Featured Post

#UsiaCantik dan Mengapresiasi Diri Sendiri

Bu, sekarang umur Ibu sudah berapa?   Pernah sesekali waktu anak keduaku nanyain umur model petugas sensus begitu. Iya sih, jawabnya me...

16 June 2015

Yang Favorit Untuk Berbuka Puasa

Tak terasa ya sebentar lagi sudah mau masuk bulan Ramadhan. Bagi yang menjalankan ibadah puasa kuucapkan selamat berpuasa ya, semoga Ramadhan kita di tahun ini lebih baik lagi dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Aamiin.

Aneka iklan yang lalu lalang di televisi suka bikin gemes deh dengan berbagai tayangan momen berbuka puasa. Kata orang sih, kalau iklan sirup, obat maag dan obat kumur makin membahana, itu tandanya bulan puasa sudah dekat. Lucu juga ya analisanya, tetapi emang bener begitu sih ;)

Jika berbagai merk produk kian gencar menampilkan yang favorit untuk berbuka puasa, sebenarnya untuk sobat blogger sendiri apa sih yang biasa dipersiapkan untuk keluarga?

pic source : tokopedia.com

Sesuai anjuran Rasulullah, kita disarankan untuk berbuka dengan kurma. Meski rasa kurma kurang pas dengan lidah ndesoku, sebenarnya banyak manfaat yang terkandung di dalamnya. Berbuka puasa adalah momen untuk mengembalikan cadangan energi. Makanan yang sebaiknya dikonsumsi adalah sebagai berikut : 
  • Serat. Sesuai anjuran dokter, kurma memenuhi kebutuhan serat bagi tubuh. Selain dapat digunakan sebagai sumber energi, kurma juga mengandung potassium yang dapat membantu kinerja otot dan saraf agar bekerja dengan baik. Tapi hati-hati loh, konsumsi secukupnya saja, karena kadar gula di dalam kurma cukup tinggi.
  • Karbohidrat. Jenis sumber pangan apa yang mengandung karbohidrat dan pas dikonsumsi saat berpuasa? Variasinya adalah roti gandum, nasi merah atau mi yang terbuat dari gandum. Jenis makanan ini mengandung karbohidrat komplek yang menunjang energi, serta dan mineral dalam tubuh.
  • Protein. Sumber protein tinggi terdapat pada ayam (tanpa kulit), telur, ikan atau kacang-kacangan. Dan untuk menjaga kesehatan tubuh, sebaiknya kita mulai membatasi penggunaan minyak dan beralih ke makanan rebus atau panggang. Sesekali boleh lah gorengan, asalkan kita bisa memastikan jenis minyak yang digunakan adalah yang mengandung lemak tak jenuh.


mendoan kw buatan si ibu-gagap-dapur :)

Owww...tidakkkk.... padahal selama ini yang favorit untuk berbuka puasa di keluarga kami adalah mendoan kw buatan sendiri. Tempe yang diiris tipis-tipis, dibalur tepung dengan bumbu ketumbar-bawang putih-kunyit-garam, plus diberi irisan daun bawang. Sedapnyaaaa..... Sesekali tak mengapa lah ya berbuka model begini, kan minyaknya bisa dipastikan bukan yang pakai ulang hingga berkali-kali seperti di penjual gorengan. Namun tetap lebih baik untuk melakukan diferensiasi menu berbuka dengan jenis penganan lain yang bukan gorengan..

tidak disarankan berbuka puasa dengan cara brutal begini
Nah, untuk menu penyegar saat buka puasa yang favorit apa dong, sobat blogger?

Banyak yang suka berbuka dengan aneka varian es yaaa... Kalau aku pribadi nih ya, saat ini sudah tidak berani berbuka puasa dengan minuman dingin. Dulu sudah pernah kena vertigo nih. Pas berobat akupunktur disarankan untuk tidak minum yang dingin-dingin lagi agar tidak terjadi pengkristalan di pembuluh darah. 

Waktu itu sih aku tidak mencoba menelusur lebih jauh lagi dan mencari referensi tentang saran tersebut. Namun saat nekat untuk mencoba minum dingin (tau sendiri lah Semarang itu panasnya luar biasa), beneran loh langsung vertigonya kumat lagi. Rasain lu.... Kalau menyitir peribahasa Jawa : senenge sak klentheng, rekasane sak rendheng, alias senangnya cuma sekilas tetapi dukanya sepanjang musim penghujan. Hiks....

Di rumah aku membiasakan berbuka puasa dengan teh hangat terlebih dahulu. Untuk anak-anakku sebagai variasi kadang-kadang kubuatkan aneka minuman segar yang bisa mereka nikmati setelah penganan berbuka mereka makan. Alhamdulillah.... nikmatnya makan yang tidak terlalu banyak ya saat berbuka. Setelah perut kosong seharian, diisi sedikit saja sudah kenyang. Mau langsung makan berat takut nanti kalau tarawih malah ngantuk ;)

Kalau sobat blogger sendiri apa dong yang favorit untuk berbuka puasa? Share yuuukk...


Sumber referensi : klikdokter(dot)com

27 comments:

  1. kakakku juga bilang begitu, ya udaah kan emang yang anget-anget duluuu, kek medoan kw bu uniek yang pasti langsung lep habis kaaan ama Faris?

    ReplyDelete
  2. kurma dan kolak kacang ijo/pisang ajib banget ya mak uniek :)

    ReplyDelete
  3. Selain kurma, saya paling suka dengan Es Buah dan Es Pisang Ijo.

    ReplyDelete
  4. Aku nggak puasa tapi aku selalu ikut buka puasa mak :))
    Mendoan ini nyenengin banget ya, kalo berdiri di depan lapak gorengan mendoan bisa nggak pergi2, tau tau udah abis 10 aja T_T

    ReplyDelete
  5. kurma itu favorit Keke kalau di rumah saya, Mak :)

    ReplyDelete
  6. kalo dirumah, favorit itu kurma! sekarang aja di rumah udah ada kurma, padahal mah belom puasa hihihi.

    ReplyDelete
  7. Mksh sharing mak.. btw, koreksi dikit ya => "rendeng" tuh musim hujan.. klo musim panas tuh "ketigo".
    Salam dr saya yg jauh bgt dr pulau jawa:))

    ReplyDelete
    Replies
    1. matur nuwun koreksinya mbak :) salam balik yg super hangat dari Semarang :*

      Delete
  8. Sama kayak suamiku, Mak. Kalo buka puasa wajib ada kurma, terus pake teh hangat soalnya punya riwayat vertigo juga. Istrinya yang kalo buka puasa kalo nggak pake aer es rasanya malah nggak afdol, hihihihi..

    ReplyDelete
  9. Teh panas, Mendoan Jagung/Pisang Goreng, plus Bubur Kacang Ijo :-D

    ReplyDelete
  10. aku suka banget kurma maak

    ReplyDelete
  11. yang pertama tentu minuman hangat, kedua kurma, terus buah2an mbak, habis itu mendoannya itu bolehkah diambil satu? hehe

    ReplyDelete
  12. Di Banjarmasin terkenaL dgn Pasar Wadai, dimana orang jualan pasar kue-kue dan makanan, malah ada hanya jual dibulan puasa doang, disini bisa nyari makanan favorit untuk berbuka, tapi faveku tetap teh panas manis dankurma

    ReplyDelete
  13. Saya membuka puasa dengan kolak atau kacang ijo
    Jaman muda dulu suka minum es malahan
    Kurma dang kadang saja
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  14. itu menu mendoan justru yang paling favorit utk buka, biasanya setelah makan kurma dan minum air bening.
    selamat berpuasa ya, mbak Uniek, maaf lahir batin

    ReplyDelete
  15. Koktail mak....mbuat sendiri klo sempat....klo nggak beli dipinggir jalan. Abis itu maemnya lauk pecel+gorengan....sedaap!

    ReplyDelete
  16. saya juga pavoritnya kurma, kadang kalo malam2 laper juga nyarinya kurma :)

    ReplyDelete
  17. aih,tempe mendoan dicocol pake sambel kecap endes tenan

    ReplyDelete
  18. Belum beli kurma nih, besok pasti pada nanyain. Mendoan cocol sambel kecap is the best. Kalau es ngurangi utk buka puasa, suka kembung

    ReplyDelete
  19. kalau kurma wajib ada di rumahku mbak

    ReplyDelete
  20. kalau aku yang favorit mendoanmuuuu maaak....enak bangeeet itu ngeliatnyaaa hehehe

    ReplyDelete
  21. Aku kalau minum dingin, langsung flu. Makanya, jarang bgt minum dingin

    ReplyDelete
  22. Makanan favorit saya untuk berbuka puasa, tetap kolak pisang Mbak...
    Selamat menjalankan ibadah puasa Mbak.

    Salam dari saya di Sukabumi,

    ReplyDelete
  23. Di rumah juga gorengan selalu favorit, Niek... Anak2ku selalu suka, ganti2an aja antara bakwan goreng, pisang goreng, risol, mendoan hehehe. Aku juga sih, plus teh panas manis. Sampe inget belum sempat beli kurma euy...

    ReplyDelete
  24. trus ngiler liat mendoannya... itu makanan paporit!

    ReplyDelete
  25. Anakku ga doyan kurna, Nik. Njaluk diganti tiga butir yuppie. Piye jal?

    ReplyDelete