08 Mei 2024

Tips Wajah Terlihat Muda dan Segar Selalu

cara praktis agar wajah terlihat muda selalu

Siapa sih yang tidak ingin awet muda? Enggak laki-laki enggak perempuan, bagi yang sudah memasuki usia 40 tahun ke atas wajar saja jika ingin punya wajah yang terlihat muda dan memiliki badan sehat

Seiring bertambahnya usia, tentu saja kondisi kulit wajah akan mulai berubah. Produksi kolagen dalam tubuh mulai berkurang, padahal kolagen inilah yang bertugas menjaga elastisitas kulit. Kulit jadi terasa lebih mudah kendur dan kerutan-kerutan halus mulai muncul. 


Perawatan Wajah Agar Terlihat Muda Selalu

Penuaan pada kulit ditandai dengan berubahnya kondisi kulit dibandingkan saat muda. Kulit menjadi lebih kusam, tampak tidak segar, dan kurang berseri.

Beragam cara dilakukan oleh perempuan usia 40 tahunan ke atas agar terlihat muda dan segar sepanjang hari. Bahkan banyak yang mencoba perawatan di berbagai klinik dengan biaya yang terbilang tidak murah. 

Perawatan tersebut dilakukan dengan tujuan mengatasi munculnya kerutan, garis halus, flek-flek hitam, kulit kendur, hingga warna kulit yang tidak merata. Biasanya treatment wajah yang ditawarkan oleh klinik kecantikan antara lain:


1. Facial

Facial biasanya dilakukan dengan tujuan untuk mengatasi jerawat, menghilangkan komedo dan membantu meremajakan kulit. Perawatan ini sebaiknya dilakukan rutin sekitar sebulan sekali.

Tahapan facial dimulai dari pembersihan wajah, pengelupasan kulit, pengangkatan sel kulit mati dan kotoran yang menyumbat pori-pori. Pada bagian akhir, aplikasi masker wajah dilakukan untuk meringkas kembali pori-pori yang terbuka pada saat perawatan tadi. 

Tadaa.... kulit wajah jadi lebih sehat, tampak makin cerah, dan terlihat awet muda. Siapa coba yang tidak happy kalau hasilnya bisa begini. 


2. Vampire Facial

Saat ini berbagai klinik kecantikan telah mengenalkan vampire facial. Perawatan yang satu ini bekerja menggunakan plasma darah untuk memperbaiki berbagai masalah kulit yang dialami. 

Manfaat vampire facial treatment ini bisa membantu mengurangi garis halus dan kerutan du wajah, mengencangkan kulit, juga memperbaiki warna dan tekstur kulit. 

Ada risikonya atau tidak? Vampire facial ini berisiko menimbulkan efek samping seperti infeksi, cedera saraf, hingga kerusakan jaringan. Perlu hati-hati dalam memilih klinik kecantikan yang terpercaya.


3. Chemical peeling

Chemical peeling dilakukan untuk mengangkat lapisan terluar kulit dan membantu mempercepat regenerasi kulit. Perawatan ini dilakukan untuk mendapatkan hasil kulit yang lebih halus dan cerah.

Lapisan kulit baru akan terbentuk setelah beberapa hari treatment peeling wajah dilakukan. Pada beberapa orang, chemical peeling dapat menimbulkan efek samping berupa kemerahan, wajah membengkak, kulit kering, disertai sensasi panas di kulit. 


4. Botox

Suntik botox dikenal sebagai salah satu cara agar tampil awet muda. Perawatan wajah yang satu ini dilakukan untuk menyamarkan garis halus dan kerutan wajah yang muncul akibat berbagai gerakan otot wajah, seperti tersenyum, cemberut maupun mengerutkan dahi. 

Pemanfaatan suntik botox dilakukan terutama di sekitar area mata, mulut, alis, dan dahi. Umumnya, hasil perawatan botox dapat bertahan sekitar 4-6 bulan dan perlu perawatan rutin untuk mempertahankan hasilnya. 


perawatan wajah agar tampil muda dan segar


5. Filler

Prosedur filler dilakukan dengan menyuntikkan cairan berupa hyaluronic acid dan kolagen untuk membantu menyamarkan kerutan wajah, menambah volume wajah, serta membantu meningkatkan kelembaban kulit.

Meskipun proses filler cukup cepat dan hasilnya bisa bertahan lebih dari 6 bulan, tetap saja ada efek sampingnya bagi sebagian orang. Ada yang mengalami wajah kemerahan, infeksi, gatal, bengkak, dan reaksi alergi. 


Bisa dikatakan berbagai perawatan wajah di atas tadi biayanya cukup mahal. Terkadang ada yang merasa terlalu besar pengeluaran untuk aneka perawatan agar wajah terlihat muda dan segar selalu.

Sebenarnya selain memilih untuk pergi ke klinik kecantikan, kita bisa melakukan upaya lain untuk tampil segar dan muda setiap hari. Apa sajakah itu?



Tips Menjaga Wajah Agar Terlihat Muda dan Segar


1. Memilih Pola Makan yang Sehat 

Mengonsumsi makanan yang bergizi dapat kita lakukan untuk menjaga kebugaran tubuh. Berbagai sumber makanan yang mengandung antioksidan seperti jeruk, brokoli, anggur, bayam, dan wortel sangat dianjurkan untuk dikonsumsi secara rutin. 

Asupan serat dalam jumlah yang cukup juga penting loh untuk dikonsumsi setiap harinya. Konsumsi serat yang tinggi membantu menjaga kesehatan kulit. Serat di dalam tubuh juga maksimal dalam memberi efek anti-penuaan. Makanan tinggi serat bisa didapatkan pada jenis kacang-kacangan, biji-bijian, serta sayuran hijau. 

Melakukan diet sehat dengan mengurangi konsumsi gula dalam asupan harian sangat bagus untuk dilakukan. Gula yang berlebih dapat merusak kolagen dalam kulit. Dengan mengurangi asupan gula dapat membantu menjaga kulit tetap kencang dan mengurangi risiko keriput. Selain itu juga secara otomatis terhindar dari risiko terkena penyakit diabetes. 


2. Olahraga secara Rutin

Olahraga dapat membantu melancarkan aliran darah ke seluruh organ tubuh, termasuk kulit. Aliran darah yang lancar ini membuat oksigen dan nutrisi dapat dialirkan ke seluruh sel kulit yang membutuhkannya. Sel kulit yang mati dapat tergantikan dan kekencangan kulit dapat dipertahankan. 

Olahraga juga dapat merangsang produksi kolagen dalam tubuh. Kolagen membantu mengurangi kerutan dan garis-garis halus, sehingga memberikan tampilan kulit yang lebih muda. 

Sisihkan waktu untuk olahraga setiap hari jika ingin terlihat awet muda dan segar. Dalam rentang waktu 24 jam sehari, di tengah kesibukan, cukup luangkan 10 hingga 15 menit saja untuk bergerak dan berkeringat. 

Tidak harus olahraga yang rumit dan berat loh... Cukup olahraga ringan seperti jalan pagi, workout di dalam rumah selama 5 hingga 10 menit, atau lakukan wall pilates yang tidak membutuhkan peralatan khusus. 


tips menjaga kesegaran wajah dan tampil muda


3. Cukup Istirahat 

Waktu tidur yang cukup sangat penting untuk menjaga kesehatan dan membuat kita awet muda. Di saat kita tidur, tubuh akan melakukan proses pemulihan dan perbaikan. Regenerasi sel-sel kulit, pemulihan otot, dan pelepasan hormon yang penting terjadi pada saat tidur. 

Apa jadinya kalau kita kurang tidur? Garis-garis halus, kerutan, dan lingkaran hitam di bawah mata dapat muncul. Bagi orang dewasa sebaiknya tidur selama 7-9 jam untuk menjaga kesehatan dan memastikan penampilan awet muda. Masing-masing orang memang akan memiliki waktu tidur yang bervariasi, tergantung jenis aktivitas harian yang dilakukannya. 


4. Cukup Minum Air Putih

Konsumsi air putih yang cukup dapat membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, menggerakkan fungsi organ tubuh, mendistribusikan nutrisi, dan juga mengeluarkan racun dari dalam tubuh. 

Komposisi air di dalam tubuh yang mencukupi juga memiliki peran yang penting dalam menjaga kesehatan kulit dan fungsi tubuh yang optimal. Saat cairan tubuh terpenuhi maka tubuh dan kulit akan terhidrasi secara maksimal. Kulit yang terhidrasi dengan baik tampak lebih sehat, cerah, dan kencang. 

Minum cukup air membantu menjaga kelembaban kulit, mengurangi risiko kulit kering, dan meningkatkan elastisitas kuit. Munculnya gaaris-garis halus dan kerutan pun bisa diatasi, kulit tampak lebih muda. 

Asupan air putih yang direkomendasikan adalah sekitar 8-10 gelas per hari. Usahakan untuk memenuhi kebutuhan yang direkomendasikan tersebut yaa... 


5. Hindari Alkohol dan Rokok 

Merokok dapat menimbulkan kerusakan kulit yang signifikan, termasuk bertambahnya keriput, kulit kusam, dan hiperpigmentasi. Nikotin dalam rokok menyebabkan penyempitan pembuluh darah yang mengurangi pasokan oksigen dan nutrisi ke kulit. 

Paparan asap rokok dapat mengganggu produksi kolagen dan elastin yang penting untuk menjaga kekencangan dan elastisitas kulit. Hindari asap rokok agar kulit selalu terjaga, tampak lebih muda dan sehat. 

Selain itu, alkohol dapat menyebabkan dehidrasi dan peradangan dalam tubuh. Peradangan dapat mengakibatkan kerusakan sel dan penurunan produksi kolagen. Hal itulah yang menyebabkan penampilan kerutan, kulit kering, dan ketidakseimbangan pigmen. 


6. Menggunakan Sunscreen dan Masker secara Rutin

Untuk perawatan wajah secara khusus, gunakan sunscreen setiap hari yaa... Penggunaan tabir surya atau sunscreen setiap hari merupakan langkah penting dalam menjaga kesehatan kulit. 

Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat merusak elastisitas dan kandungan kolagen dalam kulit. Ketika kulit kendur, pori-pori terlihat lebih besar. Penggunaan sunscreen dapat melindungi dari sinar UVA dan UVB, membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan menjaga kekencangan kulit. 

Pilih sunscreen yang paling cocok dengan karakteristik kulit wajah. Sesuaikan dengan kondisi kulit, apakah kering, berminyak, atau kombinasi. 

Tidak lupa, lembapkan kulitmu dengan menggunakan sheet mask secara rutin. Terinspirasi dari rahasia kulit cantik perempuan di Korea Selatan nih. 

Sheet mask merupakan masker yang terbuat dari bahan khusus dan mengandung serum aktif. Terdapat beragam varian sheet mask yang kandungannya juga berbeda-beda, seperti melembapkan, mencerahkan, dan anti-aging. 

Jika ingin kulit tampak segar dan awet muda, pilihlah sheet mask yang memiliki kandungan untuk memutihkan kulit wajah secara alami dan memiliki efek anti-aging. Biasanya waktu pemakaian masker antara 10 hingga 20 menit. Sebaiknya jangan biarkan masker mengering sepenuhnya di wajah, karena malah dapat menyebabkan kulit kering. 


Gimana, enggak sulit kan ternyata cara-cara agar wajah terlihat muda dan segar selalu, bahkan untuk yang sudah berusia 40 tahun ke atas. Niat dan disiplin dalam menjalankannya yang menjadi faktor penentu utama terwujudnya hasil akhir tampilan muda dan segar tersebut.

Kalau kalian sudah menerapkan langkah yang mana saja? Silakan berbagi pengalaman di kolom komentar yaaa...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar