11 Maret 2022

Berkenalan dengan 7 Jenis Asuransi yang Umum Tersedia di Indonesia

 
7 jenis asuransi di indonesia

Semakin ke sini, jenis asuransi semakin bertambah banyak dan hal ini terjadi karena menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat luas. 

Produk asuransi memang terus dikembangkan agar bisa memberi perlindungan yang tepat dengan kebutuhan masyarakat. 

Jika ingin membeli produk asuransi yang tepat, maka kenali dulu jenis-jenis asuransi dan contohnya.




Mengenal Jenis-Jenis Asuransi


Asuransi adalah layanan yang memberi perlindungan dalam bentuk ganti rugi uang jika faktor risiko muncul terhadap pihak yang dilindungi. Misalnya, saat sakit, ternyata pasien merupakan nasabah asuransi kesehatan, maka biaya perawatan pasien tersebut bisa diklaim ke perusahaan asuransi untuk mendapatkan ganti rugi.

Produk asuransi kemudian tidak hanya berupa asuransi kesehatan, sebab jenis asuransi sangat beragam. Berikut beberapa di antaranya:


1. Asuransi Kesehatan 


Jenis yang pertama dari produk asuransi adalah asuransi kesehatan, yakni asuransi yang memberikan penggantian biaya medis akibat jatuh sakit dan kecelakaan. 

Biaya medis ini bisa dalam bentuk rawat inap maupun rawat jalan, disesuaikan dengan kebijakan dari perusahaan asuransi yang menyediakannya. Jadi, saat jatuh sakit nasabah tidak khawatir kesulitan membayar tagihan rumah sakit.



2. Asuransi Jiwa 


Berikutnya ada asuransi jiwa yakni jenis produk asuransi yang memberi UP (Uang Pertanggungan) kepada ahli waris apabila nasabah (yang tertanggung) meninggal dunia atau mengalami disabilitas secara permanen. 

Lewat asuransi ini para pencari nafkah tidak was-was meninggalkan keluarganya, karena bisa memastikan mereka tetap hidup layak dan berkecukupan.



3. Asuransi Kecelakaan 


Jenis asuransi berikutnya adalah asuransi kecelakaan. Asuransi kecelakaan merupakan asuransi yang memberi pertanggungan risiko kecelakaan. 

Maksudnya, saat nasabah mengalami kecelakaan maka biaya perawatan medis akan ditanggung perusahaan asuransi. Nasabah tidak perlu khawatir melakukan perjalanan karena saat risiko kecelakaan terjadi, maka kondisi keuangan tetap sehat.




4. Asuransi Kendaraan


Jenis selanjutnya adalah asuransi kendaraan yang terbagi menjadi dua jenis, yakni asuransi motor dan asuransi mobil. Sama seperti asuransi pada umumnya, asuransi jenis ini melindungi kendaraan nasabah dari risiko kerusakan baik akibat kecelakaan, bencana alam, kerusuhan, maupun dicuri orang. 

Asuransi kendaraan terbagi menjadi dua jenis, pertama asuransi TLO yang menanggung kerusakan skala besar dan risiko pencurian saja. Kemudian yang kedua adalah asuransi all-risk yang menanggung semua risiko terhadap kendaraan. Jenis asuransi kendaraan bisa dipilih sesuai kebutuhan.




5. Asuransi Properti 


Jenis yang selanjutnya adalah produk asuransi properti yang memberi pertanggungan terhadap kerusakan pada properti yang diasuransikan. Kerusakan ini bisa karena bencana alam, kebakaran, dan juga pencurian di dalam properti tersebut. 

Lewat asuransi ini, nasabah tidak was-was lagi karena saat properti mengalami risiko, nasabah tidak perlu keluar uang untuk melakukan perbaikan.




6. Asuransi Perjalanan 


Suka traveling? Maka wajib memiliki jenis asuransi perjalanan yang memberi pertanggungan atas risiko selama perjalanan, seperti mengalami kecelakaan. Nantinya, nasabah di dalam perjalanan yang perlu dirawat ke rumah sakit tidak pusing soal biaya, karena ditanggung perusahaan asuransi.





7. Asuransi Hewan 


Teman-teman ada yang memiliki hewan peliharaan? Tentu akan menganggap hewan peliharaan sebagai anggota keluarga. Sebagai upaya melindungi hewan peliharaan maka bisa membeli asuransi hewan. 

Asuransi ini memberikan perlindungan terhadap resiko kecelakaan, pencurian, dan tanggung jawab ke pihak ketiga.

Jadi, memiliki asuransi jenis ini bisa dikatakan penting karena bisa jadi menabrak hewan peliharaan orang lain. Supaya tidak perlu keluar uang, maka bisa membeli asuransi hewan yang memberi pertanggungan/tanggung jawab ke pihak ketiga.

29 komentar:

  1. Ngomongin tentang asuransi kadang aku mikir buat apa, gak penting ternyata kalau di kondisi seperti ini yang apapun bisa terjadi penting banget buat punya asuransi. Terima kasih infonya, mantep ini buat yang pengin buat asuransi.

    BalasHapus
  2. Baru tahu tentang asuransi hewan. Tapi menarik juga ini untuk proteksi hewan kesayangan kita. Apalagi hewan sudah menjadi bagian dari keluarga ya. Jadi kalau ada asuransinya ada perlindungan untuk mereka

    BalasHapus
  3. Banyak macamnya ya asuransi ini. Aku dulu ngiranya cuma ada asuransi jiwa dan asuransi pendidikan aja. Pastinya ada banyak macamnya ini bikin nasabah jadi lebih fokus ke mana. Dan pastinya semua sama pentingnya. Aku sendiri cuma baru punya asuransi kesehatan aja. Telat gak ya kalo beli jenis asuransi lainnya?

    BalasHapus
  4. Banyak banget ya jenis-jenis asuransinya, Saya juga baru tau ternyata ada asuransi hewan juga. Ulasannya sangat membantu nih buat yang pengen bikin asuransi jadi bisa disesuaikan sesuai kepentingan dan kebutuhan.

    BalasHapus
  5. Wah iya, ternyata banyak juga jenis jenis asuransi di Indonesia
    Kalau aku baru punya 3 dari tujuh itu mbak
    Btw lucu ya, ada asuransi hewan

    BalasHapus
  6. Banyak juga ya jenis asuransi, saya kira cuma asuransi jiwa dan asuransi kendaraan. Mengetahui jenis jenis asuransi jadi nambah pengetahuan, makasih mbak artikelnya bermanfaat banget.

    BalasHapus
  7. Saya baru tahu ada asuransi hewan juga. Jadi pengen ngulik lebih jauh lagi nih, hewan apa saja yang bisa diasuransikan.

    BalasHapus
  8. Waah dari ketujuh asuransi ini aku baru kenal dan tau asuransi hewan mbak. Hampir semua pernah ikut kecuali asuransi hewan.

    BalasHapus
  9. asuransi hewan penting banget, karena hewan peliharaan selayaknya keluarga sendiri, keingat waktu kucing kesayangan adekku hilang sedihnya ampe berminggu-minggu akhirnya sedikit terhibur dengan diberi kuncing cantik baru

    BalasHapus
  10. aku masih pake 2 dari 7 asuransi itu, mau ambil 1 lagi asuransi jiwa tapi nanti dulu mau prepare dulu, sama asuransi properti kayaknya perlu kemarin mikirnya kalo rumah tinggal itu kan sebisa mungkin dijaga makanya pengen juga di asuransikan. tapi yang asuransi hewan itu baru tau deh

    BalasHapus
  11. Aku baru punya asuransi kesehatan Aja mba... Banyak sebenarnya jenis proteksi tinggal kita ambil sesuai kebutuhan Aja.. yg bisa mengcover nantinya

    BalasHapus
  12. Asuransi hewan baru saya tahu beberapa bulan lalu waktu ada campaign apa lupa. Tapi ternyata hewannya kucing dan anjingnya harus yang memiliki akta dan sertifikat juga. Kucing kampung seperti di rumah ga bisa diikutsertakan asuransi hewan...

    BalasHapus
  13. Asli, aku baru tau ada asuransi Hewan, Bun. Aku kira kalau sampai kematian atas hewan ditanggung juga. Hihihi

    BalasHapus
  14. Ada banyak asuransi yang bisa kita sesuaikan sama kebutuhan ya mak. Jadi tahu macem2nya. Kalau asuransi hati adaaaa ga

    BalasHapus
  15. Asuransi penting ya mak apalagi asuransi mobil. Tidak rugi asuransi mobil apalagi yg fullrisk namanya orang berkendara sudah berhati2 tp kena apes.
    Maaak maai dunk kerumah.

    BalasHapus
  16. Asuransi hewan ini jadi ingat bahwa hewan adalah hal yang tak terpisahkan dalam sebuah keluarga. Rasanya tapi belum tahu gimana detailnya. Hanya bisa menjadi jalan keluar ketika ada hewan peliharaan yang misalnya terjadi sesuatu gitu yaa, kak Un..

    BalasHapus
  17. Wah ternyata banyak ya, yang terbaru ini traveling ya. Kalo ada asuransi ini rasanya lega aja gitu, ibaratnya sedia payung sebelum hujan ya mbak

    BalasHapus
  18. Aku baru tahu ada asuransi hewan. Selama ini jenis asuransi yang ini jarang banget disebut. Itu mencakup semua hewan peliharaan ya? Jadi kalau misal anjing atau kucing kita kecelakaan, biaya berobatnya ditanggung asuransi?

    BalasHapus
  19. Ternyata banyak ya jenis asuransi yang bisa memudahkan hidup kita, apalagi asuransi kesehatan dan asuransi jiwa penting banget..

    BalasHapus
  20. Dari berbagai jenis asuransi yang ditawarkan penyedia jasa asuransi, saya mengutamakan asuransi kesehatan dan jiwa dulu Mak. Apalagi kalau sudah berkeluarga nanti ya. Pengennya sih nggak kepikiran keluarga bakal hidup kayak gimana kalau misal ada sesuatu terjadi pada saya. Untuk tipe asuransi yang lain masih pengen belajar lebih lanjut lagi.

    BalasHapus
  21. bagusnya kita beli asuransi ini sesuai kebutuhan dan budget yaa mba.. namun minimal kayaknya penting untuk punya asuransi kesehatan, bisa yang swasta maupun pemerintah. nah kalau yang nyicil2 KPR ini pasti udah kenalan ama asuransi jenis yang lain :D

    BalasHapus
  22. Kemarin aku terpukau dengan asuransi hewan, kak Uniek..
    Ternyata kemarin diberitahu sama suami, bahkan ada asuransi tanaman, apalagi tanaman produktif yang menghasilkan (bisa dipanen).

    Betapa pentingnya asuransi, kini sudah bisa dinikmati manfaatnya oleh masyarakat luas.

    BalasHapus
  23. Aku masa baru tau ada asuransi hewan, hehe. Proteksi hewan piaran kita emang perlu juga ya, apalagi buat pecinta hewan. Kalau aku masih berkutat di asuransi kesehatan doang ini. Sempet mau ikut asuransi pendidikan, selalu gak sempet dan ujung2 gak jadi takut sulit buat klaimnya.

    BalasHapus
  24. Wah cukup banyak juga ya jenis asuransi yang tersedia di Indonesia... aku baru nyoba beberapa itu pun sekarang sudah tidak, padahal emang penting nih asuransi utk situasi tertentu.

    BalasHapus
  25. Kyknya asuransi kesehatan dan jiwa ya yang paling penting. Namun, kalau ada dana lebih tak ada salahnya juga mengasuransikan hal2 lai, properti misalnya atau mobil.
    Yg penting pilih asuransi yang terpercaya dan amanah, sehingga kalau ada hal yg tidak diinginkan gak ribet klaimnya ya mbak.

    BalasHapus
  26. diantara semua jenis asuransi yang mb sebutin diatas yang belum saya pernah denger adalah asuransi untuk hewan baru denger sekarang langsung saya browsinng untuk tahu lebih dalam. Soalnya ada kerabat yang sedang punya usaha adopt anjing

    BalasHapus
  27. Dulu pernah baca di tabloid infotainment beberapa artis menggunakan asuransi kayak misalnya KD mengasuransikan suaranya, siapa lagi mengasuransikan sebagian tubuhnya, nah kalau yang gini2 termasuk jenis asuransi apa ya Mbak? 😁

    BalasHapus
  28. Ternyata ada banyak sekali ya jenis-jenis asuransi, bahkan aku pernah baca tuh kalo artis-artis luar negeri bahkan mengasuransikan aset utamanya, misalnya kaya Beckham mengasuransikan kakinya, unik yaa

    BalasHapus
  29. Dari ketujuh asuransi tersebut aku baru tahu ada asuransi properti lho Mba Uniek. Ternyata memang penting juga ya properti diasuransiin, apalagi kalo punya Toko gitu kali yaa..

    Aku awalnya punya cuma asuransi kendaraan, trus jangan lupa juga ada asuransi barang elektronik, habis itu baru kenal asjiw, askes :D

    BalasHapus