19 November 2023

Konsep Livable City dari Sinar Mas Land


Sinar Mas Land kembangkan konsep Livable City. Apa sih yang dimaksud dengan livable city? Beraneka ragam tanya lalu terlintas dalam benak, mengapa harus ada konsep seperti ini dalam kehidupan kita sehari-hari?

Padatnya aktivitas sehari-hari, terutama bagi masyarakat yang tinggal di seputaran Jatabek (Jakarta, Tangerang, Bekasi), memunculkan kebutuhan yang tak terelakkan lagi akan tempat tinggal yang nyaman. Sudahlah hidup habis di jalanan, tentunya warga ibukota membutuhkan hal-hal baik lainnya dalam hidup. Bukan hanya nyaman kondisi rumah tinggalnya saja, namun dukungan sarana dan prasarana yang memadai pun menjadi faktor penentu kenyamanan level berikutnya.

Coba dong bayangkan, seandainya kita punya rumah yang bagus dan nyaman, namun jalan menuju ke rumah kita ada dalam kondisi yang buruk. Belum lagi jika ditambah kondisi tidak terhubungnya tempat tinggal kita dengan fasilitas transportasi menuju kantor ataupun sekolah. Mimpi buruk deh sepertinya kalau tinggal di hunian seperti ini.

Coba juga andaikan dalam hati jika kita mengalami hal seperti ini: Selepas lelah bekerja sepanjang hari, sampai di rumah yang bisa kita lakukan hanya tidur karena tidak ada hal yang menarik yang bisa menjadi penghibur hati di sekitar tempat tinggal. Sepertinya, tak ada lagi hal lebih buruk dibandingkan hal ini dalam hidup. Kita tentu menginginkan kualitas hidup yang jauh lebih baik.

Mungkinkah kita bisa memperoleh tempat tinggal yang nyaman? Bagaimana pula kaitannya dengan Livable City?



Konsep Livable City Bagi Masyarakat Urban


Hidup di kota besar identik dengan kesibukan kerja yang tiada habisnya. Ya sibuk kerja, ya sibuk melakukan perjalanan menuju tempat bekerja. Semakin banyak orang berdesakan dalam commuter line, sibuk menjalani hidup demi masa depan dan segenggam harapan.

Apa yang bisa dijadikan penyeimbang hidup sebagai kompensasi segala kesibukan tadi?

Berbagai beban kerja dan kehidupan yang harus dijalani sehari-hari tentunya membutuhkan satu muara oase kebahagiaan. Yang paling terasa sebagai hal membahagiakan bagi hidup adalah tempat tinggal yang nyaman dan berkualitas.

Tinggal di tempat yang mengoptimalkan kehidupan membuat kita bisa menjalani keseharian dengan lebih bahagia. Jikalau harus menghadapi beratnya beban pekerjaan, masih ada hal lebih penting lainnya yang membahagiakan : hunian yang nyaman.

Nyamannya tinggal di suatu tempat terkait dengan tersedianya berbagai sarana dan prasarana yang memadai. Maka muncullah konsep livable city yang menyediakan akses terbaik terhadap kebutuhan hidup seperti hunian yang baik, mobilitas, kualitas hidup, hingga layanan pendidikan serta lingkungan kerja.

Alangkah nyaman jika tinggal dalam suatu lokasi yang memungkinkan kita untuk hidup, belajar, bekerja dan bermain secara bersamaan. Keempat unsur inilah yang kemudian diusung oleh Sinar Mas Land untuk mengembangkan berbagai tempat yang menjadi idaman bagi masyarakat urban.



Sinar Mas Land dan Livable City Bagi Masa Depan


Sinar Mas Land merupakan pengembang yang peduli terhadap kehidupan masyarakat yang lebih baik. Saat ini tengah bergerak menuju pengembangan livable city di setiap proyek yang dikelola. Konsep livable city ini dikembangkan melalui 4 pilar sebagai pembangunannya: Live, Learn, Work, and Play.


Live

Kebutuhan hidup tidak lepas dari tersedianya sarana dan prasarana umum seperti tersedianya hunian, pusat perbelanjaan, ruang publik, akses jalan dan keamanan.

Learn

Peningkatan kualitas kehidupan membutuhkan tersedianya sarana dan prasarana pendidikan seperti sekolah formal, sekolah vokasional, sekolah dasar hingga atas, juga universitas nasional dan internasional. 


Work

Untuk mencukupi kehidupannya, seseorang memerlukan dukungan profesional dan lapangan pekerjaan seperti pusat perkantoran, green office, kota industri dan area komersial di sekitar tempat tinggalnya.


Play

Tak hanya belajar dan bekerja saja, warga masyarakat pun memerlukan sarana dan prasarana kebutuhan emosial dan rekreasi seperti pusat olahraga, taman rekreasi, exhibition halls, dan pusat kuliner.


Saat ini Sinar Mas Land menjadi salah satu pengembang yang telah berhasil membangun konsep kota mandiri yang mengintegrasikan ke4 pilar tersebut di atas. Tak hanya hunian, Sinar Mas Land telah sukses menyematkan berbagai sarana dan prasarana penunjang yang mendukung kenyamanan tinggal di sana.

Mulai dari BSD City, Grand Wisata Bekasi, Kota Wisata Cibubur, Kota Deltamas Cikarang dan Grand City Balikpapan, kesemuanya mengusung pilar konsep pembangunan hunian yang livable a la Sinar Mas Land.

BSD City bisa menjadi salah satu contoh hunian yang dilengkapi dengan sarana dan prasarana lengkap. Beberapa di antaranya dapat terlihat sebagai berikut.



BSD City, Big City Big Opportunity


 
livable city bsd city
BSD City - Big City Big Opportunity


Dengan luas setengah dari ukuran kota Paris, BSD City merupakan skema perencanaan perkotaan yang bergerak secara cepat di Indonesia yang menggabungkan konsep perumahan, bisnis dan properti komersial. BSD City mencakup luas total sekitar 6.000 hektar dengan sekitar tiga perempat tanah yang tersedia masih belum dikembangkan, maka skema besar ini mewakili peluang investasi yang unik.

BSD City telah dikembangkan selama lebih dari 38 tahun. Sejak tahun 1984, proyek raksasa ini sepenuhnya dikelola oleh anak perusahaan dari Sinar Mas Group, Sinar Mas Land, salah satu pengembang terkemuka di Asia Tenggara. Pada hunian ini tersedia infrastruktur kelas satu dan fasilitas lengkap, rumah berkualitas terbaik, lingkungan yang mendukung perkembangan usaha, amat didukung oleh tim manajemen profesional yang berkomitmen kuat untuk kebaikan baik bagi warga maupun pemegang saham.

Kualitas hidup yang tak tertandingi ditawarkan oleh Sinar Mas Land bagi penghuninya, mulai dari rumah yang nyaman, tersedianya ruang bisnis, tempat belanja, sarana pendidikan, dan rekreasi. Gabungan berbagai sarana dan prasarana tadi akan memberikan lingkungan yang lebih baik dan lebih sehat untuk tumbuhnya keluarga dan berkembangnya karir.

Mari kita lihat aplikasi 4 pilar konsep pembangunan dari Sinar Mas Land yang ada di BSC City.


1. LIVE 

Pada pilar pertama ini, yang terutama untuk diperhatikan adalah tersedianya sarana dan prasaran kebutuhan hidup. BSD City memiliki semuanya, mulai dari hunian, pusat perbelanjaan, ruang publik, akses jalan dan keamanan.

Dengan luas sekitar 6000 hektar, BSD City dihuni tak kurang dari 450 ribu jiwa. Telah terbangun lebih dari 40 ribu rumah di atasnya. 


cluster inspirahaus bsd city
Cluster Inspirahus - BSD City

 
Untuk huniannya, BSD City memiliki tak kurang dari 70 cluster dan 5 apartemen (Casa de Parco, Asatti Garden House, Upper West, Akasa dan Saveria). Masing-masing penghuni bebas memilih tipe hunian mana yang lebih sesuai dengan budget dan kebutuhan.


2. LEARN

Di wilayah BSD City, telah terbangun 127 sekolah formal, 32 pusat pendidikan informal dan 9 perguruan tinggi. Apa sajakah itu?

Tersedia banyak sekali kindergarten school dan PAUD, hingga belasan SD, SMP, SMA dan SMK, baik negeri ataupun swasta bertumbuh di wilayah BSD City. Sedangkan untuk pendidikan informal tersedia berbagai kursus mulai dari bidang kuliner, desain grafis dan multimedia, musik, hingga bahasa asing.

Adapun untuk perguruan tinggi, di BSD City terdapat Binus University, Atma Jaya, Apple Academy Indonesia, Institut Teknologi Indonesia, International University Liason Indonesia, Monash University, Prasetiya Mulya, Purwadhika Startup & Coding School, dan Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Sriwijaya Tangerang.



3. WORK

Sarana dan prasarana kebutuhan profesional dan lapangan kerja juga tersedia di sini. BSD City memiliki Green Office Park 1, Sinar Mas Land Plaza BSC City, My Republic Building, Wisma BCA BSD City, dan Green Office Park 9.


Sinar Mas Land Plaza BSD City


Perlu diketahui bahwa Sinar Mas Land Plaza BSD City merupakan wilayah bisnis pertama di Indonesia yang green certified, dianugerahi Green Mark Gold Award dari Building and Construction Authority (BCA) Singapura dan Asia Pacific Property Award.



4. PLAY

Untuk memenuhi kebutuhan emosional dan rekreasi, BSD City merupakan surga bagi para penghuni maupun pendatang. Melepas penat setelah jenuh dengan aktivitas harian, silakan datang ke Ocean Park, BSD Xtreme Park, Botanical Park, Taman Kota dan The Quantis Club untuk harmonisasi jiwa. 

---------------

Dengan begitu lengkapnya fasilitas yang disediakan oleh BSD City, tidak salah bila Sinar Mas Land dinyatakan sukses menerapkan konsep live, learn, work dan play yang seimbang. Ke4 pilar konsep pembangunan kawasan mandiri ini membuat Sinar Mas Land menjadi pionir dalam pembangunan livable city. Hidup yang sebenar-benarnya menikmati hidup



34 komentar:

  1. Sinar Masn Land memang ga pernah tanggung2 berinovasi dalam bidang apaun termasuk properti. Konsep livable city untuk hunian idaman keluarga selalu super lengkap fasilitasnya dalam segala hal, pokoknya ready semua. Bekerja, belajar, dll sudah berada di depan mata ibaratnya, ga mesti jauh ke mana-mana. Kampus2 di BSD tentunya berkualitas dan sudah punya nama internasional, mantap!

    BalasHapus
  2. BSD City salah satu keseriusan Sinar Mas Land dalam sumbangsih untuk negeri ini. Harmonisasi lingkungan dan ruang kota tercipta yang menjadi impian semua orang. Duh jadi pengen punya rumahnya

    BalasHapus
  3. Sarana dan prasana lengkap yang ditawarkan Sinar Mas Land ini memang oke banget mba. Beneran juga membuat kehidupan sehari-hari jadi semakin menyenangkan. Selamat karena berhasil mengembangkan konsep kota mandiri

    BalasHapus
  4. Pokoknya kalau tinggal di BSD city perumahan yang dekat kemana-mana termasuk sekolah jadi anak gak capek ke sekolah dan hemat ongkos

    BalasHapus
  5. Kalo denger nama kota - kota besar, bayangannya memang panas dan padat penduduk. Hehehe... Mungkin itu salah satu alasan suami saya nggak mau menetap di Purwakarta, pengen cepet - cepet mutasi ke kampung halaman. Btw, Bekasi deket dari Purwakarta. Insyaallah kalau ada rezeki dan kesempatan, pengen main deh ke BSD City :)

    BalasHapus
  6. Iya lho hidup di kota besar tuh berasa kaga ada habisnya, 24 jam kurang deh. Jadi harus bijak memilih tempat tinggal juga. Konsep livable city dengan 4 pilar jelas menjadi pilihan tepat. BSD City cakep nih, dengan pusat Pendidikan yang support akses Pendidikan anak. Jadi wilayah bisnis dengan green certified juga, keren banget.

    BalasHapus
  7. BSD City, suasana perumahan ini emang pernah bikin saya iri. Satu kompleks, sudah komplit mau apa aja bisa. Oh ternyata karena mengusung konsep livable city, dimana perumahan bukan cuma sekedar tempat tinggal. Tapi juga tempat hidup, belajar, bekerja dan bermain

    BalasHapus
  8. Jadi pengen warga BSD nggak sih Mbak? kalau saya sih Yes banget. Kayaknya hidup di sana nggak capek ya semua serba ada dan dekat. Apalagi kalau kantornya juga sekalian ada di sana.

    BalasHapus
  9. aku malah pahamnya konsep Livable City itu livable city hanyalah sebatas pada ketersediaan air bersih,jaringan listrik dan rumah yang layak ternyata gak sesederhana itu



    BalasHapus
  10. Impiaaannn banget tinggal di pemukiman nyaman dan livable seperti ini yaaaa. SinarMas Land jago sih bikin hunian seperti ini, fasilitasnya juga lengkap kemana-mana.

    BalasHapus
  11. Livable City ini jawaban untuk kebutuhan masyarakat urban akan keseimbangan hidup ya. Penat kerja pasti nggak jadi masalah lagi kalau kita tinggal di rumah yang nyaman dengan lingkungan yang bagus dan fasilitas lengkap. Bye bye stres.. 😊

    BalasHapus
  12. Tapi memang Sinarmas Land tuh juara banget sih dalam mengembangkan bisnis propertinya. Karena kebetulan aku memang sering mondar-mandir ke daerah BSD ya, jadi berasa lebih senang aja gitu kalau pas kesana. Selain perumahan yang layak huni, disana tuh juga super lengkap.

    BalasHapus
  13. Sinar Mas Land emang udah terkenal sekali menciptakan "kota-kota baru" yang membuat nyaman penghuninya ya mbak, krn udah lengkap sekali.
    Sebagai tetangga BSD City aku juga kecipratan segala kemudahannya. Jadi kalau belanja atau nyari apa2 kyk hiburan gtu melipirnya ya ke BSD.

    BalasHapus
  14. Udah baca review BSD City yang mengusung konsep livable city dan masih takjub sama sarana dan prasarana yang super lengkap! Warga Bekasi City jadi punya banyak opsi nih buat memilih hunian yang aman dan nyaman ~

    BalasHapus
  15. BSD City memang impian banyak orang ya lengkap semua fasilitas yang mendukung di sekelilingnya, trategis dan pastinya suport untuk semua aktivitas baik bekerja, sekolah, maupun fasilitas umum

    BalasHapus
  16. Sellau suka kalau jalan-jalan ke BSD City. Kayaknya segala ada di sana. Asik banget kayaknya kalau bisa tinggal di sana. Apalagi kalau ngantornya juga di BSD City

    BalasHapus
  17. Dengan luas 6000 hektar atau setengah ukuran kota Paris, memang pantas memiliki 127 sekolah formal. Betul-betul tidak tanggung-tanggung ini Sinar Mas Land kalau membangun hunian. Keren...keren...keren.

    BalasHapus
  18. Enaknya tinggal di livable city enggak perlu jauh-jauh akses pendidikan, pekerjaan, hiburan, dan kebutuhan rumah tangga. Ga pakai kena macet sampai tua di jalan. Hidup lebih nyaman yah. Keren nih Sinar Mas Land!

    BalasHapus
  19. Wah di Semarang juga ada ya
    Jadinya sangat dibutuhkan di setiap kota besar memang nih Livable City
    Di Surabaya pun ada konsep seperti ini dibangun Sinar Mas Land

    BalasHapus
  20. Aku sering ke BSD City karena ada rumah saudara di sana, memang nyaman dan fasilitasnya lengkap jadi seperti kota mandiri begitu yaa

    BalasHapus
  21. Bukan rahasia lagi kalau Sinar Mas Land memang jagonya membangun hunian yang liveable, dengan infrastuktur yang nyaris sempurna dan lengkap.

    BalasHapus
  22. wuah cocok banget ya untuk keluarga berencana yang harmonis dan bisa saling support untuk hidup praktis modern...

    apalagi tetangganya juga bakal sefrekuensi, ya toh?

    BalasHapus
  23. Konsep yang sangat ramah lingkungan dan benar-benar wajib diterapkan di semua kota

    BalasHapus
  24. Wah ini sih konsep perumahannya lengkap banget mulai dari sarana pendidikan, perbelanjaan, hiburan dan juga perkantoran semua tersedia. Beneran untung banyak deh kalau punya rumah dikawasan BSD City

    BalasHapus
  25. Keren niiih BSD City, emang super lengkap yaaa mak fasilitasnya. Kebayang kalo jadi warga BSD City, nggak perlu repot kemana-mana, karena udah tersedia banyak fasilitas untuk warganyaaa..

    BalasHapus
  26. konsep liveable yang dikembangkan Sinar Mas Land ini sangat dibutuhkan untuk hunian di kota besar dan yang sudah terwujud adalah BSD City

    BalasHapus
  27. Engga kerasa BSD City udah 38 tahun aja yah...Ada beberapa temen yg tinggalnya di BSD. Pernah sekali ke sana, emang adem gitu kawasannya, banyak pohon. Rumah-rumahnya desainnya cluster tanpa pagar, rapi dan bikin betah.
    Keren Sinas Mas Land dengan 4 pilar konsep pembangunannya. Udah deh, bakalan betah, engga perlu ke Jakarta yg macet banget...

    BalasHapus
  28. penasaran banget sama BSD ini karena lumayan terkenal perumahannya. padahal rumah mertuaku di tangsel eh tapi belum berkesempatan jalan-jalan ke kawasan bsd

    BalasHapus
  29. Rumah idaman bisa punya yang kaya konsep sinar mas land ini fasilitasnya lengkap banget keamanan terjaga nggak ada kurangnya

    BalasHapus
  30. Duluu.. bapak waktu masih dinas di Jakarta, rumahnya juga di Bekasi.
    Karena zaman dulu belum ada perumahan dari Sinar Mas Land, akhirnya memang kebutuhan untuk entertain ini terbatas. Bapak pas weekend lebih memilih buat di rumah aja untuk beristirahat, karena weekday uda cape berjibaku dengan kondisi perjalanan yang melelahkan.

    Tapi konsep livable city seperti di Sinar Mas Land jadi sangat memudahkan mobilitas warga.

    BalasHapus
  31. Konsep Livable City dari Sinar Mas Land ini emang sangat cocok dengan lifestyle masa kini ya mbak
    Fasilitas lengkap dan memudahkan mobilitas

    BalasHapus
  32. Konsep hunian yang bikin kita pengen cepet-cepet balik pulang ya mbak, apalagi didukung fasilitas yang oke banget

    BalasHapus
  33. Konsep livable city ini memang saat ini menurutku cocok dan paling sesuai sama kondisi kebutuhan manusia

    BalasHapus
  34. kawasan yang dibangun dengan konsep yang matang, pastinya jadi hunian yang layak diburu semua kalangan, seperti yang dikembangkan oleh Sinar Mas Land ini berupa BSD City

    BalasHapus