18 September 2021

Belum Menggunakan E Payment untuk Bisnis? Lihat 5 Manfaatnya!

 

e payment
Sumber : freepik.com

Pemanfaatan e payment untuk menunjang bisnis dalam berbagai skala tak lagi jadi hal yang asing. Hampir semua bisnis kini berlomba menyediakan sistem pembayaran ini, agar dapat memudahkan pelanggan dalam melakukan pembayaran serta memudahkan pengelolaan bisnis dari segi pencatatan.

Tapi sebenarnya, apa manfaat nyata yang bisa dirasakan ketika optimalisasi layanan e payment ini benar-benar dilakukan oleh pemilik bisnis?

Pertanyaan ini juga mungkin saja muncul di benak kita, ketika tengah memikirkan apa lagi yang bisa ditingkatkan agar pelanggan semakin banyak yang datang dan membeli produk yang kita tawarkan.

Nah, untuk mengetahui manfaatnya secara nyata, mari kita bahas satu per satu dalam poin singkat di bawah ini.



Cepat dan Praktis

 

e payment

Sumber : freepik.com


Metode pembayaran e payment terbilang sangat cepat jika dibandingkan dengan metode pembayaran konvensional. Kita tinggal menyediakan QR Code atau sejenisnya, lalu pelanggan tinggal melakukan pemindaian pada kode yang sudah diberikan.

Secara langsung, jumlah tagihan akan masuk dan tinggal meminta konfirmasi pembayaran saja. Tanpa harus memikirkan uang kembalian, proses pencarian uang pas, atau hal lain yang jadi hambatan, proses pembayaran bisa dilakukan kurang dari hitungan 5 menit.

Tentu ini akan sangat menguntungkan, karena pelanggan bisa berbelanja dengan cepat, kita juga dapat melayani dan mengkonfirmasi pembayaran dalam waktu yang sama. Jadi kedua pihak akan diuntungkan dalam segi efisiensi penggunaan waktu.



Dari Sisi Keamanan, Jauh Lebih Tinggi


Isu mengenai keamanan transaksi mungkin awalnya mengemuka ketika e payment digalakkan. Namun, isu-isu terkait penyalahgunaan data dan keamanan digital ini kini sudah tak lagi jadi masalah, sebab sistem pengamanannya yang kian canggih dan efektif.

Dari sisi transaksi, kita sebagai pengelola bisnis juga akan dapat mengurangi resiko penggunaan uang palsu yang dapat merugikan banyak orang. Dengan transaksi e payment, tak akan ada uang palsu yang bisa digunakan, karena seluruh proses transaksi dilakukan secara digital.

Hal ini, secara langsung, juga akan berdampak pada pengalaman yang dirasakan pelanggan. Jaminan transaksi yang aman dan valid akan membuat pelanggan merasa aman dan nyaman dalam bertransaksi, sehingga bisnis pun dapat selaras dengan terbangunnya kredibilitas secara lebih baik.



Customer Experience yang Baik

e payment
Sumber : freepik.com

Berbicara mengenai customer experience, memang dibangun dari banyak variabel. Salah satu yang paling penting adalah metode pembayaran. E payment memungkinkan bisnis kita untuk menyediakan metode pembayaran yang bervariasi, sehingga dapat disesuaikan dengan apa yang diinginkan oleh pelanggan.

Mungkin saja masih ada di antara teman-teman yang membaca artikel ini merasa, untuk apa menyediakan metode pembayaran beragam? Toh pada akhirnya pelanggan tetap akan membeli produk jika kualitasnya baik bukan? Dan lagi, pengelolaan semua kanal pembayaran tentu akan sangat merepotkan dan memakan waktu yang tidak sedikit.

Metode pembayaran dengan e payment bertujuan untuk memudahkan pelanggan dalam menyelesaikan transaksinya. Ini, akan membantu mereka mendapatkan pengalaman yang baik ketika berinteraksi dengan produk kita. Untuk pengelolaannya sendiri, kini tersedia layanan payment gateway yang dapat digunakan, sehingga semua pembayaran bisa diarahkan ke satu akun rekening bank. Tak lagi repot bukan?



Pengelolaan yang Mudah, Untuk Seluruh Proses


Mungkin saja pikiran mengenai integrasi yang rumit, pengelolaan yang menuntut dedikasi waktu dan tenaga, serta keamanan data pelanggan setia masih jadi faktor yang membuat kita masih ragu. Tapi kenyataannya, layanan e payment saat ini sudah jauh lebih canggih.

Salah satu layanan  e payment, yang belakangan akan kita ketahui, bisa diintegrasikan dengan mudah dengan berbagai platform bisnis. Tak butuh waktu lama, semua proses bisa diselesaikan dengan cepat sehingga tak perlu mengganggu operasional bisnis yang kita jalankan.

Setelah diintegrasikan, otomatisasi proses akan berjalan dan kita benar-benar tinggal memasang QR Code atau sejenisnya saja untuk setiap jenis pembayaran yang diinginkan oleh pelanggan. Verifikasi yang dilakukan sebagai langkah pengamanan juga terbilang berlapis, sehingga keamanan data pelanggan dapat dipastikan berada di titik optimal.



Pembukuan Lebih Detail, dengan Daftar Riwayat Transaksi

 

e payment
Sumber : freepik.com

Salah satu kelebihan dan kemudahan yang ditawarkan oleh e payment sebenarnya adalah pencatatan transaksi yang benar-benar detail. Jumlah, jenis barang, nilai transaksi, waktu dan tempat transaksi, bahkan memungkinkan juga pencantuman nama staf yang melayani transaksi tersebut.

Hal ini akan sangat memudahkan urusan pembukuan yang kita miliki, sehingga proses tersebut bisa mengacu pada data yang valid dan tinggal melakukan cross check cepat saja dengan apa yang ada di gudang atau di catatan manual.

 

E payment memang menjadi salah satu hal yang sebenarnya wajib disediakan dalam layanan bisnis yang kita miliki. Apapun produknya, pastikan keberadaan metode pembayaran ini agar pelanggan merasa nyaman dan praktis. Jokul by DOKU, akan jadi pilihan terbaik untuk mengelola e payment kita. Proses integrasi yang mudah, rekonsiliasi yang praktis, hingga pencatatan transaksi yang mendetail, dijamin membuat bisnis bisa beroperasi lebih optimal!


42 komentar:

  1. sekarang dimana mana sekarang sudah menggunakan hp, banyak yang mengurangi membawa cash. apalagi banya e payment yang menawarkan cash back

    BalasHapus
  2. Memang e-payment jauh lebih praktis dan nyaman yah mbak,
    Untuk saat ini aku juga udah jarang banget bawa uang cash karena berasanya ribet. Apa lagi sekarang kalo habis pegang uang harus semprot2 hand sanitizer deh. Paling bawa uang cash secukupnya cuma buat parkir aja hehe

    BalasHapus
  3. wah ternyata banyak banget ya manfaatnya menggunakan e-payment untuk bisnis :) thanks for sharing mba

    BalasHapus
  4. E-payment ini memang memudahkan pebisnis maupun konsumen ya, jadi nggak perlu lagi ribet ama uang cash, pun juga buat pebisnis, nggak ribet dengan pembukuan, kebayang kalau semua dilakukan manual, bahkan bisnis kecil aja lumayan ribet buat pembukuan manual gitu :D

    BalasHapus
  5. aku juga dari 3 tahun lalu udah belajar cashless agar lebih mudah dan praktis :D

    BalasHapus
  6. Transaksi jadi lebih praktis dengan e payment ya, udah era cashless emang, kadang cek dompet baru nyadar isinya tinggal receh, wkwkwk

    BalasHapus
  7. Menggunakan e payment dalam bisnis memang lebih praktis dan memudahkan. Semua transaksi bisa dilakukan secara cashless, dengan begitu semua transaksi bisa lebih aman.

    BalasHapus
  8. Ternyata manfaatnya lumayan banyak ya, apalagi utk bisnis. Didukung jika ada promo2 ya mba, seperti cash back dll

    BalasHapus
  9. iya mba, e-payment cepat, praktis, memudahkan dan terperinci detail reportnya. lebih aman juga, kita ga perlu bawa2 uang yang relatif besar, tinggal bawa gadget aja untuk transaksi :D

    BalasHapus
  10. E payment ini memudahkan sekali ya mba Uniek. Apalagi di jaman seperti sekarang. Jokul by DOku ini bisa jadi pilihan nih mba. Makasih ulasan lengkapnya ya mba Uniek

    BalasHapus
  11. betul, e-payment emang memudahkan. Jadi terdata lebih rinci dan mudah digunakan oleh para pemilik bisnis

    BalasHapus
  12. Bener! Duluuuuuu tu males ya pakai e-payment karena harus nyediain banyak scanner dari provider yang beda-beda, sekarang ga males lagi karena cukup satu scanner QR code dan satu gateway.... makin praktisssss, love!

    BalasHapus
  13. e-payment ini solusi tepat buat orang yang suka males bawa duit cash kayak aku. Lebih praktis siih..

    BalasHapus
  14. Mpo suka e-payment karena tidak perlu uang parkir ke ATM / bank. Lumayan 2000 bisa di tabung

    BalasHapus
  15. penggunaan e-payment udah mendukung gaya hidup juga ya apalagi sekarang banyak orang yg jarang bawa uang cash. Proses pembayarannya juga cepat pakai QR Code

    BalasHapus
  16. Udah harus dimulai sih karena zaman sekarang mah transaksi tunaijuga agak kurang aman juga dari segi kesehatan. Pegang2 uang gitu...huhu. Kalau cashless kan jauh lebih praktis juga ya.

    BalasHapus
  17. Sebagai orang yang cashless, aku terbantu banget transaksi e-payment ini.

    BalasHapus
  18. Benar mbak, sekarang kebanyakan bisnis udah pakai digital market semua ya. Jadi pembayaran pun lebih mudah pakai e payment, saya juga lebih jika pembayaran begini, cashless dan ga perlu bingung kalau ga ada receh hehehe

    BalasHapus
  19. Aplikasi bank digital Senyumku memang beneran bikin senyum sumringah. Hanya ada dalan satu aplikasi saja bisa banyak hal termasuk pembukun lebih detil dan semua tercatat. Bikin pengaturana keuangan makin terkontrol pasti

    BalasHapus
  20. Pakai E-Payment untuk transaksi bisnin maupun sehari2 itu sangat praktis ya. Non cash di zaman serba digital memang mesti diikuti iramanya ya. Apalagi saat masih pandemi begini, riskan sekali pegang udang, lebih sering mencuci tanga kalau gitu mah hehehe.

    BalasHapus
  21. sekarang tuh sering malu deh kalau ngomong : Duh aku ga punya uang cash, padahal beneran karena ada e-wallet semua transaksiku beralih ke situ!

    Apa ga sebaiknya pedagang kecil punya Jual by doku aja ya sebagai transaction function mereka?

    BalasHapus
  22. Urusan pembukuan itu emang rumit. Senang banget kalau ada e payment yang membuat bisnis jadi lebih mudah dilakukan

    BalasHapus
  23. aku suka pembataran E-payment lebih memudahkan sih apalagi pas gak uang cash atau belum sempat ke ATM, memudahkan kalau pakai E-payment sih

    BalasHapus
  24. Membaca artikel ini, sebagai pemegang bisnis Arenga, gula aren organik, saya merasa seperti tercubit deh Mbak. Saat ini belum juga menggunakan e-payment. Kalau sebagai pelanggan sih sudah. Mau pelajari gimana cara agar bisa memanfaatkannya. Makasih inspirasinya, Mbak

    BalasHapus
  25. Dengan menggunakan e-payment pelaku usaha bisa lebih rapi dalam pencatatan setiap transaksi ya. Sehingga usaha bisa berjalan dengan lancar. Selain itu sistem pembayarannya aman dan praktis. Gak repot juga kalau gak ada receh untuk kembalian.

    BalasHapus
  26. Di era serba digital, berbagai transaksi kini serba digital, termasuk berbagai macam pembayaran. Dengan e-payment lebih praktis, manfaat nya pun banyak. Sayang sekali kalau gak digunakan :)

    BalasHapus
  27. Aku sebagai customer yang males bawa cash, apalagi kayak pandemi gini lebih suka pembayarannya scan barcode saja karena lebih praktis. Makanya senang banget kalau pas lagi belanja atau sekedar ke resto yang sudah menggunakan e-payment

    BalasHapus
  28. Aku nih salah satu konsumen yang suka dengan e-payment. Selain praktis juga bikin aku gak boros. Soalnya jadi jarang bawa uang tunai dengan banyak. Sayang banget deh kalo pelaku usaha belom pake e-payment ya.

    BalasHapus
  29. Keberadaan metode pembayaran yang praktis dan nyaman pasti akan membuat pelanggan makin dimudahkan. Nah, Jokul By DOKU bisa jadi solusi untuk pengelolaan e-payment untuk bisnis kita. Manfaatnya banyak begini pasti akan melancarkan operasional usaha nanti

    BalasHapus
  30. nah iya, aku mikir soal pembukuan bakal jauh lebih rapi karena udah otomatis tercatat lengkap. meminimalisir fraud juga, kan. apalagi sekarang ini sangat awam di kota-kota besar memakai e-payment.

    BalasHapus
  31. E-payment ini banyak banget keuntungannya. Di era digital ini emang lebih praktis pakai e-payment. Engga udah khawatir kalau lupa bawa uang cash atau perlu bawa uang ke mana-mana

    BalasHapus
  32. Aku pas nonton drama dan lihat tokohnya cuma scan QR Code buat bayar, rasanya ngiri. Kok semudah itu? Eh sekarang di Indonesia udah bisa ya. Gak pakai drama kembalian atau lainnya deh

    BalasHapus
  33. Zaman sekarang emang orang lebih banyak bertransaksi dengan e payment ya mbak
    makanya, para pebisnis akan sangat pas jika menggunakan e payment juga

    BalasHapus
  34. Wah aku kalau punya toko, bakulan jg mungkin akan pilih epayment kek gini, apalagi di masa pandemi buat menghindari kontak fisik dan uang dengan pelanggan juga ya mbak?
    Enaknya tu lbh mudah kalau mau melakukan penghitungan ya kyknya dgn semua transaksi tercatat detail dan yes setuju yg penting keamanannya itu TFS

    BalasHapus
  35. E payment banyak bgt manfaatnya, selama ini aku juga sering sih belanja dan bayar memilih pakai e payment.. Dan jarang banget membayar pakai uang cash, skrg, e payment buat aku wajib ada saldonya.

    BalasHapus
  36. Generasi cashless yang no worry kalau dompet ketiggalan, ngacuuung! Hihi.
    Jaman digital sekarang ini bikin segala sesuatu lebih praktis ya Mba Un,termasuk transaksi keuangan. Dan setuju banget sama poin-poin yang Mba Uniek jabarkan, terutama masalah keamanan. Jadi low-risk gitu kalau pakai e-payment.

    BalasHapus
  37. zaman now berbisnis harus tahu berbagi macam aplikasi yang memudahkan orang untuk melakukan transaksi ya. Saya juga pembelian semua dilakukan dengan e payment, karena emang leibh mudah dan gak ribeut. enggak perlu ambil duit dulu di bank, nyari kembalian dsb. pokoknya ini sistem pembayaran yang paling saya pakai selama ini.

    BalasHapus
  38. e-payment memudahkan segalanya yaa, lebih aman, lebih praktis, wajib punya yaa kalau jaman sekarang ini, jadi nggak perlu bawa uang segepok lagi kalau mau belanja

    BalasHapus
  39. Setuju banget mbak... E payment memudahkan pelanggan maupun pebisnis. Karena bisa bayar pas sesuai jumlah tagihan. Jadi ga perlu bingung nunggu atau nyari kemnalian

    BalasHapus
  40. jaman makin caanggih yaa, adanya e payment aja udah sangat membantu kita bertarnsaksi apalagi saat ini yang sudah bisa 1 gateway ya, makin praktis banget lah mau melakukan pembayaran

    BalasHapus
  41. Aku sampai punya 3 aplikasi e-payment di hp. Selain lebih praktis buat bayar ini itu. Sering banyak promo potongan harga juga. Jadi kalau pelaku punya e-payment itu juga lebih menguntungkan karena gak perlu bayar cash dan kena admin klo harus transfer.

    BalasHapus
  42. saya punya bisnis jual ikan hias. iya memang pembukuan itu wajib dan jd penting. saya yg dulu malas2an catat, mulai terbiasa selalu bikin catatan biar jelas pendapatan dan pengeluaran. jd bisnis gak sekedar isi waktu tp nyata hasilnya

    BalasHapus