04 Juli 2023

Inilah Perbedaan Kuman dan Bakteri yang Sering Dianggap Sama

 
Kuman dan bakteri memang saling berkaitan, tetapi keduanya tidaklah sama. Nah sebetulnya, apa perbedaan kuman dan bakteri?




Sebagai mikroorganisme yang bisa menyebabkan penyakit, perbedaan keduanya dapat dilihat dari beberapa aspek, seperti definisi dan penyebarannya.

Untuk tahu keterangan selengkapnya, yuk kita pelajari sama-sama perbedaan kuman dan bakteri di artikel ini agar bisa melakukan tindakan pencegahan. Ga mau dong tentunya keluarga kita terpapar kuman maupun bakteri tersebut. 



Perbedaan Kuman dan Bakteri



Terdapat berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh mikroorganisme bersel satu, termasuk kuman, bakteri, dan virus. Adapun penyakit yang disebabkan oleh bakteri di antaranya, yaitu tifus, diare, tetanus, dan tuberkulosis.

Di sisi lain, ada juga penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus, yaitu flu, demam atau batuk pilek, COVID-19, dan juga MERS-CoV.

Nah, semua penyakit tersebut bisa dicegah dengan melakukan berbagai cara. Namun, sebelum masuk ke cara pencegahannya, simak perbedaan kuman dan bakteri serta virus berikut ini.


1. Kuman


Secara ilmiah, kuman adalah mikroorganisme bersel satu yang bisa menyebabkan penyakit ketika menginfeksi manusia. 

Diketahui, kuman sebenarnya merupakan “payung” atau istilah yang digunakan untuk menyebut organisme mikroskopis penyebab penyakit. Dengan kata lain, kuman adalah istilah yang digunakan untuk menyebut bakteri, virus, jamur, dan protozoa.

Penyebaran kuman ini bisa melalui beberapa cara. Pertama, melalui kontak langsung dengan orang yang terinfeksi.

Kedua, kuman bisa menyebar secara tidak langsung melalui perantara, misalnya gagang pintu atau handle keran.

Ketiga, penyebaran kuman bisa melalui droplet dari bersin, batuk, atau juga darah. Selain itu, kuman juga bisa menyebar melalui gigitan serangga, makanan dan minuman yang terkontaminasi, serta hubungan seksual.



2. Bakteri


Telah dijelaskan di awal, bahwa perbedaan kuman dan bakteri bisa dilihat dari definisinya. Nah, jika mengacu pada penjelasan sebelumnya, diketahui bahwa bakteri sebetulnya bagian dari kuman itu sendiri.

Melansir dari sejumlah sumber, bakteri adalah mikroorganisme yang bisa hidup di mana saja, bahkan beberapa spesies bisa bertahan dalam kondisi cuaca ekstrim.

Penyebarannya pun bisa melalui beberapa cara seperti kuman pada umumnya, yaitu kontak langsung, droplet, dan perantara benda. Oleh karena itu, selalu waspada dan jaga kebersihan agar terhindar dari infeksi bakteri saat berkegiatan.

Sebetulnya, tidak semua bakteri bisa menyebabkan penyakit, sebab ada beberapa yang justru bagus untuk kesehatan tubuh. Misalnya, Lactobacillus acidophilus yang merupakan bakteri dalam pencernaan manusia untuk membantu mengatasi diare.

Meski demikian, tidak dapat dipungkiri pula bahwa sebagian bakteri juga bisa berdampak buruk untuk kesehatan.



3. Virus


Yuk selanjutnya kita bahas tentang virus yaitu organisme mikroskopis yang juga bagian dari kuman penyebab penyakit.

Berbeda dengan bakteri, virus hanya bisa hidup di dalam sel makhluk hidup lainnya, termasuk manusia, dan hewan. Virus juga diketahui hanya hidup dalam periode waktu yang singkat.

Meski demikian, virus bisa berkembang dan bermutasi dengan cepat. Inilah yang menyebabkan infeksi virus susah ditangani.

Bahkan, penyakit akibat infeksi virus juga mudah ditularkan ke orang lain melalui droplet, sehingga bisa menyebabkan wabah.

Salah satu contohnya yaitu virus SARS-COV-2 yang menyebabkan pandemi Coronavirus disease 2019, atau biasa disebut dengan COVID-19.





Cara Mencegah Infeksi Kuman dan Bakteri



Meski ada bakteri baik yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh, tetaplah waspada dengan serangan jenis kuman jahat lainnya.

Yang bisa kita lakukan untuk menghadapinya adalah melalui tindakan pencegahan sejak dini untuk menghindari kontaminasi atau infeksi.

Adapun cara mencegah infeksi kuman dan bakteri di antaranya yaitu:
  • Cuci tangan secara rutin, terutama sebelum makan
  • Selalu membersihkan barang-barang yang sudah disentuh
  • Jangan makan makanan yang sudah jatuh
  • Jaga kebersihan lingkungan sekitar
  • Jaga jarak dengan orang yang sedang sakit
  • Pakai Antis yang bisa membunuh kuman dengan cepat dan memberi perlindungan selama 2 jam

Itulah perbedaan kuman dan bakteri yang sering dikira sama oleh kebanyakan orang. Semoga mulai dari sekarang sudah lebih memahami tentang perbedaannya yaaa...

Yang terpenting, selalu jagalah kebersihan agar terhindar dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh kuman dan bakteri. Semoga bermanfaat!



Referensi
https://www.lifebuoy.co.id/semua-artikel/berita-kesehatan/sering-dikira-sama--ini-bedanya-virus-dan-bakteri.html
https://www.alodokter.com/komunitas/topic/penyakitc08f97
https://www.i-teamglobal.com/en/news/Germs,-bacteria-and-viruses
https://www.soclean.com/soclean3/sleep-talk/2021/04/20/differences-between-germs-and-bacteria

30 komentar:

  1. wah aku pikir juga sama mba, ternyata beda ya? thanks for sharing ya mba, jadi tau perbedaan kuman dan bakteri

    BalasHapus
  2. Makanan yg sudah jatuh ini kadang terabaikan gara-gara istilah "belum lima menit" padahal jangankan lima menit, 1 menit pun bisa saja kuman dkk itu bisa langsung melekat pada makanan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju banget dengan komen di atas. Sedihnya, iklan yg menggunakan istilah "belum lima menit" ini dulu cukup nancep di benak pemirsa yaa..Sekarang kan iklannya uda gak tayang lagi, tetapi "belum lima menit" ini masih suka terdengar.

      Hapus
  3. Hal sederhana adalah harus rajin cuci tangan menggunakan sabun. Awal aku pikir kuman dan bakteri juga sama hehe. Ternyata beda πŸ˜…

    BalasHapus
  4. Aku baru tahu loh perbedaan kuman, virus dan bakteri. Aku pikir sama saja. Artikel yang bermanfaat.

    BalasHapus
  5. salah satu persamaan dari ketiganya adalah penularannya yang bisa melalui droplet sih ya, makanya seringnya disama artikan, padahal sesungguhnya beda dari keseluruhannya :)

    BalasHapus
  6. Berarti iklan pembersih lantai, belum 5 menit, menyesatkan ya.. Xixixi..

    Btw kalau baca disini berarti kuman tuh macam induk semang bakteri dan virus yaa..

    BalasHapus
  7. Yaa Allah baru tahu banget kalau kuman sama bakteri itu beda, sebelumnya sih aku nyebut bakteri ya kuman, nyebut kuman ya bakteri, gimana ya aku kira selama ini mereka sama aja

    BalasHapus
  8. jadi intinya harus selalu jaga kebersihan ya kak, dimulai dari yang paling mudah, mencuci tangan

    BalasHapus
  9. Serem juga ya selama ini selalu aja berpedoman makanan yg jatuh itu secepT kilat kita ambil ome2 aja ternyata prinsip itu hrs didobrak. Karena si kuman dkk lebih cepat geraknya dari secepatkilat gerakan kita yg notabene kita gak tau dan tak mengira, lbh baik ikhlaskan aja sesuatu yg jatuh kl kita sdh tau para kuman itu kasat mata, kita tak pernah tau dia nempel di mana. Menjaga kebersihan adalah senjata kita. Semoga kita selalu sehat.Aamiin.

    BalasHapus
  10. Awalnya juga saya pikir sama, ternyata berbeda. Tapi, mencegahnya kurang lebih sama, ya. Dan, erat pula kaitannya dengan menjaga kebersihan.

    BalasHapus
  11. Aku tau memang beda mba, namanya juga beda tapi gak tau kalau perbedaannya dimana. Setelah baca penjelasan disini baru deh oh ternyataa...

    BalasHapus
  12. Pantesan bakteri banyak banget nama dan jenisnya. Terus saya secara orang awam gampang banget melabeli yang kotor-kotor sebagai tempat bersarannya kuman. Padahal di tempat kotor pasti banyak banget jenis bakteri ya Mbak. Duh jadi tercerahkan setelah membaca pos ini. Makasih Mbak

    BalasHapus
  13. Ya ampun, kok bisa ya aku baru paham hehe. Tak pikir ya sama aja. Sama sama bikin sakit. Ternyata masing masing berbeda ya. Infonya manfaat banget nih mba, makasih ya

    BalasHapus
  14. Menjaga kebersihan diri itu memang kunci sih, aku karena terbiasa dari pandemi lebih protektif sama kebersihan jadi sampai sekarang masih terbawa pun.

    BalasHapus
  15. Kupikir sama aja lho kuman dan bakteri, karena sama² mikroorganisme penyebab penyakit. Ternyata beda. Thanks ulasannya ya

    BalasHapus
  16. Iya juga ya sering banget aku kira sama apalagi kalau anak-anak lagi sakit perut dan berpikir apa penyebabnya Bakteri atau Kuman ya?

    BalasHapus
  17. ku baru tahuuuu
    makasiii penjelasannya mbaaaa
    baiklaaa aku akan lebih disiplin lagi jaga kebersihan kluarga yaaa

    BalasHapus
  18. Aku suka mikir simpelnya. Kuman itu kayak nama brand, terus produknya ada banyak kayak bakteri, virus dll. Terima kasih atas pencerahan nya mak

    BalasHapus
  19. Makasih ulasannya, selama ini jadi korban tag line "gapapa belum 5 menit" jadi seringnya ambil makanan yg jatuh sebelum 5 menit. Ternyata makanan yg jatuh tidak boleh dimakan ya

    BalasHapus
  20. Karena aku dulu masuk IPA, tau sih kalau mereka ini beda jenis. Tapi ya memang kebanyakan orang mikirnya sama aja. Sampai ngasih obat perlawanan aja disamain, ckckck

    BalasHapus
  21. Masih banyak orang yang mengira kuman & bakteri itu sama padahal beda ya. Yang sama adalah cara mencegahnya supaya tetap sehat. MAkanan jatuh belum 5 menit gak boleh banget ya ini banyak yg salah kaprah juga :)

    BalasHapus
  22. Kuman dan bakteri berkaitan tapi punya perbedaan...selama ini saya mikirnya mereka sama hiks. Setuju, yang utama menjaga kebersihan agar terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh kuman dan bakteri

    BalasHapus
  23. iya, ternyata kuman dan bakteri itu beda definisi ya, kadang kita masih rancu pemahamannya antara kumah dan bakteri, padahal bakteri juga ada bakteri baik yang justru membasmi kuman-kuman yaa. Thanks pencerahannya mbak

    BalasHapus
  24. Dulu waktu anak-anak masih kecil, sering ada sakit yang gak bisa dijelaskan oleh dokter. Simplenya selalu bilang "Oh ini akibat virus, Bu."
    Tapi memang dipahami bahwa virus ini senantiasa berkembang untuk mencari inang baru yang bisa nyaman mereka tinggali.

    Jadi penting sekali menjaga kebersihan, jaga kesehatan melalui pola makan yang baik serta perkuat imun tubuh.

    BalasHapus
  25. Pemikiranku tentang kuman dan bakteri sama seperti di atas. Kuman mengacu ke yang menyebabkan sakit. Tapi pernah ada dokter yang menyebut kuman padahal sedang membahas bakteri baik. Jadi bingung deh

    BalasHapus
  26. dengan begini kita jadi tau persis bedanya apa yaaa mba Un. Soalnya penanganan penyakit akibat kuman, virus dan bakteri juga berbeda.

    BalasHapus
  27. Iya betul, kadang susah untuk bisa bedain kuman atau bakteri. Tapi mereka sama2 membahayakan ya. Sejak adanya pandemi. Kehidupan di rumah mulai berubah. Jadi aware dengan segala hal tentang kebersihan. Termasuk makanan yang akan kita makan. Karena semua hal penyakit berawal dari kebersihan.

    BalasHapus
  28. Iya setelah covid kita jadi lebih aware dengan kebersihan dan kesehatan ya Mbak, sekarang jadi makin rajin cuci tangan..sebentar-sebentar pengen cuci tangan karena khawatir tadi sudah pegang barang atau sentuh barang apa saja sebelumnya..takut terkena virus atau bakteri hiks...

    BalasHapus
  29. Kuman itu lebih serem dari bakteri kalau anggapanku selama ini, klo bakteri masih tenang deh, bersih aja Insaallah tidak terpapar, apalagi ada jenis bakteri baik ya. Klo kuman ini perasaan harus ekstra gitu buat menghindarinya

    BalasHapus