20 Mei 2022

Fitur IDN Live di IDN App yang Mengasah Kreativitas Milenial dan Gen Z

 
idn live


Jenis konten apa sih saat ini yang paling kalian suka? Pilih yang dalam bentuk tulisan atau video?

Ketika pertanyaan ini kulontarkan pada anak-anakku yang sudah beranjak remaja, serentak mereka menjawab lebih suka unggahan dalam bentuk video dibandingkan tulisan. Jika ibunya lebih suka membaca tulisan, beda lagi ternyata jawaban anak milenial dan Gen Z yaa...

Salah nggak sih jika kemudian kegemaran untuk melihat unggahan dalam bentuk video seperti ini yang menjadi trend?




Milenial, Gen Z dan Video Streaming


Beda generasi tentu saja akan memiliki kebutuhan dan preferensi yang berbeda-beda, termasuk dalam hal mendapatkan aneka informasi secara daring. Jika Gen X (kelahiran tahun 1965-1980) punya kenangan tak terlupakan dengan mailing list, aneka media chat hingga blog, bukan berarti ada yang salah jika kemudian generasi berikutnya memiliki pilihan yang berbeda.

Pencarian informasi melalui tulisan tak akan lekang oleh waktu. Buktinya masih banyak media online yang menjadi pilihan banyak orang ketika mencari informasi terkait perkembangan jaman hingga hal-hal yang berhubungan dengan hobi ataupun hiburan.

Sempat baca nih tulisan Pamela Bump yang diunggah di HubSpot, salah satu web ekosistem bisnis,  yang menyatakan sejak tahun 2020 tren menyaksikan video mulai berkembang pesat. Tak terkecuali bagi calon konsumen potensial yang berusaha mencari tahu tentang produk tertentu, mereka lebih memilih untuk menonton video dalam membandingkan aneka produk sebelum memilih salah satu di antara beberapa pilihan tersebut. 

Lihat saja, kaum milenial dan Gen Z cenderung langsung mencari unggahan di Youtube ataupun video di berbagai platform media sosial ketika ingin tahu tentang sesuatu. Nggak usah jauh-jauh deh, kedua anakku yang masuk kategori Gen Z (kelahiran 1997-2012) langsung membuka akun media sosial yang mereka miliki ketika mencari resep makanan terbaru atau yang sedang viral. Beda banget kan dengan ibunya yang buka kumpulan resep, atau paling banter buka aplikasi yang berkaitan dengan masak-memasak.

Ibaratnya deh, Gen Z ini dari lahir sudah bersanding dengan internet, maka penggunaan internet yang mereka lakukan pun jauh lebih tinggi dibandingkan dengan orangtuanya. Masih beruntung nih yang kayak diriku, meskipun tergolong Gen X, berkat aktivitas menulis dan bermedia sosial, masih terus terkoneksi dengan internet. 


klik untuk memperbesar tampilan yaaa...

Tak dapat dipungkiri, anak-anak milenial dan Gen Z lebih terhibur dan belajar hal-hal baru melalui unggahan daring dalam bentuk video. Memang seru sih kalau dilihat-lihat. Tampak lebih meriah dan kreatif sekali pembuatan kontennya. Bukan tidak mungkin ketika kemudian generasi yang lebih tua ikut menyukai unggahan video seperti ini juga. 

Boleh tau nggak nih kalian suka buka aplikasi apa saja untuk menonton video streaming gini?





IDN Live : Fitur Live Streaming Besutan IDN App


Ada nggak sih yang sempat terpikir jika hobi mantengin unggahan dalam bentuk video tuh kurang berbobot, lebih cenderung untuk bersenang-senang saja?

Jujur saja dulu aku pun berpendapat seperti itu, memberikan penilaian sepihak kepada anak-anakku kalau mereka kurang serius dalam mengembangkan kreativitas. Banyak membaca lah yang akan membuat mereka lebih ‘berisi’. 

Ahaaa… ternyata di kemudian hari terbukti bahwa rumus seperti itu tidak sepenuhnya benar. Membuat unggahan dalam bentuk video juga membutuhkan ‘bekal’ yang tak kalah sulitnya dibandingkan dengan tulisan. Para pembuat konten atau yang biasa kita sebut content creator ini harus membekali diri dengan aneka kemampuan, mulai dari bikin konsep video, mencari referensi tren terkini, hingga kemampuan eksekusi video hingga editingnya. 

Pernah kan kalian menemukan life hack yang selama ini tidak pernah terpikirkan ‘hanya’ melalui unggahan video di salah satu platform media sosial yang tadinya dianggap ecek-ecek alias remahan rengginang? Hal sepele yang dikembangkan menjadi ide dasar konten, lalu diwujudkan dalam bentuk video, ternyata prosesnya tak semudah membalikkan telapak tangan. 

Ketika melihat hasil akhir dari videonya, eeehh ternyata emang keren yaa.. tak salah jika makin banyak anak muda yang menggemari tontonan dalam bentuk video. Upaya yang dilakukan pembuat videonya terbukti luar biasa. 


idn live


Tak salah jika kemudian kecenderungan melihat unggahan dalam video ini dimunculkan oleh IDN App, aplikasi baca berita dan hiburan besutan IDN Times. Pada tau kan ya William dan Winston Utama sebagai penggagas IDN Times, yang kemudian menghadirkan IDN App pada 16 Juni 2020 yang membuatnya jadi makin dekat dengan pasar anak muda jaman now alias kekinian. 

Fitur IDN Live hadir sebagai penyegar suasana yang baru di IDN App, format video yang dikemas dalam bentuk live streaming. Pheww… bikin video aja sudah susah, malah ini pake live streaming segala. Apa enggak keder gitu ya saat harus live?

Sudah ada gambaran kah kalian tentang IDN Live ini? Jika belum boleh deh ikuti video singkat ini yaaa..



Tuh kan seruuuu… selain bisa baca berita terkini, kita bisa nonton live streaming dari streamer favorit kita. Ada berbagai konten asyik yang bisa kita ikuti setiap harinya.

Kalian pengin jadi streamer juga? Bisa dapet miliran loh melalui aktivitas live streaming ini. Simak terus tulisan ini sampai bawah yaaa…






IDN Live Streamer Fund 50 Miliar 


Susah nggak sih cara menjadi streamer IDN Live?

Tak ada yang tak mungkin kalau kata orang bijak tuh. Beragam ide dan topik yang sedang hangat diperbincangkan alias viral, bisa banget dijadikan materi video. Apalagi kata rang-orang anak muda jaman sekarang ide kreatifnya adaaaa saja.

Dari kegemaran menonton live streaming, lama-lama bisa belajar bagaimana mendapatkan ide untuk tampil secara langsung di IDN Live. Sudah banyak loh streamer di IDN Live dengan beragam topik yang dibawakan saat tampil langsung.

Atas dedikasi tiada henti dari para pembuat konten kreatif dan otentik tersebut, IDN Live memberikan penghargaan bagi para live streamernya. Penghargaan yang dikenal dengan sebutan IDN Live Streamer Fund itu tidak main-main loh besarannya, mencapai 50 miliar rupiah, uwooww banget kaaann..

Melalui penghargaan ini, IDN Live memberikan kesempatan kepada semua live streamer-nya memperoleh penghasilan dari aktivitas live streaming yang dilakukan. Jadinya tidak sia-sia dong mencari topik bahasan yang menarik, tampil live dan berkomunitas secara terus-menerus. Bukankah berbagi itu merupakan salah satu amalan baik yang sudah sepatutnya kita lakukan? 

Penghasilan dari live streaming ini akan dihitung dari kombinasi beberapa unsur : jam tayang dan viewer, engagement yang tercapai saat chat dan pemberian virtual gift dari penonton, dan beberapa hal lainnya. Waahh seru yaaa…

Siapa saja yang bisa mendapatkan IDN Live Streamer Fund ini?
Tinggal di Indonesia dan berusia minimal 18 tahun
Memiliki minimal 100 follower di IDN App
Konsisten melakukan streaming setiap harinya melalui fitur IDN Live
Menyampaikan hal-hal yang positif dan istimewa
Mengangkat topik yang mengandung kreativitas dan asli ide sendiri
Mengikuti ketentuan yang ada di IDN Live

Gimana, kalian siap mendapatkan penghasilan dengan cara yang menyenangkan? 

Hayuuk segera instal aplikasi IDN App, bisa melalui Playstore maupun AppStore dan aktif mengumpulkan follower minimal 100 saja. Setelah itu tunjukkan kreativitasmu melalui fitur IDN Live dan mendulang rupiah. 

Serbuuuu….

56 komentar:

  1. Wih keren nih, dengan kata lain mengasah kekreatifan kaum milenial apalagi sekarang banyak banget generasi muda yang memilih jadi content creator. Sering baca berita di IDN sih menarik dan berkualitas, jadi perlu download IDN Apps nih untuk mendapatkan berita menarik lainnya. Terima kasih sharingnya!

    BalasHapus
  2. tapi iya sih mba memang lebih nyaman nonton ketimbang baca, dari nonton lantas baca gitu kali ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beda zaman emang sih. Anak sekarang suka lihat video buat dapat informasi dan lainnya. Kalau aku ya lebih suka baca dulu baru nonton

      Hapus
  3. keren!! aku kayaknya bakal instal aplikasinya nih. Aku pun sebenarnya sama nihh dengan generasi Z. Sukanya menyimak video ketimbang baca.

    BalasHapus
  4. Wah aku termasuk orang yang baru tahu malau IDN ternyata ada aplikasinya. Apalagi ada fitur baru yang namanya live streaming. Emang cocok menurut aku ama generasi Z yang menyukai video daripada lihat tulisan. Kebalikan banget dari kita ya mba hihihi

    BalasHapus
  5. Pengeeen mencobaa btw susah ga ya kumpulin follower 100.

    Emak biar ga ketinggalan jaman perlu mencoba hal yg baru syukur2 anak2 tertarik membuat content.

    BalasHapus
  6. Saya termasuk yang lebih suka mencari informasi dalam bentuk tulisan, sementara suami dan anak-anak lebih suka cari informasi berbentuk video. Kalau emaknya udah bisa dapat penghasilan dari tulisan, mereka nih belum berminat cari penghasilan dari video hehehe...

    Ntar coba aku kenalin ke IDN live lah, siapa tahu tertarik buat jadi streamer disana

    BalasHapus
  7. Membaca atau nonton video, aku suka keduanya. Tapi nonton video memang memiliki banyak kelebiha, sih. Misalnya kalau mau cari tutorial, lebih gampang lihat videonya. Atau untuk review-review yang berhubungan dengan teknologi, lebih mudah untuk mencerna informasinya. Makanya nih momennya pas banget deh ada IDN Live sekarang, ya. Di satu sisi para content creator ingin berkarya, di sisi lain penonton juga butuh tontonan yang bermutu.

    BalasHapus
  8. Kayaknya lebih cocok buat ponakanku deh, hihi ... generasinya lebih suka live streaming dan cuap-cuap di depan kamera. Hmm topiknya bisa apa aja yaa asalkan positif.

    BalasHapus
  9. Lebih mengena kalau nonton video walaupun singkat. Yang penting pesan sampai dan audio ok. Idn merupakan awal kita jadi orang hits

    BalasHapus
  10. Keren banget ini fitur IDN Live dengan suasana yang baru di aplikasi IDN, format video yang dikemas dalam bentuk live streaming. Udah bikin video trus live pula, memang ga gampang yaaa. Butuh bekal dan ilmu2nya untuk mempelajari.

    BalasHapus
  11. Anak zaman sekarang memang lebih suka lihat video ya. Kalau keponakanku udah 18, mau banget deh kudaftarin jadi streamer IDN Live. Dia suka ngoceh. Kan lumayan banget itu hadiahnya

    BalasHapus
  12. Anak zaman sekarang memang lebih suka lihat video ya. Kalau keponakanku udah 18, mau banget deh kudaftarin jadi streamer IDN Live. Dia suka ngoceh. Kan lumayan banget itu hadiahnya

    BalasHapus
  13. Iya, menarik banget IDN Live Streaming ini mbak
    Aku kemarin sudah isi form pendaftaran streamer IDN Live
    Doakan di ACC ya, biar bisa ikutan IDN Live Stream Fund 50 miliar ini

    BalasHapus
  14. Anak jaman sekarang pastinya suka komten berupa video ya dibandingkan tulisan. Pas bener banyak yang jadi streamer & bisa dijadikan pekerjaan di IDN Live jadi freelancenya ya. Anak jaman now makin dimanjakan nih sama sajian yang mereka sukai

    BalasHapus
  15. Setuju sama kalimat kalau anak-anak milenial dan Gen Z lebih terhibur dan mampu banyak belajar hal-hal baru melalui unggahan daring dalam bentuk video. Buanyak banget mereka bikin video-video keren ya hihihi

    BalasHapus
  16. Hadirnya IDN Live membuat semakin greget dunia streamer yang kini menghangat dengan konten-konten cerdas yang diberikan oleh para konten kreator. Aku juga menikmati sesekali acara live begini, kak Uniek.
    Rasanya seru bisa berinteraksi secara langsung di kolom komentar.

    BalasHapus
  17. Anakku yang SMA suka nonton streaming seperti fitur IDN Live ini. Memang sih banyak yang menginspirasi. Keren banget ini IDN sampai menggelontorkan dana 50 milyar untuk mendukung kreativitas sehingga para streamer makin terasah potensinya

    BalasHapus
  18. aku suka idn live karena bisa komunikas ilangsung di kolom chat bersama streamer. aku berharap bisa jadi streamer juga kayanya seru banget bisa share pengalaman positif ke orang-orang

    BalasHapus
  19. Wow banget ini IDN Live Streamer Fund 50 Miliar nya. Selain ngajarin kita bikin kintenybagus dan bermanfaat, juga berkesempatan mendapatkan bantuan modal ya

    BalasHapus
  20. Benar juga ya, banyak yang lebih suka nonton ketimbang baca, kalau saya tetap suka baca ketimbang nonton.
    Bagus banget nih fitur IDN Live, mendukung banget generasi sekarang yang lebih suka nonton

    BalasHapus
  21. Wawawa menarik banget Mba jadi streamer di app IDN 😍 diganjar 50 Miliar pula. Serius itu uang semua??? Boleh dicoba nih. Syarat-syaratnya harus dipenuhi dulu tapi ya hehe. Thanks mba infonya ❤️

    BalasHapus
  22. Ih iya banget. Dulu mainan instagram menarik karena captionnya. Sekarang instagram mulai ke reels nih algoritma nya. Jadi aja kita musti ikut belajar juga dari media tulisan ke media video. Hehe

    IDN live bisa jadi salah satu cara kita buat melihat apa yang lagi seru. Kali kecipratan bikin konten dan menang hadiahnya. eh 🀭

    BalasHapus
  23. Akupun generasi emboh lebih suka video sekarang wkwkwk. Apalagi kalau videonya ada teks, biar nggak perlu pakai earphone. Skrg media udah pakai ya, ngebantu banget buat keep in touch hal2 baru dg lbh singkat & praktis.

    BalasHapus
  24. Asyik banget ya bisa jadi live streamer begini. Kapan2 pingin nyoba, deh. kayanya seru.

    BalasHapus
  25. Program ini tuh jadi bikin para streamer termotivasi bikin konten yang kreatif deh. Hadiahnya juga bener-bener menggiurkan, emang yaa sekarang generasi Gen Z itu visual banget, makanya pada suka nonton video ketimbang yang lain.

    BalasHapus
  26. IDN tu acaranya keren2 ya, jadi bisa belajar tentang instagram, soalnya asli Instagram tu bikin mumet algorithms nya

    BalasHapus
  27. Memang saat ini video lagi nge-heits banget yah mbak, terutama live streaming karena bisa bikin kita interaksi langsung nih. Penasaran pengen kepo-in IDN live deh

    BalasHapus
  28. cakep banget ini aplikasinya, selain mengasah kreatifitas milenial plus kebutuhan content creator.

    Perlu banget donlot IDN Apps untuk mendapatkan berita menarik lainnya. thankyouuu

    BalasHapus
  29. Aku harus kenalkan aplikasi IDN live ini pada remaja di rumah nih, bisa jadi wadah mengasah kreativitas dengan menjadi seorang streamer dan kecipratan rezeki tambahan. makasih infonya mba.

    BalasHapus
  30. Makin lengkap aja nih aplikasi IDN app ya mbak, bisa dijadikan bacaan untuk nambah pengetahuan dan melihat update berita terkini. Apalagi ada fitur IDN Live, bahkan bisa membuat kita berpenghasilan...keren deh bisa banget dimanfaatkan berbagai generasi untuk menggali informasi yang dibutuhkan.

    BalasHapus
  31. Wah aku baru tau mba kalau di IDN App kita juga harus punya follower, kudet banget aku yaa. Kalau aku pribadi sih suka dua-duanya mba suka baca tulisan juga nonton video

    BalasHapus
  32. Aku udah instal idn dan sekarang lagi mencoba mengenal fitur idn live, nih, mbak. Entar kalau udah paham mungkin aku bakal ikut live juga. Hahahyy

    BalasHapus
  33. wih . makin keren aja nih IDN ada fitur live streamingnyaa.. berarti kita juga bisa jadi kontributor untuk kontrn love streamingnya ya mba?

    BalasHapus
  34. Kok mantab jiwa bgt siikk IDN app ini.

    Beneran paham kebutuhan para kreator konten..fitur²nya ciamik ya mba

    BalasHapus
  35. Saya udah liat-liat streamer dan konten kreatir di IDn Live keren2 yaaa, jadi selain baca2 artikel saya yg suka streaming jd bs ntn banyak konten bagus

    BalasHapus
  36. ada aplikasi yang oke seperti ini memang akan sangat membantu ya mba.. itu hadiahnya oke banget yaaa

    BalasHapus
  37. Baru tahu nih IDN ada aplikasinya, wah wajib saya download nih. Makasih informasinya

    BalasHapus
  38. Aku baru tau kalau IDN ada aplikasinya. Terus ada fitur live juga ya, jadi bisa lihat langsung.
    Btw, Kalau untuk mendapatkan informasi aku suka keduanya sih, video dan tulisan.

    BalasHapus
  39. Betul banget, kak Un..
    Anak sekarang kalau googling di youtube donk.. dan semua ada.
    Apakah video dari IDN Live ini tersimpan dan bisa di googling juga sewaktu-waktu?

    Seru banget kalau nonton live dengan topik kesukaan.
    Kaya bahas Kpop atau drakor, hehehe..

    BalasHapus
  40. Tantangan dan jawaban di zaman sekarang..
    Anak-anak gen Z akan memberikan semua yang mereka miliki dengan kreatifitas tanpa batas. Senang sekali ada wadah IDN Lives yang bisa bantu mewujudkan impian anak muda zaman sekarang untuk mengembangkan hobi, berbagi dan menghasilkan.

    BalasHapus
  41. Wah iya, adanya IDN Live Stream ini bisa dimanfaatkan oleh generasi milenial ini untuk berkreasi ya mbak.
    Apalagi ada program IDN Live Stream Fund 50 miliar, pasti jadi makin semangat bikin konten live streaming

    BalasHapus
  42. Cari uang di zaman sekarang tu macam-macam ya, Mbak... Tapi meski kelihatan mudah, "cuma live streaming doang", untuk orang-orang kayak aku sepertinya butuh belajar deh. Bikin video kelihatan muka sendiri aja malu.

    *tutup muka ah

    BalasHapus
  43. Mupeengg...
    Susah ga ya cari 100 follower 😭 belum dicoba sudah down duluan yaa ciri ciri mental.tempe nih.

    Bismillah coba instal dulu ah

    BalasHapus
  44. Selama ini aku suka baca tulisan kalo di IDN, malah baru tahu loh kalo sekarang ada aplikasinya. Bahkan bisa jadi streamer juga ya mbak. Keren nih yang udah bisa dapatin rejeki dari sini, meski harus setiap hari streaming di IDN Live.

    Aku sendiri juga suka nonton video kalo pengen nyontek resep, lebih jelas gitu dibanding baca resep yang berbentuk tulisan. Dan hasil masakan juga lebih kredibel yang video

    BalasHapus
  45. Menarik program IDN Live Streaming Fund, lumayan bisa nambah penghasilan dari rajin bikin Live Streamer di IDN Live.
    Konten di IDN Live juga cukup variatif.
    Konten edukasi ada ngga ya?

    BalasHapus
  46. Dengan begini para streamer jadi semangat untuk live sharing ya mbak. Soalnya mereka berpeluang untuk mendapatkan apresiasi dari siapa saja yang menonton live tersebut.

    BalasHapus
  47. udah beda banget yaa fitur2 di IDN app.. baru tau kalau sekomplit itu sekarang, mba. pantas anak muda suka membaca berita di IDN, memang bikin betah dan nyaman dalam membaca berita. selain itu, komunitasnya juga kuat banget lho.

    BalasHapus
  48. Setuju sih mba, aku aja juga lebih suka scroll down reels atau tiktok video daripada baca berita dan sejenisnya...jadi memang app harus invoatif. Dan IDN ini keren ya bisa mengimbangi apa yang anak muda butuhkan dan sukai

    BalasHapus
  49. oalaaahhh maksudnya yg bbrp review streaming drama korea dan kpop tuh "bedah2" gini tooohh. kirain kok nobar gitu barengan reaksi, mosok boleh.
    karena liat di ss hp mba uniek malah lebih ngeh aku.

    skrg emang makin banyak yaa streaming gini, menarik jg dan anak2 muda seneng banget sih gini.

    BalasHapus
  50. Baru gabung kak. Follower belum 100. Jadi semangat nambah follower nih. Semangat mau ikutan streamer di IDN live

    BalasHapus
  51. IDN Live ini keren banget asli ajang mengasah kemampuan publik speaking juga, sayangnya aku baru join dan belum dapet pengikut mba Uniek.

    BalasHapus
  52. Bisa dapet duit juga ternyata ya di IDN.. Menarik mbak.. Jadi pengen cobain.. Tadinya aku pikir ini cuma portal berita biasa sih..

    BalasHapus
  53. Saya keasyikan mbak berbincang dengan streamer, soalnya temanya asyik dan cukup mengundang rasa penasaran. Tidak sadar hadiah koin dari IDN yg tiga biji itu melayang deh karena memberikan "hadiah" kepada streamernya, hahaha

    BalasHapus
  54. Cocok nih buat anak-anak gen z yang hobi nonton live streaming. Bisa memacu kreativitas, public speaking, dan percaya diri juga ya. IDN bisa menyesuaikan aplikasi dgn perkembangan zaman.

    BalasHapus
  55. Betul sekali mba. Aku aja nih kalau penasaran akan sesuatu langsung googling aja. Sekarang ada job streamer gini ya makin maju memang

    BalasHapus