    BalasHapus
  27. Kalau dengar indeks saham tuh, rasanya pengen ikutan, tapi ilmunya belum ada. Enak sih kalau ada aplikasi investasi. Jadi tetap bisa mantau meski dengan smartphone. Zaman sekarang mah ponsel udah canggih-canggih

    BalasHapus
  28. Buat yang suka mengikuti berita dan berpandangan luas, pasti udah ngikutin dan memiliki saham sejak dulu kala. Hihi, semoga sih aku suatu saat melek info dan paham tentang investasi

    BalasHapus
  29. AKu belum pernah coba beli saham asing mam. Belum pengalaman dan masih takut mau coba. Pengen beli saham Facebook, secara, bisnisnya menggurita banget. Untuk belajar, bisa pakai aplikasi Pluang ini ya?

    BalasHapus
  30. Lihat daftar top 10 ini yang blue chip perusahaan teknologi dan kesehatan ya. Dalam jangka panjang trennya ok.

    Heran juga nih ternyata apple masih jadi idola untuk investasi.

    BalasHapus
  31. Sebelum memutuskan berinvestasi, harus dipelajari dulu nih... Oh ya Mbak, ada saham syariah enggak ya?

    BalasHapus
  32. Wah, Pluang? Sepertinya seru nih berinvestasi yang menguntungkan menggunakan aplikasi ini. Apalagi bisa diversifikasi portofolio ya mbak. Memang mest dipelajari lebih detail, aku sebenarnya ga paham soal investasi seperti ini. Makasih lho informasinya bermanfaat sekali bagi yang membutuhkan.

    BalasHapus
  33. Kalau dilihat dari websitenya, kinerja index S&P 500 memiliki persentase kenaikan yang sangat baik atau signifikan.

    udah gitu, indeks S&P ini eksposurnya kepada perusahaan teknologi seperti Amazon, Apple dan Netflix serta FANG (Facebook, Amazon, Netflix dan Google), merupakan sekitar 29% dari kapitalisasi pasar keseluruhan S&P500.

    BalasHapus
  34. aku termasuk yang suka gak mudeng sama investasi mak, yang paling lumayan aku pahami itu investasi reksadana. tapi ternyata banyak sekali pilihan investasi yang justru bisa menguntungkan ya..

    BalasHapus
  35. Investasi jaman sekarang lewat aplikasi, serba digital yang mudah diakses nih. Kek Pluang bisa menjadi salah satu buat mereka yang mau berinvestasi sesuai dengan kebutuhanya.

    BalasHapus
  36. Belum pernah coba main saham dan investasi saya nih mbak, penasaran siy kayaknya teman² banyak yang join yaaa

    BalasHapus
  37. Belum coba aplikasinya, namun nama pluang tak asing ditelingaku, sepertinya harus tau lebih dekat lagi nih dengan pluang agar lebih paham berinvestasi disana

    BalasHapus
  38. Tak hanya saham perusahaan dalam negeri tapi milik asing juga bisa kita beli pakai apps ini ya mbak?
    Bener banget kyknya belakangan perusahaan yang bergerak di bidang kesehatan sahamnya lg naik2nya ya

    BalasHapus
  39. zaman sekarang semua dipermudah ya mbk, aku yang nggak ngerti banget investasi apalagi yang berhubungan dengan saham..jadi minimal tau kalo ada aplikasi Pluang, ternyata salah satu produknya ada emas. boleh juga ini

    BalasHapus
  40. wah iya, sekarang emang lagi tren investasi ya mbak
    klo ada aplikasi seperti ini jadi makin mudah ya mbak
    bisa beli mana investasi yg cocok buat kita

    BalasHapus
  41. Instal Pulang ini memberikan peluang untuk investasi terbaik yang bisa dilakukan. Makasih rekomendasi nya mba

    BalasHapus
  42. Oh, dari kapan hari saya penasaran cara investasi saham dari perusahaan internasional. Ternyata bisa pakai aplikasi Pluang ini ya, Mbak. Coba ah, mau eksplore dulu aplikasinya.

    BalasHapus
  43. Jujur akutu masih belum paham banget soal saham, sampai sekarang belum berani investasi saham, aku masih ambil yang risikonya menengah dulu. Memang harus dipelajari dulu ya mbak saham ini, biar nggak salah mengambil langkah.

    BalasHapus
  44. Akutuh selalu pengen nyoba buat mulai invest saham tapi bingung darimanaaaaa.. emang mesti banyak banyak baca dan nyari tau dl trs install app pluang niiih

    BalasHapus
  45. Wah ada ya index S&P ini. Aku udah kudet nih sama dunia investasi forex dan index. Padahal aku dulu pernah main index. Dulu sukanya index Hangseng dan Nikkei. Seru. Selalu H2C. High risk, high return. 😁

    BalasHapus
  46. aku investnya di nomer 1 sama 4 nih yg ada di daftar :D selain itu punya tesla, google, dan pengen beli amazon jg

    BalasHapus
  47. Kalau ada aplikasinya begini bisa diutak atik dan dipelajari ya mba Uniek Pluang ini. Aku baru tahu jadi harus mempelajari dulu nih cara mainnya.

    BalasHapus