14 Maret 2022

Tips Membuat Buku Kas & Trik Mudah untuk Menyusun Pembukuan Kas

 
tips membuat buku kas

Membuat buku kas merupakan cara terbaik untuk mencatat keuangan bisnis. Dengan mencatatnya, kita bisa memahami jumlah pengeluaran dana yang digunakan selama satu bulan hingga satu tahun. Selain itu, buku kas menjadi penting apabila kita menjalankan sebuah bisnis dan mencegah kita dari kerugian. 

Secara singkat, membuat pencatatan keuangan akan memberikan gambaran jumlah pengeluaran serta strategi untuk mengaturnya.




Apa itu Buku Kas?


Sebelum kita bahas lebih jauh teknis cara membuat buku kas, akan lebih baik untuk memahaminya terlebih dahulu. Buku kas sederhananya adalah jurnal keuangan yang merangkum catatan pembayaran tunai, penerimaan tunai, penyimpanan, hingga penarikan uang dari bank untuk keperluan usaha yang kita miliki. Kalau pada bank disebut mutasi, buku kas adalah bentuk sederhana dari pencatatan segala transaksi yang kita lakukan namun dalam bentuk uang tunai.

Buku kas ini akan mencatat semua transaksi pengeluaran dan pemasukan yang kita lakukan dalam bentuk uang mau pun transaksi pada rekening bank, kredit, hingga pembayaran digital. Karena buku kas dibuat manual, kita mungkin akan kerepotan saat mencatat setiap transaksi yang dilakukan. Oleh karena itu, kita bisa menggunakan aplikasi pembukuan keuangan secara digital dengan interface yang mudah dipahami.




Apa Manfaat dari Buku Kas?


Buku kas bisa menjadi acuan kita dalam melakukan pengeluaran untuk keperluan bisnis. Pembuatannya pun juga harus detail dan disesuaikan dengan waktu dilakukannya transaksi. Selain itu, buku kas sangat bermanfaat bagi pelaku bisnis yang menggunakan dana cukup besar. Untuk ke depannya, bisa memberikan gambaran besar pada pembengkakan pengeluaran.

buku kas


Selain itu, pada akhir kuartal atau periode, buku kas akan menjadi dokumen laporan penting. Dari pencatatan tersebut, akan ditemukan masalah-masalah dan juga solusi perbankan yang bisa diatasi dengan lebih baik. Kita juga bisa membaca kondisi keuangan bisnis dari catatan pengeluaran serta pemasukan di buku kas. Intinya, buku kas akan membantu kita membaca laporan keuangan di setiap periode.




Bagaimana Tips & Trik Membuat Buku Kas yang Baik?


Dalam membuat buku kas yang mudah dipahami untuk usaha online di e-commerce seperti Bukalapak, ada beberapa metode yang bisa kita terapkan. Bagian terpenting saat melakukan pencatatan transaksi adalah tidak membuat kesalahan pada jumlah nominal pengeluaran dan pemasukan. Selain itu, kita harus bisa membedakan mana kredit dan debit, sehingga tidak terjadi kesalahpahaman saat membaca catatan. 

Berikut 3 metodenya:

1. Metode folio dua halaman


Metode ini juga dikenal dengan Check Cash Book, yakni melibatkan dua halaman. Setiap halaman akan dimasukkan unsur kredit dan debit. Pada halaman kredit, akan dimasukkan catatan pengeluaran yang dibagi menjadi empat kolom di antaranya:
  • Kolom 1 untuk tanggal uang keluar.
  • Kolom 2 untuk keterangan uang keluar.
  • Kolom 3 untuk bukti uang keluar.
  • Kolom 4 untuk jumlah nominal uang keluar.
Sedangkan pada halaman debit, akan dimasukkan catatan pemasukkan yang juga dibagi menjadi empat kolom, di antaranya:
  • Kolom 1 untuk tanggal uang yang masuk.
  • Kolom 2 untuk keterangan uang yang masuk.
  • Kolom 3 untuk bukti uang yang masuk.
  • Kolom 4 untuk jumlah nominal uang yang masuk.
buku kas
contoh buku kas folio dua halaman


Nah, dengan metode ini seharusnya kita jadi lebih mudah memahaminya. Cash Check Book ini sangat cocok bagi teman-teman yang baru memulai usaha.




2. Metode folio satu halaman


Dibandingkan dengan metode dua halaman, metode satu halaman ini terbilang sangat praktis. Usaha kecil menengah sangat cocok untuk menerapkannya. Untuk pembukuan pada metode satu halaman ini, kita bisa mencatat dengan membaginya menjadi lima kolom, di antaranya:
  • Kolom 1 untuk tanggal.
  • Kolom 2 untuk uang yang masuk dan keluar, serta memasukkan keterangannya.
  • Kolom 3 untuk bukti berupa nota atau kwitansi dari uang yang masuk dan keluar.
  • Kolom 4 untuk sisa saldo yang ada.
  • Kolom 5 untuk jumlah total pengeluaran.

Pada metode ini, kita juga bisa menambahkan kolom ke 6, yakni untuk menunjukkan sisa serta kredit atau minus dari catatan pengeluaran pada periode tertentu. Cukup mudah, kan?


3. Metode Tabelaris


Pada metode Tabelaris, kita akan mencantumkan lajur tabel yang akan memenuhi satu halaman folio. Metode ini memberikan kita kebebasan untuk mengembangkan pencatatan keuangan. 

Berikut detail pada kolom yang bisa kita masukkan.
  • Kolom 1 untuk tanggal terjadinya transaksi.
  • Kolom 2 untuk kode rekening atau nomor referensi transaksi.
  • Kolom 3 untuk deskripsi atau keterangan transaksi.
  • Kolom 4 untuk debit atau uang yang masuk.
  • Kolom 5 untuk kredit atau uang yang keluar.
  • Kolom 6 untuk akumulasi pemasukan atau pengeluaran yang dilakukan.
  • Kolom 7 untuk sisa saldo selama periode tertentu.

Nah, metode tabelaris ini cukup membantu bagi usaha besar yang membutuhkan banyak detail pada pencatatan keuangannya. Selain itu, detail yang lengkap akan memberikan gambaran kondisi keuangan pada setiap akhir periode.


Membuat pencatatan buku kas untuk kebutuhan keuangan bisnis akan sangat bermanfaat. Selain memberikan gambaran pengeluaran dan pemasukan pada setiap periodenya, pembukuan keuangan memang menjadi cara terbaik yang selama ini banyak dilakukan oleh berbagai macam usaha. 

sumber : dailysocial.id

Namun, dengan adanya pembukuan digital yang sudah bisa diakses melalui smartphone, pencatatan keuangan menjadi lebih praktis dan akurat. Teman-teman dapat menggunakan aplikasi pembukuan seperti Buku Mitra, untuk proses pembukuan kas yang lebih efektif dan praktis. 

44 komentar:

  1. Makin mudah kini ya proses pembukuan kas , bisa lebih efektif dan praktis dengan menggunakan aplikasi pembukuan Buku Mitra. Makin cepat pengerjaan pembukuan, sehingga kita bisa fokus pada hal lainnya.

    BalasHapus
  2. Membaca ulasan mba Uniek ini seketika membawa ingatan saya pada aktivitas dunia kerja dulu yang tak jauh dari dunia accounting. Buku kas, neraca, laporan laba/rugi yang memang sangat krusial sekali keberadaanya bagi sebuah perusahaan. Dan kabar baiknya ternyata sekarang sudah tersedia aplikasi pembukuan digital yang tentunya sangat memudahkan penggunanya. Buku Mitra salah satunya. Sungguh masa berkembang dengan sangat dinamis. Pun efek baiknya menjadikan teknologi juga ikut berkembang selaras menyesuaikan dengan kebutuhan manusia. Masya Allah. Terima kasih informasinya mba Uniek.

    BalasHapus
  3. Sekarang terasa manfaatnya pembukuan ini dalam kehidupan sehari-hari. Waktu sekolah, ada pelajaran akuntansi pembukuan wah sering menghindar. Hehehe...
    Alhamdulillah ini ada buku kas seperti Buku Mitra yang bisa kita operasikan dari smartphone. Sangat membantu pastinya

    BalasHapus
  4. Saya menggunakan buku kas sewaktu awal menikah. Tapi setelah ada bocil dikalahkan rasa malas. itu pun secara manual. Kalau sekarang ternyata sudah ada yang online ya. Terimakasih informasinya.

    BalasHapus
  5. Baca ini jadi ingat pas SMA belajar akuntansi. Aku selalu mumet klo bikin buku kas
    Tapi sekarang jadi mudah ya KLO pakai Buku Mitra ini

    BalasHapus
  6. Semoga suatu saat bisa membuat ini kalau uang sudah banyak..

    BalasHapus
  7. Jadi teringat semasa buka onlineshop dulu, sering sekali buat pembukuan manual, dan jadi ikut pusing kalau ada yang gak balance. Bersyukur di era digital sekarang sudah banyak app yang tersedia untuk memudahkan kita..

    BalasHapus
  8. Aku juga punya bisnis online shop tapi masuk pembukuan manual. Tau aplikasi buku kas bisa digital jadi memudahkan banget yah buat para pelaku bisnis. Cuss nyoba ah..

    BalasHapus
  9. Jadi inget masa lalu pas sekolah belajar buku kas dan ilmu akuntansi lainnya, gak sangka sekarang buku kas udah bisa dicatet di aplikasi aja. Canggihnya dunia

    BalasHapus
  10. sebagai pebisnis online, wajib belajar soal buku kas karena dmei bisnis supaya bertumbuh dengan keuangan yg sehat. terima kasih tulisannya mba

    BalasHapus
  11. Wah kalau ada aplikasi ginii rasanya lebih praktis dan makin rajin kerjanya xixixi. Aku sndiri kadang angot2an untuk nyusun pembukuan kas buat blog hikss

    BalasHapus
  12. wah rigid sekali ya bikin buku kas ini hehehe, tapi adanyabuku kas digital kita tak perlu berpusing-pusing ria ya karena sudah praktis tinggal pakai

    BalasHapus
  13. Wah ada aplikasi yang membantu pembukuan kas ya. Sering pusing kalau bikin buku kas pengeluaran pribadi. Kepoin ah.

    BalasHapus
  14. Jadi inget pelajaran ekonomi terakhir waktu aku SMP, btw makasih mba aku lagi butuh buat mencatat keuangan rumah tangga

    BalasHapus
  15. Zaman sekarang pencatatan semakin mudah ya. Bahkan pakai aplikasi digital.

    BalasHapus
  16. Semoga jadi mempermudah untuk pembukuan
    Tidak hanya yang punya bisnis saja tapi buat rumah tangga juga sepertinya bisa diterapkan

    BalasHapus
  17. Pembuatan buku kas memang sangat penting dalam usaha, agar tahu pemasukan dan pengeluaran uang usaha kita. Dulu saya rajin bikin buku kas manual mbak, waktu jualan online. Tetapi sekarang sudah tidak lagi, karena sempat cuti jualan, jadi terbengkalai.Sekarang ada aplikasi Buku Mitra, jadi lebih praktis ya.

    BalasHapus
  18. praktis dan sangat membantu ya buku Mitra ini, sy masih manual nih mencatat penjualan

    BalasHapus
  19. Wow mantap banget infonya. Jadi teringat jaman dulu ya yang bagi-bagi kolom itu. Mau coba aplikasi Buku Mitra ini semoga keuangan jadi lebih rapi

    BalasHapus
  20. Urusan pencatatan keuangan pada buku kas jadi lebih praktis dan pastinya paperless dengan adanya aplikasi pembukuan Buku Mitra ya mbak. Dengan begitu gak perlu repot lagi tulis/catat semuanya secara manual

    BalasHapus
  21. Ada temenku pegiat UMKM kuliner mba.
    Dia bilang walopun omzet lumayan banyak, tapi kok cash-nya ngga kliatan?
    Hadehh, ternyata dia ga paham cara bikin pembukuan, padahal ini urgent bgt utk usaha kan
    Baiklahh, nanti ku bilang supaya dia baca artikel ini!

    BalasHapus
  22. Baca tulisan ini langsung ingat pelajaran akuntansi dulu. Saya dulu belajar bikin buku kas yang model tabelaris. Kirain emang itu udah yang baku, ternyata ada model lain ya

    BalasHapus
  23. Kalo rajin mencatat pemasukan dan pengeluaran jadi lebih rapi dan kelihatan nih dana kita bocornya di sebelah mana yaaah, tapi kenapa suka males-malesan nyatet yah akutuh huhuhu

    BalasHapus
  24. Buku kas mengingatkanku pas diamanahi pegang uang teman². Dibilang sbg bendahara juga bukan sih wkwk. Tp intinya harus ada catatan lah pemasukan-pengeluaran plus keterangan jadi bikinnya ya serupa dg buku kas.

    BalasHapus
  25. Jadi makin mudah dan praktis yaa dengan adanya aplikasi pembukuan buku mitra ini. Jadi untuk urusan pencatatan keuangan pada buku kas gak perlu repot dan ribet lagi dengan ditulis/catat semuanya secara manual

    BalasHapus
  26. Wow dapat ilmu baru nih.Membuat buku kas dan trik mudah menyusun pembukuan kas.Aku ada usaha kulineran kecil-kecilan mom.Tetapi pembukuannya amburadul banget deh.Ini jadi kebantu deh,thanks mom

    BalasHapus
  27. Aplikasi pembukuan Buku Mitra ini sangat membantu kita melakukan pencatatan kas sehari2. Memang zamannya sudah canggih begini lebih baik secara digital ya pakai aplikasi bisa dengan hp sehingga praktis deh. Kita juga bisa memantau kondisi keuang apakah stabil atau mesti ada yang direvisi. TFS mbak.

    BalasHapus
  28. Pembukuan yang praktis dan akurat tentu akan memudahkan kita untuk mengontrol segala sesuatunya. Via smartphone pun kini bisa dilakukan dengan mudah melalui aplikasi pembukuan Buku Mitra seperti ini ya

    BalasHapus
  29. Jadi ingat temanku tuh rajin buat catatan keuangan seperti ini mba. Lengkap dan detail. tapi sekarang jadi memudahkan ya mba bisa dilakukan semua di handphone

    BalasHapus
  30. Waw. Baru tau sm buku mitra inii.

    Selama ini nyatet cashflow cm berbekal google sheet diutak atik.

    Kalo ada yg simple gini knp musti ribet yak. Cb download ah. .

    BalasHapus
  31. pernah banget mengalami keuangan yang berantakan saat berbisnis. Bahkan saat bangkrut bisnis ikan diawal pernikahan. Semoga ke depan kalau mau bisnis lagi tahu ilmu buku kas ini ya

    BalasHapus
  32. Aku nih termasuk yang masih suka pakai metode manual nih, persis gini karena biar ada 2 pembukuan. Selain via digital juga punya manual.

    BalasHapus
  33. Duh aku dulu dapat pelajaran akuntansi sebentar aja pas kuliah kok mumet ya mbak, tapi memang berguna sih untuk pencatatan.
    Buku kas memang penting banget untuk yg ebrbisnis jadi tau aliran keuangan keluar masuk. Tapi enak skr udah bisa digital ya buku kasnya kaya dari Buku Mitra ini

    BalasHapus
  34. Membuat buku kas dulu jaman SMP ssudah belajar membuatnya lupa pelajaran apa ya? Jaman sekarang menyenangkan sekali yaa apa aja bisa di dapat dengan mudah dr gadget aja taklupa
    pastinya ada quotanya👌🏻

    BalasHapus
  35. Aku punya buku kas ini untuk keuangan usaha. Tapi memang penting sih punya buku kas ini untuk usaha apalagi. Bisa untuk evaluasi juga

    BalasHapus
  36. Aku kurang rajin mencatat soal keuangan kaya gini, tapi kalau ada usaha ya wajib dong. Jadi tahu duit dan hasilnya gimana. Kakak juga pakai meski usahanya baru jualan pulsa aja

    BalasHapus
  37. Nah ini rekomen banget buat para pebisnis, atau pelaku UMKm juga bisa kan yaa..
    Membuat pencatatan buku kas ini untuk kebutuhan keuangan bisnis akan sangat bermanfaat banget.
    Makasih tipsnya..

    BalasHapus
  38. Jadi inget jaman sekolah dulu, pas materi akuntansi isinya jurnal dan buku kas mulu. Untungnya sekarang ada Buku Mitra, jadi kalau mau nulis kas masuk dan keluar, makin gampang dan gak perlu mumet.

    BalasHapus
  39. Buku kas itu penting ya mbak
    Buat indikator bagaimana bisnis sudah berjalan, apakah untung apakah rugi
    Asik ya sekarang ada Buku Mitra, makin mudah bikin buku kas

    BalasHapus
  40. aku yang gak suka sama mata pelajaran akuntansi & keuangan, eh sekarang malah harus bisa dan paham sama alur akuntansi & keuangan, salah satunya bisa membuat buku kas. Dan tips ini sangatlah membantu

    BalasHapus
  41. Kini ada yang praktis yaa, kak Uniek..
    Menggunakan aplikasi Buku Mitra dan bisa menuliskan pencatatan keuangan kas dengan lebih teliti.

    BalasHapus
  42. Saya perlu banget buku kas digital begini karena kadang suka lupa nulis di buku manual. Pencatatatan ini bisa untuk urusan rumah tangga, bisnis, juga fee menulis. Kalau tercatat dengan rapi insyaAllah hasilnya bakal lebih keliatan dan mudah dalam pengontrolan.

    BalasHapus
  43. Aku masih angin-anginan nyatet pengeluaran sama pemasukan, soalnya bukunya suka dicoretin sama bocils, belum lagi ketelisut entah dimana.
    Adanya Buku Kas ini makin aman & nyaman nyatet pembukuan digital. Makin mudah trackingnya juga.

    BalasHapus
  44. Sederhana tapi penting bgt buku kas tuh

    BalasHapus