23 Juli 2023

6 Rekomendasi Menu Kuliner di Kediri yang Patut untuk Dicoba

 

Sudah pernah mendengar tentang Kediri? Kota ini merupakan kota kecil yang berada di Provinsi Jawa Timur, dekat dengan Tulungagung dan Blitar. Meskipun kecil, kota ini sangat nyaman untuk ditinggali karena rapi dan memiliki cukup banyak kuliner yang lezat. 

Bisa jadi ada di antara teman-teman yang mungkin bertanya-tanya, ke Kediri naik apa? For your information nih, Kediri juga punya stasiun karena menjadi salah satu jalur yang dilewati oleh kereta api arah Jakarta-Malang. Untuk tiket kereta api tentu saja kita bisa mendapatkannya di Traveloka. Sudah bukan rahasia jika Traveloka partner resmi KAI sehingga pesan di sini sangat aman. 

Nah, kira-kira ada apa saja sih makanan khas Kediri yang menarik untuk dicoba? Kita ulik bareng yuuukk...



1. Tahu Takwa 


Apakah tahu yang ada di Kediri ini bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa? Tahu yang namanya unik ini memang asli dari Kediri, bahkan menjadi salah satu khas kota kecil yang nyaman ini. Bentuknya seperti tahu pada umumnya saja namun dengan rasa yang gurih dan lezat. 

foto milik : aisyahstore_sidoarjo (Shopee)


Saat menyantapnya, kita bisa memadukan tahu takwa dengan sambal kecap dan menikmatinya panas-panas. Bagian luarnya tampak krispi sedangkan dalamnya empuk sehingga menjadi favorit dan sangat menggugah selera. Tahu takwa juga kerap dijadikan oleh-oleh bagi mereka yang habis mengunjungi Kediri. 



2. Cenil 


Siapa yang menyangka kalau kudapan tradisional yang berwarna-warni ini juga merupakan salah satu makanan khas Kediri? Bisa jadi teman-teman sering melihat cenil yang dijual bersama lapis dan juga ketan hitam. Kudapan ini terasa lezat dan nikmat terutama bila dipadukan dengan teh hangat. 


sumber : @pawone_rini


Cenil sendiri dibuat dari tepung tapioka. Teksturnya lembut dan kenyal dengan rasa manis gurih. Ketika disajikan, cenil digulingkan terlebih dahulu ke dalam parutan kelapa. Hal ini membuat rasa cenil semakin kaya dan unik ketika kita mencobanya. 

Cenil bisa didapatkan dengan mudah di pasar. Harganya pun sangat terjangkau. Hayuuk luangkan waktu di pagi hari untuk membelinya ketika sedang berada di Kediri. 



3. Pecel Tumpang


Pecel memang merupakan makanan khas yang berasal dari Provinsi Jawa Timur. Di Kediri, kita mungkin akan mudah menemukan pedagang yang menjual menu khas Pecel Tumpang. Menu ini biasanya menjadi menu sarapan bagi masyarakat yang tinggal di sana. 




Pecel Tumpang yang terkenal adalah Pecel Tumpang Bu Soleh. Lokasi jualannya ada di dekat Stasiun Besar Kediri. Berbagai sayuran segar yang ditaruh di atas nasi hangat, diberi bumbu kacang. Kita tinggal menambahkan peyek kacang atau peyek teri untuk membuatnya semakin mantap dinikmati. 



4. Carang Mas


Jajanan jadul yang kriuk tapi manis ini mungkin sudah sering kita lihat meskipun lupa namanya. Carang mas adalah panganan yang terbuat dari ubi jalar. Ada yang berbentuk bulat, namun ada juga yang berbentuk lingkaran datar. 


sumber : fimela.com


Harga kudapan tradisional ini sangat terjangkau. Kita juga bisa membelinya di toko-toko oleh-oleh yang tersedia. Memang, Carang Mas menjadi salah satu oleh-oleh yang cukup sering dibawa untuk keluarga ataupun rekan kerja ketika mampir ke Kediri. 




5. Sate Bekicot 


Ada sebagaian orang yang mungkin akan merasa jijik ketika pertama kali mendengar bahwa bekicot dijadikan menu makanan. Bekicot sendiri dipercaya memiliki kandungan protein yang tinggi. Namun untuk membuatnya sebagai lauk, orang bisa berpikir lebih dari 100x. 


sumber : kooliner.com


Nyatanya, di Kediri bekicot justru menjadi tujuan kuliner. Orang-orang ingin merasakan seperti apa rasa bekicot. Tekstur sate bekicot yang kenyal dan empuk ketika digigit ternyata membuat orang yang sudah mencobanya berubah pikiran. Ketika diolah dengan tepat, rasanya pun cukup enak. 

Nah, bagi teman-teman yang tertarik untuk mencobanya bisa mampir ke daerah Plosoklaten. Di sini ada warung makan yang menjadikan bekicot sebagai menu utamanya. Selain sate, ada juga olahan lain seperti oseng-oseng dan keripik. 



6. Soto Kediri 


Ingin menikmati makanan berkuah yang gurih dan segar? Soto Kediri bisa menjadi jawaban yang tepat. Meski sekilas pandang tampak seperti soto pada umumnya, yang membedakan adalah kuahnya yang dicampur dengan santan. Rasa gurihnya jadi semakin kaya. 

sumber : @dapur_cantikchannel


Dengan bahan utama daging ayam, soto ini juga memiliki toping sayur-sayuran seperti kecambah, daun bawang, dan seledri. Selain suwiran ayam, di dalamnya biasa ditambahkan potongan telur rebus. Ditambah kucuran jeruk nipis, Soto Kediri sangat nikmat disantap untuk sarapan ataupun makan siang. 

 

Nah, itu dia 6 rekomendasi kuliner lezat yang berasal dari Kota Kediri. Sebagai catatan tambahan, harga-harga kuliner yang ada di sini sangat terjangkau sehingga  para wisatawan tidak pernah merasa ragu untuk mencoba. 

 
Tertarik untuk datang ke Kediri dan melakukan wisata kuliner bersama keluarga? Jangan lupa untuk memesan transportasinya dari sekarang bersama Traveloka. Temukan juga berbagai akomodasi lain yang membuat liburan semakin menyenangkan dengan Traveloka.

57 komentar:

  1. Khasnya bumbu pecel tumpang itu menggunakan tempe yang hampir busuk. Kalau carang mas itu kesukaan anakku.

    BalasHapus
  2. Wah baru tau kalo Kediri punya banyak makanan khas yang unik ya, padahal baru kesana sekali, tapi next time pengen coba makanan2 lainnya di Kediri

    BalasHapus
  3. Tahu takwa ini udah berbumbu ya jadi bisa langsung dinikmati. Kalau sate bekicot memang banyak penggemar tapi aku belum pernah coba

    BalasHapus
  4. sate bekicot yang aku penasaran hahaa soalnya belum pernah, kenyel2 gitu ga sih mba dagingnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau aku geli mb sama sate bekicot, karena aku phobia sama bekicot iiihhh.

      Hapus
  5. aku catet semua ah, pas banget lagi ngerencanain main yang searah dan bisa main dulu di kediri, meski mainnya entah kapan tapi kumpulin referensi aja dulu, hehe.. makasih mbak...

    BalasHapus
  6. Dengan bahan utama daging ayam, soto ini juga memiliki toping sayur-sayuran seperti kecambah, daun bawang, dan seledri.
    visit link my websiteTel-U

    BalasHapus
  7. Hmm,...makanannya kok enak-enak semua. Saya pernah mampir Kediri mba, betul sekali memang nyaman banget kotanya, kecil tapi tertata rapi. pernah salat juga di masjid agungnya alhamdulillah. BTW penasaran sama sate bekicotnya.

    BalasHapus
  8. Wah kampung halamanku nih Kediri. Sebenarnya bukan kota kecil juga sih, karena dari jumlah penduduknya Kediri adalah kota terbesar ketiga di Jawa Timur setelah Surabaya dan Malang. Bahkan tahun depan ada diresmikan bandara yang dibangun di sana. Dan memang kalau ke Kediri 6 rekomendasi kuliner di artikel ini mesti dicicipi...

    BalasHapus
  9. Ternyata Kediri juga punya soto khas ya. Saya pernah cobain satu jenis soto dari Jatim - Coto Lamongan, ada yang jual di Makassar. Coto Kediri belum pernah coba.

    BalasHapus
  10. Aku baru tahu loh kalau Cenil, Sarang Mas, dan Pecel Tumpang tu makanan khas dari Kediri.
    Kirain malah dari Boyolali sini karena banyak banget varian pecel tumpang tu.
    3 makanan ini udah sering cobain dan suka banget sih. Karena di sini banyak, haha.
    Kayaknya perlu cobain yang lainnya juga nanti. Semoga bisa main ke Kediri ah

    BalasHapus
  11. Terima kasih ulasan dan reviewnya Mba, enak2 semua nih. Aku tau Kediri itu karena Kampung Inggrisnya, hehehe

    BalasHapus
  12. Pecel itu kuliner dari Jawa Timur. Tapi, katanya setiap daerah di sana rasa pecelnya juga bisa beda-beda, ya. Masing-masing punya ciri khas. Saya jadi penasaran. Karena memang suka sih sayuran dikasih bumbu kacang.

    BalasHapus
  13. Pernah ke Kediri berapa tahun silam, sayangnya ga sempet eksplore kulinernya lebih banyak. Semoga aja kalau next ke sana bisa lebih punya kesempatan nyicipin aneka kulinernya yg unik

    BalasHapus
  14. Waaah baru tahu kalau cenil dan bekicot juga kuliner khas Kediri. Sebagai warga tetangganya Kediri😀 setahu saya yang khas di Kediri adalah tahu takwa dan gethuk pisang. Jadi pengen icip-icip soto khas Kediri, pasti nikmat rasanya.

    BalasHapus
  15. Nah betul untuk mencoba sate bekicot pastinya buat saya mikir banyak dulu deh. Belum tahu bekicot ini kepastiannya halal apa enggak, kan hewannya hidup di dua alam ya?
    Apa sejenis kerang-kerangan aja masuknya?

    BalasHapus
  16. Makanan tradisional ini harus dilestarikan. Tinggi serat semua.. daripada jajan ciki-ciki

    BalasHapus
  17. Duh tahu takwa, cenil, dan soto favorit aku banget bahkan waktu kecil dulu ngak pernah ketinggalan makan cenil tiap hari padahal aku waktu kecil menetap di Sumatera lho. Kalau tahu takwa aku cobain pas ikut suami mudik ke jawa timur, enak banget.

    BalasHapus
  18. Baru tahu takwa dan cenil yang sudah pernah dicoba. Empat lagi belum pernah dan entah kapan bisa ke Kediri berburu kuliner

    BalasHapus
  19. Hemm....hidangan Pecel Tumpang ini favorit saya, selalu enak, tapi baru sekali ke Kediri, belum eksplor daerah-daerah dan kuliner lainnya.

    BalasHapus
  20. Bener kak, daku baru tahu itu namanya caranya mas, tahunya makannya aja dari dulu, hihi. Kalau cenil udah familiar, dan juga daku sukaa

    BalasHapus
  21. Soto ini kuliner yang sungguh d setiap kota selalu ada dengan "gaya"nya masing-masing ya... Kalau di Kediri ciri khasnya adalah kuahnya yang dicampur sama santan, mirip Soto Jakarta yaa.. Ini juara banget sii.. bikin badan hangat.

    BalasHapus
  22. Waduh, aku cuma baru makan carang mas aja nih. Soalnya di sini ada juga yang begitu. Di sini namanya keremes. Aku suka. Duuuh penasaran dengan yang lainnya kecuali bekicot itu. Aku takut makannya. Hahahaha. Penasaran dengan pecel dan sotonya. Enak kayaknya yaaaa...

    BalasHapus
  23. Kuliner Kediri asli bikin laper, semua ingin dicoba, mulai dari tahu, pecel, cenil, carang mas, sate bekicot yang bikin penasaran dan pastinya soto. Penasaran dengan rasa khasnya.

    BalasHapus
  24. Enak-enak banget kelihatannya, tapi penasaran sama carang mas. Terus soto kedirinya kelihatan seger banget.

    BalasHapus
  25. Astaga, aku ketawa di bagian ada stasiunnya itu. Aku juga barutau kalau di Kediri ada stasiun. Aku belum pernah ke Kediri padahal aku lahir di kota lain tak jauh dari Kediri. Suami yg pernah tugas ke Kediri tapi naik mobil. Termyata banyak ya kulinernya. Aku cuma tau tahu takwa karena sering dapat oleh2. Enak ya, ada kan itu yg gak perlu dimasak lagi. Suka banget.

    BalasHapus
  26. Pecel tumpang yang di jalan Brawijaya enak mba, mantul pedasnya. Kalo ngga salah deket toko sport apa gtu lupa namanya. Ibuknya jualan di pinggir jalan aja, tapi selalu rame

    BalasHapus
  27. Kalau soto, pecel mungkin banyak orang yang tahu ya meski rasanya pasti ada yg beda, mungkin dari bumbunya. Cemilan2 kaya cenil, sarang mas, dan tahu takwa unik juga ya. Nah sate bekicot nih agak jarang ketemu di Jakarta. Kayanya kalai ke kediri perlu cari nih. Ada banyak yang jual kah?

    BalasHapus
  28. Kyknya yang belum pernah kucoba sate bekicot nih. Kalau carang mas suka dihidangkan saudara kalau hari lebaran. Yang paling kusuka ya tentu saja pecel sambal tumpang apalagi yang pedes banget nyaamm.

    BalasHapus
  29. Ya ampun jadi krucuk krucuk nih hahaha aku suka sate... tapi area jatim sebelah barat biasanya terkenal dengan pecelnya ya

    BalasHapus
  30. Wah aku hampir sudah coba semua kuliner kediri ini
    Kecuali sate bekicot dan soyo kediri

    BalasHapus
  31. Baru tu ternyata cenil itu cemilan khas Kediri ya, Mbak.
    Saya langsung mupeng lihat pecel tumpang. Jadi ingat alm simbah yang suka menyediakan pecel tumpang kalau saya datang ke Madiun. Kebayang enaknyaa..

    BalasHapus
  32. Aduh, lama banget gak makan carang mas. Yang produksi Kediri emang enak bangeeeet. Dulu waktu masih kerja di Surabaya, ada tuh teman kerja yang anak kediri, tiap bulan dia suka bawain carang mas ke kantor

    BalasHapus
  33. Sate Bekicot. Asli saya melongo nih, tapi penasaran gimana rasanya karena banyak suka. Seumur-umur saya belum pernah nyicipin.

    Kalau main ke Kediri kudu mampir nih.

    BalasHapus
  34. Aku suka banget sama sarang burung.
    Manisss..
    Aku pernah ke Kediri, karena waktu itu berkunjung ke Kampung Inggris.

    BalasHapus
  35. Dari semua makanan itu aku sudah coba kecuali si sate bekicot itu sih, masih agak takut dan gimana gitu mau makan. Jadi pernah soalnya ditawarin makanan itu pas lagi di rumah saudara di Jawa.

    BalasHapus
  36. Kediri? Aku suka getuk pisangnya Mbak. Sama krupuk tahu juga. Jenangnya juga enak. Untuk Tahu Takwa aku skip soalnya Tahu Takwa sekarang teksturnya gak seperti dulu yang kenyal, gurih, berwarna kuning sampai dalamnya. Sekarang cuma kuning di luar, dalamnya putih

    BalasHapus
  37. Aku belum pernah nginap di Kediri, biasanya numpang lewat aja. Tapi pernah nyoba tahu Takwa yang rasanya gurih, lembut, apalagi dicocol sambel kecap, duhhh jadi ngiler, hahahaa.

    BalasHapus
  38. Sambal tumpang atau pecel tumpang ya, makanan favorit ibu aku banget deh, harumnya itu khas banget. Biasanya aku nambah pakai telor asin mantab

    BalasHapus
  39. Makanannya semua bikin mupeng mba. Jadi pengen. Selalu senang dengan kulineran khas Jawa ini. Cenil jadi andalan, sate dan soto kedirinya waaah langsung menggoda jiwa. Penamaan tahu takwa unik banget dan jadi penasaran rasanya gimana

    BalasHapus
  40. makan favoritku si carang mas mbak, kalau aku sering nyebutnya Grubi. dari menu kuliner di atas aku penasaran banget sama sate bekicot

    BalasHapus
  41. Hampir hampir mirip makanan solo mak ada pecel tumpang, cenil makanan jadul jadul ituu...

    Kediri murah murah ya harga makanannya, seneng ya bisa kulineran berdama keluarga

    BalasHapus
  42. aku penasaran sama soto ayam khas Kediri dan Pecel Tumpang nih mba, terlihat sangat lezat dan menggugah selera

    BalasHapus
  43. rumahku sekarang deket banget ke Kediri, next mau travelling kesini dan sekalian kulineran. Penasaran sama Tahu Takwa.

    BalasHapus
  44. Belum pernah liat atau pun mencoba sate bekicot.
    Hihihi..pas liat bentukannya, kaya sate kerang biasa ya..
    Aga gatega karena kalau pas di rumahku musim bekicot, biasanya nempel di beberapa tempat, kaya selang di halaman, di sandal atau di deket area kolam.

    BalasHapus
  45. Ya Allah.. Mbak Uniek.. aku senyum-senyum sendiri sampe akhirnya ketawa baca tahu takwa bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, hahahaha.. apa iya apa iya :D
    Mbah dari suamiku asli Kediri, jadi aku sering ke Kediri. Dan emang tahu takwa, pecel tumpang, dkk itu enakkk semua :)

    BalasHapus
  46. Setelah baca tulisan tentang menu kuliner dari Kediri ini, jadi pengen bikin sambal tumpang, deh! Kebayang sedapnya pecel sambal tumpang..

    BalasHapus
  47. Aku belum pernah ke Kediri tapi kalau ke Madiun, semua pernah kucoba kecuali sate bekicot. Karena lihat bekicot saja aku takuuuut, Mba. Phobia sejak remaja hiks, lemes klo lihat, pernah dikasih kerupuk bekicot..mau klenger rasanya

    BalasHapus
  48. Tahu takwa dong. Tahu ini tahu khas Kediri yang gak pernah dilewatkan saat ke Kediri. Bahkan biasanya beli buat oleh-oleh kerabat kalau pas ke Kediri. Tahu Takwa emang enaaak

    BalasHapus
  49. Sate bekicot skip deh hahaha tp pengen nyoba sotonya. Dari sekian banyak macam soto kayaknya soto kediri nih yg belum nyoba

    BalasHapus
  50. Cenil hampir tiap pagi Shanum makan kalau di Kertosono
    Masih bisa ditemui di Kertosono karena jarak ke Kediri juga cuma sejam
    Kalau Soto Kediri belum pernah

    BalasHapus
  51. Wah kelihatannya enak banget nih kak kuliner-kuliner yang ada di kota Kediri ini

    BalasHapus
  52. Saya belum pernah mencoba soto khas Kediri kak, tapi kelihatannya enak banget

    BalasHapus
  53. Banyak banget nih ya kak kuliner yang bisa dicoba di Kediri, semisal ke sana lagi saya pingin coba yang soto haha

    BalasHapus
  54. Saya suka pecel si kak tapi belum mencoba pecel yang ada di kediri ini

    BalasHapus
  55. Carang mas memang menjadi salah satu kuliner makanan yang enak nih ya kak dan rekomended

    BalasHapus
  56. wah ini mah bisa jadi referensi banget kalok pas lagi kulineran ke kediri, thanks infonya mak

    BalasHapus