19 Oktober 2023

4 Tips Percaya Diri Meskipun Punya Tubuh Besar

tips percaya diri

Gimana sih biar tetap percaya diri meskipun punya tubuh besar? Selama ini ada nggak yang punya perasaan yang sama denganku, sedih lihat badan melebar dan baju-baju mulai nggak cukup lagi saat hendak dipakai? Apakah udah perlu nih menggunakan pelangsing perut? 

Feeling fabulous isn't just for one body type - but how do I keep my head held high when I’m feeling self-conscious about my size? It can be tough when it seems like no one else understands the struggle of clothes that don't fit the way I want them to. Do I need to try out tummy control bodysuit?

Makanyaaa jangan kebanyakan makan! Olahraga!

Duh lah, serasa ditikam sembilu kalau mendapatkan komentar seperti itu. Meskipun diucapkan dengan bercanda, terkadang orang lain tidak tahu apa yang sedang kita hadapi sehingga tendensi untuk makan meningkat.

Ada kan ya yang sedang banyak pikiran lalu larinya ke makanan? Bentuk ‘pelarian’ semacam ini ada yang mengalaminya. Aku pun mengalami kecenderungan peningkatan nafsu makan meskipun tidak sedang dalam kondisi stres. Entah mengapa petualangan kuliner membuatku kepengin nyobain ini dan itu hehehee…

"Easy on the snacks, let's get moving!" Those words sting deep, even if they're said in jest. We've all been there, turning to food when we're feeling overwhelmed. 

For some, it's a means of escape. For others, like me, it's just pure love for all things edible! It's a constant battle to keep the cravings in check, especially when stress isn't the trigger. But hey, we're in this together!

Lalu harus gimana dong agar bisa tetap percaya diri meskipun punya tubuh besar?



Tips Selalu Percaya Diri Meskipun Punya Tubuh Besar


Memiliki kemampuan untuk percaya diri sangat penting agar bisa hidup dengan sehat dan bahagia. Penting untuk diingat bahwa ukuran tubuh kita tuh bukan segala-galanya. Yuk kita bedah beberapa tip tentang cara membangun kepercayaan diri, seberapa pun ukuran tubuh kita.

Feeling confident in your own skin is vital for living a fulfilling and joyful life. Remember, your body size does not define you! If you're struggling to build confidence, here are some pro-tips to help you celebrate your unique self:


1. Fokuslah pada kelebihan diri. Daripada sibuk memperhatikan bentuk tubuh dan mengeluh kesana kemari, mendingan fokus pada kelebihan dan keistimewaan diri sendiri. Kita kan punya bakat untuk ditonjolkan. Bisa juga selalu bersikap baik pada orang lain atau gemar menebar keceriaan pada orang-orang di sekitar.


Focus on your superpowers: Instead of dwelling on physical features, focus on your strengths and unique qualities that make you shine. You might have a talent, a kind heart, or an infectious sense of humor!


2. Merawat diri dengan baik. Salah satu hal yang bisa mempengaruhi kepercayaan diri adalah dengan memperlakukan diri sendiri dengan baik. Carilah cara untuk melakukannya. Ada beragam jalan yang bisa ditempuh, apakah itu dengan memulai pola makan yang benar, olahraga dengan teratur, atau bisa juga dengan memanjakan diri pergi ke spa.

Love yourself with self-care: Treating yourself well is key to building confidence. Find ways to show yourself some love, whether it's through nutritious meals, regular exercise, or indulging in a soothing bubble bath.

Untuk saat ini, menggerakkan tubuh bisa kulakukan dengan cara bersepeda maupun lari pagi. Biasanya kalau tidak dengan teman-teman sekolah, ya dengan suamiku. Lumayan laahh gerak-gerak sedikit agar otot dan jantung tetap aktif terpacu.

To keep my muscles and heart in tip-top shape, I jump on my bike or hit the pavement for a morning run. While I don't usually bring along my school chums, my hubby makes for a great workout buddy. Even just a little bit of movement can give my body the jolt it needs to power through the day.


3. Berkumpul dengan orang-orang yang berpikiran positif. Orang yang mendukung kita tuh bisa bantu menumbuhkan rasa percaya diri loh. Beneran… Coba aja bandingkan dengan orang-orang yang selalu nyinyir dan menyindir saat bersama kita, duh laaah.. bikin kita makin down kalau sering-sering berkumpul dengan yang model begini.

Keep positive peeps around: Surrounding yourself with supportive people who lift you up is crucial for building confidence. Stay away from negative vibes and people who bring you down.


Berkumpul bersama orang-orang yang berpikiran positif


4. Mengenakan pakaian yang nyaman dan bagus. Pilihan busana secara tidak langsung bisa meningkatkan rasa percaya diri. Meskipun punya tubuh yang besar, bukan berarti kita harus selalu mengenakan pakaian yang kedodoran. 

Kita bisa memilih pakaian yang kita suka. Agar tampil keren dan meningkatkan rasa percaya diri, jika diperlukan kita bisa mengenakan gaun pembentuk tubuh. Yang kayak apa tuh?

Dress to impress yourself: Wearing clothes that make you feel fabulous is a confidence booster. Choose outfits that flatter your unique shape and make you feel comfy and confident. 

Why not try a dress with built in shapewear? Not only will it make you feel pretty, but it'll boost your confidence to the moon and back!


Coba deh beberapa pilihan yang ada di Shapellx. Aku sudah scrolling tuh di sana dan menemukan yang cocok untuk perempuan muslim. Bagi yang tidak berhijab ada banyak pilihan lainnya yang bisa disesuaikan untuk masing-masing keperluan. 

Check out Shapellx's awesome selection! Muslim women can find something perfect for them. And for those who prefer different styles, there are heaps of other options that can be customized to fit anyone's needs.


source : shapellx.com/products/seamless-midi-bodycon-dress

Aku naksir yang ini nih, bisa dipadukan dengan cardigan. Mau pake cardigan warna yang polos ataupun motif, bakalan kece. Jika kurang panjang menutup kaki, bisa menggunakan legging warna gelap dan ditambah menggunakan boots. Keren...

Oh, this one's a keeper! Pair it with a cardigan, and you're ready to rock. Whether you go plain and simple or wild and patterned, your style will be on point. And if it's not quite long enough to cover your legs, slip on some dark leggings and strut your stuff with a pair of boots. Cool as a cucumber!


source : shapellx.com/products/cozy-ribbed-high-necked-maxi-shaping-dress

Kalau yang ini, bisa untuk daleman kaftan yang kadang-kadang bahannya rada tipis kan. Bikin sayap-sayap lemak kita enggak berhamburan kemana-mana.

Kalian bisa juga loh cek promo black Friday yang ada di Shapellx. Bakalan ada banyak promo dari berbagai brand ternama seperti AirSlim®, Eco Series, CoreSculpt™, Powerconceal™, dan NeoSweat®.

Black Friday berlaku sehari setelah perayaan Thanksgiving di Amerika Serikat, yang jatuh pada hari Kamis ke4 di bulan November. Biasanya toko-toko akan buka lebih awal dan menawarkan banyak promo menarik. Untuk tahun ini, Black Friday jatuh pada hari Jumat, 24 November 2023.

Prepare yourselves for the ultimate shopping bonanza of the year, Black Friday 2023! 

Shapellx is bringing you the hottest deals online this November, with jaw-dropping discounts on all your favorite shapewear, waist trainers, activewear, and bodysuits. Get ready to dive into a world of savings with the top-rated AirSlim®, Eco Series, CoreSculpt™, and Powerconceal™ shapewear, as well as much-loved and super comfy NeoSweat® activewear for black friday shapewear sales

Don't miss out on these unbeatable prices! For those not in the know, Black Friday is the day after Thanksgiving, the fourth Thursday of November, when stores open early and offer some of the most incredible sales you've ever seen. Black Friday will be on Friday, November 24, 2023, this year. 

---------------------------

Oke… bisa dijadikan catatan untuk kita masing-masing ya, bahwa rasa percaya diri itu bukan proses yang instan. Butuh waktu untuk membangunnya. Perlu kesabaran untuk mencapainya. Maka, rayakanlah setiap pencapaiannya dalam rangka mengapresiasi diri sendiri.

Remember, confidence takes time to build, so be patient with yourself and celebrate your progress. You are amazing and deserving of all the confidence in the world, no matter your body size!


52 komentar:

  1. Duuuuh impian banget memang ya mba punya body goals.. biar muat juga dress2 bodycon yang kece-kece kaya di gambar.. tapi gpp, beli aja dulu ya pas black friday, sementara badan berprogres dulu hihi

    BalasHapus
  2. Setuju banget, Mbak. Rasa percaya diri itu bukan sim salabim lo ya. Pengaruh dari dalam dan luar yang memang gak sekejap. Duh, that's cozy ribbed high-necked maxi shapping dress looks so gorgeous. Love it

    BalasHapus
  3. Wah sama nih Mbak. Badanku juga besar. Tulang-tulangnya besar. Jadinya sekurus apa pun, tetap aja terlihat besar. Hampir sama deh cara menyikapinya. Yang penting pede dan nyaman dengan diri sendiri. Udah gitu pake pakaian yang gak bikin badan tambah terlihat gede. Fokus pada kelebihan diri aja ya. Btw, jadi kepengen tahu lebih banyak tentang Shapellx's ini. Cus ah lihat website-nya.

    BalasHapus
  4. betul sekali mba, percaya diri itu bukan proses yang instan, saya juga sampai hari ini masih ga pede dengan diri sendiri

    BalasHapus
  5. Usiaku 31 dan aku baru bisa embrace bentuk tubuhku tuh di umur 25-26 Mak. Kayanya setelah punya duit dan market plus size clothing makin banyak, aku jadi bisa explore lebih banyak baju yang cocok di badanku juga. Itu salah satu yang bikin pede dan nggak minderan lagi sih. Oh sama satu lagi: dandan. Kunci pede banget tuh ahahaha

    BalasHapus
  6. Emang deh kalo lagi punya badan gede bisa bikin ngga PD kadang. Salah pake baju bisa makin berabe. Tapi ada beberapa pilihan di Shapellx yang bisa kita mix n match misalnya pake bolero ato kardigan. Bener deh pake boots bikin makin cantik dan makin PD. Black is never failed yhaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sampai sekarang warna hitam jadi mayoritas pilihan saya juga lho. Mix and match seperti ini beneran jadi solusi buat kita yg kurang pede dengan kondisi berat badan ya

      Hapus
  7. Bertubuh besar ga apa2 toh yang penting percaya diri :) Seperti mbak Uniek ini rasanya biasa aja ga besar2 amat hehehe. Olahraga sudah, makan teratur sudah, diet juga mungkin sudah hihihi. Tapi kadang kita malas ya kalau harus ini-itu sementara hasil belum maksimal. Untuk ada shapewear yang bisa membantu membentuk tubuh terlihat lebih langsing. Pakai yang warna gelap makin langsing. Mantap.

    BalasHapus
  8. Setuju banget kalau berkumpul dengan orang-orang berpikiran positif itu bikin bahagia karena kalau kumpul orang nyinyir tuh adanya jengkel dan jengkel. Memakai baju yang nyaman dan bagus tuh bisa menambah rasa percaya diri.

    BalasHapus
  9. Pas banget ketemu artikel ini. Xixixi.. soalnya aku lagi lumayan insecure dengan berat badan nih. Makasih banyak banyak atas saran-sarannya. Bisa aku coba biar lebih percaya diri lagi.

    BalasHapus
  10. Setuju .....ngapain banyak ngeluh. Mending kita fokus pada kelebihan yang kita miliki sambil ber ikhtiar untuk mencapai body goal yang diinginkan dengan olahraga dan mengatur pola makan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul bangeeet, percaya diri dan terus ikhtiar, aku suka orang yang memiliki pemikiran seperti ini. Ketimbang ngeluh dan merasa insecure terus ya, tanpa usaha

      Hapus
  11. Cuuus.. langsung dicatet deh ke-4 tips nya. Makluuum...aku juga kadang2 insecure dg perkembangan body..hehe.. BTW...gemes euy gaun2nya..

    BalasHapus
  12. Balik lagi ke diri sendiri ya Kak untuk bisa lebih tenang menerima dan pilih deh pakaian yang nyaman sehingga tetap bisa percaya diri beraktivitas

    BalasHapus
  13. Aku tinggi besar...haha...Sulit cari beli baju, karena ukurannya di luar standar. Kalau foto bareng, berdiri di belakang aja udah.
    BTW...ide bagus nih. Walaupun bahannya strech, bisa diakalin yang Muslimah. Ditambah outer atau cardigan, malah bisa dipakai daleman kaftan atau abaya.
    Jadi kepo nih sama brand Shapellx

    BalasHapus
  14. Saya pun termasuk yang senang mengeksplorasi makanan Mbak. Dan biasanya kalau angka timbangan mulai bergeser semakin ke kanan, stress pun datang dan akhirnya mood pun ikutan down. Makasi tipsnya ya Mbak, jadi pengingat bahwa kita harus selalu menerima diri sendiri dengan bahagia. Btw, model-model dress yang ada di Shapellx ini sepertinya bisa banget bantu boost kepercayaan diri ya.

    BalasHapus
  15. Patut di coba nih. Saya juga memiliki ketidakpercayaan diri yang sedikit

    BalasHapus
  16. Bentuk tubuh bisa beragam yang penting percaya dirinya itu dan tetap sehat.
    Doh, rekomendasi baju yang dari Shapellx bikin mupeng banget. Merasa menjadi sosok perempuan yang semakin cantik pastinya kalau dipadukan dengan kardigan yang pas.

    BalasHapus
  17. Saya udah ngalamin sendiri kalau gak percaya diri malah bikin tubuh saya semakin besar hahaha. Karena semakin cuek sama asupan makan.

    Makanya, ketika berat badan sedang bertambah, saya berusaha gak mempengaruhi percaya diri. Biar tetap semangat untuk ngurusin badan.

    BalasHapus
  18. Meskipun tubuh besar tapi ada banyak cara kok untuk membangun rasa percaya diri, selain menemukan lingkungan yang positif ada juga pakaian yang membantu penampilan kita meskipun besar tapi tampak bagus, cocok nih buat innner.

    BalasHapus
  19. Saya ingan memiliki tubuh agak gemuk. Dari dahulu sampai sekarang tetap saja kurus.

    BalasHapus
  20. Wah dressnya cantik nih masuk juga untuk yang berhijab bisa buat inner atau dalaman dress. Bisa dipadukan dengan cardigan, blazer, atau sweater

    BalasHapus
  21. Tantangan setiap manusia tuh memang beda-beda banget ya, ka Un..
    Punya badan yang beda dari yang lainnya memang terasa tidak nyaman. Sehingga tips yang diberikan ka Un semoga bisa menjadi inspirasi. Apalagi ada solusi menggunakan produk shapellx yang bikin bentuk badan indah.

    BalasHapus
  22. Aku juga membesar kayaknya ini Mbak. Sudah olahraga tapi belum body goal. Walau begitu tetap harus percaya diri kan ya.

    BalasHapus
  23. wah badanku nih makin berumur makin susah dikembalikan nih hahaha..jadilah mau gak mau yang biasanya baju apa aja gak masalah harus pilih2 baju supaya mengurangi sedikit ketidaknyamanan hahaha

    BalasHapus
  24. Bertemu dengan berbagai macam karakter orang tuh bikin kita paham mengenai apa yang harus diperbaiki ketika begini dan begitu. Alhamdulillah, meski berbadan besar pun, tetep kudu bijaksana dan menghargai diri sendiri dengan cara-cara positif yang disampaikan ka Uniek di artikel ini.

    BalasHapus
  25. Nggak cuma yang bertubuh besar, yang petite juga sering ngerasa insecure kok, mak. Apalagi kalo ketemu orang yang mulutnya lemes banget.. Tapi ya gitu tergantung penyikapannya ya. Aku setuju pilihan outfit bisa nge-boost rasa percaya diri kita

    BalasHapus
  26. Badan aku yang termasuk jam pasir, kalo kecil bagus. Tapi kalo gendat gini ya jadi aneh aja pakai baju yang sedikit pas. Paling bener emang rawat diri dengan memakai baju yang sesuai

    BalasHapus
  27. Hampir semua orang ingin bisa mendapatkan body goals ya. Banyak juga yang melakukan berbagai macam cara untuk bisa terlihat sempurna.
    Tapi memang lebih baik nyaman dan pede dengan diri sendiri. Dibarengin dengan ikhtiar menggunakan baju dari Shapellx.

    BalasHapus
  28. Point paling penting adalah point nomor tiga, yaitu berkumpul sama orang orang yang selalu berfikir positif, karena percaya diri itu dimulai dari fikiran, kalau kita selau berfikir positif maka kita akan sangat mudah untuk percaya diri

    BalasHapus
  29. Aku jd keinget ketemu public figur yang bertubuh besar tapi body-nya shape dan pakai kebaya pun cucok. Emang no 1 tu percaya diri dan bener kumpul sama lingkungan yang positif yang gak suka bully2 fisik.
    Pemilihan pakaian yang tepatsesuai badan dna nyaman juga mempengaruhi penampilan yaa.

    BalasHapus
  30. Setiap orang punya kelebihan sekaligus kekurangan ya. Kita jangan fokus sama kekurangan saja tapi juga harus membanggakan dengan kelebihan yang dimiliki. Yang penting bisa menerima dan mensyukuri semua itu ya

    BalasHapus
  31. Aku setuju banget ini dengan 4 tips yang diberikan oleh mbak Unik. Karena memang untuk tampil percaya diri itu kadang gak gampang, tapi kalau kita sudah berada di lingkungan yang positif vibes tuh masya Allah.

    BalasHapus
  32. Dengan memanfaatkan hari-hari promo, bisa mendapatkan produk shapewear terbaik shapellx.
    Rasanya ikut senang dengan perempuan-perempuan inspiratif yang bersinar dengan prestasinya.

    BalasHapus
  33. 3 thn lalu pasca melahirkan aku tuh syok banget. Karena sebelum hamil 55 kg habis lahiran 72 kg. Aku ngaca sendiri aja kaget, gimana orang lain. Wkwwkwk.

    Sempet gak pede pas masuk kerja lagi. Tapi ya diakali makai baju yang nyaman dan bagus. Sama fokus ke kerjaan. Udah gitu, pas anak udah gak ASI, mulai deh, rajin olahraga lagi. Dan kini masih bertengger 64 kg, tapi ya lumayan laah..

    BalasHapus
  34. Yg mba Unniek taksir aku jg sukaa, cakep modelnya. Aku kalau galau ke makanan mba, samaa. Pernah sih nggak nafsu makan karena lg galau tapi itu mah dulu masa remaja. 😁
    Smoga bisa melewati fase apa pun itu dengan baik ya mba. .

    BalasHapus
  35. Sejak punya anak saya juga bertambah terus timbangannya Mba. Dulu sebelum nikah pernah langsing, tapi itu dulu. Ya udahlah nggak apa-apa akhirnya menerima kondisi diri. Yang penting jaga kesehatan. Penting emang berkumpul dengan komunitas yang positif biar mindsetnya ikutan positif juga

    BalasHapus
  36. berkumpul dengan orang-orang positif membuat kita juga memiliki perasaan yang positif , fokus kepada kelebihan yang kita miliki sehingga membuat kita percaya diri karena di dukung oleh teman-teman,,

    BalasHapus
  37. Aku termasuk tim yang punya body gede nih hehe. Susah mau ngecilin, karena tulangnya gede. Gak papa ya. Kudu tetap pede, kan? Eh tapi teteplah pingin punya tubuh ideal dan sehat. Makasih tipsnya, Mbak...

    BalasHapus
  38. hanya sayang mulut-mulut manusia masih ada yang basa basinya tentang ukuran tubuh, tapi 4 tips di atas sangat membantu untuk tetap percaya diri meski bertubuh tambun

    BalasHapus
  39. Kalau aku perhatikan secara fashion ya, meski kiblat atau rull model tuh yang langsing ceking tuinggi lurus wkwkkw. Tapi sebenarnya terlihat ok atau ga itu ada diri si pemakai alias rasa percaya diri dan mencintai dirinya, maka apa yang dia kenakan akan terlihat pas di mata, serius

    BalasHapus
  40. Berkumpul dengan orang-orang yang berpikiran positif itu bagus sekali ya. Bersama mereka kita bisa ikut selalu berpikir positif. Jadi gak ada lagi rasa gak percaya diri dengan kondisi tubuh sendiri

    BalasHapus
  41. Sawang sinawang ya mbak, mau punya badan gede atau kecil tergantung persepsi yang lihat. Sayangnya banyak pemilik badan gede dikomentari negatif, padahal badan kecil ya nggak bagus-bagus amat. Lihat fisik apapun sebisa mungkin mulut diam, gaknisah komentar aneh-aneh. Koyok badannya sendiri paling ideal aja, haha

    BalasHapus
  42. Iya menjadi pribadi percaya diri itu harus dilatih ya jangan memikirkan banyaknya kekurangan kita tapi fokus pada kelebihan diri kita dan lebih positive thinking dan bersyukur

    BalasHapus
  43. Setuju! Mengenakan pakaian yang bikin kita nyaman emang bisa bikin makin percaya diri. Tentu juga harus disesuaikan dengan bentuk tubuh dan style masing-masing biar nggak cuma sekadar nyaman tapi juga bisa menyamarkan kekurangan atau malah menonjolkan kelebihan yang kita punya ~

    BalasHapus
  44. sekarang walau memiliki bentuk tubuh besar udah bisa disiasati dengan pakaian yang bisa menyamarkan. ya tentunya selain dengan upaya olah raga biar gak makin besar alias gemoy badannya

    BalasHapus
  45. Iya banget ini urusan badan besar bikin percaya diri berkurang. Terima kasih banyak ya Mbak artikelnya. Jadi penasaran buat kepoin Shapellx. Ada promo saat black friday pula. Makin penasaran kepoin

    BalasHapus
  46. Aku percaya diri punya tubuh kecil. Hehe... Memang kita itu fokus saja sama diri sendiri gak usah mikirin apa kata orang yang negatif-negatif.

    BalasHapus
  47. baca tulisan ini paaas banget insecure lagi kambuh, hehe. thank you mba, fokus pada kekuatan diri dan bermanfaat dengan apa yang kita mampu lakukan

    BalasHapus
  48. Penting banget nie tips nya.
    Mudah - mudahan setelah menjalankan tips ini saya jadi lebih percaya diri.
    Makasih mba Uniek.

    BalasHapus